Dasar – Dasar Visual Foxpro - WordPress

2y ago
133 Views
5 Downloads
606.39 KB
67 Pages
Last View : 2d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Halle Mcleod
Transcription

Dasar – Dasar Visual Foxpro1.1.PendahuluanMicrosoft Visual Foxpro merupakan perangkat lunak yang orientasinya adalah saplikasi bisnis,khususnya yang memakai database (pengolahan data) yang datanya cukup banyak.Microsoft Visual Foxpro merupakan salah satu sistem manajemen database (databasemanagement system, DBMS) berorientasi obyek yang memungkinkan pembuatan aplikasidatabase yang tangguh dengan cepat dan oxproantaralainkarenapemrograman Visual Foxpro secara procedural dan sekaligus berorientasi obyek (object orientedprogramming, OOP) yang berjalan seiring dan saling terkait. Pemrograman procedural yangdikerjakan bersama-sama dengan pemrograman berorientasi obyek dan dilengkapi desaininteraktif menjadikan Visual Foxpro banyak digunakan oleh para programmer Windows saat ini.Secara garis besar pembuatan aplikasi database meliputi proses-proses sebagai berikut : Merencanakan atau merancang aplikasi Membuat Database (tabel, view, relasi tabel). Membuat kelas (event, properti, method). Menyediakan akses kegunaan (form, menu, toolbar). Menyediakan akses informasi (query, report, grafik). Testing dan debuging.Perancangan database,penentuan kebutuhanfungsionalPembuatan database :Tabel,View,Relasi TabelPenyediaan Aksesfungsional bagi user :Form,Menu,ToolbarPenyediaan AksesInformasi bagi user :Query,Report,GrafikTesting dan DebugingAplikasiDiagram Proses Pembuatan Aplikasi DatabaseArisKoerniawan.Blogspot.Com-- Visual Foxpro -- 1.

STMIK Tasikmalaya1.2.Memulai Visual FoxproAda beberapa cara memulai perangkat lunak Visual Foxpro, yaitu :1. Memulai Visual Foxpro lewat menu Start – Programs – Microsoft Visual Foxpro.2. Memulai Visual Foxpro lewat Shortcut Visual Foxpro.1.3.Tampilan Utama Visual Foxpro1.3.1. Jendela Microsoft Visual FoxproSaat Microsoft Visual Foxpro dijalankan, sebuah jendela kerja akan tampil seperti gambardibawah ini.ToolbarMenuBarCommand Window1.3.2. Menu Bar1.3.3. ToolBarToolbar, seperti pada gambar dibawah, berisi ikon-ikon yang berfungsi mepersingkatperintah pada Menu Bar.1.3.4 Jendela Project ManagerJendela Project Manager menunjukkan proyek aktif dan filefile penyusun proyek tersebut.Nova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 2.

STMIK Tasikmalaya1.3.5 Jendela PropertiesJendela Properties digunakan untuk mengubah properti suatu objek. Pengaturan propertipada jendela Properties dapat dilakukan dengan berbagai cara : Dengan mengetikkan nilai yang diinginkan(contoh : properti Caption, Width). Memilihnilaiyangtelahada(contoh:properti Style, Aligment). Memilih sampel yang ada (contoh : propertiBackColor, ForeColor). Browsing (contoh : properti rties,dilakukanpengaturanlewatprogrammelalui baris-baris listing.1.4.Elemen Dasar Visual FoxproElemen dasar Visual Foxpro terdiri dari Tipe Data (Type Data), Operator, Fungsi/Proceduredan perintah.1.4.1. Tipe DataDalam membuat program tidak terlepas dari rumus dan formula yanng berupa ekspresi.Dalam Visual Foxpro ekspresi atau rumus tidak boleh jenis data (type data) bercampur.Tipe-tipe data yang tersedia dalam Visual Foxpro adalah karakter, karakter biner, numerikdan bilangan pecahan, bilangan bulat, bilangan pecahan ganda, bilangan uang, tanggal, tanggalplus jam, logika (L) dan memo (M).Tipe KarakterTipe karakter adalah tipe data string berupa deretan karakter alfabet, dari A sampai Z, danangka 0 – 9 yang dingggap karakter. Tipe karakter dibuat menggunakan (diapit) tanda kutiptunggal, kutip ganda atau tanda siku.Contoh :‘Visual Foxpro’“STMIK Tasikmalaya”[Visual Foxpro Programming]Tipe karakter BinerTipe karakter biner seperti tipe data karakter biasa, tetapi bersifat permanen.Tipe Numerik dan Bilangan PecahanTipe numerik (float) adalah tipe angka atau angka pecahan yang mempunyai jangkauan-0.999999999E 19 sampai dengan 0.999999999E 20.Nova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 3.

