Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning Moodle - SUAIDINMATH'S BLOG

1y ago
16 Views
2 Downloads
741.63 KB
10 Pages
Last View : 30d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Kaydence Vann
Transcription

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning MoodlePelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning MoodleMoodle adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yangdapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasiini memungkinkan siswa untuk masuk kedalam “ruang kelas” digital untukmengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kitadapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain.Moodle itu sendiri adalah singkatan dari Modular Object Oriented DynamicLearning Environment.Moodle merupakan sebuah aplikasi Course Management System (CMS)yang gratis dapat di-download, digunakan ataupun dimodifikasi oleh siapasaja dengan lisensi secara GNU (General Public License). Anda dapat mendownloadaplikasi Moodle di alamat http://www.moodle.org. Saat iniMoodle sudah digunakan pada lebih dari 150.000 institusi di lebih dari 160negara didunia.Tampilan website www.moodle.orgDokumen – Alan Ridwan M (alanrm82@yahoo.com)

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning MoodleMembuat User Accounts BaruSebelum kita membuat materi e-learning dalam aplikasi Moodle, padatahap awal kita harus membuat user accounts baru. Setaiap pengguna yangakan terlibat dalam proses pembelajaran memakai aplikasi Moodle itu harusterdaftar dalam sistim. Setiap pengguna baru diharuskan mendaftar terlebihdahulu pada halaman pendaftaran. Selain itu bagian Administrator jugadapat mendaftarkan user accounts baru.Tombol untuk pendaftaran User Accounts BaruFormulir Pendaftaran User Accounts BaruDokumen – Alan Ridwan M (alanrm82@yahoo.com)

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning MoodleFormulir Pendaftaran User Accounts BaruSetelah semua isian formulir pendaftaran dilengkapi oleh pendaftardan untuk memulai pendaftaran secara online klik tombol Create NewAccount. Maka sistim akan memproses secara otomatis proses pendaftaranonline tersebut. Selanjutnya sistim akan mengirimkan email konfirmasikepada pendaftar. Kemudian pendaftar akan menerima sebuah e-mailkonfirmasi pendaftaran yang berisi sebuah link untuk mengaktifkan useraccounts.Membuat Kategori PembelajaranAgar lebih tersusun secara rapi maka setiap materi pembeljaransebaiknya dikelompokkan menjadi kategori-kategori tertentu. Misalkan bilamateri pembelajaran tersebut digunakan untuk perguruan tinggi makasebaiknya dikelompokkan kedalam fakultas atau jurusan tertentu yang adadalam perguruan tinggi tersebut. Sedangkan pada sekolah menengah bisadikelompokkan berdasarkan kelas ataupun jurusan.Pembuatan kategori ini dapat dilakukan oleh bagian Administratordengan menggunakan menu Courses.Dokumen – Alan Ridwan M (alanrm82@yahoo.com)

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning MoodleMenu CoursesTulislah nama kategori baru yang akan dibuat pada bagian text boxuntuk Add new category.Course CategoryDokumen – Alan Ridwan M (alanrm82@yahoo.com)

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning MoodleMembuat Materi Pembelajaran BaruMateri Pembelajaran dapat ditambahkan oleh Administrator denganmasuk ke dalam menu Courses. Setiap materi pembelajaran sebaiknyadikelompokkan menurut kategori yang telah disiapkan sebelumnya.Menu CoursesLangkah – langkah untuk memulai pembuatan Materi Pembelajaran adalahsebagai berikut:1. Klik menu Courses yang ada pada blok Administration2. Pilih kategori yang sesuai dengan Materi Pembelajaran yang akan dibuat Setelahmemilih kategori yang sesuai maka akan ditampilkan namanamamateri pembelajaran yang telah ada dalam kategori tersebut.Untuk menambahkan materi pembelajaran baru klik tombol Add anew course.Penambahan materi pembelajaran baruDokumen – Alan Ridwan M (alanrm82@yahoo.com)

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning MoodleInformasi Materi Pembelajaran BaruDokumen – Alan Ridwan M (alanrm82@yahoo.com)

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning MoodleMenambah/Upload Materi Pelajaran1. Setelah Login sebagai admin atau operator dan masuk ke Pelajaran / kursus sepertidibawah ini. Klik tombol Turn Edit on.2. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini3. Untuk menambah file materi klik Add a resource pada topik atau minggu atausession tertentu.4. kemudian akan muncul tampilan berikutDokumen – Alan Ridwan M (alanrm82@yahoo.com)

