BUDIDAYA IKAN SEPAT YANG BERNILAI EKONOMIS BERMANFAAT .

3y ago
55 Views
2 Downloads
42.22 KB
14 Pages
Last View : 3d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Grant Gall
Transcription

BUDIDAYA IKAN SEPAT YANG BERNILAI EKONOMIS BERMANFAAT TINGGIBAGI PEDAGANG KULINER DI KECAMATAN GONDANG MOJOKERTOHeri Kusairi,Diana Rapitasari,Ika KharismawatiFakultas Ekonomi dan bisnis,Universitas Bhayangkara,SurabayaEmail : heri.kusairi@ymail.comAbstrakPembangunan maupun peningkatan kesejahteraan tidak hanya dilakukan diperkotaan namun di daerah pun perekonomian perlu untuk diasah lebih lanjut tentunyadengan memaksimumkan sumber daya alam yang melimpah di daerah tersebut. Seperti diKecamatan Gondang kabupaten mojokerto contohnya ada banyak sumber daya alam yangbisa dimanfaatkan seperti hasil alam masyarakat sekitar contohnya ikan dari air tawar, buahbuahan, sayur mayur, hingga bahan pangan lainnya. Banyak sumber daya alam melimpahnamun karena terbatasnya pengetahuan serta diikuti dengan minimnya fasilitas,infrastruktur, serta modal dalam pengelolaannya maka tidak bisa berkembang pesat.Budidaya ikan lokal tidak hanya melestarikan keragaman hayati namun juga diyakini dapatmendatangkan keuntungan. Beragam ikan perairan tertentu bisa menjadi sumber bahanpangan. Budidaya ikan air tawar asli dari daerah tersebut terkendala dalam prosespengolahan dng inovasi yg baru, sistem pemasaran dan pendistribusian. Oleh karena itupenelitian ini penting dilakukan agar pemberdayaan masyarakat yang ada di KecamatanGondang kabupaten mojokerto dapat dioptimalkan dan menambah sumber penghasilan darimasyarakat setempat melalui usaha kuliner daerah tersebut.Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif. Metode ini dipakai agar dalammengkaji permasalahan dapat lebih mendalam dan komprehensif. Sesuai dengan medotekualitatif maka dalam menganalisis data akan digunakan kerangka model Pembangunan

ekonomi yang berbasis masyarakat adalah strategi pembangunan ekonomi yangmenyatakan bahwa masyarakat desa sendiri memiliki hak untuk mempromosikan visipembangunan ekonominya dan pertumbuhannya sesuai dengan spesifik budayanya,kehidupannya yang bersumber pada sumberdaya alamnya dan keterbatasan dapatmembantuMengoptimalkanKesejahteraan masyarakat Kecamatan Gondang serta dapat meningkatkan kualitas hasilhasil dari Budidaya ikan Sepat terutama dari penduduk sekitar Kecamatan Gondang.Kata kunci : Budidaya Ikan Sepat ,Usaha Kuliner, Kesejahteraan MasyarakatLatar BelakangPembangunan maupun peningkatan kesejahteraan tidak hanya dilakukan diperkotaan namun di daerah pun perekonomian perlu untuk diasah lebih lanjut tentunyadengan memaksimumkan sumber daya alam yang melimpah di daerah tersebut. Seperti diKecamatan Gondang kabupaten mojokerto. contohnya ada banyak sumber daya alam yangbisa dimanfaatkan seperti hasil alam dr ikan air tawar, buah-buahan, sayur mayur, hinggabahan pangan lainnya. Banyak sumber daya alam melimpah namun karena terbatasnyapengetahuan warga setempat dan dengan diikuti minimnya fasilitas, infrastruktur, sertamodal dalam pengelolaannya maka tidak bisa berkembang pesat. Budidaya ikan lokal tidakhanya melestarikan keragaman hayati namun juga diyakini meningkatkan gizi proteinmasyarakat dan dapat mendatangkan keuntungan. Beragam ikan perairan tertentu bisamenjadi sumber bahan pangan. Budidaya ikan asli kerap tidak berjalan dengan alasanpertumbuhan ikan yang lambat serta serta terbatasnya pengetahuan tentang pengolahanhasil ikan tawar tersebut serta pemasaran dan juga proses pendistribusiannya. Oleh karenaitu penelitian ini penting dilakukan agar pemberdayaan masyarakat yang ada di KecamatanGondang dapat dioptimalkan dan menambah sumber penghasilan dari masyarakatsetempat melalui usaha kuliner daerah tersebut.

