PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI DAN SISTEM INFORMASI (PELITA .

3y ago
51 Views
2 Downloads
3.01 MB
92 Pages
Last View : 4d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Adalynn Cowell
Transcription

PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI DAN SISTEM INFORMASIMANAJEMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSANMANAJEMEN PADA PT. PELITA ARMADA INDONESIA(PELITA RENT CAR)SKRIPSIOleh :EVAN EFFRAIN158320169PROGRAM STUDI MANAJEMENFAKULTAS EKONOMI & BISNISUNIVERSITAS MEDAN AREA2019UNIVERSITAS MEDAN ------ Hak Cipta Di Lindungi ---------------1. Dilarang Mengutip sebagian atau seluruh dokumen ini tanpa mencantumkan sumber2. Pengutipan hanya untuk keperluan pendidikan, penelitian dan penulisan karya ilmiah3. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh karya ini dalam bentuk apapun tanpa izin Universitas Medan AreaDocument Accepted 11/4/19Access From (repository.uma.ac.id)

UNIVERSITAS MEDAN ------ Hak Cipta Di Lindungi ---------------1. Dilarang Mengutip sebagian atau seluruh dokumen ini tanpa mencantumkan sumber2. Pengutipan hanya untuk keperluan pendidikan, penelitian dan penulisan karya ilmiah3. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh karya ini dalam bentuk apapun tanpa izin Universitas Medan AreaDocument Accepted 11/4/19Access From (repository.uma.ac.id)

UNIVERSITAS MEDAN ------ Hak Cipta Di Lindungi ---------------1. Dilarang Mengutip sebagian atau seluruh dokumen ini tanpa mencantumkan sumber2. Pengutipan hanya untuk keperluan pendidikan, penelitian dan penulisan karya ilmiah3. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh karya ini dalam bentuk apapun tanpa izin Universitas Medan AreaDocument Accepted 11/4/19Access From (repository.uma.ac.id)

UNIVERSITAS MEDAN ------ Hak Cipta Di Lindungi ---------------1. Dilarang Mengutip sebagian atau seluruh dokumen ini tanpa mencantumkan sumber2. Pengutipan hanya untuk keperluan pendidikan, penelitian dan penulisan karya ilmiah3. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh karya ini dalam bentuk apapun tanpa izin Universitas Medan AreaDocument Accepted 11/4/19Access From (repository.uma.ac.id)

ABSTRAKPENGARUH STRUKTUR ORGANISASI DAN SISTEM INFORMASIM ANAJEMEN TERHADAP PENGAM BILAN KEP UTUSANMANAJEMEN PADA PT. PELITA ARMADA INDONESIA(PELITA RENT CAR)Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh struktur organisasidan sistem informasi manajemen terhadap pengambilan keputusan manajemen padaPT. Pelita Armada Indonesia (Pelita Rent Car). Penelitian ini menggunakan metodepenelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancaramendalam, kepustakaan, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan datamenggunakan triangulasi dengan cara mengecek derajat kepercayaan hasilwawancara dengan derajat kepercayaan sumber data. Subjek dari penelitian ini adalahManajer Operasional PT. Pelita Armada Indonesia (Pelita Rent Car). Sisteminformasi manajemen yang digunakan pada PT. Pelita Armada (Pelita Rent Car)adalah Sistem Informasi Kepegawaian, Keuangan dan Aktiva yang berperan sebagailatar belakang perolehan informasi untuk pengambilan keputusan bagi Direktursebagai pimpinan tertinggi yang menjadi eksekutor untuk setiap keputusan yang akandiambil. Hasil penelitian ini diketahui bahwa sistem informasi manajemen yangdigunakan berperan sangat penting untuk operasional perusahaan. Struktur organisasiyang diterapkan sesuai dengan peraturan perusahaan. Pengambilan keputusan akhiradalah Direktur dan seluruh pegawai menerima setiap keputusan yang dibuat.Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen, Struktur Organisasi, PengambilanKeputusanUNIVERSITAS MEDAN ------i Hak Cipta Di Lindungi ---------------1. Dilarang Mengutip sebagian atau seluruh dokumen ini tanpa mencantumkan sumber2. Pengutipan hanya untuk keperluan pendidikan, penelitian dan penulisan karya ilmiah3. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh karya ini dalam bentuk apapun tanpa izin Universitas Medan AreaDocument Accepted 11/4/19Access From (repository.uma.ac.id)

