RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SD CIpta

2y ago
181 Views
19 Downloads
599.40 KB
84 Pages
Last View : 1m ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Arnav Humphrey
Transcription

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) KURIKULUM 2013SekolahKelas / SemesterTemaSub TemaPembelajaran keTanggalAlokasi waktuA.: SD CIpta Cendikia: 3 /2: 5/Permainan Tradisional: 1/olahraga tradisional: 1: Senin, 7 Januari 2019: 1 HariKOMPETENSI INTI (KI)KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnyaKI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalamberinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) danmenanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yangestetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkanperilaku anak beriman dan berakhlak mulia.B.KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATORBahasa IndonesiaNo1Kompetensi3.54.5Menggali informasi dari teks permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewandan tumbuhan dengan bantuan guru atauteman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisyang dapat diisi dengan kosakata bahasadaerah untuk membantu pemahaman.Mendemonstrasikan teks permainan /dolanandaerah tentang kehidupan hewan dantumbuhan secara mandiri dalam bahasaIndonesia lisan dan tulis yang dapat diisidengan kosakata bahasa daerah untukmembantu penyajian.Indikator3.5.1Mengidentifikasi informasi .4.5.1Menceritakan kembali teks petunjukmelakukan suatu permainan tradisionaltentang kehidupan hewan dan tumbuhandengan tepat.

No2Kompetensi3.7Menemukan sifat simetri bangun datar (melaluikegiatan menggunting dan melipat atau caralainnya), simetri putar dan pencerminanmenggunakan benda-benda konkret4.3Membuktikan simetri putar yang dimiliki olehsuatu bangun datar Mengumpulkan danmengelola data pokok kategorikal danmenyajikannya dalam grafik konkrit danpiktograf tanpa menggunakan urutan labelpada sumbu.No3C.Indikator3.7.1Menemukan sifat simetri bangun datarmenggunakan benda konkret.4.3.1Membuktikan simetri putar yang dimilikioleh suatu bangun datarKompetensi3.5IndikatorMemahami makna karya seni budaya denganbahasa daerah setempat.3.5.1Mengidentifikasi karya seni budayadaerah.4.17 Menceritakan makna karya seni budaya denganbahasa daerah setempat4.17Mengklasifikasikan karya seni budayasetempatTUJUAN PEMBELAJARAN Dengan membaca teks laporan mengenai olahraga tradisional Indonesia, siswa dapat menjawab pertanyaantentang olahraga tradisional Indonesia secara lisan dengan percaya diri. Dengan menjawab pertanyaan teks laporan mengenai olahraga tradisionalmengidentifikasi isi teks laporan secara lisan dengan percaya diri. Dengan mengamati gambar karya seni tradisional, siswa dapatdengan tepat. Dengan membuat layang layang, siswa dapat menemukan sifat simetri bangun datar dengan cermat. Dengan kegiatan melipat kertas, siswa dapat membuktikan simetri lipat pada bangun datar dengan cermat. Dengan mengamati gambar karya seni tardisional, siswa dapat mengidentifikasi daerah asal karya senidengan tepat. Dengan membaca teks laporan mengenai olahraga tradisional Indonesia, siswa dapat menjawab pertanyaantentang olahraga tradisional Indonesia secara lisan dengan percaya diri. Dengan menjawab pertanyaan teks laporan mengenai olahraga tradisionalmengidentifikasi isi teks laporan secara lisan dengan percaya diri. Dengan mengamati gambar karya seni tradisional, siswa dapatdengan tepat. Dengan membuat layang layang, siswa dapat menemukan sifat simetri bangun datar dengan cermat. Dengan kegiatan melipat kertas, siswa dapat membuktikan simetri lipat pada bangun datar dengan cermat. Dengan mengamati gambar karya seni tardisional, siswa dapat mengidentifikasi daerah asal karya senidengan tepat.Indonesia, siswa dapatmengidentifikasi karya seni tradisionalIndonesia, siswa dapatmengidentifikasi karya seni tradisional

