PANDUAN PENYUSUNAN JOBSHEET PADA SMK

3y ago
16 Views
2 Downloads
1.94 MB
31 Pages
Last View : 2m ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Dani Mulvey
Transcription

PANDUAN PENYUSUNAN JOBSHEETMAPEL PRODUKTIF PADA SMKOleh:Dr. Widarto, M.Pd.Fakultas Teknik UNY

Jobsheet Jobsheetadalah lembaran-lembaran yangberisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.memuat paling tidak: judul,kompetensi dasar yang akan dicapai, waktupenyelesaian,peralatan/bahanyangdiperlukan untuk menyelesaikan tugas,informasi singkat, langkah kerja, tugas yangharus dilakukan, dan laporan yang harusdikerjakan.

Jobsheet untuk membuat komponen (poros, roda Jobsheet untuk latihan (merakit rangkaian listrik, Jobsheet untuk perbaikan (merawat sepeda motor,gigi, ulir, dll.)merakit komponen elektronika, las, fabrikasi, dll.)mobil, dll.)

imanamemerlukan bahan ajar jobsheet.untukyangBiasanya dalam menentukan materi dilakukandengan cara menganalisis/melihat materi pokokdan pengalaman belajar dari materi yang akandiajarkan, kemudian kompetensi yang harusdimiliki oleh siswa. Langkah ini bisa dimulaidengan mencermati SK-KD.

Peta kebutuhan jobsheet sangat diperlukan gunamengetahui jumlah jobsheet yang harus ditulis dansekuensi atau urutan jobsheet-nya juga bisa dilihat.Peta kebutuhan jobsheet dapat ditentukan dari KDdan indikatornya.

Judul jobsheet ditentukan atas KD-KD, materi pokok,atau pengalaman belajar yang terdapat dalamkurikulum.Satu KD dapat dijadikan satu judul jobsheet apabilakompetensi itu tidak terlalu besar, sedangkanbesarnya KD dapat dideteksi antara lain dengan caraapabila diuraikan ke dalam materi pokok (MP)mendapatkan maksimal 4 MP, maka kompetensi itutelah dapat dijadikan sebagai satu judul jobsheet.Namun apabila diuraikan menjadi lebih 4 MP, makaperlu dipikirkan kembali apakah perlu dipecah,misalnya menjadi 2 judul jobsheet.

Penulisan jobsheet dapat dilakukan denganlangkah-langkah sebagai berikut:

Materi jobsheet sangat tergantung pada KD yang akan dicapai.Materi jobsheet dapat berupa informasi pendukung, yaitugambaran umum atau ruang lingkup substansiyang akandipejajari.Materi dapat diambil dari berbagai sumber, seperti buku,majalah, internet, jurnal hasil penelitian, atau hasil kreasi sendiri.Agar pemahaman siswa terhadap materi lebih kuat, maka dapatsaja dalam jobsheet ditunjukkan referensi yang digunakan agarsiswa membaca lebih jauh tentang materi itu.Tuga-tugas harus ditulis secara jelas guna mengurangipertanyaan dari siswa tentang hal-hal yang seharusnya siswadapat melakukannya, misalnya tentang tugas diskusi. Juduldiskusi dituliskan secara jelas dan didiskusikan dengan siapa,berapa orang dalam kelompk diskusi, dan berapa lama diskusidilakukan, serta apa yang perlu ditulis untuk dilaporkan.

Penilaian dilakukan terhadap proses kerja danhasil kerja siswa.Karena pendekatan pembelajaran yangdigunakan adalah kompetensi, di manapenilaiannya didasarkan atas penguasaankompetensi, maka alat penilaian yang cocokadalah menggunakan Penilaian AcuanPatokan (PAP) atau criterion referencedassessment. Dengan demikian guru dapatmenilai melalui proses dan hasil kerjanya.

JudulPetunjuk belajar (petunjuk siswa)Kompetensi yang akan dicapaiInformasi pendukungLangkah kerja dan tugas-tugasPenilaian

Judul:MUR SEGI ENAMPetunjuk belajar (petunjuk siswa):Keselamatan kerja: Pakailah kacamata pelindung Biasakan meletakkan alat-alat kerja Pergunakan alat ukur Dst.

Siswa mampu menggunakan peralataan Siswa mampu melakukan .Siswa terampil membuat .Dst.

