Pengembangan Silabus Dan RPP Kurikulum 2013

3y ago
29 Views
3 Downloads
2.15 MB
60 Pages
Last View : 11d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Annika Witter
Transcription

Pengembangan Silabus dan RPPKurikulum 2013Catatan Pengantar

Pembelajaran K13 Kurikulum 2013 mengembangkan dua modus prosespembelajaran yaitu proses pembelajaranlangsung dan proses pembelajaran tidaklangsung.

Pembelajaran Langsung Proses pembelajaran langsung adalah prosespendidikan di mana peserta didikmengembangkan pengetahuan, kemampuanberpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung dengan sumberbelajar yang dirancang dalam silabus danRPP berupa kegiatan-kegiatanpembelajaran.

Dalam pembelajaran langsung tersebut pesertadidik melakukan kegiatan belajar mengamati,menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasi atau menganalisis, danmengkomunikasikan apa yang sudahditemukannya dalam kegiatan analisis. Proses pembelajaran langsung menghasilkanpengetahuan dan keterampilan langsung atau yangdisebut dengan instructional effect.

Pembelajaran Tidak Langsung Pembelajaran tidak langsung adalah prosespendidikan yang terjadi selama prosespembelajaran langsung tetapi tidak dirancangdalam kegiatan khusus. Pembelajaran tidak langsung berkenaan denganpengembangan nilai dan sikap.

Berbeda dengan pengetahuan tentang nilai dan sikap yangdilakukan dalam proses pembelajaran langsung oleh matapelajaran tertentu, pengembangan sikap sebagai prosespengembangan moral dan perilaku dilakukan olehseluruh mata pelajaran dan dalam setiap kegiatan yangterjadi di kelas, sekolah, dan masyarakat.

PELAKSANAAN Baik pembelajaran langsung maupun pembelajaran tidaklangsung terjadi secara terintegrasi dan tidak terpisah. Pembelajaran langsung berkenaan denganpembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkandari KI-3 dan KI-4. Keduanya, dikembangkan secara bersamaan dalam suatuproses pembelajaran dan menjadi wahana untukmengembangkan KD pada KI-1 dan KI-2. Pembelajaran tidak langsung berkenaan denganpembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkandari KI-1 dan KI-2.

Proses pembelajaran terdiri atas limapengalaman belajar pokok yaitu:MengamatiMenanyaMengumpulkan informasiMengasosiasiMengkomunikasikan

SILABUS

Pengertian Silabus KTSP :Rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompokmata pelajaran/ tema tertentu yang mencakupstandar kompetensi, kompetensidasar, materi pokok/ pembelajaran,kegiatan pembelajaran, indikatorpencapaian kompetensi untuk penilaian,penilaian, alokasi waktu, dansumber belajar (BSNP, 2006: 14).

Pengertian Silabus K13merupakan rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaranyang mencakup KompetensiInti,Kompetensi Dasar, materipembelajaran, kegiatan pembelajaran,penilaian, alokasi waktu, dan sumberbelajar. (Permen No 59 tahun 2014 ttg K13)

Prinsip Pengembangan SIlabus1. Ilmiah4. Konsisten7. Fleksibel2. Relevan5. Memadai8. Menyeluruh3. Sistematis6. Aktual &Kontekstual

UNIT WAKTU SILABUS1. Disusun berdasarkan alokasi waktu ygdisediakan untuk mata pelajaran2. Memperhatikan alokasi per semester, per tahun3. Implementasi pembelajaran per semester menggunakanpenggalan silabus sesuai dengan Standar Kompetensi danKompetensi Dasar (KTSP) dan Kompetensi IntiKompetensi Dasar (k13)

PENGEMBANG SILABUSOleh guru secara mandiri atau kelompokMGMP, PKG, dan Dinas Pendidikan

LANGKAH PENGEMBANGAN1. Mengkaji SK-KD/ KI-KD2. Mengidentifikasi materi/ pokok pembelajaran3. Mengembangkan kegiatan pembelajaran

MENENTUKAN INDIKATORPENCAPAIAN KOMPETENSIIndikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yangditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakupsikap, pengetahuan, dan keterampilan.Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, matapelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalamkata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.

MENENTUKAN JENIS PENILAIANPenilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukanberdasarkan indikator.Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuktertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap,penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk,penggunaan portofolio, dan penilaian diri.

