Upaya Mempertahankan Kemerdekaan Indonesi - Uny

1y ago
13 Views
3 Downloads
1.30 MB
19 Pages
Last View : 2d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Abby Duckworth
Transcription

UPAYA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAANINDONESIAOleh:Taat WulandariE-mail: taat wulandari@uny.ac.id

PERJUANGAN MEMPERTAHANKANKEMERDEKAAN INDONESIA Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus1945, maka secara resmi bangsa Indonesia telah merdekadan terbebasdari segala bentuk penindasan sertapenjajahan. Namun tidak demikian, gangguan dari bangsa asing masihdatang yakni dari Pemerintahan Belanda, kali inikedatangan pasukan Belanda ke tanah air disambutdengan berbagai bentuk perlawanan oleh bangsaIndonesia. Sehingga sejak tahun 1945-1950 telah terjadiberbagai macam pertempuran antara pihak Indonesia dngBelanda yg dibantu oleh pasukan Inggris.

Perjuangan Mempertahankan KemerdekaanIndonesia diberbagai daerah

Pertempuran Surabaya Tanggal 25 Oktober 1945, tentara Sekutu mendarat diSurabaya dipimpin oleh Brigadir Jendral Mallaby.Tanggal 27-30 Oktober 1945, terjadi kontak sejata antarapara pemuda Indonesia dng pasukan Inggris. Dalampertempuran ini, pasukan Inggris dapat dipukul mundurbahkan puncak dari pertempuran tsb adalah terbunuhnyapemimpin pasukan Brigadir Jendral Mallaby.Tanggal 9 Nopember 1945, Inggris mengeluarkan ultimatumyg berisi “semua pimpinan dan orang Indonesia yangbersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya ditempat yang ditentukan dan menyerahkan diri denganmengangkat tangan”. Namun Ultimatum tersebut ditolak olehpihak Indonesia.Tanggal 10 November’45 terjadi pertempuran yg sangatdasyat, pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, lautmaupun udara. Peristiwa 10 November ini diperingati sbgHARI PAHLAWAN.

Pertempuaran Ambarawa Pada tanggal 20 Oktober’45, tentara Sekutu di bawahpimpinan Brigadir Bethell mendarat di Semarangdengan maksud mengurus tawanan perang. Kedatangansekutu ini diboncengi oleh NICA. Namun, ketikapasukan Sekutu dan NICA telah sampai di Ambarawadan Magelang untuk membebaskan para tawanantentara Belanda, para tawanan tsb justru dipersenjataisehingga menimbulkan kemarahan pihak Indonesia. Tgl 26 Okt’45 dikota Magelang terjadi pertempuranantara pasukan TKR dgn pasukan gabungan Inggris danNICA. Insiden tsb terhenti setelah Soekarno & BrigadirBethell melakukan perundingan dan memperoleh katasepakat. Namun ternyata pihak sekutu mengingkarijanji, Shg pada tgl 23 Nov’45- 11 Des’45 di Ambarawapecah pertempuran antara TKR & Sekutu.

Lanjutan Pada tgl 12 Des’45 Pertempuran berkobar diAmbarawa. Kol. Soedirman langsung memimpinpasukannya yang menggunakan taktik gelar supiturang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisisehingga musuh benar-benar terkurung. Setelahbertempur selama 4 hari. Pada tanggal 15Desember 1945 pertempuran berakhir, Indonesiaberhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuatmundur. Kemenangan pertempuran ini kini diabadikan dngdidirikannya “Monumen Palagan Ambarawa” dandiperingatinya Hari Jadi TNI Angkatan Darat atauHari Juang Kartika.

