BUKU PEDOMAN PENDIDIKAN DOKTOR PSIKOLOGI

2y ago
69 Views
10 Downloads
1.27 MB
55 Pages
Last View : 1m ago
Last Download : 1m ago
Upload by : Evelyn Loftin
Transcription

BUKU PEDOMAN PENDIDIKANDOKTOR PSIKOLOGIFAKULTAS PSIKOLOGIUNIVERSITAS AIRLANGGA2010Buku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi1 dari 55 hlm.

KATA PENGANTARDEKAN FAKULTAS PSIKOLOGIDengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,maka telah dapat diterbitkan Buku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi,Program Pascasarjana Universitas Airlangga dan Fakultas PsikologiUniversitas Airlangga Tahun 2011, yang selanjutnya disebut dengan BukuPedoman Pendidikan Doktor Psikologi.Buku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi ini disusun dengan tujuan agardapat memberikan gambaran menyeluruh bagi mahasiswa dan dosen,serta masyarakat luas tentang Program Pendidikan Doktor Psikologi diUniversitas Airlangga, yang meliputi tujuan pendidikan, struktur kurikulumdan deskripsi matakuliah, serta proses pendidikan sampai penyelesaiandisertasi. Secara lebih khusus, buku ini diharapkan akan menjadi peganganutama bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri, mengikuti, danmenyelesaikan pendidikannya dengan baik.Buku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi ini telah disusun sebaikbaiknya, namun demikian, sebagaimana pepatah mengatakan tiada gadingyang tak retak, demikian pula buku ini, tidak luput dari berbagaikekurangan yang masih perlu disempurnakan di masa datang.Demikianlah, teriring harapan semoga Buku Pedoman Pendidikan DoktorPsikologi ini dapat digunakan sebaik mungkin dan bermanfaat adanya.Surabaya, Agustus 2010Dekan,Dr. Seger HandoyoNIP. 196702161991031001Buku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi2 dari 55 hlm.

KATA PENGANTARDIREKTUR PROGRAM PASCASARJANABuku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi ini akan melengkapi PeraturanPendidikan Program Doktor Program Pascasarjana Universitas Airlangga,sehingga mahasiswa akan dapat memahami lebih baik proses pendidikandan peraturan-peraturan yang berlaku. Dengan demikian, mahasiswadiharapkan akan dapat menjalani proses pendidikannya dengan sebaikbaiknya.Mahasiswa diharapkan membaca dengan baik Peraturan PendidikanProgram Doktor dan Buku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi.Peraturan Pendidikan Program Doktor mengatur tentang proses belajarmengajar yang perlu diikuti demi kelancaran dan keberhasilan PesertaDidik. Selain itu mahasiswa juga diharuskan membaca dan mentaatiPeraturan Universitas Airlangga Nomor 4537/J03/T/1999 tentang EtikaAkademik Universitas Airlangga.Semoga Buku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi ini dapat berfungsisebagaimana yang diharapkan dalam mencapai tujuan Pendidikan DoktorPsikologi di Universitas Airlangga.Surabaya, Agustus 2010Direktur,Prof. Dr. Hj. Sri Hajati, SH., MSNIP. 130517146Buku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi3 dari 55 hlm.

PENDAHULUANPendidikan Doktor Psikologi di Universitas Airlangga ditetapkanberdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Airlangga Nomor93/H3/KR/2010 Penetapan oleh Rektor ini sesuai dengan Anggaran dasardan Anggaran Rumah Tangga Universitas Airlangga yang tertuang dalamPeraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 30 tahun 2006.Pada saat ini proses administrasi pengelolaan pendidikan Doktor Psikologiberada di Program Pascasarjana Universitas Airlangga, namun pengelolaanakademik yang meliputi penentuan kurikulum, kegiatan perkuliahan, dankegiatan akademik lainnya dilaksanakan oleh Fakultas Psikologi UniversitasAirlangga.Proses Pendidikan Doktor Psikologi di Fakultas Psikologi UniversitasAirlangga memiliki kekhasan dengan sistem yang kami sebut dengan“sistem mengalir dan mengembangkan”. Dua fokus pendidikan kita dalamsistem tersebut adalah (1) pengembangan konsep dan pengetahuan, sertakemampuan riset, (2) penyelesaian disertasi tepat waktu. Dengan sistemini diharapkan mehasiswa mempunyai konsep dan pengetahuan yang baikdalam bidang konsentrasinya, memiliki kemampuan yang tinggi dalammelakukan penelitian, serta dapat menyelesaikan disertasinya dalamwaktu 3 tahun.Buku pedoman Pendidikan Doktor Psikologi ini pun disusun sedemikianrupa mengikuti alur penulisan disertasi dengan acuan utama PeraturanPendidikan Program Doktor yang diterbitkan oleh Program PascasarjanaUniversitas Airlangga. Semoga buku ini dapat memberikan pedomankepada mahasiswa untuk memandu proses pendidikannya, sehinggaproses studi berjalan dengan lancar, dapat menyelesaikan studi tepatwaktu, dan memiliki pengetahuan yang sesuai sebagai Calon Doktor dansebagai doktor nantinya.VISI FAKULTAS PSIKOLOGIMenjadi salah satu Fakultas Psikologi yang mandiri, inovatif, terkemuka ditingkat nasional maupun internasional, pelopor pengembangan ilmu danteknologi berbasis Psikologi berdasarkan moral agama.Buku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi4 dari 55 hlm.