ABSTRACTTHE EFFECT OF ORGANIZATIONAL STRUCTURE AND MANAGEMENTINFORMATION SYSTEM ON MANAGEMENT DECISION MAKING INPT. PELITA ARMADA INDONESIA (PELITA RENT CAR)This research intends to determine about how decision making at PT. PelitaArmada Indonesia (Pelita Rent Car) based on information system and organizationalstructure inside. This research used qualitative-descriptive research methods, datacollection techniques used are in of the data using triangulation by checking thedegree of trust in the results of interviews with the degree of the data source. Thesubject of this research is Manager Operational of PT. Pelita Armada Indonesia(Pelita Rent Car). Management information system that is used at the PT. PelitaArmada Indonesia (Pelita Rent Car) is Employeement, Finance and AssestInformation System, which acts as a background acquisition of information for theDirectur as a supreme leader who stand as an executer for any decision needed to betaken. Results of this research is that as a managent information system that is usedhas a very important role for the companys operational. The organizational structureimplemented in accordance with company regulations.Keyword: Management information system, organization structure, decision makingUNIVERSITAS MEDAN ------ii Hak Cipta Di Lindungi ---------------1. Dilarang Mengutip sebagian atau seluruh dokumen ini tanpa mencantumkan sumber2. Pengutipan hanya untuk keperluan pendidikan, penelitian dan penulisan karya ilmiah3. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh karya ini dalam bentuk apapun tanpa izin Universitas Medan AreaDocument Accepted 11/4/19Access From (repository.uma.ac.id)

KATA PENGANTARPuji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkatnya yangberlimpah kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsiini sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi JurusanManajemen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area denganjudul “Pengaruh Struktur Organisasi dan Sistem Informasi Manajemen TerhadapPengambilan Keputusan Manajemen Pada PT. Pelita Armada Indonesia (PelitaRent Car)”.Selama penyusunan skripsi ini, penulis telah banyak mendapat bantuan,bimbingan, motivasi, saran, kritik dan doa dari berbagai pihak. Skripsi ini penelitipersembahkan untuk Orang tua penulis : Baginda Nurdin Marpaung (Ayah) ErlinaSaragih (Ibu) yang selalu memberikan semangat, motivasi, nasehat, doa danmencukupi segala kebutuhan materi dan non materi dalam proses pembuatanskripsi ini. Kepada Abang dan Adik saya Pangeran Chasero Marpaung & ElshaIsren Marpaung, yang selalu menjadi teman pelipur jenuh. Penulis juga inginmenyampaikan terima kasih kepada :1. Bapak Prof. Dr. Dadan Ramdan, M.Eng, M.Sc Selaku Rektor UniversitasMedan Area,2. Bapak Dr. Ihsan Effendi, SE, M.Si Selaku Dekan Fakultas Ekonomi danBisnis Universitas Medan Area.3. Bapak Hery Syahrial SE, M.Si Selaku Wakil Dekan I Fakultas Ekonomidan Bisnis Universitas Medan Area.4. Bapak Teddy Pribadi SE, M.Si Selaku Ketua Program Studi ManajemenFakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area.UNIVERSITAS MEDAN ------iii Hak Cipta Di Lindungi ---------------1. Dilarang Mengutip sebagian atau seluruh dokumen ini tanpa mencantumkan sumber2. Pengutipan hanya untuk keperluan pendidikan, penelitian dan penulisan karya ilmiah3. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh karya ini dalam bentuk apapun tanpa izin Universitas Medan AreaDocument Accepted 11/4/19Access From (repository.uma.ac.id)

5. Bapak H. Amrin Mulia U, Nst, SE, MM Selaku Dosen Pembimbing I yangbersedia meluangkan waktunya untuk membimbing penulis dan banyakmemberikan masukan-masukan yang berharga dalam penyelesaian skripsiini.6. Ibu Hesti Sabrina, SE, M.Si Selaku Dosen Pembimbing II yang nbanyakmemberikan masukan-masukan yang berharga dalam penyelesaian skripsiini.7. Ibu Gadiesya Mahalanie ,SE, M.Si Selaku Sekretaris yang bersediameluangkan waktunya untuk menghadiri Seminar Proposal dan SidangMeja Hiaju.8. Seluruh Dosen, Staff Pengajar Universitas Medan Area yang telah banyakmemberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.9. Pimpinan, Staff dan Karyawan PT. Pelita Armada Indonesia (Pelita RentCar) Medan yang telah banyak membantu penulis dalam memberikan datadan informasi yang diperlukan dalam penyelesaian skripsi ini.10. Sahabat dan Teman – Teman seperjuangkanku Manajemen ’15 Malamgajil dan Genap, terimakasih atas kesetiaan dan bantuannya kepada penulisselama dalam masa studi starata I11. Seluruh Pihak yang terlibat dalam penyelesaian Skripsi ini yang tidakdapat disebutkan satu persatu.Penulis pun menyadari bahwa dalam penyusunan skripsi ini masih jauh darikata sempurna. Oleh karena itu, Penulis pun bersedia dalam menerima segalakritikan dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan penulisUNIVERSITAS MEDAN ------iv Hak Cipta Di Lindungi ---------------1. Dilarang Mengutip sebagian atau seluruh dokumen ini tanpa mencantumkan sumber2. Pengutipan hanya untuk keperluan pendidikan, penelitian dan penulisan karya ilmiah3. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh karya ini dalam bentuk apapun tanpa izin Universitas Medan AreaDocument Accepted 11/4/19Access From (repository.uma.ac.id)

