Modul Praktikum Basis Data - Teknik Elektro – UM

2y ago
39 Views
3 Downloads
755.33 KB
10 Pages
Last View : 13d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Mya Leung
Transcription

Praktikum Basis Data 2017 – TE UMMODUL 3SQLA. TUJUAN- Memahami SQL, komponen-komponen, dan penggunaannya.- Mengenal operasi-operasi DML menggunakan phpmyadmin.- Mampu melakukan operasi-operasi retrieve yang spesifik- Mampu penguraikan dan mentranslasikan pernyataan-pernyataan SQL.B. PETUNJUK- Awali setiap aktivitas dengan do’a, semoga berkah dan mendapatkan kemudahan.- Pahami tujuan, dasar teori, dan latihan-latihan praktikum dengan baik dan benar.- Kerjakan tugas-tugas praktikum dengan baik, sabar, dan jujur.- Tanyakan kepada asisten/dosen apabila ada hal-hal yang kurang jelas.C. DASAR TEORI1. SQL (Structured Query Language )SQL (atau query languange) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk merequest informasi dari basis data; bahasa ini sudah disediakan oleh DBMS. KonstruksiSQL terbentuk atas kombinasi relational-algebra dan relational-calculus.SQL terdiri dari beberapa komponen, dua di antaranya yang sangat fundamentaladalah DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language).2. DML (Data Manipulation Language)DML menyediakan perintah-perintah untukmenghapus, dan mengambil data di dalam basis data.menambah,memodifikasi,Contoh perintah DML adalah : INSERT, UPDATE, DELETE, dan SELECTPenambahan DataSintaks operasi penambahan data dapat dituliskan sebagai berikut:INSERT INTO r (A1, A2, , An)VALUES (V1,V2, ., An)Dimana :r adalah relasi (tabel)A adalah atribut (field atau kolom)V adalah value (nilai yang diisikan)Misalkan tabel jurusan memiliki field id dan nama, maka pernyataan SQL untukpenambahan data dituliskan sebagai berikut :INSERT INTO jurusan (id,)VALUES (V1,V2, ., An)

Praktikum Basis Data 2017 – TE UMModifikasi DataSintaks operasi modifikasi data dapat dituliskan sebagai berikut :UPDATE rSET A1-V1, A2-V2, , An-VnWHERE PDi mana :P adalah predikatMisalkan nilai field nama untuk data dengan id 1 ingin diubah menjadi TeknikInformatika, berikut pernyataan SQL-nya:UPDATE jurusanSET nama “Teknik Informatika”WHERE id 1Perhatikan, operasi modifikasi tanpa menyertakan klausa WHERE akanmengakibatkan diubahnya seluruh data di table. Jadi, jika Anda hanya inginmemodifikasi data tertentu gunakan selalu klausa WHEREPenghapusan DataSintaks operasi penghapusan data dapat dituliskan sebagai berikut :DELETE FROM rWHERE PMisalkan nilai data dengan id ingin dihapus, penyataan SQL-nya dituliskansebagai berikut :DELETE FROM jurusanWHERE id 1Perhatikan juga, operasi penghapusan tanpa menyertakan klausa WHERE akanmengakibatkan dihapusnya seluruh data di table. Jadi, jika Anda hanya inginmenghapus data tertentu gunakan selalu klausa WHERE.Seleksi DataSintaks operasi seleksi atau pengambilan data dapat dituliskan sebagai berikut :SELECT A1, A2, , AnFROM r1, r2, r3, , rnWHERE P

Praktikum Basis Data 2017 – TE UMMisalkan ingin menampilkan data id dan nama jurusan, pernyataan SQL-nyadituliskan sebagai berikut :SELECT id, namaFROM jurusanSebagai alternative, tersedia karakter asterik (*) yang menyatakan seluruh field.Jadi, penyataan di bawah ini ekuivalen dengan pernyataan di atas.SELECT *FROM jurusanUntuk efisiensi, karakter asterik sebaiknya digunakan jika ingin me-retrieve seluruhnilai fieldD. LATIHAN1. Menciptakan Objek Query1. Pada halaman awal PHPMyadmin, pilih menu SQL.2. Maka akan muncul halaman editor SQL. Di Editor SQL inilah kita menuliskanpernyataan SQL. Sebagai contoh isikan pernyataan berikut:3. Eksekusi pernyataan SQL dengan klik tombol “GO”.Untuk efisiensi penulisan SQL, gunakan editor teks (misalnya notepad). Selanjutnya,pernyataan SQL dapat di-copy ke editor SQL dan dimodifikasi untuk operasi lain.