STMIK TasikmalayaTipe Bilangan BulatTipe bilangan bulat adalah tipe data angka yang mempunyai jangkauan antara-2147483647sampai dengan 2147483646.Tipe Bilangan Pecahan GandaTipe bilangan pecahan ganda (lebih besar dari tipe float) adalah tipe angka atau angka pecahanyang mempunyai jangkauan /-4.94065645841247E-324 sampai /-8.9884656743115E307.Tipe Bilangan UangTipe bilangan uang adalah tipe data untuk bentuk data berupa uang yang mempunyai jangkauan-922337203685477.5808 sampai dengan 922337203685477.5807. Untuk menyatakan bilanganbentuk uang kita harus menggunakan simbol (bentuk default).Tipe TanggalTipe tanggal adalah tipe data untuk bentuk data tanggal (date). Format defaultnya adalahbentuk tanggal US, dengan format mm/dd/yy (jika SET CENTURY OFF). Untuk memudahkan kitamembentuk format tanggal tertentu, perhatikan tabel dibawah ini :PengaturanFormat saat SET CENTURY /yyGERMANdd.mm.yyITALIANdd-mm-yyJAPAN / yy/mm/ddTipe Logika (L)Tipe logika (L) adalah tipe data untuk bentuk logika TRUE (benar), dapat digunakan simbol T,t,Yatau FALSE (salah) dapat digunakan simbol F,f,N,n.Tipe MemoTipe memo adalah tipe data untuk digunakan sebagai karakter panjang, dan hanya berlakuuntuk field bukan variabel. Memo berukuran tidak tetap, seperti karakter dan disimpan dalamfile .FPT.Nova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 4.

STMIK TasikmalayaTipe Umum (G)Tipe data umum biasa dapat dipakai untuk menyimpan data OLE (Object Linking Embedded),seperti spreadsheet, grafik, suara yang dibuat dari aplikasi lain.1.4.2. OperatorOperator adalah simbol yang dipakai untuk operasi tertentu, biasanya dipakai dalam ekpresiatau rumus tertentu. Contoh simbol – simbol operator seperti pada tabel berikut :OperatorKegunaannyaUntuk tipe data Pengujian kesamaanSemua tipe PenjumlahanNumeric, Character, Date, DateTime! atau NOTNegasi (kebalikan)Logical*, /Perkalian/PembagianNumeric PerpangkatNumerikCatatan :Dalam suatu ekpresi variabel harus memiliki tipe data yang sama, jika tidak samaharus dikonversikan dahulu tipe datanya.1.4.3. Fungsi / ProcedureFungsi atau procedure adalah kumpulan instruksi tertentu untuk tujuan tertentu yang diberinama, sehingga jika ingin dipakai hanya menyebutkan nama fungsinya saja.1.5. Perintah-perintah dasar FoxproSET DEFAULT TO path-drive Digunakan untuk mengaktifkan/merubah drive kerja.Contoh :SET DEFAULT TO C:\FOXPRO CLOSE ALLDigunakan untuk menutup semua jendela yang aktif.QUITPerintah untuk keluar dari Visual Foxpro.1.6. Aplikasi Dengan FormForm merupakan sebuah objek pada Visual Foxpro yang digunakan untuk mengolah datatabel atau sebagai dasar rancangan tampilan aplikasi lainnya.Untuk membuat form dapat kita lakukan dengan 3 cara yaitu :1.Dengan bantuan Wizard2.Desain3.ProgrammingNova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 5.

