TINJAUAN PELEPASAN INFORMASI REKAM MEDIS . -

3y ago
217 Views
20 Downloads
354.13 KB
79 Pages
Last View : 2m ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Sabrina Baez
Transcription

TINJAUAN PELEPASAN INFORMASI REKAM MEDISDALAM MENJAMIN ASPEK HUKUM KERAHASIAANREKAM MEDIS DI RSUD Dr. H. MOCH. ANSARISALEH BANJARMASINTAHUN 2011Karya Tulis IlmiahDiajukan Guna Melengkapi Sebagian SyaratDalam Menyelesaikan Pendidikan PadaProgram Studi Perekam dan Informasi KesehatanENGGAR NORMANTO08D30010PROGRAM STUDI PEREKAM DAN INFORMASI KESEHATANSTIKES HUSADA BORNEOBANJARBARU2011Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

TINJAUAN PELEPASAN INFORMASI REKAM MEDISDALAM MENJAMIN ASPEK HUKUM KERAHASIAANREKAM MEDIS DI RSUD Dr. H. MOCH. ANSARISALEH BANJARMASINTAHUN 2011ENGGAR NORMANTO08D30010PROGRAM STUDI PEREKAM DAN INFORMASI KESEHATANSTIKES HUSADA BORNEOBANJARBARU2011Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

HALAMAN PERNYATAANYang bertanda tangan di bawah ini,Nama:Enggar NormantoNIM:08D30010Program Studi:Perekam dan Informasi KesehatanJudul KTI:“Tinjauan Pelepasan Informasi Rekam MedisDalam Menjamin Aspek Hukum KerahasiaanRekam Medis Di RSUD. Dr. H. Moch. AnsariSaleh Banjarmasin Tahun 2011”.Dengan ini saya menyatakan bahwa hasil penulisan Karya Tulis Ilmiahyang telah saya buat ini merupakan hasil karya sendiri dan tidak melakukanpelanggaran sebagai berikut : Plagiasi tulisan maupun gagasan Rekayasa dan manipulasi data Meminta tolong atau membayar orang lain untuk meneliti Mengajukan sebagian atau seluruh karya ilmiah untuk publikasiatau untuk memperoleh gelar atau sertifikat atau pengakuanakademik atau profesi di tempat lainApabila terbukti saya melakukan pelanggaran tersebut diatas, maka sayabersedia menerima sanksi berupa pencabutan gelar akademik.Demikian pernyataan ini saya buat dalam keadaan sadar dan tidakdipaksakan.Penulis,Materai Rp. 6000[Enggar Normanto]iiiKTI, Enggar Normanto Agustus 2011.Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

HALAMAN PERSETUJUANNama:Enggar NormantoNIM:08D30010Karya Tulis Ilmiah ini telah disidangkanBanjarbaru, 04 Agustus 2011Pembimbing Utama,Pembimbing Pendamping,Rizana Mirza, SH. M. KesNIDN : 1128086602Apit Widiarta, Amd. PKNIDN : 1119098402Mengetahui,Kepala Sub Bagian Rekam MedisRSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh BanjarmasinMasnayanti, S. KepNIP : 196770721 199003 2 005ivKTI, Enggar Normanto Agustus 2011.Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

HALAMAN PENGESAHANNama: Enggar NormantoNIM: 08D30010Karya Tulis Ilmiah ini telah dipertahankan didepan dewan penguji dan disetujuiPada tanggal : 04 Agustus 2011Penguji 1 (Ketua),Rizana Mirza, S.H. M.KesNIDN : 1128086602Penguji 2 (Anggota),Penguji 3 (Anggota),Apit Widiarta, Amd. PKNIDN : 1117108502Hj. Hosizah, SKM. MKMNIDN : 0319027101Diketahui,Ketua Sekolah Tinggi IlmuKesehatan STIKES Husada BorneoKetua Program StudiPerekam dan Informasi KesehatanRusman Efendi, SKM. M.SiNIDN : 1218047801Deasy Rosmala Dewi, SKM. M. KesNIDN : 1126027501Tanggal lulus :vKTI, Enggar Normanto Agustus 2011.Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

