Shortlist Soal OSN Matematika 2014 - TOMI

2y ago
169 Views
17 Downloads
220.81 KB
7 Pages
Last View : 2m ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Helen France
Transcription

Shortlist Soal OSN Matematika 2014Olimpiade Sains Nasional ke-13Mataram, Nusa Tenggara Barat, 2014

iipKontributorKomite Pemilihan Soal OSN Matematika 2014 menyampaikan rasa terima kasihnya kepada parapenyumbang soal berikut.Fajar Yuliawan, Nanang Susyanto, Soewono, Ivan Wangsa, Aleams Barra,Rudi Prihandoko, Al Haji Akbar, Purwanto, Reza Wahyu Kumara

Shortlist OSN 20141AljabarA1. Misalkan a, b merupakan bilangan real positif sedemikian sehingga ter-dapat takberhingga banyaknya bilangan asli k yang memenuhibak c bbk c back bbck .Buktikan bahwaba2014 c bb2014 c bac2014 bbc2014 .A2. Suatu barisan bilangan asli a1 , a2 , a3 , . . . memenuhiak al am anuntuk setiap bilangan asli k, l, m, n dengan kl mn. Buktikan bahwauntuk setiap bilangan asli m, n dengan m n berlaku am an .A3. Buktikan untuk setiap bilangan real positif x, y, z, ketaksamaan berikutberlakuy2zz2x(x y z)2x2 y .x 2y y 2z z 2x8A4. Buktikan bahwa untuk setiap bilangan real positif a, b, c dengan 1 a, b, c 8 berlaku ketaksamaana b c 3 abc.5A5. Tentukan bilangan asli terbesar m sedemikian sehingga untuk setiapbilangan real tak negatif a1 a2 · · · a2014 0 berlakuvu222a1 a2 · · · am ut a1 a2 · · · a2014 .m2014A6. Tentukan semua polinom P (x) dengan koefisien bulat sedemikian se-hingga untuk setiap bilangan asli a, b, c yang merupakan panjang sisisisi suatu segitiga siku-siku berlaku P (a), P (b), P (c) juga merupakanpanjang sisi-sisi suatu segitiga siku-siku.

2Shortlist OSN 2014KombinatorikaC1. Apakah mungkin menempatkan angka-angka 1,2,. . . , 9 ke dalam pa-pan catur berukuran 3 3 sehingga setiap dua persegi yang bertetanggabaik secara vertikal ataupun horizontal jumlah dari dua bilangan yangada di dalamnya selalu prima?C2. Tunjukkan bahwa banyaknya warna terkecil yang diperlukan untukmewarnai bilangan-bilangan 1, 2, · · · , 2013 sehingga untuk setiap duabilangan a, b yang berwarna sama, ab bukan kelipatan 2014, adalah 3warna.C3. Misalkan n adalah suatu bilangan asli. Diberikan papan catur beruku-ran m n. Sisi-sisi dari persegi kecil papan catur ini yang bukan padakeliling papan catur akan diwarnai sedemikian sehingga setiap persegikecil memiliki tepat dua sisi yang diwarnai. Buktikan bahwa pewarnaan seperti itu mungkin jika dan hanya jika m · n genap.C4. Misalkan m, M, K merupakan bilangan asli dengan m M . BuktikanbahwaKm Mm k M K 1.(m k)k 0m k KX C5. Tentukan banyak pasangan bilangan asli (m, r) dengan 2014 m r 1 yang memenuhi 2014 m 2014 2014 r .mrrm rC6. Tentukan semua bilangan asli n sehingga bilangan-bilangan 1, 2, . . . , ndapat ditempatkan pada keliling suatu lingkaran demikian sehinggauntuk setiap bilangan asli s dengan 1 s 12 n(n 1), terdapatsuatu busur lingkaran yang hasil jumlah seluruh bilangan pada busurtersebut adalah s.

Shortlist OSN 20143GeometriG1. Lingkaran dalam dari segitiga ABC berpusat di I dan menyinggungBC di X. Misalkan garis AI dan BC berpotongan di L, dan D adalahhasil pencerminan dari L terhadap X. Titik E dan F berturut turutmerupakan hasil pencerminan dari D terhadap garis CI dan garis BI.Tunjukkan bahwa BCEF merupakan segiempat tali busur.G2. Diberikan segitiga ABC dengan AD sebagai garis bagi dalam sudutA. Misalkan titik M dan N berturut-turut pada AB dan AC sehingga M DA ABC dan N DA C. Jika AD M N P , buktikanbahwa AD3 AB · AC · AP .G3. Diberikan trapesium ABCD dengan AB k CD dan AB CD. Mis-alkan diagonal AC dan BD bertemu di E dan misalkan garis AD danBC bertemu di titik F . Bangun jajar genjang AEDK dan BECL.Buktikan bahwa garis EF melalui titik tengah segmen KL.G4. Diberikan segitiga lancip ABC dengan AB AC. Titik P dan Qterletak pada garis bagi BAC sehingga BP dan CQ tegak lurusdengan garis bagi tersebut. Misalkan titik E, F berturut-turut padasisi AB dan AC sedemikian sehingga AEP F layang-layang. Buktikanbahwa garis BC, P F , dan QE berpotongan di satu titik.G5. Diberikan segiempat talibusur ABCD. Misalkan E, F, G, H berturut-turut titik tengah sisi AB, BC, CD, DA. Garis melalui G tegak lurusAB berpotongan dengan garis melalui H tegak lurus BC di titik K.Buktikan bahwa EKF ABC.G6. Diberikan segitiga lancip ABC dengan titik pusat lingkaran luar O.Misalkan Γ adalah lingkaran yang menyinggung garis AO di titik Adan juga menyinggung garis BC. Buktikan bahwa Γ menyinggunglingkaran luar segitiga BOC.

