YAYASAN WIDYA BHAKTI SMA SANTA ANGELA Jl . -

2y ago
31 Views
4 Downloads
1.46 MB
43 Pages
Last View : 2m ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Cade Thielen
Transcription

YAYASAN WIDYA BHAKTISMA SANTA ANGELAJl. Merdeka 24, Bandung 4214714BAB 8ANIMALIATujuan Pembelajaran1.2.3.4.Mengenal ciri-ciri umum animalia.Menjelaskan perbedaan hewan dengan yang bukan hewan.Menjelaskan dasar-dasar pengelompokkam dunia hewan.Mengidentifikasi karakteristik berbagai Philum anggotaKingdom Animalia.5. Menjelaskan data/gambar, foto deskripsi berbagai invertebratayang hidup dilingkungan sekitarnya berdasarkan pengamatan.

A. PENDAHULUANAnimalia (Latin, anima jiwa) memiliki ciri-ciri sebagai berikut:1.2.3.4.5.EukariotikTidak memiliki dinding selTidak berklorofil (heterotrof)Reproduksi secara seksualBentuk tubuh bervariasi:a. Berdasarkan simetri tubuh (radial dan bilateral)b. Berdasarkan lapisan penyusun tubuh (dipoblastik dantripoblastik)c. Berdasarkan ada tidaknya rongga tubuh, selomata (memilikirongga sejati), pseudoselomata (memiliki rongga semu) danaselomata (tidak memiliki rongga tubuh)

Hewan dapat dikelompokkan berdasarkan ada tidaknya jaringanpenyusun tubuh yaitu1. Parazoa yaitu hewan yang tidak memiliki jaringan sejati, yaitupada hewan anggota porifera.2. Eumetazoa, yaitu hewan yang memiliki jaringan sejati, (filumselain porifera).Eumetazoa dibedakan berdasarkan simetri tubuhya menjadi radiata danbilateria. Penyusun tubuh hewan terdiri dari lapisan : Ektoderm lapisan terluar embrio, berkembang menjadiepidermis, rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat, emailgigi, sistem saraf, dan saraf reseptor. Mesoderm terletak diantara endoderm dan ektoderm.Berkembang menjadi tulang, jaringan ikat, otot, sistemperedaran darah, sistem ekskresi misalnya duktus deferens, dansistem reproduksi. Endoderm lapisan terdalam dan menutupi saluranpencernaan. Endoderm berkembang menjadi saluranpencernaan, hati dan paru-paru (vertebrata), sistem pernapasan,pankreas, serta kelenjar gondok.Jika memiliki 2 lapisan yaitu ektoderm dan endoderm disebutdiploblastik. Jika memiliki ketiganya disebut triploblastik.Hewan dapat dikelompokkan mejadi invertebrata (tidak memilikitulang belakang) dan vertebrata (memiliki tulang belakang).B. INVERTEBRATAInvertebrata (Latin, in tanpa dan vertebrae tulang) ada hewan yangtidak memiliki tulang belakang. Invertebrata dikelompokkan menjadi :

1.2.3.4.5.6.7.8.PoriferaCoelenterata (Cnidaria dan rthropodaEchinodermata1. PORIFERAa. Ciri-ciri :1. Latin, porus pori, fer membawa. Merupakan hewaninvertebrata yang tidak memiliki jaringan sejati (parazoa)2. tubuhnya berpori (ostium)3. tubuh porifera asimetri (tidak beraturan), meskipun ada yangsimetri radial.4. berbentuk seperti tabung, vas bunga, mangkuk, atau tumbuhan5. memiliki tiga tipe saluran air, yaitu askonoid, sikonoid, danleukonoid- Askonoid merupakan Tipe saluran air porifera palingsederhana. Dari ostium air melalui saluran menuju ronggaberkoanosit spongocoel dan keluar melalui oskulumContoh :Leucosolenia sp- Sikonoid. Ostia berhubungan dengan rongga yang langsungberhubungan dengan spongocoel. Contoh : Scypha sp- leukonoid Tipe paling kompleks yang ditandai dengan rongga– rongga kecil berkoanosit. Ostia dihubungkan dengan saluranyang bercabang – cabang ke rongga – rongga berkoanosit.Contoh : Spongilla sp