skripsi ini, sera bermanfaat bagi penulis, pembaca, dan penelitian yangselanjutnyaTerima kasihMedan,Februari 2019Evan Effrain Marpaung158320169UNIVERSITAS MEDAN ------v Hak Cipta Di Lindungi ---------------1. Dilarang Mengutip sebagian atau seluruh dokumen ini tanpa mencantumkan sumber2. Pengutipan hanya untuk keperluan pendidikan, penelitian dan penulisan karya ilmiah3. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh karya ini dalam bentuk apapun tanpa izin Universitas Medan AreaDocument Accepted 11/4/19Access From (repository.uma.ac.id)

DAFTAR ISIHalamanABSTRAK .iABSTRACT .iiKATA PENGANTAR .iiiDAFTAR ISI .viDAFTAR TABEL .viiiDAFTAR GAMBAR .ixBAB 1.PENDAHULUAN .11.1. Latar Belakang Masalah .11.2. Perumusan Masalah.61.3. Tujuan Penelitian.61.4. Manfaat Penelitian.7BAB II.TINJAUAN PUSTAKA .92.1. Struktur Organisasi .92.1.1. Pengertian Struktur Organisasi .92.1.2. Faktor Pembentukan Struktur Organisasi .102.1.3. Bentuk Bentuk Struktur Organisasi .112.1.4. Sentralisasi dan Desentralisasi .122.1.5. Indikator Struktur Organisasi .142.2 Sistem Informasi Manajemen .162.2.1. Pengertian Sistem Informasi manajemen .162.2.2. Peran dan Fungsi Sistem Informasi Manajemen .172.2.3. Tujuan Sistem Informasi Manajemen .192.2.4. Indikator Sistem Informasi Manajemen .202.3. Pengambilan Keputusan .222.3.1. Pengertian Pengambilan Keputusan .222.3.2. Langkah Langkah Pengambilan Keputusan .232.3.3. Model Pengambilan Keputusan .252.3.4. Gaya Pengambilan Keputusan .272.3.5. Jenis Jenis Pengambilan Keputusan .282.3.6. Indikator Pengambilan Keputusan .302.4. Penelitian Terdahulu .322.5. Kerangka Pemikiran .332.6. Hipotesis .36BAB III.METODE PENELITIAN .373.1. Jenis Penelitian .373.2. Tempat dan Waktu Penelitian .373.3. Populasi dan Sampel .383.3.1. Populasi .383.3.2. Sampel .393.4. Defenisi Operasional Variabel .393.4.1. Variabel Terikat (Dependent Variable) .39UNIVERSITAS MEDAN ------vi Hak Cipta Di Lindungi ---------------1. Dilarang Mengutip sebagian atau seluruh dokumen ini tanpa mencantumkan sumber2. Pengutipan hanya untuk keperluan pendidikan, penelitian dan penulisan karya ilmiah3. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh karya ini dalam bentuk apapun tanpa izin Universitas Medan AreaDocument Accepted 11/4/19Access From (repository.uma.ac.id)

3.4.2. Variabel Bebas (Independent Variable) .403.5. Jenis dan Sumber Data .423.5.1. Jenis Data .423.5.2. Sumber Data .423.6. Teknik Pengumpulan data .423.7. Teknik Analisi Data .443.7.1. Analisis Deskriptif .443.7.2. Uji Validitas dan Uji Reliabilitas .44BAB IV.HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN PENELITIAN .494.1. Deskripsi Lokasi Penelitian .494.2. Profil PT. Pelita Armada Indonesia (Pelita Rent Car) .504.3. Struktur Organisasi PT. Pelita Armada Indonesia (Pelita RentCar) .524.4. Penyajian Data Responden .564.4.1. Jenis Kelamin .574.4.2. Usia Responden .574.5. Penyajian Data Angket Responden .584.6. Analisis Penelitian .634.6.1. Uji Validitas dan Reliabilitas .634.6.2. Uji Asumsi .664.6.3. Uji Hipotesis Asumsi .704.7. Pembahasan .794.7.1. Pengaruh Strukur Organisasi Terhadap PengambilanKeputusan Manajemen .794.7.2. Pengaruh Sistem Informasi Manajemen TerhadapPengambilan Keputusan Manajemen .804.7.3. Pengaru Struktur Organisasi dan Sistem InformasiManajemen Terhadap Pengambilan Keputusan .81BAB V.KESIMPULAN dan SARAN .825.1. Kesimpulan .825.2. Saran .82DAFTAR PUSTAKA .84LAMPIRAN LAMPIRANUNIVERSITAS MEDAN ------vii Hak Cipta Di Lindungi ---------------1. Dilarang Mengutip sebagian atau seluruh dokumen ini tanpa mencantumkan sumber2. Pengutipan hanya untuk keperluan pendidikan, penelitian dan penulisan karya ilmiah3. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh karya ini dalam bentuk apapun tanpa izin Universitas Medan AreaDocument Accepted 11/4/19Access From (repository.uma.ac.id)