STMIK TasikmalayaDesain Form dan Modifikasi FormSetelah kita bisa membuat form dengan Wizard, dan terlihat ada kelemahan. Maka untukitu kita harus menggunakan cara kedua yaitu dengan mendesain Form sendiri. Langkah untukmembuat/medesain form menurut keinginan sendiri sbb : Pada Command Window, ketikkan perintah :CREATE FORM nama-form ataupilih menu FILE – NEW – FORM – NEW FILE, sehingga muncul kotak dialog :Toolbar Form ControlJendela Form DesignerJendela PropertiesJendela PropertiesJendela Properties digunakan untuk mengubah propertisuatu objek. Pengaturan properti pada jendela Propertiesdapat dilakukan dengan berbagai cara : Dengan mengetikkan nilai yang diinginkan (contoh :properti Caption, Width). Memilih nilai yang telah ada (contoh : properti Style,Aligment). Memilih sampel yang ada (contoh : properti BackColor,ForeColor). Browsing (contoh : properti Picture).Mengaktifkan/menjalankan FormUntuk menjalankan/mengaktifkan sebuah Form langkahnya yaitu pada Commad Windowketikkan perintah : DO FORM nama-form atauPilih Menu Program – Do – nama-file-fom atauPada Toolbar, klik tombol atau pada Keyboard tekan CTRL E.Menambah/mendesain Kontrol FormUntuk menambahkan sebuah kontrol baru pada sebuah form, caranya adalah klik sebuahkontrol yang kita inginkan dari Toolbar Form Control, kemudian dilam jendela Form designe,Drag dan Drop pointer mouse untuk membuat kotak kontrol yang kita inginkan. Beberapajenis kontrol yang biasa dipakai adalah :Nova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 6.

STMIK TasikmalayaToolbarNameLabelTextboxEditBoxCommad igunakan untuk membuat komentar atau keteranganpada FormSebuah kontrol yang dapat berisi data field atau sebuahvariabel memori.Sebuah kontrol yang dapat berisi data field atau sebuahvariabel memori dan mempunyai scrolling m tertentu.Digunakan untuk memberikan beberapa pilihan/optionyang hanya bisa dipilih satu.Digunakan untuk memberikan pilihan/option yang bisadi pilih lebih dari satu.Digunakan untuk menginputkan data sekaligus bisadigunakan untuk pemilihan data tertentu.Digunakan untuk menampilkan data dari suatu tabel.Fungsinya untuk menampung gambar yang biasanyadiambil dari file yang terpisah.Digunakan untuk membuat sebuah garis.TUGAS PRAKTIKUM I1. Kerjakan Form dibawah ini Desain sendiri sehingga hasilnya seperti dibawah ini. Kemudiansimpan denga nama fiel FORM1A.SCX. Ketikkan pada objek Form Procedure Init danObjeck Command1 Procedure Click.Thisform.text1.Value ""Thisform.text2.Value 0Thisform.text3.Value 0Thisform.text4.Value 0Thisform.text1.SetFocus() Ketikkan pada Objek Command2 Procedure Click.Thisform.release() Ketikkan pada Objek Text3 Procedure ValidA Thisform.text2.valueB Thisform.text3.valueC A*BThisform.text4.value CNova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 7.

STMIK TasikmalayaTUGAS PRAKTIKUM II1. Buatlah sebuah program untuk menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian danpembagian dari dua buah bilangan dengan desain output seperti berikut :2. Simpanlah form tersebut dengan nama FORM1B.SCXTUGAS PRAKTIKUM III1. Buatlah program untuk menghitung konversi dari celcius menjadi reamur, fanrenheit dankelvin menggunakan rumus sebagai berikut :Reamur 4/5 celciusFanrenheit 9/5 Celcius 32Kelvin Celcius 2732. Dengan desain output seperti berikut :3. Simpan form tersebut dnegan nama FORM1C.SCXNova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 8.

STMIK TasikmalayaLogika PercabanganProses Percabangan BersyaratDari pertemuan sebelumnya, program yang kita buat adalah program yang bersifatsequence/terurut Artinya proses dimulai dari baris instruksi pertama dan berlanjut terus sampaiinstruksi terakhir secara terurut. Seandainya sebuah instruksi perlu meloncat atau mengerjakansebuah instruksi dengan suatu syarat tertentu, maka diperlukan suatu perintah pengulangan danperintah percabangan.Struktur emeriksasuatukondisi,kemudianberdasarkan hasil pemeriksaan tersebut membentuk operasi berbeda. Terdapat dua perintah diVisual Foxpro yang dipakai untuk membuat percabangan kondisional.Perintah Logika IFPerintah ini mengeksekusi secara kondisional sekumpulan perintah berdasarkan nilaiekspresi logika. Secara umum, perintah percabangan bersyarat yang biasa digunakan antaralain : IF ENDIF IF ELSE ENDIFPerintah IF ENDIFSintak perintah ini adalah :IF kondisi ENDIFBagian program yang dijalankan bilakodisi terpenuhi/benarPerintah IF ELSE ENDIFSintak perintah ini adalah :IF kondisi Bagian program yang akan dijalankan bila kondisi benar ELSE Bagian program yang akan dijalankan bila kondisi salah ENDIFNova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 9.