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning Moodle5. Isikan nama materi atau judul topik.6. Isikan Summary atau rangkuman umum7. Kemudian isikan alamat (Location) file apabila mengambil dari sumber websitelain.8. Apabila file akan diupload klik tombol Choose or upload a file9. akan muncul tampilan dibawah ini10. Klik Make a folder untuk membuat folder per file atau materi.11. klik upload a file untuk meng upload file12. akan muncul tampilan dibawah ini.Dokumen – Alan Ridwan M (alanrm82@yahoo.com)

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning Moodle13. Klik Browse untuk mengambil file dari computer anda atau flashdisk14. Pilih File yang akan di Upload. Klik Open15. Kemudian akan kembali ke langkah 12 dan klik tombol Upload this file16. Setelah file terkirim akan muncul tampilan dibawah ini17. Pilih file akan akan menjadi materi / topic. Klik Choose.18. Kemudian akan muncul ke langkah point 4. Geser scrollbar ke bawah akanmuncul tampilan berikutDokumen – Alan Ridwan M (alanrm82@yahoo.com)

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning Moodle19. Klik Save changes untuk menyimpan opik / materi.20. Kemudian akan muncul ke tampilan sebelumnya dan akan muncul sepertidibawah ini.Dokumen – Alan Ridwan M (alanrm82@yahoo.com)

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning Moodle Membuat User Accounts Baru Sebelum kita membuat materi e-learning dalam aplikasi Moodle, pada tahap awal kita harus membuat user accounts baru. Setaiap pengguna yang akan terlibat dalam proses pembelajaran memakai aplikasi Moodle itu harus terdaftar dalam sistim.

Related Documents:

1. Memberikan Pelatihan Tonis A 2. Memberikan Pelatihan Gerak dan Lagu B 3. Memberikan Pelatihan Kaligrafi C 4. Memberikan Pelatihan Menyulam D 5. Memberikan Pelatihan Menbuat Kerajinan Kain Flanel E 6. Memberikan Pelatihan Membuat Paper Craft F 7. Memberikan Pelatihan Membuat Origami G 8. Memberikan Pelatihan Membuat Bunga dari Sedotan H .

3. Apakah kepercayaan memiliki pengaruh terhadap minat penggunaan pada aplikasi OVO? 1.2 Tujuan Penelitian Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat terhadap minat penggunaan pada aplikasi OVO. 2. Untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan pada aplikasi OVO. 3.

Pelatihan Teknis Budidaya Tanaman Pangan 7. Pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian 8. Pelatihan Budidaya padi dan Jagung 9. Pelatihan Budidaya Hortikultura (Sayur dan Buah-Buahan) 10. Pelatihan Budidaya Bawang Merah 11. Pelatihan Budidaya Hidroponik

A. Pelatihan Khitobah 1. Pengertian Pelatihan Khitobah Pelatihan khitobah berasal dari dua kata yaitu pelatihan dan khitobah. Pelatihan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah proses, cara, perbuatan melatih, kegiatan atau pekerjaa

Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berikut lima macam penggunaan informasi akuntansi: Aplikasi dan Piranti Lunak Akuntansi ada umumnya aplikasi-aplikasi akuntansi dikelompokkan menurut siklus transaksi. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fitur, fungsi dan peran yang sangat penting seperti

wawancara, dan kuesioner. Hasil aplikasi ini yaitu aplikasi dilengkapi dengan gambar, suara, dan kuis. Serta pengguna bisa menggunakan aplikasi dengan mudah. Aplikasi diimplementasikan menggunakan software eclipse [3]. Ali dan Patambongi (2016) memuat aplikasi pembelajaran kepada anak-anak tentang ilmu pembelajaran membaca. Aplikasi .

pelatihan dapat berjalan secara efektif dan optimal bila prinsip-prinsip pelatihan dikembangkan sesuai dengan pelatihan yang berkaitan sesuai dengan tujuan pelatihan yang diharapkan. William B. Werther dalam Skripsi Yusuf Husaeni (2013, hlm.31), menyatakan bahwa File Size: 379KB

Cambridge Global English Stage 8 Workbook 3 Rewrite the sentences using although. 1 I speak English quite well, but I fi nd English spelling hard. Although I speak English quite well, I nd English spelling hard. 2 The islands of Trinidad and Tobago are very close to Venezuela, but English is spoken there, not Spanish. 3 Welsh settlers fi rst went to Patagonia in 1865, but Welsh is still .