Perkembangan Fisik Dan Kognitif Anak Usia Dini - Uny

1y ago
21 Views
2 Downloads
1.54 MB
59 Pages
Last View : 3d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Randy Pettway
Transcription

PERKEMBANGAN FISIK DANKOGNITIF ANAK USIA DINIYulia Ayriza, Ph. D.Dr. Rita Eka izzaty, M. Si.

ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN FISIK Bagaimana tubuh dan otak anak berubah pada rentangusia 3-6 tahun, dan masalah-masalah tidur apa saja,serta pencapaian motorik yang belum terjadi?

PERTUMBUBUHAN BADAN DAN PERUBAHANNYAPertumbuhan fisik berlanjut selama rentang usia3-6 tahun, tapi lebih lambat dibanding masainfancy dan toddler. Anak pada umumnya kehilangan penampilanbayi, bulat, dan lebih langsing, penampilanatloetis masa kanak-kanak. Anak laki-laki lebih tinggi, berat, dan berototdibandingkan anak perempuan. Sistem internal tubuh mulai matang.

POLA TIDUR DAN PERMASALAHANNYA Bentuk-bentuk kebiasaan tidur berubah selama masaanak usia dini melewati keseluruhan kehidupan dandipengaruhi oleh harapan budaya.Beberapa gangguan tidur: kadang-kadang berjalanatau berbicara sambil tidur, teror tidur, dan mimpiburuk yang sering terjadi.Mengompol biasanya bisa diatasai sendiri oleh anaktanpa bantuan khusus.

Penyebab masalah-masalah tidur yang terus antaralain: terdapat gangguan emosi, fisiologi, atau kondisineurotik aktivitas kebetulan dari sistem kontrol motorikpada otak (Hobson & Silvestri, 1999) stimulasi yang tidak nyenyak yang mungkindipicu oleh gangguan pernapasan, gerakan kakiberulang

PERKEMBANGAN OTAK Perkembangan otak berlanjut selama masa anak-anakdan berdampak pada perkembangan motorik.Perkembangan otak selama masa anak usia diniterjadi kurang dramatis dibandingkan infancy.Pada usia 6 tahun, volume otak mencapai 90% dariberat otak orang dewasa (Benes, dkk, 1994).

KETERAMPILAN MOTORIK Kemajuan anak yang cepat pada kemampuan motorik halusdan kasar, mengembangkan sistem tindakan yang lebihkompleks.Keterampilan motorik kasar: keterampilan fisik yangmelibatkan otot-otot besar.Keterampilan motorik halus: ketrampilan fisik yangmelibatkan otot-otot kecil dan koordinasi mata-tangan.Kemahiran/kecakapan anak sangat beragam, tergantungpada faktor genetis dan kesempatan untuk belajar danmempraktekkan keterampilan motorik.

KETERAMPILAN MOTORIKHandedness pilihan untuk menggunakan dominasitangan tertentu (kiri atau kanan) biasanyaberkembang di usia 3 tahun, mencerminkandominasi 1 bagian otak. Apakah handedness keturunan? Individu yang mewarisi gen tunggal untukhandedness kanan dari salah satu orang tua,menggunakan dominan tangan kanan. Individu yangtidak mewarisi gen ini memiliki kesempatan 50:50untuk menggunakan tangan kanan atau kidal.

PERKEMBANGAN ARTISTIK Menurut penelitian Kellogg, tingkatperkembangan seni, yang mencerminkanperkembangan otak dan koordinasi motorikadalah pada tahap pembentukan, perencanaan,penggambaran awal, dan penggambaran lanjut.

KESEHATAN DAN KESELAMATAN Apa saja kesehatan utama dan risiko keselamatanyang harus diperhatikan pada anak kecil?Faktor utama penyebab penyakit pada anak-anak dinegara industri saat ini berkurang karena meluasnyaimunisasi. Namun, pencegahan penyakit berlanjutmenjadi masalah utama di negara berkembang

MENCEGAH OBESITAS Sekitar 22 juta anak di bawah 5 tahun mengalamiobesitas (Belizzi, 2002).Prevalensi obesitas pada anak prasekolah meningkat.Faktor utama obesitas adalah lingkungan sepertimakanan cepat saji, kurangnya olahraga.Faktor pencegah obesitas:1) Makan malam yang rutin,2) waktu tidur yang cukup,3) menonton TV kurang dari 2 jam per hari

KEKURANGAN GIZI Merupakan penyebab kematian utama kematian anakdi bawah usia 5 tahun (Bryce, Boschi-Pinto, Shibuya,Black, & the WHO, 2005).Kekurangan gizi dapat memengaruhi semua aspekkehidupan.Beberapa studi menyatakan dampak kekurangan gizipada pertumbuhan dapat dikurangi denganmemperbaiki pola makan dan perawatan fisik.

