PELAKU-PELAKU EKONOMI 15 PEREKONOMIAN INDONESIA DALAM SISTEM

3y ago
50 Views
4 Downloads
720.18 KB
22 Pages
Last View : 10d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Wren Viola
Transcription

Bab 15 Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian IndonesiaBAB15PELAKU-PELAKU EKONOMIEKONOMIDALAM SISTEMPEREKONOMIAN INDONESIAPEREKONOMIANSumber: Dokumen Penerbit, 2008Gambar 15.1 Pertamina termasuk pelaku ekonomi yang mempunyaiperan penting dalam perekonomian Indonesia.S309etiap negara mempunyai permasalahan ekonomi dan setiapnegara mempunyai cara tersendiri dalam mengatasinya. Ada negarayang dengan tegas menentukan bahwa pemerintah yang harusmengatasi setiap masalah ekonomi, dan pemerintahlah pula yangmengatur semua kegiatan ekonomi. Sebaliknya ada negara yangberpendapat bahwa dalam mengatasi setiap masalah ekonomi danmengatur semua kegiatan ekonomi diserahkan pada pihak swasta.Selain itu ada juga negara yang mencari jalan tengah antara keduanya.Bagaimana setiap negara menjawab permasalahan-permasalahanekonomi menunjukkan sistem ekonomi yang dianutnya. Dalam rangkamenjalankan sistem ekonominya, negara akan membutuhkan pelakupelaku ekonomi.Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai bagaimanabentuk-bentuk sistem ekonomi yang ada di dunia dan siapa sajapelaku-pelaku ekonominya.

310Ilmu Pengetahuan Sosial VIIIA.Sistem Ekonomi1 . P enger tian SisonomiSistt em EkEkonomiPada saat semester 1, kalian telah mempelajari mengenaikelangkaaan sumber daya. Kelangkaan timbul sebagai akibat dariketidakseimbangan antara keinginan manusia untuk mendapatkanbarang dan jasa dengan kemampuan faktor-faktor produksimenghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi keinginan tersebut.Hal tersebut menjadi masalah pokok ekonomi di setiap negara.Para ahli ekonomi membagi masalah pokok ekonomi yangdihadapi masyarakat ke dalam tiga persoalan, yaitu mengenai halhal berikut ini.a. Apakah barang dan jasa yang harus diproduksi?Jeli Jendela Info(What).Tiga persoalan pokok yang dihadapib. Bagaimanakah caranya memproduksi barang oleh setiap sistem ekonomi (what,dan jasa tersebut? (How).how dan for whom) dikemukakan olehc. Untuk siapakah barang dan jasa tersebut di- Paul A. Samuelson, yaitu seorang ahliekonomi dari Amerika Serikat yangproduksi? (For Whom).pernah menerima hadiah nobel.Jawaban setiap negara atas pertanyaanpertanyaan tersebut menunjukkan sistem ekonomi yang dianutnya.Dengan demikian, apakah yang dimaksud sistem ekonomi? Sistemekonomi adalah suatu aturan dan tata cara untuk mengoordinasikanperilaku masyarakat (konsumen, produsen, pemerintah, dansebagainya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi untuk mencapaisuatu tujuan.Setiap negara mempunyai sistem perekonomian yang berbedabeda. Hal ini dipengaruhi selain oleh ideologi suatu bangsa jugadikarenakan perbedaan budaya dan pandangan politik di setiapnegara. Sistem perekonomian yang dianut bangsa Indonesia berbeda dengan sistem perekonomian yang dianut negara Malaysia,Thailand, Australia, Inggris, Italia dan negara-negara di Afrika.Perbedaan-perbedaan sistem ekonomi tersebut, pada dasarnyamengarah pada tujuan-tujuan yang sama berikut ini.a. Mencapai tingkat kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.b. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi.c. Mencapai kestabilan ekonomi dengan kesempatan kerja yang luas.d. Mengurangi jumlah pengangguran.e. Pemerataan pendapatan di antara berbagai golongan danlapisan masyarakat.2 . Macam-Macam Sistem EkonomiSistem ekonomi yang dianut berbagai negara merupakan hasilperkembangan sejarah serta tanggapan suatu bangsa atas pergolakan zaman.

