PANDUAN PENULISAN TESIS

3y ago
52 Views
3 Downloads
1.18 MB
88 Pages
Last View : 12d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Joao Adcock
Transcription

PANDUAN PENULISANTESIS

KATA PENGANTARBuku panduan penulisan Proposal Tesis dan Tesis Program Magister diPascasarjana, Universitas Sebelas Maret disusunagar dapat digunakan olehsegenap civitas akademika sebagai pedoman dalam menyusun Proposal tesis danTesis. Dengan adanya buku pedoman ini, maka diharapkan tata cara penulisan,sistematika, dan format penulisan Proposal tesis dan Tesis Program Magister diPascasarjana UNS dapat seragam dan dapat memenuhi kaidah penulisan karanganilmiah.Buku panduan ini memuat petunjuk umum atau aturan pokok denganmaksud agar tidak membelenggu mahasiswa, terutama yang berhubungan dengankekhususan kajian. Meskipun demikian, setiap penyusunan Proposal tesis dan tesisProgram Magister (S2) di PascasarjanaUNS wajib mengikuti kaidah-kaidahpenulisan yang ada dalam buku ini.Buku panduan ini merupakan edisi ke-2 dan telah direvisi sesuai masukanstaf pengajar Program Magister di Pascasarjana UNS, sehingga diharapkan dapatmemenuhi harapan.Terimakasih disampaikan kepada pihak-pihak yang turutmembantu membaca ulang dan koreksi buku panduan ini. Kritik dan saran, baikformat maupun substansi, sepanjang untuk penyempurnaan buku ini akan sangatdiharapkan.Surakarta, Desember 2016Direktur Pascasarjana UNS

DAFTAR ISIHalamanJUDUL .iKATA PENGANTAR .iiDAFTAR ISI .iiiBAGIAN-1 PENULISAN PROPOSAL TESISBAGIAN AWAL .1BAGIAN UTAMA .4BAB I PENDAHULUAN .4A. Latar Belakang Masalah .4B. Keaslian Penelitian 4C. Rumusan Masalah .4D. Tujuan Penelitian .4E. Manfaat Penelitian .6BAB II TINJAUAN PUSTAKA .6A. Landasan teori .6B. Kerangka Berpikir .7C. Hipotesis .8BAB III METODE PENELITIAN .81.Tempat Penelitian .82.Waktu Penelitian .83.Tatalaksana Penelitian .9BAGIAN AKHIR .9DAFTAR PUSTAKA .9LAMPIRAN .10

BAGIAN-2 PENULISAN TESISBAGIAN AWAL .14BAGIAN UTAMA .14BAB IPENDAHULUAN .14A. Latar Belakang Masalah .14B. Rumusan Masalah .14C. Tujuan Penelitian .16D. Manfaat Penelitian .16BAB II LANDASAN TEORI .16A. Tinjauan Pustaka .17B. Kerangka Berpikir .18C. Hipotesis .18BAB III METODE PENELITIAN .181.Tempat Penelitian .182.Waktu Penelitian .193.Tatalaksana Penelitian .19BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .20A. Hasil Penelitian .21B. Pembahasan Umum .22BAB V KESIMPULAN DAN SARAN .22BAGIAN AKHIR .22DAFTAR PUSTAKA .23LAMPIRAN .24BAGIAN-3 PENULISAN PUSTAKAA. Cara Penulisan Sumber Pustaka dalam teks Karangan .B. Cara Penulisan Sumber Pustaka pada Daftar Pustaka .BAGIAN-4 TATA CARA PENULISANLAMPIRAN .

