Instalasi Plumbing (Air Bersih Dan Air Kotor) - Uigm

1y ago
18 Views
2 Downloads
1.93 MB
48 Pages
Last View : 14d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Grady Mosby
Transcription

INSTALASI PLUMBING(AIR BERSIH DAN AIR KOTOR)Kuliah 7, 26 Oktober 2009

PENDAHULUAN Instalasi plumbing (pemipaan) sangat pentinguntuk menunjang operasional bangunan. Sebagai sarana penyaluran air, gas, air limbah, dll. Instalasi plumbing dalam bangunan harusdirencanakan karena membutuhkan: ruang jalur fikturs (fixtures)Harus efisien danestetis bentukserta warnanya

PENDAHULUAN Instalasi plumbing harus memenuhi persyaratan: Kesehatan Penghuni Lingkungan Keamanan Teknis, dan lain-lain

Macam Instalasi Plumbing (1)1.Instalasi pemipaan distribusi airbersih 2.Air minumAir flasing (WC/KM)Air panasAir bertekanan, dllInstalasi pemipaan air kotor Air kotor dari kamar mandi (airbekas mandi)Air kotor dari dapur, wastafel, dllAir kotor dari kloset, bidet,urinoar (air fekal)Air kotor dari tempat cuci (airsabun/ detergent)Air kotor dari pengurasanAir kotor dari laboratorium

Macam Instalasi Plumbing (2)3.Instalasi pemipaan pemadam kebakaran 4.Instalasi pemipaan air AC 5.Air untuk sprinklerAir untuk fire house/ hose reelAir untuk hydrant (hydrant pillar)Air untuk bahan pendingin ACAir drainase (dari pengembunan) ACInstalasi air untuk fungsi lain : Air mancurAir terjunAir kolamTabir airAir untuk elemen estetis, dll

Macam Instalasi Plumbing (3)6. Instalasi pipa vent Pipa vent toilet Pipa vent septictank, dll7. Instalasi pipa lain-lain : Pipa gas Pipa bahan-bahan kimia Pipa cairan tertentu, dllInstalasi Pipa GasPipa pengolahan air limbah rumah sakit

Contoh Pembuangan Limbah Rumah Sakit Bunda, JakartaBangunan Insinerator

Azas/ Prinsip Plumbing (1)1. Harus sesuai fungsi bangunan (rumah , kantor,industri, dll), yang diartikan dengan semuabahan dan perlengkapan pemipaan sesuaidengan fungsi bangunan dan dalampengoperasionalannya harus awet dan tahanlama.2. Kemiringan pipa layak, dikarenakan fungsipipa adalah untuk wadah pengaliran barangcair, gas, dan lain-lain, maka bila dibutuhkankemiringan yaitu secara horisontal: 1,5 – 5 %,dan bila vertikal harus benar vertikal (90º)

Azas/ Prinsip Plumbing (2)3. Instalasi plumbing harus dilengkapi denganperangkap udara atau pelepas udara dan tutuppembersih.4. Pemasangan outlet dan inlet diusahakan dipasangsatu garis lurus, sesedikit mungkin belokan-belokan.5. Semua sambungan harus rapat air (tidak bolehbocor).6. Sambungan dan alat sambung pipa harus rata dalamkeduanya.7. Air bersih dan air kotor harus terpisah dan tidakboleh saling mencemari.

CONTOH SISTEM PLUMBING Sistem plumbing di ITB Sistem plumbing di gedung rektorat Unpad

Instalasi/ Distribusi Air Bersih Air bersih yang dipakai pada bangunanseharusnya mengikuti kualitas air bersih standarWHO (di Jepang harus sesuai UU PengamanSanitasi Gedung). Yang termasuk lingkup instalasi/ distribusi airbersih adalah: sistem penyediaan air bersih, sistem tangki, sistem distribusi, dan lain-lain.

Sistem penyediaan air bersiha) Sistem sambungan langsung dengan PAM Air bersih didapatkan dari PAM melalui pipa PAM masukke instalasi meteran air yang ada di halaman bangunan, danair langsung dialirkan ke kamar mandi, dapur, dansebagainya. Sistem ini harus ada jaminan dari PAM bahwa tekanan airharus cukup untuk menaikkan air ke tempat-tempat yangmembutuhkan (kamar mandi, dapur, tangki air, dansebagainya)

Sistem penyediaan air bersih Bila tekanan air tidak cukup kuat untuk menaikkan airmaka air dari PAM di tampung dahulu pada reservoirbawah, selanjutnya disedot dan dipompakan ke menaraair atau tangki atas. Dari tangki atas didistribusikan menuju KMWC,dapur, dan lain-lain dengan gaya gravitasi.

