PERDAGANGAN INTERNASIONAL - Danjunisme

3y ago
22 Views
2 Downloads
1.64 MB
23 Pages
Last View : 1m ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Kelvin Chao
Transcription

PERDAGANGAN INTERNASIONALPertemuan 14

SUB PEMBAHASAN1. Arti dan Fungsi Perdagangan Internasional2. Keunggulan Absolute dan KeunggulanKomparatif3. Dampak Kebijakan PerdaganganInternasional4. Perjanjian dan Kerjasama PerdaganganInternasional

ARTI DAN FUNGSIPERDAGANGAN INTERNASIONAL

PerdaganganInternasional adalahaktivitas perdaganganyang dilakukan olehpenduduk suatu negaadengan negara lain atasdasar kesepatakatnbersama.

Kenapa Terjadi Perdagangan Internasional?Perbedaan Harga BarangPerbedaan Hasil ProduksiPerbedaan Sumberdaya AlamKeinginan untuk Meningkatkan Produktivitas

Fungsi Perdagangan InternasionalUntuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeriyang dapat diberikan dan ditawarkan oleh negara lain.Untuk memperoleh keuntungan dan meningkatkanpendapatan negara dari perdagangan ekspor dan impor.Untuk membuka kerjasama, hub politik dan dukungandari negara lain sbg konsekuensi adanya era globalisasi shgtidak satu negara pun di dunia dapat hidup sendiri.

Dampak Perdagangan InternasionalMempererat persahatan antar bangsa.Menambah kemakmuran negara.Menambah kesempatan kerjaMendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologiSumber pemasukan kas negaraMenciptakan efisiensi dan spesialisasi

KEUNGGULAN ABSOLUTE&KEUNGGULAN KOMPARATIF

Teori keunggulanabsolute dari AdamSmith mengukur nilaisuatu barang denganbanyaknya tenaga kerjayang digunakan untukmenghasilkan barangtersebut.

ContohMisal, dua negara (Indonesia dan Omelix) memproduksi dua komoditi hortikultura yaitu Jerukdan Apel dengan asumsi masing-masing negara menggunakan 100 tenaga kerja. 50 tenaga kerjauntuk memproduksi jeruk dan 50 tenaga kerja untuk memproduksi apel.NegeraProduksi kan tabel di atas, Indonesia memiliki keunggulan absolute dalam produksi jerukdibandingkan dengan Omelix, karen 50 tenaga kerja di Indonesia mampu memproduksi 50ton jeruk sedangkan Omelix hanya bisa memproduksi 20 ton jeruk. Sebaliknya Omelixmemiliki keunggulan absolute dalam produksi Apel karena bisa memproduksi 30 ton apel,Indonesia hanya 20 ton apel.

Lanjutan.Jadi, Indonesia memiliki keunggulan absolute dalam produksi jeruk dan Omelix memiliki keunggulan absolute dalam produksi apel. Apabila Indonesia dan Omelix melakukan sspesialisasi produksi, hasilnya akan sebagai berikut:NegeraProduksi BarangJerukApelIndonesia900Omelix0907070Dengan melakukan spesialisasi, hasil produksi semakin meningkat karena Indonesia danOmelix memindahkan tenaga kerja je dalam produksi komoditi yang menjadi keunggulanabsolute. Setelah spesialisasi, jumlah produksi meningkat menjadi 90 ton jeruk dan 70 tonapel.Jika Indonesia dan Omelix melakukan perdagangan, maka Indonesia akan mengeksporjeruk ke Omelix dan mendapatkan keuntuntungan 40 ton Apel, sedangkan Omelix akanmengekspor apel ke Indonesia dan akan mendapatkan keuntungan 30 ton jeruk.

Teori keunggulankomparatif DavidRicardo menyatakanbahwa suatu negaramasih mampumelakukanpergadangan meskitidak memilikikeunggulan absolute.

ContohNegeraJam KerjaOtrixIndonesia1 Hari1 HariProduksi BarangManggaAnggur512010Secara keunggulan absolute, Otriz mempunyai keuntungan mutlak menghasilkan dua jeniskomoditi mangga dan anggur. Jika ini terjadi, maka perdagangan tidak akan terjadi antaraOtrix dan Indonesia. Tetapi jika dilihat menurut keunggulan komparatif, maka perdagangantetap terjadi karena Otrix secara komparatif akan lebih menguntungkan kalau melakukanspesialisasi dalam produksi mangga, sementara Indonesia memproduksi anggur.