ALERGI MAKANAN Yaitu sistem repons imun tidak normal pada makanantertentu.90% penderita alergi makanan disebabkan 7makanan: susu, telur, kacang tanah, kacang polong,ikan, kedelai, dan gandum.Alergi makanan secara umum meningkat dan berlakusama pada anak laki-laki dan perempuan.

KEMATIAN DAN LUKA-LUKA MENDADAK Kecelakaan, terutama yang terjadi di rumahmerupakan penyebab utama kematian anak-anak diAS.Lebih dari 7 dari 10 penyebab kematian pada anak dibawah 5 tahun terjadi pada keluarga kurang mampu,penduduk di pedesaan sub-Sahara Afrika dan AsiaSelatan, tempat gizi tidak dipenuhi, tidak ada airbersih, dan sanitasi yang kurang memadai.

KESEHATAN DALAM KONTEKS: PENGARUH LINGKUNGAN 1.2.Faktor-faktor yang mengakibatkan gangguan fisik,kognitif, dan perilaku:Status Sosial Ekonomi dan Ras/Etnissemakin rendah SSE satu keluarga, makin besar anakmengalami resiko sakit, luka-luka, dan kematian.Gelandangananak-anak gelandangan cenderung memilikipermasalahan kesehatan yang lebih banyakdaripada anak-anak yang tinggal di rumah.3. Paparan rokok, polusi udara, pestisida, dantimbal.

PERKEMBANGAN KOGNITIF Apa saja kemajuan kognitif umum dan aspek-aspekketidakmatangan berpikir pada anak prasekolah?

PENDEKATAN PIAGET: ANAK DI TAHAPPRAOPERASIONAL Jean Piaget menyebut perkembangan anak usia dini sebagaitahap operasional dalam perkembangan kognitif, karena anakpada usia ini belum siap terlibat dalam operasi mental logisyang akan ada pada tahap operasional konkret di masapertengahan.Tahap operasional: tahap utama yang kedua dariperkembangan kognitif, ditandai dengan perluasan pemikiransimbolis, tetapi anak belum dapat menggunakanlogikanya.

KEMAJUAN PEMIKIRAN DI AWAL MASAPERKEMBANGANFungsi simbolisPemahaman objekdalam ruangKemajuanpemikiran di awalmasaperkembanganPemahaman sebabakibatPemahaman identitasdan pengategorianPemahaman angkaangka

FUNGSI SIMBOLIS Yaitu istilah Piaget untuk menyebut kemampuan untukmenggunakan representasi mental (kata-kata, angka, ataugambaran) ketika anak-anak melekatkan artinya.Fungsi simbolis memudahkan anak mencerminkan orang,objek, dan peristiwa yang secara fisik tidak ada.Hal ini menunjukkan imitasi yang ditunda, bermain peran, danperkembangan bahasa.Bermain peran: bermain melibatkan individudan situasi yang ada hanyadalam khayalan saja, disebutjuga bermain fantasi, dramatis,atau imajinatif.

Perkembangan simbolis membantu anak praoperasionalmembuat penilaian akurat tentang hubungan spasial.Mereka dapat menghubungkan sebab akibat dengan kondisikeluarga, memahami konsep identitas, mengategorikan,membandingkan jumlah, dan memahami prinsip berhitung.

PEMAHAMAN OBJEK DALAM RUANG Anak-anak tidak sampai usia 3 tahun mampu memahamihubungan antara gambar, peta atau model skala, dan objekatau ruang yang dihadirkan.

PEMAHAMAN SEBAB AKIBAT Menurut Piaget, anak dalam masa perkembanganbelum bisa memahami sebab akibat secara logis.Hal ini disebabkan oleh transduksi kecenderungananak praoperasional untuk secara mental terkaitfenomena tertentu, tidak memandang apakah adahubungan sebab akibat secara logis.

