Lampiran 1. CONTOH RINGKASAN HASIL WAWANCARA DAN OBSERVASI .

3y ago
1.0K Views
59 Downloads
2.05 MB
31 Pages
Last View : 6d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Sasha Niles
Transcription

268Lampiran 1.CONTOH RINGKASAN HASIL WAWANCARA DAN OBSERVASIHASIL WAWANCARASumber DataTanggalJamTempatPeringkas: Drs. H. Bambang Widarsono, M. Pd: 12 & 20 April 2010: 12.00-13.00 WIB: Ruang Kepala SMP Negeri 4 Malang: SukirmanKodeMasalahPrpKodeDataKSKodeTeknikWIsi RingkasanPrpKSWUntuk program pembelajaran Intrakurikuler PendidikanAgama Islam (PAI) diatur sesuai dengan SK mengajar bagiguru-guru PAI. Dilihat dari pembagian jamnya, masingmasing guru Agama islam mestinya mendapat jam mengajarsama. Kalau saat ini ada 20 kelas, maka masing-masingmendapat 20 jam mengajar. Berhubung pak Untung saat inisudah sertifikasi, maka pak Untung mendapat 24 jam mengajaruntuk memenuhi persyaratan dari sertifikasi itu. Sedangsisanya yang 16 jam pelajaran diberikan kepada Pak Kirmansendiri. Untuk pengaturan kelas yang ada non muslimnya,sejak dulu di SMP ini ditempatkan di kelas tersendiri. Jadimasing-masing jenjang ada di kelas B untuk saat ini. Jikawaktunya jam pelajaran agama, maka kelas yang ada nonmuslimnya tadi bertempat ruang khusus agama non muslimyang sejak 4 tahun terakhir ini sudah disediakan. Yangkemudian ruang tersebut digunakan untuk ruang kebhaktiansetiap pelajaran agama Kristen/Katholik dan pembinaanIMTAQ bagi non muslimPrpKSWMemang sudah seharusnya di SMP Negeri 4 Malang inidikembangkan berbagai program pengembangan termasukprogram keagamaan, karena SMP ini sudah maju baikakademiknya maupun non akademiknya. Sementara kalauhanya mengambil dan mengadopsi kurikulum dari BSNPnampaknya perlu banyak revisi. Wong tempatnya saja di kotayang strategis kok masih itu-itu saja program keagamaannya.Lagi pula, saat ini perkembangan siswa yang menjurus ke arahkenakalan remaja dan mengkonsumsi narkoba sudah sangatluar biasa. Untuk itu ke depan program-program sekolah yangYang merencanakan dan menentukan guru yang akanmengajar PAI di kelas adalah koordinator kurikulum yaitu buNurul dengan melihat SK pengangkatan dari Dinas Pendidikanatau Departemen Agama, kecuali jika dirasa kurang memenuhikebutuhan sekolah, maka diangkatlah Guru Tidak Tetap(GTT) oleh Kepala Sekolah dengan mempertimbangkanusulan dari Dewan Guru. sedangkan untuk pengajarekstrakurikuler ditentukan oleh koordinator kesiswaan yaitupak Gupuh dengan pertimbangan koordinator ekstrakurikuleryakni pak Prapto.

