RUANG LINGKUP AJARAN ISLAM - Studi Pemikiran Islam

2y ago
117 Views
6 Downloads
1.06 MB
12 Pages
Last View : 16d ago
Last Download : 2m ago
Upload by : Mika Lloyd
Transcription

studipemikiranislam.wordpress.comRUANG LINGKUPAJARAN ISLAM

Studi Objektif Berdasarkan kaidah ke-Ilmuan Islam Berdasarkan sumber/riwayat terpercaya Tidak bertentangan dengan Dalil Syariah Mengutamakan referensi muktabar diatasberbagai referensi orientalis Bukan persepsi dan opini dari pembenciIslam

Definisi IslamIslam adalah: Agama yang diturunkan oleh Allah swt.kepada Nabi Muhammad saw, untuk mengatur: (1)hubungan manusia dengan Allah; (2) manusiadengan manusia lain; (3) manusia dengan dirinyasendiri.Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al-Qur'an) untukmenjelaskan segala sesuatu (QS. An-Nahl: 89)

IslamAkidahSyariahRukun ImanHukumIbadahShalat, Shaum, Zakat, Haji. dllPemerintahanHukumPrivatHukumPublikMakanan, Minuman, Pakaian, AkhlakSos. BudayaPeradilanFikihPendidikanEkonomi

SUMBER & DALILAJARAN ISLAM

1. Sumber hukum berbeda dengan dalil syariah,sumber hukum Islam hanyalah al-Quran & asSunnah.2. Adapun dalil syariah adalah apa yangdigunakan untuk menghasilkan hukum yangterkadung dalam al-Quran dan as-Sunnah.3. Dalil syara’ adalah: al-Quran, Hadist, Ijma’Shahabat dan Qiyas. Selain keempat daliltersebut tidak layak disebut dalil, namun hanyadiduga sebagai dalil.

Al-QuranAl-Quran adalah kalam (firman) Allah yangberupa mukjizat, yang diturunkan kepada NabiMuhammad saw. dengan bahasa Arab, terdapatdi antara dua ujung mushaf, disampaikan secaramutawatir, membacanya adalah ibadah, dimulaidengan surat al-Fatihah dan ditutup dengansurat an-Nas.

Kebenaran al-Quran1. Berasal dari Orang Arab (tidak terbukti)2. Dari Muhammad saw (tidak terbukti)3. Wahyu Allah swt (benar)Atau (patutkah) mereka mengatakan: "Muhammad membuatbuatnya." Katakanlah: "(Kalau benar yang kamu katakan itu), makacobalah datangkan sebuah surat serupa dan panggillah siapa saja yang(dianggap) mampu (membuatnya) selain Allah, jika kamu orang-orangyang benar.“ (QS. Yunus: 38)

As-SunnahAs-Sunnah dan al-Hadits merupakan sinonim.Menurut ulama ahli hadist, sunnah adalah perkataan,perbuatan, ketetapan (taqrir), sifat akhlak dan anggotabadan yang disandarkan kepada Rasulullah saw.Sedangkan menurut ulama ushul fikih, sunnah adalahperkataan, perbuatan dan ketetapan (taqrir) terhadapsuatu perkataan atau perbuatan yang datang dariRasulullah saw.

As-SunnahAs-Sunnah adalah Wahyu (maknanya).Tiadalah yang diucapkannya itu (Al Qur'an & al-Hadits) menurutkemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyuyang diwahyukan (kepadanya). (QS. An-Najm: 3-4).Fungsi As-Sunnah terhadap Al-Qur’an : Menguraikan Kemujmalan (keglobalan) Al-Qur’an Pengkhususan keumuman Al-Qur’an Taqyid (Pensyaratan) terhadap ayat Al-Qur’an yang Mutlak Pelengkap keterangan sebagian hukum-hukum Al-Qur’an Menetapkan hukum-hukum baru.

Ijmak Sahabat1. Ijma’ Sahabat: kesepakatan para Sahabat tentang hukum suatuperkara, bahwa hukum tersebut merupakan hukum syariah.Contoh Ijma: Pengumpulan Al-Qur’an, Keharusan adanyaPemimpin dll.2. Ijmâ’ Sahabat terbagi menjadi dua: (1) Ijmâ’ Qauli, dan (2)Ijmâ’ Sukûti.3. Ijmâ’ Qauli adalah kesepakatan sahabat atas hukum kasustertentu dalam bentuk pandangan atau pendapat.4. Ijmâ’ Sukûti adalah sikap seorang sahabat atas hukum suatukasus tertentu, kemudian sikap sahabat tersebut diketahui olehsahabat yang lain, tetapi tidak dinafikan.