6.7.pencernaan secara intraseluler di dalam koanosit dan amoebositPorifera hidup secara heterotrof. Makanannya adalah bakteri danplankton. Makanan yang masuk ke tubuhnya dalam bentuk cairansehingga porifera disebut juga sebagai pemakan cairan. Habitatporifera umumnya di laut.8. Memiliki lapisan tubuh berupa :- Epidermis (Sel pipih/pinakosit dan Sel porosit/berpori/ostium)- Mesenkim/mesoglea (Skleroblast : membentuk spikula,Arkeosit : membentuk sel – sel baru dan Amoebosit :mencerna dan mengedarkan makanan.)- Endodermis (Terdapat koanosit / sel leher).b. Reproduksi1. Pembentukan tunas2. Pembentukan gemmulae (butir benih)- Gemmulae tersusun atas sejumlah sel mesenkim yangberkelompok dan berbentuk seperti bola yang dilapisi kitinserta diperkuat spikula- Dibentuk jika lingkungan kurang menguntungkan. Jikalingkungan kembali kondusif, gemmulae menjadi poriferabaru- Hanya terbentuk pada porifera air tawarc. Klasifikasi Porifera1. Calcarea (kapur)Spikula tersusun atas zat kapur karbonat (CaCO3), hidup di airdangkal dan koanositnya besar. Contoh: Sycon dan Clathrina

2.Hexactinellida (ujung enam)Spikula dari zat kersik (silika), hidup di laut dalam. Contoh:Pheronema, Euplectella3.Demospongia (spons tebal)Umumnya tidak berangka karena tersusun dari serabutspongin, memiliki saluran air rumit seperti sponge. Contoh:Spongilla, Euspongia molisima, Hypospongia equinad. Peranan Porifera1. Beberapa jenis Porifera seperti Spongia dan Hippospongiadapat digunakan sebagai spons mandi.

2. Zat kimia yang dikeluarkannya memiliki potensi sebagai obatpenyakit kanker dan penyakit lainnya.3. Hiasan dalam aquarium2. COELENTERATAa. Ciri-ciri1. Hewan berongga yang disebut gastrovaskular yang bertugassebagai usus dan pengedar zat makanan.2. Simmteri radial,3. Memiliki tentakel dan penyengat yang disebut nematocyst4. Hanya ada lubang yang berfungsi sebagai mulut.5. Hidup dalam air laut6. Tubuh berbentuk simetris radial, tidak berkepala, dan dindingterdiri atas 2 lapisan (diploblastik):1. Epidermis,2. Mesoglea3. Gastrodermis.7. Bentuk tubuh Coelenterata ada 2 macam:1. Polip, berbentuk tabung2. Medusa, berbentuk payungb. Cara ReproduksiCnidaria bereproduksi secara vegetatif dan generatif.Reproduksi secara vegetatif dengan pembentukan tunas. Tunasdibentuk oleh Cnidaria yang berbentuk polip, dan tumbuh di dekatkaki polip. Cnidaria memiliki daya regenerasi yang tinggi. Bila seekorHydra dipotong menjadi dua, maka masing-masing akan melengkapibagian tubuhnya yang hilang, sehingga akan didapatkan dua individubaru.

