BAB II LANDASAN TEORI 2.1. Tinjauan Pustaka 2.1.1.

2y ago
72 Views
3 Downloads
248.68 KB
20 Pages
Last View : 19d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Audrey Hope
Transcription

BAB IILANDASAN TEORI2.1. Tinjauan PustakaUntuk menyelesaikan masalah-masalah dalam penyusunan skripsi inidibutuhkan tinjauan pustaka yang berisi teori-teori atau konsep-konsep yangdigunakan sebagai kajian dan acuan bagi penulis2.1.1. Pengertian SistemSuatu sistem terdapat beberapa elemen atau unsur yang membentuksistem. Zakiyudin (2011:1) “Mengatakan bahwa Setiap sistem memiliki tujuan.Tujuan bisa lebih dari satu. Tujuan inilah yang menjadi daya dorong atau motivasiyang mengarahkan ke arah mana sistem bergerak”. Tujuan antara satu sistemdengan sistem yang lain berbeda termasuk berlaku juga dalam sistem informasi.Sekalipun tujuan dari setiap sistem berbeda, secara umum ada tiga macam tujuanutama yaitu terdiri :1.Untuk mendukung fungsi kepengurusan manajemen2.Untuk mendukung fungsi kepengurusan manajemen3.Untuk mendukung fungsi kepengurusan manajemenSecara khusus, tujuan sistem informasi bergantung pada kegiatan yang ditangani.Namun, kecenderungan pengguna sistem informasi lebih ditunjukan pada usahamenuju eunggulan kompetitif, yaitu mampu bersaing dan mengungguli pesaing.8

9a.Masukan (input). Adalah segala sesuatu yang masuk kedalam sistemdan selanjutnya menjadi bahan untuk di hanatautransformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna.c.Keluaran (output). Merupakan hasil dari pemrosesan yang bisa berupasuatu informasi, saran, cetakan laporan dan lain – epengendalian dilakukan dengan menggunakan umpan balik (feedback)dari keluaran.e.Batas (boundary). Adalah pemisahan antara sistem dan daerah diluarsistem (lingkungan). Batas sistem menentukan konfigurasi, ruanglingkup atau kemampuan sistem.2.1.2. Pengertian InformasiSistem menurut McLeod dan P Schell (2008:1) adalah: “ Sistem adalahsekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapaisuatu tujuan “. Dan menurut Fatta (2007:3) “mengemukakan bahwa sistem adalahsekumpulan objek-objek yang saling berelasi dan berinteraksi serta hubunganantar objek bisa dilihat sebagai satu kesatuan yang dirancang untuk mencapai satutujuan”. Sedangkan Gordon dalam Zakiyudin (2008:1) “Mendifinisikan sistemsebagai seperangkat unsur – unsur yang terdiri dari manusia, alat, konsep yang dihimpun menjadi satu untuk maksud dan tujuan bersama”.

10Menurut Kadir (2010:54) “mengatakan sistem adalah sekumpulan elemenyang salingterkait atau terpadu yang dimaksudkan untuk mencapai suatutujuan”.bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan dan sasaran yang sudah ditetapkan”. sebelumnya Berdasarkan beberapa pendapat yang telah di kemukakandiatas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem adalah kumpulan elemen ataubagian-bagian atau komponen-komponen atau prosedur-prosedur yang terintegrasisatu sama lain dan bekerja secara harmonis untuk mencapai tujuan tertentu ataumaksud tertentu. diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem adalah kumpulanelemen atau bagian-bagian atau komponen-komponen atau prosedur-proseduryang terintegrasi satu sama lain dan bekerja secara harmonis untuk mencapaitujuan tertentu atau maksud tertentu1.Karakteristik SistemMulyanto (2009:2) “Sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentuyang merincikan bahwa hal tersebut bisa dikatakan sebagai suatu sistem”. Adapunkarakteristik yang dimaksudkan sebagai berikut :a.Komponen Sistem (Components)Adalah suatu sistem yang terdiri dari sejumlah komponen yang salingberinteraksi, yang artinya bekerja sama membentuk satu kesatuan.Komponen – komponen sistem tersebut dapat berupa suatu bentuksubsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat – sifat dari sistem untukmenjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi sistem yang lebihbesar, yang disebut “ Supra Sistem “.

