STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) Teknik Mengatasi .

3y ago
29 Views
3 Downloads
1.16 MB
9 Pages
Last View : 1m ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Elise Ammons
Transcription

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP )Teknik Mengatasi Nyeri Atau Relaksasi Nafas DalamA. Pengertian :Merupakan metode efektif untuk mengurangi rasa nyeri pada pasienyang mengalami nyerikronis. Rileks sempurna yang dapat mengurangiketegangan otot, rasa jenuh, kecemasansehingga mencegah menghebatnyastimulasi nyeri. Ada tiga hal yang utama dalam teknik relaksasi1. Posisikan pasien dengan tepat2. Pikiran beristirahat3. .Lingkungan yang tenangTujuan :Untuk menggurangi atau menghilangkan rasa nyeriB. TujuanUntuk menggurangi atau menghilangkan rasa nyeriIndikasi :Dilakukan untukpasien yang mengalami nyeri kronisC. Prosedur pelaksanaan :1. Tahap prainteraksia. Membaca status pasienb. Mencuci tanganc. Menyiapkan alat2. Tahap orintasia. Memberikan salam teraupetikb. Validasi kondisi pasienc. Menjaga privacy pasiend. Menjelaskan tujuan dan prosedur yang akan dilakukan kepada pasiendan keluarga

3. Tahap kerjaa. Memberi kesempatan kepada pasien untuk bertanya bila ada sesuatuyang kurang dipahami/jelasb. Atus posisi pasien agar rileks tanpa adanya beban fisikc. Instruksikan pasien untuk melakukan tarik napas dalam sehinggarongga paru berisi udara, intruksikan pasien dengan cara perlahan.d. Menghembuskan udara membiarkannya keluar dari setiap anggotatabuh, pada saat bersamaan minta pasien untuk memusatkanperhataiannya pada sesuatu hal yang indah dan merasakan betapanikmatnya rasanyae. Instruksikan pasien buat bernafas dengan irama normal beberapa saat(1-2) menitf. Instruksikan pasien untuk kembali menarik nafas dalam, kemudianmenghembuskannya dengan cara perlahang. Merasakan saat ini udara mulai mengalir dari tangan, kaki menujukeparu-paru seterusnya rasakan udara mengalir keseluruh bagiananggota tubuhh. Minta pasien untuk memusatkan perhatian pad kaki dan tangan danmerasakan keluar dari ujung-ujung jari tangan dan kaki dan rasakankehangatannyai. Minta pasien untuk memusatkan perhatian pada kaki dan tangan, udarayang mengalir dan merasakan keluar dari ujung-ujung jari tangan dan kai danrasakan kehangatanya

j. Instruksiakan pasien untuk mengulani teknik-teknik ini apa bila rasa nyeri kembalilagik. Setelah pasien merasakan ketenangan, minta pasien untuk melakukan secaramandiri4. Tahap terminasia. Evaluasi hasil kegiatanb. Lakukan kontrak untuk kegistsn selanjutnyac. Akhiri kegiatan dengan baikd. Cuci tangan5. Dokumentasia. Catat waktu pelaksaan tindakanb. Catat respon pasienc. Paraf dan nama perawat juga(Sumber: Murni, 2014)

SOP PEMIJATAN (MASASE)A. PengertianPengurutan dan pemijatan yang menstimulasi sirkulasi darah sertametabolisme dalam jaringan.B. Tujuan1. Mengurangi ketegangan otot2. Meningkatkan relaksasi fisik dan psikologis3. Mengkaji kondisi kulit4. Meningkatkan sirkulasi/peredaran darah pada area yang dimasaseC. Persiapan Alat1. Pelumas (minyak hangat/lotion)2. Handuk ProsedurD. pelaksanaan1. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan2. Identifikasi klien3. Jelaskan tujuan dan prosedur4. Cuci tangan5.Atur klien dalam posisi telungkup. Jika tidak bisa, dapat diatur denganposisi miring.6. Letakkan Sebuah bantal kecil di bawah perut klien untuk menjagaposisi yang tepat7. Tuangkan sedikit lotion ke tangan. Usap kedua tangan sehingga lotionrata pada permukaan tangan.

