Bantu Anak Belajar Membaca - Staff Site Universitas Negeri .

3y ago
61 Views
3 Downloads
558.61 KB
10 Pages
Last View : 2d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Lucca Devoe
Transcription

Bantu Anak Belajar MembacaPengembangan Kemampuan BerbahasaAnak Usia DiniolehSetyawan PujionoPerkembangan Bahasa Anak Usia DiniUniversitas Negeri Yogyakarta

Perkembangan Membaca AUDKegiatan membaca merupakan satu kesatuankegiatan yang terpadu yang mencakup beberapakegiatan seperti mengenali huruf dan kata-kata,menghubungkannya dengan bunyi, maknanya sertamenarik kesimpulan mengenai maksud bacaan.Kegiatan membaca selalu terkait dengan(1) pengenalan huruf atau aksara,(2) bunyi dari huruf atau rangkaian huruf-huruf,(3) makna atau maksud, dan(4) pemahaman terhadap makna atau maksudberdasarkan konteks wacana.

MEMBANTU ANAK MEMBACADurkin (1966) telah mengadakan penelitiantentang pengaruh membaca dini pada anakanak. Dia menyimpulkan bahwa tidak adaefek negatif pada anak-anak dari membacadini. Anak-anak yang telah diajar membacasebelum masuk SD pada umumnya lebihmaju di sekolah daripada anak-anak yangbelum pernah memperoleh membaca dini.

STEINBERG (1982) EMPAT KEUNTUNGAN MENGAJARANAK MEMBACA DINI Belajar membaca dini memenuhi rasa ingin tahuanak. Situasi akrab dan informal di rumah dan di KBatau TK merupakan faktor yang kondusif bagianak untuk belajar. Anak-anak yang berusia dini pada umumnyaperasa dan mudah terkesan serta dapat diatur. Anak-anak yang berusia dini dapat mempelajarisesuatu dengan mudah dan cepat.

Tahap-tahap Perkembangan Membaca Tahap Fantasi (Magical Stage). Anak mulai belajar menggunakan,melihat, membalik lembaran buku ataupun membawa bukukesukaannya. Tahap Pembentukan Konsep Diri (Self Concept Stage). Pada tahap inianak mulai memandang dirinya sebagai “pembaca” sudah terlihatketerlibatan anak dalam kegiatan membaca, berpura-pura membacabuku, memaknai gambar berdasarkan pengalaman yang diperolehsebelumnya. Tahap Membaca Gambar (Bridging Reading Stage). Pada tahap ini padadiri anak mulai tumbuh kesadaran akan tulisan dan mulai mengenaltulisan kata-kata puisi, lagu, dan sudah mengenal abjad. Tahap Pengenalan Bacaan (Take off Reader Stage). Mengenalgraphoponik, semantic, dan sintaksis. Anak mulai membaca berbagaitanda seperti pada papan iklan, kotak susu, pasta gigi, dan lainnya. Tahap Membaca Lancar (Independent Reader Stage). Pada tahap ini anakdapat membaca berbagai jenis buku.

Kemampuan-kemampuan Kesiapan Membaca1. Kemampuan Membedakan Auditorial2. Kemampuan Diskriminasi Visual3. Kemampuan (Membuat) Hubungan Suara-Simbol4. Kemampuan Perseptual Motoris5. Kemampuan Bahasa Lisan6. Membangun Sebuah Latar Belakang Pengalaman7. Interpretasi Gambar8. Progresi dari Kiri ke Kanan9. Pengenalan Melihat Kata10. Koordinasi Gerak

TANDA-TANDA KESIAPAN MEMBACA PADA ANAKUSIA DINI1. Apakah anak sudah bisa memahami bahasa lisan?2. Apakah anak sudah dapat mengujarkan/melafalkankata-kata dengan jelas?3. Apakah anak sudah dapat mengingat kata-kata yangpernah digunakan?4. Apakah anak sudah dapat mengujarkan/melafalkanbunyi huruf?5. Apakah anak sudah menunjukkan minatnya untukmembaca?6. Apakah anak sudah dapat membedakan suara (bunyi)dan objek dengan baik?