Qiyas Syar’i1. Qiyas adalah menyertakan suatu perkara terhadap yanglainnya dalam hukum syariah karena terdapat kesamaan‘illat (pendorong adanya hukum syariah) di antara keduanya2. Kehujjahannya karena dasar pengambilan illat-nya adalahdalil-dalil syara’ yakni Al-Qur’an, As-Sunnah dan IjmaShahabat.3. Contoh Qiyas : Larangan jual-beli pada saat adzan Jum’at(QS. Al-Jumu’ah : 9).4. Empat rukun Qiyas adalah: (1) asal, (2) kasus cabang (furû’),(3) ‘illat (pendorong adanya hukum syariah) dan (4) hukumfurû’.

Studi Objektif Berdasarkan kaidah ke-Ilmuan Islam Berdasarkan sumber/riwayat terpercaya Tidak bertentangan dengan Dalil Syariah Mengutamakan referensi muktabar diatas berbagai referensi orientalis Buka

Related Documents:

Contoh Silabus dan RPS SILABUS Mata Kuliah : Pengantar Studi Islam Kode : SKS : 2 SKS Program Studi : Pendidikan Agama Islam Bahan Ajar: 1.Urgensi perkuliahan PSI 2 Urgensi agama bagi manusia 3. Studi agama sebagai Suatu Disiplin Pengetahuan 4. Esensi dan karakteristik ajaran Islam 5. Dasar dan Sumber ajaran Islam 6. Pengertian dan urgensi ijtihad dalam ajaran Islam 7. Sejarah perkembangan .

acuan hidup mereka. Peranan media dalam Islam mestilah menonjolkan prinsip yang selari dengan ajaran yang telah ditetapkan oleh Islam. Dalam konteks komunikasi Islam yang mempunyai ruang lingkup yang lebih luas tentang media, Islam telah menetapkan bahawa media Islam mestilah selari dengan peranan agama Islam.

Membelajarkan Novel Jawa di SMK . religi, mistik, kemanusiaan, kritik sosial dan sebagainya. Konsep-konsep di dalam ajaran agama Islam sering dijadikan Ranggawarsita sebagai dasar dalam menulis ajaran-ajarannya. Ajaran-ajaran Islam . dalam Serat Kalatidha pada bait ke-9. (1) Samono iku bêbasan/ padu-padune kêpengin/ ênggih mêkotên .

KATA PENGANTAR Dewasa ini kajian tentang Islam Nusantara sangat banyak diminati tidak hanya oleh orang Islam di Nusantara saja tetapi juga oleh orang-rang Islam Luar Negeri. Studi Islam Nusantara, berkaitan dengan ajaran atau nilai Islam secara dogmatis dan aplikatif yang berm

Filsafat, Filsafat Hukum, dan Ruang Lingkup Filsafat Hukum Khotibul Umam, S.H., LL.M. M odul 1 merupakan langkah awal yang perlu Anda pahami dalam mempelajari mata kuliah Filsafat Hukum dan Etika Profesi. Pada Modul 1 ini, akan dibahas mengenai pengertian filsafat, filsafat hukum, dan ruang lingkup filsafat hukum.

Ruang Lingkup Seni Rupa Anak Hajar Pamadhi, MA (Hons) odul 1 dengan judul Ruang Lingkup Seni Rupa Anak menyajikan materi mengenai jenis, bentuk, serta sifat seni rupa anak, serta dilengkapi apresiasi seni rupa anak. Materi tersebut memuat tentang arti seni rupa bagi anak,

bagian dari ruang lingkup Psikologi Sosial yang membicarakan perilaku kelompok. Dengan kata lain, ruang lingkup Psikologi Sosial tidak hanya terbatas pada membicarakan kelompok atau psikologi massa, melainkan termasuk juga persepsi sosial, kognisi sosia

a group level, or would be more usefully reported at business segment level. In some instances it may be more appropriate to report separately KPIs for each business segment if the process of aggregation renders the output meaningless. For example it is clearly more informative to report a retail business segment separately rather than combining it with a personal fi nancial services segment .