8. gunakan jari-jari dan telapak tangan, dan tekanan yang halus.9. Metode masase :a) Selang-seling tangan.Masase punggung dengan tekanan pendek,cepat, bergantian tanganE. Tahap terminasie. Evaluasi hasil kegiatanf. Lakukan kontrak untuk kegistsn selanjutnyag. Akhiri kegiatan dengan baikh. Cuci tanganF. Dokumentasid. Catat waktu pelaksaan tindakane. Catat respon pasienf. Paraf dan nama perawat juga(Sumber: Murni, 2014)

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) Teknik Mengatasi Nyeri Atau Relaksasi Nafas Dalam A. Pengertian : Merupakan metode efektif untuk mengurangi rasa nyeri pada pasien yang mengalami nyerikronis. Rileks sempurna yang dapat mengurangi ketegangan otot, rasa jenuh, kecemasansehingga mencegah menghebatnya stimulasi nyeri.

Related Documents:

43 Bagian 3 – PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR 43 Prinsip-Prinsip Penyusunan SOP 44 Tahapan Penyusunan SOP 1. Persiapan Penyusunan SOP 2. Penilaian Kebutuhan SOP 3. Pengembangan SOP 4. Penerapan SOP dalam Manajemen 5. Monitoring dan Evaluasi Penerapan SOP 45 47 52 58 58 60 Bagian 4 - IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR 60 .

Standar Operasional Prosedur (SOP) KODE: 048/SOP-1/FIB-UHO/AD/2016 JUDUL SOP PEMBERIAN SANKSI TANGGAL DIKELUARKAN 21 JUNI 2016 PIHAK TERKAIT Pegawai ybs., Kasubag/ Kajur/Kaprodi, Tata Usaha, Dekank REVISI KE-2 A. PENGERTIAN SOP pemberian sangsi adalah standar prosedur yang mengatur tahapan dan syarat syarat pemberian sangsi oleh Jurusan .

Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam rangka peningkatan sistem dan tata kelola di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas, pekerjaan sesuai dengan fungsi dan penilaian kinerja institusi berdasarkan indikator-indikator teknis, administrasif dan prosedural sesuai .

Menetapkan suatu bentuk standar untuk penulisan “Standar Prosedur Operasional (SPO) dan cara merevisinya 2. PENANGGUNG JAWAB Penanggung Jawab mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Standar Prosedur Operasional adalah Apoteker Penanggung Jawab 3. PROSEDUR

SOP PENYUSUNAN KURIKULUM 3 STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENYUSUNAN KURIKULUM I. TUJUAN Standar Operasional Prosedur ini bertujuan untuk memberikan panduan dan memberikan penjelasan mengenai : 1. Prosedur tertulis yang berkaitan dengan penyusunan Kurikulum Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) InterStudi; 2.

Standar Operasional Prosedur (SOP) ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai pelaksanaan penelitian. Definisi Pelaksanaan penelitian adalah kegiatan yang dilakukan setelah status proposal peneliti dinyatakan didanai yang ditetapkan melalui SK Rektor. Ruang Lingkup Standar Operasional Prosedur (SOP) ini meliputi: 1.

kerja yang terstandar dalam bentuk Standar Operasional Prosedur (SOP). Terlebih lagi dokumen ini sangat dibutuhkan sebagai salah satu kelengkapan dokumen akreditasi institusi. B. Landasan Hukum Dasar hukum penyusunan dokumen Standar Operasional Prosedur Fakultas Tarbiyah IAIN Curup adalah: 1.

1. Standar Operasional Prosedur adalah serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan aktivitas organisasi, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan; 2. Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (SOP AP) adalah