PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

3y ago
121 Views
15 Downloads
392.91 KB
7 Pages
Last View : 16d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Julia Hutchens
Transcription

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)Oleh:Laila Katriani, M.Si.Laila katriani@uny.ac.idJurusan Pendidikan FISIKA FMIPA Universitas Negeri YogyakartaMakalah disampaikan dalam PPM “Pelatihan Pembuatan PerencanaanPembelajaran IPA untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di KelasSebagai Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru SMP Se-KecamatanDanurejan, Kota Yogyakarta ”Tanggal 24 Oktober 2014JURUSAN PENDIDIKAN FISIKAFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA2014

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)PendahuluanPada kurikulum 2013 semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadappembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Ada dua proses pembelajaranyang berlangsung yaitu proses pembelajaran langsung dan proses pembelajarantidak langsung. Proses pembelajaran langsung adalah proses peserta nketerampilanpsikomotorik dengan pendekatan saintifik (Trianto, 2007). Sejalan denganpemikiran tersebut, pembelajaran sains merupakan sesuatu yang harus“dilakukan” oleh peserta didik bukan sesuatu yang dilakukan terhadapsiswasebagaimana yang dikemukakan National Research Council (1996: 20)bahwa “Learning Science is an active process. Learning science is somethingstudent to do, not something that is done to them”. Sedangkan prosespembelajaran tidak langsung adalah proses pembelajaran untuk mengembangkanmoral dan perilaku yang terkait dengan sikap. Dari fakta tersebut nampak bahwapeserta didik dituntut aktif dan dan mengoptimalkan kecerdasan maupun bakatyang dimiliki. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan pemahaman dan kemampuanberfikir peserta didik dengan pembuatan media pembelajaran berupa LKPD.PembahasanLKPD merupakan kumpulan dari lembaran yang berisikan kegiatanpeserta didik yang memungkinkan peserta didik melakukan aktivitas nyata denganobjek dan persoalan yang dipelajari. LKPD berfungsi sebagai panduan belajarpeserta didik dan juga memudahkan peserta didik dan guru melakukan kegiatanbelajar mengajar. LKPD juga dapat didefenisikan sebagai bahan ajar cetak berupalembar-lembar kertas yang berisi materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjukpelaksanaan tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik, yang mengacu padakompetensi dasar yang dicapai (Andi Prastowo, 2011: 204). Tugas-tugas yangdiberikan kepada peserta didik dapat berupa teori dan atau praktik.

Kriteria Penyusunan dan Penulisan LKPDBerikut ini merupakan kriteria penyusunan dan penulisan LKPD yangdapat dikembangkan oleh guru secara mandiri dalam pembelajaran IPA disekolah.1. Tujuan penyusunan LKPDTujuan penyusunan LKPD untuk pembelajaran adalah sebagi berikut:a. Memperkuat dan menunjang tujuan pembelajaran dan ketercapaianindikator serta kompetensi dasar dan kompetensi inti yang sesuai dengankurikulum yang berlaku.b. Membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.2. BahanBahan ajar yang digunakan untuk membantu guru dalam mempermudahproses pembelajaran harus sesui dengan kriteria sebagai berikut:a. Tersusun logis dan sistematis. Penyusunan bahan perlu menyeleksi konsepyang akan dibelajarkan dan urutan rantai kognitifnya harus diperhatikan.b. Sesuai dengan kemampuan dan tahap perkembangan peserta didik. Dalamhal ini peserta didik SMP berada dalam tahap perkembangan kognitifperalihan antara operasional konkrit ke operasional formal, sehinggamereka masih mudah untuk berfikir konkrit dan sudah mulai dapat diajakberfikir abstrak.c. Bahan ajar dapat merangsangdan memotivasi keingintahuan peserta didik.d. Bahan ajar mitahir dan memiliki kontekstualitas yang tinggi.3. MetodeMetode dalam menyusun LKPD adalah sebagai berikut:a. Memperkaya kegiatan di dalam kelas, contohnya dapat berupa kegiatandiluar kelas atau kegiatan laboratorium.b. Memotivasi peserta didik.c. Mengembangkan keterampilan proses peserta didik.d. Mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah.e. Menanamkan sikap ilmiah melalui proses pembelajaran.

