LAPORAN RESMI PRAKTIKUM PENGANTAR TEKNOLOGI DAN

2y ago
15 Views
2 Downloads
845.80 KB
21 Pages
Last View : 2m ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Nora Drum
Transcription

LAPORAN RESMIPRAKTIKUM PENGANTAR TEKNOLOGI DAN INFORMASIMODUL 1“INSTALASI DAN PENGENALAN OS. MICROSOFT WINDOWS”Disusun Oleh :TGL PRAKTIKUMNAMANRPKELASDOSEN PENGAMPUASISTEN: 24 SEPTEMBER 2013: MUJIBUR ROHMAN: 130411100036: B1:ARI KUSUMANINGSIH, ST., MT.: KURNIAWANDisetujui : ./ ./ ./Bangkalan(KURNIAWAN)11.04.111.00100LABORATORIUM TEKNOLOGI INFORMASI DAN APLIKASIJURUSAN TEKNIK INFORMATIKAFAKULTAS TEKNIKUNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA2013 / 2014

BAB IPENDAHULUAN1. 1Latar BelakangDi era yang semakin maju, kita dituntut mengerjakan sesuatu denganserba cepat dan praktis dengan memanfaatkan teknologi yang seiringperkembangannya yang semakin pesat penggunaan komputer sebagai alatyang diciptakan untuk proses kerja manusia. Penggunaan teknologi informasikhususnya komputer kini sudah menjadi mata pelajaran wajib di sekolahsekolah, mulai sekolah dasar hingga ke sekolah lanjutan atas dan sekolahkejuruan. Namun demikian yang paling besar pengaruhnya adalah diPerguruan Tinggi, di mana hampir semua perguruan tinggi di Indonesia sudahmemanfaatkan teknologi ini dalam perkuliahannya, baik melalui tatap mukamaupun secara Online. Dengan teknologi ini mahasiswa bisa mengikutimatakuliah dengan baik, karena materi yang disampaikan selain mengandungmateri yang berbobot juga mengandung unsur multimedia yang bisamenghibur. Di mana dengan bantuan komputer yang dihubungkan denganmultimedia projector seorang dosen tidak perlu menekan tombol keyboardatau papan ketik melainkan cukup menekan remote control yangdipegangnya.Berdasarkan uraian diatas, maka praktikum Microsoft Windows ini sangatpenting untuk dilaksanakan agar menambah wawasan mengenai Microsoft,dan mengenal aplikasi apa saja yang ada di dalamnya.1. 2Tujuan1. Praktikan dapat melakukan instalasi operating system (OS) Windowsmelalui media flashdisk dan mengkonfigurasi sistem.2. Praktikan dapat mengetahui bagaimana caranya mempartisi harddisk danmengonfigurasi sistem.

BAB IIDASAR TEORI2. 1Persiapan InstallasiLangkah pertama sebelum melakukan instalasi ulang Windows 7Dengan Flashdisk yaitu harus tersedia Flashdisk yang telah terinstallWindows, kemudian Flashdisk tersebut dijadikan Windows 7 FlashdiskInstaller. Adapun perlengkapan yang dipersiapkan adalah :1. Flashdisk minimal 4 Gb untuk Windows 7 dan 2 Gb untuk WindowsXP.2. Sumber Windows 7/XP (bisa dari DVD atau dari Hard Disk).3. Software (Wintoflash) untuk Mentransfer CD installer Windows XPatau DVD installer Windows 7 ke Flashdisk. Download Wintoflashdi http://www.4shared.com/zip/JWLVENsb/wintf 070054 beta.html.4. Siapkan driver yang dibutuhkan oleh komputer anda, seperti drivermotherboard, sound, dan driver VGA card.

2. 2Proses InstallasiLangkah-langkah Mentransfer Windows installer ke Flashdisk :1. Download Software Wintoflash (yang digunakan disini adalahversi 0.7.0054, Januari. 2013), Pilih Latest Version (Perhatikan Versinya),karena versi sebelumnya berbeda. Hasil dari download di jalankan,kemudian sistem akan melakukan download otomatis, dan hasilnya ada diDesktop, kemudian pindahkan (Copy atau Cut) hasil download ke mana saja,misalnya ke My Documents.2. ikkananExtractdan Jalankan Wintoflash. Lakukan instalasiWintoflash sampai selesai3. Selesai instalasi Wintoflash kemudian jalankan aplikasi Wintoflashpada Windows Setup Transfer Wizard, Pilih Tab Advanced Mode,Kemudian untuk Windows 7 Pilih Transfer Windows Vista/2008/7/8 setup toUSB drive, Kemudian klik Create.4. Pilih drive Sumber Windows (Biasanya kepingan CD/DVDWindows) dan drive flashdisk yang akan ditransfer.

