Estetika - Universitas Negeri Yogyakarta

2y ago
52 Views
2 Downloads
805.87 KB
17 Pages
Last View : 1d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Ryan Jay
Transcription

EstetikaSeni

Arti kata “estetis” mengenai keindahan; menyangkut apresiasikeindahan (alam, seni, dan p concerned with beauty or the appreciation ofbeauty (berhubungan dengan kecantikan atauapresiasi keindahan). Kesimpulan: estetika adalah berkaitan dengankeindahan baik pada alam, seni, dan sastra.

Estetika PengertianSukarya (2010: 1.3.1)Estetika berasal dari bahasa Yunani – ”aisthetika”- hal yangdapat dicerap pancaindera (sense of perception).Pengertian estetika secara umum: cabang filsafat yangberhubungan dengan gejala keindahan pada alam dan seni.Pengertian sempit tentang keindahan-indah sebatas cerapanpancaindera.Baumgarten (Sukarya, 2010: 1.3.1) – seni sebagai saranamengembangkan estetika. Pengalaman berkesenian untukmengembangkan estetika.Gestwicki (2007: 2),estetika (aesthetics) kemampuan untuk merasa melaluiperasaan.

Keindahan dalam arti yang luas pengertian semula bangsa Yunani, tercakup ide kebaikan.Plato watak yang indah dan hukum yang indah. Aristoteles,indah adalah baik juga menyenangkan. Plotinus, ilmu yang indah dan kebajikan yang indah, buahpikiran yang indah serta adat kebiasaan yang indah. juga mengenal symmetria, keindahan berdasarkanpenglihatan (misalnya pada karya pahat dan arsitektur)dan ‗harmonia‘ untuk keindahan berdasarkanpendengaran (musik). Jadi pengertian keindahan yang seluas-luasnya meliputi: keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral,keindahan intelektual.

Keindahan dalam arti estetika murni pengalaman estetis terkait segala sesuatuyang dicerapnya .

Keindahan dalam arti terbatas hanya menyangkut benda-benda yang dicerapdengan penglihatan, yakni berupa keindahandari bentuk dan warna secara kasat mata.

Estetika seni musik terkait dengan sejarahperkembangan musik Periodisasi musik jaman prasejarah, musik vokal. Musik zaman Renaissance, musik Koral (paduansuara) di gereja. Komponis J.S Bach. Musik Barok (1600-1750), mewakili zaman yangsangat rumit dalam berbagai hal, mulai melodinya,bentuk-bentuk musiknya dan warna musiknya. Musik Zaman Klasik (1750-1820), Mozart. Ciri:peralihan keras-lembut dan cepat-lambat. Musik Zaman Romantis (abad 18-19), FranzSchubert, Robert Schuman, sentimental. Musik jaman Impresionisme, akor disonan, akoryang menyimpang dari kaidah mapan.

Pengalaman Estetik terhadapkeindahan alam dan seni1. John Dewey (1951:47) dalam bukunya Art as Experience,membedakan dua katagori pengalaman dalam menikmatikarya seni, yaitu pengalaman artistik (Act of Production)dan pengalaman estetik (Perception and Enjoyment).2. Pengalaman artistik adalah pengalaman seni yang terjadidalam proses pencipataan karya seni. Pengalaman inidirasakan oleh seniman atau pencipta seni pada saatmelakukan aktivitas artistik. Proses ini dinamakan proseskreatif.3. Pengalaman estetik adalah pengalaman yang dirasakanoleh penikmat terhadap karya estetik ( dalam artikeindahan). Oleh karena itu menggunakan istilah estetik,dan konteksnya bisa ditujukan untuk penikmatan karyaseni dan keindahan alam.

Apresiasi seni merupakan proses sadar yang dilakukan penghayatdalam menghadapi dan memahami karya seni Apresiasi tidak sama dengan penikmatan, mengapresiasi adalahproses untuk menafsirkan sebuah makna yang terkandung dalamkarya seni. Seorang pengamat yang sedang memahami karya sajianmaka sebenarnya ia harus terlebih dahulu mengenal strukturorganisasi atau dasar-dasar penyusunan dari karya yang sedangdihayati. Misalnya : Seorang penghayat seni rupa, maka ia harus terlebihdahulu mengenal struktur dasar seni rupa; ia harus mengenal garisatau goresan, mengenal shape (bidang/bangun) yang dihadirkan,mengenal warna dengan berbagai peranan dan fungsinya,mengenal dimensi ruang dan waktu dan lain sebagainya, sertamengetahui asas desain penyusunan, juga karakter pada tiap unsurpendukungnya

ESTETISPENDIDIKANSDKONSEP DASARPENDIDIKAN SENI:mengembangkanestetiska melaluiapresiasi dan kreasiekspresi

Apresiasi Sukarya (2010: 5.1.2): apresiasi adalah kegiatanmencerap menggunakan pancaindera – menghayati,menanggapi, sampai dengan menilai sebuah karyaciptaan. Kemampuan apresiasi diantaranya tergantung padaseberapa luas pengetahuan dan pengalaman tentangseni/ karya ciptaan.