4. Pertimbangan dilihat dari kepentingan peserta didikPertimbangan dalam menyusun LKPD dilihat dari kepentingan peserta didik,yaitu sebagai berikt:a. Menarik minat peserta didik.b. Atraktif dan impulsif.c. Menambah keyakinan dan rasa “berhasil” bagi peserta didik.d. Memotivasi peserta didik untuk mengetahui lebih lanjut.e. Pemilihan kosa kata dan istilah sains yang sesuai dengan tingkatperkembangan dan usia peserta didik.5. Prinsip penggunaan LKPDAdapun prinsip penggunaan LKPD adalah sebagai berikut:a. Penggunaan LKPD bukan untuk menggantikan tanggung jawab gurudalam pembelajaran, melainkan sebagai sarana untuk mempercepatpencapaian tujuan pembelajaran.b. Penggunaan LKPD sebaiknya dapat menumbuhkan minat peserta didikterhadap pembelajaran IPA melalui diskusi dan pelaksanaan langkah kerja.c. Guru sebaiknya memiliki kesiapan dalam pengelolaan kelas.Langkah-langkah Penulisan LKPDBerikut ini merupakan langkah-langkah penulisan LKPD yang dapatdikembangkan oleh guru secara mandiri dalam pembelajaran IPA di sekolah.1. Melakukan analisis kurikulum; KI, KD, indikator dan materi pembelajaran.2. Menyusun peta kebutuhan LKPD.3. Menentukan judul LKPD.4. Menulis LKPD.5. Menentukan alat penilaian.Struktur LKPD Secara UmumBerikut ini merupakan struktur LKPD secara umum yaitu:1. Judul kegiatan, Tema, Sub Tema, Kelas, dan Semester, berisi topik kegiatansesui dengan KD dan identitas kelas. Untuk LKPD dengan pendekatan inkuirimaka judul dapat berupa rumusan masalah.

2. Tujuan, tujuan belajar sesuai dengan KD.3. Alat dan bahan, jika kegiatan belajar memerlukan alat dan bahan, makadituliskan alat dan bahan yang diperlukan.4. Prosedur Kerja, berisi petunjuk kerja untuk peserta didik yang berfungsimempermudah peserta didik melakukan kegiatan belajar.5. Tabel Data, berisi tabel di mana peserta didik dapat mencatathasilpengamatan atau pengukuran. Untuk kegiatan yang tidak memerlukan databisa diganti dengan tabel/kotak kosong yang dapat digunakan peserta didikuntuk menulis, menggambar atau berhitung.6. Bahan diskusi, berisi pertanyaan-pertanyaan yang menuntun peserta didikmelakukan analisis data dan melakukan konseptualisasi.Evaluasi LKPDBerikut ini merupakan evaluasi LKPD secara umum yaitu:1. Pengetahuan.2. Keterampilan.3. Sikap.4. Produk/benda kerja sesuai kriteria standar.5. Batasan waktu yang telah ditetapkan.6. Kunci jawaban/penyelesaian.Berikut contoh secara garis besar rancangan LKPD materi “TeganganPermukaan”.Tahap InkuiriOrientasiPermasalahanPoint yang ada dalam LKPD beserta aktivitas Aktivitas siswa yang diharapkanguruReview materi sebelumnya tentang defenisi Menjawab pertanyaan tentangtegangan permukaanmateri sebelumnya.Judul Kegiatan beserta tujuannyaMengamati:Arahan kepada permasalahan yang akandipecahkanpesertadidik,contohnya Memperhatikandemonstrasidemonstrasi meletakkan jarum di permukaan meletakkan jarum di permukaan airair.dan mengajukan pertanyaanArahkan peserta didik untuk bertanya Menanya:“apakah jarum tenggelam atau terapung?”

MerumuskanHipotesisMengujiHipotesisKolom Rumusan MasalahMengemukakanpertanyaanberdasarkan demonstrasi tersebutMembimbing peserta didik berhipotesisMenalar:Kolom HipotesisBerhipotesis terhadap pertanyaanyang diajukanMembimbing peserta didik dalam merancangkegiatan pemecahan atau melakukan Merancang kegiatan pemecahankegiatan pemecahan masalah.Melakukan eksperimen: melakukankegiatan pemecahan masalahAlat dan bahan untuk menguji hipotesisMengumpulkanDataKolom Rancangan Langkah KerjaMenyediakan tabel untuk mentabulasikan Mengumpulkan Data:data atau meminta peserta didik membuattabel sebagaimana arahan.Tabel yang sudah disediakan guru atau ruang Mencatat data ke dalam tabel yangsudah tersedia atau membuatuntuk peserta didik membuat tabeltabulasi dataMenganalisisDataMengarahkanpesertadidikuntuk Mengasosiasikan:menggunakanmenggunakan berbagai sumber belajar untuk berbagai sumber belajar untukmenjawab pertanyaan diskusi dalam LKPD.menjelaskan dan mengkaitkanantara data yang diperoleh dengankonsep-konsep pendukung.Pertanyaan-pertanyaan diskusi yang dapatmenuntun sisiwa menemukan konsepBerdiskusiMenyimpulkanMengarahkan peserta didik untuk membuatkesimpulan berdasarkan hasil kegiatan.Mensintesis:Kolom untuk menuliskan kesimpulanMembuat kesimpulanMengembangkan Memberikan pertanyaan “Masalah baru apa Menanya:Permasalahanyang dapat diselidiki berdasarkan kegiatanBaruyang sudah dilakukan?”Membuat permasalahanKolom untuk menuliskan permasalahan baru pengembanganSumber: Asri Widiowati IPA UNY.CONTOH LKPD “TEGANGAN PERMUKAAN”baru/