5. Klik Run, Dan tunggulah beberapa menit sampai proses transferselesai. Jika telah selesai maka Flash Disk sudah terinstall Windows dandapat digunakan pilih exit dan instalasi Windows 7 melalui USB Flashdisksudah siap dimulai.6. Tancapkan USB flashdisk dan nyalakan komputer yang akan diinstall ulang, kemudian masuk ke Setup Menu dengan menekan F2 (Padabeberapa komputer lain, mungkin dengan menekan Esc, Del, F1 kadangF10). Pilih setting prioritas Boot Pertama ke Flash Disk (USB), kemudianExit dan Save, maka komputer akan segera Restart.

7. Mulailah melakukan instalasi Windows dengan melakukan bootingdari USB flashdisk.Setup akan memulai proses instalasi (secara umum tidakada yang rumit). Langkah yang sangat penting adalah saat menentukanpartisi hardisk yang akan digunakan, Klik Custom (advanced) - Langkahini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru,dan menghapus semua sistem yang lama.8.Gambar di bawah ini contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi,Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama alias C:, dan Ketiga Dataalias D:

Proses Instalasi Benar-benar dimulai, karena selanjutnya akan berjalanOtomatis. sampai dengan sistem melakukan restart dengan sendirinya.Selesai proses Expanding Windows files dilanjutkan Windowsrestartotomatis.Catatan: Setelah gambar diatas (restart) FlashdiskHARUS dicabut supaya tidak mengulang proses dari awal.8.Windowsakan meminta nama Anda beserta nama organisasi. Isilah Ketika dimintaCD- KEYnya, masukkan seperti yang tertulis di dalam CD. Windows jugaakan meminta pengeseran waktu dan tanggal komputer. Biasanyapengaturan ini sudah benar. Pilih saja time zone yang sesuai, yaitu 7(Bangkok, Hanoi, Jakarta) kemudian akan dilanjutkan dengan penginstalankartu network.9.Untuk tahap selanjutnya, dianjurkan untuk menginstaldriver-driver yang belum/tidak dikenali Windows, seperti driver untukmodem, dll. Sumbernya bisa berasal dari CD/DVD yang didapat bersamapaket pembelian peripheral tsb. Proses ini dapat dilanjutkan dengan instalasiprogram-program lain seperti WinRAR, Office, dll.

Selamat Proses Instalasi sudah Selesai.

PENGENALAN WINDOWS 7Perangkat lunak sistem operasi (Operating System) merupakansoftware sangat vital dalam sebuah komputer. Jika tidak ada sistem operasimaka semua komponen komputer yang ada tidak dapat berfungsi. Sistemoperasi merupakan perangkat lunak yang mengendalikan seluruh kerjadari perangkat-perangkat komputer, sehingga akan menjembatani antarapengguna dengan komputer itu sendiri.Perkembangan komputer yang sangatpesat terutama pada sisi perangkat keras juga dibarengi dengan munculnyabeberapasistemoperasiyang menjadialternatifantaralainDOS/Windows, Unix, Linux, Sun Solaris, IBM OS/2 dan MacOSWindows dan Linux saat ini merupakan sistem operasi terpopular dan yabanyakdigunakankarenaalasanyang indah sedangkan Linux banyakdigunakan dengan alasan keamanan dan sifatnya yang open source. Denganalasan open source dan tidak terikat lisensi saat ini mulai terjadi angawalnyamenggunakan windows dan solaris berpindah menggunakan Linux. Padabab ini secara khusus akan membahas sistem operasi Windows 7 –dibacaWindows Seven.