E.F.G.MATERI PEMBELAJARAN Mengenal olahraga tradisional. Mengidentifikasi seni tradisional. Percobaan menemukan simetri lipat pada benda konkret.METODE PEMBELAJARAN Pendekatan :Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi/ mengolah informasi, dan mengkomunikasikan) Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramahKEGIATAN PEMBELAJARANPendahuluan Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisidan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Olah Raga Tradisional”. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,mengomunikasikan dan menyimpulkan.Kegiatan Inti Pada awal pembelajaran siswa diarahkan untuk menjawab pertanyaan guru yaitu: (Menanya)- Apakah olahraga kesukaanmu?- Apakah olahraga tradisional di daerahmu? Siswa diberikan kesempatan untuk mengemuka-kan pendapatnya. (Mengekplorasi) Guru mengingatkan siswa mengenai olahraga egrang yang pernah dipelajari pada saat siswa duduk di kelas1. (Mengkomunikasikan) Guru menanyakan pendapat siswa mengenai olahraga egrang. Siswa membaca teks laporan mengenai olahraga tradisional. (Mengamati) Guru mengamati kegiatan membaca siswa dan membimbing siswa untuk memahami isi teks laporan. Siswa menjawab petanyaan berkaitan dengan teks laporan yang dibaca. (Mengasosiasi) Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan. Guru mengondisikan siswa ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa. Guru memberikan bahan bahan untuk membuat layang-layang kepada setiap kelompok. Setiap kelompok membuat layang-layang dengan petunjuk dari guru. (Mengasosiasi) Guru mengajukan beberapa pertanyaan yaitu,- Apakah kamu senang bermain layanglayang?- Apa kesulitan dalam membuat layang-layang?- Bagaimana bentuk layang-layang? (Mengkomunikasikan)

Siswa diminta untuk melipat layang layang secara vertikal. Siswa menebalkan bekas lipatannya dengaspidol berwarna. (Mengekplorasi) Siswa diminta untuk melipat layang-layang secara horizontal. Siswa menebalkan bekas lipatannya dengaspidol berwarna. Guru mengajukan pertanyaan yaitu,- Apakah lipatan vertikal dapat membagi layang layang dua bagian sama besar?- Apakah lipatan horizontal dapat membagi layang layang dua bagian sama besar? Siswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan. (Mengasosiasi) Guru menjelaskan bahwa jika bangun datar dapat dilipat sehingga menghasilkan dua bagian tepat samabesar, maka bangun datar tersebut memiliki simetri lipat. Bekas lipatannya disebut sumbu simetri.(Mengkomunikasikan) Setiap siswa menggambar bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga sama sisi pada kertas lipatberwarna. Setelah digambar, setiap gambar bangun datar tersebut digunting sesuai garis. Siswa melakukan percobaan menemukan simetri lipat pada setiap bangun datar yang ada. Siswa menuliskan jumlah simetri lipat pada setiap bangun datar pada lembar pengamatan. Siswa membaca teks bacaan mengenai karya seni daerah. (Mengamati) Guru membimbing siswa untuk memahami teks bacaan. Guru menunjukkan gambar layang layang dengan berbagai motif. (Mengkomunikasikan) Guru menjelaskan bahwa layang-layang adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang memilikibanyak motif. Guru membimbing siswa untuk menggambar layang-layang. Siswa menggambar layang-layang dan menghias gambar layang-layang dengan motif batik.(Mengekplorasi) Siswa mengamati gambar berbagai permainan tradisional seperti wayang orang, pertunjukkan ketoprak,ludruk, dan wayang kulit. (Mengamati) Guru menjelaskan bahwa permainan tradisional dapat bernilai seni tinggi. (Mengkomunikasikan) Guru memberikan contoh permainan tradisional Indonesia yang sudah sangat dikenal masyarakat, bahkanmancanegara adalah seni pertunjukkan wayang. Siswa mencari informasi daerah usul wayang kulit, wayang orang, dan wayang golek. (Mengekplorasi) Siswa membaca teks. (Mengamati) Siswa menghubungkan isi teks dengan gambar yang sesuai. (Mengasosiasi)PENUTUP Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik darikegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

