(Mitra Broiler) PT Mitra Kelola Abadi Prospektus

2y ago
89 Views
9 Downloads
3.45 MB
58 Pages
Last View : 30d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Aliana Wahl
Transcription

ProspektusPT Mitra Kelola Abadi(Mitra Broiler)

Pembelian saham bisnis merupakan aktivitas berisiko tinggi.Anda berinvestasi pada bisnis yang mungkin saja mengalamikenaikan dan penurunan kinerja bahkan mengalami kegagalan.Harap menggunakan pertimbangan ekstra dalam membuatkeputusan untuk membeli saham. Ada kemungkinan Anda tidakbisa menjual kembali saham bisnis dengan cepat. Penyelenggaratidak menjamin likuidasi saham pada saat secondary market.Lakukan diversifikasi investasi, hanya gunakan dana yang siapAnda lepaskan (afford to loose) dan atau disimpan dalam jangkapanjang.Santara tidak memaksa Pemodal untuk membeli saham UKMsebagai investasi. Semua keputusan pembelian merupakankeputusan independen oleh Pemodal.Harap membaca kembali setiap klausul pada syarat & ketentuansebagai Pemodal. Dengan memberikan persetujuan, maka Andatunduk pada setiap isi klausula tersebutSantara bertindak sebagai penyelenggara urun dana yangmempertemukan Pemodal dan Penerbit, bukan sebagai pihakyang menjalankan bisnis (Penerbit). Otoritas Jasa Keuanganbertindak sebagai regulator dan pemberi izin, bukan sebagaipenjamin investasi.Semua data yang tersaji di dalam prospektus ini diperoleh dariPenerbit dan data sekunder faktual penunjang. Keputusanpembelian saham, sepenuhnya merupakan hak dan tanggungjawab Pemodal (Investor). Dengan membeli saham di Santaraberarti Anda sudah menyetujui seluruh syarat dan an sebagian atau seluruh modal.termasukrisiko

HIGHLIGHT INDUSTRYUsaha di sektor peternakan danpertanian terbukti merupakan usahayang berhasil survive dalam kondisipandemi seperti sekarang ini. Hal inidibuktikandenganharga-hargakebutuhan pokok yang cenderungstabil bahkan mengalami kenaikanpada beberapa komoditas utamapertanian dan peternakan.Ayam broiler atau yang dikenaldengan sebutan ayam ras, ayampedagingatauayampotongmerupakan salah satu komoditas yangmenggiurkan.Ternak ayam pedaging membutuhkanwaktu yang tidak lama untuk bisadipanen, untuk kemudian dijual.Permintaan pasar pun selalu tinggi,bahkan meningkat pada masa-masatertentu, misalnya saat menjelanglebaran.

Rata-rata konsumsi per kapita dagingayam untuk masyarakat Indonesiatahun 2017-2021 sebesar 5,68 kg perkapita per tahun. Proyeksi konsumsidaging ayam luar rumah tangganasional per horeka per industri tahun2017 sebesar 410,45 ribu ton dan padatahun 2021 meningkat menjadi 1,23juta ton.Permintaan diprediksi akan terusmengalami kenaikan karena semakinbanyaknya usaha-usaha franchisekuliner berbahan baku ayam yangmenggantungkanbahanpokokmakanannya pada produk peternakanini.Industri peternakan ayam broilersendiri merupakan salah satu industriterbesar di sektor agrikultur. Dengannilai total investasi yang ditanamkanpada industri ini mencapai 12 BillionUSD. Indonesia sendiri per tahunmemproduksi lebih dari 1.8 Miliar ekorayam.

Selain volume industri yang termasukpaling besar, industri ayam broiler iniadalah industri yang paling matangdan well structured secara ernakanseperti Japfa, Charoen Phokphand,Sieraddanagregator-agregatorlainnya membuat skema bisnis dariusaha ayam broiler ini menjadi jelasdan rendah risiko.Adanya jaminan akses penjualan kepasardenganhargakontrak,menjadikan resiko usaha peternakanini semakin rendah. Karena faktorresikoterbesardalamduniapeternakan yang telah kami assesselama 5 tahun kebelakang ini adalahjaminan harga jual dan offtaker(pembeli) hasil panen dari peternakanatau pertanian.Dengan sistem yang telah memilikiskema yang terstruktur dan baik,maka skalabilitas usaha peternakanayam broiler ini dapat dilakukan.