MOTTO“Kuasai dirimu, dan kau akan kuasai dunia dan Akhirat”“Bukan pertumbuhan yang lambat yang harus Anda takuti. Anda harus lebihtakut untuk tidak tumbuh sama sekali. maka tumbuhkanlah diri Anda dengankecepatan apapun”(Mario Teguh)"Barang siapa menginginkan kebahagiaan di duniamaka haruslah dengan ilmu,barang siapa yang menginginkan kebahagian di akhiratmaka haruslah dengan ilmu,dan barang siapa menginginkan kebahagian pada keduanyamaka haruslah juga dengan ilmu"(HR. Ibn Asakir)viKTI, Enggar Normanto Agustus 2011.Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

HALAMAN PERSEMBAHANTrimakasih Tuhan, trimakasih atas waktu dan kesempatan yang kau berikanuntukku hingga aku bisa merasakan hal ini dalam hidupku.Sebuah penghargaan dari niat yang tulus ku persembahkan kepada kedua orangtuaku, yang menjadi sosok tujuan dan sosok panutanku yang selalu sabar dan tak pernahberhenti membangkitkanku disaat terpuruk dalam hidupku. Do’akan selalu anakmu ini dapatmengamalkan ilmu yang telah telah diperoleh dan menjadi anak yang sholeh, taat beribadahdan bakti kepada mu.Dan kubingkiskan untuk Kakak, Kakak ipar dan juga Keponakanku, yang selalumengsihiku dan selalu memberikan dukungan, semangat dan nasehat. Semoga adikmu inimenjadi orang yang berguna di dunia dan akhirat.Bapak, dan Ibu Dosen pengajar, yang senantiasa memberikan pencerahan atasketidaktahuanku. S’moga ilmu yang kalian sampaikan menjadi amal yang terus mengalirnantinya.Seluruh staf Sub Bagian Rekam Medis, terutama Ibu Masnayanti, Ka’ Rahmadindan Ka’ Iwan yang selama ini telah membantu baik waktu dan tenaganya yang begitu berartidalam proses penyelesaian Karya Tulis ini, terimakasih dan trimakasih. Semoga ilmu yang diberikan menjadi ladang amal yang terus bermanfaaat.Sahabat–sahabat terbaikku dalam mengejar mimpi, Rahmadi, Erwin E. R. KatinaPurwandani, Khusnul Khatimah, Anna Maulida, dan teman-teman satu perjuangan yangtidak dapat ku sebutkan satu-persatu dan tanpa mengurangi rasa hormat. Terima kasihuntuk selalu membantuku dalam kesulitan. Terimakasih teman-teman, tanpa kalian aku tidakakan pernah bisa seperti ini.Seseorang disana yang memberikan pengertian, kasih sayang dan semangatnyapadaku, terima kasih semangatmu akan tetap ada dari sekarang, nanti, ataupun masa yangakan datang.viiKTI, Enggar Normanto Agustus 2011.Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

ABSTRAKEnggar Normanto. 08D30010TINJAUAN PELEPASAN INFORMASI REKAM MEDIS DALAM MENJAMINASPEK HUKUM KERAHASIAAN REKAM MEDIS DI RSUD Dr. H. MOCHANSARI SALEH BANJARMASIN TAHUN 2011Karya Tulis Ilmiah. Program Studi Perekam Dan Informasi Kesehatan. 2011.(xvii 58 Lampiran)Sarana pelayanan kesehatan bertanggung jawab untuk melindungiinformasi kesehatan yang terdapat didalam rekam medis terhadap kemungkinanhilang, rusak, pemalsuan dan akses yang tidak sah. Secara keseluruhan,keamanan (security), privasi (privacy), kerahasian (confidentiality) dankeselamatan (safety) adalah perangkat yang membentengi informasi dalamrekam medis.Salah satu masalah yang terdapat dalam pelepasan informasi medispasien di RSUD Dr. H. Moch Ansari Saleh Banjarmasin yaitu belumdioptimalkannya penggunaan ijin tertulis serta pendokumentasian tertulispelepasan informasi rekam medis kepada pihak ke-3.Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitiandeskriptif dengan pendekatan (study case) yang bertujuan untuk mengetahuigambaran pelepasan informasi rekam medis di RSUD Dr. H. Moch. Ansari SalehBanjarmasin dalam menjamin aspek hukum kerahasiaan rekam medis pasien.Sampel dalam penelitian ini yaitu pelepasan informasi rekam medis pasien rawatinap kepada pihak ke-3 dengan analisis data univariat serta penyajian datadalam bentuk tabular dan tekstular.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan informasi rekam medisuntuk keperluan penelitian sebanyak 18 permintaan dengan persentase (90%).Sedangkan penggunaan informasi untuk klaim asuransi sebanyak 2 permintaandengan persentase (10%). Dimana terdapat 3 prosedur pelepasan informasirekam medis, namun prosedur pelepasan informasi medis yang telah dibuatbelum dijalankan secara optimal. Pihak yang terlibat dalam proses pelepasaninformasi medis pasien adalah PPAT, Diklat, Sub Bag Rekam Medis,Dokter/Tenaga Medis dan Petugas Ruangan. Penggunaan ijin tertulis dalamsetiap pelepasan informasi rekam medis pasien belum terlaksana denganoptimal.Daftar Pustaka: 26 (1966 – 2010)Kata Kunci: Pelepasan Informasi Rekam Medis, KerahasiaanInformasi Rekam MedisviiiKTI, Enggar Normanto Agustus 2011.Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