H.I.SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN Buku Guru dan Buku Siswa Tema 5 : ” Permainan Tradisional” Kelas III (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015). Gambar karya seni tradisional seperti tarian, lukisan, kain batik, kain tenun, dan patung. Layang-layang Kertas lipat berwarna Penggaris Spidol.PENILAIAN PEMBELAJARAN1.Penilaian SikapNoNama123K1TelitiC B2 3Perubanan Tingkah LakuCermatPercaya DiriSB K C B SB K C B SB4 1 2 3 4 1 2 3 4AidanAdnanAzzamKeterangan:K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 42.Penilaian PengetahuanMemahami teks laporan, mengidentifikasi daerah asal karya seni tradisional.KeteranganSkor penilaian : 100Penilaian skor yang diperolehskor maksimalx 100Panduan Konversi Nilai:Konversi Nilai(skala 0 - 100)PredikatKlasifikasi81-100ASB (sangat baik)66-80BB (baik)51-65CC (cukup)0-50DK (kurang)

3.Penilaian Keterampilana. Menemukan simetri lipat melalui percobaan.Penilaian: Observasi (pengamatan)TL( )BTL( )MenggunakanMenggunakanminimal 2minimal 3kombinasi bentuk kombinasi warnaPredikatKriteriaMenentukan bentuk bangun datar.Menetukan simetri lipat pada setiap bangun datar.Ket.: TL (terlihat)BTL (belum terlihat)b. Membuat motif batik pada gambar layang-layang.Nama SiswaSesuai dengantemaAidanAdnanAzzamBaik SekaliBaikBogor, 9 Juli 2018MengetahuiKepala SD Cipta CendikiaDian Saptayani, A.MdNIK : S0707001Guru Kelas IIIEndah Sri Rahayu, S.PdNIK1603003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) KURIKULUM 2013SekolahKelas / SemesterTemaSub TemaPembelajaran keTanggalAlokasi waktuA.:::::::SD CIpta Cendikia3 /25/Permainan Tradisional1/olahraga tradisional2Selasa, 8 Januari 20191 HariKOMPETENSI INTI (KI)KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnyaKI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalamberinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) danmenanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yangestetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkanperilaku anak beriman dan berakhlak mulia.B.KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATORBahasa IndonesiaNo1Kompetensi3.54.5Menggali informasi dari teks permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan 3.5.1dan tumbuhan dengan bantuan guru atauteman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisyang dapat diisi dengan kosakata bahasadaerah untuk membantu pemahaman.4.5.1Mendemonstrasikan teks permainan /dolanandaerah tentang kehidupan hewan dantumbuhan secara mandiri dalam bahasaIndonesia lisan dan tulis yang dapat diisidengan kosakata bahasa daerah untukmembantu penyajian.IndikatorMengidentifikasi informasi berdasarkanteks tentang pencak silat dengan tepat.Menceritakan kembali teks petunjukmelakukan suatu permainan tradisionaltentang kehidupan hewan dan tumbuhandengan tepat.

