SKRIPSI - UMP

3y ago
69 Views
2 Downloads
1,000.46 KB
15 Pages
Last View : 1m ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Mollie Blount
Transcription

ANALISIS TATANIAGA SALAK PONDOH (Salacca edulis Reinw)DI DESA SIGEBLOG, KECAMATAN BANJARMANGU,KABUPATEN BANJARNEGARASKRIPSIOleh:AGIT DWI CAHYO1204010006PROGRAM STUDI AGRIBISNISFAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS MUHAMMAYAH PURWOKERTO2016ANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

HALAMAN PERSETUJUANANALISIS TATANIAGA SALAK PONDOH (Salacca edulis Reinw)DI DESA SIGEBLOG, KECAMATAN BANJARMANGU,KABUPATEN BANJARNEGARAOleh:AGIT DWI CAHYO1204010006Diperiksa dan disetujuiPada tanggal : 25 Agustus 2016Pembimbing IPembimbing IIDr. Pujiharto SP., MPNIK. 2160126Watemin SP., MPNIK. 2160242Mengetahui,Dekan Fakultas pertanianIr. Bambang Nugroho MP.NIK. 2160154iiANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

HALAMAN PENGESAHANANALISIS TATANIAGA SALAK PONDOH (Salacca edulis Reinw )DI DESA SIGEBLOG, KECAMATAN BANJARMANGU,KABUPATEN BANJARNEGARAAGIT DWI CAHYO1204010006Telah dierintahkan di depan panitia ujian skripsiPada hari Kamis tanggal 25 Agustus 2016Dan dinyatakan talah memenuhi syarat untuk diterimaSUSUNAN PANITIAKetuaSekretarisIr. Bambang Nugroho MP.NIK. 2160154Sulistiani Budiningsih SP., MPNIK. 2160120Penguji IPenguji IIDr. Pujiharto SP., MPNIK. 2160126Watemin SP., MPNIK. 2160242Penguji IIIPujiati Utami SP., MPNIK.2160241MengetahuiDekan fakultas pertanianIr. Bambang Nugroho MP.NIK. 2160154iiiANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

SURAT PERNYATAANYang bertanda tangan di bawah ini:Nama: AGIT DWI CAHYONIM: 1204010006Program Studi: AgribisnisUniversitas: Muhamadiyah PurwokertoMenyatakn dengan sebenar-benarnya bahwa skripsi ini adalah hasil karyasaya dan bukan hasil penjiplakan dari karyaorang lain.Demikian surat pernyataan ini saya buat, dan apabila kelak kemudian hariterbukti ada unsur penjiplakan, maka saya bersedia mempertanggungjawabkan sesuaidengan ketentuan yang berlaku.Purwokerto, Agustus 2016Yang menyatakanAGIT DWI CAHYO1204010006ivANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

MOTTO“Tak ada kesuksesan yang datang secara instan, semua butuhproses yang harus dijalani”„‟Berpikirlah Sebelum Berbicara, Karena Dengan Begitu, Kamu AkanMengurangi Kesalahan Pun Masalah Yang Mungkin Terjadi”vANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

HALAMAN PERSEMBAHANKarya ini saya persembahkan kepada orang yang saya sayangi sebagai ungkapanterimakasih dari lubuk hati yang paling dalam. Untuk Bapak dan Ibu, yang senantiasa memberikan Doa serta dukungan,perhatian dan kasih sayang tulus yang telah diberikan kepada saya. Dosen fakultas pertanian, yang telah senantiasa memberikan bimbingan danilmu kapada kami. Kakak dan adiku yang telah memberikan semangat dan motifasi selama ini. Si pesek yang selama ini telah memberikan semangat, motifasi dan perhatianuntuk menyelesaikan skripsi ini. Teman-teman fakultas pertanian yang telah memberi semangat dan dukunganselama ini.viANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