269berkaitan rpKSWSejak saya pertama kali memasuki sekolah ini, satu tahun yanglalu ,saya jadi kagum dengan kegiatan-kegiatan yangdiselenggarakan di sini, ada bunyi musik gending jawa yangenak di dengar, sambutan warga yang santun, dan jika adakegiatan keagamaan warga sangat antusias sampai malam tetapkompak, dan lain-lain. Ternyata setelah saya pelajari programprogramnya ternyata memang disusun sedemikian rupa, hal inisudah menjadi tradisi warga SMP 4 Malang dari tahun ketahun. Setelah kami mengumpulkan staf-staf yang ada termasukkoordinator Agama Islam (Pak Untung Djarwadi) semua adaprogramnya katanya. Karena itu saya jadi tertarik dan inginmemanfaatkan kegiatan yang serupa di Smp ini sepertimengembangkan meditasi saat menjelang ujian nasional nanti.PlpKSWPengembangan program pembelajaran PAI di SMP Negeri 4Malang ini telah diatur oleh urusan kurikulum untuk kegiatanpembelajaran di kelas (intrakurikuler) dengan 2 jam pelajaranper minggu. Sedangkan untuk kegiatan ekstrakurikuler diaturoleh kurikulum dengan pertimbangan unit kesiswaan danpembina ekstrakurikuler PAI dengan ekuivalen 2 jampembelajaran perminggunya.PlpKSWKarena terbatasnya anggaran dana, maka kegiatan kesiswaanyang berkaitan dengan ekstrakurikuler tahun ini agak dibatasi,mengingat saat ini untuk penarikan kepada orang tua sangatseret, sementara dana BOS dirasa kurang bisa memenuhianggaran yang dibutuhkan. Tetapi walaupun demikian untukkegiatan ekstra keagamaan supaya jalan terus, baik yang sudahdiprogramkan sebelumnya maupun yang berkaitan denganprogram mandiri tak terstruktur termasuk pembudayaanperilaku religius harus tetap digalakkan di sekolah iniPlpKSWUntuk program pembelajaran Intrakurikuler Pendidikan AgamaIslam (PAI) diatur sesuai dengan SK mengajar bagi guru-guruPAI. Dilihat dari pembagian jamnya, masing-masing guruAgama islam mestinya mendapat jam mengajar sama. Kalausaat ini ada 20 kelas, maka masing-masing mendapat 20 jammengajar. Berhubung pak Untung saat ini sudah sertifikasi,maka pak Untung mendapat 24 jam mengajar untuk memenuhipersyaratan dari sertifikasi itu. Sedang sisanya yang 16 jampelajaran diberikan kepada Pak Kirman sendiri. Untukpengaturan kelas yang ada non muslimnya, sejak dulu di SMPini ditempatkan di kelas tersendiri. Jadi masing-masing jenjangada di kelas B untuk saat ini. Jika waktunya jam pelajaranagama, maka kelas yang ada non muslimnya tadi bertempatruang khusus agama non muslim yang sejak 4 tahun terakhir inisudah disediakan. Yang kemudian ruang tersebut risten/Katholik dan pembinaan IMTAQ bagi non muslim.Adapun cara mengatur program pembelajaran ekstrakurikulerdilakukan oleh urusan kurikulum dan koordinator ekstra.