PKnNoKompetensi2Indikator3.4Mengetahui arti bersatu dalamkeberagaman di rumah, sekolah, danmasyarakat.3.4.1Mengidentifikasi berbagai kegiatanyang menunjukkan sikap bersatudalam keberagaman di rumah.4.4Mensimulasikanbentuk-bentukkebersatuan dalam keberagaman dirumah, sekolah, dan masyarakat.4.4.1Menunjukkansikapbermainbersama siapa saja di lingkunganrumah tanpa tahui konsep gerak kombinasipola gerak dasar lokomotor dalamberbagai bentuk permainan sederhanadan atau tradisional.3.1.1Mengidentifikasi gerak kombinasipola gerak dasar aktikkan kombinasi pola gerakdasar lokomotor yang dilandasi konsepgerak dalam berbagai bentuk permainansederhana dan atau tradisional.4.1.1Mempraktikkan kombinasi polagerak dasar lokomotor yangdilandasi konsep gerak dalamberbagaibentukpermainansederhana.TUJUAN PEMBELAJARAN Dengan membaca teks laporan mengenai pencak silat, siswa dapat mengidentifikasi isi teks dengan tepat. Dengan mengidentifikasi isi teks laporan, siswa dapat menceritakan kembali isi teks secara lisan denganpercaya diri. Dengan membaca teks laporan mengenai pencak silat, siswa dapat mengidentifikasi jurus dasar pada pencaksilat dengan tepat. Dengan mengidentifikasi jurus dasar pencak silat, siswa dapat mempraktikan jurus dasar pencak silat dengantepat. Dengan mengidentifikasi perbedaan olahraga kesukaan di keluarga, siswa menuliskan cara menghargaiperbedaan dengan tepat. Dengan menuliskan cara menghargai perbedaan di keluarga, siswa dapat menghargai perbedaan dengan baik.MATERI PEMBELAJARAN Wacana tentang pencak silat. Gerakan dasar pencak silat.

F.G.METODE PEMBELAJARAN Pendekatan: Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba,mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan) Metode: Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramahKEGIATAN PEMBELAJARANKegiatanPendahuluan Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisidan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Olah Raga Tradisional”. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,mengomunikasikan dan menyimpulkan.Inti Guru mengawali pelajaran dengan mengajak siswa kembali mengingat beberapa contoh olahragatradisional. (Mengkomunikasikan) Siswa membaca teks dengan suara nyaring. (Mengamati) Guru membimbing siswa untuk memahami isi teks laporan. (Mengkomunikasikan) Guru mengondisikan siswa ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 3 siswa. Setiap kelompok bermain cerdas cermat dengan cara menjawab pertanyaan yang diajukan oleh regu yanglain. (Mengasosiasi) Kelompok yang mengetahui jawaban yang tepat dapat menangkat tangan. Guru mempersilahkan kelompokyang lebih dahulu mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan. Kelompok dengan nilai tertinggi akan saling bertanding sehingga didapatkan kelompok juara pertama.Kelompok juara pertama menceritakan secara lisan isi bacaan. Siswa lain menuliskan pendapat mengenai cerita yang disampaikan temannya. Siswa mengamati gambar jurus dasar pada Pencak Silat. (Mengamati) Guru mengajak siswa keluar kelas dan berkumpul di halaman sekolah. Guru memberikan contoh gerakan jurus dasar Pencak Silat yaitu: posisi kuda-kuda, melangkah, danmelompat. (Mengkomunikasikan) Siswa diberikan kesempatan mempraktikkan gerakan jurus dasar pencak silat. (Mengekplorasi) Guru memberikan aba-aba. Siswa melakukan gerakan jurus dasar pencak silat sesuai abaaba guru. Siswa mempersiapkan informasi yang telah dikumpulkan di rumah mengenai olahraga dan permainankesukaan anggota keluarga Siswa menyalin data ke dalam tabel. Siswa menuliskan perbedaan lain pada anggota keluarga misalkan daerah asal ayah dan ibu, makanankesukaan dan kebiasaan harian lainnya.

