MODUL PRAKTIKUM KONSEP PEMROGRAMAN KOMPUTER

2y ago
57 Views
4 Downloads
214.92 KB
14 Pages
Last View : 20d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Allyson Cromer
Transcription

MODUL PRAKTIKUMKONSEP PEMROGRAMAN KOMPUTERLABORATORIUM KOMPUTERJURUSAN TEKNIK ELEKTROFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS UDAYANA2012

PERATURAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM PEMROGRAMANKOMPUTERPeraturan :1. Praktikan harus berpakaian rapi dalam mengikuti praktikum (Baju berkerah,celana panjang utuh, bersepatu)2. Praktikan harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum dan pada saatmengikuti praktikum.3. Praktikan harus menjawab soal-soal yang diberikan pada tugas pendahuluanuntuk kemudian dikumpulkan sebelum melakukan kegiatan praktikum.4. Praktikan harus sudah siap 5 menit sebelum praktikum dimulai.5. Praktikan hanya diperbolehkan membawa buku Bantu secukupnya sesuaidengan materi percobaan ke dalam ruangan praktikum.6. Selama pelaksanaan praktikum, sangat diharapkan untuk tidak melakukankegiatan yang mengganggu kelompok lain atau mengganggu keseluruhanpraktikum.7. Setiap percobaan akan menghasilkan laporan sementara yang harus distempelpada saat akhir percobaan untuk kemudian disertakan pada laporan resmi.(format laporan sementara dapat dilihat pada lampiran 2, dan disiapkansebelum pratikum dimulai)8. Kartu monitoring harus diperiksa dan kemudian diberikan tanda tangan olehasisten praktikum pada setiap percobaan.9. Praktikum dilaksanakan selama 45 menit. Apabila percobaan yang dilakukanbelum dapat diselesaikan, maka harus diselesaikan diluar waktu percobaansebagai tugas tambahan.10. Waktu asistensi pertama dilakukan setelah semua praktikum dilaksanakan.11. Batas akhir penyerahan laporan resmi ditentukan dengan kesepakatan asistenpraktikum.12. Peraturan-peraturan lain yang belum dijelaskan pada daftar peraturan ini akanditentukan kemudian apabila diperlukan selama pelaksanaan praktikum.13. Setiap pelanggaran yang dilakukan terhadap peraturan diatas, akan dicatat olehasisten praktikum. Apabila pelanggaran dianggap berat maka keputusanterhadap sanksi pelanggaran akan ditentukan dalam rapat koordinasi asistenpraktikum.

PETUNJUK PELAKSANAAN PRAKTIKUMKONSEP PEMOGRAMAN KOMPUTERI. Persiapan Praktikum1. Praktikan harus mengikuti jadwal praktikum yang ditentukan olehlaboratorium. Penggantian jadwal dapat dilakukan dengan persetujuanasisten serta mempertimbangkan tersedianya peralatan dan waktu untukpraktikum sepanjang tidak mengganggu kegiatan praktikum kelompoklain.2. Menyerahkan tugas pendahuluan kepada asisten pada saat pelaksanaanpraktikum. Setelah batas tersebut asisten berhak menolak tugaspendahuluan praktikan dan praktikan dinyatakan gagal untuk praktikumtersebut serta tidak berhak mengikuti praktikum susulan. Keterlambatanakan dikenai sanksi pengurangan nilai tugas pendahuluan sebesar 10%dari nilai tugas pendahuluan.3. Tugas pendahuluan meliputi :a. Tugas pendahuluan harus diketik rapi pada kertas HVS A4 putih 70gram dengan Margin : Kiri 4 cm, Kanan 3 cm, Atas 4cm , Bawah 3cm, font Times New Roman 12 .b. Tuliskan Judul Praktikum, Modul Praktikum, Nama Percobaan,Tanggal Praktikum, Nama Praktikan dan Nama Kelompok di bagianatas kertas pada setiap Tugas Pendahuluan.4. Asisten berhak meminta revisi tugas pendahuluan bila rancangan dinilaisalah atau tidak layak.II. Pelaksanaan Praktikum1. Absensia. Praktikan harus melaksanakan praktikum sesuai jadwal terakhir yangdisetujui dengan asisten. Praktikan harus datang tepat pada waktupelaksanaan praktikum untuk melakukan tes awal dan mengisi daftarhadir. Keterlambatan mengurangi nilai kedisiplinan.b. Praktikan yang tidak menghadiri suatu praktikum dengan alasanyang tidak bisa diterima akan dinyatakan gagal untuk satu praktikumtersebut.2. Alat dan Bahana. Peminjaman alat dan bahan serta pengaturan penggunaan komputerharus mendapat persetujuan asisten.b. Semua alat dan bahan yang dipinjam menjadi tanggung jawabpraktikan dan harus dikembalikan dalam keadaan baik pada akhirpraktikum.c. Segera melaporkan ketidakberesan alat, bahan atau saranapendukung kepada asistend. Setiap kerusakan yang diakibatkan oleh kecerobohan praktikan harusdiperbaiki atau diganti oleh praktikan yang bersangkutan