Mitra Broiler merupakan usahapeternakan ayam broiler. MitraBroiler ini didirikan pada tahun2019 oleh kami, Firdian Afrizal(Ferdy) dan Ramdan Jailani.Pada tahun 2017 sampai denganpertengahan tahun 2019, sebelummembuka kandang ayam lam bidang agrobisnis dan kamiberencanamembukausahapeternakan sapi.Sampai dengan awal tahun 2019,kami sudah membangun kandangsapi dengan progress 50%.

atang, kami merubah rencanausaha kami, menjadi usaha apfayaituComfeedIndonesia alinlama,2019,padakamikerjasamadengan Japfa.Kerjasama ini diharapkan dapattercipta sustainability dari usahaMitra Broiler.

Kami membuat kandang ayamdengan sistem semi close houseyang terjangkau namun efektivitasdan iklim terjaga seperti layaknyakandang close house.Kandang ayam kami berdiri di ataslahan seluas 2,2 Ha, dimana totalluas kandang untuk 2 lantai yangada saat ini adalah1.800 meterpersegi.Kapasitaskandangayamkamisaat ini sekitar 24.000-25.000 ekor,dengan hasil panen per siklusmencapai lebih dari 34.000 kg.Pada tahun ini, sampai denganbulan September 2020, kami telahmendapatkan 5 siklus panen.

Selain penjualan ayam, kami Omset penjualan Mitra Broiler persiklus panen dapat mencapai lebihdari Rp 700 Juta.Melihatprospekusahakedepannya dan permintaan dariJapfauntukmeningkatkankapasitas produksi, maka rencanakamikedepannyaadalahmembuat 1 kandang baru, denganbangunan 2 lantai berkapasitas24.000 - 25.000 ekor ayam.Denganpenambahankandangbaru tersebut, total populasi ayamakan mencapai 48.000 - 50.000ekor ayam.

Dalamrangkapengembanganusaha tersebut, pada tahun 2020,kamimembentukperusahaanberbadan hukum yang bernamaPT Mitra Kelola Abadi, sehinggaMitra Broiler tidak lagi menjadiperusahaan jasamamelalui layanan urun dana eluarga besar PT Mitra KelolaAbadi.iniHarapan kami kerjasamadapatmemberikankeuntungan bagi shareholders,serta membawa kebermanfaatanbagi seluruh pihak yang terkait didalam bisnis proses ini.

Lokasi UsahaPT Mitra Kelola Abadi

Bikin kayak giniBeli 1 saham dapat 2 cabang

Lokasi UsahaEksistingKandang Ayam MTRA 1.0Kampung Bturuyuk, RT. 01, RW. 05, DesaSelawangi, Kecamatan Tanjung Sari,Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat

VIDEO PROFILPT Mitra Kelola Abadi**Klik untuk menonton

Firdian AfrizalCo-Founder &Direktur UtamaFirdian Afrizal (Ferdy) merupakanlulusanS1IlmuHukumdariUniversitas Sahid.Pengalaman berbisnis Ferdy dimulaipada tahun 2006 dengan mendirikanperusahaan insurance consultant dandiberi nama PT Mitra PerkasaSolution.Pada tahun 2017, Ferdy mulaimempelajari bidang agrobisnis.Kemudian pada tahun 2019, Ferdybersama rekannya Dani mendirikanpeternakan ayam broiler yangdiberi nama Mitra Broiler, dan telahberhasilmenjalinkerjasamadengan Japfa.

Taufik HidayatDirekturTaufik menggeluti bisnis sejak tahun2011 dalam bidang mice and eventorganizersebagaiperencanakegiatan.Selain berbisnis, pada tahun 2018,Taufik aktif mengikuti organisasiswadayamasyarakatuntukmemajukan UMKM.Kegigihannya dalam bekerja dankemampuannya dalam membangunrelasi, membuat Taufik dipercayauntuk menjadi Direktur di PT MitraKelola Abadi dan merangkap sebagaiManajer Pemasaran.

Ramdan JailaniCo-Founder &KomisarisRamdanmemilikipengalamanbekerja di lembaga keuangan nonbank sekitar 10 tahun, mulai tahun1997.Pada tahun 2007, Ramdan jugapernah berkecimpung dalam bisniskonstruksi dan membuat perusahaankontraktor.Berbekal keahlian dalam bidangkeuangan dan pengalaman kerja diberbagai bidang bisnis, pada tahun2017, Ramdan bersama rekannyaFerdy mempelajari usaha dalambidang Agrobisnis. Kemudian padatahun 2019 mendirikan Mitra Broiler.

