1. PENGERTIAN ALAT OPTIK 2. MATA DAN KACAMATA A. Bagian .

3y ago
65 Views
2 Downloads
406.62 KB
6 Pages
Last View : 9d ago
Last Download : 4m ago
Upload by : Esmeralda Toy
Transcription

Asyiknya Belajar Fisika!www. arifkristanta.blogs.linkbucks.com1. PENGERTIAN ALAT OPTIKAlat optik adalah alat penglihatan manusia, baik alamiah maupun buatan manusia. Alatoptik alamiah adalah mata dan alat optik buatan adalah alat bantu penglihatan manusiauntuk mengamati benda-benda yang tidak dapat dilihat dengan jelas oleh mata. Yangtermasuk alat optik buatan diantaranya: kacamata, kamera, lup atau pembesar,mikroskop, teropong, dan periskop.2. MATA DAN KACAMATAA. Bagian-Bagian MataDiagram mata manusia ditunjukkan pada gambar berikut.RetinaKorneaAquaeous humorPupilLensaIrisSarafOptikBintik kuning(1) Kornea yaitu bagian depan mata yang memiliki lengkung lebih tajam dan dilapisiselaput bening.(2) Aquaeous humor yaitu cairan di belakang kornea yang berfungsi membiaskancahaya yang masuk ke dalam mata.(3) Lensa mata atau lensa kristalin yaitu bagian yang berfungsi untuk mengaturpembiasan yang disebabkan oleh cairan di depan lensa. Lensa mata merupakanlensa cembung.(4) Iris yaitu selaput di depan lensa mata yang membentuk celah lingkaran danberfungsi memberi warna pada mata.(5) Pupil yaitu celah lingkaran yang dibentuk oleh iris dan berfungsi untuk mengaturintensitas cahaya yang mengenai mata.(6) Retina atau selaput jala yaitu bagian yang berfungsi sebagai layar untukmenangkap bayangan nyata, terbalik, dan diperkecil yang dibentuk oleh lensamata.(7) Bintik kuning yaitu bagian pada retina yang sangat peka terhadap cahaya. Agarbayangan terlihat jelas, bayangan harus terbentuk di retina tepat di bintik kuning.(8) Saraf optik yaitu saraf yang menghubungkan bintik kuning dengan otak sehinggasinyal-sinyal bayangan dari bintik kuning sampai ke otak dan otaklah yangmenerjemahkan sehingga bayangan benda menjadi tegak, tidak terbalik sepertiyang ditangkap oleh retina.

Asyiknya Belajar Fisika!www. arifkristanta.blogs.linkbucks.comDiagram pembentukan bayangan pada mata adalah sebagai berikut :B. Daya Akomodasi MataDaya akomodasi mata adalah kemampuan lensa matauntuk menebal (Cembung) atau menipis (pipih)sesuai dengan jarak benda yang dilihat agar bayanganjatuh tepat di retina. Titik terdekat yang dapat dilihatdengan jelas oleh mata dengan berakomodasimaksimum disebut titlk dekat mata atau punctumproximum. Titik terjauh yang dapat dilihat jelas olehmata dengan mata tidak berakomodasi disebut titikjauh mata atau punctum remotum.C. Cacat Mata atau AberasiPR PP 25 cmLensa menebalLensa memipihMata normal (emetropi) memiliki titikdekat 25 cm dan titik jauh takberhinggadi depan mata. Mata yang jangkauanpenglihatannya tidak terletak di antaratitik dekat 25 cm dan titik jauhtakberhingga disebut cacat mata atauaberasi. Cacat mata ditanggulangidengan menggunakan kacamata, lensakontak, atau operasi.(a). Miopi atau Rabun JauhPR PP 25Penderita miopi atau rabunjauh memilikititik jauh terbatas di depan matanyasehingga tidak dapat melihat benda-bendayang jauh dengan jelas. Bayangan bendayang jauh dari mata miopi jatuh di depanretina. Cacat mata ini disebabkan karenabola mata terlalu cembung ( jarak fokuslensa terlalu pendek )Bola mata terlalucembungLensa cekungAgar bayangan jatuh tepat di retina, digunakankacamata berlensa negatif atau lensa cekung.