Kegiatan Siswa menuliskan cerita singkat mengenai perbedaan di lingkungan keluarganya. Siswa saling bertukar cerita dengan temannya. Guru mengakhiri pelajaran dengan menjelaskan kepada siswa bahwa Tuhan Menciptakan manusia berbedabeda asal usulnya. Kita harus saling menghargai perbedaan. Termasuk berbeda dalam kegiatan kesukaanseperti olahraga atau permainan. Kita dapat bermain secara bergiliran dengan adik atau kakak jikakesukaan mereka berbeda. (Mengkomunikasikan) dan (Mengasosiasi)PenutupH.I. Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik darikegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN Buku Guru dan Buku Siswa Tema 5 : ” Permainan Tradisional” Kelas III (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015). Gambar jurus dasar dalam olahraga Pencak Silat. Tabel wawancara.PENILAIAN PEMBELAJARAN1.Penilaian SikapNoNama123dstAidanAdnanAzzamPerubanan Tingkah LakuPercaya DiriCermatK C B SB K C1 2 3 4 1 2Keterangan:K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 42.Penilaian PengetahuanMemahami isi teks laporan, mengetahui gerakan jurus dasar pencak silat.KeteranganB3DisiplinSB K C4 1 2B3SB4

Skor penilaian : 100Penilaian skor yang diperolehskor maksimalx 100Panduan Konversi Nilai:Konversi Nilai(skala 0 - B (sangat baik)B (baik)C (cukup)K (kurang)Penilaian Keterampilana. mempraktikan gerakan jurus dasar pencak silat.Penilaian: Observasi (pengamatan)TL( )KriteriaBTL( )Melakukan gerakan sesuai aba-aba.Melakukan jurus dasar pencak silat dengan tepat.Melakukan jurus pencak silat dengan indah.Ket.: TL (terlihat)BTL (belum terlihat)b. Menghargai perbedaan di lingkungan keluarga.TL( )KriteriaBTL( )Menerima ada perbedaan kesukaan olahraga pada anggota keluarga.Menghargai ada perbedaan kesukaan olahraga pada anggota keluarga,Ket.: TL (terlihat)BTL (belum terlihat)Bogor, 9 Juli 2018MengetahuiKepala SD Cipta CendikiaDian Saptayani, A.MdNIK : S0707001Guru Kelas IIIEndah Sri Rahayu, S.PdNIK1603003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) KURIKULUM 2013SekolahKelas / SemesterTemaSub TemaPembelajaran keTanggalAlokasi waktuA.:::::::SD CIpta Cendikia3 /25/Permainan Tradisional1/olahraga tradisional3Rabu, 9 Januari 20191 HariKOMPETENSI INTI (KI)KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnyaKI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalamberinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) danmenanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yangestetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkanperilaku anak beriman dan berakhlak mulia.B.KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATORBahasa IndonesiaNo1Kompetensi3.54.5Menggali informasi dari teks permainan/dolanan daerah tentang kehidupanhewan dan tumbuhan dengan bantuanguru atau teman dalam bahasaIndonesia lisan dan tulis yang dapatdiisi dengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu pemahaman.Mendemonstrasikan teks permainan/dolanan daerah tentang kehidupanhewan dan tumbuhan secara mandiridalam bahasa Indonesia lisan dan tulisyang dapat diisi dengan kosakatabahasa daerah untuk formasiberdasarkan teks tentang karapansapi dengan nsuatupermainan tradisional tentangkehidupan hewan dan tumbuhandengan tepat.

