EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BERNYANYI BERBASIS MEDIA .

3y ago
37 Views
2 Downloads
6.31 MB
178 Pages
Last View : 1m ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Macey Ridenour
Transcription

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BERNYANYIBERBASIS MEDIA GAMBAR TERHADAPPENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB PADAKELAS III MATERI أعضاءاألسرة DI MI MIFTAHULAKHLAQIYAH TAMBAK AJI SEMARANGTAHUN AJARAN 2018/2019SKRIPSIDiajukan untuk Memenuhi Tugas dan Melengkapi SyaratGuna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikandalam Ilmu Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyaholeh:IDATUL FITHROHNIM. 1503096003FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUANUNIVERSITAS ISLAM NEGRI WALISONGO SEMARANG2019

PERNYATAAN KEASLIANYang bertanda tangan di bawah ini:NamaNIMJurusan: Idatul Fithroh: 1503096003: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)Menyatakan bahwa skripsi yang berjudul:EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BERNYANYIBERBASIS MEDIA GAMBAR TERHADAP PENGUASAANMUFRODAT BAHASA ARAB PADA KELAS III MATERI أعضاءاألسرة DI MI MIFTAHUL AKHLAQIYAH TAMBAK AJISEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019Secara keseluruhan adalah hasil penelitian saya sendiri, kecuali bagiantertentu yang dirujuk dari sumbernya.Semarang, 16 April 2019Yang menyatakan,Idatul FithrohNIM: 1503096003ii.

KEMENTERIAN AGAMA R.IUNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGOFAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUANJalan Prof. Hamka (Kampus II) Km.2 Semarang 50185PENGESAHANNaskah skripsi berikut ini:JudulNamaNIMJurusanProgram Studi: Efektivitas Penerapan Metode Bernyanyi BerbasisMedia Gambar Terhadap Penguasaan MufrodatBahasa Arab pada Kelas III Materi أعضاءاألسرة di MIMiftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarang TahunAjaran 2018/2019: Idatul Fithroh: 1503096003: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI): S1Telah diujikan dalam sidang munaqosyah oleh Dewan Penguji Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang dan dapat diterimasebagai salah satu syarat memperoleh gelar sarjana dalam Pendidikan GuruMadrasah Ibtidaiyah.Semarang, 19 Juni 2019DEWAN PENGUJIKetuaSekretarisH. Fakrur Rozi, M.AgNIP. 19691220 199503 1 001Dr. Hj. Sukasih, M. PdNIP. 19570202 199203 2 001Penguji I,Penguji II,Hj. Zulaikha, M. Ag., M. PdNIP. 19760130 200501 2 001Agus Khunaifi, M. AgNIP. 19760226 200501 1 004Pembimbing I,Pembimbing II,H. Fakrur Rozi, M.AgNIP. 19691220 199503 1 001Hj. Tuti Qurrotul Aini, M.SiNIP. 19721016 199703 2 001iii.

NOTA DINASSemarang, 16 April 2019KepadaYth. Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KeguruanUIN Walisongodi SemarangAssalamu’alaikum wr. wb.Dengan ini diberitahukan bahwa saya telah melakukan bimbingan,arahan dan koreksi naskah skripsi dengan:Judul:NamaNIMJurusan:::Efektivitas Penerapan Metode BernyanyiBerbasis Media Gambar Terhadap PenguasaanMufrodat Bahasa Arab pada Kelas III Materi أعضاءاألسرة di MI Miftahul Akhlaqiyah TambakAji Semarang Tahun Ajaran 2018/2019Idatul Fithroh1503096003Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahSaya memandang bahwa naskah skripsi tersebut sudah dapat diajukankepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo untukdiujikan dalam Sidang Munaqosyah.Wassalamu’alaikum wr. wb.Pembimbing IH. Fakrur Rozi, M.Ag.NIP. 19691220 199503 1 001iv.