Agit Dwi Cahyo (2016). Analisis Tataniaga Salak Pondoh (Salacca Edulis Reinw) DiDesa Sigeblog, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara.Pembimbing : Dr. Pujiharto SP., MP dan Watemin SP., MPRINGKASANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran tataniaga, mengetahuibesarnya margin tataniaga pada setiap pola tataniga salak pondoh, dan mengetahuibesarnya farmer share salak pondoh di Desa Sigeblog, Kecamatan Banjarmangu,Kabupaten Banjarnegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodesurvey. Pemilihan lokasi dilakukan secara purposive. Responden diambilmenggunakan metode purposive sampling dan ditentukan berjumlah 45 petani dan 10pedagang salak pondoh. Penelitian dilakukan selama empat bulan, yaitu mulai bulanApril hingga juli 2016.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima pola saluran tataniaga salakpondoh. Margin tataniga pada setiap pola tataniga berbeda besarnya, ini dipengaruhibeberapa faktor seperti panjangnya rantai tataniaga, biaya tataniga, dan tujuanpemasaran. Sementara untuk bagian harga yang diterima petani (farmer sahare) padatiap pola tataniga berbeda dipengaruhi dari harga jual ditingkat petani dan harga jualditingkat konsumen akhir. Margin tataiaga yang paling yang besar terdapat pada polatataniga ke 3 dengan total margin sebesar Rp. 3000 per kilogram, dan pada polatataniaga yang memiliki margin paling kecil adalah pola tataniga ke 1 dengan totalmargin sebesar Rp. 1000 per kilogram. 3. Bagian yang diterima petani farmer sharedari tataniga salak di desa sigeblog yaitu, yang paling besar yaitu pada pola tataniaga1 sebesar 76,7 %, dan yang paling kecil yaitu pada pola tataniaga 3 sebesar 52,4%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan. 1. Untuk petani dapat memilih salurantataniaga ke 1, karena pada saluran ini memiliki nilai farmer share yang paling tinggi.2. Ketika seseorang akan menjadi seorang pedagang salak maka pilihlah pedagangbesar atau pengirim, karena akan mendapatkan keuntungan yang paling tinggidibandingkat dengan pedagang lain.Kata kunci: Saluran tataniaga, Margin tataniaga, Farmer share.viiANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

Agit Dwi Cahyo (2016). An Analysis Of Trading System Salak Pondoh (SalaccaEdulis Reinw) In The Sigeblog Village, Banjarmangu District, Banjarnegara RegencySupervisor: Dr. Pujiharto SP,.MP and Watemin SP,.MPSUMMARYThis research aimed to find out trading system pattern channel, to find thetrading system so the margin on a trading system so any pattern of salak pondoh, andto know the farmer share salak pondoh Sigeblog, Banjarmangu, Banjarnegara.Method of this research used survey. 45 farmers and 10 trader salak pondoh asrespondents taken using purposive sampling. The research was conducted for fourmount from april to july 2016.Result of this research showed that there were five pattern of trading systemsalak pondoh, the margin trading for each pattern of trading system was so differentin size affected by several factor such as length link of trading system, the cost oftrading system, and marketing purposes, the prices received by farmers (Farmershare) in every pattern trading system were different, it was affected by the sales pricein urban farmers and the selling price level in last consumer. The biggest margintrading system was in the third pattern of trading system with total margin Rp. 3.000per kilogram, and the pattern or trading system having smallest margin was thesmallest margin is the pattern trading system so to 1 with a total the margin Rp. 1.000per kilogram, the share received by farmers (farmer share) of trading system of salakpondoh in sigeblog is the greatest pattern of trading system 1 with 76,7%, and thesmallest is in a patern of trading system 3 with 52,4%. Based on research results, itcan be suggested 1). For the farmers can trading system link 1, because it has thehighest farmer share value, 2). If someone wants to be a trader, he should selectwhole sellers or distributors. Then, he will get highest benefit compared to othertraders.Keyword: Trading system link, Trading system margin, Farmer shareviiiANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

