Modul Pembelajaran MAPLE Aplikasi Komputer Matematika .

3y ago
205 Views
25 Downloads
2.62 MB
23 Pages
Last View : 18d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Brady Himes
Transcription

Modul Pembelajaran MAPLE Aplikasi Komputer MatematikaProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Muhammadiyah Sumatera BaratOleh: Anesia Noviliza, M.AA. Pengertian MapleMaple adalah program komputer yang dikembangkan pertama kali pada tahun 1980 olehGrup Symbolic Computation di University of Waterloo Ontario, Kanada untuk keperluan bidangmatematika, statistika dan komputasi aljabar.Maple adalah suatu program interaktif yang mengintegrasikan kemampuan komputasi baiknumerik ataupun simbolik, visualisasi (grafik) dan pemrograman”. Program Maple ini dapatdikatakan sangat canggih dan sangat membantu sekali dalam menyelesaikan soal matematika. Mulaidari membuat persamaan, grafik, mencari nilai suatu fungsi dan masih banyak lagi itu merupakankelebihan dari maple. Untuk mengetahui lanjutan tentang fungsi – fungsi dari software ini dilakukandengan langsung praktik supaya bisa lebih mengerti apa kegunaan dari software Maple. Maplemempunyai banyak versi dan latest versionnya tahun 2019.Dengan Maple, kita dapat membuat dokumen interaktif yang memungkinkan kita mulaimemecahkan masalah matematika dengan memasukkan ekspresi Matematika dalam 2-D yangmenggunakan point-and-klik antarmuka. kita dapat menggabungkan “text” dan ekspresimatematika di baris yang sama, menambahkan tabel untuk mengatur isi dari pekerjaan Anda, ataumenyisipkan gambar, sketsa daerah, dan spreadsheet. Kita dapat memvisualisasikan danmenghidupkan masalah dalam dua dan tiga dimensi, format teks untuk makalah akademis ataubuku, dan masukkan hyperlink ke file Maple, atau alamat email.B. Bagian-bagian Maple.

Palletes: Kumpulan fungsi-fungsi yang dapat kita digunakan di aplikasi mapleText mode vs Math mode: Pilihan mode yang bisa digunakan di workspaceWorkspace: Laman pekerjaanC. Beberapa Fungsi Dalam MapleOperasi aritmaika dasar dalam Maple memiliki perintah yang sama dengan operasi dasardalam matematika pada umumnya. Setiap kita menulis operasi dasar, maka seketika itu juga kitabisa melihat efek dari operasi tersebut yang dirangkum dalam table berikut:No OperasiFungsiTerlihat di Maple1 takar6 pangkatBeberapa fungsi umum seperti exponensial, trigonometri, hiperbolik dll yang dapatdipakai dalam Maple dapat diringkas dalam penjelasan berikut:NoFungsi1Eksponensial2Logaritma bilangan dasar ePerintah di Maplehasil di MapleExp(x)ln(x) atau log(x)log[a](x) atau loga(x)3Logaritma bilangan dasar a4Trigonometri5Invers trigonometri6Fungsi hiperbolik7Invers fungsi hiperbolik8radiansin(x), cos(x), tan(x),cot(x), sec(x), csc(x)arcsin(x), arcos(x)dan lainnyasinh(x), cosh(x) danlainnyaarcsinh(x),arccosh(x)dan lainnyaPiCatatan : Semua sudut digunakan satuan radian, Contoh seperti gambar berikut:

Beberapa perintah dasar dalam Maple yang sering digunakan adalah sebagai berikut:NoPerintah di aanFaktorial5evalf[n]Mengevaluasi bilangan sampai n angkasignifikan6evalmerupakan perintah untuk menghitungbentuk aljabar yang ditujukan padavariable tertentu7SolveMenyelesaikan persamaan ataupertidaksamaan8fsolveMenyelesaikan permasalahanmatematika dengan memberikan hasilnumerik9a mod b10Subsi 1Contoh/hasil di Maple3!-1ModuloSubstitusi variable tertentuD. MAPLE PLOTD.1 2D PlotUntuk dapat menggunakan perintah-perintah pengeplotan ini, terlebih dahulu harusmemanggil perintah “with(plots);”. berikut adalah macam plot dalam 2D:

