Modul Ke:01 SALESMANSHIP

1y ago
1 Views
1 Downloads
3.02 MB
56 Pages
Last View : 1m ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Shaun Edmunds
Transcription

01Modul ke:FakultasEKONOMI DANBISNISProgram StudiMANAJEMENSALESMANSHIPKONSEP DAN RUANG LINGKUP MANAJEMENPENJUALAN DAN SALESMANSHIPChristina Ariadne Sekar Sari, S.E., M.M.

KONTRAK PERKULIAHAN1. Absensi minimal 75% untuk kelas reguler dan65% untuk kelas karyawan, merupakan syaratkelulusan mata kuliah.2. Toleransi keterlambatan hadir perkuliahanmaksimal 15 menit.3. Selama perkuliahan, alat komunikasi (HP)dimatikan atau digetar.4. Tidak diperkenankan merokok dan membawamakanan.

KONTRAK PERKULIAHAN5. Berpakaian rapih, sopan, dan bersepatu(sepatu sandal diperbolehkan)6. Berperilaku dan berkomunikasi secara sopandan santun.7. Praktikum dan asistensi wajib diikuti bagimata kuliah yang bermuatan praktikum atauasistensi.

DESKRIPSI MATA KULIAH Mata kuliah salesmanship ditawarkan kepadamahasiswa pada semester IV sebagaipenunjang pemahaman kelanjutan darimanajemen pemasaran. Dengan memiliki pengetahuan dan wawasansalesmanship diharapkan mahasiswamengetahui peranan manajemen penjualandan kontribusinya untuk manajemenpemasaran yang diinginkan perusahaan.

KOMPETENSI Memiliki pengetahuan dan wawasansalesmanship sebagai peran pentingdalam manajemen penjualan. Memahami peran pentingmanajemen penjualan dalammanajemen pemasaran.

POKOK BAHASAN Konsep manajemen penjualan dan salesmanshipdalam perusahaan. Mempelajari proses personal selling, strukturorganisasi dan karir di bidang penjualan. Mampu melihat peluang pasar dan melakukanperamalan permintaan konsumen serta melakukananalisa calon prospek. Melakukan perhitungan kebutuhan tenaga penjualmelakukan pengadaan dan seleksi tenaga penjual.

POKOK BAHASAN Melakukan komunikasi penjualan melalui surat dantelepon, memahami pengelolaan pelanggan, wilayah,dan waktu. Memahami cara melakukan presentasi penjualan dannegosiasi penjualan, memotivasi tenaga penjualan,menentukan metode kompensasi penjualan,menangani keberatan pelanggan, metode penutupanpenjualan, melakukan evaluasi penjualan denganbaik.

RANCANGAN PEMBELAJARAN1. Definisi, konsep dan ruang lingkup kuliah manajemenpenjualan dan salesmanship.2. Proses penjualan perseorangan.3. Struktur organisasi dan karir dalam bagian penjualan.4. Kepribadian dan etika sales.5. Peluang dan peramalan penjualan.6. Identifikasi calon prospek.7. Menghitung kebutuhan sales pada bagian penjualan.UTS

RANCANGAN PEMBELAJARAN8. Listing calon pelanggan dari berbagai sumber.9. Pengadaan dan seleksi tenaga penjual.10. Teknik membuat surat penawaran.11. Teknik melakukan percakapan sales melalui telephone.12. Manajemen pelanggan.13. Manajemen wilayah.14. Manajemen waktu.UAS

LITERATUR1.2.3.4.5.6.7.Cron, W.L. & Decarlo, T.E. (2010), Sales Management, 10 th Edition, JohnWiley & Sons, Inc.New York.Siswanto, Sutojo (2003), Salesmanship, Damar Mulia Pustaka, Jakarta.Tracy Brian, (2007), The Psychology of Selling, Bhuana Ilmu Populer,Jakarta.Allan Peace (2004) : Bahasa Tubuh, Interaksara, Jakarta.David Lieberman (2007), Agar siapa saja mau melakukan apa saja untukAnda, Elekmedia, Jakarta.Basu Swastha Dh. (2000), Manajemen Penjualan, BPFE, Yogyakarta.Rackham, N & DeVincentie, J.R (1999), Rethinking The Sales Force.