270PlpKSWKegiatan-kegiatan yang mendukung terhadap keberhasilanpembelajaran pendidikan Agama islam dapat dilihat juga dalamkegiatan yang ditangani oleh Pembina Osis bidang ketaqwaan,dalam hal ini yang menangani adalah Pak Untung dan PakKirman. Melalui kegiatan ini disusun program peningkatanketaqwaan lewat OSIS. Adapun kegiatannya adalah SholatJum’at di sekolah, Bimbingan Keputrian, Pembiasaan AmalJariyah pada hari Jum’at, Pesantren Romadhon, dan lain-lain.Bentuk pengendalian dari semua kegiatan itu adalah denganmelihat daftar hadir Pembina, silabus yang dibuat, dan prestasiyang diraih. Satu lagi yang ingin saya tekankan disini adalahbentuk keteladanan perlu dikembangkan disini. Karena kitalihat akhir-akhir ini siswa maupun guru kita banyak yangkurang pede karena krisis keteladanan itu. Karena itu saya ingindi SMP Negeri 4 Malang ini keteladanan yang baik dari kepalasekolah, guru, dan siswa perlu digalakkan, agar muncul bibitpemimpin yang diteladani di masa-masa yang akan datang.PlpKSWPdpKSWUntuk kegiatan-kegiatan yang masuk dalam budaya agamayang bentuknya tidak terstruktur tetapi dilaksanakan oleh wargasekolah dengan nilai-nilai agama yang kental bias dilihat dalamkebiasaan anak-anak salim kepada bapak/ibu guru, berperilakusopan-santun kepada siapa saja bila bertemu, ambil sampahsetiap melihat sampah berkeliaran dan memasukkannya kedalam bak sampah, dan lain-lain bentuk pengendaliannya lewatpantauan baik dilakukan oleh guru, wali kelas, maupun kepalasekolah. Kegiatan ini dianggap berhasil di lingkunag kitadengan ditunjuknya sekolah ini menjadi duta mewakili kotaMalang dalam lomba adipura, dan adiwiyata tingkat Propinsi.Setiap satu bulan sekali, kepala sekolah beserta staf wajibmengikuti rapat khusus sebelum diadakan rapat umum besertadewan guru dan karyawan yang ada di SMP Negeri 4 malang.Biasanya membahas tentang evaluasi pelaksanaan programprogram pembelajaran secara menyeluruh, mulai dari masalahdi kelas sampai pada hal-hal yang kecil dibahas semua.PdpKSWUntuk pembelajaran secara umum di Kelas kami melakukanpengendalian dalam bentuk supervisi kelas dengan caramelakukan pembinaan-pembinaan terhadap proses pelaksanaanKBM pada saat itu. Jika tidak masuk kelas, kami melakukannyadengan cara penilaian perangkat pembelajaran yang dibuat olehguru yang bersangkutan. Cara yang kedua adalah dengansupervisei secara klinis, yaitu melakukan pembinaan kepadaguru yang bersangkutan baik dilakukan di ruang kepala sekolahmaupun dalam rapat dinas dewan guru. Cara seperti inidiharapkan yang datang secara aktif adalah gurunya bukankepala sekolahnya. Hal ini saya lakukan untuk mencaripermasalahan-permasalahan yang terjadi sepanjang proses danhasil pembelajaran di kelas.PdpKSWUntuk pembelajaran PAI di kelas kami mengadakan supervisidengan cara bekerjasama dengan Pengawas Pendidikan AgamaIslam dari Depag. Seperti yang sudah-sudah bahwa wilayahPendidikan Agama Islam memang harus ditangani oleh Depagdan dari depag sendiri sudah ditentukan pengawasnya.

271Sehingga kami hanya melihat dari sisi administrasinya saja,belum sampai pada supervise di kelas . nampaknya masalahpengendalian pembelajaran PAI ini memang diatur sesuaidengan pengawas mata pelajaran. Dan khusus pembelajaranPAI di SMP Negeri 4 ini pengawas dari Depag adalah bapakSyamsul Arifin. Kalau pengawas secara umum dan hanyapembinaan di SMP ini yang dari Dinas Pendidikan adalah BuMawar.PdpKSWKarena para siswa-siswi SMP 4 ini berada pada lingkungansekolah umum, maka kegiatan ekstrakurikuler PAI inidiorientasikan pada penunjang mata pelajaran Agama Islamdimana hanya diberikan 2 jam setiap minggunya, untuk ituperlu digalakkan kegiatan ekstra yang menunjang dandilaksanakan pada jam-jam di luar jam pelajaran. Disampingitu, misi SMP 4 ini adalah unggul dalam IPTEKs berlandaskanIMTAQ dan berbudi pekerti luhur. Maka salah satunya yamemperbanyak kegiatan kegamaan melalui ekstrakurikulerPAI.PdpKSWUntuk program pembelajaran ekstrakurikuler kami lakukandengan melihat daftar hadir Pembina ekstra sekaligus untukmenentukan honor pembinaannya. Juga melihatnya lewatkeikutsertaan ekstra tersebut dalam kejuaraan lomba-lombayang diselenggarakan di luar SMP 4 Malang ini. Kalau kemarinmisalnya ada lomba Pidato dan Cerdas-cermat Agama Islamyang diselenggarakan oleh MGMP PAI SMP, maka kamikontak Pembina ekstra Agama Islam untuk mengikutinya, danternyata berhasil menjadi juara 2 lomba pidato tingkat SMP seKota Malang.PdpKSWUntuk ekstra Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4Malang ini dikembangkan program TPA dengan nama BTA(Baca Tulis Al-Qur’an) dan Bahasa Arab, sedangkan untukpengendaliannya juga lewat supervise kegiatan dengan melihatsemacam silabus yang dibuat dan daftar hadir Pembina ekstra.ada lagi kegiatan yang sudah terprogram dan masuk dalamstruktur kurikulum yaitu pembiasaan IMTAQ diisi oleh walikelasnya masing-masing. Nah kegiatan IMTAQ ini untuksementara tujuannya supaya anak-anak terbiasa saja dalammelafalkan do’a-do’a harian dan ayat-ayat pendek dalam AlQur’an sedangkan untuk agama Kristen ditempatkan dalamkelas khusus untuk dibina tersendiri. Adapaun carapengendaliannya tidak ada evaluasi hanya pada daftar hadirwali kelas pada jam tersebut. Satu lagi yang ingin sayatekankan disini adalah bentuk keteladanan perlu dikembangkandisini. Karena kita lihat akhir-akhir ini siswa maupun guru kitabanyak yang kurang pede karena krisis keteladanan itu. Karenaitu saya ingin di SMP Negeri 4 Malang ini keteladanan yangbaik dari kepala sekolah, guru, dan siswa perlu digalakkan,agar muncul bibit pemimpin yang diteladani di masa-masayang akan datang. Bentuk keteladanan dari siswa sudah dimulaidengan seragam busana muslim setiap hari Jum’at, yang dariguru-guru muslim semuanya sudah berbusana muslim.