Kebutuhan pangan di Indonesia dengan jumlah penduduk yang semakin meningkat banyakmemberikan peluang bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. Apalagi kekayaan alamIndonesia sangat melimpah sehingga sangat mendukung dalam pengembangan usahapangan. Sebagai negara beriklim tropis Indonesia sangat diuntungkan dengan curah hujabyang cukup tinggi sehingga mendukung pengairan baik untuk pertanian maupun perikananair tawar. Jika ingin menggeluti bisnis budidaya ikan tawar ini pada dasarnya pembudidayabisa memilih apakah ingin budiidaya benih, pembesaran, pemasaran atau gabungannya.Tingkat kelangsungan hidup ikan air tawar sangatlah tinggi maupun kemampuan bertahanikan dalam tingkat kepadatan yang tinggi, salah satunya adalah jenis ikan air tawar sepat.Oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan agar pemberdayaan masyarakat yang ada optimalkanmelauipembudidayaan ikan sepat.Dari latar belakang tersebut peneliti mengambil judul ” Budidaya Ikan Sepat yangBernilai Ekonomis Bermanfaat Tinggi Bagi Pedagang Kuliner di Kecamatan gondang”TINJAUAN TEORIPemberdayaan MasyarakatPemberdayaan menunjuk pada kemampuan orang, khususnya kelompok rentan danlemah sehingga mereka memiliki kekuatan atau kemampuan dalam (1) memenuhikebutuhan dasarnya sehingga mereka memiliki kebebasan (freedom), dalam arti bukan sajabebas mengemukakan pendapat, melainkan bebas dari kelaparan, bebas dari kebodohan,bebas dari kesakitan; (2) menjangkau sumber-sumber produktif yang memungkinkanmereka dapat meningkatkan pendapatannya dan memperoleh barang-barang dan jasa-jasayang mereka perlukan; dan (3) berpartisipasi dalam proses pembangunan dan keputusankeputusan yang mempengaruhi mereka. Beberapa ahli di bawah ini mengemukakan definisipemberdayaan dilihat dari tujuan, proses, dan cara-cara pemberdayaan (Huraerah, Abu,2008).

a. Pemberdayaan bertujuan untuk meningkatkan kekuasaan orang-orang yang lemah atautidak beruntung.b. Pemberdayaan adalah sebuah proses dengan mana orang menjadi cukup untukberpartisipasi dalam, berbagai pengontrolan atas, dan mempengaruhi mempengaruhikehidupannya.Pemberdayaan menekankan bahwa orang memperoleh keterampilan, pengetahuan dankekuasaan yang cukup untuk mempengaruhi kehidupannya dan kehidupan orang lainyang menjadi perhatiannya.Dengan demikian, pemberdayaan adalah sebuah proses dan tujuan. Sebagaiproses, pemberdayaan adalah serangkaian kegiatan untuk memperkuat kekuasaan ataukeberdayaan kelompok lemah dalam masyarakat, termasuk individu-individu yangmengalami masalah kemiskinan. Sebagai tujuan, maka pemberdayaan menunjuk padakeadaan atau hasil yang ingin dicapai oleh sebuah perubahan sosial, yakni masyarakatyang berdaya, memiliki kekuasaan atau mempunyai pengetahuan dan kemampuan dalammemenuhi kebutuhan hidupnya baik yang bersifat fisik, ekonomi, maupun sosial sepertimemiliki kepercayaan diri, mampu menyampaikan aspirasi, mempunyai mata pencaharian,berpartisipasi dalam kegiatan sosial, dan mandiri dalam melaksanakan tugas-tugaskehidupannya. Pengertian pemberdayaan sebagai tujuan seringkali digunakan uahproses.Menyertaikonseppemberdayaan masyarakat melekat indikator-indikatornya sebagaimana diuraikan pada ciriciri tujuan. Adapun indikator masyarakat yang berdaya adalah :1)Mempunyai kemampuan menyiapkan dan menggunakan pranata dansumber-sumber yang ada di masyarakat.2)Dapat berjalannya “bottom up planning”3)Kemampuanberkreasi nkeluarga5)Kemampuan menyampaikan pendapat dan aspirasi tanpa adanya tekanan