PENDAHULUANSALESMANSHIPKONSEP DAN RUANG LINGKUPMANAJEMEN PENJUALAN DANSALESMANSHIP

PENDAHULUAN Persepsi tenaga penjual di Indonesia masihmendapatkan pandangan yang kurang “bergensi”. Padahal Aktivitas penjualan merupakan kemampuandasar yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha danpara professional diberbagai bidang yang mendudukijabatan managerial diberbagai perusahaan.

PENDAHULUAN“Salesmanship is one of order and one of the mosteffective methods of creating and stimulating demand,finding buyer’s and making sales”- menjual adalahsuatu metode yang paling tua dan paling efektif dalammenciptakan dan mendorong permintaan, mencaripembeli dan melakukan penjualan. (Alma, 2005: 111).

PENDAHULUANDi kebanyakan organisasi, ditemukan bahwaperubahan pada tenaga penjualan dibutuhkandengan semakin meningkatnya permintaanpelanggan di dunia bisnis yang kompetitif.

PENDAHULUANTujuan kita mempelajari manajemen penjualandan salesmanship adalah untuk memahamibagaimana tim penjualan beroperasi dalamlingkungan yang baru dan bagaimana merekadisupervisi untuk mencapai efisiensi danefektivitas yang maksimum.

APA YANG DIMAKSUDDENGAN PENJUALAN ?SALESMANSHIPKONSEP DAN RUANG LINGKUPMANAJEMEN PENJUALAN DANSALESMANSHIP

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENJUALAN ?Pemasaran vs PenjualanPemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatanusaha yang ditujukan untuk merencanakan,menentukan harga, mempromosikan danmendistribusikan barang, jasa, ide kepada pasar sasaranagar dapat mencapai tujuan organisasi(William J Stanton dan Charles Futrell, 1987, dalamSwastha (2001 : 8).

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENJUALAN ?Pemasaran vs PenjualanMenjual adalah ilmu dan seni mempengaruhi pribadiyang dilakukan oleh penjual untuk mengajak orang lainagar bersedia membeli barang/jasa yang ditawarkannya(Dharmmesta, 2001 : 8).

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENJUALAN ?Pemasaran vs PenjualanKedua istilah tersebut mempunyai ruang lingkupyang berbeda. Pemasaran meliputi kegiatan yanglebih luas dari pada penjualan. Penjualan hanyalahmerupakan satu kegitan saja di dalam pemasaran.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENJUALAN ?Untuk menjalankan taktik penjualan, penjualdituntut untuk memiliki bakat seni serta keahlianuntuk mempengaruhi orang lain. Dalammenjalankan tugasnya tersebut seorang penjualmelakukan aktivitas yang dikenal dengan istilahpersonal selling (penjualan tatap muka).

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENJUALAN ?Definisi dari personal selling menurut William G Nickels,(1978) dalam Dharmmesta (2001 : 10) sebagai berikut :Personal selling adalah interaksi antar individu, salingbertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan,memperbaiki, menguasai atau mempertahankanhubungan pertukaran yang saling menguntungkandengan pihak lain.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENJUALAN ?Menurut Cron dan Decarlo (2010 : 3) definisi personalselling sebagai berikut :Personal selling adalah komunikasi langsung antaraperwakilan perusahaan berbayar dan prospek agartercipta sebuah transaksi, kepuasan pelanggan,pengembangan tanggung jawab, dan hubungan yangmenguntungkan.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENJUALAN ?Hubungan antara penjualan dan elemen lainnya dari marketingmix (bauran pemasaran) dapat dilihat pada gambar 1.1. berikutini.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENJUALAN ?Periklanan dan promosi penjualan “menarik”merchandise (barang dagangan) melalui saluran,Personal selling memberikan “dorongan” yangdiperlukan untuk mendapatkan order (pemesanan) daripelanggan.Dengan public relations, pesan disampaikan melaluimedia dari pada melalui organisasi.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENJUALAN ?Personal selling memiliki ciri-ciri : Komunikasi dua arah dengan prospek dan pelangganyang memungkinkan tenaga penjual dapat memenuhikebutuhan khusus dari pelanggan Secara langsung menyasar prospek yang memenuhikualifikasi, sedangkan periklanan dan promosipenjualan bisa saja sia-sia karena tidak semuaaudiens membutuhkan produk yang ditawarkan.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENJUALAN ?Keunggulan paling penting dari personal sellingadalah lebih efektif dari pada periklanan, publicrelations, dan promosi penjualan dalammengidentifikasi peluang untuk menciptakannilai bagi pelanggan dan memperoleh komitmenpelanggan.