JUMLAH PEKERJAManajer Operasional: 1 orangManajer Keuangan: 1 orangManajer Pemasaran: 1 orangKepala Kandang: 1 orangPekerja Kandang: 4 orangPetugas Keamanan: 1 orangKeterangan : Manajer Operasional dirangkap oleh DirekturUtama Manajer Keuangan dirangkap oleh Komisaris Manajer Pemasaran dirangkap oleh Direktur Kepala kandang merupakan koordinator untukseluruh pekerja kandang. Pekerja kandang yang terdiri dari ABK perawatayam, pekerja panen, pembersih kandang pascapanen, dan pekerja pembuangan sampah hasilkandang.

Profit & LossStatement HighlightsMITRA BROILERPeriode 2019 - 2020(dalam rupiah penuh)Pos Laba Rugi2019PenjualanJan-Sep 2020619.089.072Harga Pokok Penjualan (HPP)3.261.469.120(533.962.699) (2.669.813.495)Laba KotorBeban OperasionalKeuntungan 5Pendapatan (Beban) LainnyaLaba UsahaKeterangan :-Pada tahun 2019 terdapat 1x panen dengan kuantitas 31.229 kg, kemudianpada tahun 2020 (sd. September 2020) terdapat 5x panen dengankuantitas 164.494 kg.- Penjualan merupakan pembayaran dari Japfa atas breeding ayam broilerdi kandang Mitra Broiler. Rincian penjualan setiap periode panen adalahsebagai berikut :(dalam ribuan rupiah)KeteranganPenjualan Ayam2019Panen 12020Panen 1Panen 2Panen 3Panen 4Panen 69664.522Sub al619.089Penjualan Sekam danKarungPrestasi3.261.469-% HPP sekitar 82-86% terhadap penjualan, terdiri dari Day Old Chicken(DOC), Pakan dan Obat dan Vaksin Kimia (OVK).- Beban Operasional terdiri atas beban gaji dan upah karyawan kandang,utilitas, bahan bakar, bonus karyawan, biaya pemeliharaan, biayakeamanan dan lingkungan.- Laba usaha merupakan laba bersih sebelum dikurangi pajak.Disclaimer :- Jejak rekam penjualan masa lalu tidak mencerminkan angka penjualandimasa yang akan datang.

PT Mitra Kelola Abadi45%* Angka di atas bukanlah yield investasi.Mohon lihat uraian pada kebijakan dividen.

Penawaran Saham PerdanaPT MITRA KELOLA ABADIKode Saham: MTRADana Yang Dibutuhkan: Rp 1.600.000.000,-Total Saham Yang Dilepas: 48,48%Harga per lembar saham: Rp 1.000,-Minimal Investasi*: Rp 1.605.000,-Periode Pembagian Dividen**: 6 bulanMasa Penawaran Saham***: 60 hariCatatan :* Minimal investasi dimungkinkan menurun, dikarenakansistem di Santara telah menggunakan dynamic minimuminvestment dengan mempertimbangkan dana yang telahmasuk dan total kuota pemegang saham yang tersisa.**Mengikuti kebijakan dividen perusahaan.***Sejak hari pertama dipublikasikan di website dan aplikasiSantara.

SusunanSahamPemegangSesuai lampiran Keputusan Menteri HukumdanHAMRepublikIndonesiaNomorAHU-0055085. AH.01.01.TAHUN 2020 TentangPengesahanPendirianBadanHukumPerseroan Terbatas PT Mitra Kelola Abadi,strukturpemegangsahamperusahaanadalah sebagai berikut :NoNama Pemegang Saham% KepemilikanLembar Saham1Firdian Afrizal60,00 %2Taufik Hidayat10,00%3Ramdan Jailani, SE30,00%Catatan : Perubahan struktur pemegang n pada laporan perkembangan usahapenerbit pada bulan pertama laporan.

BagaimanaMekanismeKerjasamanya?1. Anda dan pemodal lainnya di Santaramelakukan Urun Dana untuk memiliki48,48% saham PT Mitra Kelola Abadi.2. Santara menyalurkan dana ke PT MitraKelola Abadi untuk menjalankan usahanya.3. ManajemenmengelolaPT Mitra Kelola Abadi akandanamengembangkanusahanya.4. PT Mitra Kelola Abadi akan memberikanlaporanlabarugidanperkembanganusaha tiap bulan.5. PT Mitra Kelola Abadi akan menyerahkandividen usaha kepada Anda dan pemodallainnya setiap periode pembagian dividen.6. Anda dapat mengklaim dividen usahamelalui website dan atau aplikasi Santara.

