Wawasan Seni - Perpustakaan UT

2y ago
123 Views
17 Downloads
1.14 MB
33 Pages
Last View : 1m ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Arnav Humphrey
Transcription

Modul 1Wawasan SeniKuswarsantyo, M.Hum.Dra. Tetty Rachmi, M.Hum.PEN D A HU L UA NSesuai dengan judulnya ―Wawasan Seni‖, modul ini akan memaparkantentang seberapa luas ruang lingkup seni itu sebenarnya. Seni sebagaiseni itu sendiri dan seni dalam konteks di luar dirinya. Apa dan bagaimanaseni bersentuhan dan terlibat dalam aktivitas manusia, termasuk ke dalamnyaseni dalam pendidikan. Pemahaman Anda tentang ruang lingkup seni akansangat membantu Anda ketika Anda mengajar kesenian baik itu senipertunjukan maupun seni rupa di kelas. Selain itu pemahaman ini akanmenjadi pijakan bagi Anda ketika Anda mempelajari modul-modulselanjutnya.Pemahaman Anda terhadap materi ini sangat diperlukan ketika Andamenjelaskan tentang musik, tari, dan seni rupa kepada anak didik Anda. Halhal yang bersifat teknis akan dapat diajarkan lebih bijak dan luas, bila Andajuga memberikan wacana tentang seni. Dengan demikian anak tidak meluludiperkenalkan dengan keteknisan berkesenian tetapi juga melebar hinggapada keterlibatan seni dalam kehidupan mereka. Di sinilah pentingnya kitamemahami konteks kesenian dalam kehidupan. Tidak hanya sekedarmemahami secara tekstual dari cabang-cabang seni yang ada.Untuk itu Anda akan mempelajari tentang hakikat dan pengertian seni,struktur keilmuan cabang seni, dan fungsi serta kedudukan seni dalammasyarakat. Hakikat seni lebih menekankan pada segi esensi yang akandibahas dalam pelajaran pendidikan seni di Sekolah Dasar. Untuk pengertianseni lebih mengarah pada substansi materi tentang cabang-cabang seni yangada beserta karakteristik yang membentuknya. Semua bahan tersebutdikemas dalam 3 (tiga) kegiatan belajar, yakni:

1.21.2.3.Pendidikan Seni di SD Hakikat Seni.Fungsi dan Kedudukan Seni dalam Kehidupan Masyarakat.Jenis-jenis Seni.Untuk mempelajarinya Anda dapat melakukannya seperti yangdisarankan di depan pada Tinjauan Mata Kuliah.

PDGK4207/MODUL 11.3Kegiatan Belajar 1Hakikat SeniIstilah seni berasal dari istilah “sani” dalam bahasa Sansekerta yang berartipemujaan, pelayanan, donasi, permintaan atau pencarian dengan hormatdan jujur (Sugriwa, 1957 : 219-133), tetapi ada juga yang mengatakan bahwaseni berasal dari bahasa Belanda “genie” atau jenius. Dalam versi yang lain,seni disebut cilpa yang berarti berwarna (kata sifat) atau pewarna (katabenda), kemudian berkembang menjadi cilpacastra yang berarti segalamacam kekriyaan (hasil keterampilan tangan) yang artistik (Soedarso,1988:16-17). Dalam perkembangan selanjutnya dari asal kata seni munculberbagai pengertian seni, yaitu (a) seni sebagai karya seni (work of art), (b)seni sebagai kemahiran (skill), (c) seni sebagai kegiatan manusia (humanactivity).Pengertian seni sebagai benda/karya seni adalah bahwa seni ataukeindahan adalah sesuatu yang menghasilkan kesenangan, tetapi berbedadengan sekedar rasa gembira karena mempunyai unsur transendental atauspiritual. Pendapat dari Joganatha. Misalnya lukisan dinding gua yangdiperkirakan berasal dari jaman pra sejarah yang memiliki nilai religi-magisyang membangkitkan spirit dan sugesti terhadap binatang buruan manusiapurba masa itu.Pemahaman seni sebagai kemahiran dimaknai seni merupakan sebuahkemampuan dalam membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upayamencapai suatu tujuan yang ditentukan oleh rasio/logika atau gagasantertentu. Pendapat ini dinyatakan oleh Aristoteles. Misalnya Idris Sardi,seorang violis Indonesia yang terkenal karena kemahirannya dalammemainkan karya-karya musik dengan improvisasi-improvisasi nadakreatifnya.Sementara itu pengertian seni sebagai kegiatan manusia oleh LeoTolstoy dikatakan bahwa seni merupakan kegiatan sadar manusia denganperantaraan tanda-tanda lahiriah tertentu untuk menyampaikan perasaanperasaan yang telah dihayatinya kepada orang lain, sehingga merekakejangkitan perasaan yang sama dan juga mengalaminya. Misalnya, DidiNini Thowok, seorang penari dan koreografer tari yang tampil dalam kostumwanita membawakan karya tariannya yang kocak dan baru.