Reproduksi secara generatif pada umumnya dilakukan olehCnidaria berbentuk medusa dengan cara membentuk sel gamet jantanatau betina. Hydra merupakan polip yang dapat bereproduksi secarageneratif dengan cara membentuk sel-sel gamet pada kondisilingkungan yang buruk. Zigot yang dihasilkannya tetap resisten dandorman sampai kondisi lingkungan membaik.Cnidaria ada yang diesis dan ada pula yang hermafrodit.Reproduksi secara vegetatif pada stadium polip dan reproduksi secarageneratif pada tahap medusa dapat terjadi secara bergantian, disebutmetagenesis. Baik polip maupun medusa semuanya memilikikromosom yang diploid (2n). Fertilisasi dapat terjadi secara eksternaldi air atau secara internal di manubrium atau gonad.c. Klasifikasi1. Hydrozoa- sebagian besar hidup di laut dan terdapat sebagian darispesiesnya hidup di air tawar.- Hydrozoa hidup sebagai polip, medusa, atau keduanya.Gastrodermis Hydrozoa tidak mengandung nematosista.- Polip hidup secara soliter atau berkoloni. Pada saat polipsoliter hydra membentuk tunas yang telah memiliki mulutdan tentakel yang akan lepas dari induknya.- Hydrozoa mempunyai dua macam alat indra, yaitu oselisebagai pengindra cahaya dan statosista sebagai alatkeseimbangan.- Sebagian medusa menunjukkan gerak fototaksis negatif(menjauhi sinar), namun ada juga yang fototaksis positif(mendekati sinar). Contohnya Hydrozoa adalah Obelia,Hydra, dan Physalia.

2. Scyphozoa- Memiliki ukuran yang besar dan terdapat banyak di pantaiseperti ubur-ubur dan hidup di laut- Memiliki saluran bercabang sebagai alat pencernaan- Pada bagian tepi dikelilingi oleh tentakel- Pada sekitar mulut, terdapat empat lengan dengan terdapatnematokist yang berfungsi melemahkan mangsa.- Sistem saraf yang terbentuk anyaman- Contoh Scyphozoa adalah Aurlia, Cyanea, PerphyllaChrysaora, dan Rhizostoma.3. Anthozoa- Memiliki bentuk yang menyerupai bunga, mempunyaiwarna yang beragam- Mempunyai tentakel dengan jumlah yang banyak danberkelipatan 8- Hewan yang hidup air laut yang jernih- Tidak memiliki bentuk medusa dan ada jua yang berbentukpolip namun sangat langka- Anthozoa memiliki 6.100 spesies diantaranya Metridiumdan Edwardisia, merayap dengan pedal mirip dengan kaki,Acropor, Fungia, Astrangia, mempunyi rangkai luar dari zatkapur yang disebut dengan karang batu.d. Peranan- Hewan ubur-ubur dibuat tepung ubur-ubur yang diolah menjadibahan kosmetik / kecantikan.- Di Jepang, ubur-ubur dimanfaatkan sebagai bahan makanan.- Karang atol, karang pantai, dan karang penghalang dapatmelindungi pantai dari abrasi air laut.- Karang merupakan tempat persembunyian dan tempatperkembangbiakan ikan.3. PLATYHELMINTHESa. Ciri –ciri

--Istilah Platyhelmintes berasal dari bahasa Yunani yangterdiri dari kata Platy yang berarti pipih dan Helmintes yangcacing.bersifat tripoblastik yang hidup parasit dan memiliki bentuktubuh yang rata (pipih).Terdapat 18.500 spesies dari Platyhelmintes (cacing pipih).Saluran pencernaan tidak lengkap : mulut – faring –kerongkongan – usus. Tidak memiliki anus.Sistem saraf tangga talib. Reproduksi- Walaupun Platyhelmintes (cacing pipih) merupakan hewanhermafrodit, beberapa cacing tidak bisa melakukanperkawinan secara individu.- Reproduksi dilakukan secara aseksual dan seksual.Reproduksi seksual adalah dengan menghasilkan gamet.Fertilisasi ovum terjadi di dalam tubuh. Fertilisasi dapatdilakukan sendiri atau dengan pasangan lain.- Reproduksi aseksual dengan melakukan fragmentasi.c. Klasifikasi1) Turbellaria (Cacing Rambut Getar) : Kelas turbellaria adalahbagian dari Platyhelmintes (cacing pipih) yang menggunakanbulu getar sebagai alat geraknya. Hidup di air tawar jernih,mempunyai faring yang dapat dijulurkan untuk menangkapmakanan.Sistem saraf: sistem tangga tali (pusat saraf berupaganglion otak) Sistem ekskresi : flame cell (sel api)Sistemreproduksi : aseksual dengan cara fragmentasi. Bila terpotong,setiap potongan tubuh menjadi planaria baru. seksual, yaitupembuahan silang. Sistem gerak: dengan silia, atau otot dibawah epidermis. Contohnya: Planaria2) Trematoda (Cacing Isap) : Kelas Trematoda adalah bagiandari Platyhelmintes (cacing pipih) yang memiliki alat hisap yangdilengkapi kait yang berfungsi melekatkan diri pada inangnya

