LEAD-TERMS (KATA PANDUAN UNTUK MENCARI NOMOR

2y ago
25 Views
2 Downloads
877.65 KB
29 Pages
Last View : 1m ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Maleah Dent
Transcription

PEDOMAN PENGKODEAN&PENGENALAN “LEAD TERM”PADA ICD-10OLEH :ARIS SUSANTO

PEDOMAN DASAR PENGKODEANDalam ICD 10 terdapat 3 jilid yg terdiri dari TabularList (Vol. 1), Petunjuk Penggunaan ICD 10 (Vol. 2), danAlphabetical Index (Vol. 3)ICD 10 volume 3 yang dikenal sebagai AlphabeticalIndex atau “kamus” memuat banyak istilah yang tidakterdapat dalam ICD 10 volume 1. Oleh karena itudalam pengkodean diperlukan kedisiplinan untuksenantiasa melihatnya pada Index (vol. 3) dan TabularList (vol. 1). Sebelum melaksanakan pengkodean, harus memahamiterlebih dahulu prinsip klasifikasi dan pengkodean. Semakin sering Anda menjumpai kasus yang uniksebaiknya dicatat dalam buku khusus (secara pribadi). Kunci kesuksesan adalah dengan banyak bertanya kepihak-pihak yang lebih tahu tentang mengkode secarabenar.

PEDOMAN SEDERHANA DALAMPENGKODEAN1. Identifikasi tipe pernyataan yang akan dikode dan buka volume 3Alphabetical Index (kamus)(Bila pernyataan adalah penyakit atau cedera atau kondisi lain yang terdapatpada Bab I-XIX - Vol. 1, lihat Section I pada Index - vol 3. Bila pernyataanadalah penyebab luar external cause dari cedera atau kejadian lain yangterdapat pada Bab XX - Vol. 1, lihat Section II pada Index - vol. 3)2. Lihat Lead Term.Untuk penyakit dan cedera : biasanya merupakan kata benda untuk kondisipatologis, walaupun begitu, beberapa kondisi diekspresikansebagai kata sifat (adjectives) atau eponym (menggunakan nama penemu)yang terdapat dalam Index sebagai lead term.3. Baca seksama dan ikuti petunjuk catatan yang muncul di bawah term.4. Baca istilah yang terdapat dalam tanda kurung “( )” sesudah lead term (katadalam tanda kurung modifier, itu tidak mempengaruhi nomor kode).Istilah lainnya yang di bawah lead term (dengan tanda minus idem indent) dapat mempengaruhi nomor kode, sehingga semua kata-katadiagnostik diperhitungkan).

5. Ikuti secara hati-hati setiap petunjuk silang (cross-references)dan lihat “see” dan “see also” yang terdapat dalam Index.6. Lihat tabulasi List (vol. 1) untuk melihat nomor kode yangpaling tepat. Lihat kode tiga karakter di index dengantanda minus pada posisi ke empat yang berarti bahwa isianuntuk kode ke empat itu adalah dalam volume 1 danmerupakan posisi karakter tambahan yang tidak ada dalamindex (volume 3)7. Ikuti pedoman “inclusion” atau “exclusion” pada kode yangdipilih atau di bagian bawah suatu bab (chapter), blokatau judul kategori.8. Cantumkan kode yang Anda pilih.

LEAD-TERMS SALAH SATU KATA PANDUAN UNTUKMENCARI NOMOR KODE DI VOLUME 3 Apabila istilah diagnosis terdiri dari satu kata,gunakanlah kata tersebut untuk mencari nomor keindeks alfabetis Volume 3. Apabila istilah diagnosis tertulis dalam bahasaIndonesia ubah dulu istilah terkait dalam bahasaInggeris ICD-10 Volume 3 (Ejaan Inggris-Amerika)(Buku Volume 1 menggunakan ejaan bahasa InggrisInggris). Apabila istilah diagnosis lebih dari satu kata, pilihsatu kata untuk dijadikan “lead-term”.