Pertempuran Medan Area Pada tanggal 9 Oktober 1945 pasukan Sekutu di bawahpimpinan Brigjen T.E.D. Kelly mendarat di Medan dandibonceng NICA yang dipersiapkan untuk mengambil alihpemerintahan.Pada tanggal 13 Oktober1945 pemuda dan TKR bertempurmelawan Sekutu dan NICA dalam upaya merebut danmengambil alih gedung-gedung pemerintahan dari tangansekutu.Pada tanggal 10 Desember 1945, Sekutu dan NICAmelancarkan serangan besar-besaran terhadap kota Medan.Dan pada bulan April 1946, Sekutu berhasil menduduki kotaMedan.Untuk melanjutkan perjuangan di Medan maka pada bulanAgustus 1946 dibentuk Komando Resimen Laskar RakyatMedan Area. Komandan ini terus mengadakan seranganterhadap Sekutu diwilayah Medan. Hampir di seluruh wilayahSumatera terjadi perlawanan rakyat

Bandung Lautan Api Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaranbesar yang terjadi di kota Bandung, pada tgl 24 Maret’46.Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandungmembakar rumah mereka, meninggalkan kota menujupegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukanuntuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belandauntuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markasstrategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.Karena kejadian tsb, Tentara Inggris merasa tidak terima danmulai menyerang, sehingga pertempuran sengit terjadi.Pertempuran yang paling besar terjadi di Desa Dayeuhkolot,di mana terdapat gudang amunisi besar milik Tentara Sekutu.Dalam pertempuran ini Muhammad Toha dan Ramdan, duaanggota milisi BRI (Barisan Rakyat Indonesia) terjun dalammisi untuk menghancurkan gudang amunisi tersebut. DanMuhammad Toha berhasil meledakkan gudang tersebut

Agresi Militer Belanda I Agresi militer Belanda I diawali oleh perselisihan Indonesia danBelanda akibat perbedaan penafsiran terhadap ketentuan hasilPerundingan Linggarjati.Pada tanggal 21 Juli 1947 Belanda melancarkan aksi polisionilyang dikenal dengan agresi militer I. Tujuannya adalah untukmenguasai sarana-sarana vital di Jawa dan Madura. PasukanBelanda bergerak dari Jakarta dan Bandung untuk mendudukiJawa Barat, dan dari Surabaya untuk menduduki Madura.Berbagai reaksi bermunculan akibat agresi militer IPada tanggal 4 Agustus 1947, PBB mengeluarkan perintahpenghentian tembak menembak. Untuk mengawasi gencatansenjata, PBB membentuk Komisi Tiga Negara (KTN).Tugas utama KTN adalah mengawasi secara langsungpenghentian tembak-menembak sesuai dengan Resolusi DewanKeamanan PBB.

Pemberontakan PKI Madiun 1948 Puncak gerakan dari PKI ini terjadi pada tgl 18 September 1948Latar Belakang1. Terbentuknya FDR (Front Demokrasi Rakyat) yang dipimpinoleh Amir Syarifuddin2. Kedatangan Musso dari Uni Soviet yang membawa pahamKomunis3. Adanya kerja sama antara Musso dan Amir Syarifuddin untukmembentuk negara Komunis .Tujuan :1. Mendirikan Negara Republik Soviet Indonesia Komunis2. Menghancurkan dan menggulingkan kebinet HattaUsaha Perlawanan :1. Pemerintah mengadakan Operasi Militer di Jawa Tengah(Pimpinan Letkol Gatot Subroto), Jawa Timur (Pimpinan LetkolSungkono), Divisi 3 Siliwangi di Jawa Barat ( Pimpinan Jend.Ahmad Yani)

Agresi Belanda II Latar Belakang terjadinya agresi Belanda II disebabkankarena Perundingan Renville mengalami kemacetan. Tujuan Belanda mengadakan Agresi Militer yang keduaialah ingin menghancurkan kedaulatan Indonesia danmengusai kembali wilayah Indonesia denganmelakukan serangan militer terhadap beberapa daerahpenting di Yogyakarta sebagai ibu kota Indonesia padasaat itu. Pada tanggal 19 Desember 1948 Belanda melancarkanaksi polisionil ke II. Belanda menduduki kotaYogyakarta, yang diawali dengan penerjunan pasukanpayung di Lapangan Udara Maguwo, serta mengepungdan menghancurkan konsentrasi TNI. Dalam agresikedua, Belanda berhasil menduduki Yogyakarta danmenangkap para pemimpin politik serta militer.