FORMAT LAPORAN RESMI PRAKTIKUM KONSEP PEMROGRAMANKOMPUTER SEMESTER GENAP 20121. Laporan resmi dikumpulkan 1 LAPORAN PER KELOMPOK.2. Laporan resmi merupakan kumpulan dari laporan – laporan sementara darisetiap modul praktikum yang telah diperbaiki dan telah disempurnakan denganbeberapa hal yang meliputi modul praktikum yang bersangkutan3. Laporan resmi diketik dengan menggunakan komputer sesuai format yangtelah terlampir.4. Berikut susunan laporan resmi :DAFTAR ISIKata Pengantar .Daftar Isi .Daftar Gambar .Daftar Tabel .Daftar Kode Program .Bab I Pendahuluan .1.1 Latar Belakang .1.2 Rumusan Masalah .1.3 Tujuan .1.4Manfaat .Bab II Tinjauan Pustaka .Bab III Judul Modul 1 .3.1 Tujuan .3.2 Tinjauan Pustaka .3.3 Pembahasan dan Analisa .3.4 Uji Coba dan User Interface .3.5 Kesimpulan .3.6 Lampiran Form Laporan Sementara .3.7 Lampiran Tugas Pendahuluan .Bab IV Judul Modul 2 .4.1 Tujuan .4.2 Tinjauan Pustaka .4.3 Pembahasan dan Analisa .4.4 Uji Coba dan User Interface .4.5 Kesimpulan .4.6 Lampiran Form Laporan Sementara .4.7 Lampiran Tugas Pendahuluan .Bab V Judul Modul .5.1 Tujuan .5.2 Tinjauan Pustaka .5.3 Pembahasan dan Analisa .5.4 Uji Coba dan User Interface .5.5 Kesimpulan .5.6 Lampiran Form Laporan Sementara .ivivivvivii11.

5.7 Lampiran Tugas Pendahuluan .Bab VI Judul Modul 4 .6.1 Tujuan .6.2 Tinjauan Pustaka .6.3 Pembahasan dan Analisa .6.4 Uji Coba dan User Interface .6.5 Kesimpulan .6.6 Lampiran Form Laporan Sementara .6.7 Lampiran Tugas Pendahuluan .Bab VII Penutup .7.1 Kesimpulan .7.2 Saran .Daftar Pustaka .DAFTAR GAMBARGambar 2.1 Susunan .DAFTAR TABELTabel 2.1 Tabel .FORMAT SAMPUL LAPORAN RESMI PRAKTIKUM KONSEPPEMROGRAMAN KOMPUTER SEMESTER GENAP 20121.2.3.4.Sampul per modul untuk laporan resmi menggunakan kertas HVS A4warna biruFormat sampul per modul dapat dilihat pada lampiran 3Sampul halaman utama untuk laporan resmi menggunakan kertas buffalowarna biru tuaFormat sampul halaman utama dapat dilihat pada lampiran 4.