Pendekatan pembelajaran dalamapresiasi seni Aplikatif: menyanyi, bermain musik,menonton pertunjukan seni, berkarya seni tarisecara langsung. Kesejarahan: menelaah karya tari, rupa, musikberdasarkan latar belakang penciptannya;kaitkan dengan perkembangan seni. Problematik: mengenali unsur seni yangterdapat dalam sebuah karya.

Kreasi ekspresi KBBI, kreasi artinya hasil daya cipta.Berkreasi mencipta karya.kreatifitas kemampuan untuk mencipta karya. Ekspresi : pengungkapan gagasan.

KreasiekspresiProduksi:belum ada adaReproduksi:ada – diberikanciptaan baru.

Indikator pertanyaan Jenis aliran musik apa yang digunakan (abad Barok,Klasik, Romantik, Impresionisme, Modern)? bagaimanakah latar belakang penciptaan lagu/ musiktersebut? Unsur seni musik apa saja yang digunakan dalam lagutersebut? (irama, melodi, harmoni, frasering, ekspresi). Bagaimanakah unsur seni musik tersebut digunakandalam bermain musik? Bagaimanakah terkait kreasi-ekspresi atau ungkapangagasan dalam karya seni musik tersebut?

Format laporan akhir Halaman judulKata pengantarDaftar isiDaftar gambarBab 1. Pendahuluan (berisi latarbelakang masalah atau hal unik yang ingin diamati)Bab 2. Pembahasan (kajian teori dan uraian terkait masalah ataupun hal yangdiamati. Cantumkan juga perbandingan antara fakta dan teori.Misalnya:orkestra UNY menggunakan musik klasik. Dalam kajian teori menurut RinaWulandari (2000: 34) menyatakan bahwa .maka data dan teori ada kesamaan.Memang musik klasik masih digunakan di Orkestra UNY. Bab 3. Penutup (jawaban atas masalah atau hal yang diamati) Daftar pustakaGunakan style huruf Time New Roman ukuran 12, spasi 1,5, kertas ukuran A4/ quarto.

Pengertian estetika secara umum: cabang filsafat yang berhubungan dengan gejala keindahan pada alam dan seni. Pengertian sempit tentang keindahan-indah sebatas cerapan pancaindera. Baumgarten (Sukarya, 2010: 1.3.1) –seni sebagai sarana mengembangkan estetika. Pengalaman berkesenian untuk meng

Related Documents:

Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kode Etik Dosen Universitas Negeri Yogyakarta; Peraturan Rektor UNY Nomor 10 Tahun 2015, tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Negeri Yogyakarta; MEMUTUSKAN Menetapkan : PERATURAN REKTOR TENTANG PERATURAN AKADEMIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Pembekalan Ujian Dinas Tahun 2011 Badan Kepegawaian Daerah Kota Yogyakarta Tanggal 14 Juni 2011 Oleh: Udik Budi Wibowo Universitas Negeri Yogyakarta BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA 2011 . Udik Budi . Udik Budi Wibowo adalah Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta. Pemimpin Proyek Pendidikan Guru SD .File Size: 584KB

35 86Universitas Negeri Manado 001035 36 Universitas Negeri Makassar 001036 37 Universitas Negeri Jakarta 001037 88 38 Universitas Negeri Yogyakarta 001038 39 Universitas Negeri Surabaya 90001039 . 73 Politeknik Negeri Manado 005013 Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya 005

24 Politeknik Negeri Manado PTN 25 Politeknik Negeri Medan PTN 26 Politeknik Negeri Media Kreatif PTN 27 Politeknik Negeri Nusa Utara PTN . 68 Universitas Negeri Manado PTN 69 Universitas Negeri Medan PTN 70 Universitas Negeri Pa

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN Dibuat oleh : Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh isi dokumen tanpa ijin tertulis dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta Diperiksa oleh : Estu Miyarso, M.Pd. Dr. Sugeng Bayu W. RPP UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA RPP. STRATEGI BELAJAR & PEMBELAJARAN

2. Membangun Kultur Universitas Negeri Yogyakarta yang Cendekia, Mandiri, dan Bernurani (Penelitian Institusional 2008 oleh Prof. Dr. Sarbiran dkk.) 3. Berbagai penelitian yang ditawarkan Lembaga Penelitian UNY dengan skim khusus tentang Pendidikan Karakter di Universitas Negeri Yogyakarta (2009)

1. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta yang telah berkenan memberikan kesempatan untuk belajar di Universitas Negeri Yogyakarta. 2. Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta Yang telah memberikan ijin penelitian. 3. Ketua Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan yang telah memberikan ijin penelitian. 4.

An API (US) nationally adopted standard, either modified from or identical to the ISO standard, may include the API Monogram Program requirements. This shall be noted on the front cover as to be evident to the reader. Both modified and identical adoptions which include the API Monogram should be designated as follows: API Title . ANSI/API XX . Edition, Month/Year . Effective Date: (minimum of .