11b.Batasan Sistem (Boundary)Adalah daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yanglainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batasan sistem ini memungkinkansuatu sistem dipandang sebagian satu kesatuan yang tidak dapat dipisahpisahkan.c.Lingkungan Luar Sistem (Environment)Adalah bentuk apapun yang ada diluar batasan sistem yang mempengaruhioperasi sistem tersebut. Lingkungan luar system ini dapat bersifatmenguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan system tersebut. Dengandemikian, lingkungan luar tersebut harus tetap dijaga dan dipelihara.d.Penghubung Sistem (Interface)Adalah media penghubung antara suatu subsistem dengan subsistem yanglainnya.e.Masukan Sistem (Input)Adalah energi yang di masukkan ke dalam sistem yang berupa pemeliharaan(maintenance input) dan sinyal (signal input). Contoh, di dalam suatu unitsystem computer. “Program” adalah maintenance input yang digunakanuntuk mengoprasikan komputernya dan “data” adalah signal input untukdiolah menjadi informasi.

12f.Keluaran Sistem (Output)Adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaranyang berguna. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yanglain atau kepada supra sistem.g.Pengolahan sistem (Proses)Adalah suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akanmerubah masukan menjadi keluaran, sebagai contoh sistem akuntansi dansistem produksi.h.Sasaran Sistem (Objective)Adalah suatu sistem yang mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective).Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuannya.2.Klasifikasi SistemMulyanto (2009:8) “Sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satukomponen dengan komponen yang lainnya, karena sistem memiliki sasaran yangberbeda untuk setiap kasus yang terjadi”. Sistem dapat diklasifikasikan daribeberapa sudut pandangan yaitu diantaranya sebagai berikut:a.Sistem Abstrak (Abstract Sistem) dan Sistem Fisik (Physical System)Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidaktampak secara fisik. Sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang adasecara fisik.

13b.Sistem Alamiah (Natural System) dan Sistem Buatan Manusia (Humanmodesystem) Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui prosesalam, tidak dibuat manusia. Sistem buatan manusia merupakan sistem yangdirancang oleh manusia.c.Sistem Tertentu (deterministic system) dan Sistem tak tertentu (probabilisticsystem).Sistem tertentu adalah sistem yang beroperasi dengan tingkah lakuyang dapat diprediksi, sedangkan sistem tak tertentu adalah sistem yangkondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsurprobabilistik.d.Sistem Tertutup (close system) dan Sistem Terbuka (open system).Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidakterpengaruh oleh lingkungan luar, sedangkan sistem terbuka merupakansistem yang berhubungan dan dipengaruhi oleh lingkungan luar.3.Pengertian InformasiPengertian informasi menurut Jogiyanto (2008:36) adalah : “Informasiadalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya”.Sumber dari informasi adalah data. Data adalah kenyataan yang menggambarkansuatu kejadian – kejadian dan kesatuan nyata dan merupakan suatu bentuk yangmasih mentah sehingga perlu diolah lebih lanjut melalui suatu model untukmenghasilkan informasi. Menurut Mulyanto (2009 : 12), “Informasi adalah datayang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi n suatu kejadian yang nyata”.sumberinformasiyang