STMIK TasikmalayaPerintah DO CASE ENDCASEPerintah ini mengeksekusi sejumlah perintah pertama yang ekspresi kondisinya bernilaiTrue (.T).Sintak perintah ini adalah :DOCASECASE expresi-1 Bagian program yang akan dijalankan bila kondisi-1 benar CASE expresi-2 Bagian program yang akan dijalankan bila kondisi-2 benar CASE expresi-n Bagian program yang akan dijalankan bila kondisi-n benar OTHERWISE Bagian program yang akan dijalankan bila semua kondisi salah ENDCASEBuatlah contoh form dengan layoutseperti dibawah ini :Ketentuan Proses :Nilai Abjad 85abjad A76-85 abjad B66- 75 abjad C56-65 abjad D 55abjad EKeterangan Jika nilai akhir 55, LulusJika nilai akhir 55, Tidak LulusNova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 10.

STMIK TasikmalayaLangkah – Langkah : Untuk membuat pilihan Jurusan gunakan control OptionGroup, langkahnya :oTambahkan objek Optiongroup dari form control ke form, maka akan muncul :oUntuk mengganti masing-masing option, klik kanan pada objek optiongroup tersebut,kemudian pilih Builder, maka akan muncul :oPada Number Of Button, ubah menjadi 2 ( untuk menentukan banyaknya option/pilihanpada Optiongroup tersebut).kemudian ganti masing-masing caption.o Klik Tab Layout, untuk mengatur tampilan option.Untuk menset format angka pada object text3, ubahlah properties Value 0.Nova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 11.

STMIK Tasikmalaya Pada objek Text3, masukkan code program dibawah ini pada procedure InteractiveChange.nilai thisform.text3.valueif nilai 55thisform.text5.value "Lulus"elsethisform.text5.value "Tidak Lulus"endifdo casecase nilai 85thisform.text4.value "A"case nilai 75thisform.text4.value "B"case nilai 65thisform.text4.value "C"case nilai 55thisform.text4.value "D"otherwisethisform.text4.value "E"endcase Pada objek Command1 (tombol Data baru), masukkan code program pada procedure Click.thisform.text1.value ""thisform.text2.value ""thisform.optiongroup1.value 1thisform.text3.value 0thisform.text4.value ""thisform.text5.value ""thisform.text1.setfocus Pada objek Command2 (tombol Keluar), masukkan code program pada procedure Click.Thisform.releaseNova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 12.

STMIK TasikmalayaTUGAS PRAKTIKUM IV1. Kerjakan Form dibawah ini untuk memasukkan daftar pembelian komputer dan asesorisnya.Kemudian simpan dengan nama FORM2A.SCXAturlah Properties Object form nObject OptionGroup1 :Option1CaptionNova Ardiansyah, S.KomNILAI/VALUEFORM PEMBELIAN.T. – TrueDAFTARPEMBELIANKOMPUTERACCESSORIES.T. – True10.T. – TrueNAMA PEMBELI.T. – TrueNAMA BARANG.T. – TrueHARGA SATUAN.T. – TrueJUMLAH BARANG.T. – TrueTOTAL BAYAR.T. – TrueDIBAYAR.T. – TrueSISA.T. – TrueKETERANGAN.T. – TrueLUNAS.T. – True\ MULAI\ SELESAI&NAMA PEMBELI-- Visual Foxpro -- 13.

STMIK TasikmalayaOption2AutosizeCaptionAutosize.T. – TrueNAMA PEMBELI.T. – TrueKetikkan Procedure/Event pada Object dibawah ini : Form1 Procedure Init dan Commad1 Procedure ClickThisform.text1.Value ""Thisform.combo1.Value ""Thisform.text2.Value 0Thisform.text3.Value 0Thisform.text4.Value 0Thisform.text5.Value 0Thisform.text6.Value 0Thisform.check1.Value 0Thisform.optiongroup1.Value 0Thisform.text1.SetFocus() Command2 Procedure ClickThisform.Release() Combo1 Procedure LostFocusKode Thisform.combo1.ValueDO CaseCASE kode "KOMPUTER"hrg 5000000CASE kode "KEYBOARD"hrg 25000CASE kode "MONITOR"hrg 750000CASE kode "MOUSE"hrg 30000ENDCASEThisform.text2.Value hrg Text3 Procedure Validhrg Thisform.text2.Valuejml Thisform.text3.ValueTb Hrg * JmlThisform.text4.Value Tb Text5 Procedure ValidTb Thisform.text4.ValueDbyr Thisform.text5.ValueSs Tb - DbyrDO CASECASE ss 0Thisform.label8.Caption "SISA"Kt1 1kt2 1 0kt2 2 1Nova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 14.

