RISIKO PASAR - Andri Helmi

1y ago
14 Views
2 Downloads
5.51 MB
50 Pages
Last View : 13d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Brenna Zink
Transcription

RISIKO PASARANDRI HELMI M, SE., MMMANAJEMEN RISIKO

PENGERTIAN Risiko pasar adalah kerugian pada posisi neracadan rekening administratif termasuk transaksiderivatif akibat perubahan keseluruhan padakondisi pasar. Risiko ini dapat bersumber daritrading-book maupun banking book bank.Risiko pasar (Bahasa Inggris: market risk) adalahsuatu risiko yang timbul karena menurunnya nilaisuatu investasi karena pergerakan pada faktorfaktor pasar. Empat faktor standar risiko pasaradalah risiko modal, risiko suku bunga, risiko matauang, dan risiko komoditas.

Risiko pasar muncul karena harga pasar bergerak dalam arah yangmerugikan organisasi. Misal, suatu perusahaan mempunyai portofoliosekuritas saham yang dibeli dengan harga Rp1 miliar.Misalkan hargasaham jatuh, sehingga nilai pasar saham tersebut turun menjadi Rp800 juta. Perusahaan tersebut mengalami kerugian karena nilaiportofolio sahamnya turun sebesar Rp 200 juta.Kerugian tersebutdisebabkan karena harga saham bergerak kearah yang kurangmenguntungkan (dalam hal ini turun).Risiko pasar merupakan kondisi yang dialami oleh suatu perusahaanyang disebabkan oleh perubahan kondisi dan situasi pasar di luar darikendali perusahaan. Risiko pasar sering disebut juga sebagai risioyang menyeluruh, karena sifat umumnya adalah bersifat menyeluruhdan di alami oleh seluruh perusahaan. Contohnya krisis ekonomidunia tahun 1930-an, krisis ekonomi Indonesia 1997 dan 1998,coupd’tat yang terjadi di Filipina pada saat presiden Marcos di ambilalih oleh kekuatan People Power hingga Corazon Aquino menjadipresiden, Amerika Serikat pada kasus Subrime Mortgage 2007,Thailand pada saat Bank Sentral Thailand melakukan devaluasi Bathyang menyebabkan terjadinya kegoncangan pada ekonomi Thailandsecara keseluruhan, perang Teluk yang menyebabkan beberapaNegara di kawasan Timur Tengah seperti Irak dan Kuwait mengalamikegoncangan ekonomi, dan berbagai kasus yang menyeluruh lainnya.

Risiko pasar dari trading book (Traded market risk)adalah risiko dari suatu kerugian nilai investasi akibataktivitas trading (melakukan pembelian dan penjualaninstrumen keuangan secara terus menerus) di pasardengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Hal initimbul sebagai akibat dari tindakan bank yang secarasengaja membuat suatu posisi yang berisiko denganharapan untuk mendapatkan keuntungan dari posisirisiko yang telah diambilnya. (high risk high return).Berbeda dengan Traded market risk, risiko pada bankingbook merupakan konsekwensi alamiah akibat sifat bisnisbank yang dilakukan dengan nasabahnya. Umumnya,bank mempunyai struktur dana yang sifatnya jangkapendek / short funding karena kredit yang diberikanumumnya berjangka waktu lebih lama dari simpanandana nasabah.