14Menurut McLeod (2008 :8), “Informasi adalah data yang telah diprosesatau diolah ke dalam bentuk yang berarti untuk penerimanya dan merupakan nilaiyang sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan atau keputusan yang sekarangatau nantinya”.Menurut Fatta (2007:9) “mendefinisikan sistem informasi manajemensebagai suatu alat untuk menyajikan informasi dengan cara sedemikian rupasehingga bermanfaat bagi penerimanya”. Selain itu Sutabri (20012:23)“mengemukakan informasi harus memenuhi persyaratan yang dibutuhkan olehmanajer didalam pengambilan keputusan”. Berdasarkan persyaratan itu informasidalam manajemen diklasifikasikan sebagai berikut :Informasi yang tepat waktu1.Informasi yang relevan2.Informasi yang bernilai3.Informasi yang dapat dipercayaDari pendapat-pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasiadalah suatu sistem yang terdiri dari kombinasi yang dibutuhkan oleh organisasiuntuk mencapai tujuan.Menurut Zakiyudin (2011:6)” kualitas informasi yang di harapkan tergantung 4(empat) hal pokok yaitu”:

154.Kualitas InformasiKualitas dari suatu informasi terdiri dari tiga hal yaitu :a.AkuratAkurat berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidakbias atau menyesatkanb.Tepat pada waktunyaTepat pada waktunya berarti informasi yang datang pada penerima tidakboleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilailagi, karena informasi merupakan landasan dalam mengambil suatukeputusan.c.RelevanRelevan berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya,relevannya suatu informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainberbeda.5.Nilai InformasiNilai informasi (value of information) ditentukan dari dua hal, yaitu manfaatdan biaya untuk mendapatkannya, informasi dikatakan bernilai bila manfaatnyalebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Akan tetapi, perludiperhatikan bahwa informasi yang digunakan di dalam suatu sistem informasiumumnya digunakan untuk beberapa kegunaan sehingga tidak memungkinkandan sulit untuk menghubungkan suatu bagian informasi pada suatu masalahtertentu dengan biaya untuk memperolehnya karena sebagian besar informasidinikmati tidak hanya oleh satu pihak di dalam perusahaan.

166.Pengertian Sistem InformasiPerlu kita ketahui bahwa informasi merupakan hal penting bagi manajemendidalam pengambilan keputusan. Informasi dapat di peroleh dari sisteminformasi.Menurut Zakiyudin (2011:9), menyimpulkan bahwa:sistem informasi terdiri dari enam sumber daya yang dikenal sebagai komponensistem informasi. Kenam sumber daya tersebut adalah Perangkat lunak, perangkatkeras, Basis Data, Prosedur, Personil, Dan jaringan. Keenam komponen tersebutmemainkan peranan yang sangat penting dalam suatu sistem informasi. Namundalam kenyataannya, tidak semua sistem informasi mencakup keenam komponentersebut.berikut merupkan penjelasan komponen dari sistem informasi.Komponen dan tipe dari sistem informasi antara lain :1.Perangkat Keras (hadware)Mencangkup peranti – peranti fisik seperti komputer dan printer.2.Perangkat Lunat (software)Yaitu sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untukdapat memproses data.3.Blok Basis DataBasis data merupakan kumpulan data yang saling berhubungan dantersimpan di perangkat lunak untuk memanipulasinya. Karena itu data perludisimpan dan diorganisasi dalam basis data untuk menghasilkan informasiyang berkualitas4.ProsedurAdalah sekumpulan aturan yang di pakai untuk mewujudkan pemrosesandata dan pembakitan keluaran yang di kehendaki.

175.Personil atau OrangAdalah semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sisteminformasi, pemrosesan dan penggunaan keluaran sistem informasi.6.Jaringan komputer dan komunikasi dataMerupakan sistem penghubung yang memungkinkan sumber (resources) dipakai secara bersama atau di akses oleh sejumlah pemakai.7.Pengertian Sistem Informasi ManajemenSistem informasi manajemen merupakan penerapan sistem informasi didalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan olehsuatu tingkatan manajemen. Berikut ini definisi dari beberapa tokoh :McLeod (2008:9) “Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan sebuahsistem berbasis komputer yang menyediakan informasi untuk kebutuhan bagipemakainya”.Sistem Informasi Manajemen (SIM) menurut Cushing dalam Jogiyanto(2008:14) adalah : “Suatu sistem informasi manajemen adalah Kumpulan darimanusia dan sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggungjawab mengumpulkan dan mengolah data untuk mengahasilkan informasi yangberguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan danpengendalian “. Sedangkan Sistem Informasi Manajemen menurut McLeod danP Schell (2008,15) adalah : “Sistem Informasi Manajemen merupakan suatu