ABSTRACTEnggar Normanto. 08D30010REVIEW OF RELEASE INFORMATION OF MEDICAL RECORD TO CERTIFYLEGAL ASPECTS OF THE CONFIDENTIALITY MEDICAL RECORD IN RSUDDr. H. MOCH. ANSARI SALEH BANJARMASIN IN 2011Scientific Writing. Medical Record and Health Information Collage. 2011(xvii 58 Appendices)Health care facilities are responsible for protecting the health informationcontained in medical records to the possibility of lost, damaged, forgery andunauthorized access. Overall, the safety, privacy, confidentiality and safety aredevices that shield information in medical records.One of the issues contained in the release of medical information ofpatients in RSUD Dr. H. Moch Ansari Saleh Banjarmasin have not yet usedwritten permission and documentation optimally of medical records release ofinformation to a third party.Research methods using descriptive research method with the case studyapproach. The aims to know the description of the release of information medicalrecords in RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin in guaranteeing thelegal aspects of confidentiality of patient medical records. The sample in thisstudy is the release of information medical records of inpatients to a third partywith univariate data analysis and presentation of data in tabular and texstular.The results showed that the use of medical record information forresearch purposes by the percentage of a total of 18 requests 90%. While theuse of information for insurance claims as many as two requests with thepercentage 10%. There are 3 procedures medical records release of information,but the medical information release procedures that have been made yet runoptimally. Parties involved in the process of release of patient medical informationis PPAT, Training, Medical Record Department, Doctor / Medical Personnel andHeating Officer. The use of written consent in each release of patient medicalrecord information has not been done to the optimum.References: 26 (1966 - 2010)Keywords: Release of Medical Record Information, Confidentiality ofMedical Record InformationixKTI, Enggar Normanto Agustus 2011.Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

KATA PENGANTARPuji syukur kehadirat Allaah SWT, yang telah memberikan sertahidayahNya sehingga dengan ijinNya sehingga penulis bisa menyusun KaryaTulis Ilmiah (KTI) ini dengan judul “ Tinjauan Pelepasan Informasi Rekam MedisDalam Menjamin Aspek Hukum Kerahasiaan Rekam Medis Di RSUD Dr. H.Moch. Ansari Saleh Banjarmasin”. Adapun tujuan dari penyusunan Karya TulisIlmiah ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikanpendidikan Diploma III Perekam dan Informasi Kesehatan STIKES HusadaBorneo Banjarbaru.Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah inibanyak kekurangan – kekurangan, namun demikian penulis menyadari bahwapenulisan ini tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa bantuan dan kerjasamadari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikanbanyak terima kasih yang tidak terhingga kepada :1.Rusman Efendi, SKM. M.Si, selaku Ketua STIKES Husada BorneoBanjarbaru.2.Rizana Mirza. SH. M.Kes, selaku pembimbing I penulisan KTI.3.Apit Widiarta, Amd. PK, selaku pembimbing II penulisan KTI.4.Masnayanti, S. Kep, selaku Kepala Sub Bagian Rekam Medis RSUD Dr. H.Moch. Ansari Saleh Banjarmasin.5.Seluruh Staff Rekam Medis RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin.6.Deasy Rosmala Dewi, M. Kes, selaku ketua Program Studi Perekam danInformasi Kesehatan STIKES Husada Borneo Banjarbaru.7.Teman-teman dan semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaianproposal Karya Tulis Ilmiah yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.8.Ucapan terima kasih yang tulus dan ikhlas kepada Ayah, Ibu dan Kakakyang selalu memberikan dorongan moril maupun materiil serta do’a yangtulus ikhlas dan mencurahkan segala kasih sayang dan semangat yang tiadahentinya.xKTI, Enggar Normanto Agustus 2011.Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