SIAPAKAH YANGMELAKUKAN PENJUALAN ?SALESMANSHIPKONSEP DAN RUANG LINGKUPMANAJEMEN PENJUALAN DANSALESMANSHIP

SIAPAKAH YANG MELAKUKAN PENJUALAN ?Jenis-jenis PenjualanTugas-tugas wiraniaga sering digolongkan menurut jenishubungan pembeli yang terlibat dalam penjualan. Jenis-jenispenjualan dikelompokkan menjadi lima jenis (Dharmmesta,2001:11) :1. Trade selling2. Missionary selling3. Technical selling4. New business selling5. Responsive selling

SIAPAKAH YANG MELAKUKAN PENJUALAN ?Jenis-jenis wiraniagaBerdasarkan tugas penjualan yang dilakukan, kita mengenal adaempat macam wiraniaga (Dharmmesta, 2011:13) :1.Merchandising Salesman2.Detail Man3.Sales Engineer4.Pionner Product Salesman

SIAPAKAH YANG MELAKUKAN PENJUALAN ?Dimanakah penjualan terjadi dan KapanPenjualan dapat terjadi di mana saja seperti di kantorperusahaan, di rumah pembeli, di jalan-jalan atau kakilima. Sedangkan dari segi waktu, penjualan dapatterjadi pada setiap saat sejak zaman dulu (primitif)dengan barter sampai abad ke dua puluh yang sudahmaju.

MENGAPA MEMPELAJARIPENJUALAN ?SALESMANSHIPKONSEP DAN RUANG LINGKUPMANAJEMEN PENJUALAN DANSALESMANSHIP

MENGAPA MEMPELAJARI PENJUALAN ?Tiga alasan pokok mengapa perlu mempelajaripenjualan adalah (Dharmmesta, 2001:14) :(1) Setiap orang adalah penjual(2) Semua organisasi membutuhkan penjualan(3) Banyaknya peluang karir yang menarik di bidang ini

MANAGER PENJUALAN DANMANAJEMEN PENJUALAN ?SALESMANSHIPKONSEP DAN RUANG LINGKUPMANAJEMEN PENJUALAN DANSALESMANSHIP

MANAJER PENJUALAN DAN MANAJEMENPENJUALAN?Orang yang bertanggung jawab untuk menajemendalam bidang operasi penjualan adalah sales manager(manajer penjualan). Dia adalah seorang manajer linipertama yang secara langsung bertangung jawab untukmengelola tenaga penjual sehari-seharinya, ataumemposisikan pada tingkat yang lebih tinggi dalamhirarki manajemen, bertanggung jawab untukmengarahkan aktivitas manajer lainnya.

MANAJER PENJUALAN DAN MANAJEMENPENJUALAN? Manajemen penjualan fokus pada administrasi darifungsi personal selling dalam bauran pemasaran,sehingga tugas utamanya banyak berkaitan denganpersonalia penjualan. Peranan tersebut meliputi perencanaan, pengelolaan,dan pengendalian program penjualan.

MANAJER PENJUALAN DAN MANAJEMENPENJUALAN?Manajemen penjualan dapat didefinisikansebagai berikut :Manajemen penjualan adalah perencanaan,pengorganisasian, pengarahan, danpengendalian program kontak personal yangdirancang untuk mencapai penjualan dan tujuankeuntungan dari perusahaan (Cron dan Decarlo,2010 : 4).

MANAJER PENJUALAN DAN MANAJEMENPENJUALAN?Menurut Douglas, J. dan Dalrymple (1982) dalam Dharmmesta(2001 : 26), definisi manajemen penjualan sebagai berikut:Manajemen penjualan adalah perencanaan, pelaksanaan, danpengendalian program-program kontak tatap muka yangdirancang untuk mencapai tujuan penjualan perusahaan.Definisi tersebut menyarankan bahwa manajemen penjualanberkaitan dengan pengambilan keputusan strategis, di sampingpelaksanaan rencana-rencana pemasaran. Disamping itu jugadapat ikut dalam pengambilan keputusan menyangkutperubahan-perubahan product line, penetapan harga danpenentuan saluran distribusi.