18sistem yang melakukan fungsi-fungsi untuk menyediakan semua informasi yangmempengaruhi semua operasi organisas ”.B.Pengertian Basis DataSeiring waktu dunia electronic commerce atau E-commerce semakinberkembang luas di internet dan semakin banyak kebutuhan di jual via internet.Menurut Munawar (2009:1) “E-Commerce juga dapat diartikan sebagai suatuproses berbisnis dengan menggunakan teknologi elektronik yang menghubungkanantara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronikdan pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik”.C.Unified Modeling Language (UML)Membangun model untuk suatu sistem piranti lunak sangat bergantung padakonstruksinya atau kemudahan dalam memperbaikinya. Oleh karena itu, membuatmodel sangat penting sebagaimana pentingnya memiliki cetak biru untukbangunan yang besar. Model yang bagus sangat penting untuk menghasilkankomunikasi yang baik antar anggota tim dan untuk meyakinkan sempurnanyaarsitektur sistem yang dibangun. Jika ingin membangun suatu model dari suatusistem yang kompleks, tidak mungkin kita dapat memahaminya secarakeseluruhan. Dengan meningkatnya kompleksitas sistem, visualisasi danpemodelan menjadi sangat penting. UML dibuat untuk merespon kebutuhantersebut. Menurut Nugroho (2010:6) “UML atau Unified Modeling Languageadalah sebuah bahasa pemodelan untuk sistem atau perangkat lunak yangberpradigma “berorentasi objek”.Pemodelan sesungguhnya digunakan untuk

19penyederhanan permasalahan-permasalahan yang kompleks sedemikian rupasehingga lebih mudah dipelajari dan dipahami”a.Activity DiagramMenurut Nugroho (2010:62) “Diagram aktivitas (activity diagram)sesungguhnya merupakan bentuk khusus dari state machine yang bertujuanmemodelkan komputasi-komputasi dan aliran-aliran kerja yang terjadi dalamsistem/perangkat lunak yang sedang di kembangkan”. State pada diagramaktivitas merepresentasikan state dari komputasi yang di eksekusi, bukan statedari suatu objek biasa. Biasanya, suatu diagram aktivitas mengasumsikankomputasi-komputasi dilaksanakan tampa adanya interupsi-interupsi eksternalberbasis event terjadi padanya.b.Use Case DiagramUse case menggambarkan fungsi-fungsi sistem dari sudut pandangpengguna eksternaldan dalam sebuah cara yang mudah dipahami. Use casemurupakan penyusunan kembali lingkup fungsional sistem yang disederhanakanlagi. Use Case diagram adalah diagram yang menggambarkan interaksi antarasistem dengan sistemEksternal pengguna nugroho (2010:7). “Use case diagram merupakan titik awalyang baik dalam memahami dan menganalisis kebutuhan sistem pada saatperancangan Use case diagram dapat digunakan untuk kebutuhan apa saja yangdiperlukan dalam suatu sistem, sehingga sistem dapat digambarkan dengan jelas