LEAD-TERMS (Lanjutan) Pilih “lead-term” suatu kata benda (noun) yangmenunjukkan istilah diagnostik, simtom, ataumasalah kesehatan lain namun jangan kataketerangan (adjektif atau adverbia), dan sebaiknyabukan kata noun anatomik.** Apabila istilah diagnosis mengandung 2 (dua) istilahdiagnosis penyakit, maka kedua-duanya dapatdijadikan lead-term, sekaligus untuk mengontrolkepastian nomor kode yang akan dipilih.**Untuk keperluan ini koder harus menguasaiberbagai jenis istilah medis (Medical Terminology)

CONTOH “LEAD TERMS”PEMANFAATAN VOLUME 3, ICD-10SEKSI 11.Penyakit Disease (dimulai di halaman 161 – 191 Vol.3)2.Komplikasi Complication (hanya untuk panduan3.Kehamilan Pregnancy (Halaman 451 – 455)4.Persalinan Labour, labor (Halaman327 – 328)rincian pembagian sesuai ANATOMICAL BASED.komplikasi MEDICAL PROCEDURES)(Halaman 103 – 111 vol. 3)Ini adalah kata panduan untuk mencari diagnoses statusKEHAMILAN dan komplikasinya.Semua gangguan proses persalinan dapat ditelusuri lewatistilah ini (contoh: persalinan macet, persalinan tidak maju,hipertoni, atoni uteri dst.)

CONTOH “LEAD TERMS”SEKSI 1 (Lanjutan-1)5.Kelahiran Delivery (Halaman 144 – 149)6.Keadaan bayi yang lahir outcome of deliveryKelahiran bisa tunggal (single delivery) bisa ganda(multiple delivery) bisa normal, spontan, denganpertolongan, tindakan forsep, vakum atau seksio danbisa terkomplikasi ( metode persalinan) (methode ofdelivery)(Halaman 421 – 422)Hanya untuk bayi lahir sehat, tunggal atau mutiple.Apabila bayi lahir sakit maka telusuri dari istilah medissakitnya umumnya akan ditemukan kode perinatal(alfabet P).

CONTOH “LEAD TERMS”SEKSI 1 (Lanjutan-2)7.Nifas Puerperal (periode masa ibu melahirkan8.Gangguan bumil yang berpengaruh padajanin cari melalui Maternal condition affecting fetussampai dengan 40 hari) (Halaman 465 – 467)Perhatikan additional code yang harus menyertai kodepenyakit-2 yang menyertai status kesehatan ibu padamasa nifasnya.or newborn,(Halaman 350)9.Cedera cari melalui INJURY (Halaman 304 – 315)Harus dilengkapi informasi apa terbuka (open) atau tertutup(closed)Indeks urut abjad berdasarkan site lokasi cedera ditubuh/organ tubuh.

CONTOH “LEAD TERMS”SEKSI 1 (Lanjutan-4)10. Luka bakar cari di BURN (Halaman 79)Apakah luka bakar akibat api, listrik, petir, zatkimia, uap air dan gas panas.11. Tumor telusuri melalui NEOPLASM. (Halaman 548 –552)Apabila ganas CARCINOMA atau SARCOMAMenemukannya bisa lewat Tumor see alsoNeoplasms.Istilah carcinoma/sacoma tidak bisa untukmenelusuri nama organ yang terkena, hanya bisauntuk menemukan jenis sel carcinoma (Halaman 85 –89) atau sarcomanya (Halaman 485 – 486).Site lokasi harus lewat Neoplasms, malignant primary,secondary, in situ, benign atau uncertain or unknownbehaviour (Hamalan 369 – 401).12. Disease, condition, infection sulit untuk dijadikan leadterms.

