• Have any questions?
  • info.zbook.org@gmail.com

DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI)

3m ago
29 Views
10 Downloads
3.62 MB
18 Pages
Last View : 1d ago
Last Download : 6d ago
Upload by : Emanuel Batten
Share:
Transcription

DASAR-DASARMULTIMEDIA INTERAKTIF(MMI)by: Agus Setiawan

Konsep MULTIMEDIAMultimedia is the combinationof the following elements:text, color, graphics,animations, audio, and video

MULTIMEDIA V.S MULTIMEDIA INTERAKTIF Multimedia adalah penggunaan berbagai jenis media (teks,suara, grafik, animasi, dan video). Multimedia interaktif menambahkan elemen ke-enamyaitu aspek interaktif Pada multimedia non-interaktif, user bertindak pasif danmenyaksikan adegan demi adegan secara berurutan.Pada MMI, user dapat memilih secara aktif adegan yangdiinginkan. User juga dapat bermain dengan simulasi danpermainan yang disediakan.

LANGKAH-LANGHKAH DALAMPENGEMBANGAN MMIANALISISPENGEMBANGANIMPLEMENTASI Analisis: Domain expert melakukan analisis terhadap apa yang akandimunculkan dalam MMI dan bagaimana hal tersebut dipresentasikandalam format multimedia (foto, teks, film, video, atau animasi?). Hasil tahapini adalah storyboard kasar. Perancangan: Perancang memperhalus apa yang sudah dikerjakan domainexpert. Perancang harus mampu berkomunikasi dengan baik dan mampumenangkap apa yang diinginkan oleh domain expert. Perancang jugabertugas menilai apakah yang diinginkan oleh domain expert dapatdiwujudkan bersadarkan sumber daya yang ada (orang, waktu, biaya). Hasiltahap ini adalah storyboard yang lebih detail. Implementasi: Implementor membuat produk akhir berdasarkanstoryboard yang dibuat oleh perancang. Hasil pada tahap iniadalah produk multimedia interaktifCatatan: Ketiga tahap ini bisa dilakukan berulang-ulang

PERMASALAHAN YANG BIASA MUNCULDALAM PENGEMBANGAN MMI Kesalahan pada tahap analisis,menimbulkan kerugian biaya, waktu, danmutu.domainexpert, perancang, dan implementator, Masalahkomunikasiantaradapat menimbulkan salah intepretasi.

STORYBOARD DAN MULTIMEDIA STORYBOARD Stroryboard adalah deskripsi visual (sketsa) dan tekstual yangmenggambarkan bagaimana suatu multimedia disusun, dapatberbentuk gambar yang sangat detail, tapi bisa juga berbentuksketsa sederhana. Tidak diperlukan keahlian menggambar untukmembuat storyboard Multimedia storyboard adalah storyboard yang digunakan representasikan teks, audio, grafik, animasi, video, dan aspekinteraktif. Fungsi storyboard: Media untuk kegiatan brainstorming pada tahap analisis danperancangan. Mendeteksi problem lebih dini sehingga lebih mudah diperbaiki. Media komunikasi, berperan sebagai referensi untuk semua tim.

Contoh Multimedia Storyboard

ELEMEN-ELEMEN MMITeksAudioVideoGrafikAnimasiinteraktifSemua elemen harus berada dalamformat digital untuk dapat diproseslebih lanjut.

Elemen visual diam: Foto dan Gambar Format foto digital yang telah menjadi standar adalah: jpg, png, bmp,wmf. Format foto terdiri dari format bitmap dan vektor.Pada bitmap, gambar/foto dibagi menjadi ribuan kotak kecil. Setiap kotakmenyimpan informasi warna. Semakin banyak kotak, maka semakin baikkualitas foto, tetapi semakin besar ukuran file. Kelemahan bitmaf adalahketika gambar/foto diperbesar, maka gambar akan pecah.Pada gambar vektor digunakan formula matematika untuk menggambarsebuah bentuk, sehingga ukuran file sangat kecil dibandingkan bitmap. Saatdiperbesar gambar vektor tidak akan pecah. Gambar vektor sulit digunakanuntuk foto-foto yang membutuhkan banyak detil seperti pemandangan, dll. Foto dapat memberikan kesan emosional yang lebih kuatdibandingkan video, apalagi kalau ditambah ilustrasi musikyang sesuai. Setiap foto yang digunakan dalam multimediaperlu ditambahkan judul dan keterangan secukupnya.