20bagaimana proses dari sistem tersebut, bagaimana cara aktor menggunakansistem,serta apa saja yang dapat dilakukan pada suatu system”.c.Class DiagramMenurut Nugroho (2010:25), “class diagram menunjukan set kelas,interface kolaborasi dan hubungan mereka. Diagram ini adalah diagram yangpaling umum ditemukan dalam sistem pemodelan beroreintasi objek classdiagram menangani tampilan desain statis dari suatu 10 sistem”. MenurutIndrajani (2011:35), “Class diagram biasanya digunakan untuk menggambarkanperbedaan yang mendasar antara class-class hubungan antara class dan di manasub-sistem class tersebut”. Adapun simbol yang digunakan dalam class diagramadalah sebagai berikut :d.Sequance DiagramMenurut Nugroho (2010:36), “Sequance diagram merupakan suatu diagraminteraksi yang menggambarkan bagaimana objek-objek berpartisipasi dalambagian interaksi dan pesan yang ditukar dalam urutan waktu”. Sequence diagrammenggambarkan interaksi antar objek di dalam dan disekitar sistem (termasukpengguna, display dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadapwaktu. Sequence diagram terdiri atas dimensi vertikal (waktu) dan dimensihorizontal (objek-objek yang terkait). Sequence diagram biasa digunakan untukmenggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagairespon dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa

21yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadisecara internal dan output apa yang dihasilka.e.FlowchartMenurut Indrajani (2011:22) “flowchart merupakan penggambaran secaragrafik dari langkah-langkah dan urutan prosedur suatu program”. Biasanyaflowchart digunakan untuk mempermudah dalam penyelesaian masalah,khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi. Flowchart biasanyadigunakan untuk menunjukan bagaimana data diproses dan menjelaskan aspekfisikal yang telah pasti dan biasanya digunakan juga untuk mendokumentasikanelemen fisikal dari sistem informasi, baik dari sistem yang sudah ada maupunsistem yang akan dibuat. Banyak sekali notasi yang digunakan dalam penggunaanflowchart adapun simbol yang sering digunakan sebagai berikut :f.State Transition Diagram ramyangmenggambarkan bagaimana suatu proses dihubungkan satu sama lain dalamwaktu bersamaan”. State Transition Diagram digambarkan dengan sebuah stateyang berupa komponen sistem yang menunjukkan bagaimana kejadian-kejadiantersebut dari satu state ke state lain. State Tansition Diagram (STD) menunjukkanbagaimana sistem bertingkah laku sebagai akibat dari kejadian external. MenurutRoger (2010:302), “State Tansition Diagram (STD) dapat mengidentifikasikanbagaimana perilaku ( behavior ) suatu sistem terhadap suatu tindakan (event)”.STD menunjukkan berbagai model tingkah laku (state) sistem dan cara dimana

22transisi dibuat dari state satu ke state lainnya. STD ini sendiri merupakan suatumodeling tool yang menggambarkan suatu sifat ketergantungan akan waktu yangterdapatdi sistem. Pada STD ini terdapat 2 macam cara kerja, yaitu:1.PasifDisini sifatnya lebih kepada menerima data saja dalam melakukankontrol terhadap lingkungan2.AktifUntuk sistem ini kontrol dilakukan secara aktif sehingga selainmenerima data, sistem ini juga memberikan suatu resopon terhadapligkungannyaBerikut ini adalah simbol yang digunakan dalam State Tansition Diagram(STD)adalah sebagai berikut :B.Pengertian Entity Relationship Diagram (ER-Diagram).Menurut Ladjamudin (2013:142),“Entity Relationship Diagram (ERD)adalah suatu model jaringan yang menggunakan susunan data yang disimpandalam secara abstrak”.Berdasarkan pengertian diatas, maka penyusun menarik kesimpulan bahwayang dimaksud dengan entity relationship diagram adalah adalah suatu modeljaringan yang menggunakan susunan data yang tersimpan secara sistem atautehnik menggambar suatu skema database dimana setiap komponen yang terlibat

23dalam ERD memiliki atribut masing-masing yang mempresentasikan fakta daridunia nyata yang sedang ditinjau.Berikut ini adalah penjelasan mengenai entity, relationship, dan atribut1.Entity1) Entity adalah obyek yang dapat dibedakan dalam dunia nyata2) Entity set dapat berupa:a. Objek secara fisik misalnya : rumah, kendaraan, peralatan.b. Objek secara konsep misalnya : pekerjaan, perusahaan, rencana.2.RelationshipRelationship adalah hubungan yang terjadi antara satu atau lebih entity.3.AtributAtribut adalah karakteristik dari entity atau relationship yang menyediakanpenjelasan detail tentang entity atau relationship tersebut.4.Derajat dari RelationshipAda beberapa macam derajat relationship yang dapat digunakan dalampembuatan ERD, Ini semua tergantung dari jumlah pihak yang terkait dalamsistem informasi dan relasi yang terjadi antar pihak tersebut.Menurut Ladjamudin (2013:144) “Derajat Relationship adalah derajat yangmenjelaskan jumlah entity yang berpartisipasi dalam suatu relationship.”