CONTOH “LEAD TERMS”SEKSI 21.Model penyebab luar cedera cari di sebutan model terkait.Contoh di antaranya:Jatuh Fall, falling from, falling on dst.Terpukul Strike, contact with dst.Tertembak memerlukan sebutan alatpenembaknya (pistol, senapan, meriamdst) (diperlukan keterangan situasi apakahsedang perang, legal dst.)2.Kecelakaan lalu lintas (apapun bentuknya, jalan, udara.Air dst.) cari di Accident (to) –Perhatikan ada tabel rincian untuk kecelakaan lalu lintas (jeniskorban dan jenis penabrak) di halaman 570 (volume 3)3.GigitanCausa kebakaran Bite Burn

CONTOH “LEAD TERMS”SEKSI 2 it,tergencetTerpotongKompl. Tind. medis Caught Choked Collaps Collision Crushed Cut, cutting Complication5.Pelepasan (peluru)TenggelamBencana alam Discharge Drowning cari melalui bentuk bencana(earthquake, flood, storm, dst)6.7.8.TertimbunLedakanTerpajan earth falling (on) explosion exposure (to)

CONTOH “LEAD TERMS”SEKSI 2 (Lanjutan-2)7.GagalBenda asing (masuk tubuh)Kebakaran hutanKausa frakturMembeku8.Luka tembak9.Gantung diri, tergantungSuhu panasKetinggianSengatan failure foreign body, object ormaterial) forrest fire fracture freezing, frostbite, frozen wound, gunshot; gunshot wound hanging (accidental) heat, hot high ignition (accidental)

CONTOH “LEAD TERMS”SEKSI 2 (Lanjutan-3)10. Insiden tindakan medisTerhisapTertelan/termakanCederaKeracunan Incident, adverse Inhalation Ingestion Injury Intoxication11. Loncat Terjebak di antara Jumped, jumpingJammed12. TertendangTerbunuhTerpukul(accidentally)Kicked byKilled, killingKnock down

CONTOH “LEAD TERMS”SEKSI 2 (Lanjutan-4)13. Kurang lack ofLegal legalAngkat barang berat liftingPetir lightningKehilangan kontrol loss of controlBerbaring di depan kereta api lying before trainNyasar di laut loss at sea.14. Misadventure khusus untuk pasien akibat tindakanmedis.Mabuk gunung mountain sickness15. Bising suara noiseTidak terdaftar Non-administration16. TersumbatBerlebihan obstruction over-

CONTOH “LEAD TERMS”SEKSI 2 ik telingaTekanan poisoning pushed puncture piercing ear piercing pressure18. RadiasiLari radiation run, running away, running off19. TerkelupasMau sendiriSisaSyokTembakTenggelam scald self harm, self inflicted sequelae shock shooting sinking

CONTOH “LEAD TERMS”SEKSI 2 benturDiserang (pukul)SufokasiBunuh diriTersengat matahariTertelanTertusuk (benda tajam)TerinjakMenginjakTersengat sinar matahariTertelanTertutup rapat oleh slipping starvation sting strangulation striking against struck by suffocation suicide sunstroke swallowed, swallowing stab, stabbing stepped, on stepping on sun stroke swallowed, swallowing shut in (accidental)

CONTOH “LEAD TERMS”SEKSI 2 (Lanjutan-7)20. Terlempar ke, dariTerjebakTersandungTertimpa pohon thrown from, off trapped tripping tree falling on, hitting21. Korban victumGunung meletus volcanic eruptionVibrasi (cause injury) vibration22. PerangTersapuLuka, terlukaCairan infuse salahHampa udara war operation washed wound, wounded wrong fluid in infusion weightlessness (in spacecraft,real or simulation)

CONTOH “LEAD TERMS”SEKSI 3Pada seksi 3 ini daftar alfabetik nama obat atau zat kimiapenyebab keracunan (Poisoning) berdasarkan namageneriknya.Apabila nama generic obat/zat kimia tidak diketahui,makadipandu untuk mencari melalui khasiat obat/zat kimiaterkait.Contoh: BaygonIni nama pabrik, maka tidak bisa ditemukan di Seksi3 pada Volume 3 ICD 10. Nomor kode yang dapat diberikankepadanya adalah nomor kode sifat kegunaannya yakni:Insecticide, unspecified.Apabila komposisi dari baygon diketahui, maka bisadicari nomor kode yang sesuai, apakah baygon itu terdiridari zat carbamate, mixed, organochlorine atauorganophosphorus (Silahkan baca di label baygon)