Asyiknya Belajar Fisika!www. arifkristanta.blogs.linkbucks.comKekuatan atau daya lensa kacamata yang diperlukan sesuai dengan rumus berikut:PM 100PRdengan PM daya lensa untuk miopi dalam satuan dioptridan PR punctum remotum (titik jauh mata) dalam satuancm.(b) Hipermetropi atau Rabun DekatPenderita hipermetropi atau rabun dekat memilikititik dekat lebih besar dari 25 cm di depan matanyasehingga tidak dapat melihat benda-benda yangdekat dengan jelas.Bayangan benda yang dekat padamata hipermetropi jatuh di belakang retina. Hal inidisebabkan karena bola mata terlalu pipih ( jarakfokus lensa terlalu panjang )PR PP 25Agar bayangannya jatuh tepat pada retinadigunakan kacamata berlensa positif atau lensacembung. Kekuatan lensa kacamata yangdiperlukan sesuai dengan rumus berikut:Bola mata terlalupipihPH Lensa cekung100 100 SPPdengan PH kekuatan lensa kacamata untukhipermetropi dalam satuan dioptri, s jarakbenda di depan kacamata, dan PP punctumproximum (titik dekat mata) dalam satuan cm.Jika jarak benda s tidak disebutkan dalam soal, nilai s diambil dari titik dekat matanormal, yaitu 25 cm , sehingga persamaan kekuatan lensa untuk hipermetropimenjadi :PH 4 100PP(c) Presbiopi atau Mata TuaPR PP 25Presbiopi atau mata tua adalah cacat mataakibat berkurangnya daya akomodasi matapada usia lanjut. Titik dekat matapresbiopi lebih besar dari 25 cm dan titikjauhnya terbatas di depan mata. Penderitapresbiopi harus menggunakan kacamatabifokal, yaitu kacamata berfungsi rangkap(untuk melihat dekat dan jauh).

Asyiknya Belajar Fisika!www. arifkristanta.blogs.linkbucks.com3. KAMERAKamera dan mata memiliki kesamaan dalam hal diagrampembentukan bayangan. Bayangan yang dibentuk lensakamera dijatuhkan pada film (seakan-akan retina) yangterletak di antara F, dan 2F. Bayangan yang dihasilkanadalah nyata, terbalik, diperkecil.Diagram pembentukan bayangan pada kamera dan mata adalah seperti berikut ini.2F2Fletak bayangan di antara F, dan 2F,Bagian-bagian dari sebuah kamera adalah sebagai berikut.(1) Lensa cembung beffungsi untukmembentuk bayangan.(2) Film berfungsi untuk menangkap bayangan yang dibentuk lensa cembung.(3) Cincin pemfokus yaitu bagian yangLensaberfungsiuntukmengaturataurnengubah-ubah jarak lensa sesuaidengan jarak benda yang difoto agarterbentuk bayangan jelas pada film. Padasebagian kamera, cincin pemfokus tidakada.(4) Diafragma yaitu bagian yang membentukDiafragmaFilmcelah untuk mengatur banyaknyaintensitas cahaya yang mengenai film.4. LUP ATAU KACA PEMBESARLup atau kaca pembesar adalah sebuah lensa cembung yangdigunakan untuk melihat benda-benda kecil agar tampaklebih besar dan jelas. Pada lup, benda diletakkan di antara Odan F sehingga bayangan yang terbentuk di depan lensabersifat maya, tegak, diperbesar. Jika bayangan yangdibentuk lup berada di titik dekat mata, mata akan melihatnyadengan berakomodasi maksimum. Sebaliknya, jika mataingin mengamati benda dengan meng-gunakan lup dalamkeadaaan relaks tanpa akomodasi, benda harus diletakkantepat di titik fokus lup.

Asyiknya Belajar Fisika!www. arifkristanta.blogs.linkbucks.comBerikut ini adalah gambar pembentukan bayangan pada lup :Perbesaran bayangan :a) mata tidak berakomodasi :M b) Mata berakomodasi maksimum:SnfDengan :M M perbesaran bayanganSn titik dekat mata.Sn 1ff jarak fokus lup5. MIKROSKOPLensa okulerLensa obyektifSebuah mikroskop tersusun atas dua buah lensacembung. Lensa cembung pertama yang dekat enganbenda disebut lensa objektif dan lensa cembungkedua yang dekat dengan mata pengamat disebutlensa okuler. Lensa okuler berfungsi mirip denganlup.Diagram pembentukan bayangan pada mikroskop adalah sebagai berikut :hiBayangan yang dibentuk oleh lensa obyektik adalah nyata, terbalik, diperbesar,sedangkan sifat bayangan terakhir yang dibentuk oleh lensa okuler, adalah maya,terbalik, diperbesar.