MatematikaNoKompetensi23.74.3Menemukan sifat simetri bangun datar(melalui kegiatan menggunting danmelipat atau cara lainnya), simetri putardan pencerminan menggunakan bendabenda konkretIndikator3.7.1Menemukan sifat simetri bangundatar menggunakan benda konkret.4.3.1Membuktikan simetri putar yangdimiliki oleh suatu bangun datar.Membuktikan simetri putar yangdimiliki oleh suatu bangun datarMengumpulkan dan mengelola datapokok kategorikal dan menyajikannyadalam grafik konkrit dan piktograftanpa menggunakan urutan label i makna karya seni budayadengan bahasa daerah setempat.3.5.1Mengidentifikasi karya seni budayadaerah.4.17 Menceritakan makna karya seni budayadengan bahasa daerah setempat.4.17Mengklasifikasikanbudaya setempat.karyaTUJUAN PEMBELAJARAN Dengan mengamati gambar siswa dapat, menggali informasi mengenai karapan sapi dengan tepat. Dengan membaca isi teks laporan, siswa dapat mengidentifikasi informasi isi teks dengan tepat. Dengan mengidentifikasi isi teks laporan, siswa dapat menceritakan kembali isi teks secara lisan dengantepat. Dengan memperhatikan demontrasi simetri putar, siswa dapat menemukan sifat simetri putar padabenda konkret dengan tepat. Dengan melakukan percobaan simetri putar, siswa dapat menentukan jumlah simetri putar pada bendakonkrit dengan cermat.MATERI PEMBELAJARAN Teks tentang olahraga karapan sapi. Percobaan menemukan sifat simetri putar pada benda konkret. Membuat karya seni daerah asal di depan kelas.seni

F.G.METODE PEMBELAJARAN Pendekatan: Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasimengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan) Metode: Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah/mencoba,KEGIATAN PEMBELAJARANKegiatanPendahuluan Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisidan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Olah Raga Tradisional”. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,mengomunikasikan dan menyimpulkan.Inti Siswa diberikan kesempatan untuk mengamati gambar. (Mengamati) Guru menggali informasi dari siswa dengan menanyakan pertanyaan terkait gambar mengenai karapan sapi(Mengkomunikasikan)- Apa hewan yang ada di gambar?- Apa yang dilakukan orang-orang pada gambar?- Apakah nama olahraga yang ada pada gambar? Guru membacakan cerita mengenai karapan sapi. Siswa menyimak cerita guru untuk memahami isi teks laporan. (Mengamati) Guru mengarahkan siswa untuk menceritakan petunjuk melakukan olahraga karapan sapi. Siswa mendapatkan giliran untuk menceritakan kembali isi teks dengan lisan. Siswa menyimak cerita guru. Siswa diminta menggunting gambar bunga dan kupu-kupu. (Mengekplorasi) Siswa menentukan jumlah simetri lipat pada gambar bunga dan kupu-kupu. Siswa menjiplak potongan gambar. Guru memberikan petunjuk kepada siswa untuk menjiplak buku tulis pada selembar kertas (ada gambar).(Mengkomunikasikan) Guru memutarkan buku tulis di atas jiplakan buku (ada gambar). Guru menanyakan kepada siswa apakah pojok kanan atas buku menempati pojok kanan bawah kertasjiplakan? (ada gambar). Guru kembali memutarkan buku tulis (ada gambar). Siswa mengidentifikasi apakah buku tulis yang diputar menempati garis pada jiplakan. (Mengekplorasi) Siswa mendengarkan penjelasan guru jika saat buku diputar dapat menempati garis jiplakan dengan tepat,

Kegiatanmaka disebut simetri putar. (Mengamati)Siswa mencari 4 benda di sekitarnya seperti tempat pensil, penghapus, uang logam dan pensil. (Mengekplorasi) Siswa membuat jiplakan untuk setiap benda. Siswa memutarkan benda-benda tersebut hingga dapat menentukan jumlah simetri putar. Siswa diberikan kesempatan untuk menceritakan mengenai karya seni dari daerah asalnya di depan kelas. Siswa diperbolehkan untuk menyebutkan karya seni tersebut dalam bahasa daerahnya. Siswa lain menyimak cerita temannya. Guru mengakhiri pelajaran dengan menjelaskan kepada siswa bahwa kita harus bersyukur kepada TuhanYang Maha Esa karena dengan ridho-Nya kita dapat mempelajari berbagai karya seni yang berasal dariberbagai daerah. (Mengkomunikasikan)PenutupH.I. Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik darikegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN Buku Guru dan Buku Siswa Tema 5 : ” Permainan Tradisional” Kelas III (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015). Gambar Karapan Sapi Gambar motif batik berupa burung dan bunga Benda-benda konkret di sekitar kelas seperti pensil, jam dinding, penghapus Gambar-gambar karya seni seperti tari kecak, seni patung, batik, ukiran, bordir.PENILAIAN PEMBELAJARAN1.Penilaian SikapPerubanan Tingkah elitiSB4K1C2B3SB4