Masyarakat yang berdaya akan mampu dan kuat untuk berpartisipasi dalampembangunan, mampu mengawasi jalannya pembangunan dan juga menikmati hasilpembangunan. Adapun unsur-unsur pemberdayaan masyarakat diantaranya adalah :1. Kemauan politik yang mendukung2. Suasana kondusif untuk mengembangkan potensi secara menyeluruh3. Motivasi4. Potensi masyarakat5. Peluang yang tersedia6.Awarness (kesadaran)BudidayaIstilah Budidaya adalah suatu tindakan dimana menjaga, memelihara, didaya).Budidaya juga merupakan usaha yang bermanfaat dan memberi hasil, suatu sistem yangdigunakan untuk memproduksi sesuatu dibawah kondisi buatan. Budidaya merupakankegiatan terencana pemeliharaan sumber daya hayati yang dilakukannya pada suatu areallahan untuk diambil manfaat atau hasil panennya (https://brainly.co.id)Strategi Pokok Program Budidaya Ikan dalam pemasarannya adalah:1.Strategi Pemasaran2.Memasarkan produk secara langsung3.Menjual hasil panen di tempat budidaya4.Melakukan kampanye untuk pemasaran langsung5.Pasar untuk produk perikanan6.Usaha restoran atau tempat makan dengan bahan hasil budidaya sendiri.

KEBIJAKAN STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKATStrategi pembangunan ekonomi berbasiskan masyarakat adalah mendorong danmenumbuh kembangkan kesadaran masyarakat, motivasi, dan kemampuannya dalammendayagunakan potensi yang ada berdasarkan nilai-nilai lokal baik budaya, social danekonomi masyarakat.Daerah Kota mojokerto memprioritaskan sektor pertanian dan pariwisata dalampembanguan ekonomi dan wilayahnya.Sektor Pertanian merupakan sektor unggulan yangdiharapkan dapat bersinergi dengan pertumbuhan sektor lainnya seperti pariwisata,perdagangan dan industri.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu padakonsep Milles & Huberman (1992: 20) yaitu interaktif model yang mengklasifikasikan analisisdata, denganpengumpulan dan reduksi data (Data Reduction),penyajian data (DisplayData)dan penarikan kesimpulan (Verifikasi).TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIANTujuan PenelitianDalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai adalah :1. Untuk mengetahui peran aktif yang menjadi penyebab masyarakat sekitar kurangberperan aktif dan kreatif dalam pemanfaatan budidaya ikan sepat di kecamatangondang mojokerto Untuk mengoptimalkan Pemanfaatan nilai ekonomis yang tinggiUntuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat2. ndangUntukMeningkatkan Kesejahteraan MasyarakatTarget Luaran1. Mengoptimalkan Pemanfaatan pedagang kuliner di kecamatan gondang mojokertoUntuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat2. Meningkatkan kualitas hasil-hasil dari pemanfaatan petani ikan sepat terutama daripenduduk sekitar.3. Hasil penelitian akan dipublikasikan dalam jurnal ilmiah lokal dan pengayaan bahanajar.

Metode PenelitianPenelitian ini adalah merupakan penelitian deskriptif. Metode penelitian utama yangdigunakan adalah kualitatif, akan tetapi untuk melengkapi analisis data kualitatif, maka akanditampilkan dan diperkuat pula dengan data-data yang bersifatkuantitatif. Analisa kualitatifyang digunakan adalah deskriptif-induktif, sedangkan data kuantitatifyang digunakanadalah prosentase dalam bentuk tabulasi. sebelum merancang model maka terlebih dahuludilakukan pengolahan data yang dilakukan setelah data terkumpul. Pengolahan data dimulaidari coding, cross check data serta entry data. Setelah dilakukan entry data maka datadianalisis untuk memperoleh gambaran mengenai variabel yang berkaitan denganOptimalisasi Budidaya Ikan Sepat di Kecamatan Gondang pada usaha kuliner.Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif. Metode ini dipakai agar dalammengkaji permasalahan dapat lebih mendalam dan komprehensif. Sesuai dengan medotekualitatif maka dalam menganalisis data akan digunakan kerangka model Pembangunanekonomi yang berbasis masyarakata dalah strategi pembangunan ekonomi yangmenyatakanbahwamasyarakatsendirimemiliki hakuntukmempromosikanvisipembangunan ekonominya dan pertumbuhannya sesuai dengan spesifik budayanya,kehidupannya yang bersumber pada sumberdaya alamnya dan keterbatasan kondisiekologinya. (Manullang, Sastrawan dkk, 2008)Hasil dan PembahasanPotensi budidaya ikan sepat di kawasan desa gondang Kota mojokerto didasarkanpada kondisi klimatologi, topografi, dan geologi yang sangat mendukung pengembanganpembangunan sektor pertanian dan perikanan.Iklim yang sejuk serta pemandangan alamyang indah menjadi modal dasar pengembangan.Juga kesuburan tanah yang mendorongkeunggulan pertanian berpeluang menjadi pendukung kepariwisataan.Potensi objek wisata