PERJUANGAN MEMPERTAHANKANKEMERDEKAAN INDONESIAMELALUI DIPLOMASI1234 Perjanjian Linggarjati Perjanjian Renville Perjanjian Roem-Royen Konferensi Meja Bundar(KMB)

PERJANJIAN LINGGARJATI (15 November1946 - 25 Maret 1947) : Hasil Perundingan:1. Belanda mengakui secara de facto wilayah RepublikIndonesia, yaitu Jawa, Sumatera dan Madura.2. Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambattanggal 1 Januari 1949.3. Pihak Belanda dan Indonesia Sepakat membentuknegara RIS.4. Dalam bentuk RIS Indonesia harus tergabung dalamCommonwealth /Persemakmuran.Perjanjian Linggarjati ini menimbulkan pro dan kontra dikalangan masyarakat Indonesia. Pelanggaran PerjanjianPelaksanaan hasil perundingan ini tidak berjalan mulus.Pada tanggal 20 Juli 1947, Gubernur Jendral H.J. vanMook akhirnya menyatakan bahwa Belanda tidak terikatlagi dengan perjanjian ini, dan pada tanggal 21 Juli 1947,meletuslah Agresi Militer Belanda I.

PERJANJIAN RENVILLE (8 Desember 1947 17 Januari 1948) : Perjanjian ini dilakukan antara Indonesia dan Belanda yangditandatangani pada tanggal 17 Januari 1948 di atas kapalperang Amerika Serikat (USS Renville), yang berlabuh dipelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Perundingan dimulai padatanggal 8 Des’47 dan ditengahi oleh Komisi Tiga Negara(KTN), yang terdiri dari Amerika Serikat, Australia, dan Belgia. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Amir Syarifuddin. DelegasiKerajaan Belanda dipimpin oleh R. Abdul Kadir Wijoyoatmojo. Hasil Perundingan :1. Belanda hanya mengakui Jawa tengah, Yogyakarta, danSumatera sebagai bagian wilayah Republik Indonesia.2. Disetujuinya sebuah garis yang memisahkan wilayahIndonesiadandaerahpendudukanBelanda.3. TNI harus ditarik mundur dari daerah-daerah kantongnyadi wilayah pendudukan di Jawa Barat dan Jawa Timur .

PERJANJIAN ROEM-ROIJEN (14 April 1949 7 Mei 1949) : Perjanjian ini dimulai pada tanggal 14 April1949 danakhirnya ditandatangani pada tanggal 7 Mei1949 diHotel Des Indes, Jakarta. Namanya diambil dari keduapemimpin delegasi, Mohammad Roem dan Herman vanRoijen. Maksud pertemuan ini adalah an Indonesia sebelum KMB di Den Haag Hasil pertemuan ini adalah:1) Angkatan bersenjata Indonesia akan menghentikansemua aktivitas gerilya.2) Pemerintah Republik Indonesia akan menghadiri KMB3) Pemerintah Republik Indonesia dikembalikan keYogyakarta4) Angkatan bersenjata Belanda akan menghentikan semuaoperasi militer dan membebaskan semua tawanan perang

KONFERENSI MEJA BUNDAR (23 Agustus1949 - 2 November 1949) : Hasil dari Konferensi Meja Bundar (KMB)adalah:1) Belanda mengakui RIS sebagai negara merdekadan berdaulat.2) Status Irian Barat diselesaikan dalam waktusetahun sesudah pengakuan kedaulatan.3) Akan dibentukUni Indonesia-Belanda.4) RIS mengembalikan hak milik belanda danmemberikan hak konsesi dan izin baru utkperusahaan-perusahaan Belanda.5) Pengambil alihan hutang Hindia Belanda olehRepublik Indonesia Serikat

DAFTAR PUSTAKA Badrika, Wayan. 2004. Sejarah Indonesia danUmum. Jakarta: Erlangga. Wiharyanto, Kardiyat. 2011. Sejarah Indonesia dariProklamasi sampai Pemilu 2009. Yogjakarta:Universitas Sanata Dharma.

