Asuhan Keperawatan Pada Klien-PDF Free Download

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN
12 May 2020 | 58 views | 0 downloads | 18 Pages | 943.24 KB

Share Pdf : Asuhan Keperawatan Pada Klien

Export Asuhan Keperawatan Pada Klien File to :

Download and Preview : Asuhan Keperawatan Pada Klien

Report CopyRight/DMCA Form For : Asuhan Keperawatan Pada Klien



Transcription

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN GASTROENTERITIS, DENGAN MASALAH DEFISIT VOLUME CAIRAN. DI RS PANTI WALUYA MALANG, Elvina Ramanda Putri Sr Felisitas A Sri S Wishoedhanie Widi A. Prodi D III Keperawatan STIKes Panti Waluya Malang. E mail Ramandaelvina gmail com, Gastroenteritis merupakan peradangan pada lambung dan usus yang memberikan gejala diare dengsn atau tanpa disertai mual dan. muntah yang dapat mengakibatkan kekurangan volume cairan Tujuan penelitian pada studi kasus ini adalah melaksanakan asuhan. keperawatan klien dewasa yang mengalami gastroenteritis dengan masalah defisit volume cairan di Rumah Sakit Panti Waluya. Malang Responden penelitian adalah 2 klien dewasa yang mengalami gastroenteritis dengan defisit volume cairan Waktu. penelitian dilakukan pada tanggal 21 23 Februari 2019 pada klien 1 dan 23 25 Maret 2019 pada klien 2 Pada pengkajian. faktor pencetus dari klien 1 dan klien 2 adalah makanan Kedua klien memiliki keluhan utama diare dan muntah sehingga. muncul diagnosa defisit volume cairan Pada intervensi keperawatan peneliti menekankan pada manajemen cairan Hasil evaluasi. klien 1 dan 2 berhasil terbukti kondisi defisit volume cairan pada kedua klien teratasi Perawat dalam memberikan asuhan. keperawatan dengan upaya pemberian rehidrasi cairan sehingga defisit volume cairan dapat teratasi. Kata Kunci Defisit Volume Cairan Dewasa Gastroenteritis. Gastroenteritis is an inflammation of the stomach small intestine and colon with various pathological conditions The purpose of. writing is to perform the nursing care of adult clients who experience gastroenteritis with fluid volume deficit problems at Panti. Waluya Hospital Malang The subject of research is 2 adult clients who experience gastroenteritis with a fluid volume deficit The. research time was conducted on 21 23 February 2019 on clients 1 and 23 25 March 2019 on client 2 In the assessment of the. trigger factor of client 1 and client 2 is food Both clients have major complaints of diarrhea resulting in diagnosis of fluid. volume deficit In nursing intervention researchers emphasize on fluid management Client evaluation Results 1 and 2 were. successful proven fluid volume deficit conditions in both clients were resolved Required the effort to rehydrating fluids so that. the fluid volume deficit can be resolved, Keywords Deficient Fluid Volume Adult Gastroenteritis. PENDAHULUAN Kekurangan volume cairan merupakan salah. satu masalah yang perlu di perhatikan oleh, Gastroenteritis adalah peradangan yang.
perawat Keadaan kekurangan cairan ini, terjadi pada lambung dan usus yang. apabila tidak segera di atasi akan, memberikan gejala diare dengan atau tanpa. menyebabkan syok hipovolemik dan bisa, disertai mual muntah yang dapat. terjadi kematian karena 60 dari tubuh, mengakibatkan kekurangan volume cairan. terdiri dari cairan Nelson 2010, Keadaan kekurangan cairan ini apabila tidak.
segera di atasi akan menyebabkan syok, fenomena yang penulis temukan saat. hipovolemik dan bisa terjadi kematian, praktik klinik di Rumah Sakit Panti Waluya. karena 60 dari tubuh terdiri dari cairan, Sawahan Malang pada tanggal 15 30. Nelson 2010, februari 2018 diruang St ana bawah, sebanyak 3 klien Penderita Gastroenteritis. Menurut WHO 2017 angka kejadian, mengalami sering buang air besar dengan.
