Hubungan Antara Pengetahuan Sikap Dan Penyuluhan Petugas-PDF Free Download

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN SIKAP DAN PENYULUHAN PETUGAS
26 May 2020 | 34 views | 0 downloads | 8 Pages | 350.46 KB

Share Pdf : Hubungan Antara Pengetahuan Sikap Dan Penyuluhan Petugas

Export Hubungan Antara Pengetahuan Sikap Dan Penyuluhan Petugas File to :

Download and Preview : Hubungan Antara Pengetahuan Sikap Dan Penyuluhan Petugas

Report CopyRight/DMCA Form For : Hubungan Antara Pengetahuan Sikap Dan Penyuluhan Petugas



Transcription

PENDAHULUAN Data yang diperoleh dari Dinas, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat PHBS di Sulawesi Utara tahun 2012 didapati jumlah. rumah tangga telah menjadi salah satu kasus diare mencapai 27 394 kasus Mu is. kewenangan wajib standar pelayanan dkk 2014 Pusat Kesehatan Masyarakat. minimal di bidang kesehatan bagi Pemerintah Puskesmas di Manado dengan jumlah. Kabupaten Kota berbagai masalah kesehatan kejadian diare tertinggi adalah Puskesmas. baik penyakit menular maupun penyakit tidak Ranomuut dengan kasus berjumlah 305. menular dapat diatasi bila masyarakat Dinas Kesehatan Kota Manado 2014. menerapkan PHBS Kemenkes RI 2011 Penyakit Diare juga masuk dalam 10. Salah satu penyakit yang diakibatkan dari penyakit menonjol di Puskesmas Ranomuut. faktor perilaku manusia yang tidak sehat dan tahun 2014 2015 dan data menunjukkan. lingkungan yang tidak sehat dimana bahwa kelompok umur yang paling banyak. keduanya saling berinteraksi adalah penyakit menderita diare adalah kelompok umur. diare Cita 2014 dibawah 5 tahun PKM Ranomuut 2015, Menurut World Health Organization Teori Green 1980 menyatakan. WHO yang dirilis pada April 2013 bahwa perilaku dipengaruhi oleh 3 faktor. penyakit diare adalah penyebab kematian yaitu Predisposing factors mencakup. anak anak dibawah lima tahun setiap tahun pengetahuan dan sikap Enabling factors. diare membunuh sekitar 760 000 anak balita mencakup sarana dan prasarana dan. dan secara global ada hampir 1 7 miliar Reinforcing factors mencakup dukungan dan. penyakit diare setiap tahunnya WHO 2013 sikap petugas kesehatan Notoatmodjo. Pada data Profil Kesehatan Indonesia tahun 2007 Penyakit diare dapat dicegah dengan. 2012 Case Fatality Rate CFR diare menerapkan PHBS Kusumaningrum dkk. cenderung mengalami penurunan sejak tahun 2011 Dari 10 indikator PHBS rumah. 2008 sampai tahun 2011 dari 2 94 menjadi tangga keluarga ada 5 indikator yang. 0 4 namun pada tahun 2012 terjadi berhubungan dengan kejadian diare pada. peningkatan CFR menjadi 1 45 padahal balita yaitu memberi ASI ekslusif. target CFR diare diharapkan 1 dengan menimbang balita setiap bulan menggunakan. demikian secara nasional CFR diare tidak air bersih mencuci tangan dengan air bersih. memenuhi target program Kemenkes RI dan sabun dan menggunakan jamban sehat. 2012 Data dari Riset Kesehatan Dasar Nuraeni 2012, Riskesdas tahun 2013 menyatakan bahwa. METODE PENELITIAN, berdasarkan karakteristik penduduk. Penelitian ini merupakan penelitian survei, kelompok umur balita adalah kelompok yang.