1.4Pendidikan Seni di SD Seni adalah ekspresi jiwa manusia yang tertuang dalam berbagai bentukkarya seni. Refleksi kehidupan manusia dituangkan melalui media seni dalmbentuk karya seni. Semua cabang seni (tari, musik, seni rupa, teater, dansastra) memiliki nilai yang dapat ditransformasikan dalam kehidupan seharihari. Atau sebaliknya. Di dalam seni terdapat simbol-simbol kehidupan yangmemiliki makna mendalam tentang hakikat hidup. Tari dengan ekspresigerak, musik dengan bunyi dan suara manusia, teater dengan ungkapanekspresi gerak dan vokal, seni rupa dengan berbagai media visual - semuanyamemiliki gaya dan aliran yang beragam - merupakan ungkapan ekspresi yangdi dalamnya sarat dengan simbol. Memaknai cabang–cabang seni ini menjadipenting artinya untuk mengawali sebuah proses pengenalan tentang apa seniitu.Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya aktivitas berkesenian selaludialami manusia. Hanya saja terkadang kita tidak menyadari ataumerasakannya bahwa aktivitasnya merupakan bagian dari ekspresi seni yangalami. Contoh, ketika kita hendak pergi ke luar rumah, selalu saja kitaberpikir hendak mengenakan pakaian apa yang sesuai dengan acara yangakan dihadiri. Dalam memilih pakaian tersebut, kita mungkin harusmemadukan warna busana dengan tas atau sepatunya. Aktivitas memilihbusana dan kelengkapannya untuk dikenakan pada acara itu, tanpa kita sadarisudah berkaitan dengan selera estetis atau keindahan.Aktivitas tersebut hampir setiap hari dapat kita jumpai dan tidak kitasadari sebagai upaya untuk memperindah diri kita agar berpenampilanmenarik. Apa yang dilakukan manusia dalam kehidupan sehari-harimerupakan refleksi dari sikap dan perilaku seseorang.Seni secara teori dapat dibagi menjadi dua bagian besar yaitu seni murnidan seni terapan. Seni murni adalah penciptaan seni yang hanyamempertimbangkan fungsi atau bentuknya, sedangkan seni terapan adalahpenciptaan seni yang dirancang untuk kepentingan tertentu di luar fungsisebenarnya.Seni murni merupakan seni yang dasar penciptaannya hanya untukfungsi tertentu sesuai dengan karakteristik bentuknya. Contoh pot tanamanatau tempat tanaman dari tanah liat dibuat apa adanya sesuai dengan manfaatpembuatannya. Bentuk dan wujud pot adalah sederhana dan digunakan untukmenanam tanaman bunga. Namun ketika pot tersebut sudah dimodifikasisedemikian rupa sehingga dari aspek bentuknya sudah berubah sertafungsinya sudah tidak hanya sekedar untuk menanam tanaman hias, maka pot