Bagian-1PROPOSAL TESIS

BAGIAN AWALJudul LuarHalaman judul luar memuat judul penelitian, maksud usulan penelitian, lambang UNS,nama mahasiswa, nomor induk mahasiswa, nama institusi, dan waktu pengajuan (contoh padaLampiran 1).1. Judul hendaknya ringkas, lugas, dan mengisyaratkan permasalahan, serta bidang ilmu yangbersangkutan.2. Maksud usulan penelitian, ditulis setelah judul, yaitu:a.‘Disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan mencapai derajat Magister’,diikuti dengan nama program studi.3. Lambang UNS berbentuk bundar dengan diameter 5 cm, dengan warna keemasan.4. Nama mahasiswa ditulis lengkap, tidak boleh menggunakan singkatan, tanpa derajat (gelar)kesarjanaan.5. Nomor mahasiswa ditulis di bawah nama mahasiswa.6. Nama institusi sesuai Program Studi di Pascasarjana UNS.7. Waktu pengajuan dengan menuliskan tahun di bawah Pascasarjana Universitas SebelasMaret Surakarta.Judul DalamHalaman judul dalam berisi tulisan yang sama dengan halaman judul luar, tetapi diketikdi atas kertas putih.PengesahanHalaman pengesahan berisi tulisan judul usulan penelitian, penyusun, Tim pembimbing,tanggal penyusunan, mengetahui ketua program studi (contoh pada Lampiran 2)

Keaslian Proposal TesisKeaslian proposal Tesis adalah pernyataan oleh peneliti bahwa isi naskah proposalTesisadalah asli karya penulis, kecuali bagian-bagian yang merupakan acuan dan telahdisebutkan sumbernya, baik dalam teks karangan dan daftar pustaka. Pernyataan keaslian dibuatdan ditandatangani di atas materai (Contoh pada Lampiran 3).Kata PengantarHalaman kata pengantar memuat hal-hal umum terkait tujuan penyusunan tesis dan ucapanterimakasih pada pihak-pihak yang berkontribusi langsung/tidak langsung dalam penyelesaiantesis.Daftar isiHalaman daftar isi memuat daftar urutan judul bab dan sub bab tesis dengan nomorhalamannya.Daftar Tabel (jika ada)Halaman daftar tabel memuat daftar judul tabel nomor halaman tempat tabel.Daftar Gambar (jika ada)Halaman daftar gambar memuat daftar judul gambar d dengan nomor halaman tempatgambar.Daftar Lampiran (jika ada)Halaman daftar lampiran memuat daftar lampiran urutan judul lampiran dan nomorhalamannya.Daftar Singkatan (jika perlu)Halaman daftar singkatan memuat semua singkatan yang digunakan di dalam naskahdiikuti kepanjangannya. Urutan daftar disusun secara alfabetis.

BAGIAN ISIBAB I. PENDAHULUANBab Pendahuluan memuat latar belakang masalah, keaslian penelitian, rumusan masalah,tujuan dan manfaat penelitian.A. Latar Belakang MasalahLatar belakang masalah memuat arti penting masalah, akar masalah dan pendekatanmasalah.Arti penting masalah dapat ditinjau baik dari segi kepentingan pengembanganpengetahuan dan maupun kepentingan-kepentingan lainnya yang dianggap perlu sehinggapenelitian yang direncanakan layak untuk dilakukan. Arti penting masalah perlu didukung datadan fakta yang memadai serta valid. Akar masalah adalah persoalan mendasar yang menjadipenyebab munculnya masalah. Pendekatan yang akan digunakan untuk mencari jawab atasmasalah dan atau jalan pemecahan akar masalah, harus ditulis dengan jelas serta didukungdengan pustaka yang relevan.A. Keaslian penelitianKeaslian penelitian ditunjukkan dengan menyebutkan perbedaan penelitian yang akandilakukan dengan penelitian sejenis yang telah dilakukan peneliti lain. Calon peneliti perlumenyusun paparan hasil penelusuran (tracking) kemajuan penelitian sejenis terbaru yang telahdilakukan, baik oleh peneliti sendiri maupun oleh peneliti lain. Melalui paparan ini, perbedaanpenelitian yang akan dilakukan dengan penelitian-penelitian sejenis sebelumnya akan dapatdiidentifikasi yang sekaligus akan membuktikan keaslian (perbedaan) penelitian yang akandilaksanakan dan sumbangan pengetahuan baru yang diharapkan.B. Rumusan MasalahRumusan masalah memuat pernyataan masalah yang menjadi fokus penelitian. Rumusanmasalah harus dapat menunjukkan inti/akar masalah penelitian yang akan dicari jawabannyamelalui penelitian. Rumusan masalah disampaikan secara ringkas, spefisik, jelas, dan terukuryang lazimnya dinyatakan dalam pertanyaan penelitian (research question).