Asyiknya Belajar Fisika!www. arifkristanta.blogs.linkbucks.com6. TEROPONG (TELESKOP)Teropong atau teleskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-bendayang sangat jauh agar tampak dekat dan jelas. Ada dua jenis teropong, yaitu teropongbias, yang tersusun atas beberapa lensa, dan teropong pantul, yang tersusun atas beberapacermin atau gabungan cermin dengan lensa.Contoh :a. Teropong bintang.Teropong bintang termasuk teropong bias,Cahayadisebut juga teropong astronomi digunakanLensa okuleruntuk mengamati benda-benda di langitseperti bintang, bulan, planet dan bendaLensa obyektiflainnya. Teropong ini menggunakan duabuah lensa yaitu lensa obyektif dan lensaokuler. Jarak fokus lensa obyektif lebihbesar dari pada jarak fokus lensa okuler.b. Teropong PrismaTeropong prisma mempunyai fungsi untukLensa okulermengamati benda-benda di bumi agar lebihdekat dan jelas. Sebagai teropong bias,teropong ini menggunakan dua buah lensa( obyektif dan okuler) dan sepasang prismasiku-siku sama kaki untuk membalikkanPrismabayangan.Lensa obyektifCahayac. Teropong PantulCahayab k iTeropong ini menggunakan cermin cekungbesar untuk mengumpulkan cahaya, danLensa okulercermin datar dan sebagaian dengan lensacembung ( okuler ) untuk mengamatiCermin cekungbenda.Cermin datar7. PERISKOPPeriskop adalah alat optik yang biasa digunakanoleh awak kapal selam untuk mengamati bendabenda yang ada di atas permukaan laut. Komponenperiskop terdiri dari dua buah lensa cembung( obyektif dan okuler ) serta dua cermin cembungatau prisma.

1. PENGERTIAN ALAT OPTIK. Alat optik adalah alat penglihatan manusia, baik alamiah maupun buatan manusia. Alat . optik alamiah adalah mata dan alat optik buatan adalah alat bantu penglihatan manusia . untuk mengamati benda-benda yang tidak dapat dilihat dengan jelas oleh mata. Yang . termasuk alat optik buatan diantaranya: kacamata, kamera, lup .

Related Documents:

mendeskripsikan pengertian alat optik, jenis-jenis alat optik, dan fungsi dari alat-alat optik tersebut. Gambar 18.1 Pengamatan dengan menggunakan mikroskop Sumber: www.google.com Alat-Alat Optik Alat-Alat Optik terdiri dari Mata Lup Mikroskop Teleskop Bagian-bagian mata Cacat mata rusak

1. Kegiatan Belajar 1 : Cahaya 2. Kegiatan Belajar 2 : Alat-alat Optik Setelah mempelajari modul ini Anda diharapkan memiliki kompetensi menjelaskan konsep optika, yakni mengenai konsep cahaya dan alat-alat optik. Secara lebih khusus lagi. Anda diharapkan dapat: 1. Menjelaskan pengertian cahaya. 2. Menjelaskan sifat-sifat cahaya. 3.

3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik. Kompetensi Dasar 3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif. Indikator Pencapaian Kompetensi 1. Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teleskop. 2. Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum. 3.

1. Pendahuluan Alat optik banyak digunakan, baik untuk keperluan praktis dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk keperluan keilmuan. Beberapa contoh alat optik antara lain: . 1 Ingat kembali pengertian kekuatan lensa P ----- (f dalam meter). f Diperoleh P 2 dioptri.

Modul XI Alat – Alat Optik II .97 . 1 MODUL I FISIKA OPTIK TUJUAN: Menjelaskan tentang fenomena cahaya dan pengujian terhadap teori cahaya. . Pengertian Muka gelombang & Sinar Cahaya . 2 MODUL I Sifat Cahaya . Gambar 2.1.Tentang proses pemantulan cahaya.

Pictorial Riddle Pada Konsep Alat-alat Optik di Kelas VIII SMPN 2 Banda Aceh Tanggal Sidang : 07 September 2016 Tebal : Lembar Pembimbing I : Fitriyawani, M.Pd Pembimbing II : Dr. Mursal, M.Si Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pictorial Riddle Pada Konsep Alat-alat Optik

mesin tanam biji-bijian, alat mesin tanam bibit, alat mesin panen biji-bijian, alat mesin panen rumput, alat mesin panen tebu, dan alat mesin panen umbi, buah, dan sayuran . Modul ini digunakan dalam kegiatan diklat di PPPPTK Pertanian dan semoga bahan ajar atau modul ini dapat bermanfaat dan membantu pemahaman materi teori dan praktek untuk alat

N. Sharma, M. P. Rai* Amity Institute of Biotechnology (J-3 block), Amity University Uttar Pradesh, Sector-125, Noida, India A B S T R A C T P A P E R I N F O Media requirement for microalgae cultivation adds most to the cost of biodiesel production at Paper history: Received 30 July 2015 Accepted in revised form 6 September 2015 Keywords: - Chlorella pyrenoidosa Cattle waste Lipid content .