Akhirnya penulis menyadari atas segala keterbatasan, untuk itu saran dankritik yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan KaryaTulis Ilmiah ini dengan harapan, semoga Karya Tulis Ilmiah ini bermanfaat bagipengambil kebijakan di bidang kesehatan, dan pengembangan ilmu pengetahuanbagi penelitian selanjutnya.Banjarbaru,Agustus 2011.PenulisxiKTI, Enggar Normanto Agustus 2011.Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

DAFTAR ISIHALAMAN COVER .iHALAMAN JUDUL .iiHALAMAN PERNYATAAN .iiiHALAMAN PERSETUJUAN .ivHALAMAN PENGESAHAN .vMOTTO .viHALAMAN PERSEMBAHAN .viiABSTRAK . viiiABSTRACT .ixKATA PENGANTAR .xDAFTAR ISI .xiiDAFTAR TABEL .xvDAFTAR GAMBAR . xviDAFTAR LAMPIRAN . xviiBAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang .11.2Rumusan Masalah .31.3Tujuan Penelitian .31.3.1 Tujuan Umum .31.3.2 Tujuan Khusus .4Manfaat Penelitian .41.4.1 Bagi Institusi Rumah Sakit .41.4.2 Bagi Akademik .41.4.3 Bagi Penulis .4Keaslian Penelitian .41.41.5BAB IITINJAUAN PUSTAKA2.1Tinjauan Teori .62.1.1 Pengertian Rekam Medis .62.1.2 Tujuan Rekam Medis .7xiiKTI, Enggar Normanto Agustus 2011.Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

2.1.3 Kegunaan Rekam Medis .72.1.4 Kepemilikan Rekam Medis .92.1.5 Nilai Informasi Yang TerkandungDalam Rekam Medis . 102.1.6 Pelepasan Informasi Rekam Medis . 112.1.7 Persetujuan Pelepasan Informasi Medis . 132.1.8 Aspek Hukum Kerahasiaan Rekam Medis . 18BAB III2.2Landasan Teori . 242.3Kerangka Konsep Penelitian . 26METODE PENELITIAN3.1Rancangan Penelitian . 273.2Lokasi dan Waktu . 273.2.1 Lokasi . 273.2.2 Waktu . 273.3Subjek Penelitian . 283.3.1 Populasi . 283.3.2 Sampel . 283.4Variabel Penelitian dan Definisi Oprasional . 283.4.1 Variabel Penelitian . 283.4.2 Definisi Oprasional . 293.5Instrumen Penelitian . 303.6Teknik Pengumpulan Data . 303.6.1 Studi Dokumen . 303.6.2 Observasi . 313.6.3 Wawancara . 313.7Teknik Analisis Data . 313.8Prosedur Penelitian . 313.8.1 Tahap Persiapan Penelitian . 313.8.2 Tahap Pelaksanaan Penelitian . 323.8.3 Tahap Akhir Penelitian . 323.9Keterbatasan dan Kelemahan Penelitian . 33xiiiKTI, Enggar Normanto Agustus 2011.Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

BAB IVHASIL DAN PEMBAHASAN4.1Hasil Penelitian . 334.1.1 Gambaran Umum Rumah Sakit . 334.1.2 Pengguna Informasi Rekam MedisPasien Rawat Inap, Khususnya Pihak Ke-3 . 364.1.3 Prosedur Pelepasaan Informasi Rekam MedisPasien Rawat Inap Kepada Pihak Ke-3 . 374.1.4 Pihak Yang Terlibat Dalam Proses PermintaanInformasi Rekam Medis Pasien Rawat InapKepada Pihak Ke-3 . 434.1.5 Penggunaan Ijin Tertulis Pasien Dalam ProsesPengeluaran Informasi Medis Kepada Pihak Ke-3 . 444.1.6 Prosedur Yang Dilakukan RSUD Dr. H. MochAnsari Saleh Banjarmasin Dalam MenjaminAspek Hukum Kerahasiaan Pasien . 464.2Pembahasan Penelitian . 494.2.1 Pengguna Informasi Rekam MedisPasien Rawat Inap, Khususnya Pihak Ke-3 . 494.2.2 Prosedur Pelepasaan Informasi Rekam MedisPasien Rawat Inap Kepada Pihak Ke-3 . 504.2.3 Pihak Yang Terlibat Dalam Proses PermintaanInformasi Rekam Medis Pasien Rawat InapKepada Pihak Ke-3 . 514.2.4 Penggunaan Ijin Tertulis Pasien Dalam ProsesPengeluaran Informasi Medis Kepada Pihak Ke-3 . 524.2.5 Prosedur Yang Dilakukan RSUD Dr. H. MochAnsari Saleh Banjarmasin Dalam MenjaminAspek Hukum Kerahasiaan Pasien . 54BAB VPENUTUP5.1Kesimpulan . 565.2Saran . 57DAFTAR PUSTAKAxivKTI, Enggar Normanto Agustus 2011.Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