PEMAHAMAN IDENTITAS DAN PENGKATEGORIAN Pengkategorian/klasifikasi menghendaki anak untukmengidentifikasi persamaan dan perbedaan.Di usia 4 tahun, banyak anak dapat menggolongkanhingga 2 kriteria, seperti warna dan bentuk.Pengelompokkan adalah kemampuan untukmembedakan yang hidup dan yang tidak hidup.

PEMAHAMAN ANGKA-ANGKA Bayi usia 4 bulan memiliki konsep belum matang mengenaiangka.Usia 12-18 bulan anak telah mengenali ordinality konsepmembandingkan jumlah.Tidak sampai 3,5 tahun, anak konsisten menggunakanprinsip-prinsip utama (cardinality) dalam berhitung(Wynn, 1990)Usia 4 tahun anak memiliki banyak kata untukmembandingkan jumlah.

PERKEMBANGAN KOGNITIF Apa saja kemajuan kognitif umum dan aspek-aspekketidakmatangan berpikir pada anak prasekolah?

ASPEK-ASPEK YANG BELUM MATANG PADAPEMIKIRAN PRAOPERASIONAL Karakteristik pemikiran operasional adalah sentrasi(centartion): kecenderungan fokus pada salah satu aspek darisebuah situasi dan melalaikan yang lainPiaget anak menjadi tidak logis karena tidak dapatdecenter berpikir secara simultan mengenai beragam aspekdari suatu situasi.

EGOSENTRISME Anak praoperasional memperlihatkan sifat egosentrisyang berkurang daripada yang Piaget pikirkan.egosentrisme: ketidakmampuan untukmempertimbangkan sudut pandang orang lain,karakteristik dari pemikiran anak.

KONSERVASI Istilah Piaget untuk kesadaran pada dua objek yangserupa berdasarkan pengukuran tertentu tetaplah samadalam menghadapai perubahan persepsi selama tidakada yang ditambahkan atau diambil dari objek lain.Menurut Piaget anak tidak sepenuhnya memahamiprinsip konservasi sampai memasuki tahapperkembangan yang konkret danmengembangkan tahap konservasi yangberagam di usia yang berbeda.

Kemampuan mengonservasi serta logika dibatasi olehireversibilitas kegagalan anak-anak di tahappraoperasional untuk memahami bahwa suatu operasidapat bisa memiliki satu tujuan atau lebih.Konsentrasi membantu anak praoperasional untukmemahami prinsip konservasi.

APAKAH ANAK KECIL MEMILIKI TEORI PIKIRAN? Teori pikiran: kesadaran dan pemahaman akan prosesmental.Teori pikiran yangberkembang antara usia 3w dan 5tahun , termasuk kesadaran anak-anak tentang prosesberpikirnya, kognisi sosial, memahami bahwaindividu dapat mempercayai hal-hal yang keliru,kemampuan untuk mengelabui,membedakan tampilan dari kenyataan,serta membedakan fantasi realita.

PENGETAHUAN TENTANG BERPIKIR DANKEADAAN MENTAL Antara usia 3 dan 5 tahun, anak mulai memahamibahwa berpikir adalah pekerjaan pikiran.Anak prasekolah umumnya percaya bahwa pikiranakan terus aktif (Flavell, 1993; Flavel dkk., 1995).Mereka juga memiliki sedikit kesadaran tentang apayang mereka atau orang lain pikirkan dalam katakata.

KEYAKINAN YANG KELIRU DAN TIPU DAYA Keyakinan keliru berasal dari kenyataan bahwa idividumenerima representasi mental realitas, yang kadang menjadisalah.Tipu daya: usaha untuk menumbuhkan keyakinan yangkeliru dalam pikiran seseorang, hal ini menghendaki anakuntuk menahan dorongan menjadi jujur.

MEMBEDAKAN ANTARA TAMPILAN DAN REALITA Menurut Piaget, tidak hingga usia sekitar 5-6 tahun,anak mulai memahami perbedaan antara apa yangtampak nyata dan apa yang nyata.Anak umur 3 tahun masih bingung antara tampilandan reallita.