Mengenal Tampilan Windows 71. Layar Desktop layar dasar pada tampilan Windows 7.2. Icon Shortcut ikon program yang digunakan sebagai pintasan untukmengaktifkan suatu program dengan 2x klik pada ikon program yangdiinginkan.3. Tombol Display DesktoppenggunauntukmenampilkanlayarDesktop saatkomputer mengaktifkan program sehingga user tidak perlumenutup semua program aktif saat ingin menampilkan layar Desktop. Usercukup meng-klik 1x tombol ini.4. Tombol Start digunakan untuk mengaktifkan Start Menu, dimana padaStartMenu terdapat, antara lain, untukmemulai program dari AllProgram, mengatur konfigurasi komputer, dll.5. statusprogram/perangkat pendukung sistem, dan sebagai tempat munculnyapesan informasi tentang status perangkat periferal komputer. Pada laptop,area ini juga menampilkan status batere dan status jaringan maupun internet.6. Quick Launch berisi 3 tombol utama, untuk membuka program dengansekali klik. Area ini juga sebagai tempat tombol explorer saat Andamembuka folder atau beberapa folder.7. Language Bar digunakan untuk memilih jenis bahasa penulisan yang akandigunakan oleh sistem.

8. diaktifkan oleh usir. Tombol ini digunakan antara lain, untuk pindahkeaplikasilainnyadanuntuk menampilkan dan menyembunyikanaplikasi.Mengenal Tampilan Windows ExplorerKeterangan:1. Back Button: digunakan untuk kembali ke jendela sebelumnya yang dibuka.2. Forward Button: digunakan untuk membuka jendela berikutnya yang dibuka.3. Address Bar: kotak persegi panjang yang menampilkan alamat dari folderyang sedang dibuka.4. Minimize Button: digunakan untuk menyembunyikan tampilan jendelaexplorer ke tombol aplikasi di Taskbar.5. Maximize Button: digunakan untuk memperbesar atau memperkeciltampilan jendela explorer.6. Close Button: digunakan untuk menutup jendela explorer.7. Search Bar: kotak yang digunakan untuk pencarian folder atau filedi komputer berdasarkan keyword tertentu yang diketikkan user.8. Menu Bar: berisi perintah pendukung untuk bekerja dalam Windows

Explorer.9. Toolbar: berisi perintah-perintah yang mendukung pada jendela explorer,terutama untuk pengaturan tampilan.10. Navigation Pane: panel navigasi berisi lokasi penyimpanan komputer secarakeseluruhan.11. File List: area kanan ini berfungsi menampilkan konten atau isi dari mediapenyimpanan yang aktif di area kiri atau di panel navigasi.12. Status Bar: berisi informasi seputar media objek yang sedang diaktifkan,baik yang ada di panel kiri maupun di panel kanan.

BAB IIITUGAS PENDAHULUAN3. 1 Tugas Prepraktikum1. Sebutkan keunggulan dan kelemahan Ms. Windows dibandingkan dengansistem operasi yang lain!2. Sebutkan perkembangan Ms. Windows dari pertama kali muncul s/d versiterakhir Ms.Windows yakni Windows 8!3. Jelaskan pendapat Anda, mengapa Ms. Windows lebih popular dari padasistem operasi lain!Jawaban Tugas Prepraktikum1. Keunggulan : Pengguna bisa menjalankan lebih dari satu program dalam waktuyang bersamaan. Mudah di jalankan oleh orang awam. Digunakan mayoritas pengguna komputer di dunia. Banyak aplikasi yang kompitibel dengan windows Pengguna bisa membuka lebih dari 1 file secara bersamaan. Banyak di dukung oleh vendor hardware dan software. Pengguna bisa berbagi data dan aplikasi dengan mudah.Kelemahan : Harganya mahal. Membutuhkan kecepatan processor yang tinggi. Ruang hardisk yang dibutuhkan cukup besar. Membutuhkan memory fisik yang cukup besar sistem keamanannyamudah di bobol oleh hacker. Membutuhkan perawatan yang terus-menerus.

2. Versi-veri windows: Windows 1.0 Windows 2.0 Windows 3.0 Windows 3.1.1 Windows 95 Windows 98 Windows 98 SE Windows ME Windows 2000 Windows XP Windows Vista Windows 7 Windows 83. Menurut saya, Karena microsoft windows sudah sangat familiar bagipengguna komputer, dan tampilan grafis windows sangat di sukai dan mudahdi gunakan oleh pengguna komputer.