Gastroenteritis di dunia diperkirakan ada 4, konsistensi tinja cair atau encer mual dan. miliyar dan 2 2 juta diantaranya meninggal, muntah terdapat tanda dan gejala dehidrasi. Di Indonesia menurut Riskesdas 2013, turgor kulit jelek mata cekung membrane. prevalensi Gastroenteritis masih tinggi, mukosa kering demam anorexia lemah. sebesar 11 terjadi pada golongan orang, pucat perubahan tanda tanda vital nadi dan.
dewasa dengan angka kematian 2 5 per 1000, pernafasan cepat menurun atau tidak ada. orang dewasa Berdasarkan hasil dari Rekam, pengeluaran urine dan penurunan berat. Medis Rumah sakit Panti Waluya Malang, badan Gastroenteritis dapat mengakibatkan. 2018 Angka kejadian Gastroenteritis di, masalah kekurangan volume cairan. temukan 206 penderita penyakit, Gastroenteritis murni pada pasien dewasa.
sebanyak 63 dan 50 pada pasien anak Perawat juga berperan sebagai edukator atau. sebanyak 93 pasien Gastroenteritis dengan pemberi pendidikan kesehatan untuk. penyakit penyerta memberikan asuhan keperawatan mulai dari. Menurut Andrew 2013 penyebab pengkajian analisa data menentukan. gastroenteritis disebabkan oleh infeksi virus diagnosa keperawatan yang mungkin. bakteri parasit melalui oral feses toksisitas muncul rencana tindakan tujuan dan. makanan kriteria hasil implementasi serta evaluasi. dari tindakan yang sudah dilakukan kepada elastisitas kulit menurun kembali 2. pasien Gastroenteritis dengan demikian detik kulit kering akral hangat. diharapkan terjadi peningkatan asupan penurunan BB 2kg saat dilakukan. cairan yang adekuat tidak terjadi timbang BB 50 kg 2 hari sebelum sakit. kekurangan volume cairan dan peningkatan tanggal 18 februari 2019 BB 52 kg. aktivitas sehari hari Suradi 2011 Penurunan haluaran urine 480ml 3 jam. pukul 19 00 22 00 urine berwarna, METODE kuning pekat. Peneliti ini menggunakan metode studi, Klien II diare 20x sehabis makan hati. kasus pada klien Gastroenteritis dengan, ayam lemas mengeluh nyeri perut. masalah Defisit Volume Ciran Pengambilan, bagian ulu hati dengan skala nyeri 4. data pada klien 1 pada tanggal 21 23, terasa tertusuk tusuk dan hilang timbul.
Februari 2019 sedangkan klien ke 2 pada, tanda tanda vital TD 120 90mmHg. tanggal 23 25 Maret 2019 Penulis, N 120 x menit S 36 3 C RR. mengumpulkan data dengan melakukan, 20x menit adanya tanda tanda. wawancara observasi pemeriksaan fisik, dehidrasi Sedang mukosa bibir kering. dan dokumentasi meliputi pengkajian, lidah putih dan kering turgor kulit.
analisa data rencana keperawatan, elastisitas kulit menurun kembali 2. impelmentasi dan evaluasi keperawatan, detik kulit kering akral hangat takikardi. N 120 x menit penurunan BB 7kg, saat dilakukan timbang BB 96 kg 7. 1 Pengkajian, hari sebelum sakit tanggal 16 maret 2019. Klien 1 diare 15x sehabis makan buah, BB 103 kg Penurunan haluaran urine.
rambutan sebanyak 1kg lemas, 1 400ml 6 jam pukul 17 00 22 00 urine. mengeluh nyeri perut bagian epigastrium, berwarna kuning pekat. dengan skala nyeri 3 terasa tertusuk, terlebih saat ditekan tanda tanda vital. 2 Diagnosa Keperawatan, TD 110 90 mmHg N 94 x menit S. Berdasarkan hasil pengkajian kedua klien, 37 3 C RR 22 x menit adanya tanda.