karena golongan ini hidup secara parasit pada manusia danhewan. Contoh Trematoda adalah fasciola (cacing hati),Clonorchis, dan Schistosoma. Pada trematoda dewasa hidupdalam usus, hati, ginjal, paru-paru dan pembuluh darahvertebrata.3) Cestoda (Cacing Pita) : Kelas Cestoda (cacing pita) adalahbagian Platyhelmintes (cacing pipih) yang memiliki kulit yangdilapisi dengan kitin sehingga tidak tercemar oleh enzim di ususinang. Cacing pipih hidup parasit pada hewan, contohnya adalahtaenia solium dan T. Saginata. Spesies ini memiliki skoleksyang berfungsi atau digunakan untuk menempel pada ususinang. Reproduksi taenia adalah menggunakan telur yang telahdibuahi dan didalamnya terkandung larva yang disebut denganonkosfer.

d. Siklus Hidup/Daur Hidup Platyhelmintes (Cacing Pipih)a. Fasciola hepatica : telur (bersama feces) larva bersilia(mirasidium) siput air (lymnea auricularis atau lymneajavanica) sporokista redia serkaria keluar dari tubuhsiput menempel pada rumput/tanaman air membentukkista(metaserkaria) dimakandomba(hepatica)/sapi(gigancatia) usus hati sampai dewasab. Chlornosis sinensis : telur (bersama feces) mirasium siput air sporosista menghasilkan redia menghasilkanserkaria keluar dari tubuh siput ikan air tawar(menempel di ototnya) membentuk kista (metaserkaria) ikan dimakan saluran pencernaan hati sampai dewasac. Schistosoma javanicum : telur ( bersama feces mirasidium siput air sporosista menghasilkan redia menghasilkan serkaria keluar dari tubuh siput menembus kulit manusia pembuluh darah vena.d. Taenia saginata/taenia solium : Proglotid (bersama feces) mencemari makanan babi babi usus babi (telur menetas

jadi hexacan) aliran darah otot/daging (sistiserkus) manusia usus manusia (sistiserkus pecah skolexmenempel di dinding usus) sampai dewasa di manusia keluar bersama feces.e. Peranana. Planaria memiliki peranan yang dimanfaatkan sebagaimakanan ikan.b. Platyhelmintes (cacing pipih) lebih banyak memberikandampak kerugian bagi manusia dan hewan, karena cacingtersebut parasit dalat hewan, ketika manusiamengkonsumsinya, dampaknya dapat merugikan manusiakarena terinfeksi cacing yang dapat menyebakan masalahmasalah bagi kesehatan manusia.f. Usaha-Usaha Mencegah Platyhelmintes (Cacing Pipih) Platyhelmintes merupakan cacing yang umumnya merugikanmanusia dan hewan, sehingga diperlukan usaha yang dapatberupaya mencegah masuknya atau terinfeksi Platyhelmintes(cacing pipih) antara lain sebagai berikut.a. Memutuskan daur hidupnyab. Menghidari infeksi dari larva cacingc. Tidak membuang tinja sembarangan dan membuat tinjasecara teratur (sesuai dengan syarat-syarat hidup sehat)d. Tidak memakan daging mentah atau setengah matang(masak daging sampai matang).4. NEMATHELMINTHESa. Ciri-Ciria. Memiliki bentuk tubuh bulat panjang dengan ujung yangruncing, tripoblastik dan simetri bilateral. Arti triploblastikadalah hewan dari kingdom animalia yang mempunyai 3lapisan tubuh.b. Pada umumnya mempunyai ukuran mikroskopis