Contoh Bitmap dan vektor

Elemen visual bergerak: Video dan Animasi Ukuran file video dan animasi jauh lebih besar darifoto. Perlu dipertimbangkan jika digunakan dalamjaringan internet. Format digital video yang umum digunakan adalah: avi,mpg, mwv Video cocok digunakan untuk menggambarkan suatuaksi (Misal: proses pendaratan pesawat). Animasi cocok digunakan untuk menjelaskan ataumensimulasikan yang sulit dilakukan dengan video(Misal: Rotasi bumi terhadap matahari)

Elemen Suara (Audio) Pada multimedia, penggunaan suara dapat berbentuknarasi, lagu, dan sound effect. Umumnya, narasiditampilkan bersama-sama dengan foto dan teks untukmemperjelas informasi yang akan disampaikan.juga dapat digunakan untuk mengalihkanperhatian (contoh: suara gelas pecah untuk error). Suara Format digital yang umum digunakan dalam suara adalahWAVE, MIDI, dan MP3.

Elemen Teks Teks dapat digunakan untuk menjelaskan foto ataugambar dan menampilkan nama dan tempat. Perlu diperhatikan penggunaan jenis, ukuran, styledan warna huruf. Kesalahan yang sering terjadi adalah mengedepankankeindahan dan mengorbankan fungsionalitas.

Elemen Interaktif Elemen-elemen teks, suara, video, foto, dapat ditampilkandi media lain seperti TV melaluio VCD player, sedangkanelemen interaktif hanya dapat ditampilkan di komputer. Pada MMI, pemakai aktif menggali informasi dalam urutandan bentuk yang cocok dengan masing-masing individu. Aspek interaktif pada multimedia dapat berbentuk navigasi,simulasi, permainan, dan latihan soal. Kelemahan penggunaan aspek interaktif adalah biaya danwaktu yang diperlukan untuk membuatnya. Tingkat kesulitan pembuatan aktivitas interaktif jauh lebihsulit dibandingkan elemen lainnya.

PENGATURAN KOMPOSISI ELEMEN Tugas domain expert dan perancang adalah mengaturkomposisi yang tepat dari setiap elemen. Aturan yang umum adalah gunakanlah sebanyakmungkin visualisasi dalam bentuk permainan, simulasi,foto, ilustrasi, video, dan animasi, kemudian disusuldengan suara dan terakhir teks. Elemen-elemen multimedia perlu diatur untuk salingmelengkapi sehingga tidak terjadi saling tumpang tindih.Contoh komposisi:Text (7%), video dan foto (55%), audio (38%).

ELEMEN MULTIMEDIA DALAM STORYBOARDVideo dan Animasi dalam storyboardUntuk mendeskripsikan objek bergerak dan pergerakankamera ke dalam sketsa gambar dua dimensi, dapatmenggunakan simbol-sombol seperti panah ditambahdengan keterangan tekstual.Gambar berikut memperlihatkan penggunaan panah dankotak untuk memperjelas pergerakan objek kamera.

ELEMEN MULTIMEDIA DALAM STORYBOARDElemen interaktif dalam storyboardElemen interaktif pada storyboard dapat direpresentasikan dalambentuk tekstual atau diagram alir (flowchart).Contoh tekxtual:Setelah user mengklik tombol KELUAR, maka akan ditampilkan dialogperingatan “apakah ia yakin ingin keluar?”.Contoh flowchart:Isi profilyaMulaiPenggunabaru?tidakMenu Utama

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengambilanjarak antara kamera dan objek adalah: Pengambilan jarak jauh (long shot)memperlihatkan lokasi dan mood Pengambilan jarak menengah(medium shot) memperlihatkaninteraksi dan karakter Close-up memperlihatkan ekspresi.Close-up yang ekstrimmemperlihatkan efek emosional yangkuat

MULTIMEDIA V.S MULTIMEDIA INTERAKTIF Multimedia adalah penggunaan berbagai jenis media (teks, suara,grafik,animasi,danvideo). Multimedia interaktif menambahkan elemen ke-enam yaitu aspek interaktif Pada multimedia non-interaktif, user bertindak pasif dan menyaksikan adegan demi adegan secara berurut