STMIK TasikmalayaCASE ss 0Thisform.label8.Caption "SISA"Kt1 0Kt2 1 0Kt2 2 1CASE ss 0Thisform.label8.Caption "KEMBALI"Kt1 1Kt2 1 1Kt2 2 0ENDCASEThisform.text6.Value ssThisform.check1.Value kt1Thisform.optiongroup1.option1.Value kt2 1Thisform.optiongroup1.option2.Value kt2 22. Setelah selesai, jalankan Form tersebut dan lihatlah hasilnya.TUGAS PRAKTIKUM V1. Buatlah program untuk menggeser kalimat dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan, dngandesain output seperti berikut ini !Aturlah properties objekTimer1 dan Timer2 :Interval 1002. Ketikkan listing program sebagai berikut :-Pada objek Timer1, klik Timer, letakkan listing program berikut ini :If Thisform.label1.top 250bantu thisform.label1.Topthisform.label1.Top bantu 3ELSEthisform.label1.Top 0ENDIF-Pada objek Timer2, Klik Timer, letakkan listing program berikut ini :If Thisform.label1.left 350bantu thisform.label1.leftthisform.label1.left bantu 3ELSEthisform.label1.left 0ENDIF3. Simpanlah form tersebut dengan nama FORM2B.SCXNova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 15.

STMIK TasikmalayaTUGAS PRAKTIKUM VI1. Buatlah program aplikasi untuk menghitung total bayar pada suatu hotel dibawah ini.Aturlah Tampilan dan Properties Form tersebut sehingga tampilannya seperti dibawah ini:Ketentuan Program : Jenis kamar yang ditawarkan : EKONOMI,BISNIS,EXECUTIVE,SWEETROOM Nama Tamu, Jenis Pengunjung, Tarif/hari, Tgl Masuk, Tgl Keluar dan Biaya lain-lain diinputkan Lama Menginap, pajak wisata, Biaya menginap dan total bayar otomatis ditampilkan. Lama Menginap Dihitung dari Tanggal keluar – Tanggal Masuk Biaya Menginap ditampilkan berdasarkan jenis kamar yang dipilihJenis KamarBiaya 0SWEETROOM850000 Pajak Wisata dihitung dari 10% dari Biaya Menginap Total Bayar dihitung dari (Biaya Menginap*Lama Menginap) Biaya Lain-lain PajakWisata2. Simpan Form tersebut dengan nama FORM2C.SCXNova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 16.

STMIK TasikmalayaLogika Pengulangan / loopingProses PengulanganPerulangan memungkinkan kita mengeksekusi satu atau lebih baris kode sebanyak yangkita kehendaki. Terdapat tiga perintah di Visual Foxpro yang dipakai untuk perulangan, yaitu :Perintah DO WHILE – ENDDOPerintah ini mengeksekusi perintah-perintah yang ada didalam loop kondisional. Perulanganakan dilakukan terus menerus selama kondisi tersebut terpenuhi (.T. atau Benar).Sintak dari perintah pengulangan tersebut adalah :DO WHILE . . .Bagian program yang akan diulangENDDOPengulangan tersebut akan dilakukan bila kondisi benar. Pengulangan dengan kondisi inidapat pula menggunakan kondisi .T., yaitu :DO WHILE .T. . . .[Loop][Exit]Bagian program yang akan diulangENDDOContoh :x 1DO WHILE x 20?xx x 1ENDDONova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 17.