10%-13%ILUSTRASI PERHITUNGAN :Nilai InvestasiLaba Bersih 1Tahun1.600.000377.789% Bagi Hasil/ DividenuntukInvestor45%PerkiraanNilai BagiHasil atatan :1. Angka di atas dalam ribuan rupiah.2. Proyeksi yield investasi di atas adalahilustrasi.3. Besaran dividen yang dibagikankepada pemegang saham tetapmengikuti kebijakan dividen yangdituangkan perseroan dalamprospektus ini.

Kebijakan nketentuanyangAnggaranDasarPerseroan, yaitu melalui mekanismeRUPSberdasarkanrekomendasiDireksi Perusahaan.Penentuan jumlah dan skeuanganperusahaan, dan hal lainnya yangdipandangPerusahaan.relevanolehDireksi

Pencatatan KepemilikanSaham PemodalPencatatan Saham Pada daaplikasiPenyelenggara.Pencatatan Saham Pada AnggaranDasarSetelahprosespenyerahandanadilakukan kepada perusahaan, garan Dasar Perusahaan.adalahdalam

Setelah Penawaran Umum PerdanaSahamini,perseroanbermaksudmembayarkan dividen saham kepadainvestordalamjumlahsebanyak-banyaknya 45% dari lababersihtahunberjalan,setelahmelakukan pencadangan laba patmembagikandividen interim sebelum tahun bukuPerseroanberakhirberdasarkankeputusan Direksi. Ketentuan Dividenlainnya mengikuti UU PT.Dividen tersebut di atas akan dibayardalam mata uang Rupiah.

Proses ini akan dilakukan melaluiNotaris rekanan Penyelenggara danakan diinformasikan kepada pemodalsetelah proses tersebut telah initermasuksistemAHU-Kementerian Hukum dan HAM.Pencatatan Saham Scriptless KSEISesuai informasi pihak Penyelenggara,bahwasaatinisedangdilakukanproses sinkronisasi IT antara pihakPenyelenggara dan KSEI.Kedepan, penatakelolaan administrasiefek akan dilakukan melalui KSEI.

RencanaPenggunaan DanaPT Mitra Kelola Abadi (Mitra Broiler) telahmemiliki 1 kandang, dengan bangunan 2 lantai,memiliki total populasi sekitar 24.000 - 25.000ekorayamdanberencanamelakukanpengembangan dengan membuka 1 kandangbaru dengan bangunan 2 lantai dan totalpopulasi sekitar 24.000 - 25.000 ekor ayam.Dana yang terkumpul dari layanan EquityCrowdfunding(ECF)akandigunakanperusahaan untuk pembuatan kandang baru,infrastrukturpendukung,peralatan,perlengkapan kandang, dan tambahan modalkerjaPembuatanKandang BaruInfrastrukturPendukungPeralatan danPerlengkapanTambahanModal Kerja

Total Project Cost(TPC)

Total Project Cost(TPC)

Total Project Cost(TPC)Keterangan : Total Project Cost (TPC) di atas merupakan nilai hargapembangunan untuk pembukaan 1 kandang baru MTRA 2.0,dengan total luas bangunan 2 lantai sekitar 1.600 meterpersegi, dengan kapasitas sekitar 24.000 - 25.000 ekor ayam. Estimasi kebutuhan tambahan modal kerja (Poin D) adalahberdasarkan pendekatan biaya jasa saat pembuatankandang MTRA 1.0 yaitu sekitar 25% dari total komponen (A B C). Adapun jika dalam realisasi penggunaan dana terdapatkelebihan (realisasi penggunaan dana nilai listing), makakelebihan tersebut akan dipergunakan untuk menambahmodal kerja atau investasi usaha PT Mitra Kelola Abadi. Sedangkan, apabila dalam realisasinya terdapat kekurangandana (cost overrun), maka kekurangan tersebut menjaditanggung jawab PT Mitra Kelola Abadi (sharing danasendiri).