Lanjutan.Untuk menentukan harga output yang paling murah kita anggap upah tenaga kerja per hariuntuk memanen mangga dan anggur di Otrix adalah US 20, sedangkan di Indonesia US 5,maka tabel produksinya menjadi:NegeraJam KerjaTingkatUpahOtrixIndonesia1 Hari1 Hari 25 10ManggaAnggurOutput Harga ( ) Output Harga ( )5151020101,251,00Dengan tingkat upah di atas, akan menguntungkan jika Otrix mengekspor mangga keIndonesia dan mengimpor anggur dari Indonesia, dan sebaliknya Indonesia akan lebihmenguntungkan jika mengekspor anggur dan mengimpor mangga dari Otrix, sehinggaperdagangan kedua negara ini akan saling menguntungkan.

DAMPAK KEBIJAKANPERDAGANGAN INTERNASIONAL

Dampak Kebijakan Perdagangan Tarif Terhadap PerekonomianPSHarga dunia Pw berada di bawah Po, sehinggakonsumen domestik memperoleh rangsangan untukmembeli dari luar negeri, yang akan mereka kerjakanbila impor tidak dilarang.PoABGaris S dan D adalah kurva penawaran danpermintaan domestik. Apabila tidak ada impor makaharga dan jumlah domestik adalah Po dan Qo(potongan penawaran dan permintaan).DPwDQQdQsQoPengenaan tarif harus atau lebih dari perbedaan Podan Pw. Dengan tarif yang tinggi maka tidak akan adaimpor dan karenanya tida ada penghasilan pemerintahdari pngutan tarif sehingga efeknya bagi konsumen danprodusen akan sama dengan adanya kuota.Harga domestik akan jatuh ke harga dunia Pw danpada harga yang lebih rendah tsb produksi domestikakan jatuh ke Qs dan konsumesi domestik akan naikke Qd.Dengan demikian impor adalah perbedaan antarakonsumsi domestik dengaan produksi domestik (Qd –Qs)

Efek tarif terhadap perekonomian negaraEfek tarif terhadap perekonomian negara:a. Price effect, perubahan harga domestik walaupun lebih rendah darikondisi autarky (Pd) tetapi masih lebih tinggi dari hargadunia (Pw)b. Consumption effect, peningkatan konsumer surplus (dibandingkankondisi autarky) sehingga konsumen merasa lebihmampu untuk membeli barangc. Production effect, producer surplus meningkat setelah diberlakukanpajak namun masih lebih rendah daripada kondisiautarkyd. Equity effect, berupa redistribusi sebagian consumer surplus keproducer surplus

Dampak Pengenaan Tarif terhadap Pelaku Ekonomi1. Konsumen. jika ada pengenaan tarif impor terhadap komoditiakan menurunkan konsumsi dalam negeri atas komoditi tsb,karena harga komoditi tsb akan naik.2. Produsen. Produsen dalam negeri akan meningkatkanproduksinya untuk komoditi tsb.3. Pemerintah. Akan meningkatkan penerimaan pemerintahdengan adanya tarif impor.

Kebijakan Perdagangan Non-Tarif Terhadap Perekonomian1. Kuota Batas maksimum jumlah barang yang bisa diimpor dalam periodetertentu2. Subsidi Subsidi terhadap biaya produksi barang domestik akan menurunkan harga,sehingga produksi domestik dapat bersaing dengan barang impor3. Larangan Impor Untuk komoditi tertentu bisa karena alasan ekonomi ataupun politik.Dalihnya masalah keamanan dan kesehatan.4. DumpingPolitik dumping adalah kebijakan menjual produk lebih murah di luarnegeri daripada di dalam negeri agar memperluas pasar ekspor.