MODUL IDASAR PENGGUNAAN BAHASA PEMROGRAMANTujuan :1. Mengetahui dan memahami penggunaan menu-menu dasar yang ada pada masingmasing bahasa pemrograman khususnya Pascal.2. Memahami proses pembuatan program komputer mulai dari pemahaman masalah,melakukan pernacangan algoritma (flowchart), coding, testing, dan debugging.3. Memahami gaya pemrograman (seni penulisan program) yang baik dan bisamenerapkannya dalam setiap melakukan pembuatan program.4. Memahami dan bisa membuat program modul-modul yang berbentuk suatufungsi.5. Memahami penggunaan statement control khususnya if., if.else Tugas Pendahuluan :1. Apa yang anda ketahui tentang bahasa pemrograman? Sebutkan contohcontohnya!2. Jelaskan langkah – langkah dalam menginstall Bahasa Pascal di komputer.Kemudian buatlah sebuah program dalam pascal untuk menampilkan nama danNim Anda, sertakan langkah-langkah pembuatan, listing program dan tampilanlayar nya.3. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang (dalam Pascal):a. Var, Const, Begin-End.b. Operator Aritmatika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, mod,div).c. Tipe data String ,Integer dan Real.d. Penggunaan if, if.elsee. Validasi Input Program.4. Sebutkan beberapa contoh dari gaya atau seni menulis suatu program . Jelaskanmengapa sangat perlu memperhatikan gaya atau seni menulis program ini .5. Sebutkan dan jelaskan :a Fasilitas – fasilitas dan menu utama dalam Pascal yang sering digunakan.b Fungsi-fungsi Pascal yang anda ketahui. (write,writeln, read, readln, for, dll).Berikan contoh penggunaannya dalam pascal.Tugas Praktikum :1. Buatlah program menghitung Volume dan luas permukaan limas segi empat dankerucut.2. Buatlah program untuk menentukan kelulusan, dengan kriteria sebagai berikuta User dapat menginputkan nama dan nim.b Input nilai antara 0-75 maka TIDAK LULUS, selain itu LULUSc Buat input validasi untuk rentang nilai 0-100.d Tampilkan Nama , Nim , Nilai, dan kelulusan.

MODUL IITIPE DATA DAN STATEMENT KONTROLTujuan :1. Memahami dasar – dasar pemrograman Pascal.2. Memahami penggunaan statement control khususnya if , if else , switch.3. Memahami penggunaan tipe data yang digunakan secara efisien.4. Memahami manipulasi string.5. Memahami dan bisa membuat program modul – modul yang berbentuk suatufungsi.6. Memahami dan bisa menggunakan passing parameter dalam fungsi danprocedure.Tugas Pendahuluan :1. Sebutkan dan jelaskan tipe data dasar yang digunakan dalam Pascal sertakeperluan memory untuk masing – masing tipe data tersebut.2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan (dalam Pascal):a. Functionb. Proceduredan berikan pula contoh penggunaannya.3. Sebutkan, jelaskan, apa yang dimaksud dengan (dalam Pascal):a. if ,b. if else.,c. Case4. Buatlah contoh program yang sama dalam Pascal yang menggunakanif.,if.else., case sertakan pula flowchart ,listing program, dan tampilan outputprogram (printscreen) .5. Bandingkan ketiga statement control tersebut, berdasarkan program yang andabuat , Manakah yang lebih unggul dari ketiga statement control tersebut? Berikanalasan anda .

Tugas Praktikum :1. Buatlah program gaji dengan inputan adalah nama, grade, dan jam kerja dimanagrade yang dimiliki perusahaan seperti tabel dibawah ini :NO12345678GRADEOffice BoySecurityStaffSenior StaffSupervisorAssisten ManagerManagerGeneral Manager GAJI 00Rp.2.000.000Jam lembur dihitung apabila lebih dari 240jam dengan maksimal jamlembur 40jam.Upah lembur adalah (gaji pokok /240)* jam lembur.Assisten Manager, Manager dan General Manager tidak memiliki upahlembur.2. Buatlah program konversi satuan memory yang inputannya bisa dari masing –masing satuan memory (Byte, Kilobyte, Megabyte, Gigabyte,).

