TATA TULIS KARYA ILMIAH - DINUS

3y ago
50 Views
2 Downloads
648.45 KB
15 Pages
Last View : 6d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Averie Goad
Transcription

TATA TULIS KARYA ILMIAHSEMESTER PENDEK

PENGANTAR UMUM DAN KONTRAK BELAJAR Penjelasan umum tentang mata kuliah Tata Tulis Karya Ilmiah (TTKI)

Penjelasan Umum Karya Ilmiah adalah laporan tertulis dan dipublikasi yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telahdilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan danditaati oleh masyarakat keilmuan. Jenis-jenis karya ilmiah: Makalah menyajikan pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif danmasalah dengan melalui proses berpikir deduktif atau induktif. Kertas Kerja Sama dengan Makalah tetapi analisis dalam kertas kerja lebih mendalam daripada analisisdalam makalah. Skripsi Tesis Dissertasi

Penjelasan Umum Di perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah, seperti makalah,laporan praktikum, dan skrispsi (tugas akhir). Skripsi (tugas akhir) umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiahmahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis pakar-pakar dalam bidangpersoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkankemampuan menyusun laporan penelitian.

Apa ciri karya tulis ilmiah? Kaya tulis ilmiah berbeda dengan karya tulis jurnalistik. Karya tulis ilmiah juga berbeda dengan karya tulis prosafiksi. Apabila karya tulis jurnalistik mendeskripsikan objek atau menceritakan peristiwa sebagai tujuan utamapenulisan, karya tulis ilmiah mendeskripsikan objek atau menceritakan peristiwa sebagai bukti yang mendasaripenyimpulan sebuah teori. Oleh karena itu, tugas jurnalis adalah “memfoto” fenomena apa adanya, tanpa diikuti komentar atau analisisteori. Sebaliknya, tugas ilmuwan atau akademisi adalah menganalisis fenomena berdasarkan teori tertentu. Apabila karya tulis prosa fiksi menonjolkan ekspresi emosi atau perasaan, karya tulis ilmiah menonjolkanekspresi akal pikiran. Oleh karena itu, pengarang prosa fiksi bebas mengekspresikan imajinasinya yangsubjektif. Sebaliknya, penulis karya ilmiah bebas mengekspresikan analisis logis yang objektif.

Apa ciri karya tulis ilmiah? Objektif Netral Sistematis Logis Menyajikan fakta (bukan emosi atau perasaan)

Perbedaan Menulis Skripsi (S1), Tesis (S2) dan Dissertasi (S3)Skripsi masih hanya mengungkapkan sebuah fakta atau kasus dari suatu perusahaan, kelompoksocial atau institusi tertentu tanpa dicarikan solusi pemecahan. Tekniknya dapat berupamembandingkan, mencari korelasi, atau implementasinya saja.Tesis hamper sama seperti Skripsi, tetapi dari segi content dan analisis pembahasannya lebihmendalam dan ada upaya untuk melakukan pemecahan masalah.Dissertasi dalam pengungkapan hasil penelitiannya lebih kepada penemuan teori,pengembangan teori, bahkan penumbangan pada teori-teori atau hasil penelitian sebelumnyayang mendalam, juga mencoba mengungkapkan solusi pemecahan masalah dari hasilpenelitiannya. Hasil penelitian dissertasi harus mengandung rekomendasi bagi pengembanganilmu pengetahuan, sains dan teknologi.

Pentingnya Tata Tulis karya tulis ilmiah? Pada suatu karya tulis ilmiah, bahasa memegang peranan penting dalam proses penulisan dan penyusunannya.Dalam penyusunan suatu tulisan yang berkonsep ilmiah harus menggunakan bahasa yang baku dan ejaan yangbenar serta sistematika penulisan yang terstruktur. Sehingga suatu karya tulis dapat menyajikan suatu informasiyang berkualitas. Suatu karya ilmiah harus menggunakan metode ilmiah dalam pencarian data atau informasi baik itu dilakukansecara langsung atau tidak langsung dalam mendapatkan informasi. Bahasa yang digunakan pada penulisan ilmiah pada umumnya menggunakan bahasa yang biasanya jarangmuncul pada kamus bahasa Indonesia, dan bahasa yang dicantumkan pada suatu tulisan ilmiah memiliki suatuarti dan makna dari berbagai bidang ilmu. Mengapa bahasa memiliki peranan yang sangat penting dalam karya ilmiah? Salah satu alasannya adalah data,simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan (referensi) bagiilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya. Hal ini agar penelitian tersebut dapatdipertanggung jawabkan.

Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam penulisan ilmiah yaitu:1. Gunakanlah kata yang umum dikenal.2. Gunakan kalimat yang sederhana sehingga karya tulis dapat mudah dimengerti dandipahami.3. Gunakan tata bahasa serta ejaan yang disempurnakan (EYD), dimana harus diakhiri dengantanda titik dan koma.4. Gunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas.5. Sumber atau informasi digunakan dalam pembuatan penulisan ilmiah harus dicantumkan

RENCANA PEMBELAJARANPertemuan 1 : Pengantar Umum dan Kontrak BelajarPertemuan 2 : Bahasa Karya Tulis IlmiahPertemuan 3 : Dasar-Dasar Penulisan Karya IlmiahPertemuan 4 : Ejaan dan Morfologi (Tugas I)Pertemuan 5 : Tata KalimatPertemuan 6 : Silogisme, Definisi dan Istilah (Tugas II)Pertemuan 7 : Mid SemesterPertemuan 8 : Karangan IlmiahPertemuan 9 : Teknik dan Cara Penulisan Karya Tulis IlmiahPertemuan 10 : Proses Menulis Karya Tulis Ilmiah (Tugas III)Pertemuan 11 : Menulis Karya Tulis IlmiahPertemuan 12 : Praktek Menulis Karya Tulis Ilmiah (Tugas IV Studi Kasus)Pertemuan 13 : Konsultasi, presentasi dan penjelasan tugasPertemuan 14 : Ujian Akhir Semester

PENGANTAR UMUM DAN KONTRAK BELAJAR Kontrak Belajar

Jadual PertemuanMinggu ISeninSelasaRabuKamisJum’at: 16.20 – 18.00: 07.30 – 09.10 dan 16.20 – 18.00: 07.30 – 09.10 dan 16.20 – 18.00: 07.30 – 09.1016.20 – 18.00 (Ujian MID): KosongMinggu IISeninSelasaRabuKamis: 16.20 – 18.00: 07.30 – 09.10 dan 16.20 – 18.00: 07.30 – 09.10 dan 16.20 – 18.00: 07.30 – 09.1016.20 – 18.00 (Ujian UAS)

ASSESMENTSKeaktifan :Nilai Tugas:Mid Test:Final Exam:10%40%25%25%

Aturan Kelas1. Jumlah pertemuan ada 14 kali dengan minimal kehadiran 75%2. Masih dimungkinkan mendapatkan Nilai A3. Ada setidaknya 4 tugas, dimana memiliki prosentase yang tinggi (40%)4. Maksimal keterlambatan adalah 30 menit (pintu akan dikunci dari dalam)

Any Questions

Pentingnya Tata Tulis karya tulis ilmiah? Pada suatu karya tulis ilmiah, bahasa memegang peranan penting dalam proses penulisan dan penyusunannya. Dalam penyusunan suatu tulisan yang berkonsep ilmiah harus menggunakan bahasa yang baku dan ejaan yang benar serta sistematika penulisan yang terstruktur.

Related Documents:

Tata Tulis Karya Ilmiah 2 Syarat dan Jenis Karya Ilmiah 3 Ejaan 4 Tata Kata 5 Tata Kalimat 6 Tata Kalimat 7 Review Pertemuan Minggu 1 s/d 6 8 Ujian Tengah Semester W Pokok Bahasan 9 Silogisme, Definisi dan Istilah 10 Pemaragrafan 11 Pemaragrafan 12 Wacana 13 Proses Menyusun Karya Tulis Ilmiah 14 Proses Menyusun Karya Tulis Ilmiah 15 Presentasi .

dasar karya tulis ilmiah secara lebih mendalam. 1) Definisi Karya Tulis Ilmiah Karya ilmiah terdiri dari dua kata yaitu: karya dan ilmiah. Karya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pekerjaan, hasil perbuatan, buatan, ciptaan (terutama hasil karangan). Sedangkan ilmiah adalah

Hak Cipta yang memenuhi unsur pelindungan dan pengembangan . Cerita Bergambar . 10 Buku Panduan HKI (Hak Cipta dan Paten) Polmed 2020 12) Diktat 13) Dongeng 14) E-book 15) Ensiklopedia 16) Jurnal 17) Kamus 18) Karya Ilmiah 19) Karya Tulis 20) Karya Tulis (Artikel) 21) Karya Tulis (Disertasi) 22) Karya Tulis (Skripsi) 23) Karya Tulis (Tesis)

memberikan bimbingan sehingga terwujudnya Karya Tulis Ilmiah ini. 5. Musrifatul Uliyah, SST., M.Kes selaku Pembimbing kedua yang telah meluangkan waktunya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan dalam memberikan bimbingan sehingga terwujudnya Karya Tulis Ilmiah ini. 6. Dr. Nur Mukarromah, S.KM., M.Kes selaku penguji Karya Tulis Ilmiah.

Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Widyaiswara Angkatan IV. Diharapkan melalui pelatihan ini widyaiswara mampu menyusun karya tulis ilmiah sesuai dengan prosedur dan metoda ilmiah serta kaidah tata tulis yang lazim berlaku dalam penulisan karya tulis ilmiah. Agar peserta dapat memahami program dan proses penyelenggaraan

Karya Tulis Ilmiah adalah Karya Ilmiah (Scientific Paper) dalam bentuk tulisan cetak atau non cetak (dengan memenuhi kaidah dan etika . ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati. Artikel ilmiah diangkat dari hasil pem

pedoman pelaksanaan kegiatan lomba karya tulis ilmiah mahasiswa nasional badan eksekutif mahasiswa keluarga besar mahasiswa universitas pakuan format halaman pengesahan halaman pengesahan lomba karya tulis ilmiah mahasiswa tingkat nasional universitas pakuan 2015 1. judul karya : 2

Introduction to Digital Logic with Laboratory Exercises 6 A Global Text. This book is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License Preface This lab manual provides an introduction to digital logic, starting with simple gates and building up to state machines. Students should have a solid understanding of algebra as well as a rudimentary understanding of basic electricity including .