Pertemuan 10a Manajemen Pasar Uang - WordPress

2y ago
33 Views
2 Downloads
945.65 KB
9 Pages
Last View : 12d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Ophelia Arruda
Transcription

http://www.hadiborneo.wordpress.com/

Instrumen Pasar UangJenis-jenis RisikoInvestasi di PasarKeuanganPengertian dan FungsiKarakteristikPeserta Pasar Uang

Pasar uang adalah suatu kelompok pasar di mana instrumenkredit jangka pendek, yang umumnya berkualitas tinggidiperjualbelikan (biasanya jatuh temponya dalam waktu 1 tahunatau kurang).FUNGSI PASAR UANG1. Merupakan sarana alternatif bagi lembaga-lembaga keuangan, perusahaanperusahaan nonkeuangan, dan peserta-peserta lainnya baik dalammemenuhi kebutuhan dana jangka pendeknya maupun dalam rangkamelakukan penempatan dana atas kelebihan likuiditasnya.2. Sebagai sarana pengendali moneter oleh penguasa moneter dalammelaksanakan operasi pasar terbuka yang dilakukan dengan menggunakanSertifikat Bank Indonesia (SBI) untuk tujuan kontraksi moneter, dan SuratBerharga Pasar Uang (SBPU) sebagai instrumen ekspansi moneter.

Perbedaan Pasar Uang dan Pasar ModalPasar uangMenyediakan sarana pengalokasian dan pinjaman danajangka pendek, merupakan pasar likuiditas primer.Transaksi dilakukan dengan menggunakan saranatelekomunikasi, sehingga sering pula disebut denganpasar abstrak karena pelaksanaan transaksi tidakdilakukan di tempat tertentuMerupakan pasar yang tidak terorganisasi (unorganizedmarket)Pasar modalBerkaitan dengan surat-surat berharga yang berjangkapanjang.Memiliki tempat transaksi tertentu yang disebut bursaefekMerupakan pasar yang terorganisasi (organized market),pelaksanaannya diatur dan diawasi oleh otoritas pasarmodal yaitu Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal).Jatuh tempo biasanya dalam waktu 1 tahun atau kurang Jatuh tempo biasanya dalam waktu lebih dari 1 tahunPersamaan Pasar Uang dan Pasar Modal1.2.Merupakan sarana bagi investor dalam melakukan investasi.Merupakan sarana mobilisasi dana bagi pihak yang membutuhkan dana.

Pihak yang terlibat dalam transaksi pasar uang antara tahPerusahaanbesar

Pasar uang mempertemukan pihak yang memiliki surplus dana dengan pihakyang mengalami defisit.Transaksi dalam pasar uang sebagian besar bersifat jangka pendek.Berfungsi untuk memenuhi kebutuhan dana jangka pendekperusahaan, lembaga keuangan, dan pemerintah, mulai dari overnightsampai dengan jangka waktu jatuh tempo satu tahun.Menyediakan outlet investasi bagi pihak surplus dana jangka pendek yangingin memperoleh pendapatan atas dana yang belum terpakai.

Risiko pasar (interest-rate risk)Risiko reinvestmentRisiko gagal bayarRisiko inflasiRisiko valuta (currency or exchange rate risk)Risiko politikMarketability atau Liquidity risk.

Jenis instrumen atau surat-surat berharga yang diperjualbelikan dalampasar uang di berbagai negara dan diperdagangkan secara internasionalantara lain meliputi:Treasury Paper (CP)Bill ofExchangeNegotiableCertificateof Deposits(CDs)Banker'sAcceptance(BA)

Page 9

Pasar uang adalah suatu kelompok pasar di mana instrumen kredit jangka pendek, yang umumnya berkualitas tinggi diperjualbelikan (biasanya jatuh temponya dalam waktu 1 tahun atau kurang). FUNGSI PASAR UANG 1. Merupakan sarana alternatif bagi lembaga-lembaga keuangan, perusahaan- perusahaan nonkeuangan, dan pes

Related Documents:

Bab 14. Pasar Uang amanitanovi@uny.ac.id BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAIN 182 A. PENGERTIAN Pasar uang (money market) merupakan pasar yang menyediakan sarana pengalokasian dan pinjaman dana jangka pendek. Jangka waktu surat berharga yang diperjualbelikan biasanya kurang dari satu tahun. Karena itu pasar uang merupakan pasar likuiditas primer. Pelaku utama dalam pasar uang: 1. Lembaga-lembaga .

5.3.3.5 Dana Pensiun Lembaga Keuangan 80 5.3.3.6 Pegadaian 84 5.3.3.7 Asuransi 85 BAB VI PASAR UANG DAN PASAR MODAL 93 6.1 Instrumen-instrumen Pasar Uang 95 1. Treasury Bills (T-Bills) 95 2. Bankers Acceptance 96 3. Bill of Exchange 98 4. Repurchase Agreement 99 5. CPPP (Commercial Paper Promissory Note) 101 vi

menyebabkan nilaibtukar rupiah melemah atau terjadi depresiasi. 4.1.2 Deskripsi Hasil Penelitian 4.1.2.1 Nilai Tukar Rupiah Nilai tukar uang atau yang biasa disebut dengan kurs mata uang adalah catatan harga pasar dari mata uang asing dalam harga mata uang domestik, atau bisa disebut dengan harga mata uang domestik dalam mata uang asing.

Anomali pasar muncul sebagai fenomena di pasar modal akibat adanya perdebatan dan pertentangan mengenai kebenaran teori pasar efisien (Akbar,2009). Dalam pasar modal, fenomena anomali pasar menggambarkan keadaan pasar yang tidak efisien. Berikut merupakan anomali pada setiap bentuk pasar efisien beserta pengujiannya: a.

Pertemuan 6 diberikan tugas untuk presentasi kelompok Pertemuan 7 diadakan QUIZ / review materi Pertemuan 8 diadakan UTS dimana materi diambil dari pertemuan 1-6 Pertemuan 9-12 dilakukan seperti biasanya dimana dosen menyampaikan materi kepada mahasiswa. Pertemuan 13-14 diadakan presentas

3. Pertemuan ke-3 dan ke-4 Pada pertemuan ini peserta didik melakukan prakrik pembuatan kable utp dan pemanfaatannya secara optimal. 4. Pertemuan ke -5 Pada pertemuan ini di lakukan pelatihan dalam memasarkan kabel UTP kepada konsumen. 5. Pertemuan ke-6 Pertemuan ini

Kondisi Pasar Uang Rupiah 6 1. Transaksi pasar uang didominasi transaksi Unsecured (PUAB) & FX Swap. a. PUAB terkonsentrasi pada tenor pendek. b. FX Swap mengisi tenor menengah panjang & didominasi perbankan asing. c. Pricing tenor panjang belum efisien karena likuiditas rendah (jarang ditransaksikan). 2. Transaksi Repo cenderung stagnan a.

NOT A performance standard . ISO 14001 - 2004 4.2 Environmental Policy 4.6 Management Review 4.5 Checking 4.5.1 Monitoring and Measurement 4.5.2 Evaluation of Compliance 4.5.3 Nonconformity, Corrective Action and Preventive Action 4.5.4 Control of Records 4.5.5 Internal Audits 4.3 Planning 4.3.1 Environmental Aspects 4.3.2 Legal/Other Requirements 4.3.3 Objectives, Targets and Programs 4 .