VISI PENDIDIKAN DOKTOR PSIKOLOGIMenjadi pusat pendidikan Doktor yang mandiri, inovatif, terkemuka ditingkat regional dan internasional, pelopor pengembangan ilmupengetahuan, teknologi, humaniora dan seni berdasarkan moral agama.MISI FAKULTAS PSIKOLOGIFakultas Psikologi Universitas Airlangga mempunyai misi untuk:1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional psikologiberbasis metode pembelajaran modern.2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan di bidang psikologiyang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan danpengabdian pada masyarakat.3. Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang psikologi kepada masyarakat.4. Mengupayakan kemandirian dalam pelaksanaan tri dharmapendidikan tinggi melalui pengembangan kelembagaan manajemenmodern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing.MISI PENDIDIKAN DOKTOR PSIKOLOGI1.2.3.4.Menghasilkan lulusan Doktor yang berilmu, memiliki kemampuanakademik tinggi, kreatif, dinamis, profesional dan berdaya saing tinggi.Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan dan penelitian kebijakanyang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan danpengabdian kepada masyarakat.Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu, teknologi,humaniora dan seni kepada masyarakat.Mengupayakan kemandirian dalam pelaksanaan Tri DharmaPerguruan Tinggi melalui pengembangan kelembagaan manajemenyang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing secarainternasional.Buku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi5 dari 55 hlm.

TUJUAN FAKULTAS PSIKOLOGIBerdasarkan visi dan misi tersebut di atas, Fakultas Psikologi UniversitasAirlangga menetapkan tujuan sebagai berikut:1. Menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu mengembangkan ilmupengetahuan serta dapat bersaing di pasar internasional berdasarkanmoral agama.2. Menghasilkan penelitian psikologi yang inovatif untuk mendorongpengembangan ilmu pengetahuan dalam skala nasional maupuninternasional.3. Menghasilkan pengabdian masyarakat untuk memberdayakanmasyarakat agar mampu menyelesaikan masalah secara mandiri danberkelanjutan.4. Membantu mewujutkan kemadirian universitas yang adaptif, kreatif,proaktif terhadap tuntutan perkembangan lingkungan yang strategis.TUJUAN PENDIDIKAN DOKTOR PSIKOLOGIKepmendiknas No. 232/U/2000 menyatakan bahwa Program PendidikanDoktor diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kompetensi sebagaiberikut:1. Mampu mengembangkan ilmu di dalam bidang keahliannya melaluipenelitian.2. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan program penelitian.3. Mampu menggunakan pendekatan interdisipliner dalam berkarya dibidang keahliannya.Sementara itu, Kolokium Psikologi Indonesia menetapkan bahwa tujuanPendidikan Doktor Psikologi adalah:1. Mampu mengembangkan konsep baru dalam bidang ilmu atauprofesinya melalui penelitian.2. Mampu melaksanakan, mengorganisasikan dan memimpin programpenelitian.3. Mampu melaksanakan pendekatan ilmiah dalam disiplinnya yangdapat ditopang secara interdisipliner dalam penerapan keahliannyasecara profesional.4. Mampu melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ataumenemukan konsep-konsep atau model-model atau teori baru untukkesejahteraan umat manusia.Buku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi6 dari 55 hlm.