272HASIL WAWANCARASumber DataTanggalJamTempatPeringkas: Slamet Udadi, S. Pd., SH: 23 April 2010: 10.00-11.00 WIB: Ruang Staf SMP Negeri 4 Malang: WIsi RingkasanPelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler PAI.Begini ceritanya pak. Sewaktu kepala sekolah dipimpin BuAs (Asmiaty), ekstrakurikuler Bahasa Arab ini sangat maju,bahkan pembinanya dihadirkan dari dosen sastra Bahasa ArabUM yaitu pak Izzudin al-Adib. Pada waktu itu memang bu Asmenginginkan di SMP Negeri 4 Malang ini maju di 5 bahasa,yaitu Inggris, Mandarin, Arab, Indonesia, dan Jawa. Dankebetulan dari Dinas pendidikan Kota Malang selalumenyelenggarakan kegiatan lomba 5 bahasa. Maka sekaliandipersiapkan untuk menuju ke sana. Selama 4 tahun bu Asmemimpin sekolah ini, ternyata memang lomba 5 bahasa iniselalu diikuti, dan hasilnya sangat bagus di 3 bahasa. Pernahjuara 1 lomba bahasa Jawa 4 tahun berturut-turut, juara 2 lombabahasa arab tahun 2006 pada saat itu pesertanya bernamaBunga Agari dan lomba pidato bahasa Indonesia juara 2. Nahsetelah itu, ketika sekolah-sekolah dilarang menarik dana darimasyarakat, akhirnya berimbas pada penyelenggaraan kegiatanekstrakurikuler di sekolah termasuk di SMP Negeri 4 Malang.Tetapii SMP 4 masih menyediakan bentuk kegiatan ekstrabahasa arab, namun tidak satupun yang memilih ekstra ini.Akhirnya SMP 4 tetap menyelenggarakan kegiatan ekstraBahasa Arab ini yang pesertanya diambilkan dari pesertaekstra BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) tentu dengan kemampuanpenguasaan membaca Al-Qur’annya di atas rata-rata siswa lain.Sehingga penawaran ekstra Bahasa Arab ini sampai sekarangmasih terprogram tetapi pada pelaksanaannya masihmenyesuaikan dengan kondisi di Dinas pendidikan KotaMalang. Kalau memang nanti lomba 5 bahasa ini dilaksanakanlagi, maka sekolah ini juga akan mempersiapkan diri untukmengikuti lomba tersebut, lagipula pembina ekstra BahasaArab sampai sekarang masih ada yaitu pak Mashudi. Hanyasaja karena ekstranya masih vacum, maka beliaunya disuruhmembantu untuk membina ekstra BTA (Baca Tulis Al-Qur’an)Dalam kegiatan pembelajaran PAI di SMP 4 diadakan praktekpembiasaan budaya religius dan kegiatan ekstrakurikulerkeagamaan seperti BTA dan Bahasa Arab, sholat jum’at diMasjid sekolah, kajian keputrian, pondok romadhon danperingatan hari besar Islam lainnya. Hal ini dimaksudkan agarpara siswa berlatih dan terbiasa mepraktekkan ilmu-ilmukeislaman yang sudah diketahuinya dalam kehidupan seharihari.