yang di Kota mojokerto meliputi wisata agro dan wisata bunga, wisata alam, wisata budaya,wisata rekreasi, wisata minat khusus, wisata sejarah, wisata religi, wisata ziarah, wisatahusada dan wisata kuliner.Budidaya ikan sepat kawasan pariwisata diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhankuliner dan segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata, termasuk pengusahaanobyek dan daya tarik wisata, serta usaha-usaha yang terkait dengan pariwisata.Salah satuupaya yang dilakukan adalah meningkatkan peran Kota mojokerto sebagai kota pertanianorganik berbasis kepariwisataan internsional dengan menguatkan perdagangan hasilperikanan dan industri pertanian (agro-industri) yang diperhitungkan di objek wisata.Perhatian Pemerintah Daerah Kota mojokerto yang besar terhadap sektor perikanandiharapkan dapat meningkatan kesejahteraan para petani baik buruh maupun pengusahapada sektor perikanan.Adapun hambatan yang dihadapi dalam budidaya ikan sepat desa inovasi sektorperikanan di Kota mojokerto diantaranya :1. Selalu terjadi kemacetan lalu lintas ketika hari libur dan musim liburan yangdisebabkan karena jumlah jalan utama kurang dan jalan alternatif yang kelasjalannya belum memenuhi.2. Kurangnya penyelenggaraan pembinaan dalam mempersiapkan masyarakatuntuk siap menjadi wirausaha.3. Kurangnya kemampuan SDM aparatur dalam mempersuasi masyarakatterkait sikap masyarakat terhadap perkembangan perikanan.Strategi Desa Inovasi Perikanan desa gondang kota mojokerto dengan merupakanupayauntuk menjawab permasalahandiatas.Melalui Strategi Pemberdayaan DesaInovasi Perikanan ini dengan wadah kelompok mempunyai kebebasan untuk ngdibutuhkanberdasarkanmusyawarah. Dengan demikian masyarakat merasa memiliki dan bertanggung jawabatas pelaksanaan, pengawasan dan berkelanjutan. Strategi dalam pemberdayaan desa

inovasi sektor perikanan di Kota mojokerto tersebut dapat dilaksanakan melalui kegiatanbudidaya ikan sepat secara bertahap :Untuk ikan air tawar biasanya kita dapat dengan mudah ditemui disekitaran tempatkita, bermacam variasi jenis ikan yang dimana dapat untuk dipelihara dan didapatkannyadengan mudah untuk mendapatkan jenis ikan tidak perlu susah-susah pergi ke sungai untukmemancingnya karena sudah banyak pedagang ikan yang menawarkan berbagai jenis ikantawar.Mungkin kebanyakan orang belum begitu berminat untuk melakukan pemeliharaansalah satu jenis ikan ini, padahal ikan ini memiliki banyak sekali kegunaan ikan ini adalahjenis ikan sepat. Ikan ini dapat kita budidayakan dengan baik sebagai ikan hias, atausebagai ikan konsumsi juga.Dari kegunaan tersebut tergantung dari jenis sepat yang dipelihara, walaupun ikantersebut bernilai lokal tapi pembudidayaan ikan tersebut dapat kita jadikan untuk peluangbisnis yang sangat menguntungkan sekali, asalkan kita dapat melakukan cara budidaya dancara berternak yang sesuai dengan ikan jenis ini.Budidaya Ikan Sepat Menambah Nilai EkonomiIkan ini merupakan ikan air tawar yang dimana biasa hidup saling bergerombolandan dapat ditemui di rawa-rawa, sawah, sungai, danau, dialiran-aliran air yang tenang dandisaluran-saluran irigasi. Ataupun ditempat-tempat yang banyak ditumbuhi tumbuhan gadenganmudahmendapatkannya atau mencarinya dipasar-pasar tradisional. Dilihat selintas ikan ini sepertiikan gurami namun bedanya dari ukuranya, untuk penyebaran ikan tersebut pada umumnyayakni disulawesi dan jawa.