Bab 15 Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian Indonesia311Secara umum sistem ekonomi dalam perekonomian suatu negaradapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu sistem ekonomi liberal,sistem ekonomi sosialis, dan sistem ekonomi campuran.a.Sistem Ekonomi LiberalSistem ekonomi liberal disebut juga sistemJeli Jendela Infoekonomi pasar bebas atau sistem ekonomi laissez faire.Sistem ekonomi liberal adalah sistem perekonomian Kata Laissez faire berasal dari bahasayang memberikan kebebasan sepenuhnya dalam Prancis yang berarti biarlah merekasegala bidang perekonomian kepada masing-masing melakukan pekerjaan yang sesuaidengan keinginan mereka.individu untuk memperoleh keuntungan yang sebesarbesarnya. Filsafat atau ideologi yang menjadi landasankepada sistem ekonomi liberal adalah bahwa setiap unit pelakukegiatan ekonomi diberi kebebasan untuk melakukan kegiatankegiatan yang akan memberikan keuntungan kepada dirinya, makapada waktu yang sama masyarakat akan memperoleh keuntunganjuga. Dengan demikian setiap orang akan bebas bersaing denganorang lain dalam bidang ekonomi.Adam Smith dalam bukunya yang berjudul The Wealthof Nation (1776) juga menunjukkan bahwa kebebasanberusaha didorong oleh kepentingan ekonomi pribadimerupakan pendorong kuat menuju kemakmuran bangsa.Hal ini menunjukkan bahwa sistem pasar bebas ini dapatmenciptakan efisiensi yang cukup tinggi dalam mengaturkegiatan perekonomian.Mungkin kalian akan bertanya, bagaimanakah peranSumber: Encarta Encyclopedia,2006pemerintah dalam sistem ekonomi liberal? Pemerintah samaGambar 15.2 Adam Smithsekali tidak campur tangan dan tidak pula berusaha mesebagai peletak dasarmengaruhi kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat. liberalisme ekonomi.Seluruh sumber daya yang tersedia dimiliki dan dikuasaioleh anggota-anggota masyarakat dan mereka mempunyaikebebasan penuh untuk menentukan bagaimana sumber-sumberdaya tersebut akan digunakan.Gambaran secara menyeluruh mengenai sistem ekonomi liberal,dapat kalian perhatikan ciri-ciri sistem ekonomi liberal berikut ini.1) Setiap orang bebas memiliki alat-alat produksi.2) Adanya kebebasan berusaha dan kebebasan bersaing.3) Campur tangan pemerintah dibatasi.4) Para produsen bebas menentukan apa dan berapa yang akandiproduksikan.5) Harga-harga dibentuk di pasar bebas.6) Produksi dilaksanakan dengan tujuan mendapatkan laba sertasemua kegiatan ekonomi didorong oleh prinsip laba.Berdasarkan ciri-ciri di atas, sistem ekonomi liberal memilikikelebihan dan kekurangan.