analitik dengan menggunakan rancangan, paling tinggi menderita diare Riskesdas. study cross sectional potong lintang, Penelitian dilakukan di Puskesmas Ranomuut. pada bulan Juli Oktober 2015 Populasi Dendengan Luar sebanyak 8 responden. dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang 8 2 dan yang paling sedikit adalah. membawa anak balitanya berumur 12 59 responden yang tinggal di Kelurahan Kairagi. bulan berkunjung ke Puskesmas Ranomuut Weru yaitu 6 responden 6 2 Hal ini. Kota Manado Jumlah sampel adalah 97 disebabkan karena jarak dari Kelurahan. responden dengan teknik pengambilan Kairagi Weru ke Puskesmas Ranomuut. sampel secara accidental sampling cukup jauh sesuai dengan Girma dkk 2011. berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang menyatakan bahwa salah satu faktor. Penelitian ini menggunakan yang terkait dalam pemanfaatan pelayanan. instrumen kuesioner dan juga melakukan kesehatan adalah jarak ke pusat kesehatan. wawancara dengan subyek penelitian terdekat atau rumah sakit. Analisis data menggunakan uji chi square Distribusi responden berdasarkan. umur anak balita paling banyak responden, HASIL DAN PEMBAHASAN. memiliki anak balita yang berada pada, Karakteristik Responden. kelompok umur 12 35 bulan 58 5 dan, Karakteristik responden dikaji berdasarkan.
41 2 responden memiki anak balita pada, umur wilayah kerja kelurahan umur balita. kelompok umur 36 59 bulan Tingkat, pendidikan pekerjaan penghasilan keluarga. pendidikan responden paling banyak, Karakteristik umur responden dibagi. memiliki tingkat pendidikan SMA SMK, dalam dua kelompok umur yaitu 31 tahun. 71 1 selanjutnya di tingkat pendidikan, dan 31 tahun hasil penelitian menunjukkan.
SMP SLTP 18 6 Perguruan Tinggi, paling banyak responden berada pada. 6 2 dan paling sedikit di tingkat, kelompok umur 31 tahun yaitu sebanyak 49 pendidikan SD 4 1 Dapat disimpulkan. responden 50 5 dan sebanyak 48 bahwa dalam wilayah kerja Puskesmas. responden 49 5 berada pada kelompok Ranomuut khususnya para ibu mayoritas. umur 31 tahun Hal ini berarti ibu ibu yang pendidikannya tergolong cukup tinggi. memiliki anak balita dan berkunjung di Mayoritas responden dengan proporsi. Puskesmas Ranomuut tergolong umur 83 5 tidak bekerja atau berprofesi sebagai. dewasa Distribusi responden berdasarkan ibu rumah tangga sedangkan yang bekerja. wilayah kerja Kelurahan tempat tinggal sebanyak 16 5 dengan pekerjaan masing. responden terbanyak yaitu responden yang masing yaitu karyawan swasta 9 3 PNS. tinggal di Kelurahan Perkamil sebanyak 25 3 1 pedagang 2 1 sebagai honorer. responden 25 8 Responden yang tinggal guru 1 0 dan wiraswasta 1 0. di Kelurahan Paal 2 sebanyak 24 responden Penghasilan keluarga responden paling. 24 7 Kelurahan Malendeng sebanyak 22 banyak Rp 2 100 000 bulan 54 6 dan. responden 22 7 Kelurahan Ranomut, Rp 2 100 000 bulan 45 5. sebanyak 12 responden 12 4 Kelurahan, Hubungan antara Pengetahuan tentang hari dan berdampak pada menurunnya angka. PHBS Rumah Tangga dengan Kejadian kejadian diare tetapi tidak demikian terdapat. Diare pada Anak Balita sebagian ibu yang memiliki tingkat. Analisis bivariat digunakan untuk mencari pengetahuan PHBS yang baik tetapi tidak. hubungan variabel bebas pengetahuan menerapkan dalam kegiatan sehari hari yang. tentang PHBS rumah tangga dengan variabel menyebabkan tidak menurunnya kejadian. terikat kejadian diare pada anak balita diare Jadi dapat disimpulkan bahwa. Hubungan antara pengetahuan tentang PHBS pengetahuan yang baik belum tentu dapat. rumah tangga dengan kejadian diare pada menentukan sikap yang baik pula Walaupun. anak balita dapat dilihat pada tabel 1 pengetahuannya baik tapi jika tidak. Tabel 1 Hubungan antara pengetahuan diaplikasikan ke kehidupan sehari hari maka. tentang PHBS rumah tangga dengan kejadian akan berdampak buruk bagi kesehatan. diare pada anak balita Adapun adanya faktor lain yang. Kejadian Diare dapat menyebabkan diare yaitu faktor. Diare Tidak Diare Total P value budaya banyak dari responden yang. n n n mengetahui bahwa asi ekslusif saja cukup, Kurang 17 44 7 21 55 3 38 100.