NOTA DINASSemarang, 16 April 2019KepadaYth. Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KeguruanUIN Walisongodi SemarangAssalamu’alaikum wr. wb.Dengan ini diberitahukan bahwa saya telah melakukan bimbingan,arahan dan koreksi naskah skripsi dengan:Judul:NamaNIMJurusan:::Efektivitas Penerapan Metode BernyanyiBerbasis Media Gambar Terhadap PenguasaanMufrodat Bahasa Arab pada Kelas III Materi أعضاءاألسرة di MI Miftahul Akhlaqiyah TambakAji Semarang Tahun Ajaran 2018/2019Idatul Fithroh1503096003Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahSaya memandang bahwa naskah skripsi tersebut sudah dapat diajukankepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo untukdiujikan dalam Sidang Munaqosyah.Wassalamu’alaikum wr. wb.Pembimbing IIHj. Tuti Qurrotul Aini, M.S.INIP. 19721016 199703 2 001v.

ABSTRAKJudul: Efektivitas Penerapan Metode Bernyanyi Berbasis MediaGambar Terhadap Penguasaan Mufrodat Bahasa ArabPada Kelas III Materi أعضاءاألسرة di MI Miftahul AkhlaqiyahTambak Aji Semarang Tahun Ajaran 2018/2019Nama : Idatul FithrohNIM : 1503096003Skripsi ini membahas tentang efektivitas penerapan metodeBernyanyi berbasis media gambar terhadap penguasaan mufrodat bahasaArab pada kelas III materi أعضاءاألسرة di MI Miftahul Akhlaqiyah TambakAji Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh metode pembelajaranyang diterapkan di kelas kurang bervariasi, sehingga siswa menjadi jenuh,penguasaan mufrodat kurang optimal, dan belum sesuai harapan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan metodeBernyanyi berbasis media gambar terhadap penguasaan mufrodat bahasaArab pada kelas III materi أعضاءاألسرة di MI Miftahul Akhlaqiyah TambakAji Semarang.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakandi MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarang. Bentuk eksperimendalam penelitian ini adalah posttest only. Penelitian ini merupakanpenelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalahseluruh populasi yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol.Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis denganmenggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakananalisis uji t. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yangmenerapkan metode Bernyanyi berbasis media gambar adalah 80,4 dankelompok kontrol yang tidak menerapkan metode Bernyanyi berbasismedia gambar adalah 67,93 berdasarkan uji perbedaan rata-rata diperolehthitung 4,066 dan ttabel 1,675, uji t akhir menunjukkan bahwa padapenelitian ini thitung ttabel, maka, penerapan metode Bernyanyi berbasismedia gambar efektif terhadap penguasaan mufrodat bahasa Arab padakelas III materi أعضاءاألسرة di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak AjiSemarang.Kata kunci: efektivitas, metode Bernyanyi berbasis media gambar,penguasaan mufrodat.vi.

TRANSLITERASI ARAB-LATINPenulisan transliterasi huruf-huruf Arab Latin dalam skripsiini berpedoman pada SKB Menteri Agama dan Menteri Pendidikandan Kebudayaan R.I. Nomor: 158/1987 dan Nomor: 0543b/U/1987.Penyimpangan penulisan kata sandang [al-] disengaja secara konsistenagar sesuai teks Arabnya. ا a ط ṭ ب b ظ ẓ ت t ع „ ث ṡ غ g ج j ف f ح ḣ ق q خ kh ك k د d ل l ذ z م m ر r ن n ز z و w س s ه h ش sy ء ‟ ص ṣ ي y ض ḍBacaan Madd:a a panjangI i panjangu u panjangBacaan Diftong:au ْ اَو ai ْ ْاَي iy ْ اِي .vii

KATA PENGANTARDengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagiMaha Penyayang, atas limpahan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya,akhirnya peneliti ini mampu menyelesaikan skripsi ini dengan baikdan lancar. Sholawat serta salam senantiasa pula tercurahkankehadirat beliau Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan parapengikutnya dengan harapan semoga mendapatkan syafa‟atnya di harikiamat nanti.Skripsi yang berjudul “Efektivitas Penerapan MetodeBernyanyi berbasis Media Gambar terhadap Penguasaan Mufrodatbahasa Arab pada Kelas III Materi أعضاءاألسرة di MI MiftahulAkhlaqiyah Tambak Aji Semarang Tahun Ajaran 2018/2019” inidisusun untuk memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelarsarjana Strata satu (S.1) pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KeguruanUniversitas Islam Negeri Walisongo Semarang.Penulisan skripsi ini, peneliti mendapatkan bimbingan danjuga arahan serta saran dari berbagai pihak, sehingga penyusunanskripsi ini dapat diselesaikan. Oleh karena itu, peneliti inginmenyampaikan terima kasih kepada:1. Dr. H. Raharjo, M.Ed., St. selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyahdan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.2. H. Fakrur Rozi, M.Ag. selaku Ketua Jurusan PGMI Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri WalisongoSemarang.3. Kristi Liani Purwanti, S.Si., M.Pd. selaku Sekretaris Jurusan PGMIFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam NegeriWalisongo Semarang.4. H. Fakrur Rozi, M.Ag. selaku Pembimbing I skripsi sekaligusDosen Wali yang telah meluangkan waktu, tenaga dan fikirannyauntuk selalu memberikan bimbingan, sehingga skripsi ini dapatterselesaikan.viii.