MODUL IIIARRAY DAN STATEMENT KONTROL LANJUTANTujuan :1. Memahami dasar – dasar pemrograman Pascal dan .2. Memahami penggunaan statement control khususnya for , while do,repeat until.3. Memahami penggunaan tipe data array dalam pembuatan program.Tugas Pendahuluan :1. Sebutkan dan jelaskan tentang array dan deklarasi array dalam Pascal atau .Berikan contoh deklarasi array dalam Pascal atau lalu hitung keperluan memory– nya.2. Sebutkan, jelaskan, dan berikan contoh penggunaan statement control for ,while do, repeat until dalam Pascal atau . Buatlah flowchart dan sintaks darimasing – masing statement control tersebut.3. Buatlah flowchart dari program pada soal di bawah ini, lalu lakukan traceterhadap flowchart yang anda buat sehingga yakin bahwa flowchart tersebut sudahbenar.Tugas Praktikum :1. Buatlah program Fibonacci dengan inputan banyak bilangan yang ingin ditampilkan.2. Buatlah program yang bisa menampilkan bilangan prima berupa tangga denganinputan berupa jumlah anak tangga(wajib menggunakan array).Contoh :Input:3Output:23 57 11 13

MODUL IVSORTING DAN SEARCHINGTujuan :1. Memahami dasar – dasar pemrograman Pascal dan .2. Memperdalam kemampuan terhadap penggunaan tipe data array dalam program.3. Mengenal dan bisa menggunakan fungsi pembangkit bilangan acak yang adadalam bahasa Pascal dan .4. Mengenal dan bisa mamakai fungsi untuk mendapatkan waktu dalam Pascal atau .5. Memahami tujuan dan mekanisme pengurutan data dan pencarian data , baik yangbersifat numeric maupun alphanumeric.6. Mampu menganalisis untuk kerja masing – masing metode pengurutan danpencarian, sehingga bisa memilih metode pengurutan data dan / atau pencariandata yang terbaik untuk suatu contoh kasus tertentu.Tugas Pendahuluan :1. Buatlah contoh cara membangkitkan bilangan random dalam Pascal atau .2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sorting dan searching.3. Jelaskan mekanisme metode pengurutan data berikut serta berikan contohpengurutan data yang dilakukan dengan metode tersebut .a. Insertion Sortb. Shell Sortc. Bubble Sortd. merge Sorte. Quick Sortf. Sequential Searchg. Binary Search4. Buatlah flowchart dari masing - masing metode diatas, lalu lakukan trace terhadapflowchart yang anda buat sehingga yakin bahwa flowchart tersebut sudah benar.Tugas Praktikum :1. Buatlah program sorting dan searching berdasarkan arahan assisten.

Lampiran 1 : FORMAT TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUMa. Margin : Kiri 4 cm, Kanan 3 cm, Atas 4cm , Bawah 3 cm.b. Font : Times New Roman 12Nama:NIM:Kelompok:TUGAS PENDAHULUANPRAKTIKUM KONSEP PEMROGRAMAN KOMPUTERMODUL XJUDUL MODULTujuan1. 2. .3. Tugas pendahuluan1 2 3 Penyelesaian1 2 3

Lampiran 2 : FORMAT LAPORAN SEMENTARA PRAKTIKUMLEMBAR ASISTENSILAPORAN SEMENTARA PRAKTIKUMMODUL IJUDUL MODULKelompok: .Hari / Tanggal: . / .Nama Asisten / Paraf : ./ .Times New Roman 16 BoldNama Anggota1. Nama / NIM2. Nama / NIM3. Nama / NIM4. Nama / NIMMengerjakan .Mengerjakan .Mengerjakan .Mengerjakan .Catatan hasil PraktikumTimes New Roman 12 BoldRevisi dan Tugas Tambahan