5.Mampu mengenali, mengamati, melakukan penalaran ilmiah untukmemperoleh pemecahan masalah yang baru dapat dalam bidangPsikologi dengan memperhatikan etika keilmuan.KOMPETENSI LULUSANLulusan Program Pendidikan Doktor Psikologi Fakultas Psikologi UniversitasAirlangga diharapkan memiliki standar kualifikasi yang mencakup sikap,pengetahuan, dan keterampilan yang terangkum dalam 5 (lima)kompetensi berikut:1. Kemampuan penguasaan konsep dan teori yang mendasari bangunanilmu psikologi (Knowledge Base of Psychology Competence).2. Kemampuan bersikap ilmiah dan kritis terhadap disiplin ilmu psikologidan realitas sosial untuk memperoleh pemecahan masalah yang barudapat dalam bidang psikologi (Critical Thinking and Application ofPsychology Competence).3. Kemampuan mengorganisasi dan melakukan penelitian untukmengembangkan atau menemukan konsep-konsep atau model-modelatau teori baru dalam bidang psikologi untuk kesejahteraan umatmanusia (Research Competence).4. Kemampuan mengkomunikasikan gagasan dan pemikiran secarailmiah baik lisan ataupun tertulis (Communication Competence).5. Kemampuan menerapkan kode etik psikologi dan penghargaanterhadap nilai-nilai kemanusiaan universal (Value in PsychologyCompetence).Buku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi7 dari 55 hlm.

STRUKTUR KURIKULUMSEMESTER G701Logika dan Metode SainsStatistik LanjutFilsafat Ilmu Psikologi dan Penelitian Psikologi2244.PSG708Sejarah dan Aliran Psikologi3WajibWajibWajibWajib untuk kelompoktidak sebidangSEMESTER 2Terdiri dari matakuliah penunjang desertasi, dimana mahasiswa wajibmemilih 3 (tiga) matakuliah atau setara 6 (enam) sks sesuai SS752PSS753PSS754PSS755Psikologi Klinis Anak dan RemajaPsikologi Klinis KomunitasStres dan KecemasanPsikologi Keluarga dan PerkawinanPsikologi KesehatanPsikologi PersonnelPerilaku OrganisasiKepemimpinan dan ManajemenAnalisis OrganisasiPengembangan OrganisasiPerkembangan dan Pendidikan Anak Berkebutuhan KhususPerkembangan dan Pendidikan Anak Usia DiniKognisi dan Motivasi Dalam Proses BelajarEvaluasi dan Pengukuran PendidikanPembelajaran, Pengajaran, dan PengembanganSelf dan IdentitasKognisi Sosial dan SikapMotivasi dan Self-regulationKepribadian dan Perilaku SosialProses Kelompok dan Hubungan Antar-kelompokBuku Pedoman Pendidikan Doktor PsikologiKETERANGANKonsentrasiPsikologi KlinisKonsentrasiPsikologi Industridan Organisasi2222222222KonsentrasiPsikologi Pendidikandan PerkembanganKonsentrasiPsikologi Sosial8 dari 55 hlm.

Berikut adalah matakuliah wajib untuk kelompok tidak sebidang, dimanamahasiswa yang dari latar belakang ilmu yang tidak sebidang wajibmenambahkan satu matakuliah atau setara 6 (enam) sks sesuai 07Psikologi Sosial626.PSI707Psikologi Industri dan Organisasi627.PSP707Psikologi Pendidikan dan Perkembangan628.PSK707Psikologi Klinis6KETERANGANWajib untuk kelompoktidak sebidangWajib untuk kelompoktidak sebidangWajib untuk kelompoktidak sebidangWajib untuk kelompoktidak sebidangSEMESTER 3NOKODE29.PSG702MATAKULIAHSeminar dan Penelitian Disertasi ISKSKETERANGAN6WajibSEMESTER ngukuran Psikologi dan Validasi KonstrukSeminar dan Penelitian Disertasi TERANGAN43WajibWajibSEMESTER is Data KuantitatifAnalisis Data KualitatifSeminar dan Penelitian Disertasi IIISEMESTER 6NOKODE35.36.PSG706PSG707MATAKULIAHSeminar dan Penelitian Disertasi IVSeminar dan Penelitian Disertasi VBuku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi9 dari 55 hlm.