273PdpWKSWTujuan Ekstrakurikuler tersebut yaitu pengembangan potensidan minat bakat siswa-siswi , menambah wawasan keislamanserta persiapan mengikuti lomba-lomba 5 bahasa yang setiaptahunnya diselenggarakan di kota Malang ini.PdpWKSWBiasanya, para guru ekstra yang menghadapi kesulitan terkaitdengan kegiatan pembelajaran, baik masalah waktu, tempat,dan alat-alat praktek, biasanya disampaikan langsung kepadaKoordinator kesiswaan yang membidangi ekstrakurikuler (PakPrapto), dan juga melalui rapat khusus pembina ekstra sertaperbincangan ketika pelaksanaan ekstra tersebut.

274HASIL WAWANCARASumber DataTanggalJamTempatPeringkas: Hj. Nurul Qomariyah, S. Pd (Koord. Kurikulum): 12,14, 25 Maret, 4 April 2010: 10.00-11.00 WIB: Ruang Staf SMP Negeri 4 Malang: i RingkasanPrpUrs.KurWSetiap memasuki liburan semester guru-guru mengikutikegiatan workshop yang diselenggarakan sekolah untukmenyusun perangkat pembelajaran yang didalamnya akanmembuat pengembangan silabus dan sistem penilaian,Rencana pelaksanaan pembelajaran, program tahunan,program semester, pemetaan materi, analisis standar isi,kriteria ketuntasan minimal dan lain-lain. Juga termasukkegiatan pengembangan diri dalam bentuk ekstrakurikulerharus ada perangkat pembelajarannya berikut kriteriapenilaian. Hal ini dilakukan supaya pada waktu masukpelajaran guru-guru tidak disibukkan dengan administrasipembelajaran.PrpUrs.KurWDi sini ekstrakurikuler yang mendukung kegiatanpembelajaran pendidikan Agama Islam adalah BTA danPidato Bahasa Arab. Hal ini diadakan dengan tujuanmeningkatkan kemampuan siswa dalam membaca danmenulis Al Quran dan Meningkatkan keterampilan siswadalam berkomunikasi dengan bahasa Arab dan kalau bisa yameningkatkan prestasi non akademik siswa dalam bahasaArab alias bisa juara dalam mengikuti kegiatan lomba yangsetiap tahunnya ada kegiatan lomba 5 bahasa ituPrpUrs.KurWKami membagi program pembelajaran kurikulum itu menjadi2 bagian. Satu untuk program pembelajaran intrakurikuleratau kurikulum yang terstruktur, dua untuk programpengembangan diri yang pelaksanaannya tidak dicantumkandalam struktur kurikulum, namun dilaksanakan di luar jampelajaran dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Untukprogram pembelajaran yang masuk dalam struktur kurikulum,kami memberikan keluasan kepada masing-masing guru untukmengembangkan mulai dari perencanaan membuat silabus,RPP, menggunakan metode pada saat mengajar maupunmembuat kriteria penilaian. Sedangkan untuk kegiatanpengembangan diri kami serahkan kepada masing-masingguru yang menanganinya tetapi harus mengacu pada aturanKurikulum yang digunakan di SMP Negeri 4 Malang iniadalah kurikulum KTSP dengan beberapa penambahan sesuaidengan kebutuhan sekolah yang disusun oleh Timpengembang kurikulum dengan melibatkan berbagai pihak.Termasuk ada tim MGMPS yang bertugas mengembangkanprogram-program pembelajaran untuk dijadikan pedomanbaik pembelajaran kokurikuler maupun ekstrakurikuler