diberikan kepada anak hingga 6 bulan tetapi, Baik 17 28 8 42 71 2 59 100 pada kenyataannya responden tidak. Total 34 35 1 63 64 9 97 100 memberikan asi ekslusif kepada anaknya. hingga berusia 6 bulan kebanyakan dari, Hasil uji chi square diperoleh nilai p responden memberikan makanan. sebesar 0 166 dengan 0 05 p 0 05 maka pendamping asi ketika anak berumur 4 bulan. secara statistik menyatakan bahwa tidak Responden yang pengetahuannya baik belum. terdapat hubungan antara pengetahuan tentu berperilaku hidup bersih dan sehat atau. tentang PHBS rumah tangga dengan kejadian melakukan tindakan nyata sesuai dengan apa. diare pada anak balita Ini disebabkan oleh yang diketahuinya. karena mayoritas responden pada penelitian Dilihat pada hasil statistik bahwa. ini adalah berpengetahuan baik dengan pengetahuan PHBS yang baik maka. Penelitian ini sejalan dengan sebagian besar responden 71 2 memiliki. penelitian dari Al Askar 2014 yang anak balita tidak diare dan pada responden. menyatakan tidak ada hubungan antara yang pengetahuan PHBSnya kurang maka. tingkat pengetahuan ibu tentang PHBS 44 7 responden memiliki anak yang pernah. dengan kejadian diare pada balita p value diare ini sama halnya yang dikemukakan. 0 465 0 05 Dalam penelitian Al Askar oleh Kristiandi 2012 bahwa semakin tinggi. dijelaskan bahwa ibu yang memiliki tingkat pengetahuan ibu mengenai perilaku hidup. pengetahuan tentang PHBS yang baik akan bersih dan sehat semakin jarang kejadian. dapat menerapkan di dalam kegiatan sehari diare pada anak semakin rendah. pengetahuan ibu mengenai perilaku hidup daripada sikap PHBS baik Hal ini sejalan. bersih dan sehat semakin sering kejadian dengan penelitian Ginting 2011 bahwa. diare pada anak Kemudian Puspitadewi terdapat hubungan antara sikap tentang. 2009 juga menyatakan bahwa semakin perilaku hidup bersih dan sehat dengan p. tinggi pengetahuan seorang ibu terhadap 0 005 Sikap yang diukur dalam penelitian. perilaku hidup bersih dan sehat PHBS maka tersebut adalah sikap ibu dalam menyikapi. akan semakin kecil resiko anak balitanya aktivitas penggunaan air bersih jamban. menderita suatu penyakit Ini berarti baik sehat dan cuci tangan pakai sabun Sebagian. kurangnya pengetahuan ibu memiliki besar responden dari penelitian Ginting. pengaruh bagi anak balitanya untuk terkena 2011 memiliki sikap kurang tentang PHBS. penyakit diare dan dari 136 responden ada 40 balita yang. menderita diare Kemudian penelitian, Hubungan antara Sikap tentang PHBS. Malikhah dkk 2012 menyatakan bahwa, Rumah Tangga dengan Kejadian Diare. sikap ibu mengenai pencegahan dan, pada Anak Balita.
penanggulangan diare merupakan satu, Hubungan antara sikap tentang. kesatuan untuk menurunkan angka kesakitan, PHBS rumah tangga dengan kejadian diare. diare balita Berdasarkan analisis seluruh, pada anak balita dapat dilihat pada tabel 2. responden memiliki sikap baik pada, Tabel 2 Hubungan antara sikap tentang. pernyataan Rajin mencuci tangan dengan, PHBS rumah tangga dengan kejadian diare.
sabun sangat baik untuk membunuh kuman, pada anak balita. penyebab penyakit dan responden paling, Kejadian Diare. banyak memiliki sikap kurang baik pada, Tidak P pernyataan Makanan pendamping ASI. Diare Total 95, Diare value, CI diberikan saat usia 4 bulan Secara. n n n keseluruhan didapatkan hasil 51 5, Kurang 25 53 2 22 46 8 47 100 responden memiliki sikap baik dan 48 5.