MENENTUKAN ALOKASI WAKTUAlokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakanperkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasaryang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam.

MENENTUKAN SUMBER BELAJARSumber belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yangdigunakan untuk kegiatan pembelajaran, yang berupamedia cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkunganfisik, alam, sosial, dan budaya.

CONTOH MODELSILABUS

KATA KUNCIKTSP1. Struktur Kurikulum : Permen No 22 Tahun 20062. Panduan Penyusunan Kurikulum KTSP BSNPK131.2.Struktur Kurikulum : Permendikbud No 59 Tahun 2014Implementasi Kurikulum : Permen No 81 A Tahun 2013

RPP

HAKIKAT RPP Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah rencanapembelajaran yang dikembangkan secara rinci darisuatu materi pokok atau tema tertentu yangmengacu pada silabus.

HAKIKAT RPP RPP mencakup:(1) data sekolah, matapelajaran, dan kelas/semester(2) materi pokok(3) alokasi waktu(4) tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi(5) materi pembelajaran; metode pembelajaran(6) media, alat dan sumber belajar(6) langkah-langkah kegiatan pembelajaran(7) penilaian

WAKTU PENGEMBANGAN RPP Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awalsemester atau awal tahun pelajaran, denganmaksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalamsetiap awal pelaksanaan pembelajaran.

PELAKSANA PENGEMBANGAN RPP Pengembangan RPP dapat dilakukan secara mandiri atausecara berkelompok. Jika pengembangan RPP dilakukan oleh guru secaraberkelompok melalui MGMP antarsekolah atauantarwilayah, maka dikoordinasikan dan disupervisi olehpengawas atau dinas pendidikan.

Komponen dan Sistematika RPPtujuan pembelajaranmateri pembelajaranmetode pembelajaransumber belajarpenilaian

1. Mengkaji Silabus Secara umum, untuk setiap materi pokok pada setiap silabusterdapat 4 KD sesuai dengan aspek KI (sikap kepada Tuhan,sikap diri dan terhadap lingkungan, pengetahuan, danketerampilan). Untuk mencapai 4 KD tersebut, di dalam silabus dirumuskankegiatan peserta didik secara umum dalam pembelajaranberdasarkan standar proses.

Kegiatan peserta didik ini merupakan rincian darieksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, yakni:mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengolah, dan mengkomunikasikan Kegiatan inilah yang harus dirinci lebih lanjut di dalam RPP,dalam bentuk langkah-langkah yang dilakukan guru dalampembelajaran, yang membuat peserta didik aktif belajar. Pengkajian terhadap silabus juga meliputi perumusanindikator KD dan penilaiannya.

2. Mengidentifikasi Materi Pembelajaranpotensi peserta didikrelevansi dengan karakteristik daerahtingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, danspritual peserta didikkebermanfaatan bagi peserta didikstruktur keilmuanaktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaranrelevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutanlingkunganalokasi waktu

3. Menentukan Tujuan Tujuan dapat diorganisasikan mencakup seluruh KDatau diorganisasikan untuk setiap pertemuan. Tujuan mengacu pada indikator, paling tidakmengandung dua aspek: Audience (peserta didik) danBehavior (aspek kemampuan).

4. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikanpengalaman belajar yang melibatkan proses mental danfisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didikdengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalamrangka pencapaian KD. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melaluipenggunaan pendekatan pembelajaran yangbervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perludikuasai peserta didik.

5. Penjabaran Jenis Penilaian Dalam silabus telah ditentukan jenis penilaiannya. Penilaian pencapaian KD peserta didik dilakukanberdasarkan indikator.

Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan nontesdalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja,pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyekdan/atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri. Oleh karena pada setiap pembelajaran peserta didikdidorong untuk menghasilkan karya, maka penyajianportofolio merupakan cara penilaian yang harus dilakukanuntuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.

6. Menentukan Alokasi Waktu Penentuan alokasi waktu pada setiap KD didasarkanpada jumlah minggu efektif dan alokasi waktumatapelajaran per minggu dengan mempertimbangkanjumlah KD, keluasan, kedalaman, tingkatkesulitan, dan tingkat kepentingan KD. Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabusmerupakan perkiraan waktu rerata untukmenguasai KD yang dibutuhkan oleh peserta didikyang beragam. Oleh karena itu, alokasi tersebut dirinci dandisesuaikan lagi di RPP.