dapat ditegakkan diagnosa defisit volume, tanda dehidrasi Sedang mukosa bibir. cairan berhubungan dengan output cairan, kering lidah kering turgor kulit. 3 Intervensi Keperawatan PEMBAHASAN, Pada klien 1 dan 2 telah disusun 1 Pengkajian. intervensi sesuai dengan teori terdapat Menurut penulis dari pengkajian diatas. 13 intervensi yang akan dilakukan secara dapat disimpulkan bahwa ke dua klien. mandiri maupun kolaboratif sesuai mengalami defisit volume cairan yang di. dengan kondisi atau keadaan klien sebabkan karena output cairan berlebih. yang di tandai dengan diare mukosa bibir, 4 Impelmentasi Keperawatan kering turgor kulit menurun kembali 2. Pada implementasi untuk diagnosa defisit detik kulit kering lidah kering peurunan. volume cairan sudah sesuai antara praktik haluaran urine dan penurunan berat. dan teori Penulis merencanakan 13 badan ada faktor pencetus dari toksisitas. intervensi intervensi no 07 08 tidak makanan bila memberikan respon dengan. berjalan pada kedua klien dikarenakan manifestasi diare mengakibatkan tekanan. kedua klien tidak mengalami hipotensi osmotik dalam rongga usus meninggi. ortostatik dan sudah mendapat terapi sehingga terjadi pergeseran air dan. rehidrasi dari dokter tindakan dilakukan elektrolit ke dalam rongga usus yang. berdasarkan Informed Consent dari klien menyebabkan rongga usus meningkat dan. dan keluarga terjadi peradangan yang menimbulkan, gastroenteritis Pengkajian pada klien.
5 Evaluasi Keperawatan dengan defisit volume cairan berdasarkan. Pada klien 1 dan 2 klien yang mengalami Teori masalah pencernaan pada gangguan. defisit volume cairan tidak menunjukan osmotik asupan makanan atau zat yang. tanda tanda dehidrasi ringan sedang sukar diserap oleh mukosa intestinal yang. maupun berat dan sesuai dengan evaluasi menyebabkan tekanan osmotik dalam. yang telah di tetapkan klien 1 dan dua rongga usus meninggi sehingga terjadi. menunjukan tanda tanda vital dalam pergeseran air dan elektrolit ke dalam. rentang normal dapat mempertahankan rongga usus Isi rongga usus yang. output urine 1ml kgBB jam sehingga berlebihan akan merangsang usus. evaluasi dalam 3x24 jam selama mengeluarkan sehingga muncul. perawatan di rumah sakit teratasi gastroenteritis Hal ini berespon pada. inflamasi mukosa terutama pada seluruh, permukaan intestinal akibat infeksi elektrolit dalam rongga usus Isi rongga. memberikan respon peningkatan aktivitas usus yang berlebihan akan merangsang. sekresi air dan elektrolit oleh dinding usus mengeluarkan isinya sehingga. usus ke dalam rongga usus sehingga muncul diare yang menyebabkan Defisit. terjadi peningkatan rongga usus maka Volume Cairan Faktor pencetus dari. akan terjadi hiperperistaltik usus yang makanan yang menyebabkan. mengakibatkan berkurangnya Gastroenteritis merupakan faktor. kesempatan usus untuk menyerap penunjang untuk ditetapkannya diagnosa. makanan sehingga timbul Gastroenteritis defisit volume cairan berhubungan. Wijaya Putri 2013 Berdasarkan dengan output cairan berlebih Menurut. Teori pengkajian Menurut Wijaya Ackley dan Ludwig 2014 menyatakan. Putri 2013 pada pengkajian klien diagnosa yang dapat muncul pada. dengan gastroenteritis didapatkan data gastroenteritis adalah defisit volume. seperti diare lebih dari 4kali dalam sehari cairan berhubungan dengan kehilangan. dengan atau tanpa darah atau lendir cairan aktif Batasan karakteristik defisit. mulas mual muntah konsistensi BAB volume cairan menurut Wilkinson 2012. awitan badan terasa lemah anus terasa yang menyatakan Penurunan turgor. basah penurunan turgor kulit kembali 2 kulit 2detik Penurunan haluaran urine. detik penurunan haluaran urine rumus kurang dari 1cc kgBB jam Membran. 