0 001 5 177, Baik 9 18 0 41 82 0 50 100 responden dengan sikap kurang. Total 3 4 35 1 63 63 9 97 100 Hubungan antara Penyuluhan Petugas. Kesehatan tentang PHBS Rumah Tangga, Hasil uji chi square diperoleh nilai p dengan Kejadian Diare pada Anak Balita. sebesar 0 001 dengan 0 05 p 0 05 maka Hubungan antara penyuluhan petugas. secara statistik menyatakan bahwa terdapat kesehatan tentang PHBS rumah tangga. hubungan antara sikap tentang PHBS rumah dengan kejadian diare pada anak balita dapat. tangga dengan kejadian diare pada anak dilihat pada tabel 3. balita dan nilai POR 95 CI sebesar 5 177 Tabel 3 Hubungan antara penyuluhan. yang artinya bahwa sikap PHBS kurang petugas kesehatan tentang PHBS rumah. berpeluang sebesar 5 kali menderita diare, tangga dengan kejadian diare pada anak sangat penting untuk menurunkan kejadian. balita diare Rochimah 2009 Rochimah 2009, Kejadian Diare juga menjelaskan untuk mencapai upaya. Penyulu Tidak Total peningkatan PHBS dalam tatanan rumah. Diare P value, tangga selain keluarga perilaku yang.
diharapkan untuk berperilaku hidup bersih, Kurang1 6 43 2 21 56 8 37 100 0 268. dan sehat peran petugas dan kader kesehatan, Baik 1 8 30 0 42 70 0 60 100. sangat penting untuk memberdayakan, Total 3 4 35 1 63 64 9 97 100. keluarga menuju keluarga sehat Fungsi dan, Hasil uji chi square diperoleh nilai p peran kader dan petugas kesehatan. sebesar 0 268 dengan 0 05 p 0 05 maka merupakan unsur penggerak dan penghubung. secara statistik menyatakan bahwa tidak di tingkat keluarga dalam rangka mencapai. terdapat hubungan antara penyuluhan petugas hidup bersih dan sehat yang pada akhirnya. kesehatan tentang PHBS rumah tangga akan mencerminkan rumah tangga sehat yang. dengan kejadian diare pada anak balita Hal sehingga PHBSnya semakin meningkat. ini dikarenakan responden lebih banyak Penyuluhan pendidikan kesehatan. hanya mendapatkan informasi tentang berpengaruh pada pengetahuan seseorang. pentingnya ASI eksklusif kepada bayi 0 6 penyuluhan pendidikan dari petugas. bulan namun untuk indikator PHBS yang kesehatan sudah baik dengan persentase. 61 9 60 responden terbukti dengan, lain seperti praktek langsung cara mencuci.
pengetahuan yang sudah baik pula dengan, tangan dengan benar dari petugas kesehatan. dan cara membuat jamban yang benar belum persentase 60 8 59 responden. Penyuluhan dan pengetahuan yang sudah, banyak dari responden yang sudah. mendapatkan informasi tersebut Selain itu baik harusnya diikuti dengan adanya tindakan. sebagian besar dari responden juga belum yang baik pula sehingga perilaku hidup. pernah mendapatkan penyuluhan bersih dan sehat menjadi lebih baik dan dapat. menggunakan gambar gambar brosur tentang menurunkan kejadian diare. PHBS dari petugas kesehatan, KESIMPULAN DAN SARAN, Namun dalam penelitian ini dapat. Kesimpulan, disimpulkan bahwa dengan penyuluhan dari. Dari penelitian ini dapat disimpulkan, petugas kesehatan tentang PHBS yang baik.
maka sebagian besar responden memiliki, 1 Tidak terdapat hubungan antara. anak yang tidak mengalami diare Dapat, pengetahuan tentang PHBS rumah. diartikan bahwa pelaksanaan, tangga dengan kejadian diare pada. kampanye penyuluhan tentang PHBS, merupakan salah satu strategi preventif dan. 2 Terdapat hubungan antara sikap Cita RS 2014 Hubungan Sarana Air Bersih. dan Perilaku Ibu Terhadap Kejadian, tentang PHBS rumah tangga dengan.
terdapat hubungan antara pengetahuan tentang PHBS rumah tangga dengan kejadian diare pada anak balita Ini disebabkan oleh karena mayoritas responden pada penelitian ini adalah berpengetahuan baik Penelitian ini sejalan dengan penelitian dari Al Askar 2014 yang menyatakan tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang PHBS dengan kejadian diare pada balita p value 0 465 gt 0 05