312Ilmu Pengetahuan Sosial VIIIKelebihan sistem ekonomi liberal1) Setiap individu diberi kebebasan memiliki kekayaan dan sumberdaya produksi.2) Individu bebas memilih lapangan pekerjaan dan bidang usahasendiri.3) Adanya persaingan menyebabkan kreativitas dari setiapindividu dapat berkembang.4) Produksi barang dan jasa didasarkan pada kebutuhan masyarakat.Kekurangan sistem ekonomi liberal1) Muncul kesenjangan yang besar antara yang kaya dan miskin.2) Mengakibatkan munculnya monopoli dalam masyarakat.3) Kebebasan mudah disalahgunakan oleh yang kuat untuk memeraspihak yang lemah.4) Sulit terjadi pemerataan pendapatan.b . Sistem Ekonomi SosialisJeli Jendela InfoSistem ekonomi sosialis disebut juga sistemekonomi terpusat. Mengapa disebut terpusat? Karena Sejara sosialis berawal di Eropasegala sesuatunya harus diatur oleh negara, dan di- pada abad ke-18 yaitu dari RevolusiPrancis dan Revolusi Industri dikomandokan dari pusat. Pemerintahlah yang me- Inggris.nguasai seluruh kegiatan ekonomi.Sistem perekonomian sosialis merupakan sistem perekonomianyang menghendaki kemakmuran masyarakat secara merata dantidak adanya penindasan ekonomi. Untuk mewujudkan kemakmuranyang merata pemerintah harus ikut campur dalam perekonomian.Oleh karena itu hal tersebut mengakibatkan potensi dan daya kreasimasyarakat akan mati dan tidak adanya kebebasan individu dalammelakukan kegiatan ekonomi.Dasar yang digunakan dalam sistem ekonomi sosialis adalahajaran Karl Marx, di mana ia berpendapat bahwa apabilakepemilikan pribadi dihapuskan maka tidak akan memunculkan masyarakat yang berkelas-kelas sehingga akan menguntungkan semua pihak. Negara yang menganut sistemini seperti Rusia, Kuba, Korea Utara, dan negara komunis lainnya.Sistem ekonomi sosialis mempunyai ciri-ciri berikut ini.1) Semua sumber daya ekonomi dimiliki dan dikuasai olehSumber: Encarta Encyclopedia,negara.20062) Seluruh kegiatan ekonomi harus diusahakan bersama. Gambar 15.3 Ajaran KarlSemua perusahaan milik negara sehingga tidak ada Marx memberikan arahdalam gerakan sosialis.perusahaan swasta.3) Segala keputusan mengenai jumlah dan jenis barang ditentukanoleh pemerintah.4) Harga-harga dan penyaluran barang dikendalikan oleh negara.5) Semua warga masyarakat adalah karyawan bagi negara.Seperti halnya sistem ekonomi kapitalis, sistem ekonomi sosialisjuga mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Bab 15 Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian IndonesiaKelebihan sistem ekonomi sosialis1) Semua kegiatan dan masalah ekonomi dikendalikan pemerintahsehingga pemerintah mudah melakukan pengawasan terhadapjalannya perekonomian.2) Tidak ada kesenjangan ekonomi antara si kaya dan si miskin,karena distribusi pemerintah dapat dilakukan dengan merata.3) Pemerintah bisa lebih mudah melakukan pengaturan terhadapbarang dan jasa yang akan diproduksi sesuai dengan kebutuhanmasyarakat.4) Pemerintah lebih mudah ikut campur dalam pembentukan harga.Kekurangan sistem ekonomi sosialis.1) Mematikan kreativitas dan inovasi setiap individu.2) Tidak ada kebebasan untuk memiliki sumber daya.3) Kurang adanya variasi dalam memproduksi barang, karenahanya terbatas pada ketentuan pemerintah.Negara yang menganut sistem ekonomi sosialis sudah tidakada lagi. Uni Soviet (sekarang Rusia) beserta negara-negara pengikutnya telah gagal dalam menjalankan prinsip sosialisme sebagai carahidupnya baik secara ekonomi, moral, maupun sosial dan politik.Hal ini disebabkan oleh tidak adanya kemampuan pemerintah pusatuntuk menangani seluruh masalah yang muncul, baik di tingkatpusat maupun ditingkat daerah. Selain itu, pada kenyataannya telahterjadi banyak penyelewengan yang dilakukan oleh pemerintah.c.Sistem Ekonomi CampuranSistem ekonomi campuran merupakan campuran atau perpaduanantara sistem ekonomi liberal dengan sistem ekonomi sosialis.Masalah-masalah pokok ekonomi mengenai barang apa yang akandiproduksi, bagaimana barang itu dihasilkan, dan untuk siapa barangitu dihasilkan, akan diatasi bersama-sama oleh pemerintah dan swasta.Pada sistem ekonomi campuran pemerintah melakukanpengawasan dan pengendalian dalam perekonomian, namun pihakswasta (masyarakat) masih diberi kebebasan untuk menentukankegiatan-kegiatan ekonomi yang ingin mereka jalankan. Adanyacampur tangan dari pemerintah bertujuan untuk menghindariakibat-akibat yang kurang menguntungkan dari sistem liberal,antara lain terjadinya monopoli dari golongan-golongan masyarakattertentu terhadap sumber daya ekonomi.Apabila kita cermati sebagian besar negara di dunia tidak adalagi yang menggunakan salah satu sistem ekonomi. Mereka kebanyakan mengombinasikan dari sistem-sistem yang ada sesuaidengan situasi dan tradisi negara yang bersangkutan. Misalnya sajaAmerika Serikat yang sangat terkenal dengan sistem ekonomiliberalnya.313