DAFTAR TABELHalamanTabel4.1Tabel Persentase Keperluan Penggunaan InformasiRekam Medis Bulan Januari - Juni 2011 .3643Tabel4.2Tabel Pihak Yang Terlibat Pelepasan Informasi Medis .Tabel4.3Tabel Penggunaan Ijin Tertulis Pasien DalamPengeluaran Informasi Medis Bulan Januari-Juni 2011 .xvKTI, Enggar Normanto Agustus 2011.Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)44

DAFTAR GAMBARHalamanGambar 2.1Kerangka Konsep Penelitian .Gambar 4.1Prosedur Pelepasan Informasi Untuk Klaim26Asuransi Yang Bekerjasama DenganPihak Rumah Sakit .Gambar 4.237Prosedur Pelepasan Informasi Untuk

pelepasan informasi rekam medis kepada pihak ke-3. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan (study case) yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pelepasan informasi rekam medis di RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin dalam menjamin asp

Related Documents:

Manual Rekam Medis 3 BAB II PENGERTIAN A. Rekam Medis Dalam penjelasan Pasal 46 ayat (1) UU Praktik Kedokteran, yang dimaksud dengan rekam medis adalah berkas yang berisi catatan dan dokumen te

A. Rekam Medis 1. Pengertian Rekam Medis Rekam medis adalah keterangan baik yang tertulis maupun terekam tentang identitas, anamnesa, penentuan fisik , laboratorium, diagnosa segala pelayanan dan tindakan medik yang diberikan kepada pasien dan pengobatan baik yang dirawat inap, raw

Rekam Medis Di dalam membahas pengertian rekam medis terlebih dahulu akan dikemukakan arti dari rekam medis itu sendiri. Rekam medis GLDUWLNDQ VHEDJDL ³VLDSD DSD PHQJDSD dimana, harapan, dan bagaimana pelayanan yang diperoleh seorang dirawat dan GLREDWL¶¶ *HPDOD

Rekam medis mempunyai pengertian yang sangat luas , tidak hanya sekedar kegiatan pencatatan, akan tetapi mempunyai pengertian sebagai suatu sistem penyelenggaraan rekam medis yaitu mulai pencatatan selama pasien mendapatkan pelayanan medik , dilanjutkan dengan penanganan berkas rekam

2.1.4 Rekam Medis Rekam medis mempunyai pengertian yang sangat luas , tidak hanya sekedar kegiatan pencatatan, akan tetapi mempunyai pengertian sebagai suatu sistem penyelenggaraan rekam Tabel 2.1Perbandingan metode No Metode Kelebihan Kekuranga

Pengertian dari rekam medis itu sendiri menurut Permenkes No. 269/Menkes/Per/III/2008 pasal 1 yaitu rekam medis adalah berkas yang berisi catatan dan dokumen mengenai identitas pasien, hasil pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan

Sistem Informasi Rekam Medis RS. Dr. Djoelham Binjai Sumatera Utara FAKULTAS TEKNIK . wordpress, joomla, dll. 2.1.3 MySQL . 2.1.4 Rekam Medis Rekam medis mempunyai pengertian yang sangat luas , tidak hanya sekedar kegiatan penca

API Spec 16C - Specification for Choke and Kill Sytems Last update: December 17, 2014 16C 1st Edition Jan. 1993 9 16C-02-08 Background: Sections 9, 9.1, 9.2, and 9.3 outline the performance verification procedures. It does not specifically state that these performance verification procedures shall be done for all products covered by API 16C. In further parts of Section 9, specific performance .