Related Books

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN SIKAP DAN PERILAKU

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN SIKAP DAN PERILAKU

perilaku orang tua dengan tingkat kekambuhan pneumonia pada balita di Puskesmas Ngesrep 2 1 4 3 Teori Perilaku Lawrence Green 2 2 Kerangka Teori

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG EKOSISTEM DENGAN SIKAP

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG EKOSISTEM DENGAN SIKAP

Lingkungan hidup adalah semua benda daya dan kondisi yang terdapat dalam suatu tempat atau ruang tempat manusia makhluk hidup lain dan benda tak hidup yang saling mempengaruhi Itulah sebab lingkungan hidup termasuk manusia dan perilakunya merupakan unsur lingkungan hidup yang sangat menentukan Namun sebagian kalangan mengganggap

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP ORANGTUA TENTANG

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP ORANGTUA TENTANG

kelainan refraksi akan membentuk sikap yang mendukung penanganan kelainan refraksi bila terjadi pada anaknya 6 7 10 Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan orangtua tentang kelainan refraksi pada anak dengan sikap orangtua terhadap kelainan refraksi pada anak 1 2 Rumusan masalah Apakah ada hubungan antara pengetahuan dengan sikap orangtua

HUBUNGAN PENGETAHUAN SIKAP DAN TINDAKAN KESEHATAN GIGI

HUBUNGAN PENGETAHUAN SIKAP DAN TINDAKAN KESEHATAN GIGI

oleh banyak orang padahal kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian integral yang tidak dapat dipisahkan oleh kesehatan secara umum Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut adalah tingkat pengetahuan sikap dan tindakan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut Pesantren merupakan sekolah

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PEMBERIAN ASI

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PEMBERIAN ASI

Air Susu Ibu ASI sangat ideal untuk bayi yang masih tergantung pada air susu untuk mempertahankan kehidupannya Pemberian ASI akan berjalan dengan baik bila bayi diberikan ASI sesering mungkin dan ibu mau menyusuinya serta mempunyai kepercayaan diri bahwa ibu mampu melakukan hal tersebut Depkes RI 2005 1

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KONTRASEPSI IUD

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KONTRASEPSI IUD

berupa kuesioner yang digunakan untuk memperoleh data chisquare tentang pengetahuan dan sikap pemilihan kontrasepsi IUD Hasil penelitian menunjukkan sebagian kecil pengetahuan responden memilih alat kontrasepsi IUD dan sebagian besar sikap positif pada pemilihan kontrasepsi IUD Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahw ada hubungan antara pengetahuan dengan pemilihan kontrasepsi

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT

Hubungan Pengetahuan Dan Sikap dengan Kepatuhan Minum Obat Anti Tuberculosis pada Pasien Tuberculosis Paru di Puskesmas Kecamatan Jatinegara Tahun 2012 KesimpulanTingkat pengetahuan seseorang akan mempengaruhi kepatuhan dalam meminum obat anti tuberculosis dan sikap juga mempengharuhi kepatuhan seseorang dalam meminum obat anti tuberculosis

HUBUNGAN PENGETAHUAN SANITASI DAN HIGIENE DENGAN SIKAP

HUBUNGAN PENGETAHUAN SANITASI DAN HIGIENE DENGAN SIKAP

dan higiene kelas X SMK Negeri 6 Yogyakarta 2 Sikap siswa kelas X SMK Negeri 6 Yogyakarta 3 Hubungan pengetahuan dengan sikap siswa terhadap sanitasi dan higiene di lingkungan Laboratorium boga SMK Negeri 6 Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif dengan jenis ex post facto

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG POSYANDU DENGAN

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG POSYANDU DENGAN

balita ke posyandu disebabkan oleh kurang pahamnya orang tua tentang manfaat posyandu Hasil wawancara menunjukan terdapat 5 orang menganggap bahwa asalkan balita mereka sehat dan tidak sakit maka tidak perlu diperiksakan ke posyandu dan apabila balita mereka sakit maka mereka akan membawa ke Puskesmas atau dokter 5 orang tua lainnya mengemukakan bahwa mereka tidak perlu ke posyandu selama

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA S1 NON KEDOKTERAN

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA S1 NON KEDOKTERAN

penggunaan antibiotik pada mahasiswa S1 non kedokteran Universitas Lampung dengan uji Kruskal Wallis dan uji Mann Whitney Hasil Penelitian Penelitian ini dilakukan terhadap 140 responden dengan tingkat pengetahuan baik 43 6 sikap baik 86 4 dan perilaku baik 59 3 Hasil uji statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan terhadap perilaku penggunaan

SKRIPSI HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP KELUARGA

SKRIPSI HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP KELUARGA

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP KELUARGA TENTANG PERAWATAN Activities Daily Living ADL Di Dusun Candimulyo Desa candimuyo Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang Oleh Laili jamilatus Sanifah Keluarga lansia tidak mengetahui cara merawat lansia khususnya tentang ADL Dusun candimulyo merupakan dusun terbanyak yang memiliki lansia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KESEHATAN DAN TINGKAT SOSIAL

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KESEHATAN DAN TINGKAT SOSIAL

Lampiran 6 Uji Kolmogorov Smirnov sikap Lampiran 7 uji Linearitas Lampiran 8 uji Auto korelasi Lampiran 9 sumbangan efektif SE dan umbangan relatif SR