Azzam3Keterangan:K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 42.Penilaian PengetahuanMenceritakan kembali petunjuk tata cara olahraga tradisional, menemukan sifat simetri putar, mengenaliberbagai karya seni dari berbagai daerah.KeteranganSkor penilaian : 100Penilaian skor yang diperolehskor maksimalx 100Panduan Konversi Nilai:Konversi Nilai(skala 0 - 100)PredikatKlasifikasi81-100ASB (sangat baik)66-80BB (baik)51-65CC (cukup)0-50DK (kurang)3.Penilaian KeterampilanMenemukan simetri putar melalui percobaanPenilaian: Observasi (pengamatan).KriteriaYaTidakMennetukan simetri putar pada setiap bangun datar.Membedakan antara simetri lipat dan simetri putar.Bogor, 9 Juli 2018MengetahuiKepala SD Cipta CendikiaDian Saptayani, A.MdNIK : S0707001Guru Kelas IIIEndah Sri Rahayu, S.PdNIK1603003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) KURIKULUM 2013SekolahKelas / SemesterTemaSub TemaPembelajaran keTanggalAlokasi waktuA.:::::::SD CIpta Cendikia3 /25/Permainan Tradisional1/olahraga tradisional4Kamis, 10 Januari 20191 HariKOMPETENSI INTI (KI)KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnyaKI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalamberinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) danmenanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yangestetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkanperilaku anak beriman dan berakhlak mulia.B.KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATORBahasa IndonesiaNo1KompetensiIndikator3.5Menggali informasi dari teks permainan/dolanan daerah tentang kehidupanhewan dan tumbuhan dengan bantuanguru atau teman dalam bahasaIndonesia lisan dan tulis yang dapatdiisi dengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu ntekstentangpermainan bola kasti dengan tepat.4.5Mendemonstrasikan teks permainan/dolanan daerah tentang kehidupanhewan dan tumbuhan secara mandiridalam bahasa Indonesia lisan dan tulisyang dapat diisi dengan kosakatabahasa daerah untuk njukmelakukansuatupermainan tradisional tentangkehidupan hewan dan tumbuhandengan tepat.

PKnNoKompetensi2Indikator3.4Mengetahui arti bersatu dalamkeberagaman di rumah, sekolah, danmasyarakat.3.4.2Mengidentifikasi berbagai kegiatanyang menunjukkan sikap bersatudalam keberagaman di rumah.4.4Mensimulasikanbentuk-bentukkebersatuan dalam keberagaman dirumah, sekolah, dan masyarakat.4.4.1Menunjukkansikapbermainbersama siapa saja di lingkunganrumahtanpapilih-pilihMenjelaskan makna simbol silapertama hui konsep gerak kombinasipola gerak dasar lokomotor dalamberbagai bentuk permainan sederhanadan atau tradisional.3.1.1Mengidentifikasi gerak kombinasi polagerak dasar lokomotor berbagai bentukpermainan sederhana.4.1Mempraktikkan kombinasi pola gerakdasar lokomotor yang dilandasi konsepgerak dalam berbagai bentuk permainansederhana dan atau tradisional.4.1.1Mempraktikkan kombinasi pola gerakdasar lokomotor yang dilandasi konsepgerak dalam berbagai bentuk permainansederhana.TUJUAN PEMBELAJARAN Dengan menceritakan pengalaman bermain di rumah, siswa dapat menyebutkan masalah yangsering terjadi dengan tepat. Dengan berdiskusi, siswa dapat menemukan solusi dari masalah yang dihadapi dengan tepat. Dengan menemukan solusi masalah, siswa dapat menunjukkan sikap bermain bersama siapa saja dilingkungan rumah tanpa pilihpilih dengan baik. Dengan membaca teks laporan mengenai bola kasti, siswa dapat menceritakan kembali cara bermainbola kasti dengan urut. Dengan mengetahui cara melakukan olahraga bola kasti, siswa dapat melakukan olahraga bola kastidengan tepat.MATERI PEMBELAJARAN Permainan kasti. Berdiskusi menyelesaikan masalah saat bermain bersama teman.