BENTUK – BENTUK RISIKO PASARA. General market risk (risiko pasar secara umum)General market risk ini di alami oleh seluruh perusahaan yang disebabkanoleh suatu kebijakan yang dilakukan oleh lembaga terkait yang manakebijakan tersebut mampu memberi pengaruh bagi seluruh sektor bisnis.Contohnya pada saat bank sentral suatu Negara melakukan kebijakantight money policy (kebijakan uang ketat) dengan berbagai instrumennyaseperti menaikkan suku bunga BI rate. Dimana kebijakan menaikkan BIrate ini akan membawa pengaruh secara menyeluruh pada seluruh sektorbisnis yang berhubungan dengan interest rate related instrument(berbagai instrument yang berhubungan dengan suku bunga). Bahwasalah satu pihak yang saling urgen dianggap langsung berhubungan dekatdengan interest rate related instrument adalah perbankan. Dengan begitumereka mengambil kredit dan mendepositokan sejumlah uangnya kebank. Contoh pada saat BI rate dinaikkan maka suku bunga kredit diperbankan akan mengikuti kondisi tersebut yaitu turut menaikkan sukubunga kredit, terutama jika perbankan tersebut menerapkan perhitunganbunga secara sliding rate. Perhitungan berupa kredit secara sliding rateadalah hitungan pada pembebanan bunga terhadap nilai pokok pinjamanakan mengalami penurunan dari setiap bulan ke bulan berikutnya, yangmana ini disesuaikan dengan menurunnya besar nilai dari pokok pinjamansebagai efek dari adanya pembayaran cicilan pokok pinjaman yangdilakukan oleh seorang debitur.

Lanjutan bentuk-bentuk risiko pasar.B. Specific market risk ( risiko pasar secara spesifik)Specific market risk adalah suatu bentuk risiko yang hanya dialami secarakhusus pada satu sektor atau sebagian bisnis saja tanpa bersifatmenyeluruh. Contohnya : Pengumuman yang dikeluarkan oleh suatu lembaga penilai dimanalembaga penilai tersebut memiliki reputasi yang baik dan diakui olehpublik. Bahwa mereka mengumumkan PT.XYZ memiliki kinerja yangrendah dan memiliki utang yang besar serta laporan yangdipublikasikan selama ini kepada publik tidak sesuai dengansebenarnya. Sehingga atas berita tersebut saham dan obligasiperusahaan tersebut langsung jatuh. Dan jatuhnya saham sertaobligasi perusahaan tersebut tidak diikuti oleh perusahaan lain. Salah satu perusahaan dimana pihak manajemen atau komisarisperusahaan terlibat tindak kriminal yang luar biasa dan diekspose olehberbagai media. Sehingga opini publik telah terbentuk bahwaperusahaan tersebut tidak baik dan jelek. Produk yang dijual oleh perusahaan tersebut dianggap mengandungbahan yang berbahaya atau bersifat haram. Contoh suatu produkmakanan yang mengandung lemak babi. Secara islam makanan yangmengandung lemak babi haram hukumnya. Ketika hal itu dieksposeoleh media massa baik cetak maupun elektronik akan menyebabkanterjadinya penurunan drastis pada penjualan produk perusahaan yangberpengaruh pada perusahaan laba perusahaan.

JENIS RISIKO PASAR Risiko Suku Bunga - Risiko kerugian pada posisi keuangan (neracadan rekening administratif) karena perubahan suku bunga. Risiko SukuBunga pada Banking Book merupakan bentuk risiko pasar paling dominandi perbankan Indonesia yang meliputi repricing risk, yield curve risk, basisrisk, options risk. Selain banking book, Bank wajib pula mengelola risikoharga yang disebabkan oleh eksposur trading book (tanpa memandangjenis risiko) karena unrealized Mark to Market (MTM) gain/lossberpengaruh secara langsung pada pendapatan dan atau regulatorycapital. Risiko Nilai Tukar - Risiko kerugian pada posisi keuangan (neraca danrekening administratif) akibat perubahantermasuk perubahan harga emas dimana. nilaitukarvalutaasing,Risiko Ekuitas – Risiko kerugian pada posisi keuangan (neraca danrekening administratif) akibat perubahan nilai ekuitas, dan mencakupseluruh posisi ekuitas pada kategori AFS (available for sale). Risiko Komoditas – Risiko kerugian pada posisi keuangan (neraca danrekening administratif) akibat perubahan nilai komoditas. Risiko translasinilai tukar atas seluruh posisi valas (aset dan kewajiban) pada neraca,baik trading maupun banking book