STMIK TasikmalayaPengulangan EOF() dan BOF() Dalam Proses BerulangProses pengulangan dapat dilakukan dalam memproses record-record dalam suatu tabelsatu persatu hingga habis. Untuk membatasi pengulangan biasa digunakan fungsi EOF() (End OfFile) dan BOF() (Begin Of File). Fungsi tersebut akan memberikan fungsi nilai logika .T. bilapointer telah berada diakhir file.Bentuk pengulangan untuk memproses file data sampai habis :DO WHILE.NOT.EOF() . . .Bagian program yang akan diulangENDDOPerintah FOR . . . ENDFORPerulangan ini akan mengeksekusi perintah-perintah sebanyak yang kita tentukan. Nilai yangkita tentukan merupakan nilai tetap/konstanta.Sintak dari perintah pengulangan tersebut adalah :FOR var nilai awal TO nilai akhir . .Bagian program yang akan diulang .ENDFORContoh :FORv angka 1 TO 10? v angkaENDFORPerintah SCAN . . . tabelyangsedangdipilihdanmengeksekusi blok perintah setiap kali record memenuhi syarat kondisi yang ditentukan.Sintak dari perintah pengulangan tersebut adalah :SCAN [FOR kondisi1 ] [WHILE kondisi2 ] . . .[loop]Bagian program yang akan diulang[Exit]ENDSCANContoh :SCAN FOR kota “Tasikmalaya”? nama, jurusanENDSCANNova Ardiansyah, S.Kom-- Visual Foxpro -- 18.

STMIK TasikmalayaTUGAS PRAKTIKUM VII1. ampaidnegan10menggunakan fungsi for dan do while dnegan desain outputnya seperti berikut. Kemudiansimpan form

1. Memulai Visual Foxpro lewat menu Start – Programs – Microsoft Visual Foxpro. 2. Memulai Visual Foxpro lewat Shortcut Visual Foxpro. 1.3. Tampilan Utama Visual Foxpro 1.3.1. Jendela Microsoft Visual Foxpro . Buatlah program untuk menghitung konversi dari celcius menjadi reamur, fanrenheit dan . Dari pertemu

Related Documents:

Modul 1: Berkenalan dengan Visual FoxPro 3 3 1 2 1.2 Instal Visual FoxPro Sebelum dapat menggunakan Visual FoxPro, program Visual FoxPro harus telah diinstal di komputer Anda. Jika belum, silakan ikuti langkah berikut untuk melakukan instalasi. Siapkan CD Visual FoxPro (buku ini menggunakan Visual FoxPro 9).

lunak Visual FoxPro. Visual FoxPro mempunyai fitur-fitur baru seperti XML, Microsoft SQL Server 2000, Desktop Engine, teknologi .Net Program Microsoft Visual FoxPro 9.0 merupakan program terbaru dari pengolahan database FoxPro dan penyempurna dari program FoxPro sebelumnya. Microsoft Visual Foxpro 9.0 menyediakan objek-objek yang sangat kuat,

Foxpro for MS-DOS - Basic FoxPro 2.6 Commands FoxPro is SEMI-RDBMS Unlike other RDBMS systems, in FoxPro each database can contain only one table. Hence, the single table is called as database in this tutorial In FoxPro, first four characters of any c

1994 Foxpro for DOS (FPD) and Foxpro for Windows (FPW) 2.6 released. At the end of 1995, Foxpro got the name "Visual" and the platform support was only limited to windows. It was also the first version of Foxpro where the language turned out to be Object Oriented. Microsoft's official Visual Foxpro (commonly referred as just VFP) site describes .

This book was originally written for Visual FoxPro 6.0 and has been updated and tested fully with Visual FoxPro 7.0. The CursorAdapter class that is new with Visual FoxPro 8.0 is described in detail and some guidelines provided to help you chose which of the various FoxPro

Dasar-dasar Agribisnis Produksi Tanaman 53. Dasar-dasar Agribisnis Produksi Ternak 54.Dasar-dasar Agribisnis Produksi Sumberdaya Perairan 55. Dasar-dasar Mekanisme Pertanian 56. Dasar-dasar Agribisnis Hasil Pertanian 57. Dasar-dasar Penyuluhan Pertanian 58. Dasar-dasar Kehutanan 59. PertanianDasar-dasar Administrasi

additional features. FoxBase ran on Mac, DOS and Unix platforms. FoxPro, starting with version 2.5, supported Windows as well. Fox Software was acquired by Microsoft in March of 1992. While there was a Macintosh version of Visual FoxPro 3.0, subsequent versions run only on the Windows platforms. In this paper, I look at how to learn Visual FoxPro.File Size: 238KB

ACCOUNTING 0452/22 Paper 2 October/November 2017 1 hour 45 minutes Candidates answer on the Question Paper. No Additional Materials are required. READ THESE INSTRUCTIONS FIRST Write your Centre number, candidate number and name on all the work you hand in. Write in dark blue or black pen. You may use an HB pencil for any diagrams or graphs. Do not use staples, paper clips, glue or correction .