Beban dan Waktu PendidikanBeban studi pendidikan ini berbeda-beda tergantung pada latar belakangpendidikan magister (S2) dari peserta program doktor, yaitu: Minimal 43 sks bagi peserta yang berpendidikan Sarjana Psikologi danMagister Sains Psikologi, Magister Terapan Psikologi, atau MagisterProfesi Psikologi. Minimal 52 sks bagi peserta yang berpendidikan Sarjana Psikologi danMagister (S2) Non-psikologi.Peserta Pendidikan Doktor Psikologi Fakultas Psikologi UniversitasAirlangga memiliki kesempatan yang sama untuk dapat menyelesaikanprogram pendidikannya dalam waktu 6 (enam) semester, serta dapatdiperpanjang maksimal 10 (sepuluh) semester.PERKULIAHAN1.2.Proses Pendidikan Doktor Psikologi di Fakultas Psikologi UniversitasAirlangga memiliki kekhasan dengan sistem yang kami sebut dengan“sistem mengalir dan mengembangkan”. Dua fokus pendidikan dalamsistem tersebut adalah (1) pengembangan konsep dan pengetahuan,serta kemampuan riset; dan (2) penyelesaian disertasi tepat waktu.Dengan sistem ini mahasiswa diharapkan mempunyai konsep danpengetahuan yang baik dalam bidang konsentrasinya, memilikikemampuan yang tinggi dalam melakukan penelitian, serta dapatmenyelesaikan disertasinya dalam waktu 3 (tiga) tahun.Perkuliahan diselenggarakan dengan sistem kuliah tatap muka,seminar, studi mandiri dan komunikasi ilmiah, penelitian danpenulisan karya ilmiah.a. Perkuliahan tatap muka di kelas dilaksanakan pada hari berikut: Jumat, pkl. 14.00-20.00 WIB Sabtu, pkl. 09.00-15.00 WIBb. Seminar, studi mandiri dan komunikasi ilmiah, penelitian danpenulisan karya ilmiah, untuk kepentingan perkuliahan maupunproses penyusunan disertasi, dapat berlangsung di luar jadualperkuliahan diatas.c. Diskusi kelompok terstruktur dilakukan selama 2 (dua) kali padasemester I dan II dengan tujuan memfasilitasi mahasiswa untuk (1)menemukan dan merumuskan permasalahan penelitian disertasi ;(2) menyusun kerangka konseptual sebagai landasan teori dalamBuku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi10 dari 55 hlm.

3.4.5.membangun hipotesis; dan (3) menyusun desain dan metodepenelitian yang tepat untuk permasalahan penelitian disertasi.d. Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan tatap muka yangdijadwalkan minimal 75%, Mahasiswa kehilangan hak untukdilakukan evaluasi belajarnya dan akan mendapatkan nilai E untukmatakuliah tersebut apabila kehadiran perkuliahan kurang dari 75%.e. Mahasiswa wajib mengikuti kegiatan seminar dan melaksanakanstudi mandiri dan komunikasi ilmiah, serta penelitian danpenulisan karya ilmiah, dan juga diskusi kelompok terstruktur,f. Mahasiswa dapat meminta ijin ketidakhadiran dalam kegiatanperkuliahan tatap muka, seminar, dan kegiatan lainnya yangdilaksanakan oleh program studi kepada Ketua Program Studi bilasakit, melaksanakan tugas fakultas/universitas, atau tugas lainnya.Evaluasi belajar mahasiswa dilakukan melalui ujian-ujian dan seminarberikut ini:a. Laporan tugas, review jurnal, dan ujian perkuliahan yangdiselenggarakan secara tertulis dan terjadwal.b. Ujian Kualifikasi.c. Ujian Proposal Penelitian Disertasi.d. Seminar Instrumen Pengumpulan Data.e. Penilaian Kelayakan Naskah Disertasi.f. Ujian Tertutup.g. Ujian Terbuka.Sebelum mahasiswa memperoleh status Calon Doktor dan mendapatkan Promotor serta Ko-Promotor, sejak semester pertama mahasiswamempunyai seorang dosen penasihat akademik. Dosen penasihatakademik bertugas untuk mendampingi mahasiswa dalam mengikutipendidikan sampai menempuh ujian kualifikasi untuk mendapatkanstatus Calon Doktor.Seluruh mahasiswa harus mentatati peraturan, norma, dan etikaakademik yang berlaku di Universitas Airlangga dan melaksanakanpenelitian dengan kaidah penelitian ilmiah dan menjunjung tinggi etikapenelitian.BATAS WAKTU STUDI DAN CUTI AKADEMIKPendidikan Doktor Psikologi harus diselesaikan selambat-lambatnya 10semester. Masa studi tidak diperhitungkan bila mahasiswa secara sah telahdiijinkan oleh rektor untuk jangka waktu tertentu tidak mengikuti kegiatanBuku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi11 dari 55 hlm.