314Ilmu Pengetahuan Sosial VIIIMeskipun sistem ekonomi yang mereka tetapkan berpaham liberal,namun pada kenyataannya masih ada campur tangan pemerintah,misalnya dalam hal pembuatan undang-undang antimonopoli.Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai sistem ekonomicampuran, berikut ini ciri-ciri dari sistem ekonami campuran.1) Sumber-sumber daya yang vital dikuasai oleh pemerintah.2) Pemerintah menyusun peraturan, perencanaan, dan menetapkan kebijaksanaan-kebijaksanaan di bidang ekonomi.3) Swasta diberi kebebasan di bidang-bidang ekonomi dalambatas kebijaksanaan ekonomi yang ditetapkan pemerintah.4) Hak milik swasta atas alat produksi diakui, asalkan penggunaannya tidak merugikan kepentingan umum.5) Pemerintah bertanggung jawab atas jaminan sosial danpemerataan pendapatan.6) Jenis dan jumlah barang diproduksi ditentukan oleh mekanismepasar.Dengan demikian, dalam sistem perekonomian campuran adabidang-bidang yang ditangani swasta dan ada bidang-bidang yangditangani pemerintah.Sama halnya dengan sistem ekonomi lainnya, sistem ekonomicampuran juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi,kelebihan dan kekurangannya tergantung kepada setiap negaradalam mengatur sistem ekonominya tersebut.Ajang KreasiDi dunia tidak ada lagi negara yang menganut sistem ekonomi yang murni. Sebagiannegara menggunakan sistem ekonomi campuran. Coba diskusikan dengan kelompokkalian yang terdiri atas 2 – 3 orang. Mengapa sebagian negara-negara di dunia memilihsistem ekonomi campuran? Sebutkan sistem ekonomi yang dianut oleh negara-negaradi Asia Tenggara!B.Sistem Ekonomi IndonesiaSistem ekonomi yang dianut oleh setiap bangsa berbeda-beda.Hal ini sesuai dengan falsafah dan ideologi dari masing-masingnegara. Seperti halnya Indonesia, sistem ekonomi yang dianut olehbangsa Indonesia akan berbeda dengan sistem ekonomi yang dianutoleh Amerika Serikat ataupun negara-negara lainnya.Pada awalnya Indonesia menganut sistem ekonomi liberal, dimana seluruh kegiatan ekonomi diserahkan kepada masyarakat.Akan tetapi karena ada pengaruh komunisme yang disebarkan olehPartai Komunis Indonesia, maka sistem ekonomi di Indonesiaberubah dari sistem ekonomi liberal menjadi sistem ekonomi sosialis.