Untuk jenis ikan sepat ada beberapa dapt ditemui, ada yang dijadikan sebagaikonsumsi makanan, ada juga dijadikan sebagai ikan hias. Untuk jenis ikan ini biasanya yangdijumpai di Indonesia yakni jenis ikan sepat rawa dan sepat siam.Untuk ikan sepat rawa pada umumnya merupakan ikan yang dikonsumsi namunsepat rawa juga memiliki variasi yang lainnya yang memiliki warna-warna cerah sehinggabisa untuk dijadikan ikan hias. Dan untuk jenis sepat siam ini kebanyakan disukaidikonsumsi karena memiliki protein yang tinggi.Untuk ikan sepat memiliki ciri-ciri berikut ini : mulutnya sangat kecil, tubuhnya sangatpipih dan bermocong runcing sempit. Untuk ikan sepat rawa ini mempunyai panjang hingga120 mm, sirip ekor berbelah dangkal, berbintik-bintik dan memiliki warna perak buramkebiruan dan kehijauan serta terdapat bercak hitam dimasing-masing tengah sisi tubuh danpada pangkal ekor. Untuk ikan siam memiliki warna-warna misalnya seperti putih, kuningatau merah.Untuk mendapatkan ikan jenis ini kita dapat memanfaatkan ikan sepat sebagaipeluang kita untuk mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis perdagangan ataupenjualan ikan jenis ini. Untuk awal memulainya kita dapat dengan beternak atau denganbudidaya ikan tersebut. Partama-tama siapkan dulu sebuah kolam yang menyurupai ataumirip seperti habitat asli ikan tersebut karena denga begitu mudah untuk ikan sepat untukbertelur. Sebaiknya kolam dibuat tenang tanpa ada aliran airnya.Kemudian campurkan sepat betina dengan jantan untuk mempermudah untukproses perkawinan, untuk memilih bibit betina pilihlah yang sudah matang telur, untukperbandingan yakni 1 : 1 antara sepat yang betina dengan sepat yang jantan. Untuksebelum melakukan pemijahan sepat jantan akan membuat sarang busa yang akannantinya dipakai sebagai tempat untuk penyimpanan telur ikan tersebut.Selanjutnya baiknya meletakkan jerami diatas permukaan kolam untuk dapatmelindungi telur yang berada di sarang busa dari terik matahari langsung maupun air hujan,

biasanya telur akan mengambang tepat berada dibawah sarang busa tepat dibawah jeramiyang mengapung. Setelag bertelur kemudian dipisahkan yang betina dan yang jantan yangakan memelihara telur-telurnya hingga menetas 2-3 hari sejak pembuahan.Larva telur yang beru menetas belum memerlukan pakan dari luar hingga hari yangketujuh karena ia akan memakan kuning telurnya. Pakan yang baik untuk ikan ini yaituplankton atau bisa juga larva-larva serangga.Cara PembesaranUntuk pembesaran ikan sepat dapat dilakukan setelah ikan ini sudah mencapai umur2 bulan, pada usia tersebut ikan sepat akan lebih mampu untuk dapat melindungi darihewan bias lainnya.agar mendapatkan hasil yang cukup maksimal ikan diberikan pakan luarseperti tepung daun, dedek, daun singkong, kangkung dan yang lainnya. Karena pakanyang tumbuh didalam kolam bisa terbatas jumlahnya cara ternak dan pembesaran yang baikakan memberikan hasil ikan yang baik juga.Budidaya ikan sepat dalam kolam sangat berperan dalam membantu pedagangkuliner sumber mata pencarian secara umum, karena pedagang yang dilakukan secaraterus menerus akan meningkatkan kelestarian ikan dan penghasilandi gondang desatersebut. Peningkatan bagi penghasilan secara ekonomi pada umumnya dilakukan tanpamemperhatikan ukuran ikan. Dengan adanya sistim budidaya ikan sepat dalam kolam, makadiharapkan anak-anak ikan yang ikut tertangkap akan dibudidayakan, sehingga akanmempunyai nilai ekonomi yang tinggi dibandingkan bila ditangkap waktu masih kecil.Secara garis besar, peranan budidaya ikan sepat dalam kolam adalah :1) Mendukung usaha peningkatan pembinaan sumber hayati di pertanian umum.2) Meningkatkan produksi Wan yang bernilai ekonomi tinggi serta memenuhi kebutuhankonsumsi ikan secara terus menerus.3) Meningkatkan pendapatan Para petani ikan serta kesejahteraan petani ikan sepanjangtahun.