MANAJER PENJUALAN DAN MANAJEMENPENJUALAN?Definisi manajemen penjualan lainnya menurut AsosiasiPemasaran Amerika dalam Dharmmesta (2001) sebagaiberikut :Manajemen penjualan adalah perencanaan,pengarahan dan pengawasan penjualan tatap muka,termasuk penarikan, pemilihan, perlengkapan,penugasan, penentuan rute, supervisi, pembayaran danpemotivasian sebagai tugas yang diberikan pada paratenaga penjualan.

MANAJER PENJUALAN DAN MANAJEMENPENJUALAN?Dari semua definisi tentang manajemen penjualan, dapatdiketahui bahwa tugas manajer penjualan cukup luas. Tanpamelihat apakah manajer penjualan mengarahkan tenaga penjualatau manajer penjualan lainnya, semua manajer memiliki duatipe tanggung jawab :1. Mencapai atau melebihi tujuan kinerja untuk periodesekarang.2. Mengembangkan orang-orang yang berada di bawahsupervisinya.

PERUBAHAN DUNIA PERDAGANGANDAN PENGARUHNYA PADA PROSESPENJUALANSALESMANSHIPKONSEP DAN RUANG LINGKUPMANAJEMEN PENJUALAN DANSALESMANSHIP

PERUBAHAN DUNIA PERDAGANGAN DANPENGARUHNYA PADA PROSES PENJUALANKekuatan-kekuatan pada pasar mempengaruhi bagaimana tenagapenjual dan manajer penjualan memahami, mempersiapkan, danmenyelesaikan pekerjaan mereka. Berikut ini adalah beberapakekuatan-kekuatan penting yang mempengaruhi prosespenjualan (Cron, Decarlo, 2010 : 4) :1. Persaingan2. Pelanggan

PERUBAHAN DUNIA PERDAGANGAN DANPENGARUHNYA PADA PROSES PENJUALAN1. Persaingan Persaingan global Siklus produk yang lebih pendek Tantangan perkembangbiakan

PERUBAHAN DUNIA PERDAGANGAN DANPENGARUHNYA PADA PROSES PENJUALAN2. Pelanggan Lebih sedikit pemasok Harapan yang meningkat Meningkatnya kekuasaan

PERUBAHAN DUNIA PERDAGANGAN DANPENGARUHNYA PADA PROSES PENJUALANKedua kekutan tersebut yaitu persaingan dan pelanggan padaakhirnya menuntut perubahan pada proses penjualan, sebagaiberikut : Solusi Penjualan Tim Penjualan Jaringan Penjualan Metriks Produktivitas

PERUBAHAN DUNIA PERDAGANGAN DANPENGARUHNYA PADA PROSES PENJUALAN1. Solusi PenjualanSolusi penjualan melibatkan penciptaan nilai pelanggandengan merujuk pada masalah pelanggan yang pentingdan peluang melalui hubungan pemasok-pelangganyang lebih intim dari pada penjualan transaksionaltradisional.

PERUBAHAN DUNIA PERDAGANGAN DANPENGARUHNYA PADA PROSES PENJUALANGambar 1.2. Perbandingan Model Transaksional dan Model Solusi Penjualan (Cron &Decarlo, 2010 : 8)

PERUBAHAN DUNIA PERDAGANGAN DANPENGARUHNYA PADA PROSES PENJUALAN2. Tim Penjualan

PERUBAHAN DUNIA PERDAGANGAN DANPENGARUHNYA PADA PROSES PENJUALAN2. Tim PenjualanModel ini memungkinkan terjadinya transfer yang lebih luas darikapabilitas dan komunikasi. Baik penjual dan pembeli, keduanyaharus berubah agar tingkat interaksi dapat diperluas secaradramatis. Pergeseran ke tim penjualan memiliki sejumlahkonsekuensi pada program penjualan dan proses manajemenperusahaan. Tim penjualan memerlukan perubahan dalamstruktur organisasi, proses seleksi, program pelatihan,perencanaan kompensasi, dan proses evaluasi.