MEMBEDAKAN ANTARA FANTASI DAN REALITA Kadang anak usia 18 bulan dan 3 tahun belajarmembedakan antara kejadian nyata dan peristiwayang dibayangkan.Pikiran magis pada anak usia 3 tahun dan yang lebihtua tampaknya tidak membendung kebingunganantara fantasi dan realita. Sepertihalnya orang dewasa, anak pada umumnyasadar mengenai sifat alami dari figur fantasi, tetapilebih menaruh harapan pada kemungkinan bahwamereka nyata.

Kematangan dan lingkungan memengaruhi perbedaanindividual dalam perkembangan teori pikiran.Kompetensi sosial dan perkembangan bahasamemberi kontribusi untuk memahami pikiran danemosi. Perkembangan otak juga diperlukan dalam teoripikiran terutama aktivitas neural pada korteksprafrontal.

PENDEKATAN PENGOLAHAN INFORMASI:PERKEMBANGAN MEMORI Apa saja kemampuan memori yang berkembang padaanak usia dini?

PROSES DASAR DAN KAPASITAS 1.2.Model pengolahan informasi menggambarkan 3:Pengodean meletakkan informasi untuk disimpan ditempat penyimpanan jangka panjang untukkemudian dipanggil.Penyimpanan penyimpanan informasi dalammemori yang digunakan untuk kemudian hari.3. Pemanggilan kembali proses bagaimanainformasi diakses atau dipanggil kembalidari tempat penyimpanan memori

Meskipun memori sensori menunjukkan sedikit perubahansesuai usia, kapasitas memori kerja meningkat denganpesat.Memori sensoris: penyimpanan awal, singkat, dan temporerdari informasi sensoris.Eksekutif kontrol kontrol kesadaran, emosi, dan tindakanuntuk mencapai tujuan atau memecahkanmasalah mengontrol masuknya informasi dari dan kememori jangka panjang.

MEREKOGNISI DAN MENGINGAT Merekognisi: kemampuan mengidentifikasi stimulusstimulus yang pernah dihadapi.Mengingat: kemampuan untuk mereproduksi kembalimateri dan memori.Pada semua usia, pengenalan lebih baik dari padapemanggilan. Tapi keduanya meningkat pada anak usia dini.

MEMBENTUK DAN MENYIMPAN MEMORI MASAANAK 1.2.Ada 3 tipe memori masa anak-anak dengan fungsi yangberbeda.Memori generik: memori yang menghasilkan naskah (garisbesar peristiwa yang familier, berulang seperti naik bus)familier yang rutin untuk menuntun perilaku.Memori episodik: memori jangka panjang dari pengalamanspesisfik atau peristiwa yang berhubungan dengan waktudan tempat. Memori episodik hanya bersifatsementara akan hilang/berubah ke memori generik.

3.memori autobiografis: memori dari kejadiankejadian khusus dalam kehidupan seseorang.Memori auto biografis secara khusus dimulai sekitarusia 3 atau 4 tahun. Hal ini mungkin berkaitandengan pengenalan diri dan perkembangan bahasa.

PENGARUH PADA DAYA INGAT Anak-anak lebih bisa mengingatw aktivitas yangtodak biasa saat mereka aktif berpartisipasi.Memori yang muncul pertama kali akan bertahanlama dan lebih jelas dibandingkan memori lain. Halini dipengaruhi faktor keunikan dari setiap kejadiandan dampak emosional. .Cara orang dewasa bicara dengan anak tentangberbagai kejadian memengaruhi formasimemori.

INTELEGENSI: PENDEKATAN PSIKOMETRIK DANVYGOTSKIAN Bagaimana intelegensi anak prasekolah diukur danapa saja yang memengaruhinya?

PENGUKURAN PSIKOMETRI TRADISIONAL 1.2 tes psikomteri yang sering digunakan untuk mengukurkecerdasan anak-anak adalah:Stanford-Binnet Intellegence Scale tes intelegensiindividu untuk usia 2 tahun ke atas digunakan untukmengukur penalaran cair; pengetahuan, penalaran,kuantitatif, proses spasial-visual, dan memori kerja.2.Weschler Preschool and Primary Scale ofIntelligence (WPPSI-III) tes intelegensiindividual untuk anak-anak usia 2-7 tahun yangmenghasilkan skor verbal, performa, dan juganilai kombinasi keduanya.