Sistem penyediaan air bersihb) Sistem tangki atap Untuk bangunan bertingkat lebih dari2 lantai yang memungkinkan di atapdiletakkan tangki atap maka sistem inisama dengan sistem sambunganlangsung PAM dengan tangki atas. Air dari PAM melewati meteran airdialirkan ke tangki bawah (yangberada di basement) lalu dipompakanke tangki atap (yang berada di atapbangunan), dan dari tangki atap airdidistribusikan ke KMWC, dapur, danlain-lain, dengan gaya gravitasi.

Sistem penyediaan air bersih Bila sumber air diambil dari sumur tidak dariPAM dan ternyata air sumur dimaksud harusdiolah dahulu sebelum di distribusi, maka salahsatu cara pengolahan adalah dengansedimentasi.

Sistem penyediaan air bersihc)Sistem distribusi tangki tekan Sistem ini tidak memerlukan tangkiatap tetapi melengkapi sistem dengantangki tekan (tangki yangbertekanan), air dari tangki bawah(reservoir) dimasukkan ke tangkitekan (dengan pompa air), dan daritangki tekan langsung didistribusikanke kran-kran air (KMWC, dapur,wastafel, dan lain-lain). Tekanan yang ada dalam tangkitekan didapatkan dari kompresoryang mendukungnya.

Sistem penyediaan air bersih Makin tinggi bangunan makin besar tekanan dari tangki tekanyang dibutuhkan. Ada beberapa bangunan rumah tinggal 2 lantai yang memakaisistem distribusi tangki tekan Ada beberapa pihak yang menyebut tangki tekan adalahhidrofor.

Sistem penyediaan air bersihd)Sistem distribusi tanpa reservoir bawah Sistem distribusi ini adalah air dari sumber air (sumur gali, sumur bor)langsung disedot atau diisap dengan pompa air dan langsungdidistribusikan. Hal semacam ini dapat dilakukan bila air dari sumbernya benar-benarmemenuhi syarat kesehatan dan kebersihannya. Bila sumber air dari PAM maka sistem ini tidak boleh dilakukan karena airPAM langsung diisap dengan pompa, dan hal ini dapat merugikanpelanggan PAM lainnya.

Sistem penyediaan air panas Penyediaan air panas pada bangunan hampirmerupakan suatu kebutuhan, terutamabangunan akomodasi seperti hotel, apartemen,asrama, dan lain-lain. Dalam sistem penyediaan air panas yangmenjadi permasalahan adalah bagaimana airdingin dapat menjadi panas dan sistemdistribusi atau pengalirannya yang dapatmenjaga suhu air tetap.

Sistem penyediaan air panas Sistem pemanas air yang biasa dipakai adalah: pemanas air dengan listrik/ gas pemanas boiler pemanas energi surya Untuk pemipaan memakai pipa-pipa dari bahantembaga yang diberi insulasi tahan panas.

1. pemanas air dengan listrik/ gas

2. Pemanas air dengan boiler dan surya

Tangki Air Peranan tangki air dalam instalasi pemipaan terutamaair bersih sangat penting, berfungsi sebagai wadahtampungan air sementara sebelum didistribusikansesuai kebutuhan. Besaran tangki air sangat tergantung kepada besaran/volume air yang dibutuhkan untuk satuan waktutertentu Misalnya tangki air harian, artinya kapasitas atau volume airyang diwadahinya harus mampu untuk mencukupikebutuhan seharian (24 jam). Ada pula tangki air yang mewadahi air untuk air untukkebutuhan 12 jam, 6 jam, dan sebagainya, artinya setiap 12jam atau 6 jam harus diisi lagi airnya. Dalam pengisian air tersebut terkait dengan jumlah dankapasitas pompa air serta jam kerja pompa air dimaksud.

Instalasi Air Kotor Instalasi air kotor adalah instalasipemipaan penyaluran atau pembuanganair kotor yang mengikuti standar danketentuan-ketentuan teknis sehingga tidakmempunyai dampak negatif terhadaplingkungan. Air kotor adalah air buangan atau airlimbah, atau semua cairan yang dibuang,baik yang mengandung kotoran manusia,kotoran hewan, bekas tumbuhan, dapur,cuci, maupun air yang mengandung sisaproses laboratorium, industri.