Lampiran 3 : FORMAT COVER LAPORAN RESMI SETIAP MODULPRAKTIKUM KONSEP PEMROGRAMAN KOMPUTERMODUL IVJUDUL MODULTimes New Roman 14 boldTimes New Roman 12 boldHeight : 4,7 cmWidth : 4,7 cmOlehKELOMPOK XXRichard Stallman(0104405065)Budi Anduk(0104405080)Tora Sudiro(0104405078)Dian Sastro(0104405062)Asisten : Nama AsistenLABORATORIUM KOMPUTERJURUSAN TEKNIK ELEKTROFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS UDAYANA2012

Lampiran 4: FORMAT COVER LAPORAN RESMIPRAKTIKUM KONSEP PEMROGRAMAN KOMPUTERTimes New Roman 16 boldTimes New Roman 12 boldHeight : 4,7 cmWidth : 4,7 cmOlehKELOMPOK XXRichard Stallman(0104405065)Budi Anduk(0104405080)Tora Sudiro(0104405078)Dian Sastro(0104405062)LABORATORIUM KOMPUTERTimes New Roman 14 boldJURUSAN TEKNIK ELEKTROFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS UDAYANA2012

Lampiran 3 : FORMAT COVER LAPORAN RESMI SETIAP MODUL PRAKTIKUM KONSEP PEMROGRAMAN KOMPUTER MODUL IV JUDUL MODUL Times New Roman 14 bold Oleh KELOMPOK XX Richard Stallman (0104405065) Budi Anduk (0104405080) Tora Sudiro (0104405078) Dian Sastro (0104405062) Asisten : Nama Asisten LABO

Related Documents:

Praktikum Biologi Sel merupakan salah satu praktikum yang mendasari praktikum pada mata praktikum yang lain seperti Praktikum Teknik Analisa Biologi Molekuler, Praktikum Kultur Jaringan dan Sel Hewan serta Praktikum Imunologi. Petunjuk Praktikum Biologi Sel ini disusun sejak tahun akademik 2004/2006 yang saat itu hanya memuat tiga materi.

Bab 1 Pengantar Organisasi Komputer. Berisi penjelasan tentang organisasi komputer, perbedaan utama organisasi komputer dengan arsitektur komputer, struktur dan fungsi utama komputer, konsep dasar operasi komputer, dan garis besar dari buku yang dipelajari. Bab 2 Evolusi dan Kinerja Komputer

instruksi ke mesin, khususnya komputer. Bahasa pemrograman dapat digunakan untuk membuat program untuk mengontrol perilaku mesin atau untuk mengekspresikan algoritme. " Bahasa pemrograman adalah notasi untuk menulis program, yang merupakan spesifikasi dari suatu komputasi atau algoritma. (Aaby, Anthony (2001). Pengantar Bahasa Pemrograman)?

Alur Bagi Peserta Praktikum : 1. Peserta praktikum menerima dan kemudian mempelajari modul praktikum. 2. Peserta praktikum mengerjakan tugas prepraktikum yang diberikan. 3. Peserta praktikum melakukan asistensi tugas prepraktikum. Asistensi ini digunakan sebagai bahan bagi asisten un

Politeknik Telkom Praktikum Jaringan Komputer 2 Pengenalan Jaringan Komputer dan Pengkabelan 1.1 Dasar Teori Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

Teknik Mesin Universitas Brawijaya Laporan Praktikum Pemrograman Komputer Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 Modul Praktikum Lingkungan Visual Basic 2010 Visual Basic 2010 merupakan salah satu tool untuk pengembangan aplikasi yang banyak diminati oleh orang. Disini Visual Basic 2010 menawarkan kemudahan

Praktikum Pemrograman Komputer P. Fisika Supardi, M.Si PRAKTIKUM 2 DASAR-DASAR MATLAB 2 1 Format Penulisan angka Dibawah ini diberikan format penulisan angka untuk berbagai keperluan. Format penulisan angka tersebut dapat diaktifkan melalui setting preference atau dituliskan langsung. Tabel 2

reading comprehension. DIRECTIONS. this practice test contains one reading selection with two multiple-choice questions and one open-response question. Mark your answers to these questions in the spaces provided on page 5 of your practice test answer document. 1. The porcupine is a controversial, yet important, forest creature. Our more prickly encounters with “quill pigs” may be remedied .