Mesin bubut dan kelengkapannyaJangka sorongSenter putarMesin bor dan perlengkapannyaMesin freis vertikalTap M12x1,75Bor diameter 10 mmGergaji tanganBahan MS dia. 32 x 45 mm

Gambar kerja

1.2.3.4.5.6.7.8.9.10.11.Buatlah WP terlebih dahulu pada format yangtelah disediakansebelum bekerja.Siapkan bahan, mesin Periksa ukuran Pasang benda kerja Lakukan Bubut hingga Bubut hingga Lepas benda kerja Lakukan pengeboran Cek panjang total Dst.

Catat WP yang dirancang pada format berikut:Parameter PemotonganNo.Gambar uKeselamatanKerjaMesin &AlatTool

NAMA SEKOLAH: SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN MATA PELAJARAN: DASAR KOMPETENSI KEJURUAN ELEKTRONIKA INDUSTRI KELAS/SEMESTER: X/1 STANDAR KOMPETENSI: MERAKIT PERSONAL KOMPUTER KELISTRIKAN ALOKASI WAKTU: 6 X 45 mpetensiDasarIndikator1,1 Merencanakan kebutuhandanspesifikasi1 Daftar kebutuhan dan spesifikasi komputerdisediakan.1,2 Melakukaninstalasikomponen PC3 Prosedur/SOP perakitan disiapkan2 Buku manual dan petunjuk pengoperasiankomponen disediakan.4 Peralatan instalasi (tools kit) disiapkan5 Perangkat yang ingin diinstalasi diuji sesuaidengan manual tiap-tiap komponen6 Perangkat PC dirakit menggunakanprosedur, cara/metode dan peralatan yangsudah ditentukan

MERAKIT PERSONAL KOMPUTERWaktu:6 x 45 menitPADA AWALNYA MERUPAKANPERKIRAAN, TERUS DIUJICOBA UNTUKMENDAPATKAN WAKTU YANG IDEAL

Keselamatan kerja: Biasakan meletakkan alat-alat kerja padatempatnya. Pergunakan alat kerja dan alat ukur sesuaidengan peruntukkannya. Periksa tegangan listrik yang akan digunakansebagai sumber tegangan. Dst.

Siswa mampu merencanakan kebutuhan danspesifikasi komponen PCSiswa mampu melakukan instalasi komponenPC

Tool kitsAVO meter Seperangkat komponen PC dengan rincian sbb:1. Casing type XXI 3202. Power supply DC 5 volt3. Motherboard type XYZ123 3GB4. Processor AMD K75. SDRAM 2MB type 6. CDROM type 7. Dst.

1.2.3.4.5.6.7.Siapkan komponen komputer sesuai spesifikasiyang diminta dalam daftar kebutuhan.Siapkan peralatan instalasi (tools kit) yangdibutuhkan.Bacalah secara cermat buku manual dan petunjukpengoperasian komponen disediakan.Buatlah prosedur/SOP terlebih dahulu cara merakitPC.Konsultasikan prosedur/SOP kepada gurupembimbing/instruktur.Rakitlah komponen PC sesuai prosedur/SOP yangditentukan.Ujilah perangkat yang diinstalasi sesuai denganmanual tiap-tiap komponen.

Tulis prosedur/SOP merakit PC dengan rapi.Catatlah hasil pengujian setiap perangkat yangdiinstalasi sesuai dengan manual tiap-tiapkomponen.Diskusikan hasilnya dengan anggota kelompok.Buatlah laporan kegiatan serta kesimpulan hasilpraktik.

Nama siswa:Kelas:Guru pengajar/instruktur:Bobot20%70%10%100%Item PeniliaianRentangSkorA. Proses1. Penggunaan alat2. Langkah kerja3. Keselamatan mesin dan alat4. Perawatan alat1-51-51-51-5B. Produk1. Prosedur/SOP merakit PC1-202. Perangkat diinstalasi dan diuji sesuai dengan manual tiap-tiap komponen1-203. Perangkat PC yang dirakit menggunakan prosedur, cara/metode danperalatan yang sudah ditentukan dan dapat berfungsi secara normal.1-30C. Waktu1. Sesuai alokasi2. Lebih cepat dari alokasi3. Lebih lambat dari alokasiSkorHasil8106TotalKebumen, .Guru pengajar/instruktur,( )Jumlah