PENGARUH PADA PENGUKURAN INTELEGENSI Skor tes kecerdasan meningkat di negara-negara industri.Hal ini mendorong para pengembang tes meningkatkannorma-norma standar tesnya (Flynn, 1984, 1987).Faktor yang bisa memengaruhi skor IQ adalah statussosial ekonomi (SSE), Neisser, dkk, 1996), genetis, danlingkungan.

TES DAN PENGAJARAN BERDASARKAN TEORIVYGOTSKY Tes terbaru berdasarkan konsep Vygotsky mengani zone ofproximal development (ZPD) megindikasikan potensi segerauntuk pencapaian.ZPD: membedakan antara apa yang anak dapat lakukansendiri dan apa yang dapat dilakukan dengan bantuan.ZPD dkombinasikan dengan scaffolfing, dapat membantuorang tua dan guruw membimbing kemajuan anak-anakmereka.

PERKEMBANGAN BAHASA Bagaimana bahasa berkembang selama masa anakusia dini dan apa yang terjadi ketika perkembangantersebut terlambat?

KOSAKATA, TATA BAHASA, DAN SINTAKSIS Selama masa anak usia dini, kosakata meningkat tajam.Pesatnya pemahamam kosakata terjadi melalui pemetaankhusus proses saat anak-anak menyerap arti dari kata-katabaru setelah mendengar sekali atau dua kali dalam suatupercakapan.Tata bahasa dan sintaksi menjadi lebih baik.

PRAGMATIK DAN BICARA SOSIAL Anak menjadi lebih kompeten dalam pragmatik pengetahuanpraktis yang dibutuhkan untuk menggunakan bahasa untuktujuan komunikatif.Anak tahu bagaimana bertanya sesuatu, mengatakan cerita,bagaimana memulai dan melanjutkan percakapan, ataumemberikan komentar.Aspek tersebut merupakan bicara sosial bicara yangmemiliki tujuan untuk bisa dipahami oleh pendengar.

PERCAKAPAN SENDIRI Yaitu bicara pada diri sendiri tanpa bermaksudberkomunikasi dengan orang lain.Bicara sendiri adalah hal normal dan biasa terjadi; ini dapatmembantu peralihan ke pengaturan diri.

PERKEMBANGAN BAHASA YANG TERLAMBAT Penyebab tertundanya perkembangan bahasa tidaklahjelas.Jika tidak ditangani, keterlambatan bahasa bisamemiliki konsekuensi serius pada perkembangankognitif, sosial, dan emosional.

PERSIAPAN UNTUK LITERASI Kemunculan literasi: perkembangan keterampilan anakprasekolah dalam pengetahuan dan sikap yang mendasarimembaca dan menulis.Interaksi antara orang dewasa dapat membantumengembangkan kemunculan literasi.Keterampilan sebelum membaca dibagi menjadi 2:1. Kemampuan membaca oral seperti kosakata,sintaksi, struktur, dan pemahaman terhdap bahasa.2. Kemampuan bersuara khusus yang membantupengodean kata-kata yang dicetak.

MEDIA KOGNISI Tidak seperti infant dan toddler, anak-anak di usiaprasekolah mengerti sifat simbol-simbol dari televisidan dapat meniru segala perilaku mereka lihat(Bandura, Ross, , & Ross, 1963)

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Apa tujuan pelaksanaan pendidikan anak usia dinidan bagaimana anak melewati masa transisi ke tamankanak-kanak?

TIPE-TIPE PRASEKOLAH Prasekolah memiliki beragam tujuan dan kurikulum.Tujuan pendidikan prasekolah berbeda di tiap budaya.Isi program akademis dari pendidikan anak usia dini diAmerika Serikat meningkat, tetapi beragam studimendukung pendekatan studi yang berpusat pada anak.

Dua program yang paling berpengaruh:1. Metode MontessoriMetode ini dikembangkan oleh dokter Italia, MariaMontessori. Metode ini didasarkan pada keyakinanbahwa intelegensi alami anak termasuk di dalam aspekrasionalitas, spiritual, dan aspek empiris. Metode inimenekankan pentingnya belajar secara mandiri dengankecepatan mereka, sebagaimana mereka bekerja denganmateri yang sesuai dan tugas-tugas yanganak pilih sendiri.