akadmeik (cuti akademik). Mahasiswa dinyatakan harus meninggalkanstudinya apabila tidak dapat menyelesaikan pendidikannya dalam jangkawaktu yang telah ditentukan tersebut. Keputusan pemberhentian studiditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor.Cuti akademik hanya dapat diberikan kepada mahasiswa yang telahmengikuti pendidikan minimal 2 (dua) semester berturut-turut. Cutiakademik maksimum 2 (dua) semester selama seluruh waktu pendidikannya. Pada saat cuti akademik mahasiswa tetap diwajibkan membayar biayapendidikan selama cuti akademik.UJIAN KUALIFIKASIUjian kualifikasi adalah ujian komprehensif yang wajib ditempuhmahasiswa untuk memperoleh status Calon Doktor. Ujian ini dapatdilaksanakan pada semester II dan selambat-lambatnya pada awalsemester IV, dengan syarat mahasiswa telah lulus semua matakuliah padasemester I dan semester II dengan nilai minimal B.Ujian kualifikasi diusulkan oleh dosen penasihat akademik dengan mengisiformat Usulan Ujian Kualifikasi.Materi ujian kualifikasi meliputi:1. Penguasaan metodologi penelitian di bidang ilmunya;2. Penguasaan materi (teori, substansi) bidang atau disiplin ilmunya, baikyang bersifat dasar maupun khusus;3. Kemampuan penalaran, termasuk kemampuan untuk mengadakanabstraksi dan ekstrapolasi; dan4. Kemampuan sistematisasi dan perumusan hasil pemikiran.Mahasiswa dinyatakan lulus ujian kualifikasi apabila memperoleh nilaiminimal B. Bagi mahasiswa yang belum lulus pada kesempatan pertama,mahasiswa diberi kesempatan mengikuti ujian perbaikan 1 (satu) kali,selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sesudah ujian kualifikasi pertama.Mahasiswa yang tetap tidak lulus pada ujian perbaikan tersebut dinyatakangagal studi dan tidak dapat melanjutkan pendidikannya.Buku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi12 dari 55 hlm.

UJIAN PROPOSAL PENELITIAN DISERTASIUjian proposal penelitian disertasi adalah ujian penilaian kelayakan usulanpenelitian disertasi sebagai bagian dari penilaian matakuliah Seminar danPenelitian Disertasi I. Ujian ini dapat dilaksanakan pada semester III danselambat-lambatnya pada akhir semester V, dengan syarat mahasiswatelah lulus ujian kualifikasi dan telah menyelesaikan penyusunan proposalpenelitian disertasi yang disetujui oleh Promotor dan Ko-Promotor sertamemiliki skor TOEFL/ELPT minimal 500.Ujian proposal penelitian disertasi diusulkan oleh Calon Doktor denganmengisi format Ujian Proposal Penelitian Disertasi.Materi penilaian ujian proposal penelitian disertasi mencakup:1. Masalah yang akan diteliti (didahului oleh kerangka konseptual);2. Tujuan penelitian;3. Kerangka penulisan;4. Pendekatan dan metodologi;5. Kepustakaan; dan6. Fisibilitas pelaksanaan penelitian.Hasil ujian proposal penelitian disertasi menyatakan usulan penelitianditerima (dengan atau tanpa perbaikan) atau usulan penelitian ditolak.Dalam hal usulan penelitian disertasi dinyatakan ditolak, maka mahasiswadiberi kesempatan 1 (satu) kali mengikuti penilaian kedua dengan bataswaktu selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan setelah penilaian yang pertama.Apabila setelah 3 (tiga) bulan dari penilaian pertama, mahasiswa tidakmenyerahkan kembali proposal penelitian disertasi revisi, maka usulanpenelitian disertasi dinyatakan batal atau ditolak dan mahasiswa yangbersangkutan dinyatakan gagal studi. Apabila pada penilaian kedua, usulanpenelitian disertasi tetap dinyatakan ditolak, maka mahasiswa yangbersangkutan dinyatakan gagal studi.Usulan penelitian yang dinyatakan diterima pada ujian proposal penelitian,naskah proposal yang telah direvisi harus diserahkan ke Ketua ProgramStudi selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sejak ujian terakhir. Naskahproposal yang dikumpulkan harus telah mendapatkan persetujuan dariPromotor dan Ko-Promotor serta mengetahui Ketua Program Studi.Naskah proposal tersebut harus dipergunakan sebagai acuan dalammelaksanakan penelitian dan dalam penyusunan disertasi. PerubahanBuku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi13 dari 55 hlm.