Add. Risiko Nilai Tukar (Foreign exchange risk)Secara umum dalam ilmu keuangan dikenal dua bentukpasar yaitu pasar modal (capital market) dan pasar uang(money market). Kedua jenis pasar ini saling konomi yang kondusif dan dinamis sehingga denganharapan nantinya akan mampu untuk ikut mendorongpertumbuhan ekonomi Negara yang bersangkutan secarasistematis. Foreign exchange risk merupakan bagian darimoney market (pasar keuangan). Keterlibatan danketertarikan banyak pihak untuk ikut dalam bisnis foreignexchange ini telah menciptakan dinamika bisnis dengantingkat perputaran yang tinggi.bentuk kategori pasar uang dalam Valas:1) Hard currencies2) Soft curriencies

1)Hard currenciesHard currencies (mata uang keras) mencakup mata uangyang berasal dari Negara-negara yang memiliki tingkatkestabilan moneter tinggi atau biasanya berasal dariNegara maju dan sering berbagai pihak menjadikan sikan dengan mata uang negaranya.ContohnyaUSD/JPY atau dollar Amerika dengan Yen Jepang, USD/EURatau dollar Amerika dengan Euro, dan sebagainya.2) Soft currienciesSoft curriencies ( mata uang yang lembut) adalah jenismata uang yang diterbitkan oleh suatu Negara namunjarang dipakai sebagai standar acuan dalam transaksi pasarbisnis internasional, dengan alasan dianggap belummemiliki nilai kelayakan.

Add. Risiko Komoditas (Commodity position risk) Commodity position risk (risiko perubahan nilai komoditi) adalah suatusiuasi dan kondisi dimana terjadinya kerugian akibat perubahan hargabarang komoditi di pasar yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu,dimana kondisi ini akan semakin parah pada saat barang komodititersebut telah terikat kontrak dalam suatu kontrak perjanjian (commoditycontrack) serta informasi tersebut telah sampai ke pasar.Adapun pengertian commodity position risk dalam perspektif perbankanMasyhud Ali mengatakan Commodity position risk adalah risiko terjadinyapotensial kerugian bagi bank sebagai akibat dari perubahan yang memberipengaruh buruk dari commodity price terhadap posisi bank yang terkaitdengan kontrak komoditas. Lebih jauh Masyud Ali memberi contoh padaperbankan adalah “dimana kerugian yang diderita oleh investment bankyang melakukan trading atau commodity derivative product sebagai akibatdari terjadinya volatility atas harga dari suatu commodity tertentu.Jual beli di bursa komoditi sebagai bersifat fluktuatif, naik dan turunterjadi dalam waktu yang cepat. Kondisi ini sering dijadikan keuntunganoleh pihak spekulan yaitu dengan cara membeli pada saat harga rendahdan menjual pada saat harga tinggi, dimana jarak ini dilihat sebagaicapital gain yaitu keuntungan yang diperoleh dari selisih harga beli danharga jual. Kasus di lapangan sering sekali para spekulan melakukan aksiambil untung dengan informasi yang tidak lengkap.Kondisi informasi yangtidak lengkap menciptakan pasar yang tidak efisien.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terjadinya GejolakHarga di Pasara.b.c.d.e.f.Faktor fundamental ekonomiTerjadinya peristiwa besar dalamekonomi dan politikCampur tangannya financialauthoritiesPerimbangan kekuatanpermintaan dan penawaranLikuiditas pasarSuburnya kegiatan arbitrage

Portofolio Mengkombinasikanbeberapa sekuritas dalamsatu portofolio dapatmengurangi risiko secaratotal.Bagaimana cara kerjanya?