PERJANJIAN DAN KERJASAMAINTERNASIONAL DALAMHASIL-HASIL PERTANIAN

Uni Eropa (European Union)Dibentuk tahun 1957. Negara-negara yang tergabungbersepakat menurunkan hambatan perdagangan,membebeaskan arus perdagangan produk industridan menerapkan suatu harga yang seragam untukproduk-produk pertanian sejak 1968.Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa(EFTA-European Free Trade Association)Dibentuk tahun 1960. Bertujuan untuk mewujudkanperdagangan bebas (menghapuskan semua tarif dianatar negara anggota) produk-produk industri.NAFTA (North American Free TradeAgreement)Dimulai tahun 1993. Dengan perjanjian inidiharapkan akan dapat membebaskan perdaganganbarang dan jasa di seluruh kawasan Amerika Utara.

ASEAN Economic Community(AEC)Disepakati pada tahun 2007.Tujuan strategis dan komitmennyaadalah menyingkirkan semuahambatan yang meliputi aliran bebasbarang-barang, aliran bebas jasa-jasa,aliran bebas investasi, aliran bebasburuh terampil dan lain-lain.FTA ASEAN dengan China (ACFTA)Kesepatakan negara-negara anggota ASEAN dengan China untukmewujudkan kawasan perdagangan bebas dengan menghilangkanatau mengurangi hambatan-hambatan perdagangan barang, baiktarif ataupun non tarif, peningkatan akses pasar jasa, peraturandan ketentuan investasi serta peningkatan aspek kerja samaekonomi.

Terima Kasih

Fungsi Perdagangan Internasional Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri yang dapat diberikan dan ditawarkan oleh negara lain. Untuk memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara dari perdagangan ekspor dan impor. Untuk membuka kerjasama, hub politik dan dukungan dari negara lain sbg konsekuensi adanya era globalisasi shg

Related Documents:

A. Teori Perdagangan Internasional Menurut Christianto (2013) Pengertian perdagangan internasional secara sederhana menurut kamus ekonomi yaitu perdagangan yang terjadi . Pada pasar internasional harga yang dimiliki oleh negara A akan lebih kecil yaitu berada pada harga P* sehingga negara A akan mengalami kelebihan penawaran (excess supply .

menemukan bahwa perdagangan internasional berperan besar dalam mempengaruhi permintaan untuk perjalanan bisnis. Habibullah dan Lin (2002) mengeksplorasi sifat hubungan arus perdagangan internasional dan . dan mitra pariwisata antara Singapura utamanya (ASEAN, Jepang, Australia, Inggris dan Amerika Serikat). Hasil temuan studi ini

perdagangan internasional. Penggunaan standar internasional akan menjamin konsumen bahwa produk yang dikonsumsi sangatlah aman, efisien dan ramah lingkungan. Dengan demikian bagi bisnis, keuntungan standar internasional antara lain: 1. Hemat biaya, standar internasional akan mengoptimalkan op

PERKEMBANGAN PERDAGANGAN, INVESTASI, DAN KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL BULAN FEBRUARI 2012 DIREKTORAT PERDAGANGAN, INVESTASI DAN KERJASAMA EKONOMI . kepemilikan saham, atau bentuk lain yang disetujui kedua belah pihak. Kepemilikan saham oleh pemilik tanah merupakan salah satu opsi baru terkait ganti rugi. .

Strategi Operasi Global Perusahaan International yaitu erusahaan yang terlibat dalam transaksi perdagangan internasional atau lintas batas. Perusahaan multinasional : perusahaan yang terlibat dalam perdagangan internasional

perkembangan akuntansi internasional saat ini. Keenam Negara ini termasuk dalam pendiri Komite Standar Akuntansi Internasional (sekarang Badan Standar Akuntansi Internasional) yang memiliki peranan penting dalam mengarahkan agenda IASB. Keenam negara tersebut adalah Pranci

sistem moneter internasional 7. kuis 1kuis 1 8. ujian tengan semester (uts) 9. foreign direct investment 10. memasuki pasar luar negeri 11. pemasaran internasional dan pengembangan produkpemasaran internasional dan pengembangan produk 12. manajemen operasi dalam bisnis internasional 13. manajemen sumber day

BSc Accounting and Finance Department of Accounting Pie chart showing breakdown by country yet to place *Data for registered BSc Accounting and Finance students in years 1-3 in 2013-14 This guide is printed on recycled stock. The programme The BSc Accounting and Finance programme is widely regarded as being at the forefront of international teaching in its field. It is known for pioneering .