PERUBAHAN DUNIA PERDAGANGAN DANPENGARUHNYA PADA PROSES PENJUALAN3. Jaringan PenjualanSetiap orang di bagian penjualan mengatakan bahwa jaringansangat penting bagi keberhasilan mereka. Semakin banyakkontak yang kita miliki, semakin banyak penjualan yang dapat kitabuat. Di masa sekarang, situasi semakin kompleks, jainganpenjualan dibutuhkan untuk tidak hanya mendapatkan prospekuntuk pelanggan baru, tetapi jaringan juga diperlukan untukmenutup transaksi yang kompleks dan untuk memberikan solusipelanggan.

PERUBAHAN DUNIA PERDAGANGAN DANPENGARUHNYA PADA PROSES PENJUALAN3. Jaringan PenjualanPenelitian menunjukkan bahwa tipe jaringan penjualan yangdibutuhkan untuk menemukan prospek adalah berbeda dengandengan yang dibutuhkan untuk menutup transaksi dan untukmemberikan solusi pelanggan. Keberhasilan prospectingtergantung pada tenaga penjualan memperoleh informasi yangtepat dan pada waktunya tentang peluang dari kontak di luarorganisasi penjual. Perusahaan harus menyadari bahwa dalamkebanyakan kasus, penjualan tergantung pada jaringan di dalammaupun jaringan yang fokus pada pelanggan eksternal. Tenagapenjual harus bekerja dengan sejumlah fungsi di luar organisasijika mereka ingin mengembangkan hubungan jangka panjangyang sukses.

PERUBAHAN DUNIA PERDAGANGAN DANPENGARUHNYA PADA PROSES PENJUALAN3. Metriks ProduktivitasBerdasarkan histori, metriks kinerja penjualan adalah sederhana –meningkatkan pendapatan melebihi tahun sebelumnya. Manajer penjualanmemberi imbalan dan kompensasi kepada tenaga penjual denganmengevaluasi volume penjualan atas periode waktu tertentu. Meskipunvolume penjualan penting, perusahaan menemukan bahwa tidak semuapenjualan menguntungkan. Keuntungan sering kali tergantung pada:Jumlah waktu yang diperlukan untuk menutup penjualan. Gross margin yang berkaitan dengan penjualan. Tingkat diskon harga. Jumlah dukungan promosi. Jumlah dukungan setelah penjualan. Potensi untuk penjualan di masa mendatang.

PERUBAHAN DUNIA PERDAGANGAN DANPENGARUHNYA PADA PROSES PENJUALAN Tenaga penjual memiliki pengaruh yang penting pada semuaissues melalui seleksi account, penetrasi account, retensiaccount, penetapan harga, dan keputusan pelayanan. Sebagai akibatnya, tenaga penjual menjadi seorang alokatorsumber daya :Pertama, mereka memutuskan pelanggan mana dan prospekmana yang akan mereka berikan waktu dan seberapa banyakwaktu yang mereka akan alokasikan ke setiap pelanggan.Kedua, tenaga penjual juga memiliki peran penting dalamalokasi sumber daya pemasaran ke pelanggan individual.

RUANG LINGKUP KULIAHMANAJEMEN PENJUALAN DANSALESMANSHIPSALESMANSHIPKONSEP DAN RUANG LINGKUPMANAJEMEN PENJUALAN DANSALESMANSHIP

RUANG LINGKUP KULIAH MANAJEMEN PENJUALANDAN SALESMANSHIPAdapun lingkup manajemen penjualan dan salesmanshipmencakup pembahasan materi sebagai berikut :1.Definisi, konsep dan ruang lingkup kuliah manajemenpenjualan dan salesmanship.2.Proses penjualan perseorangan (personal selling).3.Struktur organisasi dan karir dalam bagian penjualan.4.Kepribadian dan etika sales.5.Peluang dan peramalan penjualan.6.Identifikasi calon prospek.7.Menghitung kebutuhan sales pada bagian penjualan.