1 cc kg BB jam kulit dan membran mukosa mulut kering Perubahan TTV. mukosa kering penurunan berat badan seperti TD menurun denyut nadi cepat. secara tiba tiba serta kelemahan dan lemah peningkatan suhu tubuh. Hematokrit meningkat dan Konsentrasi, 2 Diagnosa, urine meningkat. Menurut penulis pada ke dua klien, 3 Rencana Keperawatan. mengalami gangguan osmotik kondisi ini, berhubungan dengan asupan makanan Tujuan yang ditetapkan untuk kedua. atau zat yang sukar diserap oleh mukosa klien tersebut sudah sesuai dengan teori. intestinal dan akan menyebabkan tekanan karena di harapkan masalah defisit. osmotik dalam rongga usus meninggi volume cairan pada klien dapat teratasi. sehingga terjadi pergeseran air dan Klien mengalami diare dan pengeluaran. cairan aktif menyebabkan air keluar dari NIC implementasi terdiri atas. sel sehingga terjadi dehidrasi maka perlu melakukan dan mendokumentasikan. dilakukan rehidrasi cairan untuk tindakan yang merupakan tindakan. mempertahankan keseimbangan cairan keperawatan khusus yang diperlukan. dan menghindari terjadinya dehidrasi untuk melaksanakan intervensi program. berat rehidrasi dilakukan dalam waktu keperawatan Perawat melaksanakan. 1x3 jam sehingga pada 3x24 jam atau mendelegasikan tindakan. diharapkan masalah sudah teratasi dan keperawatan untuk intervensi yang. tidak terjadi komplikasi Berdasarkan disusun dalam tahap perencanaan. data diatas tujuan diagnosa defisit volume kemudian mengakhiri tahap implementasi. cairan menurut Ardiansyah 2012 defisit dengan mencatat tindakan keperawatan. volume cairan dapat teratasi dengan dan respon klien terhadap tindakan. pertahanan keseimbangan cairan tersebut Kozier 2011. 4 Implementasi 5 Evaluasi, Penulis tidak menemukan kesenjangan Menurut penulis berdasarkan data diatas.
teori dengan praktik Terdapat 13 kedua klien yang mengalami defisit. intervensi dan tindakan dilakukan volume cairan tidak menunjukan tanda. sebanyak 11 yang tercapai klien yang tanda dehidrasi ringan sedang maupun. mengalami tanda dan gejala dehidrasi berat dan sesuai dengan evaluasi yang. sedang pada klien 1 dan 2 sehingga kedua telah di tetapkan klien 1 dan dua. klien perlu dilakukan balance cairan agar menunjukan tanda tanda vital dalam. dapat memantau tanda hipovolemik rentang normal dapat mempertahankan. akibat defisit volume cairan intervensi output urine 1ml kgBB jam sehingga. nomer 8 membantu ambulasi tidak evaluasi dalam 3x24 jam selama. dilakukan karena klien tidak mengalami perawatan di rumah sakit teratasi. hipotensi ortostatik Implementasi, KESIMPULAN, merupakan fase ketika perawat. Asuhan Keperawatan pada Gatroenteritis, mengimplementasikan intervensi. dengan Masalah Defisit Volume Cairan, keperawatan Berdasarkan terminologi. di Rumah Sakit Panti Waluya Malang, Nursing Interventions Classification. telah dilaksanakan dan pada Klien 1 dan, Klien 2 dapat berhasil dilaksanakan pada Muttaqin Sari 2011 Gangguan.
Gastrointestinal Aplikasi Asuhan, klien dan masalah teratasi. Keperawatan Medikal Bedah, Jakarta Penerbit Salemba Medika. DAFTAR PUSTAKA, Nelson Esensi 2010 Ilmu kesehatan Edisi. Ackley Ludwig 2011 Nursing Diagnosis 2 EGG Jakarta. ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN GASTROENTERITIS DENGAN MASALAH DEFISIT VOLUME CAIRAN DI RS PANTI WALUYA MALANG Elvina Ramanda Putri Sr Felisitas A Sri S Wishoedhanie Widi A Prodi D III Keperawatan STIKes Panti Waluya Malang E mail Ramandaelvina gmail com ABSTRAK Gastroenteritis merupakan peradangan pada lambung dan usus yang memberikan gejala diare dengsn atau tanpa disertai mual dan