CONTOH “LEAD TERMS”SEKSI 3 (Lanjutan-2)Halaman 686:Baygon sebagai insecticide NEC T60.9Baygon sebagai insecticide mixed T60.9Lain dengan DDT yang merupakan singkatan dari namageneriknya.Halaman 659:DDT (dust) T60.1Begitu juga untuk endrinHalaman 667:EndrinT60.1Valium tidak ada di Seksi 3, namun diazepam adalahT42.4Paracetamol T39.1Sedang nama Panadol tidak ditemukan di Vol.3Aspirine (aluminum( (soluble) T39.0Namun bodrex/bodrexin tidak ditemukan di Vol. 3

CONTOH “LEAD TERMS”SEKSI 3 (Lanjutan-2)Pengaruh obat pembuat cedera dirinci dalam tabel 5 lajur, lihatdi halaman 627 – 746 volume 3.Contoh:PoisoningAdverseSubstanceChapt. XIX(halaman 635)Antifungal- antibiotic (systemic)- anti-infective NEC- disinfectant (local)- Nonmedicinal (spray)Barbiturat NEC- With tranguilizerBCG ional Undeter.Accidental self harm 8.X61.X61.X64.-Y14.Y14.Y14.Y18.Y11.Y11.Y14.-effect intherapeuticuseY40.7Y41.9Y56.0Y47.0Y47.0Y58.0

CARA PEMENFAATKANVOLUME 3 ICD-10“Lead Term” Harus Ejaan AmerikaContoh:oesophagus esophaguslabour labordiarrhoea diarrhea

CARA MEMANFAATKAN INDEKS ALFABETIS UNTUKMENCARI ISTILAH DIAGNOSIS YANG AKURAT1. Sakit kepala (Headache)Cari di Alfabet H halaman 253 Headache R51 Sakit kepala akibat emosiHeadache- emotional F45.4 Sakit kepala kronik post cedera kepalaHeadache- post-traumatic, chronic G44.3Sakit kepala migrain (253) Headache migrain (type)G43.9atau cari di Migrain (358) Migrain (idiopathic) G43.9Sakit kepala akibat tegang (253) Headache tension ( )( )G44.2atau cari di Tension (531) Tension headache G44.2

CARA MEMANFAATKAN INDEKS ALFABETIS UNTUKMENCARI ISTILAH DIAGNOSIS YANG AKURAT(Lanjutan-1)2.Pharyngitis acute suppurative dengan influenzaHamalan (437)Pharyngitis )(suppurative)(ulcerative) J02.9- with influenza, flu or gripe (see also Influenza, with,respiratory manifestation) J11.1Faringitis kronik (437)Pharyngitis- chronic (atrophic)(granular)(hypertrophhic) J31.2Pharyngitis diphtheritic A36.0Pharyngitis puruluntJ02.9Pharyngitis TbA16.8Pharyngitis Tb dengan kepastian pemeriksaan bakteriA15.8Berapa kode ICD-10 untuk Flu burung?

CARA MEMANFAATKAN INDEKS ALFABETIS UNTUKMENCARI ISTILAH DIAGNOSIS YANG AKURAT(Lanjutan-2)3.Dermatitis dengan ujud kemerahan terlokalisasi di kulitpunggung, akibat makanan obat dari dokter Dermatitisdue to ingestion of drugs (correct substance properlyadministered) localized skin eruption.Cari di Dermatitis (152 153)- due to – continued- - wrong dst.- - dst.- ingestion, ingested substance- - drugs and medicaments (correct substanceproperly adminstered)(generalized) (see alsoDermatitis, due to,drugs) L27.0- localized skin eruption L27.1