7. Menentukan Sumber BelajarSumber belajar adalah rujukan, objek dan/ataubahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran,yang berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, danbudaya.

CONTOH MODEL RPP

BAHAN AJAR

PEMBELAJARAN SOSIOLOGI(ILMU SOSIAL)SUBSTANSI ?

Materi pembelajaran pada prosespembelajaran mengandungberbagai kategori :

1. FAKTA suatu nama, objek, atau peristiwa yangterjadi secara nyata pada suatu daerah atautempat tertentu Contoh :a.b.Founding Father Sosiologi : Max Weber, EmileDurkheim, Karl MarxPeristiwa Sejarah : Proklamasi Kemerdekaan45

2. KONSEP materi pembelajaran dalam bentuk definisi/batasan atau pengertian dari suatu objek, baikyang bersifat abstrak maupun konkret Kata kerja operasional : definisikan, klasifikasikan,identifikasikan, ciri-ciri dari, dst Contoh : Konsep interaksi sosial

3. PRINSIP dasar atau asas yang menunjukkan hubungan antara berbagaikonsep yang telah teruji kebenarannya sehingga berlaku dimana saja dan kapan saja Sifat kebenarannya yang universal Disebut juga dalil, rumus, dogma Contoh : prinsip multikultural, prinsip kesetaraan

4. PROSEDUR tahapan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan kegiatanatau aktivitas tertentu atau secara singkat sering juga disebuttatacara Contoh : Langkah penelitian sosial

5. NILAI sesuatu yang diyakini kebenarannya dan berguna bagikehidupan masyarakat dan manusia pada umumnya nilai mewujud dalam sikap dan perbuatan manusia Contoh : menghargai perbedaan, toleransi, kesetaraan dst

KOMPETENSIPENGETAHUANKETERAMPILANSIKAPBAHAN AJAR1. Fakta2. Konsep3. Prinsip4. Prosedur5. Nilai

Jadi, Bahan Ajar adalah ?Bahan atau material atau sumber belajar yangmengandung substansi kemampuan tertentu yangakan dicapai oleh siswa.Mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikapyang dipelajari siswa dalam rangka mencapaikompetensi.

SYARAT BAHAN AJAR

SYARAT1. BAHAN AJAR yang mampu membelajarkan siswa,meskipun tanpa ada atau tanpa bantuan guru2. BAHAN AJAR yang bersifat uraian atau paparan materisubtansial.

BENTUK BAHAN AJAR

1. BUKU TEKS Dalam Kurikulum 2013 pemerintah mempersiapkan buku guru dan buku siswa BUKU SISWA panduan aktifitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasaikompetensi tertentu BUKU GURU :1)2)Buku guru dipersiapkan Pemerintah dengan bekerjasama melalui penerbitBerisi langkah pembelajaran didesain dengan pendekatan saintifik

Manfaat Buku Siswa1.2.3.4.5.Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-KegiatanPembelajaranPenghubung antar Guru, Sekolah dan Orang TuaLembar Kerja SiswaSkenario Langkah-langkah PembelajaranMedia Komunikasi antara Guru dan SiswaRekomendasi Pemerintah (Permen no 65 tahun 2014)Cempaka Putih, Media Tama, Srikandi

Manfaat Buku GuruSebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa2) Sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas3) Penjelasan tentang Metode dan Pendekatan Pembelajaranyang digunakan dalam proses Pembelajaran1)

2. DIKTAT bahan ajar yang disusun berdasarkan kurikulum dan silabus,terdiri dari bab-bab yang memuat materi pelajaran Bahan ajar ditulis secara ringkas dan padat denganmencantumkan semua referensi/teori yang dikutip dariorang lain Ditulis oleh guru untuk mata pelajaran tertentu Format : 3 bagian (awal-isi-akhir)a. Awal : identitas, kata pengantar, daftar isib. Isi : Bab sesuai pokok bahasanc. Akhir : Daftar pustaka, biodata penulis

