TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL XX

3y ago
121 Views
7 Downloads
632.31 KB
5 Pages
Last View : 8d ago
Last Download : 4m ago
Upload by : Warren Adams
Transcription

TUGAS PENDAHULUANMODUL04PRAKTIKUM TIM ASISTEN SISTEM OPERASI2014

TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL XXApril 19,2014Pada modul kali ini, mungkin akan sedikit berbeda dengan modul-modul sebelumnya. Masihdapat kita ingat bahwa modul-modul sebelumnya, kita membahas manajemen administrasidalam sistem operasi Windows. Sekarang, kita beralih kepada sistem operasi yang berbasiGNU/Linux. Mungkin teman-teman praktikan tidak banyak lagi menjumpai soal-soal yangberbentuk analisa studi kasus, seperti pada modul-modul sebelumnya. Pertimbangannyaadalah, kami percaya sebagian besar teman-teman praktikan menggunakan Windows sebagaisistem operasi untuk keperluan sehari-hari. Oleh karena itu, maka mulai modul ini, kami akansedikit merubah alur pembelajaran pada manajemen administrasi GNU/Linux.Mari kita mulai.MANAGING DESKTOPTidak seperti Windows, di GNU/Linux terdapat banyak macam pilihan desktop environment.Karena itu pelajari apa itu Desktop Environment, Window Manager, Compositing, danberbagai macam hal yang terkait. Kalian dapat memulai dari situs ini.https://wiki.archlinux.org/index.php/desktop ?title GNU/Linux ricinghttp://lda-indonesia.wikia.com/wiki/Linuxer Desktop Art WikiSedikit keluar dari bab ini, apakah teman-teman praktikan disini sudah mengetahuibagaimana cara menginstall sebuah aplikasi pada sistem operasi GNU/Linux? sudo apt-get install nama aplikasinya, mas!Benar dan salah. Ya, jika kalian menggunakan Ubuntu atau Debian maka perintah tersebutmemang benar untuk menginstall aplikasi. Tapi, GNU/Linux tidak sebatas Ubuntu danDebian. Cara paling universal adalah dengan mengunduh paket source aplikasi yangbersangkutan, mengekstrak nya ke suatu direktori. Lalu masuk ke direktori tersebut jalankanperintah./configure && make && make installKarena itu, pelajari perintah-perintah dasar pada sistem operasi GNU/Linux. Dan pelajaricara menginstall suatu program tanpa adanya koneksi internet dan cara menginstall programdari source.REPOSITORYApa itu repository? Pelajari apa itu repository.DEPENDENCYApa itu dependency? Pelajari apa itu dependency.

April 19,2014TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL XXINTERFACEPada bab ini, kami berasumsi bahwa kalian sudah sedikit paham apa itu DesktopEnvironment dan berbagai macam hal lainnya, jadi, pada setiap desktop environment yangberbeda, akan membutuhkan pengaturan yang berbeda pula. Disini kita tidak akan fokus kesalah satu Desktop Environment tertentu, tapi kita akan membuat lingkungan desktop tanpaterkait pada suatu Desktop Environment. Singkatnya, apa yang kita akan lakukan ini dapatdilakukan di semua Desktop Environment.Jadi, apa yang dibutuhkan pada suatu tampilan desktop? Informasi apa saja yang dapat kitatampilkan di desktop?Oleh karena itu, cari tahu, program apa yang dapat digunakan untuk mengubah wallpaperpada suatu desktop environment, dan install program tersebut.Pada desktop environment yang berbeda, berbeda pula cara mengganti wallpaper, oleh karenaitu, sebelumnya, cari tahu kalian sedang berada pada desktop environment apa.\Cari tahu aplikasi apa yang dapat menampilkan informasi desktop pada terminal seperti padagambar diatas. Lalu buatlah agar aplikasi tersebut berjalan setiap kali kalian membukaterminal.Setelah itu, cari tahu cara untuk merubah,1. Tema2. Wallpaper3. Icon

TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL XXApril 19,2014USER MANAGEMENTDalam user management, kalian bisa mengatur akun-akun yang terdaftar dalam sistem kalian.Tidak seperti pada Windows, beda Desktop Environment, maka beda pula cara melakukanmanajemen user. Tapi ada satu cara universal untuk mengatur manajemen user, yaitu lewatcli, command line interface. Jadi, pelajari cara melakukan manajemen user melalui terminal.Berikut adalah rujukan situs yang dapat kalian s and groupsContohnya, buat user dengan nama “sisop”, dengan password “1234” dan masukkan usertersebut ke dalam group “wheel”.Kemudian buatlah satu user lagi dengan nama adalah nama panggilan Anda dan passwordadalah NRP Anda. Jadikan user ini sebagai user sistem.BONUS1. Jam dan tanggalTampilkan script dengan fungsi untuk menampilkan jam secara kontinu pada terminal.Contoh nya adalah seperti ini.Pasti mengingatkan kalian pada soal FP lalu kan? Soal ini juga menggunakan alur logikayang sama, jadi kalian harus belajar bash scripting untuk dapat membuat script tersebut. Oke,akan kami permudah, sehingga kalian yang kami asumsikan masih sangat awam terhadapGNU/Linux dapat dengan mudah mengerjakan soal ini.Kalian bisa mencari di google dengan kata kunci “looping bash scripting”. Kami juga akanmenunjukkan syntax apa yang kira-kira dapat digunakan untuk membuat script tersebut.Gunakan while untuk melakukan looping. Dan date untuk menampilkan jam atau tanggal.Ketikkan “man date” pada terminal untuk mengetahui opsi apa saja yang ada di perintah date.

TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL XXApril 19,20142. ScriptBuatlah sebuah script untuk :- Merubah wallpaper- Merubah icon- Merubah tema- Menambah userDan buat lah script tersebut agar menampilkan menu diatas dan pengguna dapat memilihmenu yang mana yang akan mereka lakukan.(Hint : Script dalam linuk biasanya menggunakan istilah bash scripting, namun tidakmenutup kemungkinan dapat menggunakan script yang lainnya seperti ruby ataupun phyton)

TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL XX April 19, 2014 Pada modul kali ini, mungkin akan sedikit berbeda dengan modul-modul sebelumnya. Masih dapat kita ingat bahwa modul-modul sebelumnya, kita membahas manajemen administrasi dalam sistem operasi Windows. Sekarang, kita beralih kepada sistem operasi yang berbasi GNU/Linux.

Related Documents:

PRAKTIKUM 3 MANAJEMEN SISTEM OPERASI & PERANGKAT UTILITAS SISTEM OPERASI WINDOWS 3.1 Pendahuluan Window merupakan salah satu dari sekian Sistem operasi yang ada. Pada praktikum kali ini akan dipelajari manajemen Sistem Operasi Windows, manajemen file dan direktori, penggunaan beberapa utilitas sistem operasi seperti defragmentasi, data backup,

0. PENDAHULUAN Panduan ini berisi langkah-langkah mudah pemrograman Shell Bash pada sistem Operasi Linux. Setiap praktikan diharuskan mengerjakan contoh yang disediakan dan menyelesaikan tugas-tugas yang dibebankan oleh Asisten Praktikum. Praktikum terdiri dari 5 modul yang masing-masing terdiri dari Tugas Pendahuluan yang harus

Modul Praktikum Pemrograman Sistem STT “Adisutjipto ” 2018 Page 1 Praktikum Pemrograman Sistem . Praktikum 1 . Perintah Dasar Sistem Operasi . L. inux. POKOK BAHASAN: Format Instruksi pada Sistem Operasi Linux Perintah-Perintah Dasar pada Sistem Operasi Linux . TUJUAN BELAJAR: Setelah mempelajari materi dalam bab ini, mahasiswa diharapkan .

2. Dari daftar operasi kerja tersebut, buatlah BOM dan Assembly Chart! Pengumpulan Tugas Pendahuluan: 1. SOP Tugas Pendahuluan terdapat pada modul praktikum. 2. Header TP Kelompok : Kelompok X – Shift Y . Urutan pengumpulan dalam amplop : Tugas Kelompok , Tugas Individu ( sesuai dengan NIM anggota kelompok). 3.

PRAKTIKUM MATAKULIAH SISTEM OPERASI Hal 3/74 MODUL PRAKTIKUM I Perintah Dasar Sistem Operasi Linux Praktikum Sistem Operasi 2016 / 2017 ls –l 3. Menampilkan semua file atau direktori yang tersembunyi ls –a 4. Menampilkan semua file atau direktori tanpa proses sorting ls –f 5. Menampilkan isi suatu direktori ls /usr 6.

Praktikum Biologi Sel merupakan salah satu praktikum yang mendasari praktikum pada mata praktikum yang lain seperti Praktikum Teknik Analisa Biologi Molekuler, Praktikum Kultur Jaringan dan Sel Hewan serta Praktikum Imunologi. Petunjuk Praktikum Biologi Sel ini disusun sejak tahun akademik 2004/2006 yang saat itu hanya memuat tiga materi.

TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL 02 March 5, 2014 Case 5 Dalam Windows 7 terdapat beberapa profile ketika komputer yang kita gunakan terhubung kedalam suatu jaringan. Tiap profile tersebut memiliki keunikan dan tinggat keamanan yang berbeda. Jelaskan masing-masing profile tersebut dan pada saat apa kita harus menggunakannya !

Alison Sutherland 579 Alison Sutherland 1030 Alison Will 1084 Alison Haskins 1376 Alison Butt 1695 Alison Haskins 1750 Alison Haskins 1909 Alison Marr 2216 Alison Leiper 2422 Alistair McLeod 1425 Allan Diack 1011 Allan Holliday 1602 Allan Maclachlan 2010 Allan Maclachlan 2064 Allan PRYOR 2161 Alys Crompton 1770 Amanda Warren 120 Amanda Jones 387 Amanda Slack 729 Amanda Slack 1552 Amanda .