TOPIK - WordPress

2y ago
39 Views
9 Downloads
715.07 KB
27 Pages
Last View : 6d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Pierre Damon
Transcription

TOPIK TOPIK tidak sama dengan JUDUL Topik berasal dari kata Yunani, topoi, yangberarti ‘tempat‘. Jadi, kita menempatkan pokok persoalanatau pembahasan. Oleh karena itu, dalamtulis-menulis, topik adalah ‘pokokpembicaraan’.

Ada empat syarat pemilihan topik, yaitu:(1) menarik minat penulis,(2) diketahui dan dikuasai oleh penulis,(3) harus cukup sempit dan terbatas, dan(4) sebaiknya, tidak terlalu baru, teknis, ataukontroversial (khusus untuk penulis pemula).

Tanpa ada minat pribadi penulis,pembahasan dalam sebuah karya tulisilmiah tidak akan mendalam dan tuntas.Penulis dapat kehilangan kemampuan dankegairahan mengembangkan gagasan.

Topik diketahui dan dikuasai penulismerupakan penunjang bagi persyaratanpertama. Tanpa penguasaan dari penulis,usaha untuk menyusun karya ilmiah akanmerupakan beban yang berat bagi penulis.Penulis masih harus mempelajari teori ataupenelitian lain. Dengan demikian, penulisakan kehilangan banyak waktu hanya dalamhal mempersiapkan diri untuk penguasaanmateri.

Topik harus cukup sempit dan terbatasmerupakan sebuah persyaratan yang sangatrelatif dan bergantung pada pengetahuan dankemampuan penulis. Topik yang terlalu luas akanmenyulitkan penulis karena harusmempersiapkan pengetahuan dan wawasan yangluas tentang topik itu. Jika tidak, tulisan yangdihasilkan menjadi tidak dalam dan tuntas. Topikyang terlalu sempitpun harus dihindari karenapenulis akan membahas topik secara berulangulang.

Topik jangan terlalu baru, teknis, atau kontroversialmerupakan persyaratan mutlak bagi penulis pemula. Topik yang terlalu baru akan menyulitkan seorangpenulis pemula karena kelangkaan pustaka penunjangatau kekurangan data lapangan. Tulisan tidak bersifat terlalu teknis. Maksudnya,jangan sampai penulis tidak menguasai istilah-istilahdan konsep-konsep yang digunakan dalam tulisannya. Topik jangan terlalu kontroversial. Maksudnya,jangan sampai seorang penulis pemula terjebakdalam polemik yang berkepanjangan, tanpa adanyakemampuan dalam diri penulis untukmempertahankan diri atau membuktikan kebenaranpendapatnya.

Selain empat persyaratan tersebut, adabeberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalampemilihan topik penelitian.1) Kemanfaatan dan kelayakan yang akandibahas2) Kemenarikan3) Keaktualan4) Ketersediaan bahan

Kemanfaatan dan kelayakan dibahas Hal yang perlu dipertimbangkan dalammenentukan topik adalah manfaat tulisan bagipembacanya. Sebuah topik akan bermanfaat apabila sesuaidengan kebutuhan pembacanya. Dapat jugadilihat dari sumbangan topik bagipengembangan ilmu atau profesi yangditekuni.

KemenarikanSelain bermanfaat, topik yang ditentukan jugaharus menarik. Topik tidak hanya menarikbagi penulis, tetapi yang lebih pentingmenarik bagi pembacanya. Kemenarikanberkaitan dengan kemanfaatan. Pembacaakan tertarik pada suatu karangan/tulisanjika tulisan tersebut dirasa bermanfaatbaginya.

KeaktualanSelain menarik dan bermanfaat, topik yangdipilih harus aktual. Artinya topik yang dipilihmerupakan hal yang masih hangatdibicarakan. Oleh sebab itu, topik terkinimerupakan pilihan utama.

Ketersediaan bahan Ketersediaan bahan merupakan hal pentingdalam menentukan topik penelitian.Ketersediaan bahan mengembangkan topik ituke dalam tulisan secara luas dan dalam.

CARA MEMBATASI TOPIK1. Menggunakan Diagram Jarum JamIlmu PertanianBerbagai Hasil PertanianPertanian sebagai carapembudidayaanPertanianPertanian sebagai sumberpendapatanDampak Kemajuan teknologibagi pertanianCara bertani yang baik

2. Menggunakan Diagram ertebrataBurungMamaliaIkanIkanKonsumsiHewanIkan HiasReptil

3. Diagram Piramida TerbalikHutanHutan di IndonesiaKekayaan HutanFaunaHarimauPelestarianHarimau

TUJUAN PENULISANJika selesai memilih topik, langkah berikutnyabagi penulis adalah menetapkan tujuanpenulisan. Menurut Keraf (1997),tujuan penulisan ada dua, yaitu:(1) sesuatu yang ingin disampaikan oleh penulisberlandaskan topik yang telah dipilih(2) maksud penulis dalam menguraikan topikbahasanJadi, tujuan yang dimaksudkan bukan tujuan topikmelainkan tujuan pribadi penulis.