c.d.e.f.g.h.i.j.Terdapat rongga tubuh semu (pseudoselomata)Ukuran betina lebih besar dibandingkan dengan jantanTidak bersegmenSistem pencernaan yang sempurna diantarnya mulut, faring,usus, dan anus.Bernapas secara defusi melalui permukaan tubuhMemiliki sifat kosmopolit di air tawar, air laut, dan sebagaiparasitMemiliki kulit yang halus, licin, dengan dilapisi kutikula.Fungsi kutikula adalah melindungi diri dari enzim inangnya.Kutikula akan bertambah kuat, jika cacing gilig hidup di ususinangnya daripada hidup bebas.Tidak terdapat jantung dalam peredaran darah, tetapimemiliki cairan yang menyerupai darahb. ReproduksiSistem reproduksi Nemathelmintes (cacing gilig) padaumumnya bereproduksi secara seksual yang bersifat gonokoris.Arti gonokoris adalah organ kelamin jantan dan betina terpisahdari individu yang berbeda. Sedangkan pada fertilisasi, terjadisecara internal. Telur fertilisasi membentuk kista yang hidup dilingkungan yang tidak menguntungkan. Membentuk kistadengan tujuan untuk melindungi diri.c. Klasifikasi1) Ascaris Lumbriocides (Cacing Perut) Hidup didalam usus manusia Bereproduksi secara aseksual Menyebabkan penyakit askariasis atau cacingan Tubuh jantan lebih melengkung dan lebih kecil dibandingkandengan betina Setiap hari betina mampu menghasilkan sampai dengan200.000 telur. Daur Hidup Ascaris Lumbriocoides :Telur keluar bersama feses penderita termakan olehmanusia menetas menjadi larva dalam usus halus larva

menembus dinding usus ikut aliran darah ke jantung masuk ke paru-paru trakea tertelan lagi lambung kemudian menjadi dewasa di usus halus.2) Anclyostoma Duodenale (Cacing Tambang)- Habitat di pertambangan pada daerah tropis- Hidup parasit dengan menyerap darah dan cairan tubuh yangterdapat pada usus halus manusia- Dapat menimbulkan penyakit acylostoiasis- banyak ditemukan di daerah pertambangan. Dengan panjangtubuh sekitar 1-1,5 cm.- Bersifat parasit di usus manusia dengan gigi-gigi kaitnyamenghanbatkan diri pada dinding usus dan menghisap darahdari inangnya, sehingga cacing ini menyebabkan penyakitanemia. Larva cacing ini menginfeksi manusia melalui kulittelapak kaki yang tidak beralas.- Daur Hidup Ancylostoma Duodenale (Cacing Tambang) :Telur kelur bersama feses penderita di tanah menetasmenjadi larva larva menembus kulit telepak kaki (tanpaalas) ikut aliran darah ke jantung masuk ke paru-paru trakea tertelan lambung di usus menjadi cacingdewasa.3) Oxyuris Vermicularis (Cacing Kremi)- Hidup besar di usus besar manusia- Dapat melakukan autoinfeksi yaitu bagi penderita dapatmenularkan infeksinya- Cacing jenis ini disebut juga Enterobios vermicularis yangparasit di usus besar manusia.- Jika ingin bertelur, cacing betina akan bermigrasi ke daerahpada sekitar anus sehingga menimbulkan rasa gatal. Jikaterdapat kesengajaan menggaruknya, maka cacing tersebuttertelan kembali jika tanpa mencuci tangan. Cacing betinamemiliki panjang sekitar 1 cm, sedangkan bagi cacingjantang memiliki panjang sekitar 0,5 cm.4) Wuchereria Bancrofti (Cacing Rambut)