2D Plot – Plot garis2D plot - Plot Vector

2D-Point Plot Plot bisa di custom sesuai perintah opsi yang diberikan. Berikut contoh Opsi pada plot:Color : Pilihan ini berfungsi untuk menentukan warda dari grafik yang akan ditampilkan.Dan dalam pemilihan ini penulisannya berdasarkan ejaan bahasa inggris. Misalnya inginmembuat grafik maka warna yang dituliskan adalah “red” jika menginginkan warna birumaka dapat menggunakan atau mengetik kata “blue” dan lain-lain.Style : Style merupakan suatu pilihan untuk menentukan bentuk dari gambar atau garafikayang akan kita buat. Dalam stile ini ada dua macam yaitu “point” atau “line”. Point di siniartinya adalah 8 bahwa grafik yang dibentuk berupa point atau titik-titik yang membentuksuatu garis atau kurfa. Sedangkan line yaitu garis atau kurfa yang akan dibuar berbentukgasis.Title : Agar dapar membedakan antara gambar satu dengan gambar yang lain makamasing-masing gambar dadat diberi mana sesuai dengan keperluanya melewati optionlabels.Linestyle : Linestyle merupaka suatu option yang digunakan untuk menentukan daereahmana yang akan digambar atau biasanya disebut dengan barasan- batasan suatu daerahLabels : Labels berfungsi sebagai nama dari dua hal yang akan dihubungkan biasanyauntuk manamakan label pada sumbu x dan sumbu y.Contoh: Input!

Tambahkan Opsi:

Beberapa contoh plot lain:ΣJika x sin t dan y cos t, untuk t [ π, π], maka:D.2 3D PlotCommandnya sama dengan plot 2d hanya saja untuk plot 3d menjadi plot3d.

Jenis-jenis 3D plot

Contoh:Pada versi maple yang lam, garis sumbu tidak otomatis tergambar pada 3d plotsehinggaE. Menyelesaikan Masalah Integral Menggunakan MAPLEUntuk mencari hasil Integral dari suatu fungsi, bisa menggunakan tools padaPalette, Command pada worksheet maupun pada klik kanan yang muncul saatkursor pada fungsi yang akan diintegralkan atau memasukan perintah integral(int) secara manual pada worksheet.

Contoh:ΣΣΣΣAtau bisa langung mennunakan fungsi integral pada pallete, Contoh:Integral 1 variable

Contoh Integral lipat 2F. Menyelesaikan Masalah Persamaan Diferensial Biasa Menggunakan MAPLESama halnya dengan Integral, masalah Persamaan differensial juga bisa dipecahkansecara manual menggunakan command Diff atau langsung menggunakan opsi yang sudahtersedia pada pallete.Contoh:ΣΣΣor,Σor,Σor,ΣΣx, x, x, x

ΣΣΣΣcosΣΣΣ.1. Persamaan Diferensial Terpisahkana. SoalCarilah solusi umum dari persamaan diferensial berikut:𝒚′ 𝟑𝒙𝟐 𝒚. Gambarlah grafiknya jika diketahui C1 0,5, C2 2,5, C3 4 dan C4 6,7 serta pada interval x -1.1.b. Komputasi, dikerjakan melalui komputer dengan langkah-langkah sebagai berikut:1. Membuka aplikasi Maple 13 dengan double klik icon Maple pada desktop.Berikut tampilan lembar kerja maple :

2. Ketik restart; Enter. Lalu ketik with(plots); Enter.3. Menulis persamaan fungsi yang akan diselesaikan dengan aplikasi Maple yaitu𝑝𝑒𝑟 𝑑𝑖𝑓𝑓(𝑦(𝑥), 𝑥) 3 𝑥 2 𝑦(𝑥); lalu Enter. Kemudian untuk mencarisolusi umumnya dengan cara ketik 𝑠𝑜𝑙𝑢𝑚 𝑑𝑠𝑜𝑙𝑣𝑒(𝑝𝑒𝑟, 𝑦(𝑥)); laluEnter. Solusi umumnya seperti gambar dibawah ini:Solusi Umum4. Mengganti konstanta C dengan konstanta yang diketahui di dalam soal denganmenuliskan 𝑦0 𝑠𝑢𝑏𝑠( 𝐶1 0.5, 𝑠𝑜𝑙); lalu Enter, begitu seterusnya untukC yang lain, maka hasil outputnya adalah:

5. Menggambar grafik dengan memasukkan nilai interval x -1.1, yaitu dengancara ketik:𝑝𝑙𝑜𝑡 ({𝑟ℎ𝑠, (𝑦0), 𝑟ℎ𝑠(𝑦1), 𝑟ℎ𝑠(𝑦2), 𝑟ℎ𝑠(𝑦3)}, 𝑥 1. .1); lalu Enter.Hasil outputnya adalah:2. Persamaan Diferensial Eksaka. SoalCarilah solusi umum dari persamaan diferensial berikut:𝑒 𝑦 𝑑𝑥 𝑥𝑒 𝑦 𝑑𝑦 0b. Komputasi, dikerjakan melalui komputer dengan langkah-langkah sebagai berikut:1.Membuka aplikasi Maple 13 dengan double klik icon Maple pada desktop.2.Ketik restart; Enter

3.Menulis persamaan fungsi yang akan diselesaikan dengan aplikasi Maple yaitudengan memisalkan M 𝑒 𝑦 danN 𝑥𝑒 𝑦 . Lalu cek untuk memastikan merupakan PD eksak. Hasinyaseperti berikut:4.Kemudian untuk mencari solusi umumnya dengan cara seperti dibawah ini:Solusi Umum3. Persamaan Diferensial Ordo Dua Homogena. SoalCarilah solusi khusus dan grafik dari PD ordo dua berikut:𝒚′′ 𝟏𝟎𝒚′ 𝟐𝟏𝒚 𝟎 dimana y(0) 2 dan Dy(0) 2 serta x -0,5.0,5b. Komputasi, dikerjakan melalui komputer dengan langkah-langkah sebagai berikut:1. Membuka aplikasi Maple 13 dengan double klik icon Maple pada desktop.2. Ketik restart; Enter. Lalu ketik with(plots); Enter.3. Menulis persamaan fungsi yang akan diselesaikan dengan aplikasi Maple yaitu

𝑝𝑒𝑟𝑠 (𝐷@@2)(𝑦)(𝑥) 10 𝐷(𝑦)(𝑥) 21 (𝑦)(𝑥) 0; lalu Enter.Mencari solusi umumnya denagn cara ketik 𝑦𝑝 𝑑𝑠𝑜𝑙𝑣𝑒(𝑝𝑒𝑟𝑠, 𝑦(𝑥)); Enter.Kemudian mencari solusi kususnya dengan cara ketik𝑦𝑝 𝑑𝑠𝑜𝑙𝑣𝑒({𝑝𝑒𝑟𝑠, 𝑦(0) 2, 𝐷(𝑦)(0) 2}, 𝑦(𝑥)); lalu Enter. Solusiumumnya seperti gambar dibawah ini:Solusi UmumSolusi Khusus4. Menggambar grafik dengan memasukkan nilai interval x -0.5. .0.5, yaitu dengan cara ketik: 𝑝𝑙𝑜𝑡(𝑟ℎ𝑠(𝑦𝑝), 𝑥 0.5. .0.5); lalu Enter.Hasil outputnya adalah:G. Menyelesaikan Masalah Matrix Menggunakan MAPLE1.1 Operasi Array, Vektor, dan Matrik