AIR KOTOR Air kotor dapat dibagi menjadi :1. Air kotor dari kamar mandi, yaitu air buangan dariKM, bak, bath-tub, kolam renang, biasanyamengandung sabun, deterjen (busa).2. Air kotor dari wastafel, dapur, yaitu air buangan daridapur, wastafel, dll, biasanya mengandung lemak,sisa makanan.3. Air kotor dari WC (fekal), yaitu air buangan dari WC(kloset, bidet, urinoir) yang mengandung kotoranmanusia (fekal).4. Air buangan khusus, yaitu air buangan yangmengandung gas, racun, bahan berbahaya (sepertiberasal dari proses pabrik, air buangan laboratorium,tempat pengobatan, rumah potong hewan) danmengandung radio aktif (PLTN, reaktor atom,laboratorium penelitian, dll).

Klasifikasi Sistem Pembuangan Air Kotor1. Klasifikasi menurut jenis air buangana) Pembuangan air kotor dari kamar mandiKM bekas mandiRiool Kotabekas wudhuSaluran airbekas wastafelditampung /bak kontrolSumur Resapan

b) Pembuangan air kotor dari wastafel dan dapurWastafeldikumpulkanRiool kotaSaluran terbukaDapur- bak kontrolSumur resapan- sum-pitPenangkap lemak

c) Pembuangan air kotor dari WCKlosetRiool kotaSepictankBidetdikumpulkanUrinoir

d) Pembuangan air buangan khususRiool kotaProsesPabrikair buangankhususIPAL(Agar tidakmencemarilingkungan)Alam bebas

2. Klasifikasi Menurut Cara Pembuangan AirKotora) Sistem pembuangan campuranKM (bak mandi, shower,bath-tub,dll)Riool kotaUrinoir, closet, bidetdapur, wastafel, dlldikumpulkan

b) Sistem pembuangan terpisahKM (bak mandiShower, bath-tub, dllWastafel, DapurRiool kotaAir dari WC(Urinoir, closet,bidet)

c) Sistem pembuangan tidak langsung Sistem pembuangan seperti ini adalahpembuangan dari beberapa lantai atau ruangdijadikan satu dan baru di buang.

3. Klasifikasi Menurut Cara Pengalirana) Sistem gravitasi: Cara pengaliran air kotor yangmengandalkan gravitasi atau berprinsip pengalirandari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah(pengaliran air secara alami).

b) Sistem tekanan (dipompa) Cara pengaliran dengan pompa (sistem tekanan) dilakukanbila dengan cara gravitasi tidak bisa dilakukan. Pengalirandengan cara ini dilakukan untuk mengalirkan air kotoryang telah ditampung pada sum-pit dan selanjutnya dipompa untuk dialirkan ke riool kota.

Sistem Pengaliran Air Kotor Secara Terpisah

Potongan Bak Kontrol Air Kotor

Potongan Sumur Resapan

Potongan Septictank

Yang perlu diketahui oleh paraperancang yang berkaitan dengan sistemplumbing adalah: dibutuhkan suatu ruang untuk pipa dapatmelewati dengan kemiringan-kemiringantertentu atau benar-benar vertikal (adapersyaratan-persyaratan khusus), ada beberapa perlengkapan yang harusdiakomodasi dan juga butuh ruang (bakkontrol, septictank, sumur resapan, dll), serta pemikiran bahwa instalasi perludirawat, diperbaiki, dan sebagainya.

Pembuangan Air Hujan1. Penyaluran air hujan di atapa) Penyaluran air hujan pada atap miring: Yang perlu diperhatikan didalam pembuatanpenyaluran air hujan pada atap miring adalah: bahan penutup ataptalang horisontal (gutter)talang vertikal (rain leader, down spout)

b) Penyaluran air hujan pada atap datar Penyaluran air hujan pada bidang atap datar tidakboleh benar-benar datar tetapi harus adakemiringan, walau kecil, misalnya 1%.

2.Penyaluran Air Hujan di Tanah Penyaluran air hujan dipermukaantanah merupakan kelanjutan daripengaliran air hujan dari talang.Aliran dipermukaan diusahakan dapatmengalir ke suatu tempat yangdirancang lebih rendah.Pengaliran air hujan dipermukaansangat bergantung pada kontur tanah. Prinsip penyalurannya adalah airhujan tidak boleh tercampur dengankotoran (sampah, daun-daunan, dll),agar supaya pipa tidak tersumbat.Selain itu diusahakan pengalirannyadengan sistem gravitasi (kecualidalam kondisi tertentu memakaipompa tekan).

Kemiringan Pipa Buangan Untuk mengalirkan suatu cairan harus ada kemiringan,makin miring miring keras alirannya, tetapi semakinmembutuhkan ruang untuk mengakomodasikemiringan pipa dimaksud.