GambarModel Kandang MTRA 2.0

TimelineWaktuAktivitas UsahaNovember 2020Perkiraan PencairanDana ECFNovember 2020Pembangunan KandangBaru (MTRA 2.0)Januari 2020Kandang MTRA 2.0Mulai BeroperasiJuni 2021Bagi Hasil ke-1 ataslaporan Desember 2020 Mei 2021 -Desember 2021Bagi Hasil ke-2 ataslaporan Juni - November2021Keterangan :1. Timeline di atas merupakan perkiraan, apabila terdapatperubahan akan diinformasikan lebih lanjut pada laporanbulanan.2. Ada masa lead time untuk pembangunan danpenambahan peralatan sebelum kandang baru beroperasi.3. Pembagian dividen dilakukan per 6 bulan.

Risiko Penyakit danMortalitas TernakSecara historis, tingkat mortalitas ayamMitra Broiler cukup stabil sekitar 2%-3%dalam satu siklus. Risiko penyakit dankematian ini dapat ditekan denganpemberianvitamindanperawatanrutin secara terjadwal.Risiko ini telah dimitigasi perusahaandengan menyiapkan mesin pemanasdan pendingin untuk menjaga suhukandangsesuaikebutuhanpertumbuhan ayam.Disamping itu, dalam kontrak yangdilakukandenganmitrasaatini,kematian ayam secara masal jugasudah ditanggung oleh mitra dariMitra Broiler.

Risiko Bahan BakuTerkaitrisikopengadaanbibit(breeding) maupun pengadaan kewajibanpihak Principal dalam pemenuhankebutuhan tersebut.Selain itu, terkait supply bahan bakulainnya seperti solar dan sekam padi,perusahaan telah memitigasi risiko inidenganmenjalinhubunganbaikdengan beberapa supplier, sehinggaketersediaan bahan baku ini dapatterjaga.

Risiko Fluktuasi HargaTerjadinya naik turun harga ayamdikarenakan penyesuaian mekanismepasar antara supply dan �kanpengawasandan kontrol pemerintah atas iolehdengan cara melakukankerjasama pola inti-plasma (kemitraan)dengan penetapan harga jual fix diawal kontrak.Penetapan harga jual tersebut dapatmelindungi Mitra Broiler dari fluktuasiharga pasar ayam.

Risiko Keberlangsungan Usahadan Pemutusan KontrakDengan pola kemitraan plasma-inti,pemutusan kontrak dari perusahaaninti dapat menyebabkan perusahaankehilangan pasar.Adapun atas hal tersebut, solusi yangdilakukanadalahmenjagakualitasternak dengan menyediakan kandangyang baik dan hubungan baik denganperusahaan buyer yaitu Japfa.Namunperusahaanjugatelahmembuat mitigasi risiko apabila risikotersebutterjadi,yaituakanbekerjasama dengan perusahaan intilainnya,manajemenmengingatdalamdapat diandalkan.kapasitasmenjalinrelasi

Risiko Force MajeureRisiko terjadinya keadaan sangat luarbiasabisasajaterjadidanmengganggu keberlangsungan bisnisseperti krisis ekonomi, virus, kebakaran,bencana alam, dan sebagainya.Mitra Broiler telah memitigasi risikotersebut dengan memberikan vaksindan melakukan pemantauan secararutinterhadapkondisikesehatanayam, serta kebersihan kandang rusakanbencanaalam,maupun kebakaran, perusahaan akanmemitigasinyabangunan.denganasuransi

Rekam Jejak dan ProspekUsaha PT Mitra Kelola Abadi(Mitra Broiler) Mitra Broiler adalah perusahaanpeternakanayambroileryangdidirikan pada tahun 2019 olehFirdian Afrizal (Ferdy) dan RamdanJailani. pertengahan tahun 2019. KandangayamMitraBroilermemiliki sistem semi close house,namun efektivitas dan iklim terjagaseperti layaknya kandang closehouse. Kandang ayam Mitra Broiler berdiridi atas lahan seluas 2,2 Ha, dengantotal luas kandang 1.800 meterpersegi.

Kapasitas kandang ayam kami saatini sekitar 24.000 - 25.000 ekorayam, dengan hasil panen persiklus mencapai lebih dari 34.000kg. Pada tahun ini (sampai denganbulan September 2020), kami telahmendapatkan 5 siklus panen. Selainpenjualanayam,MitraBroiler juga mendapatkan revenuedari penjualan sekam dan karung,dengan omset penjualan per sikluspanen mencapai lebih dari Rp 700Juta. Rencana perusahaan kedepannyaadalah membuat 1 kandang baru,denganbangunan2lantaiberkapasitas 24.000 - 25.000 ekorayam. Sehingga populasi, produksidanrevenuediharapkanakanmenjadi 2x lipat bahkan lebih.