TEORI PEROLEHAN KEMAMPUAN MEMBACA1) Membaca dipelajari melalui interaksi dan kolaborasi2) Anak belajar membaca sebagai hasil pengalaman hidup.3) Anak mempelajari keterampilan membaca bila mereka melihat tujuandan kebutuhan membaca.4) Membaca dipelajari melalui pembelajaran keterampilan langsung.5) Tutor menyadari kebutuhan individual anak-anak untuk menggunakanstrategi pembelajaran yang tepat.6) Holdoway (1986) empat proses anak mempelajari kemampuanmembaca.Pertama, pengamatan terhadap perilaku membaca, yaitu dengandibacakan atau melihat orang dewasa membaca.Kedua, kolaborasi yaitu menjalin kerja sama dengan individu yangmemberikan dorongan motivasi dan bantuan bila diperlukan.Ketiga, proses yaitu anak mencobakan sendiri apa yang sudahdipelajarinya.Keempat, unjuk kerja, yaitu dengan berbagi apa yang sudah dipelajaridan mencari pengakuan dari orang dewasa.

Faktor-faktor yang MempengaruhiKemampuan MembacaEkstern Lingkungan Keluarga Bahan Bacaan .Intern Motivasi . . .

Cara Menumbuhkan Kemampuan Membaca Anak Alokasikan waktu untuk kegiatan membaca pada anak-anak. Ciptakan rasa gemar membaca sehingga mampu menguasaiketerampilan berbahasa prosduktif (berbicara dan menulis). Membaca akan memberikan wawasan yang lebih luas dalamsegala hal dan membuat belajar lebih mudah. Kegemaran membaca akan memberikan beragam perspektifkepada anak. Membaca dapat membantu anak-anak untuk memiliki rasakasih sayang. Anak-anak yang gemar membaca dihadapkan pada suatudunia yang penuh dengan kemungkinan dan kesempatan. Anak-anak yang gemar membaca akan mampumengembangkan pola berpikir kreatif dalam diri mereka.

ANAK MEMBACA DINI Belajar membaca dini memenuhi rasa ingin tahu anak. Situasi akrab dan informal di rumah dan di KB atau TK merupakan faktor yang kondusif bagi anak untuk belajar. Anak-anak yang berusia dini pada umumnya perasa dan mudah terkesan serta dapat diatur. Anak-anak yang berusia dini dapat mempelajari sesuatu dengan mudah .

Related Documents:

Hindari menggunakan kata-kata kasar pada anak, karena dapat menimbulkan anak menjadi semakin rendah diri. Berikan bimbingan serta kalimat yang membuat hatinya senang, sebagai motivator saat belajar. Orangtua yang senang membaca dapat mendorong anak untuk senang membaca pula (keteladanan).

A. Angket Pengalaman Siswa Membaca dan Menulis Puisi NO PERNYATAAN JAWABAN Ya Tidak 1. Saya pernah membaca puisi 2. Saya suka membaca puisi 3. Saya membaca puisi dari media apa saja (koran, majalah, majalah dinding, internet) 4. Saya membaca puisi dari koleksi perpustakaan 5. Saya membaca puisi dari bahan ajar yang disediakan sekolah 6. Saya pernah menulis puisi 7. Saya suka menulis puisi 8 .

belajar mengajar khususnya belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 Sekolah Dasar. Membaca permulaan merupakan tahap proses membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal. Siswa belajar untuk memperoleh kemampuan dan menguasai teknik-teknik membaca dan menangkap isi bacaan dengan baik. Oleh karena itu guru perlu

membaca, menulis dan berhitung atau matematika) Diduga disebabkan karena faktor disfungsi neurologis bukan disebabkan karena faktor inteligensi (inteligensinya normal bahkan ada yang di atas normal) Anak berkesulitan belajar spesifik dapat berupa kesulitan belajar membaca (disleksia), kesulitan belajar menulis

Bantu is usually known more as a language than an ethnic group. Bantu is a mixture of nearly 600 different ethnic groups combined. There are over 650 different Bantu languages and dialects. Bantu practice Islam, Chr

7. Anak yang mengalami kesulitan belajar spesifik Anak yang berkesulitan belajar spesifik adalah anak yang secara nyata mengalami kesulitan dalam tugas-tugas akademik khusus , terutama dalam hal kemampuan membaca, menulis dan berhitung atau matematika. Permasalahan tersebut diduga

Dengan menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menariknya. Semakin anak tertarik akan program tersebut, dan semakin tertarik pula dia untuk belajar. Misalnya, perangkat lunak program pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih suka belajar

Artificial intelligence is an artefact, built intentionally. Definitions for communicating right now. Romanes, 1883 – Animal Intelligence, a seminal monograph in comparative psychology. Intelligence is doing the right thing at the right time. A form of computation (not math)–transforms sensing into action. Requires time, space, and energy. Agents are any vector of change, e.g .