Bab 15 Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian Indonesia315Pada masa Orde Baru, sistem ekonomi yang dianut olehbangsa Indonesia diubah kembali menjadi sistem demokrasiekonomi. Sistem ini bertahan hingga masa Reformasi. Setelah masaReformasi, pemerintah melaksanakan sistem ekonomi yangberlandaskan ekonomi kerakyatan. Sistem inilah yang masihberlaku di Indonesia.Berikut ini bentuk sistem ekonomi di Indonesia dari masa OrdeBaru hingga sekarang.1 . Sistem Ekonomi DemokrasiIndonesia mempunyai landasan idiil yaitu Pancasila dan landasankonstitusional yaitu UUD 1945. Oleh karena itu, segala bentuk kegiatanmasyarakat dan negara harus berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.Sistem perekonomian yang ada di Indonesia jugaJeli Jendela Infoharus berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sistemperekonomian nasional yang berdasarkan Pancasila Pada GBHN Bab III No. 14 dinyatadan UUD 1945 disusun untuk mewujudkan demokrasi kan bahwa pembangunan ekonomiekonomi dan dijadikan dasar pelaksanaan pem- yang didasarkan pada demokrasimenentukan bahwabangunan ekonomi. Sistem perekonomian Indonesia ekonomimasyarakat memegang perananyang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 disebut aktif dalam kegiatan pembangunan.sistem ekonomi demokrasi. Dengan demikian sistemekonomi demokrasi dapat didefinisikan sebagai suatu sistemperekonomian nasional yang merupakan perwujudan dari falsafahPancasila dan UUD 1945 yang berasaskan kekeluargaan dankegotongroyongan dari, oleh, dan untuk rakyat di bawah pimpinandan pengawasan pemerintah.Pada sistem demokrasi ekonomi, pemerintah dan seluruhrakyat baik golongan ekonomi lemah maupun pengusaha aktifdalam usaha mencapai kemakmuran bangsa. Selain itu, negaraberperan dalam merencanakan, membimbing, dan mengarahkankegiatan perekonomian. Dengan demikian terdapat kerja sama dansaling membantu antara pemerintah, swasta, dan masyarakat.a.Ciri-Ciri Positif Sistem Ekonomi DemokrasiBerikut ini ciri-ciri dari sistem ekonomi demokrasi.1) Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atasasas kekeluargaan.2) Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara danmenguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.3) Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnyadikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnyabagi kemakmuran rakyat.4) Sumber-sumber kekayaan dan keuangan negara digunakanuntuk permufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat, sertapengawasan terhadap kebijakan ada pada lembaga-lembagaperwakilan rakyat pula.

3165)6)7)8)Ilmu Pengetahuan Sosial VIIIWarga negara memiliki kebebasan dalam memilih pekerjaanyang dikehendaki serta mempunyai hak akan pekerjaan danpenghidupan yang layak.Hak milik perorangan diakui dan pemanfaatannya tidak bolehbertentangan dengan kepentingan masyarakat.Potensi, inisiatif, dan daya kreasi setiap warga negara dikembangkan sepenuhnya dalam batas-batas yang tidakmerugikan kepentingan umum.Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.b . Ciri-Ciri Negatif Sistem Ekonomi DemokrasiSelain memiliki ciri-ciri positif, sistem ekonomi demokrasi jugamempunyai hal-hal yang harus dihindarkan.1) Sistem free fight liberalism, yaitu sistem persaingan bebas yangsaling menghancurkan dan dapat menumbuhkan eksploitasiterhadap manusia dan bangsa lain sehingga dapat menimbulkan kelemahan struktural ekonomi nasional.2) Sistem etatisme, di mana negara beserta aparatur ekonomi negarabersifat dominan serta mendesak dan mematikan potensi dandaya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara.3) Persaingan tidak sehat dan pemusatan kekuatan ekonomi padasatu kelompok dalam bentuk monopoli yang merugikanmasyarakat.2 . Sistem Ekonomi KerakyatanSistem ekonomi kerakyatan berlaku di Indonesia sejak terjadinya Reformasi di Indonesia pada tahun 1998. Pemerintah bertekadmelaksanakan sistem ekonomi kerakyatan dengan mengeluarkanketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik IndonesiaNomor IV/MPR/1999, tentang Garis-Garis Besar Haluan Negarayang menyatakan bahwa sistem perekonomian Indonesia adalahsistem ekonomi kerakyatan.Pada sistem ekonomi kerakyatan, masyarakat memegang aktifdalam kegiatan ekonomi, sedangkan pemerintah menciptakan iklimyang sehat bagi pertumbuhan dan perkembangan dunia usaha.Sistem ekonomi kerakyatan mempunyai ciri-ciri berikut ini.a. Bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan denganprinsip persaingan yang sehat.b. Memerhatikan pertumbuhan ekonomi, nilai keadilan, kepentingan sosial, dan kualitas hidup.c. Mampu mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungandan berkelanjutan.d. Menjamin kesempatan yang sama dalam berusaha dan bekerja.e. Adanya perlindungan hak-hak konsumen dan perlakuan yangadil bagi seluruh rakyat.