Dalamrangkapengembanganusaha Mitra Broiler, pada tahun ini,kami mendirikan PT Mitra KelolaAbadi. Melalui prospektus ini, ManajemenPT Mitra Kelola Abadi mengajakpara investor untuk bekerjasamadalamrangkapengembanganusaha ini, dengan memiliki sahamPT Mitra Kelola Abadi. Kami berharap kerjasama ini dapatmemberikankeuntunganbagishareholders, serta seluruh pihakyang terkait dalam proses bisnis ini.Hormat Kami,Firdian AfrizalDirektur Utama

Tanya Jawab SeputarPenawaran SahamPT Mitra Kelola AbadiSilahkan klikjoin grup telegram

PT Mitra Kelola Abadi

Pembelian saham bisnis merupakan aktivitas berisiko tinggi.Anda berinvestasi pada bisnis yang mungkin saja mengalamikenaikan dan penurunan kinerja bahkan mengalami kegagalan.Harap menggunakan pertimbangan eks

Kami membuat kandang ayam dengan sistem semi close house yang terjangkau namun efektivitas dan iklim terjaga seperti layaknya kandang close house. Kandang ayam kami berdiri di atas lahan seluas 2,2 Ha, dimana total luas kandang untuk 2 lantai yang ada saat ini adalah 1.800 me

Related Documents:

Feedmaster Classic Broiler Range Ideal for the smaller producer who sells live broilers to the market. It is a cost-effective range with a moderate growth rate. 35 Day Model Number Of Chicks Classic Broiler Starter Classic Broiler Grower Classic Broiler Finisher Total Feed Day-old- 13.5 Days 500 g 13.5 Days - 3 Days before slaughter 3 Days .

prinsip tata kelola perusahaan yang baik 2. struktur tata kelola perusahaan 3. sosialisasi dan penyempurnaan praktik tata kelola perusahaan yang baik 4. kode etik dan tanggung jawab profesional 5. sistem pelaporan pelanggaran 6. sistem pengendalian internal 7. manajemen risiko 8. pelaksanaan penerapan aspek dan prinsip tata kelola sesuai ketentuan otoritas jasa keuangan 146 148 182 185 188 194 .

PENERAPAN PEDOMAN TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK Astra Life berkomitmen penuh untuk melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik bagi perusahaan perasuransian dalam seluruh aspek pengelolaan Perusahaan. Komitmen tersebut diwujudkan pada pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance/GCG) sesuai dengan Peraturan OJK Nomor 73/POJK.05/2016 tentang Tata Kelola .

Get dataset D t {(s t,π*(s t))} D Aggregate dataset D D D t Train classifier π i ̂ 1 on D p̂t π θ(y1 set t s t) π θ(y t 2 s t) draw Bernoulli variable Z t 1 of parameter b b p̂t if Z t π i for t 1to T * After completing his Ph.D., Ellis worked at Bell Labs from 1969 to 1972 on probability theory. Name Entity .

The average annual producer price for broiler was R15.46/kg in 2013, which was R0.48c higher than 2012. The decline in 2010 might be due oversupply of broiler meat responding to the FIFA world cup held in South Africa and the low economic growth. Generally the price of broiler meat increased significantly mainly due to the increased input costs.

Pedoman Tata Kelola Perusahaan ini mengatur dan menjelaskan mengenai struktur yang membangun corporate governance, hubungan antara organ Perusahaan, proses corporate governance, dan pengukuran terhadap penerapan corporate serta hubungan dengan stakeholders dalam pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan. D. Sistematika Panduan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance/GCG) disusun .

YANG BAIK 1. Pedoman Tata Kelola Perusahaan Terbuka yang selanjutnya disebut Pedoman Tata Kelola, memuat praktik tata kelola perusahaan yang baik sesuai dengan praktik internasional yang patut diteladani dan belum diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan di sektor Pasar Modal. 2. Pedoman Tata Kelola sebagaimana dimaksud pada angka 1 mencakup 5 (lima) aspek, 8 (delapan) prinsip tata .

L Tata Kelola Teknologi Informasi . Pedoman ini terdiri atas 6 (enam) bagian yaitu : Bagian I : Pendahuluan . Berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik. 5. PT PERTAMINA (Persero) Code of Corporate Governance – Tata Kelola Perusahaan 2. Competitive (Kompetitif) Mampu berkompetisi dalam skala regional maupun internasional, mendorong pertumbuhan melalui investasi .