BAB IVIMPLEMENTASI4.1 Tugas Praktikum1. Jelaskan bagaimana meng-upgrade ke Windows !2. Jelaskan dan lakukan langkah-langkah atau proses instalasi Windows 7dari awal sampai selesai?3. Jelaskan apa yang dimaksud direktori dan cara untuk membuat direktori ?4. Jelaskan cara menghapus, mengubah dan membuat shortcut file/folder?5. Buatlah folder didalam folder PRAKTIKUM PTI, beri nama folder denganNama Anda, pindahkan file-file tugas praktikum anda ke dalam foldertersebut?6. Sharing-lah folder yang baru anda buat yang kemudian lihatlah folderyang telah anda share dari komputer yang lain. Settinglah agar folder yanganda share tidak dapat dihapus?7. Apa kelebihan penggunaan format file system NTFS dibandingFAT 32 berikan penjelasan dengan contoh praktek!Jabawan Tugas Praktikum1. Masukkan DVD atau flashdisk yang berisi data windows yang akan diupgrade, kemudian mulailah proses booting dan booting lah denganmemakai media yang telah kita pilih sebelumnya, lalu proses loading fileakan dimulai.Pilih bahasa, format waktu dan mata uang, keyboard atau metode input sesuaiyang di inginkan oleh user lalu klik next.Setelah itu klik install now. Setujui semua peraturan lisensi dengan caramenconteng tulisan I accept the license terms lalu klik next.Lalu klik Upgrade dan langkah-langkah selanjutnya sama seperti saat kitaakan menginstall windows.2. Tancapkan USB flashdisk atau masukan DVD yang sudah ada file windowsyang akan di instal dan nyalakan komputer atau laptop yang akan di install

ulang,kemudianmasukkeSetup Menudenganmenekan F2(Padabeberapakomputerlain,mungkin dengan menekan Esc, Del, F1 kadang F10). Pilih setting prioritasBoot Pertama ke Flash Disk (USB), kemudian Exit dan Save, makakomputer akan segera Restart. Mulailahmelakukaninstalasi Windows denganmelakukanbootingdariUSB flashdisk. Lalu prosesloading akan di mulai.Setelah menunggu beberapa menit akan muncul seperti pada gambar berikut Lalu setting bahasa, format waktu, dll sesuai user lalu klik next Setelah itu akan muncul gambar seperti berikut, lalu klik instal now.

Setelah kita klik instal now, akan muncul seperti gambar di bawah centangtulisan I accept the license terms lalu klik next. Pilih custom jika tidak memiliki versi windows sebelumnya atau pilihupgrade jika ingin menginstal windows dengan versi terbaru.(Lewatilangkah ini jika memilih Upgrade dan hanya memiliki satu partisi) Pilih driveyang ingin dijadikan tempat menginstal Windows 7 dan lalunext. Setelah itu proses pengins talan windows akan berjalan secara otomatis, dankita tunggu beberapa menit. Setelah itu secara otomatis PC akan restrat dan melanjutkan prosespnginstalan. Setelah semua proses pinginstalan selesai, isi user name, password yang andainginkan lalu klik next. Lalu pilih opsi untuk windows updtae, zona waktu, dan juga pilih jenisnetwork yang anda gunakan dan jangan lupa klik next. Lalu proses loading akan memulai secara otomatis, akan muncul tulisanWELCOME setalah itu PREPARING YOUR DEKSTOP. Tunggu beberapa saat, dekstop akan muncul dan proses penginstalan punselesai.

3. Direktori merupakan folder yang didalmnya memiliki mermori yang daptmemuat folder manapun seperti falshdisk, dan car membuatnya pada saat kitamenginstal windows pada saat kita memilih CUSTOM (ADVANCE) laluklik kanan pilih New lalu pilih folder.4. Cara menghapus: pilih shortcut atau folder yang akan di hapun lalu tekantombol delete dengan cara klik kanan lalu delete bisa juga melalui keyboard.Cara mengubah: klik kanan pada folder yang akan di ubah menjadi shortcutlalu pilih create shortcut.Cara membuat: pilih ruang kosong lalu klik kanan pilih new pilih folder,maka folder baru akan muncul.5.