3. MODUL satuan bahan ajar yang dapat dipelajari sendiri oleh siswa (selfinstructional) Ditulis untuk satu kompetensi mata pelajaran Ciri :Tampilan menarik, Bahasa sederhana,Terdapat ilustrasi,terdapat berbagai kegiatan pembelajaran (I,II, III) Format :a. Deskripsi tujuan pembelajaran/ kompetensi hasil belajarb. Petunjuk belajarc. Uraian materid. Bahan bacaane. Soal latihan & kunci jawaban

4. HANDOUT bahan ajar yang ditulis dalam beberapa lembar kertas berisi informasi dan materi pelajaran yang diberikan kepada siswaketika mengikuti kegiatan pembelajaran teori Format :a. Kompetensi hasil belajar/ tujuan pembelajaranb. Uraian materic. Kesimpuland. Referensie. Tugas/ soal latihan

5. LEMBAR KERJA SISWA lembaran di mana siswa mengerjakan sesuatu terkait denganapa yang sedang dipelajarinya Format :a. Identitasb. KDc. Indikatord. Tujuan pembelajarane. Pengantarf. Petunjuk Kerjag. Soal/ Tugas

Dalam Kurikulum 2013 pemerintah mempersiapkan buku guru dan buku siswa BUKU SISWA panduan aktifitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu BUKU GURU : 1) Buku guru dipersiapkan Pemerintah dengan bekerjasama melalui penerbit 2) Berisi langkah pembelajaran didesain dengan pendekatan saintifik

Related Documents:

SILABUS A. Silabus Implementasi Kurikulum 2013 B. Silabus Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013 Silabus Assesmen dan Penetapan Peminatan Peserta Didik D. Silabus Praktik Pelayanan Bimbingan dan Konseling dalam BAGIAN 3: 2.1 MATERI PELATIHAN 1. Materi Pelatihan 1 : Implementasi Kurikulum 2013 1.1 Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum 2013

RPP A1.2.1 RPP A1.2.2 RPP A1.2.3 RPP A1.2.4 B1.3.1 RPP B1.3.2 RPP B1.3.3 RPP B1.3.4 Quadro A BT MV/LV TF Quadro de Paralelismo Genset Quadro Gerão MT PDUs PDUs Bypass Bypass Quadro B BT MV/LV TF RPPs RPPs PFC . data center usando

Memiliki kemampuan mengembangkan silabus dan RPP Matematika SMP. B. Peta Bahan Ajar 1. Bahan ajar ini merupakan bahan ajar pada Diklat Guru Pemandu/Guru Inti/Pengembang Matematika SMP/MTs Tahun 2010 2. Mata diklat: a. Teknik Pengembangan Silabus dan RPP Matematika SMP (3 jam). b. Pengembangan Silabus dan RPP Matematika SMP (10 jam). 3.

B Pengembangan Kurikulum 2013 C Uji Publik 2 E Rencana Impelementasi Kurikulum 2013 D Alternatif Struktur Kurikulum A Rasional Pengembangan Kurikulum 2013. Rasional Pengembangan Kurikulum A 3. Tantangan Internal 1a 4-Rehab Gedung Sekolah-Penyediaan Lab dan Perpustakaan-Penyediaan Buku Kurikulum 2013

global data center portfolios in the industry 2,500 customers financially stable for the long term (5)metropolitan bbb bbb 33 areas (1) 150 properties (1) 26 . rpp bcm bcm bcmpdu basement 2nd floor rpp 3rd floor ups rpp bcm bcm bcm rpp bcm bcm bcm rpp bcm bcm bcm rpp bcm bcm bcm ups rpp

satu yang didesentralisasi adalah kurikulum. Sekolah harus menyusun kurikulum 1 Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011), 1. 2 E. Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya 2013), 4. 3 Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum (Bandung: PT. Rodakarya 2013), 113.

Silabus Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP tahun 2020 memuat lingkup materi yang akan diujikan pada kegiatan KSN. Materi dalam silabus ini mengacu kurikulum yang berlaku dan silabus kompetisi internasional. Isi silabus ini terdiri dari tiga bidang studi yang .

Model Kurikulum Sekolah Alam: Telaah Terhadap Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar ABS (Alam Bengawan Solo) Klaten. Skripsi. Surabaya: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pembimbing : (1) Drs. Sutikno, M.Pd.I, (2) Moh. Faizin, M.Pd.I Kata Kunci : Model Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, Sekolah Alam