KATA PENGANTARDengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi MahaPenyayang, penulis panjatkan puja dan puji syukur atas khadirat-Nya, yang ggapenulisdapatmenyelesaikan skripsi dengan judul “Analisis Tataniaga Salak Pondoh (SalaccaEdulis Reinw) di Desa Sigeblog, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara”penulis mengucapkan terima kasih kepada:1. Bapak Ir. Bambang Nugroho, MP selaku dekan Fakultas Pertanian UniversitasMuhamadiyah Purwokerto.2. Dr. Pujiharto SP., MP selaku dosen pembimbing I, yang telah memberikanarahan dan bimbimngan serta masukannya kepada penulis.3. Watemin SP., MP selaku dosen pembimbing II, yang telah memberikanarahan dan bimbingan serta masukannya kepada penulis.4. Semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan skripsi ini.Terlepas dari itu semua, penulis menyadari sepenuhnya bahwa skripsi inimasih banyak kekurangan, oleh karena itu dengan tangan terbuka penulis menerimasaran dan kritik dari pembaca untuk penyempurnaan skripsi ini, akhir kata penulisberharap semoga skipsi ini dapat memberikan manfaat inspirasi bagi pembaca.Purwokerto, Agustus 2016Penulis,ixANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

DAFTAR ISIHalamanHalaman Judul .iHalaman Persetujuan .iiHalaman Pengesahan .iiiHalaman Pernyataan.ivHalaman Motto.vHalaman persembahan .viRingkasan .viiSummary .viiiKata Pengantar .ixDaftar Isi .xDaftar Tabel .xiiDaftar Gambar.xivDaftar Lampiran .xvBAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang.1B. Perumusan Masalah .5C. Tujuan Penelitian .5D. Manfaat Penelitian .6E. Pembatasan Masalah.6BAB II TINJAUAN PUSTAKAA. Salak Pondoh .8B. Pengertian Tataniaga .13C. Saluran Tataniaga Komoditas Pertanian.17D. Margin Tataniaga .21E. Komponen Dari Margin Tataniaga .24F. Farmer share .30xANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

BAB III METODE PENELITIANA. Tempat dan Waktu Penelitian.32B. Metode Penelitian .32C. Jenis Data.33D. Pengumpulan Data .33E. Pengambilan Sampel .33F. Definisi Operasional Variabel .35G. Analisis Data .36BAB IV KEADAAN UMUM TEMPAT PENELITIANA. Lokasi dan Topografi.39B. Keadaan Tanah dan Iklim .39C. Keadaan Penduduk .42D. Keadaan Pertanian .46E. Keadaan Peternakan .47F. Kondisi Pertanian Salak Pondoh .48BAB V HASIL DAN PEMBAHASANA. Identitas petani dan pedagang salak pondoh .50B. Hasil Analisis Data .581) Pola saluran tataniga salak pondoh .582) Margin tataniaga salak pondoh .683) Bagian yang diterima petani ( farmer share).79BAB VI KESIMPULAN DAN SARANA. Kesimpulan .81B. Saran .81DAFTAR PUSTAKAxiANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

DAFTAR TABELNomorHalaman1. Kandungan Zat Tiaap 100 Gram Buah Salak Dari Bagian Yang DapatDimakan .82. Tata Guna Tanah di Desa Sigeblog.403. Komposisi Penduduk Menurut Umur di Desa Sigeblog .424.Komposisi Pekerjaan Penduduk Menurut Lapangan Usaha di DesaSigeblog.435. Komposisi Penduduk Menurut Jenis Kelamin di Desa Sigeblog.446. Komposisi Penduduk Menurut Pendidikan di Desa Sigeblog .447. Keadaan Pertanian di Desa Sigeblog .468. Keadaan Peternakan di Desa Sigeblog.479. Karakteristik Petani Responden Menurut Umur di Desa Sigeblog .5110. Karaktristik Petani Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan diDesa Sigeblog.5211. Karaktristik Petani Responden Berdasarkan Jumlah Anggota Keluargadi Desa Sigeblog .5312. Lama Usahatani Salak Pondoh Dari Petani Responden 5413. Luas Lahan Dari Petani Responden .5414. Karaktristik Pedagang Responden Berdasarkan Umur .5615. Karakteristik Pedagang Responden Menurut Tingkat Pendidikan .5616. Karakteristik Pedagang Responden Menurut Lamanya Berdagang.5717. Sebaran Tujuan Penjualan Salak Pondoh Oleh Petani Ke PedagangPengepul atau Pedagang Besar.6018. Sebaran Penjualan Salak Pondoh Dari Petani Ke Pedagang PengumpulDan Pedagang Besar ke Salah Satu Saluran Tataniaga. .6119. Sebaran Harga Rata-Rata dan Margin Tataniaga Salak Pondoh PadaPola Saluran Tataniaga Salak Pondoh di Pasar Induk (Pola 1) .xii69ANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