PDGK4207/MODUL 11.5itu sudah merupakan seni terapan. Contoh pot hias dibuat dan digunakanuntuk bahan melukis atau untuk tempat lampu minyak.Kesenian dalam pemahaman sempit oleh sementara kalangan dianggapseni ansich. Di sana ada seni rupa, musik, tari dan teater. Namun apakahkesenian hanya terbatas pada empat cabang seni itu? Secara menyeluruh(holistik) kita dapat memahami kesenian itu lebih luas, tidak sekedarmenguraikan ke dalam empat cabang seni tersebut.Kesenian secara universal dapat dipahami dan dimaknai sebagai refleksikehidupan manusia yang dituangkan ke dalam berbagai ekspresi. Ekspresiinilah yang memunculkan berbagai jenis seni dimaksud. Batasan seperti itu,semestinya kesenian mendapat perhatian dan penanganan khusus agardikenal tidak saja sebagai upaya menyalurkan hobi dan kegemaran.Melainkan kesenian dapat dijadikan sarana untuk membentuk perilaku yangdapat kita adopsi dari nilai-nilai edukatif yang terakumulasi di dalamkesenian dalam arti yang umum.Pemahaman secara menyeluruh ini perlu ditekankan kepada parapendidik seni agar dalam memberikan materi pelajaran kesenian dapat secarakontekstual sampai ke akar objek seni yang dikuasainya. Penanaman bekalini sangat penting artinya dalam rangka memberikan jawaban atas keraguansementara orang tua siswa yang selalu menganggap kesenian sebagai matapelajaran tidak penting. Dari penjabaran wawasan kesenian secara utuh inidiharapkan orang tua siswa akan semakin paham tentang pentingnyakesenian dalam kehidupan.Perkembangan kesenian di era global saat ini menuntut sikap antisipatifterhadap situasi yang terjadi. Pengaruh budaya global tak dapat dipungkirilagi akan berpengaruh pada eksistensi kesenian. Seni sebagai bagian darikebudayaan memang selalu berkembang mengikuti arus perubahan zaman.Hanya saja bagaimana kita menyikapi perubahan itu, sehingga substansikesenian tetap bisa dipertahankan.Mempertahankan substansi seni dalam menghadapi era global menjadisesuatu yang penting. Mengingat ―roh‖ kesenian berasal dari tradisi budayasetempat, baik seni rupa, tari, musik, maupun teater. Dari sumber tradisiitulah berbagai ekspresi seni bisa dikembangkan ke dalam bentuk-bentuk lainyang bersifat kreasi atau modern. Pengembangan bentuk dari konvensionalke kreasi ini sebenarnya merupakan bagian dari upaya pelestarian dalambentuk atau format baru.

1.6Pendidikan Seni di SD Menurut Soedarso, Sp., sejarah lahirnya seni secara umum sudah tuausianya, namun gambaran orang terhadapnya biasanya tidak jelas dan seringkali terlampau sempit (partial). Kondisi demikian karena luasnya daerahjelajah seni, juga karena pesatnya perkembangan zaman, sehingga tidak lagiterjangkau oleh orang-orang di luar komunitasnya.Untuk menjawab pertanyaan tersebut perlu kiranya kita tengok batasanbatasan maupun definisi tentang seni dalam pandangan masyarakat secaraumum. Definisi yang paling pas dan sering terdengar adalah seni adalahsegala macam keindahan yang diciptakan oleh manusia. Dari definisi inimaka seni merupakan produk keindahan, suatu usaha manusia untukmenciptakan sesuatu yang indah-indah yang dapat mendatangkankenikmatan. Misalnya seni karawitan, musik, merupakan paduan bunyiinstrumen yang dipadukan dengan suara vokal sehingga menghasilkanpaduan suara yang mengenakkan untuk didengar. Demikian pula denganukir-ukiran kayu di rumah adalah hiasan yang menambah semaraknyapemandangan atau suasana rumah.Menurut Ki Hajar Dewantara, seni yaitu segala perbuatan manusia yangtimbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapatmenggerakkan jiwa perasaan manusia (1962, p.330). Definisi laindikemukakan Akhdiat K. Miharja yang menyebutkan bahwa seni adalahkegiatan rohani manusia yang merefleksi realitas (kenyataan) dalam suatukarya yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkanpengalaman tertentu dalam alam rohani si penerimanya (1961, p :17)Dari definisi-definisi tersebut kita dapat memahami bagaimana posisiseni dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu secara sistematis kita perlumemahami hakikat, sejarah, struktur hingga fungsi kesenian itu dalamkehidupan masyarakat. Dari aspek itulah kita dapat memahami secarakontekstual apa sebenarnya kesenian dan manfaatnya dalam kehidupanmasyarakat.