TESIS TEMA* Kata tema berasal dari bahasa Yunani, tithenai,yang berarti ‘menempatkan’ atau ‘meletakkan’.Jadi, tema berarti bahwa ada ‘sesuatu yangtelah diuraikan’ atau ‘sesuatu yang telahditempatkan’. Tema adalah sebuah perumusan dari topikyang telah dipilih sebagai landasan pembicaraandan tujuan yang akan dicapai melalui pilihantopik tadi’* Tema untuk laras umum; Topik untuk laras ilmiah

Sebuah tesis yang baik harus memiliki:(1) kejelasan yang diwujudkan melalui sebuah gagasansentral yang dapat diikuti oleh perincian dansubordinasinya;(2) kesatuan melalui gagasan sentral yang berada dalamtema yang akan memayungi seluruh karya tulis danmenjaga agar fokus pembicaraan tidak bergeser;(3) perkembangan yang jelas merupakan penyusunan uraianperincian secara logis dan teratur sehingga pembaca akandengan mudah mengikuti alur berpikir penulis;

(4) keaslian dalam hal pemilihan pokokpersoalan, sudut pandang, danpendekatannya sehingga rangkaian kalimatdan pilihan katanya pun akan terlihatkeasliannya; dan(5) kecocokan judul menggambarkan temakarangan, tetapi tidak mengungkapkanseluruh isi karangan.

Kalimat tesis merupakan payung darikeseluruhan jenis tulisan. Pembagian babatau pembagian paragraf dalam sebuahkarya tulis merupakan gagasan-gagasanbawahan yang akan menunjang kalimat tesistersebut. Kerangka tulisan yang baik selaludapat menunjukkan kepada pembaca topikdan tujuan si penulis.

JUDUL Tesis dan Topik tidak sama dengan Judul. Judul merupakan nama, titel, atau label bagisebuah tulisan atau karangan. Topik adalah pokok pembicaraan dalamkeseluruhan tulisan yang akan digarap. Tema adalah penggabungan topik dan tujuan Judul sebuah tulisan mungkin sama, tetapikadang-kadang tidak sama.

Langkah-langkah penulisan karya tulisilmiah

Contoh : Topik: Banjir di Jakarta Tema : Mencari penyebab banjir dansolusinya. Judul: Penanggulangan banjir di Jakarta

TUGAS! Tentukan Topik sesuai dengan bidang ilmu Anda! Batasilah topik itu dengan menggunakan tigadiagram! Tentukan tema! Buatlah Judul berkaitan dengan topik Anda!Subyek email: Tugas5-KELAS-NAMANama File: tugas5 kelas namanurul.bahiyah@cic.ac.id

Daftar Pustaka Mulyati. 2015. Terampil Berbahsa IndonesiaUntuk Perguruan Tinggi. Jakarta : PrenamediaGroup PROGRAM DASAR PENDIDIKAN TINGGIUNIVERSITAS INDONESIA

Mencari Topik Penelitian Contohnya gunakan keyword: “researchtrends on software engineering”, kombinasikeyword pencarian selain itu adalah “researchchallenge on”, “research topics on”, dsb.

Topik jangan terlalu baru, teknis, atau kontroversial merupakan persyaratan mutlak bagi penulis pemula. Topik yang terlalu baru akan menyulitkan seorang penulis pemula karena kelangkaan pustaka penunjang atau kekurangan data lapangan. Tulisan tidak bersifat terlalu teknis. Maksudnya,

Related Documents:

GRI topik spesifik untuk pelaporan mengenai topik materialnya. Standar-standar ini diatur menjadi tiga seri: 200 (Topik ekonomi), 300 (Topik lingkungan), dan 400 (Topik sosial). Setiap Standar topik termasuk pengungkapan khusus untuk

coope1·ation of HRD Korea and POEA (hereinafter referred to as 'both parties') for the smooth conducting of EPS-TOPIK administered by HRD Korea. ARTICLE 2 (Basic Principles) 1. Both parties shall, in the spirit of cooperation, endeavor to implement EPS-TOPIK under the principle of transparency and fairness. 2.

Petunjuk praktikum Fisiologi Tumbuhan Lanjut edisi revisi pertaama, disusun untuk mendukung perluasan dan pendalaman penguasaan materi kuliah Fisiologi II. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi pengalaman memecahkan masalah-masalah fisiologi lanjut untuk mahasiswa S-1. Topik-topik kegiatan merupakan topik yang

Rendah) dan KSSM (Kurikulum Standard Sekolah Menengah) pada Pelan Pembangunan Pendidikan Malaysia (2013-2025) bermaksud guru tidak lagi perlu meramal bentuk soalan dan topik yang akan diuji, dan pada masa yang sama tidak perlu melaksanakan latih tubi terhadap topik terhadap topik tertentu.

Perencanaan Pembangunan dan Penganggaran Daerah dapat diterbitkan meskipun masih dalam bentuk dan konten yang sederhana. Topik bahasan dalam buku ini merupakan topik-topik terpenting terkait dengan perencanaan dan penganggaran dalam rangka upaya pencapaian efektifitas penyelenggaraan otonomi daerah.

Topik 2. Kebutuhan Air Irigasi – d. kusnadi kalsim Teknik Irigasi dan Drainase TEP 321 2 Kuliah Topik 2, tercantum: (a) Software dan manual program CROPWAT-win, (b) D.K. Kalsim, 2007. Rancangan Operasional Sistim Irigasi untuk Pengembangan SRI. Seminar KNI-ICID 24 November 2007, Bandung, (

– 40 menit pertama pengantar pembahasan topik oleh tutor. – 35 menit kedua diskusi antar mahasiswa membicarakan topik pembelajaran minggu ini. Setiap kuliah akan dipilih secara acak 10 orang mahasiswa menajdi panelis diskusi, yang mendiskusikan suatu topik – 15 menit terakhir a

For first award of AS level in Summer 2017 For first award of A level in Summer 2018 Subject Code: 3210 CCEA GCE Specification in Business Studies Version 3: 13 November 2018. Version 3: 8 November 2018 . Contents . 1 Introduction 3 . 1.1 Aims 4 1.2 Key features 4 1.3 Prior attainment 4 1.4 Classification codes and subject combinations 4 . 2 Specification at a Glance 5 3 Subject Content 6 . 3 .