Perhitungan Kebutuhan Air Bersih& Kapasitas BuanganPembagian air pada tangki atap

Perhitungan Kebutuhan Air Bersih& Kapasitas Buangan Air buangan dari WC: 75 liter/ orang/hari Besaran septictank adalah jumlah orang x75 liter x 3 hari (kotoran manusia) Misal: suatu bangunan yang dihuni 10 orang maka besaran septictank-nya adalah 10 x 75liter x 3 2250 liter dimensinya: p x l x t 2 x 1,5 x 1 m

Pemipaan air kotor pada bangunan bertingkat

Pemipaan air kotor pada toilet

PUSTAKA Stein, Benjamin and Reynolds, John S. (2000),Mechanical and Electrical Equipment for Buildings:9th Edition, Canada: John Wiley & Sons, Inc., Chadderton, David, V. (2000), Building ServicesEngineering, New York: E & FN Spon Parlour, R.P. (2000), Building Services, A Guide toIntegrated Design, Engineering for Architect, 3rdEdition, Integral Publishing, Australia: Pymble NSW2073 www. catalinapools.com diakses pada tanggal 4 Maret2008

Instalasi pipa vent Pipa vent toilet Pipa vent septictank, dll 7. Instalasi pipa lain -lain : Pipa gas Pipa bahan-bahan kimia Pipa cairan tertentu, dll . yang telah ditampung pada sum-pit dan selanjutnya di pompa untuk dialirkan ke riool kota. Sistem Pengaliran Air Kotor Secara Terpisah. Potongan Bak Kontrol Air Kotor.

Related Documents:

Rumah Sakit. Instalasi yang terpasang di rumah sakit : 1. Instalasi Air 2. Instalasi Mekanikal Elektrikal : Listrik Medik 3. Instalasi Gas Medik 4. Instalasi Uap 5. Instalasi Pengolah Limbah 6. Pencegahan dan Penanggulangan Kebaka

tangki air penampung, kapasitas pompa, head pompa, daya pompa dan net positive suction head (NPSH). Untuk dapat memenuhi kebutuhan air bersih dalam perancangan gedung 37 lantai dengan total penghuni 6.975 orang, di perlukan kebutuhan air bersih sebesar 358 m3/hari. Volume tangki penampungan air yang

Mengganti instalasi APP Memeriksa instalasi APP Membuat laporan DIS.HAR.004(2).A Mengganti Instalasi APP pengukuran tidak langsung Menerapkan prosedur pemeliharaan Menyiapkan penggantian Mengganti instalasi APP Memeriksa instalasi APP Membuat laporan BAB V TR DIS.KON.008 (2).A Mendirikan/menan am tiang

TUGAS AKHIR - TM 095502 PERENCANAAN ULANG INSTALASI POMPA AIR BERSIH PADA GEDUNG PUSAT RISET ITS SURABAYA NISRINA SAFIRA SARI NRP 2114 030 050 . Sehingga dipilih jenis pompa sentrifugal 4 stage dengan putaran 2951 rpm tipe Grundfos CRN 90 4-2. Kata kunci : plambing, kapasitas, head pompa .

1 BAB I PENDAHULUAN A. DESKRIPSI JUDUL Instalasi Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface)merupakan modul teori dan praktikum yang membahas tentang persiapan instalasi, pelaksanaan instalasi dan pengoperasian

pemasangan suatu instalasi listrik. 4.1.2.2 Rancangan instalasi listrik harus dibuat dengan jelas, serta mudah dibaca dan dipahami oleh para teknisi listrik. Untuk itu harus diikuti ketentuan dan standar yang berlaku. 4.1.2.3 Rancangan instalasi listrik terdiri dari : a) Gambar situasi, yang menunjukkan dengan jelas letak gedung atau

Permasalahan pemenuhan kebutuhan air baku untuk air irigasi dan air bersih saat ini dialami masyarakat di sekitar lokasi rencana pembangunan bendungan. Kondisi eksisting pemenuhan kebutuhan air (air irigasi dan air bersih) di daerah tersebut adalah dengan memanfaatkan aliran sungai dan air

API 6A Flanges Catalogue. API 6A - TYPE - 6B 13.8 MPA (2000 PSI) Size B OD C (MAX.) K P E T Q X BC N H LN HL JL Ring Number R or RX 2 1/16 53.2 165 3 108 82.55 7.9 33.4 25.4 84 127 8 20 81 60.3 53.3 23 2 9/16 65.9 190 3 127 101.60 7.9 36.6 28.6 100 149.2 8 23 88 73.0 63.5 26 3 1/8 81.8 210 3 146 123.83 7.9 39.7 31.8 117 168.3 8 23 91 88.9 78.7 31 4 1/16 108.7 275 3 175 149.23 7.9 46.1 .