naskah proposal harus mendapatkan persetujuan tertulis Promotor danKo-Promotor.Naskah proposal wajib dibawa oleh Calon Doktor pada setiap konsultasidengan Promotor dan Ko-Promotor serta pada saat mengikuti Ujian HasilPenelitian dan Ujian Tertutup.PEMANTAUAN PERKEMBANGAN PENULISAN DISERTASICalon Doktor diwajibkan untuk memberikan laporan tertulis kepada KetuaProgram Studi setiap akhir semester. Laporan tertulis tersebut harusdisetujui dan ditandatangani oleh Promotor dan Ko-Promotor denganmengguna

KATA PENGANTAR DEKAN FAKULTAS PSIKOLOGI Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, maka telah dapat diterbitkan Buku Pedoman Pendidikan Doktor Psikologi, . PSC721 Psikologi Klinis Anak dan Remaja 2 Konsentrasi Psikologi Klinis 6. PSC722 Psikologi Klinis Komunitas 2 7. PSC723 Stres dan Kecemasan 2 8. PSC724 Psikologi .

Related Documents:

Buku Psikologi Sastra ini berisikan tentang (1) studi psikologi dalam studi sastra, (2) psikologi kepribadian, (3) psikologi sosial, (4) psikologi perkembangan, (5) psikologi komunitas, (6) psikologi konsumerisme, (7) psikologi ekologi, dan (8) teknik penyusunan proposal peneliti

dan Aplikasi Laser Universitas Indonesia. Program Doktor Teknik Mesin dibuka pada tahun 2006, diikuti Program Doktor Teknik Metalurgi dan Material serta Teknik Kimia pada tahun 2007. Pada tahun 2009 dibuka Program Doktor Arsitektur. Sedangkan Teknik Industri membuka program doktor pada tahun 2014. Program Pendidikan Doktor di FTUI dilaksanakan

psikologi dan sastra, juga di bagian mana kedua disiplin ilmu itu akan bertemu, sehingga melahirkan pedekatan atau tipe kritik sastra yang disebut psikologi sastra. B. Hubungan antara Psikologi dan Sastra 1. Psikologi Sebelum menguraikan hubungan antara psikologi dan sastra, yang melahirkan pendekatan psikologi sastra,

Pengantar Psikologi : . Cabang dari psikologi yang perhatiannya tertuju pada penyelidikan perilaku dalam setting kerja dan penerapan prinsip-2 psikologi utk mengubah perilaku kerja tersebut Psikologi Industri & organisasi : . Psikologi klinis . Psikologi Industri dan Organisasi

psikologi sosial. Tahun 1970 dan 1980-an merupakan puncak masa pendewasaan psikologi sosial. Ragam topik penelitiannya meluas. Misalnya, kita temui atri- busi, sikap, perbedaan gender, psikologi lingkungan, psikologi massa, psikologi

Kesehatan Mental dan Psikologi Abnormal 14 7. Kewarganegaraan 6 8. Kode Etik Psikologi 7 9. Konstruksi Alat Ukur Psikologi 14 10. Metode Studi Quran dan Hadits 5 11. . Pengantar Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja 2 20. Psikologi Industri dan Organisasi 14 21. Psikologi Anak Berke

Pengantar Psikologi Eksperimen PT21203 Psikologi Fisiologi (9 Jam Kredit) PT31503 Psikologi Abnormal PT31703 Ujian dan Pengukuran Psikologi (6 Jam Kredit) PT31603 Psikologi Sosial PT31803 Psikologi Pembelajaran & Kog

1) General characters, structure, reproduction and classification of algae (Fritsch) 2) Cyanobacteria : General characters, cell structure their significance as biofertilizers with special reference to Oscillatoria, Nostoc and Anabaena.