RUANG LINGKUP KULIAH MANAJEMEN PENJUALANDAN SALESMANSHIP8.9.10.11.12.13.14.Listing calon pelanggan dari berbagai sumber.Pengadaan dan seleksi tenaga penjual.Teknik membuat surat penawaran.Teknik melakukan percakapan sales melalui telephone.Manajemen pelanggan.Manajemen wilayah.Manajemen waktu.

Terima KasihChristina Ariadne Sekar Sari, S.E., M.M.

Manajemen penjualan adalah perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian program-program kontak tatap muka yang dirancang untuk mencapai tujuan penjualan perusahaan. Definisi tersebut menyarankan bahwa manajemen penjualan berkaitan dengan pengambilan keputusan strategis, di samping pelaksanaan rencana-rencana pemasaran. Disamping itu juga

Related Documents:

E. Dasar Hukum F. Materi Pokok dan Sub Materi MATERI POKOK 1 KARAKTERISTIK MODUL A. Self Instructional B. Self Contain C. Stand Alone D. Adaptive E. User Friendly MATERI POKOK 2 PENGEMBANGAN MODUL DAN MUTUNYA A. Pengembangan Modul B. Mutu Modul MATERI POKOK 3 PROSEDUR PENYUSUNAN MODUL A. Analisa Kebutuhan Modul B. Penyusunan Modul PENUTUP A .

9. Modul OC IV (Organische Stoffklassen und Synthesen) 13 10. Modul PC I (Allgemeine Chemie) 14 11. Modul PC II (Physikalische Chemie II) 15 12. Modul PC III (Physikalische Chemie III) 16 13. Modul PC IV (Physikalische Chemie IV) 17 14. Modul MC (Makromolekulare Chemie) 18 15. Modul BC (Biochemie und Zellbiologie) 19 16. Modul Physik 20 17.

TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL XX April 19, 2014 Pada modul kali ini, mungkin akan sedikit berbeda dengan modul-modul sebelumnya. Masih dapat kita ingat bahwa modul-modul sebelumnya, kita membahas manajemen administrasi dalam sistem operasi Windows. Sekarang, kita beralih kepada sistem operasi yang berbasi GNU/Linux.

tentang konsep dasar laju reaksi dan konsep dasar termodinamika kimia. C. Petunjuk Penggunaan Modul 1. Pelajari daftar isi serta skema kedudukan modul dengan cermat dan teliti karena dalam skema modul akan nampak kedudukan modul yang sedang Anda pelajari ini diantara modul-modul yang lain.

Test 34 Test 45 Modul 11: Lektion 5 Didaktische Hinweise 35 Lösungen und Hörtexte Kursbuch 35 Lösungen und Hörtexte Arbeitsbuch 36 Test 38 Modul 11: Wir trainieren: Hörtexte und Lösungen, Sprechkarten 46 Modul 11: Abschlusstest 50 Lösungen zu den Tests von Modul 11 51 Modul 12: Lektion 7 Seite Modul 12: Lektion 9 Seite

Praktikum: Modul 1 - Pengantar dan Pengenalan Dasar Rangkaian Digital, Modul 2 - Aljabar Boolean dan Gerbang Logika Dasar, Modul 3 - Karnaugh Map, Modul 4 - Gerbang Logika Kompleks, Modul 5 - Dekoder dan Enkoder, Modul 6 - Mul- . Lihat Silabus Teknik ENGE600005 FISIKA MEKANIKA & PANAS 3 SKS Lihat Silabus Tek

ii Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Paket A Tingkatan II Modul Tema 2 Siklus Hidup Hewan dan Upaya Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka iii Kata Pengantar Modul Dinamis: Modul ini merupakan salah satu contoh bahan ajar pendidikan kesetaraan yang berbasis pada kompetensi inti dan kompetensi dasar dan didesain sesuai kurikulum 2013. Sehingga modul ini merupakan dokumen yang bersifat dinamis dan .

menyelesaikan Modul ini, penulis mengambil Judul adalah “PENGANTAR AKUNTANSI II” Tujuan penulisan modul ini dibuat sebagai salah satu persyartan Kepangkatan. Modul ini diambil berdasarkan berbagai macam sumber referensi, baik dalam bentuk buku-buku literature, internet dll yang terkait dengan pembahasan pada Modul ini.