PenutupLKPD yang digunakan oleh guru dalam memfasilitasi peserta didik harusberorientasikan pada proses ilmiah untuk menemukan ataupun membuktikankonsep IPA. Penyusunan LKPD yang dapat dikembangkan oleh guru secaramandiri di sekolah disesuaikan dengan tujuan penyusunan LKPD, bahan yangakan difokuskan untuk dikaji, metode yang akan digunakan untuk mencapaitujuan tersebut, dan juga pertimbangan dari sudut kepentingan peserta didik, sertaprinsip penggunaan LKPD.Daftar PustakaAndi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif:Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan.Yogyakarta: Diva Press.Carin, Arthur A., & Robert B. Sund. (1975). Teaching Science ThroughDiscovery., Second Edition, Columbus, Ohio: Charles E. MerrillPublishing Co.National Research Council. (1996). National Science Education Standarts.Washington, DC: National Academic uktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.InovatifBerorientasiUus Toharudin, Sri Hendrawati, & Andrian Rustaman. (2011). MembangunLiterasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

lembar-lembar kertas yang berisi materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik, yang mengacu pada kompetensi dasar yang dicapai (Andi Prastowo, 2011: 204). Tugas-tugas yang diberikan kepada peserta didik dapat berupa teori dan atau praktik.

Related Documents:

Bagian bagian mesin bubut CNC. 5) Peserta didik dibimbing membentuk kelompok 6) Peserta didik secara berkelompok berdiskusi dan mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berisi tentang Bagian bagian mesin bubut CNC. 7) Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas terkait materi Bagian bagian mesin bubut CNC.

Perkembangan Peserta Didik merupakan bagian dari pengkajian dan penerapan Psikologi Perkembangan. Dalam pengkajian mata kuliah Perkembangan Peserta Didik difokuskan pada perkembangan individu sebagai peserta didik pada institusi pendidikan. Di dalam buku ini, para penulis sebagai penyusun materi Perkembangan Peserta Didik mencoba memahami .

Kata Pengantar Daftar Isi Bab I Pandahuluan Pengantar Bahasa ISETL Metode Pembuktian Lembar Kerja Mahasiswa 1 Pengantar Teori Himpunan Lembar Kerja Mahasiswa 2 Pemetaan Lembar Kerja Mahasiswa 3 Operasi Biner Soal-Soal Bab II Pengantar Grup 2.1. Lembar Kerja Mahasiswa 4 2.2. Grupoida, Semigrup dan Monoida 2.3. Lembar Kerja Mahasiswa 5 2.4.

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri pada Materi Sifat Koligatif Larutan di SMAN 1 Mesjid Raya. B. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah LKPD Berbasis Inkuiri yang dikembangkan dapat digunakan pada pembelajaran sifat koligatif larutan di SMAN 1 .

Janah, Roihatul. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis . in Palembang's 10th High School and the initial draft of the LKPD was validated by expert lecturers. Furthermore, limited trials were conducted in class XI MIA 6 and . kehidupan sehari-hari dan menekank

c. Peserta didik merupakan individu-individu yang sedang tumbuh dan ber-kembangan. d. Peserta didik merupakan makhluk yang aktif dan kreatif. e. Bahwa peserta didik memiliki sifat unik. 2. Mendidik Ditinjau dari Perspektif Perkembangan Mendidik pada dasarnya adalah membantu perkembangan peserta didik agar berbagai potensi yang dimiliki peserta .

konsep geometri sehingga motif batik Madura dapat digunakan sebagai media belajar pada materi transformasi geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbantuan mika berbasis etnomatematika motif batik Madura pada materi transformasi geometri yang valid dan praktis.

Asset Management Sector Report 1. This is a report for the House of Commons Committee on Exiting the European Union following the motion passed at the Opposition Day debate on 1 November, which called on the Government to provide the Committee with impact assessments arising from the sectoral analysis it has conducted with regards to the list of 58 sectors referred to in the answer of 26 June .