Related Books

KARYA TULIS ILMIAH ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN ...

KARYA TULIS ILMIAH ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN ...

Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep , Proses dan Praktik. Jakarta : EGC Soeroso J. 2007. Osteoarthritis dalam tjokroprawiro et al., editor, Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Surabaya: Penerbit Universitas Airlangga. Stanley, Mickey & Patricia Gaunlett Beare (2007). Buku ajar Keperawatan Gerontik. Edisi Kedua. Jakarta: EGC

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN POST OPERASI FRAKTUR ...

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN POST OPERASI FRAKTUR ...

fraktur akibat kecelakaan lalu lintas (WHO, 2012). Kasus fraktur di Indonesia mayoritas disebabkan oleh cedera, yaitu jatuh, kecelakaan lalu lintas, dan trauma benda tajam atau tumpul (Fakhurrizal, 2015). Data dari Riskesdas (2013), di Indonesia terdapat 8 juta orang yang mengalami fraktur dengan jumlah terbanyak terjadi pada ekstremitas bawah (65,2%). Data di RS. Panti Waluya Sawahan Malang ...

ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN DEFISIT PERAWATAN DIRI DPD

ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN DEFISIT PERAWATAN DIRI DPD

tidak peduli terhadap perawatan diri agar klien dan keluarga mempunyai kemampuan merawat klien di rumah B Tujuan Setelah membaca makalah ini diharapkan pembaca dapat 1 Memahami konsep defisit perawatan diri 2 Melakukan pengkajian pada klien dengan defisit perawatan diri 3 Menetapkan diagnosa keperawatan klien dengan defisit perawatan

ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN STROKE

ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN STROKE

c Stroke komplit dimana gangguan neurologi yang timbul sudah menetap atau permanen Sesuai dengan istilahnya stroke komplit dapat diawali oleh serangan TIA berulang PATOFISIOLOGI Infark serbral adalah berkurangnya suplai darah ke area tertentu di otak Luasnya infark bergantung pada faktor faktor seperti lokasi dan

KEPERAWATAN JIWA Asuhan Keperawatan Pasien Dengan Masalah ...

KEPERAWATAN JIWA Asuhan Keperawatan Pasien Dengan Masalah ...

Konsep diri yang negatif dapat dilihat dari hubungan individu dan sosial yang maladaptif. Rentang respon individu terhadap konsep dirinya dapat dilihat pada gambar dibawah ini. 4 Aktualisasi diri adalah pernyataan diri tentang konsep diri yang positif dengan latar belakang pengalaman nyata yang sukses dan dapat diterima. Konsep diri positif merupakan bagaimana seseorang memandang apa yang ada ...

Macam Macam Klien dalam Asuhan Kebidanan

Macam Macam Klien dalam Asuhan Kebidanan

1 Macam Macam Klien dalam Asuhan Kebidanan Sesuai dengan wewenang dan ruang lingkup pelayanan kebidanan maka bidang konseling kebidanan meliputi

ASUHAN KEPERAWATAN PADA TN H DENGAN HIPERTENSI DI BANGSAL

ASUHAN KEPERAWATAN PADA TN H DENGAN HIPERTENSI DI BANGSAL

ASUHAN KEPERAWATAN PADA TN H DENGAN HIPERTENSI DI BANGSAL MULTAZAM RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA NASKAH PUBLIKASI ILMIAH Diajukan Guna Melengkapi Tugas Tugas dan Memenuhi

LAPORAN STUDI KASUS ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS PADA

LAPORAN STUDI KASUS ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS PADA

i laporan studi kasus asuhan keperawatan komunitas pada kelompok usia lanjut dengan diagnosa diabetes mellitus dm di rw ii kelurahan manyar sabrangan

ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn M DENGAN DEFISIT PERAWATAN

ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn M DENGAN DEFISIT PERAWATAN

gangguan defisit perawatan diri dan memberi pengetahuan kepada pembaca tentang asuhan keperawatan kepada klien dengan gangguan defisit perawatan diri 2 Tujuan Khusus a Mampu melakukan pada pengkajian klien dengan gangguan defisit perawatan diri b Mampu membuat analisa data pada klien dengan gangguan defisit perawatan diri

MAKALAH ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN DIAGNOSA

MAKALAH ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN DIAGNOSA

MAKALAH ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN DIAGNOSA MEDIS ALZHEIMER DISUSUN OLEH 1 Abdurrahman HS 2 Dzoharat Saida Marwa Mas 3 Evi Saerapi

ASUHAN KEPERAWATAN PADA TN E DENGAN TINDAKAN APPENDIKTOMI

ASUHAN KEPERAWATAN PADA TN E DENGAN TINDAKAN APPENDIKTOMI

pelaksanaan asuhan keperawatan Bab kelima pembahasan tentang penalaran hasil pengkajian perpaduan teori dengan kasus pembahasan dengan jurnal pendukung dan keterbatasan penulisan Bab enam merupakan kesimpulan dan saran yang berisi tentang sintesis dari pembahasan implikasi dan saran untuk pengembangan ilmu pengetahuan

ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN TERINFEKSI HIV

ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN TERINFEKSI HIV

ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN TERINFEKSI HIV Dr Nursalam M Nurs Hons Ninuk Dian K S Kep Ns 2007 Penerbit Salemba Medika Jakarta ISBN 978 979 3027 44 9