PDGK4207/MODUL 11.7R A NG KU M ANIstilah seni bersumber dari beberapa pendapat di antaranya bahwakata seni berasal dari “sani” dalam bahasa Sansekerta yang berartipemujaan, pelayanan, donasi, permintaan atau pencarian dengan hormatdan jujur. Ada yang mengatakan seni berasal dari bahasa Belanda“genie” atau jenius. Atau versi yang lain, seni disebut cilpa yang berartiberwarna (kata sifat) atau pewarna (kata benda), kemudian berkembangmenjadi cilpacastra yang berarti segala macam kekriyaan (hasilketerampilan tangan) yang artistic. Dalam perkembangan selanjutnyadari asal kata seni muncul berbagai pengertian seni, yaitu (a) senisebagai karya seni (work of art), (b) seni sebagai kemahiran (skill), (c)seni sebagai kegiatan manusia (human activity).Ki Hajar Dewantara, seni yaitu segala perbuatan manusia yangtimbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapatmenggerakkan jiwa perasaan manusia. Akhdiat K. Miharja yangmenyebutkan bahwa seni adalah kegiatan rohani manusia yangmerefleksi realitas (kenyataan) dalam suatu karya yang berkat bentukdan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentudalam alam rohani si penerimanyaDalam kehidupan sehari-hari sebenarnya aktivitas berkesenianselalu dialami manusia. Hanya saja terkadang kita tidak menyadari ataumerasakannya bahwa aktivitasnya merupakan bagian dari ekspresi seniyang alami.Seni secara teori dapat dibagi menjadi dua bagian besar yaitu senimurni dan seni terapan. Seni murni adalah penciptaan seni yang hanyamempertimbangkan fungsi atau bentuknya, sedangkan seni terapanadalah penciptaan seni yang dirancang untuk kepentingan tertentu di luarfungsi sebenarnya.TES F OR M AT IF 1Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!1) Salah satu siswa Anda dapat menarikan sebuah tarian tradisional denganpakem yang benar. Ini termasuk pemahaman seni sebagai .A. bendaB. kemahiranC. kegiatanD. karya

1.8Pendidikan Seni di SD 2) Patung yang terdapat pada sebuah gapura sebuah rumah kolektor bendabenda antik termasuk karya seni .A. rupaB. antikC. murniD. terapan3) Ekspresi wajah dan gerakan yang lucu dan konyol dari aktor komediMandra mengundang gelak tawa para penonton, adalah salah satu contohseni sebagai .A. bendaB. kemahiranC. kegiatanD. karya4) Seni adalah semua perbuatan manusia yang timbul dari hidupperasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwaperasaan manusia, adalah pendapat dari .A. K.H. DewantaraB. Akhdiat K. MiharjaC. JoganathaD. Tolstoy5) Jiwa dari seni suatu etnis berakar pada .A. seni kreasinyaB. tradisi budayanyaC. kemajuan budayanyaD. pengaruh budaya asingCocokkanlah jawaban Anda dengan Kunci Jawaban Tes Formatif 1 yangterdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar.Kemudian, gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaanAnda terhadap materi Kegiatan Belajar 1.Tingkat penguasaan Jumlah Jawaban yang BenarJumlah Soal100%

PDGK4207/MODUL 11.9Arti tingkat penguasaan: 90 - 100% baik sekali80 - 89% baik70 - 79% cukup 70% kurangApabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapatmeneruskan dengan Kegiatan Belajar 2. Bagus! Jika masih di bawah 80%,Anda harus mengulangi materi Kegiatan Belajar 1, terutama bagian yangbelum dikuasai.

1.10Pendidikan Seni di SD Kegiatan Belajar 2Fungsi dan Kedudukan Seni dalamKehidupan MasyarakatDalam Kegiatan Belajar 2 ini Anda akan kami ajak untuk memahamifungsi dan kedudukan seni dalam kehidupan masyarakat khususnya diIndonesia. Pemahaman atas keragaman budaya dengan fungsi dankedudukannya dalam kehidupan akan memberikan rasa kebanggaan terhadapkekayaan budaya nusantara.A. FUNGSI SENI DALAM MASYARAKAT TRADISIONALDalam pemahaman umum, seni sering diartikan hanya sebagai hiburan.Konotasi inilah yang perlu kita perjelas tidak hanya sebagai media hiburan.Seni dalam pemahaman yang lebih kompleks dapat merupakan saranalegitimasi, ketika seni itu berada di dalam istana (kraton). Soedarsonomengemukakan bahwa fungsi utama pertunjukan ada tiga yaitu: 1) untukkepentingan upacara ritual, 2) sebagai hiburan pribadi, dan 3) sebagaipenyajian estetis atau tontonan. Perkembangan selanjutnya seni dapat pulaberfungsi sebagai sarana pendidikan, media terapi, atau sebagai saranakomunikasi. Masing-masing fungsi tersebut dapat berkembang secaraterpisah tanpa mengurangi makna dan tujuan penciptaannya. Secara umumfungsi kesenian di dunia ini ada delapan yaitu:1.Pemujaan/RitualFungsi seni untuk pemujaanberlangsung pada masa ketikaperadabanmanusia masihsangat terbelakang. Kehidupankesenian waktu itu belummengenal adanya instrumenmusik, busana, dan gerak, tatapanggung dan lain-lainnya,seperti kesenian pada masa kini.