NAMA SEKOLAHMATA PELAJARANKELAS/SEMESTER: SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN: Kompetensi Kejuruan: XII/ 1 STANDAR KOMPETENSI: Memperbaiki poros penggerak rodaKODE KOMPETENSIALOKASI WAKTU: 020.KK.10: 6 jam x 45 menit StandarKompetensi1 Memperbaiki porospenggerak rodaKompetensi Dasar1.1 Memelihara/servisporos penggerakroda/drive shaft dankomponenkomponennya.Indikator1 Melaksanakan pemeliha raan/servis porospenggerak roda dilaksanakan tanpamenyebabkan kerusakan terhadap kom ponenatau sistem lainnya.2 Informasi yang benar diakses dari spesifikasipabrik dan dipahami.3 Melakukan perbaikan dan/atau penggantian padaporos penggerak roda/drive shaft dan komponenkomponennya dilaksanakan denganmenggunakan metoda dan perlengkapan yangtepat, sesuai dengan spesifikasi terhadapkendaraan/alat industri/pabrik.4 Data yang tepat dilengkapi sesuai hasilpemeliharaan/servis.5 Seluruh kegiatan pemeliharaan/servis porospenggerak roda/drive shaft dan komponenkomponennya, dilaksanakan berdasarkan SOP(Standard Operation Procedures), undang-undangK 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja),peraturan perundang-undangan danprosedur/kebijakan perusahaan.

SELAMATMENCOBAMENYUSUNJOBSHEET !!!

Materi jobsheetsangat tergantung pada KD yang akan dicapai. Materi jobsheet dapat berupa informasi pendukung, yaitu gambaran umum atau ruang lingkup substansi yang akan dipejajari. Materi dapat diambil dari berbagai sumber, seperti buku, majalah, internet, jurnal hasil penelitian, atau hasil kreasi sendiri.

Related Documents:

a. Kualitas Jobsheet Instalasi Listrik Kualitas jobsheet instalasi listrik terdiri dari 8 bagian yaitu (1) Kualitas gambar cetak pada media jobsheet terlihat jelas, menarik dan mudah dipahami, (2) Pembelajaran dengan menggunakan media jobsheet dapat memberikan suasana baru dalam praktek instalasi listrik, (3) Tata letak atau pola

pemesinan bubut. Penelitian ini akan menerapkan pola implementasi Jobsheet berbasis problem solving kepada siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK N 02 Salatiga. Jobsheet yang telah dikembangkan disusun untuk merangsang siswa menyelesaikan masalah atau problem dalam proses praktikum pemesinan bubut secara mandiri.

infrastructure for the workshop of the mechanical engineering study program of SMK in Palembang City. They included SMK N 2 Palembang with the percentage of feasibility was 78,13%, SMK N SUMSEL was 85, 37%, SMK PGRI 2 Palembang 67,74% and the last SMK YP Gaja Madah is 70,07%. Hence, it can be concluded that the vocational high school (SMK .

SMK N 2 YOGYAKARTA Judul : Laporan Ujian Kompetensi Praktik TKJ 2010 Nomor Jobsheet : 7 . 2) Setting dengan cara, klik kanan icon Wave LAN-nya pada desktop di sebelah pojok . c. /etc/bind/db.smk d. /etc/bind/db.3 2) Mengedit file /etc/resolv.conf _ Nama domain IP eth1

tahapan dan tatacara penyusunan rencana kerja pembangunan daerah (rkpd) a. bagan alir tahapan penyusunan rkpd b. persiapan penyusunan rkpd c. penyusunan rancangan awal rkpd d. penyusunan rancangan rkpd e. pelaksanaan musrenbang f. perumusan rancangan akhir g. penetapan rkpd -

Tahun Anggaran 2016 Panduan Penyusunan Proposal PROGRAM PEMBINAAN PERGURUAN TINGGI SWASTA (PP-PTS) Tahun Anggaran 2019 DIREKTORAT JENDERAL KELEMBAGAAN, ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI OKTOBER 2018 . Panduan Penyusunan Proposal Kata Pengantar

Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi agar dapat digunakan sebagai pedoman dalam melakukan penyusunan kurikulum program studi. Kritik dan saran dari segenap pembaca sangat kami harapkan guna penyempurnaan buku panduan. Buku panduan edisi ke-4 ini disempurnakan berdasarkan hasil evaluasi penerapan

Automotive Finance Luxury Media Retail Sport Tech Move In the Decade of Possibility. Best Global Brands fl flfi Automotive 5 Welcome to Best Global Brands 2020 At a time of deep reflection, the deepest form of relevance is increasingly being driven by an uncompromising approach to fundamental human issues. Businesses that do not yet know, very specifically, which constituents they are .