20. Sebaran Harga Rata-Rata Dan Margin Tataniaga Salak Pondoh PadaPola Saluran Tataniaga Salak Pondoh Dalam Jawa Tengah(Pola2 dan 4) .7021. Sebaran Harga Rata-Rata Dan Margin Tataniaga Salak Pondoh PadaPola Saluran Tataniaga Salak Pondoh Dalam Jawa Tengah(Pola 3 Dan 5) .7422. Rangkuman Margin Pola Tataniaga Salak Pondoh .7823. Farmer Share Pada Saluran Tata Niaga Salak Pondoh .79xiiiANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

DAFTAR GAMBARNomorHalaman1. Peta Desa Sigeblog.842. Lahan Salak Pondoh di Desa Sigeblog .853. Pengemasan salak pondoh.86xivANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

DAFTAR LAMPIRANNomorHalaman1. Daftar Petani Responden .872. Daftar Pedagang Pengepul an Pedagang Besar/Pengirim, PedagangLuar Daerah.893. Perhitingan Distribusi Frekuensi .904. Perhitungan Margin Tataniga Salak Pondoh.925. Perhitungan Bagianyang Diterima Petani ( Farmer Share ) .956. Perhitungan Biaya Tataniaga .97xvANALISIS TATANIAGA SALAK ., AGIT DWI CAHYO, F. PERTANIAN, UMP 2016.

menyelesaikan skripsi dengan judul “Analisis Tataniaga Salak Pondoh (Salacca Edulis Reinw) di Desa Sigeblog, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara” penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1. Bapak Ir. Bambang Nugroho, MP selaku dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhamadiyah Purwokerto. 2. Dr.

Related Documents:

, select “Forms & publications” in the blue bar at the top of the page, and type “UMP: pr

Kaiser WA SoundChoice Kaiser WA CDHP UMP Classic UMP Plus UMP Select UMP CDHP. Non-Medicare Retirees & Split Accounts. 4 Split Account is defined as non-Medicare and Medicare members enrolled under one Subscriber account. For Example: . Sara.Whitley@hca.

hca.wa.gov/ump-pebb-coc for full benefit details. To get the most out of your . Service at 1-888-849-3681 (TRS: 711). Hearing aid benefit The hearing aid benefit for UMP members is changing. Starting in 2021, you pay 0 of the allowed amount every five calendar . full preventive care list on HealthCare.gov . 4 2021 UMP (PEBB) Open .

members What is the UMP Preferred Drug List? The Uniform Medical Plan (UMP) Preferred Drug List (PDL) offers a choice of prescription drugs that are safe, effective, and evidence-based. The list also provides value. By choosing

Jan 01, 2021 · HCA website at hca.wa.gov/ump-forms-pubs . 2021 UMP Classic (PEBB) Certificate of Coverage 5 . Contact type and description . Contact information . Prescription drug preauthorization . For providers and pharmacists . submitting prescription drug . preauthorization requests WSRxS . Call:

Uniform Medical Plan (UMP), administered by Regence BlueShield (for medical questions) UMP Achieve 1, Achieve 2, High Deductible, UMP Plus . hca.wa.gov/sebb-employee to explore your options: Virtual be

Uniform Medical Plan (UMP), administered by Regence BlueShield (for medical questions) UMP Achieve 1, Achieve 2, High Deductible, UMP Plus: . hca.wa.gov/sebb-employee. to explore your options: Virtual benefi ts fair

the standard UMP Modified Engine rules included herein. 15.1.1 Engine Claims A.) Any qualified UMP Modified competitor has the right to claim any engine provided they follow the specifications as set forth by the rules herein. To begin the claim a 550.00 fee, plus the agreement to an engine exchange in addition to 50.00 for the tow truck .