TERIMA KASIH

Andi kurniawan: dari beberapaperjuangan diplomasi, mengapamasih merugikan indonesia? Qodri: kenapa tidak menolak sajahasil perundingan tersebut? Lailatul: apa yang dilakukan ormas?

Pada tanggal 13 Oktober1945 pemuda dan TKR bertempur melawan Sekutu dan NICA dalam upaya merebut dan mengambil alih gedung-gedung pemerintahan dari tangan sekutu. Pada tanggal 10 Desember 1945, Sekutu dan NICA melancarkan serangan besar-besaran terhadap kota Medan. Dan pada bulan April 1946, Sekutu berhasil menduduki kota Medan.

Related Documents:

PEMIKIRAN TAN MALAKA TENTANG STRATEGI KEMERDEKAAN INDONESIA DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH DAN HAM PBB . Dan data-data lainnya yang berkaitan dengan Pemikiran Politik Tan Malaka Tentang Konsep Kemerdekaan Indonesia. . Adapun riwayat pendidikan adalah sebagai berikut: 1. SDN 2 Tanjung Baru (Kecamatan Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung .

www.kimia.uny.ac.id Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis teori belajar konstruktivisme Regina Tutik Padmaningrum*), Endang Widjayanti LFX, dan I Made Sukarna *)Jurdik Kimia FMIPA UNY, padmaningrumreginatutik@yahoo.co.id FMIPA UNY, Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Depok Sleman, DIY, 55281 Abstrak

Brunei Darussalam memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 1 Januari 1984. 4) Pada masa-masa awal kemerdekaan Malaysia, hubungan negara ini dengan Indonesia mengalami dinamika yang sangat tinggi diakibatkan oleh sikap Presiden Soekarno yang dengan tegas menolak berdirinya Federasi Malaysia. Bung Karno

Pada masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Kota Bukitinggi berperan sebagai kota perjuangan dan ditunjuk sebagai Ibu Kota Negara Indonesia setelah Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda atau dikenal dengan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang dibentuk pada 19 Desember 1948 di Bukittingi, Sumatera Barat oleh Syafruddin

3. Tujuan Reward Adapun tujuan pemberian reward yang utama adalah: 30 a) Menarik (Attract) Reward harus mampu menarik orang yang berkualitas untuk menjadi anggota organisasi. b) Mempertahankan (Retain) Reward juga bertujuan untuk mempertahankan pegawai dari incaran organisasi lain. Sistem reward yang baik dan menarik mampu

perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id commit to user iii Demi menjaga image dan citra Asuransi Jiwa B ersama Bumi Putera Syariah 1912 Surakarta selalu mempertahankan kualitas produk dan Sumber Daya Manusia (karyawan/ agen) serta harus tetap mempertahankan kinerja yang sudah baik, dan kalau bisa meningkatkan

Upaya pemerintah dalam melindungi satwa langka di wilayah Indonesia dengan telah dikeluarkannya perturan perundang-undangan dimana peraturan tersebut mengatur semua jenis satwa langka yang dilindungi oleh negara dan upaya pelestarian dengan konservasi satwa langka. Selain itu bagi pelaku yang menangkap, melukai, membunuh,

The American Revolution, 1763-1783 By Pauline Maier This essay excerpt is provided courtesy of the Gilder Lehrman Institute of American History. INDEPENDENCE The Seven Years’ War had left Great Britain with a huge debt by the standards of the day. Moreover, thanks in part to Pontiac’s Rebellion, a massive American Indian uprising in the territories won from France, the British decided to .