tingkatpengembalianMisal kita punya saham A dan saham B.Pengembalian untuk saham tersebut tidakmenunjukkan pergerakkan yang samadalam kurun waktu yang sama (merekatidak berkorelasi sempurna).waktu

tingkatpengembalianMisal kita punya saham A dan saham B.Pengembalian untuk saham tersebut tidakmenunjukkan pergerakkan yang sama dalamkurun waktu yang sama (mereka tidak berkorelasisempurna).kAkpkBwaktu

tingkatpengembalian Apa yang terjadi terhadap variabilitaspengembalian untuk portofolio?kAkpkBwaktu

Diversifikasi Investasi di lebih dari satusekuritas dengan tujuanmengurangi risiko.Jika dua saham berkorelasipositif sempurna, diversifikasitidak memberikan efekterhadap risiko.Jika dua saham berkorelasinegatif sempurna, portofolioterdiversifikasi sempurna.

Beberapa Risiko dapatdidiversifikasi danbeberapa tidak. Market Risk (Risiko Pasar) juga disebutNondiversifiable risk (Risiko Tidakterdiversifikasi) atau risikosistematis.Tipe risiko ini tidak dapatdidiversifikasi.Firm-Specific risk (Risiko Spesifik atasPerusahaan) juga disebut diversifiablerisk(Risiko terdiversifikasi) atau risikotidak sistematis. Tipe risiko ini dapatdikurangi melalui diversifikasi

Risiko Pasar Perubahan yang tidak didugadalam suku bunga.Perubahan yang tidak didugadalam arus kas disebabkanoleh perubahan tarif pajak,kompetisi dari luar negeri,dan siklus bisnis secarakeseluruhan.

Risiko Spesifik atasPerusahaan Serikat buruh melakukandemonstrasi.Manajemen puncak perusahaantewas dalam kecelakaan pesawatterbang.Tangki minyak yang besar bocordan membanjiri area produksiperusahaan.

RisikoPortofolioSemakin banyak anda menambah sahamdalam portofolio anda, risiko spesifikperusahaan berkurang.RisikoSpesifikPerusahaanRisiko PasarJumlah saham

Apakah ada perusahaan yangmemiliki risiko pasar lebih besardibandingkan lainnya?Ya. Contoh:Perubahan tingkat suku bungamempengaruhi semuaperusahaan, namun manayang lebih terpengaruh:a) Jaringan makan ritel(Restoran)b) Bank komersial

CatatanSepanjang pengetahuan kita,pasar mengkompensasikaninvestor untuk menerimarisiko – namun hanya untukrisiko pasar. Risiko spesifikperusahaan dapat danharus didiversifikasi.Jadi, - kita harus bisamengukur risiko pasar.

Itulah sebabnya kitamempelajari BETA.Beta: suatu pengukuran terhadap risikopasar.Secara spesifik, beta adalah suatu ukuranbagaimana sebuah pengembalian sahamindividu bervariasi terhadappengembalian pasar.Beta adalah suatu pengukuran terhadap“sensitivitas” pengembalian sahamindividual terhadap perubahan dalampasar.

Beta pasar adalah 1 Suatu perusahaan yang memilikibeta 1 memiliki risiko pasar ratarata. Saham tidak lebih dan tidakkurang volatile daripada pasar.Suatu perusahaan dengan beta 1lebih volatile daripada pasar (Co:perusahaan komputer).Suatu perusahaan dengan beta 1kurang volatile daripada pasar (Co:Perusahaan utilities, seperti PLN).

Menghitung BetaBeta kemiringan 1.20Pengembalian XYZ Co.15. .10 . . . . . . . .5.PengembalianS&P 500.-15-105-5 -510. . . . . . -10. . . . . -15.15

Kesimpulan: Kita tahu bagaimana mengukur risiko,menggunakan standar deviasi untuk risikokeseluruhan dan beta untuk risiko pasar.Kita tahu bagaimana untuk mengurangi risikokeseluruhan hanya kepada risiko pasarmelalui diversifikasi.Kita perlu mengetahui bagaimana memberiharga suatu risiko sehingga kita akan tahuberapa besar pengembalian ekstra yang kitaperkirakan untuk menerima risiko ekstra.