DAFTAR TABELNo.HalamanJudulTabel 2.1. Komponen-komponen Sistem Informasi .21Tabel 2.2. Perbedaan Keputusan Terprogram dan Tidak Terprogram .29Tabel 2.3. Penelitian Terdahulu .32Tabel 3.1. Rencana Waktu Penelitian .38Tabel 3.2. Operasional Variabel .41Tabel 3.3. Parameter Skala Likert .43Tabel 4.1. Jenis Kelamin Responden .57Tabel 4.2. Usia .57Tabel 4.3. Kriteria Jawaban Responden .58Tabel 4.4. Persentase Responden Variabel (X1) .59Tabel 4.5. Persentase Responden Variabel (X2) .60Tabel 4.6. Persentase Responden Variabel (Y) .62Tabel 4.7. Hasil Validitas Struktur Organisasi .63Tabel 4.8. Hasil Validitas Sistem Informasi Manajemen .64Tabel 4.9. Hasil Validitas Pengambilan Keputusan .64Tabel 4.10. Uji Reliabilitsa Instrument .65Tabel 4.11. Coefficient .70Tabel 4.12. Regressi Linier Bergand

PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI DAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN PADA PT. PELITA ARMADA INDONESIA (PELITA RENT CAR) SKRIPSI . Oleh : EVAN EFFRAIN . 158320169 . PROGRAM STUDI MANAJEMEN . adalah Sistem Informasi Kepegawaian, Keuangan dan Aktiva yang berperan sebagai .

Related Documents:

sistem organ, kelainan dan penyakit. Sistem – sistem pada manusia dan hewan 1. Sistem pencernaan 2. Sistem ekskresi 3. Sistem pernapasan 4. Sistem peredaran darah 5. Sistem saraf dan indera 6. Sistem gerak 7. Sistem imun 8. Sistem reproduksi 9. Keterkaitan antar sistem organ dan homeostasis 10. Kelain

Variabel komitmen organisasi tidak berhasil memediasi pengaruh budaya organisasi terhadap OCB karena nilai total pengaruh tidak langsung sebesar 0.1639 0.554, dimana 0.554 adalah nilai pengaruh langsung budaya organisasi terhadap OCB. Kata Kunci: Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi

Budaya organisasi adalah sistem nilai yang menjadi pegangan bagi mereka yang terlibat dalam organisasi, menjadikan pembeda terhadap organisasi lain, serta menjadi acuan untuk mengendalikan perilaku organisasi dan perilaku anggota organisasi dalam interaksi dengan organis

dirasakan dan perilaku kewargaan organisasi menurut hasil penelitian Robbins dan Judge (2015) dukungan organisasi yang diberikan oleh perusahaan meliki pengaruh positif terhadap perilaku kewargaan organisasi. Menurut Miao (2011), menyatakan bahwa dukungan organisasi memiliki pengaruh positif terhadap kepu

budaya organisasi berpengaruh terhadap efektifitas organisasi. Budaya organisasi berperan dalam mengarahkan prilaku, memberi pengertian tujuan organisasi, dan membuat mereka berpikiran positif terhadap organisasi (Deal et al., 1982). Budaya organisasi memberikan arah dan memperk

Struktur Geologi Beberapa kenampakan dari “satelite image” DEM, pada kawasan ini dapat dikenal beberapa jenis dan pola struktur. Dari hasil penafsiran dapat di identifikasi 2 jenis struktur ; struktur cincin dan liniasi. Struktur cincin terdapat pada kawasan Cikidang, Cikotok dan G. Peti. Struktur

organisasi dan aspek dalam menyusun struktur organisasi a. Pengertian dan elemen utama SO. b. Dimensi -Dimensi SO. c. Organisasi mekanistik, organik dan birokratik d. Model dinamis struktur organisasi Ceramah, tanya jawab, kuis 3 x 50 menit a. Melalui kegiatan ceramah dan diskusi mahas iswa m

hydrate (C–S–H), ettringite, and Ca(OH) 2 through a hydration reaction in which hydration heat is produced within the concrete because of an exothermic reaction. Since the thermal cracking of concrete reduces its internal force, watertightness, and durability, an appropriate measure is required to control the heat of hydration. The factors that influence the hydration heat of concrete .