PDGK4207/MODUL 11.11Kecenderungan seni ritual pada masa lalu lebih menekankan pada misidaripada fisik atau bentuk. Tidak mengherankan kalau bentuk seni ritualuntuk pemujaan masih sangat sederhana, baik dari aspek musik iringan,busana (kostum) serta rias, gerak, maupun penggunaan dekorasi sebagaisetting pertunjukan. Pada saat ini kita masih dapat menjumpai jejak-jejak seniyang berperan sebagi media ritual atau pemujaan, misalnya tari Barong untukupacara di Bali (libat gambar di halaman sebelumnya).2.TuntunanTuntunan dibalik tontonan (Pertunjukan WayangKulit)Fungsituntunanlebihmenyentuh pada misi yangsecara verbal diungkapkan.Pelaku seni dalam hal inilebihdituntutuntukmenyampaikan pesan moralyang akan dicapai. Seorangdalang sebagai contoh, harusmampu memerankan semuatokoh yang ada di dalamkotak wayangnya.Dalang harus mampu membawakan diri dan memilah mana tokohsimbol angkara murka dan mana tokoh simbol kebaikan. Dimensi inilah yangmewarnai tuntunan di balik sebuah tontonan.2.Tontonan/hiburanFungsi seni sebagai tontonanatau hiburan tidak banyakmembutuhkanpersyaratan.Seni untuk hiburan tidakterikat pada misi tertentu. Seniyang menghibur adalah seniyangmampumemberikesenangan pada seseorangatau kelompok orang yangberada di sekitar pertunjukan.

1.12Pendidikan Seni di SD Salah satu jenis seni yang berfungsi sebagai tontonan adalah tariSerampang Duabelas dari Sumatra Barat (gambar samping)B. FUNGSI SENI DALAM MASYARAKAT MODERNFungsi seni dalam masyarakat modern berkembang sesuai dengankebutuhan masyarakat modern yang sangat beragam dan kompleks. Senisecara jelas dapat dijumpai di setiap elemen dan situasi kehidupan. Mungkindi masa lalu seni juga sudah mengusung fungsi berikut ini namun tidaktampil secara jelas. Bagaimana fungsinya dalam masyarakat modern silakansimak paparan berikut.1.Ekspresi/Aktualisasi DiriKecenderungan fungsi pertunjukan untuk ekspresi atau aktualisasi diriini merupakan perwujudan dari semboyan seni untuk seni atau l’art pourl’art. Tidak ada orang yang dapat mengganggu gugat ekspresi seni dalampenampilannya. Kebebasan di sini lebih menekankan pada pencapaian tujuantertentu yang diperjuangkan. Contoh seni instalasi, happening art, dansejenisnya.2.PendidikanSeni sebagai media pendidikan merupakan elemen mendasar yang perludipahami. Hal ini karena esensi seni sebenarnya tidak dapat lepas dari muatanedukatif. Dengan lain perkataan apa yang dituangkan ke dalam berbagaicabang seni merupakan sarana untuk mewujudkan tujuan untuk membentukbudi pekerti seseorang.

PDGK4207/MODUL 11.13Seni Aktualisasi diri (gaya Sardono)3.IndustriFungsi seni sebagai industri lebih mengarah pada tujuan ataukepentingan tertentu untuk mendukung satu produk tertentu. Seni untukindustri adalah sesuatu yang mampu memberi daya tarik pada produk yangditawarkan. Misalnya, sebuah lagu dibuat untuk kepentingan iklan produksusu. Atau ketika seorang penata tari membuat koreografi untukmenggambarkan sesuatu yang terkait dengan keperkasaan seseorang lewatiklan rokok.4.Seni TerapiSeni untuk terapi digunakan secara khusus untuk memberi ketenanganbatin seseorang yang sedang menderita secara psikis. Masalah kejiwaan yangsering dihadapi manusia membutuhkan media untuk penyelesaian. Salah caratersebut dapat ditempuh dengan beraktivitas di dunia seni. Dengan berolahseni seseorang yang memiliki permasalahan atau tertekan jiwanya, akanterobati. Dengan demikian orang belajar seni untuk terapi hanya sebagaimedia untuk memberi siraman estetis melalui kegiatan seni yang ia gemari.5.Komersial/InstantSeni untuk kategori sebagai alat mendatangkan keuntungan(entertainment) ini bisa dibuat menurut keperluan dan keinginan si