-Hidup dalam pembuluh limfaDapat menyebabkan penyakit elefantiasis atau kaki gajahCacing jenis ini disebut dengan Filaria bancrofti (cacingfilaria). Cacing yang menyebabkan penyakit kaki gajah(filariasis, elefantiasis), dengan tanda pembengkakan padadaerah kaki atau organ lain seperti skrotum. Terdapat banyakpopulasi cacing dalam saluran getah bening yangmengakibatkan penyumbatan di saluran kelenjar getah beningyang menimbulkan penyumbatan pada cairan getah beningterhadap suatu organ.5) Trichinella Spiralis- Hidup dalam otot manusia- Menyebabkan penyakit trikhinosis, yaitu kerusakan pada ototmanusia- Trichinella spiralis bersifat parasit pada manusia dan hewan(tikus, anjing, dan babi). Bagi yang terinfeksi cacing jenis inidinamakan dengan trichinosis. Trichinella spiralis merupakancacing dengan sistem pencernaan semurpuna. Sistempernapasan secara defusi melalui permukaan tubuh. Alatekskresi berupa nefridium sistem saraf tangga tali.d. Peranana. Nemathelmintes terdiri dari dua macam ada yang bebas danada yang parasit. Nemathelmintes yang bebas berperan dalamtanah yang becek dan didasar perairan untuk menguraikansampah-sampah organik.b. nemathelmintes yang parasit manusia dan hewan dalamtubuh inangnya dan memperoleh dengan menyerap nutrisidan darah dari inangnya yang menyebabkan kerugian denganmenimbulkan penyakit ascariasis, filariasis, trichinosis, dananemia.

5. ANNELIDAa. Ciri – ciria. Memiliki tubuh bersegmen (beruas-ruas yang mirip dengancincin) dan memiliki otot.b. Bersifat tripoblastik selomata, simetri bilateral, dan metameric. Mempunyai sistem pencernaan sempurna (mulut, kerongkongan,perut otot, tembolok, usus, dan anus).d. Tubuh dilapisi dengan kutikula tipis dan lembabe. Sistem respirasi melalui permukaan kulit dan berlangsung difusif. Sistem saraf berupa ganglion otak dan tali syaraf yang tersusundari tangga tali.g. Sistem peredaran darah annelida adalah tertutup dengan tersusundari pembuluh darah yang mempunyai hemoglobinh. Sistem ekskresinya berupa nefridia atau nefrostomi. Sifat kelamin annelida adalah hermaprodit, jadi reproduksisecara generatif dengan cara konjugasi, dan secara vegetatifdengan fragmentasi/ generasi (mempunyai daya regenerasi yangtinggi)b. Reproduksi- Reproduksi secara seksual dan aseksual- Reproduksi aseksual dengan cara fragmentasi- Reproduksi seksual : bersifat hermafrodit tetapi melakukanperkawinan silang dengan saling menukarkan sperma.c. Klasifikasi1) PolyChaeta- dari bahasa Yunani dari kata poly yang berarti banyak, danChaeta yang berarti rambut.- Berambut banyak- Hidup di laut dan dapat dibedakan antara jantan dan betina- Mempunya parapodia (alat gerak)- Memiliki panjang tubuh sekitar 5-10 cm, dengan diameter 210 mm.- Tinggal dalam tabung dan ada juga hidup bebas

--Tubuh dapat dibedakan menjadi prostomium (kepala) danperistomium (segmen pertama).mempunyai tubuh bersegmen dengan struktur mirip dagingyang bentuknya mirip dayung, hal ini disebut Parapodia(tunggal parapodium).Contohnya : Eunice viridis (Cacing Palolo), sebagai bahan makanan(mengandung protein tinggi) Lysidice oele (Cacing Wawo), sebagai bahan makanan(mengandung protein tinggi) Nereis domerlili, Nereis Virens, Neanthes Virens (cacingair laut).2) Oligochaeta- dari bahasa Yunani dari kata Oligo yang berarti sedikit, danChaeta yang berarti rambut.- Tidak mempunyai parapodia- Mempunyai seta pada tubuhnya yang bersegmen- Memiliki sedikit rambut- Kepala berukuran kecil, tanpa alat peraba/tentakel dan mata- Mengalami penebalan antara segmen ke 32-37, yang disebutdengan klitelum.- Telur terbungkus oleh kokon, daya regenerasi tinggi- Hidup air tawar atau darat, hermafrodit