F.G.METODE PEMBELAJARAN Pendekatan: Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba,mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan) Metode: Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramahKEGIATAN PEMBELAJARANKegiatanPendahuluan Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisidan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Olah Raga Tradisional”. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,mengomunikasikan dan menyimpulkan.Inti Siswa mengamati gambar siswa

0-50 D K (kurang) Buku Guru dan Buku Siswa Tema 5 : ” Permainan Tradisional” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015). Gambar karya seni tradisional seperti tarian, lukisan, kain batik, kain tenun, dan patu

Related Documents:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 09 RPPM adalah rencana pelaksanaan pembelajaran selama seminggu yang memuat Kompetensi Dasar (KD) dari setiap program pengembangan, yaitu (1) nilai agama dan moral, (2) fisik motorik, (3) kognitif, (4) bahasa, (5) sosial emosional dan (6) seni. Muatan atau materi pembelajaran serta rencana kegiatan

Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama BAB II: PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER SECARA TERINTEGRASI DI DALAM PROSES PEMBELAJARAN 39 A. Pembelajaran Kontekstual 39 B. Integrasi Pendidikan Karakter di Dalam Pembelajaran 45 1. Perencanaan Pembelajaran 45 2. Pelaksanaan Pembelajaran 51 3. Evaluasi Pencapaian Pembelajaran 59 4.

Lampiran 2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas Kontrol RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMAN 60 Jakarta Kelas / Semester : XI MIPA / 2 (Genap) Mata Pelajaran : Kimia Materi Pokok : Sistem Koloid Alokasi Waktu : 5 Pe

Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan rumusan-rumusan tentang apa yang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan atau kompetensi dasar yang telah ditentukan, sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Dasar pengembangan pembelajaran merupakan desain pembelajaran atau .

Rencana pembelajaran semester (RPS) Mata Kuliah adalah rencana proses pembelajaran yang disusun untuk kegiatan pembelajaran selama satu semester guna memenuhi capaian pembelajaran yang dibebankan pada mata kuliah/modul. Rencana pembelajaran semester atau istilah lain, ditetapkan dan dikembangkan oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DARING MASA COVID – 19 Satuan Pendidikan : SD / MI Kelas / Semester : 1 /2 Tema : Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri ( Tema 6 ) Sub Tema : Lingkungan Rumahku Pembelajaran ke : 1 Alokasi waktu : 1 hari A. Tujuan Pembelajaran

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER Capaian Pembelajaran (CP) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan CPL - PRODI KU1 KK2 KK3 KK5 . RANCANGAN PEMBELAJARAN SEMESTER Minggu ke- Sub CP-MK (Kemampuan Akhir yang Diharapkan) Indikator Kriteria & Bentuk Penilaian Metode Pembelajaran

Berlaku 16 Oktober 2019 Halaman 1 dari 1 Tujuan Audit 1. Meninjau kebijakan pelaksanaan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat . 1 (satu) hari Tanggal Rencana Rapat Pembukaan 15 Oktober 2019 Tanggal Rencana Audit . pembelajaran dan strategi pencapaian 4. Standar penilaian pembelajaran Fakultas Kedokteran dan Ilmu .