CARA MENCARI NOMOR KODE MELALUI VOLUME 31. Anemia akut akibat kehilangan darah Anemia secondary to blood loss (acute)(1)(2)(3)(4)Halaman (42 45) No: D622.Disentri baksiler shigela A Dysentry bacillary Shigella groupAHalaman (191) No: A03.0(1)(2)(3)(4)3.Infeksi usus karena virus Infection virus intestineHalaman (298) No: A08.4(1)(2)(3)Enteritis viral Rotavirus(1)(2)(3)Halaman (208) 209 No: A08.4

CARA MENCARI NOMOR KODE MELALUI VOLUME 3(Lanjutan)4. Selesma Common cold rhinopharyngitis acute(2)(1)(1)(2)Halaman (101) No: J00 Halaman (478) No: J00Nasopharyngitis chronic Halaman 367 No: J31.1(1)(2)5.Abses peritonsil Halaman (17 20)6.Coma hypoglycaemic non-diabetic(1)(2)(3)7.Abscess peritonsillar(1)(2)No: J36Hepatitis B kronik Halaman (263)No: B18.1No: E15Hepatitis viral chronic type B(1)(2)(3)(4)

Dalam ICD 10 terdapat 3 jilid yg terdiri dari Tabular List (Vol. 1), Petunjuk Penggunaan ICD 10 (Vol. 2), dan Alphabetical Index (Vol. 3) ICD 10 volume 3 yang dikenal sebagai Alphabetical Index atau “kamus” memuat banyak istilah yang tidak terdapat dalam ICD 10 volume 1. Oleh

Related Documents:

Jika Anda sudah memiliki akun Quipper School, namun lupa kata sandi Anda saat akan masuk ke akun. Anda dapat menggunakan tombol 'Lupa Kata Sandi' untuk mengatur ulang kata sandi Anda. 1.1: Klik 'Lupa kata sandi?' di halaman login. 1.2: Masukkan alamat email akun Quipper School Anda. 1.3: Klik 'Atur ulang kata sandi'.

Kodokan Goshin Jutsu No Kata Katame No Kata Nage No Kata Ju No Kata Signature Date Page 7 of 10! Rev 3. 2014 Kodokan Kata Seminar and OJU Kata Championships! New Judo NSW State Dojo The Judo NSW State Dojo has moved from a ten

Panduan Program Sarjana-Edisi 2012 i Kata Pengantar Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT atas terbitnya Panduan Program Pendidikan Sarjana IPB Edisi Tahun 2012.Panduan Edisi Tahun 2012 ini telah mengalami berbagai penyempurnaan dibanding Panduan sebelumnya. Beberapa bagian yang

a. Untuk mengetahui penerapan permainan bahasa tusuk kata dalam meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Singosaren Ponorogo. b. Untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Arab melalui permainan bahasa tusuk kata pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Singosaren Ponorogo. E. Manfaat Penelitian

This PDF on the Heian Shodan kata and bunkai is an extract from the book Heian / Pinan Kata & Bunkai - The Fundamentals. In that book all 5 of the Heian / Pinan kata are examined in detail from the solo performance of each kata, to the two person bunkai sequences. This PDF details the first kata of the Heian series, Heian Shodan (Pinan

Selamat datang dalam dunia yang sangat mendebarkan hati, dunia Binary options. Melalui panduan ini, akan kami jelaskan dan jabarkan secara terperinci mengenai panduan untuk memulai trading (berdagang) di Binary options. Beberapa panduan sebenarnya telah tersedia pada website resmi, tetapi saya ingin memberikan anda panduan yang lebih

Buku panduan ini berisi tentang hal-hal yang yang perlu diperhatikan dalam melakukan penilaian dokumen AMDAL atau UKL-UPL buku panduan ini ditujukan untuk mempermudah anggota Komisi Penilai AMDAL atau UKL-UPL dalam melakukan proses penilaian. Diharapkan dengan hadirnya buku panduan ini,

Panduan Teknis Pengembangan Muatan Lokal di Sekolah Dasar. 9. Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar 10. Panduan Teknis Transisi KTSP ke Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Panduan tersebut disusun sebagai acuan bagi guru, kepala sekolah, pengawas, para . Ujian Sekolah/Madrasah merupakan kegiatan pengukuran pencapaian