275yang ditentukan. Misalnya pengembangan diri dalam bentukekstra BTA(Baca Tulis Al-Qur’an), harus sesuai dengantujuan pembelajaran PAI, Pramuka harus sesuai dengan tujuanpembentukan kedisiplinan yang disesuaikan dengan MapelPKn, dan lain-lain. Adapun yang terkait dengan budayabudaya yang dikembangkan disini itu masuk dalam programspontanitas termasuk kerja bhakti, jum’at bersih, ta’ziyah,santunan kematian, santunan fakir-miskin, budaya salim danlain-lain. Termasuk membudayakan berbahasa Inggris padahari jum’at dan berbahasa Jawa pada hari Sabtu.PlpUrs.KurW dalam upaya mewujudkan visi-misi SMP Negeri 4 Malang,maka penentuan guru mata pelajaran PAI diserahkan kepadaurusan kurikulum. Sedangkan untuk guru ndenganpertimbangan koordinator ekstrakurikuler. Karena darimerekalah secara persis tahu karakteristik guru yang mengajardan materi yang diajarkan. Untuk tahun ini, Pak Untungmengajar PAI kelas VII dan IX dengan jumlah jam 24,sedangkan untuk pak Kirman mengajar kelas VII dan VIIIdengan jumlah jam 18 ditambah ekstra dan Pembina OSISbidang ketaqwaan. Pembagian jam seperti ini karena tuntutansertifikasi yang harus dipenuhi. Karena pak untung tahun iniyang sertifikasi maka diberi jam 24 sisanya pak Kirman yangsaat ini masih kuliah S2 dan belum sertifikasi (W-3Urs.Kur.Plp.22-03-10)PdpUrs.KurWBegini pak, untuk penilaian Mata Pelajaran PAI, evaluasipembelajarannya menggunakan model yang sudah ditetapkanoleh BSNP yaitu ada ujian tulis dan praktek. Yang termasukujian tulis diambilkan dari ulangan harian, ulangan tengahsemester dan ulangan akhir semester. Sedangkan untuk ujianpraktek diambilkan dari praktek-praktek keagamaan yangsudah diprogramkan di sekolah seperti rajin sholat wajibdzuhur dan jum’at di sekolah ditambah penilaian akhlak.Penilaian akhlak ini menyangkut; afektif dan psikhomotoriksiswa. Untuk penilaian ujian praktek membaca Al-Qur’anyang dinilai adalah makhroj, tajwid, dan kelancaran baca.PdpUrs.KurWUjian tulis maupun praktek dilaksanakan oleh Guru PAI dansekolah dengan menggunakan nilai angka. Standar kelulusanyang digunakan adalah minimal mencapai angka 72. jikabelum mencapai ketentuan tersebut, siswa harus mengikutiprogram remedial yang jadwalnya ditentukan oleh kurikulum.PdpUrs.KurWDisini ini Pak, budaya kerja tanpa harus diperintah masihbelum jalan sekalipun itu menjadi motto SMP 4 , karenanyamasih harus belajar banyak. Sering Pak Bambang bilangkepada kami-kami khususnya yang staf untuk selalumemonitor anak-anak, nyuwun tulung (minta tolong) lebihsregep (rajin) agar murid-murid kita pinter dan nantinya jadiorang yang berguna di masyarakat.

276HASIL WAWANCARASumber DataTanggalJamTempatPeringkas: Priyo Gupuh Suryantoro, S. Pd (Koord. Kesiswaan): 23 Maret 2010: 08.00-08.30.00 WIB: Ruang Staf SMP Negeri 4 Malang: pUrs.SisWIsi RingkasanSejak saya ditunjuk teman-teman guru untuk menjadikoordinator kesiswaan di sini, saya hanya meneruskan tradisiyang sudah-sudah dalam memilih kepengurusan OSIS.Dimana setiap tahun menjelang kepengurusan OSIS lamaberakhir, saya mengumpulkan anak-anak untuk saya mintaikesediaan mereka menjadi pengurus OSIS. Hasilnya setelahmereka mendapat persetujuan orang tuanya, baru sayanyatakan mereka bersedia untuk menjadi pengurus OSIS.Setelah menjaring lewat perwakilan kelas yang setiapkelasnya dipilih 2 orang yang bersedia, maka pada waktupemilihan terdapat beberapa calon ketua OSIS. Kemudiansetiap calon ada tim sukses mengadakan kampanye lewatselebaran atau tulisan-tulisan yang ditempel di setiap sudutpapan pengumuman. Kemudian disediakan waktu khususuntuk memaparkan program satu tahun ke depan termasukvisi dan misi jika menjadi ketua OSIS dalam sidang plenoyang dihadiri perwakilan