5.Hj. Tuti Qurrotul Aini, M.S.I selaku Pembimbing II skripsi yangtelah meluangkan waktu, tenaga dan fikirannya untuk selalumemberikan bimbingan, sehingga skripsi ini dapat terselesaikan.6. Segenap dosen PGMI dan civitas akademika Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri WalisongoSemarang yang telah memberikan bekal pengetahuan kepadapeneliti selama dibangku kuliah.7. Segenap dewan penguji sidang skripsi yang sudah memberikanbanyak sekali saran dan kritikan sehingga skripsi ini menjadilebih sempurna.8. Moh. Miftahul Arief, S.Pd.I, M.Pd selaku Kepala Madrasah danRif‟an Ulil Huda, M.Pd selaku Wakil Kepala Madrasah besertasegenap guru MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarangyang telah bersedia menerima dan membantu penelitimengadakan penelitian.9. Keluarga tercinta khususnya kedua orang tuaku ayahandaMuhillin dan ibunda Rosyidah yang tak pernah berhentimendoakan dan memberikan motivasi sehingga skripsi initerselesaikan dengan lancar dan terima kasih atas cinta, kasih,nasihat serta segala pengorbanan dalam mendidik penulis denganpenuh kesabaran.10. K.H. Romo Abbas Masrukhin dan Ibu Nyai Maimunah selakupengasuh Pondok Pesantren Al-Ma‟rufiyyah Beringin Semarangyang selalu sabar mendidik para santrinya, mendoakan danmendukung peneliti.11. Seluruh keluarga Bidikmisi Community (BMC) Walisongo 2015terutama (Muna dan Inayah) yang selalu memberikan semangat,motivasi dan doa kepada peneliti untuk bersama-sama lulus tepatwaktu.12. Seluruh keluarga Lab.Bidikmisi PGMI dari angkatan 2015 s/d2018 terutama (Zakia, Dina, Ifa, Ririn, Abida, Maun, Risma)yang selalu memberikan semangat, motivasi dan doa kepadapenulis.ix

13. Seluruh keluarga KKN Reguler ke-71 Posko 24 Botorejo,Wonosalam, Demak yang selalu memberikan semangat kepadapenulis.14. Seluruh keluarga Pondok Pesantren Al-Ma‟rufiyyah BeringinTimur Semarang terutama (mbak Faza dan mbak Nikmah) yangselalu memberikan motivasi, semangat dan doa kepada peneliti.15. Seluruh keluarga kamar Minhajul Abidin (Linda, Eka, Lia) danalumni kamar Minhajul Abidin (mbak Umi, mbak Daru, mbakDira, mbak Dini, mbak Ana dan mbak Nofi) yang telahmemberikan semangat, motivasi, dan doa kepada peneliti.16. Seluruh keluarga PGMI 2015 terutama PGMI A terima kasihtelah menjadi teman belajar untuk 4 tahun ini.17. Semua pihak yang telah membantu dalam penulisan skripsi iniyang tidak dapat disebutkan satu persatu.Semoga Allah SWT senantiasa membalas semua amalkebaikannya dengan sebaik-baik balasan. Penulis berharap semogaskripsi ini bermanfaat bagi kita semua.Semarang, 16 April 2019Peneliti,Idatul FithrohNIM.1503096003x.