Apakah the Required Rate ofReturn? Tingkat pengembalianinvestasi yangdikehendaki / diinginkanoleh investor denganmempertimbangkanrisiko investasi.

RequiredRisk-freerate of rate ofreturnreturnMarketRiskRisk PremiumFirm-specificRiskcan be diversifiedaway

TingkatPengembalianYangdiinginkanLet’s try to graph thisrelationship!Beta

TingkatPengembalianYangdiinginkan12%.Risk-freerate ofreturn(6%)1Beta

tline(SML)SML Garis PasarSurat BerhargaTingkatPengembalianBebasRisiko(6%)1Beta

Hubungan linier antararisiko dan required returndikenal sebagai CapitalAsset Pricing Model(CAPM).

TingkatPengembalianYangdiinginkanApakah ada sekuritas(zero beta) riskless?SML.12%Sekuritas negara adalahyang terdekat Beta

TingkatPengembalianYangdiinginkanDimana S&P 500Dalam a

TingkatPengembalianYangdiinginkanDimana S&P 500Dalam SML?SML.12%The S&P 500 adalahperkiraan terbaikUntuk pasarTingkatPengembalianBebasRisiko(6%)01Beta

2%.TingkatPengembalianBebasRisiko(6%)01Beta

L.12%TingkatPengembalianBebasRisiko(6%)01Beta

Persamaan CAPM :kj krf b j(km - krf)dimana:kj Tingkat pengembalianyang diinginkan atassekuritas j,bkrf tingkat suku bungabebas risiko,j Beta untuk sekuritas j,

Contoh: Misal obligasi negaramemiliki tingkat suku bunga6%, pengembalian rata-rataS&P 500 index adalah 12%,dan Walt Disney memiliki beta1.2.Menurut CAPM, berapaseharusnya tingkatpengembalian yang diinginkanatas saham Disney?

kj krf b (km - krf)kj .06 1.2 (.12 - .06)kj .132 13.2%Berdasarkan perhitunganCAPM, saham Disneydihargai sebesar 13.2%.

TingkatPengembalianYangdiinginkanSMLSecara teoritis, setiapSekuritas harusnya beradapada SML.Jika setiap saham12%berada pada SML,investor secarapenuh dikompensasikanuntuk risiko.TingkatPengembalianBebasRisiko(6%)01Beta

TingkatPengembalianYangdiinginkanJika sekuritas beradaDi atas SML, disebutunderpriced.SML.12%Jika sekuritasdibawah SML,Disebut a

Latihan: Tentukan nilai intrinsik saham biasadengan informasi sebagai berikut:ROE 20%50% laba ditahanBeta 1.4recent dividend 4.30Treasury bond yield 7.5%Return on the S&P 500 12%Harga pasar saham biasa 100Akankan anda beli saham tersebut?

Latihan: g ROE x r .20 x .50 10%D0 4.30, so D1 4.30(1.10) 4.73k .075 1.4 (.12 - .075) D14.73.138Vcs kcs - g .138 - .10 124

Latihan 2: Dengan menggunakan hargasaham bulanan berikut, hitungstandar deviasi ataspengembalian saham

Perhitungan PengembalianSederhana 50 60tt 1Pt 1 - PtPtPt 1Pt -1 60 - 50506050 20%-1 20%

monthDecJanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDecprice 50.00 58.00 63.80 59.00 62.00 64.50 69.00 69.00 75.00 82.50 73.00 80.00 86.00(a)(b)monthly expectedreturnreturn(a - b)2

monthDecJanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDecprice 50.00 58.00 63.80 59.00 62.00 64.50 69.00 69.00 75.00 82.50 73.00 80.00 86.00(a)(b)monthly 00.0000.0870.100-0.1150.0960.075(a - b)2

monthDecJanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDecprice 50.00 58.00 63.80 59.00 62.00 64.50 69.00 69.00 75.00 82.50 73.00 80.00 86.00(a)(b)monthly 490.0490.0490.0490.0490.0490.0490.0490.049(a - b)2

monthDecJanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDecprice 50.00 58.00 63.80 59.00 62.00 64.50 69.00 69.00 75.00 82.50 73.00 80.00 86.00(a)(b)monthly 490.0490.0490.0490.0490.0490.0490.0490.049(a - 10.0024010.0014440.0026010.0289600.0020900.000676