misalnya ada lomba Pidato dan Cerdas-cermat Agama Islam yang diselenggarakan oleh MGMP PAI SMP, maka kami kontak Pembina ekstra Agama Islam untuk mengikutinya, dan ternyata berhasil menjadi juara 2 lomba pidato tingkat SMP se-Kota Malang. Pdp KS W Untuk ekstra Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Malang ini dikembangkan program TPA dengan .

Related Documents:

lampiran b : kisi - kisi instrumen lampiran c : angket penelitian lampiran d : skor hasil angket lampiran e : hasil skala perhitingan skor per butir lampiran f : gambaran perhitungan skor ideal lampiran g : uji validitas dan reabilitas lampiran h : tabel penolong lampiran i : hasil output spss lampiran j : surat - surat penelitian

Lampiran 3. Lembar Bimbingan Lampiran 7. Surat Izin Penelitian dari IAIN Lampiran 8. Surat Izin Penelitian dari SDN 68 Kota Bengkulu Lampiran 9. Surat Telah Selesai Penelitian dari SDN 68 Kota Bengkulu Lampiran 10. Lembar Angket Ahli Bahasa Lampiran 11. Angket Penelitian Minat Belajar Lampiran 12. Tabel Skor Hasil Angket Minat Belajar Lampiran 13.

Lampiran 1.1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lampiran 1.2. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Lampiran 1.3. Kisi-Kisi Intrumen Kemampuan Pemecahan Masalah . Lampiran 1.4. Instrumen Kemampuan Pemecahan masalah . Lampiran 1.5. Rubrik Penskoran Instrumen Kemampuan Pemecahan Masalah . Lampiran 1.6. Kisi-Kisi Angket Kepercayaan Diri . Lampiran 1.7.

DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1. Kisi-kisi Angket Lampiran 2. Soal-soal Angket Uji Coba Lampiran 3. Soal-soal Angket Lampiran 4. Foto-foto Dokumentasi Penelitian Lampiran 5. SK Pembimbing Skripsi Lampiran 6. Surat Izin Penelitian Lampiran 7. Surat Keterangan Selesai Penelitian xvi . xvii BAB I .

DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1 : Angket Penelitian Lampiran 2 : Pedoman dan Hasil Wawancara . Lampiran 9 : Surat Keterangan telah melakukan Penelitian Lampiran 10 : Dokumentasi Lampiran 11 : Daftar Riwayat Hidup . KISI KISI ANGKET PENELITIAN No Variabel Inikator Butir Soal 1 Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) 1. .

Kenyataan Sebutharga . 3 .3 Jadual 2 - Arahan kepada Penyebutharga 5 4 Lampiran A : Syarat-Syarat Am : 9 5 Lampiran B - Syrat-Syarat Khas 13 6 Lampiran C . Syarat-Syarat Tambahan . 15 7 Lampiran D - Keterangan Mengenai Penyebutharga 16 8 Lampiran E : Surat Akuan Penyebutharga : 19 9 Lampiran F - Jadual Tawaran Harga 21 10 Lampiran G . Jadual Penentuan Spesifikasi Teknikal

DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1. Kriteria Penilaian Poster 16 Lampiran 2. Kriteria Penilaian Presentasi 17 Lampiran 3. Format Penyusunan Rujukan dan Daftar Pustaka 24 Lampiran 4. Format Surat Penyataan Pergantian Ketua Tim 25 Lampiran 5. Format Surat Penyataan Pergantian Anggota Tim 26 Lampiran 6. Format Halaman Sampul 27

Lampiran 2 Contoh invoice 32 Lampiran 3 Website PT. TBG untuk pendaftaran calon mitra vendor 33 Lampiran 4 Pabrikasi PT. Galvindo Ampuh di Gunung Putri Bogor 34 Lampiran 5 PO Site Tjiwi Kimia 35 Lampiran 6 List doc Purchase Order 36 Lampiran 7 TBM 37 Lampira