4Shortlist OSN 2014Teori BilanganN1. (a) Misalkan k adalah bilangan asli sehingga persamaanab (a 1)(b 1) 2ktidak memiliki solusi bulat positif (a, b). Tunjukkan bahwa k 1merupakan bilangan prima.(b) Tunjukkan bahwa terdapat bilangan asli k sehingga k 1 merupakan bilangan prima dan persamaanab (a 1)(b 1) 2kmemiliki solusi bulat positif (a, b).N2. Misalkan a, b, c, k merupakan bilangan asli dengan a, b, c 3 yangmemenuhi persamaanabc k 2 1.Tunjukkan bahwa paling sedikit satu diantara a 1, b 1, c 1 merupakan bilangan komposit.N3. Carilah semua pasang bilangan asli (a, b) yang memenuhiab (a b)a .N4. Misalkan m, n bilangan asli sehingga sistem persamaanx y2 mx2 y nmemiliki tepat satu solusi bulat (x, y). Tentukan semua nilai yangmungkin bagi m n.N5. Buktikan bahwa bilangan-bilangan 1, 2, . . . , 2013 dapat diwarnai den-gan tujuh warna berbeda (semua warna digunakan) sedemikian sehingga jika a, b, c berwarna sama, maka 2014 - abc dan sisa pembagianabc oleh 2014 berwarna sama dengan a, b, c.

Shortlist OSN 20145N6. Suatu bilangan asli disebut cantik jika dapat dinyatakan dalam bentukx2 y 2x yuntuk suatu bilangan asli x dan y yang berbeda.(a) Tunjukkan bahwa 2014 dapat dituliskan sebagai perkalian bilangan cantik dan bilangan tidak cantik.(b) Buktikan bahwa hasil perkalian dua bilangan tidak cantik tetaptidak cantik .

Shortlist Soal OSN Matematika 2014 Olimpiade Sains Nasional ke-13 Mataram, Nusa Tenggara Barat, 2014. ii p Kontributor Komite Pemilihan Soal OSN Matematika 2014 menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para penyumbang soal berikut. Faj

Related Documents:

Soal Matematika Model PISA Indonesia Tahun 2015 Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Lam. Soal UAN dan Jawaban Matematika SMA Lingkaran Soal UN dan Jawaban Matematika Peluang Soal Matematika Eksponen UM UNDIP Contoh Soal Matematika Masuk UGM Soal UN dan Jawaban Persamaan Linier Soal UN dan Jawaban Trigonometri

penulisan kisi-kisi, penulisan soal, telaah (analisis kualitatif), ujicoba, analisis kuantitatif soal, dan kalibrasi soal. Soal-soal yang terbukti bermutu secara kualitatif dan kuantitiatif dikumpulkan dan disimpan dalam bank soal. Alur kegiatan pengembangan bank soal di Puspendik terlihat dalam diagram berikut. Penulis Soal Soal Mentah D i t e r i m a D i t o l a k Baik Kurang Baik Revisi U j .

butir soal latihan, 131 butir soal uji kompetensi dan 29 butir soal ulangan akhir semester I terdapat 155 butir soal atau 34,60% yang sesuai dengan model PISA dan 293 butir soal tidak serupa PISA atau 65,40% dari jumlah keseluruhan soal. Soal serupa PISA banyak terdapat dalam bab I, III dan IV dengan materi pokok bilangan,

ocsz Pembahasan Soal OSN Guru 2012 OLIMPIADE SAINS NASIONAL KHUSUS GURU MATEMATIKA SMA OSN Guru Matematika SMA

PENULISAN SOAL BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN SOAL UJIAN SEKOLAH PUSAT ASESMEN DAN PEMBELAJARAN BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAN PERBUKUAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2020 . ALUR PENGEMBANGAN BANK SOAL PENYUSUNAN KISI-KISI PENULISAN SOAL TELAAH SOAL ANALISIS UJI COBA PERAKITAN BANK SOAL. BENTUK SOAL ./? ?/! Pilihan Ganda Kompleks* Pilihan Ganda Menjodohkan Isian/Jawaban Singkat .

soal, dan soal buatan guru kelas VIII pilihan SMPN 1 Mempura Tahun Pelajaran 2017/2018. Mencocokkan soal buatan guru matematika yang digunakan dengan kisi-kisi soal dan silabus. 3. Mencocokkan soal buatan guru dengan kaidah-kaidah menelaah butir soal. Butir soal dianalisis menggunakan lembar analisis. Lembar analisis adalah

prestasi belajar adalah : (1) penentuan tujuan tes, (2) penyusunan kisi-kisi, (3) penulisan soal, (4) penelaahan soal (review dan revisi soal), (5) uji coba soal, termasuk analisis dan perbaikan, dan (6) perakitan soal menjadi perangkat tes. PENULISAN BUTIR SOAL Pada pelatihan ini hanya difokuskan pada penyusunan dan analisis butir yang digunakan untuk mengungkap aspek kognitif. Untuk itu .

Additif alimentaire : substance qui n’est habituellement pas consommée comme un aliment ou utilisée comme un ingrédient dans l’alimentation. Ils sont ajoutés aux denrées dans un but technologique au stade de la fabrication, de la transformation, de la préparation, du traitement, du conditionnement, du transport ou de l’entreposage des denrées et se retrouvent donc dans la .