2. Pendekatan Reggio EmiliaPendekatan ini dikembangkan oleh sebuah kelompokpendidik dan orang tua di Italia pada tahun 1940-an.Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan kehidupananak-anak dan keluarga melalui dialog tanpa kekerasandan debat, mengembangkan keterampilan pemecahanmasalah, dan menempa lebih dekat hubungan,hubungajangka panjang antar guru dan siswanya.Guru mengikuti ketertarikan anak danmengeksplorasi dan menyelidiki ide dan perasaananak lewat kata, gerak, permainan, dramatis,dan musik.

KOMPENSASI PROGRAM PRASEKOLAH Program penggantian kerugian prasekolah didesainuntuk membantu anak-anak yang akan masuksekolah, tetapi belum kurang persiapan untuk belajar.Program kompensasi prasekolah telah memiliki hasilpositif dan performa partisipan mendekati normanasional. Kompensasi program yang mulai sejak dinimungkin memiliki hasil yang lebih baik.

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TK awalnya adalah 1 tahun transisi antara kebebasanyang relatif di rumah dengan struktur “sekolahsesungguhnya”. Namu di AS saat ini TK lebihmenyerupai sekolah dasar.Banyak anak saat ini mengikuti TK secara penuh. Keberhasilan di TK sangat tergantung padapenyesuaian emosional dan persiapan praTK.

Perkembangan otak berlanjut selama masa anak-anak dan berdampak pada perkembangan motorik. Perkembangan otak selama masa anak usia dini terjadi kurang dramatis dibandingkan infancy. Pada usia 6 tahun, volume otak mencapai 90% dari berat otak orang dewasa (Benes, dkk, 1994).

Related Documents:

A. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 1. Pengertian Perkembangan Kognitif Perkembangan kognitif sering diidentikkan dengan perkembangan kecerdasan. Perkembangan kognitif merupakan dasar bagi perkembangan intelegensi pada anak. Pada anak usia dini, pengetahuan masih bersifat subjektif, dan akan berkembang menjadi objektif apabila sudah .

Perkembangan Fisik dan Kognitif pada Anak Usia Pertengahan Perkembangan Fisik Aspek-Aspek Perkembangan Fisik Kesehatan, Kebugaran, dan Keamanan Perkembangan Kognitif Pendekatan Piagetian: Tahap Konkret Operasional Pendekatan Pengolahan Informasi: Perencanaan, Atensi, dan Memori Pendekatan Psikometri: Pengukuran Intelegensi

METODOLOGI PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI Oleh : Dra. Hj. Zulminiati M.Pd NIP: 196012251986032001 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan . Mengetahui kekurangan anak dalam perkembangan kognitif c. Menilai kompetensi yang ingin dicapai anak dalam perkembangan kognitif d. Melaporkan perkembangan anak pada orang tua

pembelajaran bagi anak pada tataran usia dini dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan anak sabagai suatu pijakan awal yang mempersiapkan anak ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Aspek-aspek perkembangan anak yang meliputi perkembangan fisik-motorik, perkembangan bahasa-literasi, perkembangan kognitif dan perkembangan

Tabel 2.1 Indikator Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 4-5 tahun Tabel 2.2 Indikator Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 5-6 tahun Tabel 3.1 Gambaran umum penelitian yang berkaitan dengan konsep Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

anak lainnya seperti aspek perkembangan kognitif dan aspek perkembangan sosial emosional anak. Selain itu, meningkatnya keterampilan gerak dan fisik anak akan berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh anak. B. PENYAJIAN 1. Pengembangan Motorik AUD a. Pengertian Motorik Dalam buku Anak Prasekolah (2000) tertulis bahwa masa lima tahun pertama

MANAJEMEN PENGEMBANGAN KREATIVITAS KOGNITIF DAN BAHASA ANAK USIA DINI DI PAUD "HANDAYANI" SKB KENDAL SKRIPSI Disusun sebagai salah satu syarat . diharapkan dicapai anak pada rentang usia tertentu. Perkembangan anak yang dicapai merupakan integrasi aspek pemahaman nilai-nilai agama dan moral, fisik, kognitif, bahasa dan sosial-emosional .

Perkembangan kognitif anak usia dini merupakan kemampuan anak dalam memahami sesuatu yang berada pada lingkungan sekitar sehingga pengetahuan anak akan semakin bertambah. Perkembangan anak dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi ras, keluarga, umur, jenis kelamin, genettik dan kelainan kromosom.