C. Tujuan PenelitianTujuan penelitian menggambarkan target penelitian yang hendak dicapai yang sejalandengan rumusan masalah. Tujuan penelitian harus jelas, spesifik, realistik, dapat diamati, dapatdiukur, dan dapat dicapai dalam kurun waktu yang direncanakan.D. Manfaat PenelitianManfaat penelitian memuat uraian manfaat temuan baru yang akan dihasilkan terhadapkehidupan masyarakat secara langsung dan atau perkembangan ilmu pengetahuan yang dapatdimanfaatkan oleh ilmuwan lain untuk mengembangkan ilmu pengetahuan baru, teknologi, danseni (IPTEKS). Perumusan manfaat penelitian seyogyanya terkait manfaat langsung penelitian.Untuk itu, penyampaian manfaat penelitian yang terlalu luas harus dihindari.BAB II. LANDASAN TEORIBab Landasan Teori memuat tinjauan pustaka, penelitian yang relevan, kerangka berpikir,dan hipotesis.A. Tinjauan PustakaTinjauan pustaka memuat uraian sistematis tentang teori dan temuan-temuan hasilpenelitian terdahulu yang gayut dengan permasalahan penelitian. Teori yang disampaikanharus memuat landasan teori yang akan digunakan sebagai acuan utama dalam melakukanpendekatan masalah penelitian. Paparan tinjauan pustaka juga harus mengungkapkanpendekatan masalah penelitian secara teoritis (theoretical approach) sebagai dasarpenyusunan kerangka berpikir dan penarikan simpulan secara deduktif menjadi sebuahhipotesis penelitian. Temuan-temuan hasil peneliti terdahulu yang digunakan sebagai sumberrujukan harus memenuhi standar ilmiah dan kemutakhiran (recently) dari sumber berkalapenelitian, jurnal ilmiah, dan publikasi hasil penelitian. Teknik pengutipan (parafrase) harusdilakukan secara hati-hati dan benar agar terhindar dari tindakan plagiasi. Semua sumberpustaka yang digunakan juga harus disebutkan, baik dalam teks karangan maupun daftar

pustaka, dengan sistem nama dan tahun. Cara penulisan sumber pustaka pada teks maupundaftar pustaka disajikan pada bagian 4.B. Kerangka berpikirKerangka berpikir memuat dasar pemikiran peneliti dalam memecahkan akar masalah penelitian,sehingga harus disusun sendiri oleh peneliti. Argumen peneliti dalam memaparkan kerangka pemikiranharus didasarkan pada teori-teori dan hasil-hasil penelitian sebelumnya yang telah dipaparkan dalamtinjauan pustaka, namun tidak merupakan kutipan dari pustaka.Isi kerangka berpikir setidaknya memuat tentang akar masalah yang merupakan hakikat/intimasalah, alternatif pendekatan masalah, dan temuan-temuan penting yang akan diperoleh,yangmerupakan jawaban akar masalah. Argumentasi logis alternatif pemecahan masalah berikut hasilpenelitian tersebut harus disampaikan jelas. Kerangka berpikir dilengkapi dengan bagan alir penelitian,yang memuat arti penting/masalah yang teridentifikasi, akar masalah, alternatif pemecahan masalah,metode penelitian/pendekatan sebagai solusi masalah, dan hasil penelitian.C. HipotesisHipotesis merupakan jawaban sementara yang belum dibuktikan kebenarannya secaraempiris. Oleh karena itu, hipotesis harus memuat pernyataan singkat yang merupakanjawaban/simpulan sementara terhadap akar masalah penelitian. Penyusunan hipotesis didasarkanatas hasil kajian teori yang telah ada/pengetahuan relevan sehingga bukan sekedarperkiraan/dugaan simpulan penelitian semata yang tidak didasarkan pada pengetahuan yang telahada.