Praktikum Basis Data 2017 – TE UM2. Menciptakan dan Menghapus TabelSebagai contoh, buat table jurusan dengan struktur sebagai berikut:No Nama FieldTipe data Keterangan1Kd jurusanIntegerPrimary Key2NamaVarcharNama JurusanLangkah-langkah :1. Klik Database “modul2” yang telah dibuat pada latihan 1.2. Tuliskan Pernyataan SQL berikut :3. Eksekusi pernyataan SQL.4. Periksa hasil pembuatan tabel pada sidebar.Dalam contoh di atas sengaja digunakan tipe data INT dan VARCHAR karenalebih general. Sebenarnya penggunaan tipe data NUMBER dan TEXT jugaditerima, namun kurang standar.3. Menciptakan dan Menghapus TabelUntuk menghapus tabel, ikuti langkah-langkah berikut:1. Klik Database “modul2” yang telah dibuat pada latihan 1.2. Buat Pernyataan SQL seperti berikut3. Eksekusi pernyataan SQL.4. Penambahan Data1. Klik Database “modul2” yang telah dibuat pada latihan 1.2. Buat Pernyataan SQL seperti berikut :3. Eksekusi pernyataan SQL5. Modifikasi Data1. Klik Database “modul2” yang telah dibuat pada latihan 1.2. Buat Pernyataan SQL seperti berikut :3. Eksekusi pernyataan SQL.

Praktikum Basis Data 2017 – TE UM6. Seleksi Data1. Klik Database “modul2” yang telah dibuat pada latihan 1.2. Buat Pernyataan SQL seperti berikut :3. Eksekusi pernyataan SQL.7. Seleksi dengan KriteriaManfaatkan kembali tabel matakuliah yang sudah dibuat sebelumnya padapertemuan pertama. Selanjutnya, isikan data sebagai berikut:1. Dapatkan kode mk, nama mk, dan semester yang sksnya 3.Hasil :

Praktikum Basis Data 2017 – TE UM2. Dapatkan kode mk, nama mk, sks, dan semester yang 2 dan semester 3.Hasil:3. Dapatkan kode mk, nama mk, sks, dan semester yang sksnya kurang dari samadengan 2.Hasil :8. Seleksi dengan Operator LIKEOperator LIK memungkinkan pengambilan data yang mirip atau mendekati katakunci.1. Dapatkan kode mk, nama mk, sks, dan semester yang matakuliahnya berawalan“Sistem”.Hasil :

Praktikum Basis Data 2017 – TE UM2. Dapatkan kode mk, nama mk, sks, dan semester yang matakuliahnya berakhiran“Data”.Hasil :3. Dapatkan kode mk, nama mk, sks, dan semester yang nama matakuliahnyamengandung kata “Basis”.Hasil :9. Pengurutan DataUntuk mengurutkan data, kita memanfaatkan klausa ORDER BY, dimana nilaidefaultnya adalah ASC (ascending atau pengurutan menaik).1. Urutkan data matakuliah berdasarkan nama matakuliah dengan urutan menaik(ascending)2. Urutkan data matakuliah berdasarkan nama matakuliah dengan urutan menaik(descending)

Praktikum Basis Data 2017 – TE UME. TUGAS PRAKTIKUM1. Tuliskan pernyataan SQL untuk menciptakan tabel mahasiswa2 dengan strktur sepertitabel mahasiswa di modul pertama. Masukkan 10 data pada tabel mahasiswa2.NoNama FieldTipe DataKeterangan1234NimNamaJenis kelaminAlamatVarcharVarcharVarcharVarcharPrimary KeyNama MahasiswaJenis KelaminAlamat Mahasiswa2. Tuliskan pernyataan SQL untuk mendapatkan data matakuliah yang sksnya 1 atau 2.Hasil :Kode mkNama mksks SemesterPTI447TIK342TIK123TIK342Praktikum Basis DataPraktikum Basis DataJaringan KomputerPraktikum Basis Data112133533. Tuliskan Pernyataan SQL untuk mendapatkan data matakuliah yang nama depannyaTIDAK SAMA DENGAN “praktikum”Hasil :Kode mkNama mksks SemesterPTI333Basis Data Terdistribusi35TIK123Jaringan Komputer25TIK333Sistem Operasi35PTI123Grafika Multimedia35PTI777Sistem Informasi23F. TUGAS RUMAH1. Buat dan tuliskan pernyataan SQL untuk membuat tabel dengan namamahasiswa nim (NIM anda masing-masing) dengan field sebagai berikut:Nama FieldTipe DataKeteranganNimVarcharNamaJenis kelaminTempat lahirTanggal imary Key; NIM mahasiswaUMNama Mahasiswa UMJenis kelamin mahasiswa UMTempat lahir mahasiswa UMTanggal lahir mahasiswa UMAlamat mahasiswa UMNote : Tentukan tipe data yang sesuai dengan field yang ada, beserta dengan ukuranfieldnya.