Array adalah kumpulan data-data skalar yang dinyatakan dalam bentuk baris, kolom dangabungan antar keduanya. Kumpulan data dengan deret yang tidak teratur mengharuskan pemakaiuntuk menuliskan data satu per satu. Kumpulan data dengan deret yang teratur dapat diekspresikandalam bentuk array, sehingga memungkinkan pemakai untuk tidak menuliskannya satu per satu.Matriks adalah array yang dibangun dari kumpulan persamaan linier. Operasi matrik tidakseperti array biasa, melainkan system operasi aljabar matriks. Maple menangani array secaraintuitif. Untuk membuat array dalam Maple, yang perlu dilakukan hanyalah mengetikkan kurungkotak kiri, memasukkan elemen-elemen dengan dipisahkan oleh koma, kemudian menutup arraydengan kurung kotak kanan.1.2 Penulisan matriksAda beberapa cara yang digunakan untuk penulisan matriks dalam maple antara lain:a. Menggunakan PalletsMaple memberikan fasilitas Pallets untuk memudahkan penulisan suatu simbol, ekspresi danmatriks, baik text maupun input maple yang dapat dieksekusi. Untuk menanpilkan fasilitas inidapat ditampilkan jendelanya dengan mengklik View Pallets. Berikut diberikan tampilanjendela maple dengan semua pallets ditampilkan dan ekspresi limit diklik. Nampak suatutemplate perintah limit yang siap diisi. Template seperti itu muncul karena Input Display mapledalam mode Maple Notation. Mode ini dapat ditampilkan dengan mengklik Option InputDisplay Maple Notation.Menu Pallets 1Mode yang lain dari Input Display adalah Standard Math, di mana templatenya tampil dalambentuk simbol, seperti dalam tampilan berikut. Kedua mode tersebut secara cepat dapat

ditampilkan dengan menekan tombol x (sudut kiri atas jendela maple) berulang, seperti yan akandiinginkan.Menu Pallets 2Template-template tersebut dapat diisikan pada tanda tanya dengan diketik dari keyboard atau jugadapat diisi dari simbol dari pallets symbol. Berikut diberikan contohnya.Pada Maple 15 menu pallets berada pada samping worksheet seperti pada gambar berikut ini:Cara penulisan matriks adalah: Klik tab Matriks pada bagian palettes sehingga muncul tampilan berikut:

Ketikkan jumlah baris dan kolom pada bagian rows dan columns sesuai dengan yangdibutuhkan. Setelah itu akan muncul tampilan worksheet berikut: b.Ganti m1,1 m1,2, m2,1, m2,2 dengan angka-angka yang dibutuhkan.Mengetik LangsungCaranya dengan mengetikkan perintah pada prompt yaitu:atauCara kedua hanya bisa digunakan untuk matriks yang ukurannya di atas 3x31.3 Operasi dalam MatriksMaple sudah menyediakan bayak paket (packages) yang bisa digunakan untuk membantukomputasi kita, karena dialamnya sudah disediakan function atau perintah yang bisa langsungdigunakan. Satu paket yang ditujukan untuk Aljabar linear adalah Paket “linalg”. Secara umum,untuk memanggil paket, digunakan perintah with(nama paket).a. Operasi Dasar MatriksUntuk penjumlahan dan pengurangan matriks kita akan menggunakan paket “linalg” denganperintah “evalm()”.

1. Gunakan paket “linalg” yang disediakan untuk menyelesaikan masalah aljabar lineardengan mengetikkan: with(linalg):2. Definisikan dua buah matriks dengan ordo yang sama, Misalnya:3. Untuk penjumlahan dan pengurangan perintahnya:4. sedangkan untuk operasi perkalian perintahnya:b. DeterminanSama seperti operasi dasar matriks, untuk determinan kita juga menggunakan paket “linalg”.Langkah-langkahnya sebagai berikut:1. Gunakan paket “linalg” yang disedikakan untuk menyelesaikan masalah aljabar linierdengan mengetikkan: with(linalg);

2. Definisikan sebuah matriks, misalnya:3. Untuk determinan perintahnya:c. Transpose MatriksLangkahnya sebagai berikut:1. Gunakan paket “linalg” yang disediakan untuk menyelesaikan masalah aljabar lineardengan mengetikkan: with(linalg):2. Definisikan sebuah matriks , Misalnya:3. Untuk Transpose perintahnya:d. AdjoinLangkahnya sebagai berikut:1. Gunakan paket “linalg” yang disediakan untuk menyelesaikan masalah aljabar lineardengan mengetikkan: with(linalg):2. Definisikan sebuah matriks , Misalnya:

3. Untuk adjoin perintahnya:e. InversLangkahnya sebagai berikut:1. Gunakan paket “linalg” yang disediakan untuk menyelesaikan masalah aljabar lineardengan mengetikkan: with(linalg):2. Definisikan sebuah matriks , Misalnya:3. Untuk invers perintahnya:

Daftar Pustaka, A little bit of help with Maple.School of Mathematics and Applied Statistics Universityof Wollongong. 2008Arif, M Ziaul, dkk. Panduan Maple 16. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam. Universitas Jember 2016Juhari. Modul Praktikum Pemograman Komputer II. Jurusan Matematika, Fakultas Matematikadan Illmu Pengetahuan Alam. UIN Maulan Malik Ibrahim Malang. 2014Praktikum Persamaan Diferensial Biasa (Unknown resources).