BAB III. METODE PENELITIANMetode penelitian mencakup uraian tentang: tempat dan waktupenelitian, bahan dan alat penelitian(jika ada), dan tatalaksana penelitian.A. Tempat dan waktu penelitian menjelaskan tempat penelitian dilaksanakan. Pengertian tempattidak sekedar identitas adminsitratif, namun lebih pada karakter lingkungan penelitian. Waktupenelitian menjelaskan waktu pelaksanaan penelitian seperti hari, bulan, tahun, dan seterusnya.Dalam bagian ini memuat jadwal penelitian yang berisi rincian tahap-tahap penelitian danperkiraan lama waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing tahap, mulai dari persiapanpenelitian, pengumpulan data, analisis data, dan penulisan Tesis. Jadwal kegiatan penelitiandisajikan dalam bentuk matriks.B. Bahan dan alat penelitian (apabila ada) menjelaskan bahan dan alat peneletian yangpenting untuk diketahui, karena terkait dengan tingkat ketelitian data penelitian. Olehkarena itu, bahan dan alat penelitian yang tidak berkaitan dengan ketelitian/keakuratanpengukuran/pengambilan data, tidak perlu disebutkan.C. Tatalaksana penelitian memuat uraian cara melaksanakan penelitian sekaligusmenggambarkan langkah pendekatan dalam menjawab akar permasalahan penelitian.Cara melaksanakan penelitian dan atau metode pengumpulan fakta penelitian antara lainmencakup: jenis dan perancangan penelitian, macam perlakuan (jika ada), populasi dansampel penelitian, variabel penelitian, dan prosedur pengumpulan data, dan teknikanalisis data. Uraian tatalaksana penelitian dalam proposal tesisharus bisamenyampaikan prinsip-prinsip yang mendasari pemilihan metode serta menjelaskansecara rinci prosedur kerja setiap tahapan secara jelas (repeatable) untuk seluruh aspekkajian yang akan dilaksanakan. Metode penelitian yang secara khusus mengacu padametode peneliti lain yang telah dipublikasikan harus ditunjukkan dalam referensi. Caraanalisis data memuat teknik pengolahan data dengan menyebutkan model statistika yangdigunakan dan output yang diharapkan.

Catatan:Urutan dan isi tatalaksana penelitian dapatberbeda untuk bidang ilmu tertentu yangmemerlukan kekhasan (tidak semua aspek harus ada , penghilangan atau penambahan aspektertentu atau beberapa aspek digabung menjadi satu)BAGIAN AKHIRDAFTAR PUSTAKASemua pendapat atau teori yang disitasi pada teks karangan harus disebutkan pada daftarpustaka dan sebaliknya. Komunikasi pribadi yang digunakan sebagai acuan harus disebutkansumbernya di dalam teks karangan, namun tidak perlu dicantumkan pada daftar pustaka.Karangan yang diragukan validitas penulisnya baik dalam bentuk karangan di internet maupuncetak, tidak diperbolehkan digunakan sebagai sumber pustaka. Pendokumentasian pustaka padadaftar pustaka didasarkan pada urutan abjad nama penulis dan tahun. Nama akhir penulisdiletakkan di depan, sedangkan nama berikutnya ditulis inisialnya dan diletakkan dibelakangnya(dibalik). Apabila penulis lebih dari dua orang, maka penulisan sumber acuan di teks karangancukup dengan nama akhir penulis pertama di tambah et al., namun dalam daftar pustaka semuanaman penulis harus disebutkan lengkap. Contoh pendokumentasian pustaka ditunjukkan padabagian 5.LAMPIRANLampiran berisi informasi biodata mahasiswa (contoh pada Lampiran 4) dan keterangan atauinformasi lain yang diperlukan untuk melengkapi usulan penelitian, misalnya kuisioner, peta, surat