- Contohnya : Moniligaster houtenil (Cacing tanah sumatra) Tubifex sp (Cacing air tawar/sutra), berperan sebagaiindikator pencemaran air. Lumbricus terestris, Pheretima sp (Cacing Tanah), berperanmembantu aerasi tanah sehingga menyuburkan tanah Perichaeta musica (C.Hutan) 3) Hiruden

peredaran darah, sistem ekskresi misalnya duktus deferens, dan sistem reproduksi. . karena golongan ini hidup secara parasit pada manusia dan hewan. Contoh Trematoda adalah fasciola (cacing hati), Clonorchis, dan Schistosoma. Pada trematoda dewasa hidup dalam usus, hati,

Related Documents:

controller, sma cluster controller, sma com gateway, sma inverter manager, sma bluetooth repeater, sma connection unit, sma ct meter, sma dc-combiner, sma energy meter, sma rapid shutdown system, sma ready rack, sma webconnect, cloud connect advanced, ts4-r, gateway, grid-connect-box, mc-box, na-box, smartformer, sma energy system – business .

Service: 42A 42 42B 42A 42 42B 42A 42 Operator: SMA SMA SMA SMA SMA SMA SMA SMA Piccadilly Gardens, Piccadilly Gardens (Stop J) Depart: 10:04 10:14 10:24 10:34 10:44 10:54 11:04 11:14 Manchester Royal Infirmary, Royal Infirmary 10:18 10:28 10:38 10:48 10:58 11:08 11:18 11:28

1 Information on this Document SMA America, LLC 10 SPW-WebconPB-US-IA-en-11 Installation Manual Nomenclature Abbreviations Complete designation Designation in this document Photovoltaics PV SMA America Production, LLC SMA SMA Solar Technology Canada Inc. SMA SMA Speedwire Speedwire SMA Cluster Controller Cluster Controller

OLIMPIADE SAINS KABUPATEN/KOTA SMA 2018 OSK Matematika SMA (Olimpiade Sains Kabupaten/Kota Matematika SMA) Disusun oleh: Pak Anang . Pembahasan Soal OSK SMA 2018 OLIMPIADE SAINS KABUPATEN/KOTA SMA 2018 OSK Matematika SMA (Olimpiade

2 SMA (Male) - SMA (Male) Adapters, 2 SMA (Female)-SMP (Male) Adapters, SMA Power splitter and BNC-SMA Adapter for cable de-skewing. Figure 3. Miscellaneous components required for cable de-skew etc 2.4 SMA TekConnects: 4 TCA-SMA Adapters or 4 TCA-292MM Adap

Additional SMA products SMA Cluster Controller from firmware version 1.0 Sunny Explorer from software version 1.06 SMA Connection Assist from software version 1.00.8.R Sunny Explorer and SMA Connection Assist are available free of charge at www.SMA-Solar.com SMA Inverter from firmware version SB 2500TLST-21 2.53*

4 santa: ungodly santa & elves: happy all the time santa: when they sing until they’re bluish, santa wishes he were jewish, cause they’re santa & elves: happy all the time santa: i swear they're santa & elves: happy all the time santa: bizarrely happy all the time (elves ad lib: "hi santa" we love you santa" etc.) popsy:

ANNUAL REVIVAL, ANNIVERSARY, AND INSTALLATION SERVICE REVIVAL SERVICE Wednesday, November 28, 2012 – Friday, November 30, 2012 7:00 P.M. - NIGHTLY THEME: “Changing the Method, Not the Message” 1 Corinthians 9: 20-23 ANNIVERSARY AND INSTALLATION SERVICE Sunday, December 2, 2012 4:00 P.M. THEME: “Changing the Method, Not the Message” 1 Corinthians 9: 20-23 Fort Foote Baptist Church .