1.14Pendidikan Seni di SD penanggap. Apa pun bentuk dan wujud kesenian itu asal mampu memenuhikeinginan pembeli tidak masalah, walaupun kadang-kadang harusmenyimpang pada norma estetis yang berlaku. Seni untuk fungsi ini terjadikarena permintaan yang makin banyak. Dunia pariwisata membuka peluanguntuk pengemasan jenis-jenis pertunjukan kemasan.R A NG KU M ANFungsi utama pertunjukan ada tiga yaitu: untuk kepentingan upacararitual, sebagai tuntunan, dan sebagai penyajian estetis atau tontonan.Sementara seni dalam kehidupan masyarakat modern di antaranya adalahsebagai media ekspresi/aktualisasi diri, pendidikan, industri, terapi, dankomersial.TES F OR M AT IF 2LINGKARILAH HURUF B BILA PERNYATAAN DIBAWAH INI BETUL DAN HURUF S BILA PERNYATAANDI BAWAH INI SALAH1) Keragaman seni budaya nusantara sering disebut multilingual. B - S2) Yang membedakan antara seni untuk upacara dengan hiburan adalahpada aspek koreografinya. B - S3) Tari Serampang Dua Belas termasuk kategori tarian untuk upacara. B - S4) Secara garis besar fungsi penyajian dalam seni ada tiga (

seni itu sendiri dan seni dalam konteks di luar dirinya. Apa dan bagaimana seni bersentuhan dan terlibat dalam aktivitas manusia, termasuk ke dalamnya seni dalam pendidikan. Pemahaman Anda tentang ruang lingkup seni akan sangat membantu Anda ketika Anda mengajar kese

Related Documents:

Ruang Lingkup Sejarah Kesenian. Kategori Kesenian Seni Pertunjukan (Perfomance Arts) Seni Rupa (Visual Arts) Seni Sastra Seni Media Rekam. Seni Pertunjukan Seni Tari Seni Drama Seni Musik. Seni Rupa Seni Lukis Seni Kriya Seni Patung Seni Arsitektur. Periodisasi Sejarah Kesenian

terdapat berbagai jenis diantaranya adalah seni rupa, seni musik, seni tari, seni drama, seni sastra. Seni rupamerupakan seni yang berhubungan dengan bentuk-bentuk visual yangdiungkapkan oleh manusia. Menurut Kartika (2004:34-35) seni patung merupakan salah satu cabang seni rupa tiga dimensi yangmemiliki fungsi, baik fungsi

Seni musik meliputi apresiasi seni musik, estetika seni musik, penge tahuan bahan dan alat seni musik, teknik penciptaan seni musik, pertunjukan seni musik, evaluasi seni musik, dan portofolio seni musik. Pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) memuat pengenalan tek

7. membuat pergelaran dan pameran karya seni. C. Ruang Lingkup Ruang lingkup mata pelajaran Seni Budaya memiliki 4 aspek seni, yaitu: 1) Seni Rupa Apresiasi seni rupa, Estetika seni rupa, Pengetahuan bahan dan alat seni rupa, Teknik penciptaan seni rupa, Pameran seni rupa, Evaluasi s

6. Melestarikan (melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan) seni budaya. E. Ruang Lingkup Materi Materi Gerakan Seniman Masuk Sekolah meliputi: 1. Seni Pertunjukan: Seni Musik, Seni Tari, Seni Teater 2. Seni Rupa 3. Seni Media Baru 4. Seni Sastra Materi di atas bisa dilaksanakan hanya satu jenis seni

C. Ruang Lingkup Ruang lingkup mata pelajaran Seni Budaya memiliki 4 aspek seni, yaitu: (1) Seni Rupa Apresiasi seni rupa, Estetika seni rupa, Pengetahuan bahan dan alat seni rupa, Teknik penciptaan seni rupa, Pameran seni rupa, Evaluasi seni rupa, Portofolio

1. Seni Rupa Seni rupa meliputi apresiasi seni rupa, estetika seni rupa, pengetahuan bahan dan alat seni rupa, teknik penciptaan seni rupa, pameran seni rupa, evaluasi seni rupa, dan portofolio seni rupa. Pada Pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) memuat

ASTM E 989-06 (2012), Classification for Determination of Impact Insulation Class (IIC) ASTM E 2235-04 (2012) Standard Test Method for Determination of Decay Rates for Use in Sound Insulation Test Methods. Test Procedure. All testing was conducted in the VT test chambers at Intertek-ATI located in York, Pennsylvania. The microphones were calibrated before conducting the tests. The airborne .