4) Menghindari adanya masa paceklik bagi para petani dimana pada musim barat parapetani tidak dapat menangkap ikan.5) Memperluas lapangan kerja bagi nelayan dan masyarakat secara umum.KesimpulanBerdasarkan hasil dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :1. Ikan sepat mampu hidup dan beradaptasi di lingkungan budidaya, serta dapat diberipakan buatan seperti umumnya ikan-ikan yang dibudidayakan.2. Variasi jenis ikan sepat tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dankelangsungan hidup ikan sepat yang dipelihara dilingkungan budidaya dan mudasekali di dapat disekitar rawa-rawa atau sungai di sekitar daerah kecamatangondang mojokerto.3. Merata laju pertumbuhan relatif ekonomis yang terbaik adalah pada petani ikan danpedagang kuliner. Bagi petaniyang terdapat dalam perairan tersebut m

Budidaya ikan air tawar asli dari daerah tersebut terkendala dalam proses pengolahan dng inovasi yg baru, sistem pemasaran dan pendistribusian. Oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan agar pemberdayaan masyarakat yang ada di Kecamatan Gondang kabupaten mojokerto dapat dioptimalkan dan menambah sumber penghasilan dari masyarakat setempat melalui usaha kuliner daerah tersebut. Dalam .

Related Documents:

Budidaya ikan di air tawar pada awal tahun 1900 mulai dikenal di Sumatera Barat dan Jawa Barat. Jenis ikan yang dipelihara adalah ikan mas (Cyprinus carpio L). Secara pasti sulit diketahui kapan budidaya ikan secara intensif dimulai, namun kemajuan yang pesat di Indonesia baru terjadi dalam beberapa puluh tahun terakhir. Pada tahun 1970-an telah diperkenalkan teknologi baru budidaya ikan di .

Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar Cahaya Maju merupakan kelompok usaha yang ada di Desa Rantau Tijang Kabupaten Tanggamus. Pengembangan budidaya ikan air tawar dari mulai dibentuknya kelompok budidaya ikan air tawar tahun 2016 sampai dengan saat ini selalu mengalami kenaikan dari tahun 2016-2018. Budidaya ikan Air Tawar merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, karna .

Pembesaran Ikan Karper di kolam BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR. Budidaya Rotifera v PERISTILAHAN Aerasi : Pemberian udara ke dalam air untuk penambahan oksigen. Aerator : Alat bertenaga listrik yang berfungsi menambahkan udara ke dalam air untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut Blower/Aerator : Alat untuk menyalurkan udara ke dalam air budidaya Budidaya : Suatu kegiatan pemeliharaan organisme. DO .

SNI 8228.3:2015, Cara budidaya ikan yang baik (CBIB) Bagian 3: Ikan hias 4. SNI 8228.4:2015, Cara budidaya ikan yang baik (CBIB) Bagian 4: Ikan air tawar 5. SNI 8228.5:2015, Cara budidaya ikan yang baik (CBIB) Bagian 5: Ikan laut di kara

ember, menyimpulkan dan merekomendasikan sistem budidaya ikan dalam ember. Proses desain dan pembuatan sistem budidaya ikan dilakukan di Laboratorium Budidaya Perikanan Politeknik Negeri Lampung. Pengujian kinerja serta pengamatan hasil desain media budidaya dilakukan di Kelurahan Tanju

Salahsatu ikan hias yang mudah dipelihara, budidaya ikan cupang tidak perlu tempat yang luas dan modal yang besar, bisa dilakukan sebagai usaha rumahan. Ikan cupang biasanya di jual di toko/kios ikan hias, penggemmar ikan cupang

II. TINJAUAN PUSTAKA A. Ikan lele Ikan lele (Clarias gariepinus) merupakan salah satu komoditas perikanan yang cukup popular di masyarakat. Ikan ini berasal dari benua Afrika dan pertama kali didatangkan ke Indonesia pada tahun 1984. Ikan lele atau ikan keli, adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar.

akuntansi perusahaan jasa bahan ajar untuk diklat guru akuntansi sma jenjang dasar oleh: drs. h.b. suparlan, mpd kementerian pendidikan nasional badan pengembangan sumber daya pendidik dan penjaminan mutu pendidikan pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan kewarganegaraan dan ilmu pengetahuan sosial 2006