keterangan keikutsertaan dalam proyek penelitian (jika penelitian Tesis merupakan bagian dariproyek penelitian; contoh surat keterangan penelitian)Daftar Singkatan (jika perlu)Di dalam daftar singkatan dituliskan semua singkatan yang digunakan di dalam naskahdiikuti kepanjangannya. Urutan daftar disusun secara alfabetik.Bagian-2TESIS

BAGIAN AWALJudul LuarHalaman judul luar memuat judul penelitian, maksud usulan penelitian, lambang UNS,nama mahasiswa, nomor induk mahasiswa, nama institusi, dan waktu pengajuan (contoh padaLampiran 1).8. Judul hendaknya ringkas, lugas, dan mengisyaratkan permasalahan, serta bidang ilmu yangbersangkutan.9. Maksud usulan penelitian, ditulis setelah judul, yaitu:a.‘Disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan mencapai derajat Magister’,diikuti dengan nama program studi.10. Lambang Universitas Sebelas Maret berbentuk bundar dengan diameter 5 cm, denganwarna keemasan.11. Nama mahasiswa dan nomor induk mahasiswa ditulis lengkap, tidak boleh menggunakansingkatan, tanpa derajat (gelar) kesarjanaan. Nama ditulis lebih dahulu baru kemudian dibawahnya ditulis nomor mahasiswa.12. Nama institusi sesuai Program studi di Pascasarjana UNS.13. Waktu pengajuan dengan menuliskan tahun di bawah Pascasarjana Universitas SebelasMaret Surakarta.Judul DalamHalaman judul dalam berisi tulisan yang sama dengan halaman judul luar, tetapi diketikdi atas kertas putih.PengesahanHalaman pengesahan berisi tulisan judul usulan penelitian, penyusun, dewanpembimbing, tanggal penyusunan, mengetahui ketua program studi (contoh pada Lampiran 2)

Keaslian TesisKeaslian tesis adalah pernyataa peneliti bahwa isi dokumen tesis ini adalah asli karyapenulis, kecuali bagian-bagian yang merupakan acuan dan telah disebutkan sumbernya, baikdalam teks karangan dan daftar pustaka. Pernyataan keaslian dibuat dan ditandatangani di atasmaterai. (contoh pada Lampiran 3)Kata PengantarHalaman kata pengantar memuat hal-hal umum terkait tujuan penyusunan tesis dan ucapanterimakasih pada pihak-pihak yang berkontribusi langsung/tidak langsung dalam penyelesaiantesis.Daftar isiHalaman daftar isi memuat daftar urutan judul bab dan sub bab disertai dengan nomorhalamannya.Daftar Tabel (jika ada)Halaman daftar tabel memuat daftar judul tabel disertai nomor halaman tempat tabel.Daftar Gambar (jika ada)Halaman daftar gambar memuat daftar judul gambar disertai dengan nomor halamantempat gambar.Daftar Lampiran (jika ada)Halaman daftar lampiran memuat daftar lampiran disertai urutan judul lampiran dannomor halamannya.Daftar Singkatan (jika perlu)Halaman daftar singkatan memuat semua singkatan yang digunakan di dalam naskahdiikuti kepanjangannya. Urutan daftar disusun secara alfabetis.