Suatu perusahaan yang memiliki beta 1 memiliki risiko pasar rata-rata. Saham tidak lebih dan tidak kurang volatile daripada pasar. Suatu perusahaan dengan beta 1 lebih volatile daripada pasar (Co: perusahaan komputer). Suatu perusahaan dengan beta 1 kurang volatile daripada pasar (Co: Perusahaan utilities, seperti PLN).

Related Documents:

mengelola risiko. 4. Proses atau tahapan dalam pengelolaan risiko. 5. Enterprise Risk Management (pengelolaan risiko dalam suatu . sebagian besar instrumen keuangan atau komoditas di dunia. Dengan . risiko: risiko murni dan risiko spekulatif, risiko subjektif dan objektif, dan dinamis dan statis. Gambar 1.2.

likuiditas. Risiko kredit adalah risiko yang timbul sebagai akibat kegagalan pihak memenuhi kewajibannya.9 Selain risiko-risiko tersebut, bank syariah juga menghadapi satu risiko yang mempengaruhi tingkat keuntungan bank, yaitu risiko pembiayaan. Risiko pembiayaan adalah

Anomali pasar muncul sebagai fenomena di pasar modal akibat adanya perdebatan dan pertentangan mengenai kebenaran teori pasar efisien (Akbar,2009). Dalam pasar modal, fenomena anomali pasar menggambarkan keadaan pasar yang tidak efisien. Berikut merupakan anomali pada setiap bentuk pasar efisien beserta pengujiannya: a.

Cari risiko potensial yang mungkin terjadi pada berbagai bidang usaha/industri; a) Manufaktur b) Telekomunikasi c) Jasa 2. Pilih satu dari ke-3 industri tersebut kasus risiko potensial berkaitan dengan manajemen risiko mendasarkan pada tujuan manajemen risiko. 3. Bagaimana langkah pengidentif

Tata Kelola Risiko 30 4. Sumber Daya Penerapan Manajemen Risiko 36 BAB III ASPEK OPERASIONAL 38 1. Pengantar 38 2. Manajemen Perubahan 40 3. Panduan Manajemen Risiko 42 4. Implementasi Manajemen Risiko 44 5. Komunikasi dan Konsultasi 45 6. Menentukan Konteks 46 7. Asesmen Risiko 51 8. Perlakuan Risiko 60 9. Monitoring dan Review 62 10.

Tim Pembimbingan dan Konsultasi Manajemen Risiko Kementerian Keuangan Formulir 1.0 Piagam Manajemen Risiko 33 9. Selera Risiko Ditetapkan oleh Komite Manajemen Risiko Persepsi UPR terhadap tinggi rendahnya risiko Tingkat risiko yang bersedia diambil oleh sebuah organisasi (instansi) da

tetap diadakan analisis risiko. 2.3 Manajemen Risiko 2.3.1 Pengertian Manajemen Risiko Definisi tentang manajemen risiko banyak sekali pendapat dari berbagai pakar, seperti: 1. Menurut Darmawi, (2000). Manajemen risiko adalah proses pengukuran atau penilaian risiko serta pengembangan

Engineering Mathematics – I Dr. V. Lokesha 10 MAT11 8 2011 Leibnitz’s Theorem : It provides a useful formula for computing the nth derivative of a product of two functions. Statement : If u and v are any two functions of x with u n and v n as their nth derivative. Then the nth derivative of uv is (uv)n u0vn nC