4 * Perkalian 5 sqrt akar 6 pangkat Beberapa fungsi umum seperti exponensial, trigonometri, hiperbolik dll yang dapat dipakai dalam Maple dapat diringkas dalam penjelasan berikut: No Fungsi Perintah di Maple hasil di Maple 1 Eksponensial Exp(x) 2 Logaritma bilangan dasar e ln(x) atau log(x) 3 Logaritma bilangan dasar a log[a](x) atau log a (x)

Related Documents:

wawancara, dan kuesioner. Hasil aplikasi ini yaitu aplikasi dilengkapi dengan gambar, suara, dan kuis. Serta pengguna bisa menggunakan aplikasi dengan mudah. Aplikasi diimplementasikan menggunakan software eclipse [3]. Ali dan Patambongi (2016) memuat aplikasi pembelajaran kepada anak-anak tentang ilmu pembelajaran membaca. Aplikasi .

Bab 1 Pengantar Organisasi Komputer. Berisi penjelasan tentang organisasi komputer, perbedaan utama organisasi komputer dengan arsitektur komputer, struktur dan fungsi utama komputer, konsep dasar operasi komputer, dan garis besar dari buku yang dipelajari. Bab 2 Evolusi dan Kinerja Komputer

E. Dasar Hukum F. Materi Pokok dan Sub Materi MATERI POKOK 1 KARAKTERISTIK MODUL A. Self Instructional B. Self Contain C. Stand Alone D. Adaptive E. User Friendly MATERI POKOK 2 PENGEMBANGAN MODUL DAN MUTUNYA A. Pengembangan Modul B. Mutu Modul MATERI POKOK 3 PROSEDUR PENYUSUNAN MODUL A. Analisa Kebutuhan Modul B. Penyusunan Modul PENUTUP A .

1.2 Jaringan Komputer dan Sistem Terdistribusi Sebelum jaringan komputer popular, user komputer pernah mengenal sistem terdistribusi. Terdapat hal yang cukup membingungkan dalam pemakaian istilah jaringan komputer dan sistem terdistribusi (distributed system). Persamaannya adalah keduanya merupakan sekumpulan komputer yang saling terkoneksi dengan

Modul 01 Arsitektur Komputer By Umar Muhammad, ST Page 1 BAB I Pengantar Organisasi Komputer Kuliah ini membahas tentang struktur dan fungsi komputer. Setelah melalui perkuliahan ini diharapkan dapat memahami sifat dan karakteristik sistem-sistem komputer yang berkembang saat ini.

9. Modul OC IV (Organische Stoffklassen und Synthesen) 13 10. Modul PC I (Allgemeine Chemie) 14 11. Modul PC II (Physikalische Chemie II) 15 12. Modul PC III (Physikalische Chemie III) 16 13. Modul PC IV (Physikalische Chemie IV) 17 14. Modul MC (Makromolekulare Chemie) 18 15. Modul BC (Biochemie und Zellbiologie) 19 16. Modul Physik 20 17.

organisasi komputer dengan arsitektur komputer, struktur dan fungsi utama komputer, konsep dasar operasi komputer, dan garis besar dari buku yang dipelajari. Bab 2 Evolusi dan Kinerja Komputer Berisi penjelasan tentang sejarah teknologi komputer, trend teknologi yang telah membuat unjuk kerja yang menjadi fokus rancangan sistem

2 Current UK Coronavirus (COVID-19) situation and advice What is the current UK situation regarding Coronavirus? The current coronavirus alert level in the UK is 4, which means Covid-19 is in general circulation, transmission is high or rising and current social distancing measures and restrictions are in place. From 5 January 2021 the Government imposed a national lockdown. This means .