Bab 15 Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian Indonesia317Ajang KreasiSekarang ini bangsa Indonesia menganut sistem ekonomi kerakyatan. Coba identifikasikanlah sesuai pengamatanmu mengenai bukti-bukti yang menunjukkan bahwa Indonesiamenerapkan sistem ekonomi kerakyatan! Lalu, bagaimanakah pelaksanaan sistemekonomi kerakyatan di Indonesia? Apakah mengenai ciri-ciri yang telah kalian pelajarisesuai dengan kenyataannya? Berilah alasan kalian!C.Pelaku Utama dalam Sistem PerekonomianIndonesiaSistem ekonomi kerakyatan sendi utamanya adalah UUD 1945pasal 33 ayat (1), (2), dan (3). Bentuk usaha yang sesuai dengan ayat(1) adalah koperasi, dan bentuk usaha yang sesuai dengan ayat (2) dan(3) adalah perusahaan negara. Adapun dalam penjelasan pasal 33UUD 1945 yang berbunyi “hanya perusahaan yang tidak menguasaihajat hidup orang banyak boleh di tangan seorang”. Hal itu berartiperusahaan swasta juga mempunyai andil di dalam sistem perekonomian Indonesia. Dengan demikian terdapat tiga pelaku utamayang menjadi kekuatan sistem perekonomian di Indonesia, yaituperusahaan negara (pemerintah), perusahaan swasta, dan koperasi.Ketiga pelaku ekonomi tersebut akan menjalankan kegiatankegiatan ekonomi dalam sistem ekonomi kerakyatan. Sebuah sistemekonomi akan berjalan dengan baik jika pelaku-pelakunya dapatsaling bekerja sama dengan baik pula dalam mencapai tujuannya.Dengan demikian sikap saling mendukung di antara pelaku ekonomisangat dibutuhkan dalam rangka mewujudkan ekonomi kerakyatan.1 . Pemerintah (BUMN)Pada semester 1 kalian telah mempelajari mengenai pelakupelaku ekonomi, di mana negara atau pemerintah termasuk dalampelaku ekonomi. Selain sebagai pelaku ekonomi negara juga berperansebagai pengatur kegiatan ekonomi.a.Pemerintah sebagai Pelaku Kegiatan EkonomiPeran pemerintah sebagai pelaku kegiatan ekonomi berartipemerintah melakukan kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi.1)Kegiatan produksiPemerintah dalam menjalankan perannya sebagai pelakuekonomi, mendirikan perusahaan negara atau sering dikenaldengan sebutan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sesuai denganUU No. 19 Tahun 2003, BUMN adalah badan usaha yang seluruhatau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.