Praktikum Basis Data 2017 – TE UMIsikanlah Record pada tabel yang anda buat diatas dengan data sebagai berikut:2. Jika diketahui NIM mahasiswa adalah 130533608145, maka:- 2 digit NIM pertama adalah kode tahun angkatan- 2 digit NIM berikutnya adalah kode fakultas- 1 digit NIM berikutnya adalah kode jurusan- 1 digit NIM berikutnya adalah kode prodi- 1 digit NIM berikutnya adalah kode jenjang- 5 digit NIM terakhir adalah nomor urut mahasiswaTuliskan pernyataan SQL untuk mendapatkan data mahasiswa dengan kode tahunangkatan 16, kemudian urutkan secara ascending!Sehingga akan menampilkan data sebagai berikut:

Praktikum Basis Data 2017 – TE UM3. Tuliskan pernyataan SQL untuk mendapatkan data mahasiswa dengankode fakultas 05 DAN jenis kelamin laki-laki. Urutan berdasarkan nim secaradescending4. Tuliskan pernyataan SQL untuk mendapatkan data nim, nama, jenis kelamin, danalamat pada tabel mahasiswa yang memiliki nim dengan kode tahun angkatan 14dan alamat “jalan mangga”.5. Tuliskan pernyataan SQL untuk mendapatkan data nim, nama, tanggal lahir, danumur pada tabel mahasiswa yang mana umur mahasiswa di dapatkan dari tanggallahir yang terdapat dalam table mahasiswa seperti pada contoh di bawah ini :6. Analisislah query yang terdapat pada soal nomor 2,3, dan 4, 5!

Praktikum Basis Data 2017 – TE UM MODUL 3 SQL A. TUJUAN - Memahami SQL, komponen-komponen, dan penggunaannya. . dasar teori, dan latihan-latihan praktikum dengan baik dan benar. - Kerjakan tugas-tugas praktikum dengan baik, sabar, dan jujur. . PTI123 Grafika Multimedi

Related Documents:

Praktikum Biologi Sel merupakan salah satu praktikum yang mendasari praktikum pada mata praktikum yang lain seperti Praktikum Teknik Analisa Biologi Molekuler, Praktikum Kultur Jaringan dan Sel Hewan serta Praktikum Imunologi. Petunjuk Praktikum Biologi Sel ini disusun sejak tahun akademik 2004/2006 yang saat itu hanya memuat tiga materi.

TEKNIK TRANSMISI TELEKOMUNIKASI (057) 2. TEKNIK SUITSING (058) 3. TEKNIK JARINGAN AKSES (060) Kelas X Semester : Ganjil / Genap Materi Ajar : Teknik Kerja Bengkel Teknik Telekomunikasi CPE e m baga) t em n ex er Kelas XI dan Kelas XII C3:Teknik Elektronika Komunikasi Teknik Kerja Bengkel Teknik Listrik Teknik Elektronika Simulasi Digital Dasar .

TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL XX April 19, 2014 Pada modul kali ini, mungkin akan sedikit berbeda dengan modul-modul sebelumnya. Masih dapat kita ingat bahwa modul-modul sebelumnya, kita membahas manajemen administrasi dalam sistem operasi Windows. Sekarang, kita beralih kepada sistem operasi yang berbasi GNU/Linux.

Modul Praktikum Jaringan Syaraf Tiruan Designed by Dr. Ucuk Darusalam, ST, MT Format Laporan Laporan praktikum dibuat dalam bentuk dokumen "Laporan Praktikum" per dua minggu sesuai dengan topik-topik yang telah disusun dalam modul praktikum. Dokumen laporan ditulis dengan menggunakan Word Processor, dengan ukuran margin halaman sebagai berikut:

Praktikum: Modul 1 - Pengantar dan Pengenalan Dasar Rangkaian Digital, Modul 2 - Aljabar Boolean dan Gerbang Logika Dasar, Modul 3 - Karnaugh Map, Modul 4 - Gerbang Logika Kompleks, Modul 5 - Dekoder dan Enkoder, Modul 6 - Mul- . Lihat Silabus Teknik ENGE600005 FISIKA MEKANIKA & PANAS 3 SKS Lihat Silabus Tek

Modul praktikum Fisika Dasar 1 Teknik non-test: Praktikum di dampingi oleh asisten lab. Mencatat Data hasil praktikum, acc asisten. Teknik non-test: Tes pendahuluan lesan. Laporan akhir presentasi Praktikum: Modul M-.: Gerak, kecepatan dan percepatan 7 jam: Tutorial / P

E. Dasar Hukum F. Materi Pokok dan Sub Materi MATERI POKOK 1 KARAKTERISTIK MODUL A. Self Instructional B. Self Contain C. Stand Alone D. Adaptive E. User Friendly MATERI POKOK 2 PENGEMBANGAN MODUL DAN MUTUNYA A. Pengembangan Modul B. Mutu Modul MATERI POKOK 3 PROSEDUR PENYUSUNAN MODUL A. Analisa Kebutuhan Modul B. Penyusunan Modul PENUTUP A .

Siklus Akuntansi Jasa BAGIAN PROYEK PENGEMBANGAN KURIKULUM DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL 2003 Kode Modul: AK.26.D.2,3. BAGIAN PROYEK PENGEMBANGAN KURIKULUM DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL 2003 Kode Modul: AK.26.D.2,3 .