6. Klik kanan pada foldeer yang akan di share, lalu klik properties klik advancesharing, lalu klik permissions ubah pengaturan agar file yang di share tidakbisa di hapus lalu klik OK. Setelah itu klik sahre dan pilih siapa saja yangakan kita membagi file tersebut.7. Kelebihan NTFS di bandingkan dengan FAT 32 adalah NTFS lebih aman,mempunyai fitur yang lebih baik. NTFS juga mendukung sistem berkasterekripsi dan kompresi dat yang kudua itu tidak ada dalam FAT 32.

4.2 Tugas TambahanMembuat video tutorial instalasi windows 7 menggunakan virtual box.

BAB VPENUTUP5.1 KESIMPULANWindows 7 merupakan OS yang sudah umum di gunakan oleh seluruhpengguna komputer di seluruh dunia, karena mudah di gunakan sekalipun digunakan oleh orang awam begitu juga dengan cara penginstalannya yang mudahtidak membuat orang kesulitan untuk menginstallnya walaupun orang tersebutbaru pertama menginstallnya. Windows 7 adalah OS yang sangat di sukai olehsemua orang.5.2 SARAN1. Pada saat menerangkan atau menjelaskan materi di mohon untuk lebih pelanlagi, dan lebih detail.2. Selama praktikum berlangsung tolong asisten mendampingi dan mengawasipraktikan supaya tidak ada yang ketinggalan

multimedia projector seorang dosen tidak perlu menekan tombol keyboard atau papan ketik melainkan cukup menekan remote control yang dipegangnya. Berdasarkan uraian diatas, maka praktikum Microsoft Windows ini sangat penting untuk dilaksanakan agar menambah wawasan mengenai Micros

Related Documents:

praktikum pengantar teknologi informasi modul v “ pengantar flash” disusun oleh : laboratorium tia jurusan teknik informatika fakultas teknik universitas trunojoyo madura 2013 tgl. praktikum : 19 november 2013 nama : mujibur rohman nrp : 130411100036 .

Praktikum Biologi Sel merupakan salah satu praktikum yang mendasari praktikum pada mata praktikum yang lain seperti Praktikum Teknik Analisa Biologi Molekuler, Praktikum Kultur Jaringan dan Sel Hewan serta Praktikum Imunologi. Petunjuk Praktikum Biologi Sel ini disusun sejak tahun akademik 2004/2006 yang saat itu hanya memuat tiga materi.

Modul Praktikum Jaringan Syaraf Tiruan Designed by Dr. Ucuk Darusalam, ST, MT Format Laporan Laporan praktikum dibuat dalam bentuk dokumen "Laporan Praktikum" per dua minggu sesuai dengan topik-topik yang telah disusun dalam modul praktikum. Dokumen laporan ditulis dengan menggunakan Word Processor, dengan ukuran margin halaman sebagai berikut:

Dalam bahasa tulis bahasa resmi banyak digunakan dalam surat dinas, perundang-undangan, dokumentasi resmi, dan dan lain-lain. Situasi tidak resmi akan memunculkan suasana penggunaan bahasa tidak resmi juga. Kuantitas pemakian bahasa tidak resmi banyak tergantung pada tingkat keakraban pelaku yang terlibat dalam komunikasi.

10. Laporan harus dibawa saat masuk praktikum sebagai syarat mengikuti praktikum 11. Praktikan yang tidak membawa laporan karena tertinggal, tetap diizinkan mengikuti praktikum tetapi laporan harus diserahkan satu hari setelah pelaksanaan praktikum dan nilainya aka

Buku panduan praktikum Zoologi Chordata ini ditulis untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan praktikum dan menulis laporan hasil praktikum. Sehingga harapannya dapat membimbing mahasiswa menghasilkan laporan praktikum yang berkualitas. Tentunya tiada gading yang

Pada praktikum bebas mahasiswa belajar mandiri untuk menentukan tanaman yang akan diidentifikasi kemudian mengkonsultasikan hasil identifikasi tanaman kepada dosen pengampu praktikum. Pada praktikum terbimbing, mahasiswa melaksanakan praktikum di kelas dimana setiap pelaksanaan praktikum hanya diberi waktu 100

ISO 14001:2015 Standard Overview Understand the environmental management system standard and how to apply the framework in your business. An effective environmental management system takes more than a single software solution or achieving a certificate for the wall. It takes time, energy, commitment and investment. Qualsys’ software and solutions provide your entire organisation with the .