318Ilmu Pengetahuan Sosial VIIIBUMN dapat berbentuk Perjan (Perusahaan Jawatan), Perum(Perusahaan Umum), dan Persero (Perusahaan Perseroan). Mengenaiciri-ciri dari ketiga bentuk perusahaan negara di atas telah kalianpelajari di kelas VII semester 2.BUMN memberikan kontr

Bab 15 Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian Indonesia315 Pada masa Orde Baru, sistem ekonomi yang dianut oleh bangsa Indonesia diubah kembali menjadi sistem demokrasi ekonomi. Sistem ini bertahan hingga masa Reformasi. Setelah masa Reformasi, pemerintah melaksanakan sistem ekonomi yang

Related Documents:

masing sistem ekonomi Sistem Perekonomian Indonesia Karakteristik perekonomian Indonesia Masalah Pokok Ekonomi Permasalahan pokok ekonomi Klasik (produksi, distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana, untuk siapa) barang diproduksi Sistem Ekonomi Pengertian sistem ekonomi Macam-macam sistem ekonomi

BAB 3 EKONOMI DAN PEMBANGUNAN; SEBUAH KRITIK 31 3.1 Krisis Negara Kesejahteraan 31 3.2 Inkonsistensi Ekonomi Pembangunan 42 3.3 Kritik terhadap Ilmu Ekonomi Konvesional 45 BAB 4 RANCANG BANGUN EKONOMI ISLAM 53 4.1 Paradigma Ekonomi Islam 54 4.2 Prinsip Dasar Ekonomi Islam 58 BAB 5 HAKIKAT EKONOMI ISLAM 71 5.1 Makna Ekonomi Islam 71

menentukan pilihan, tindakan dan kegiatan ekonomi sesuai dengan nilai, konsep dan teori ekonomi yang seharusnya. Kajian Ilmu Ekonomi Meski ruang lingkup ilmu ekonomi sangat luas, namun secara garis besar teori ekonomi dibagi 2 yaitu : 1. Teori Mikro Ekonomi Didefinisikan sebagai bagian dari ilmu ekonomi yang menganalisa

KONTRAK PERKULIAHAN, SILABUS, RPS DAN SAP : PENGANTAR EKONOMI MAKRO . KONTRAK PERKULIAHAN Nama Mata Kuliah : PNGANTAR EKONOMI MAKRO Kode Mata Kuliah : FEB1005 Dosen : Semest er : II 1. DESKRIPSI MATA KULIAH Mata kuliah ini membahas sejarah ilmu ekonomi, pengenalan ekonomi makro , ekonomi makro, pendapatan nasional, perekonomian tertutup, arus melingkar, angka pengganda perekonomian, uang dan .

Sistem Perekonomian Di Indonesia 4 ROWLAND B. F. PASARIBU Sistem Ekonomi Campuran Dalam kenyataanya, kedua bentuk sistem ekonomi tersebut (kapitalis maupun sosialis), tidak ada yang murni, yang ada adalah bentuk campuran dari kedua sistem tersebut. Dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah ikut campur dalam kehidupan ekonomi masyarakat.

Masalah Utama dalam perekonomian, Alat Pengamat Kegiatan Ekonomi dan Kebijakan Ekonomi Makro. EKONOMI MAKRO DAN MIKRO Pengertian Ekonomi Makro . Jumlah penduduk yang berusia diantara 15 -64 tahun yang tidak ingin bekerja. Klasifikasi: 1) Penduduk usia kerja 2) Bukan angkatan kerja

EKONOMI KERAKYATAN SEBAGAI PARADIGMA DAN STRATEGI BARU DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA Oleh : Natalia Artha Malau, SE, M.Si Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado Abstrak Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui ekonomi kerakyatan sebagai paradigma dan strategi baru dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

Andreas Wagner { Integrated Electricity Spot and Forward Model 16/25. MotivationFrameworkModel and ResultsConclusions Volatility of supply-functional This observation motivates the following volatility structure (as in Boerger et al. [2009]) Volatility structure ( ;t) e (t ) 1; 2(t) ; where 1 is the (additional) short-term volatility, is a positive constant controlling the in .