24Ada tiga bentuk derajat relationship:1Unary degree2Binary degree3Ternary degreeAdapun uraian gambar dari ketiga derjat relationship adalah sebagai berikut:1.Unary Degree ( Satu entity memiliki satu relationship)PegawaiLaporSumber : Ladjamudin. (2013)Gambar 11.1. Unary Degree2. Binary Degree (Dua entity dengan satu Relationship)PegawaiKerjaDepartemenSumber : Ladjamudin. (20

BAB II LANDASAN TEORI 2.1. Tinjauan Pustaka Untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam penyusunan skripsi ini dibutuhkan tinjauan pustaka yang berisi teori-teori atau konsep-konsep yang digunakan sebagai kajian dan acuan bagi penulis 2.1.1. Pengertian Sistem Suatu sistem t

Related Documents:

tentang teori-teori hukum yang berkembang dalam sejarah perkembangan hukum misalnya : Teori Hukum Positif, Teori Hukum Alam, Teori Mazhab Sejarah, Teori Sosiologi Hukum, Teori Hukum Progresif, Teori Hukum Bebas dan teori-teori yang berekembang pada abad modern. Dengan diterbitkannya modul ini diharapkan dapat dijadikan pedoman oleh para

BAB II Landasan Teori Dan Pengembangan Hipotesis A. Teori Agency (Agency Theory) . agent (yangmenerima kontrak dan mengelola dana principal) mempunyai kepentingan yang saling bertentangan.3 Aplikasi agency theory dapat terwujud dalam kontrak kerja yang akan mengatur proporsi hak dan kewajiban masing-masing pihak dengan tetap memperhitungkan kemanfaatan secara keseluruhan.4 Teori agensi .

BAB II KAJIAN PUSTAKA, KONSEP, LANDASAN TEORI DAN MODEL PENELITIAN 2.1 Kajian Pustaka Beberapa tulisan yang dapat digunakan sebagai tolok ukur seperti tesis, . teori manajemen, dan teori analisis SWOT. Perbedaan penelitian tersebut di atas adalah perbedaaan

BAB II LANDASAN TEORI A. Deskripsi Teori 1. Nilai Nilai berasal dari bahasa Latin vale’re yang artinya berguna, mampu akan, berdaya, berlaku, sehingga nilai diartikan sebagai sesuatu yang dipandang baik, bermanfaat dan paling benar menurut keyakinan seseorang atau sekelompok orang.1

17 BAB II LANDASAN TEORI A. Teori Stakeholder (Stakeholder Theory) Ramizes dalam bukunya Cultivating Peace, mengidentifikasi berbagai pendapat mengenai stakeholder.Friedman mendefinisikan stakeholder sebagai: “any group or individual who can affect or is affected by the achievment of the organi

BAB II . URAIAN TEORI . 1.1. Landasan Teori . Kerangka teoritis adalah konsep-konsep yang sebenarnya merupakan abstraksi dari ha

6 BAB II LANDASAN TEORI . A. Kajian Teori. 1. Konstruktivisme a. Pengertian Konstruktivisme Konstruktivis

the standard three-rail shear test, as described in ‘‘ASTM D 4255/D 4255M The standard test method for in-plane shear properties of polymer matrix composite materials by the rail shear method’’. This setup, however, requires drilling holes through the specimen. In this study, a new design based on friction and geometrical gripping, without the need of drilling holes through the .