BAGIAN ISIBAB I. PENDAHULUANBab Pendahuluan memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaatpenelitian.B. Latar Belakang MasalahLatar belakang masalah memuat arti penting masalah ditinjau dari segi kepentinganpengembangan pengetahuan dan pandangan/rasionalitas peneliti mengapa penelitian tersebutpenting dilakukan, namun disesuaikan dengan perjal

Buku panduan penulisan Proposal Tesis dan Tesis Program Magister di Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret disusun agar dapat digunakan oleh segenap civitas akademika sebagai pedoman dalam menyusun Proposal tesis dan . B. Bahan dan alat penelitian (apabila ada) menjelaskan bahan dan alat peneletian yang penting untuk diketahui, karena .

Related Documents:

Panduan Penulisan Tesis Prodi Magister Fisika, FMIPA, UNHAS 6 TATA CARA PENULISAN TESIS 1. MEDIA 1) Tesis dibuat pada kertas HVS putih ukuran A4 dengan berat 80 gram. 2) Penulisan naskah hanya pada satu halaman kertas, tidak timbal balik. 3) Tesis dijilid dengan jenis jilid Tesis dengan sampul berwarna biru tua. 2. PEDOMAN PENULISAN

Panduan Penulisan Tesis ini dibuat berdasarkan pedoman penulisan karya ilmiah yang berlaku umum di dunia akademisi. Walaupun demikian, Panduan Penulisan Tesis ini masih memiliki keterbatasan dan kekurangan. Kritik dan saran dari berbagai pihak sangat diharapkan dalam penyempurnaan Panduan Penulisan Tesis ini.

Panduan Format Penulisan Proposal Tesis dan Tesis ini dapat selesai atas kerja keras tim Panduan Magang dan Tesis Politeknik Negeri Bandung dan andil berbagai pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah bekerja dalam menyelesaikan panduan ini, dan juga terima kasih kepada seluruh anggota Majelis Jurusan

Panduan Penulisan Seminar Usulan Penelitian dan Tesis pps.uniga.ac.id 2 2. Menjamin mutu tesis. 3. Memastikan tesis sesuai dengan kaidah dalam penulisan karya ilmiah. D. Prosedur Penyusunan Prosedur penyusunan tesis adalah sebagai berikut: 1. Menyusun praproposal untuk diajukan kepada Dosen Wali. Praproposal

Dalam pelaksanaannya diperlukan suatu Panduan Penulisan Proposal Penelitian dan Skripsi khusus terutama untuk sistematika penulisan maupun format penulisan. Dalam penyusunan buku Panduan Penulisan Skripsi tentunya mengacu kepada panduan di bidang penelitian ekonomi jurusan manajemen, baik dari segi teori maupun prakteknya. .

keseragaman dalam penulisan proposal maupun Skripsi sesuai kaidah penulisan. Panduan Penulisan Skripsi ini meliputi prosedur tata cara penulisan, sistematika, format penulisan serta ketentuan-ketentuan bimbingan, ujian dan publikasi penulisan skripsi. Dalam kesempatan ini, tim penyusun mengucapkan terima kasih kepada : 1. Dr.dr.R.Soerjo .

Strata-2 untuk memenuhi sebagian syarat memperoleh gelar sarjana dalam bidang ilmu tertentu. Bobot Tesis adalah 8 SKS (Sistem Kredit Semester). Tesis disusun berdasarkan hasil penelitian yang disusun dalam format yang ditentukan oleh Fakultas. Penelitian untuk penyusunan tesis (selanjutnya disingkat penelitian tesis) harus sesuai dengan .

Study program Administrimi Publik (2012/2013) Fakulteti Shkencat Shoqërore Bashkëkohore Cikli i studimeve Cikli i parë (Deridiplomike) SETK 180 Titulli I diplomuar në administrim publik Numri në arkiv i akreditimit [180] 03-671/2 Data akreditimit 22.06.2012 Përshkrimi i programit Programi i Administratës publike ka një qasje multidiciplinare të elementeve kryesore të studimit në .