DAFTAR ISIHALAMAN JUDUL .PERNYATAAN KEASLIAN .PENGESAHAN .NOTA PEMBIMBING .ABSTRAK .TRANSLITERASI .KATA PENGANTAR .DAFTAR ISI .DAFTAR TABEL .DAFTAR LAMPIRAN .BAB IBAB IIhalamaniiiiiiivviviiviiixixiiixivPENDAHULUANA. Latar Belakang Masalah .B. Rumusan Masalah .C. Tujuan dan Manfaat Penelitian.177PENERAPANMETODEBERNYANYIBERBASIS MEDIA GAMBAR TERHADAPPENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARABPADA KELAS III MATERI أعضاءاألسرة A. Deskripsi Teori .1. Efektivitas .2. Metode Bernyanyi .a. Pengertian Metode Bernyanyi .b. Langkah-langkah Metode Bernyanyic. Kelebihan dan Kekurangan MetodeBernyanyi .3. Media Gambar .a. Pengertian Media Gambar .b. Persyaratan Media Gambar .c. Kelebihan dan Kekurangan MediaGambar .4. Penguasaan Mufrodat bahasa Arab .a. Pengertian Pembelajaran BahasaArab .xi9910101314141417181919

b. Pengertian Penguasaan Mufrodat .c. RuangLingkupPembelajaranBahasa Arab di MI .d. Kompetensi Inti, Kompetensi Dasardan Indikator .e. Materi Mufrodat أعضاءاألسرة .B. Kajian Pustaka Relevan .C. Rumusan Hipotesis .BAB IIIBAB IVBAB V202122252631METODE PENELITIANA. Jenis Penelitian dan Pendekatan PenelitianB. Tempat dan Waktu Penelitian .C. Populasi Penelitian .D. Variabel dan Indikator Penelitian .E. Teknik Pengumpulan Data .F. Teknik Analisis Data .333434353740DESKRIPSI ANALISIS DATAA. Deskripsi Data .B. Teknik Analisis Instrumen.C. Teknik Analisis Data .D. Pembahasan Hasil Penelitian .E. Keterbatasan Penelitian .5257657072PENUTUPA. Kesimpulan .B. Saran .C. Penutup .747575.xii

DAFTAR TABELTabel 3.1Tabel 3.2Tabel 3.3Tabel 4.1Tabel 4.2Tabel 4.3Tabel 4.4Tabel 4.5Tabel 4.6Tabel 4.7Tabel 4.8Tabel 4.9Tabel 4.10Tabel 4.11Tabel 4.12Kriteria Pengujian Reliabilitas, 46Kriteria Tingkat Kesukaran, 47Kriteria Nilai Daya Beda, 48Analisis Validitas Soal Uji Coba Posttest, 58Kriteria Pengujian Reliabilitas, 60Tingkat Kesukaran Soal Uji Coba Posttest,61Persentase Kriteria Tingkat Kesukaran, 62Analisis Daya Beda Soal Uji Coba Posttest, 63Persentase Kriteria Daya Beda, 64Hasil Uji Normalitas Tahap Awal, 66Sumber data Homogenitas Nilai Awal, 66Hasil Uji Kesamaan Rata-rata, 67Hasil Uji Normalitas Akhir, 68Hasil Uji Homogenitas Akhir, 68Hasil Uji Perbedaan Rata-rata, 69.xiii

DAFTAR LAMPIRANLampiran 1Profil MadrasahLampiran 2Daftar Siswa Kelas Uji CobaLampiran 3Daftar Siswa Kelas EksperimenLampiran 4Daftar Siswa Kelas KontrolLampiran 5Silabus Bahasa Arab Materi Anggota KeluargaLampiran 6Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas EksperimenLampiran 7Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas KontrolLampiran 8Kisi-kisi SoalLampiran 9Soal Uji CobaLampiran 10Kunci Jawaban Soal Uji CobaLampiran 11Analisis Butir SoalLampiran 12Analisis ValiditasLampiran 13Analisis ReliabilitasLampiran 14Analisis Tingkat KesukaranLampiran 15Analisis Daya BedaLampiran 16Kisi-kisi PosttestLampiran 17Soal PosttestLampiran 18Kunci Jawaban Soal PosttestLampiran 19Daftar Nilai Uji CobaLampiran 20Daftar Nilai Pretest (UAS)Lampiran 21Daftar Nilai PosttestLampiran 22Uji Normalitas Awal Kelas III ALampiran 23Uji Normalitas Awal Kelas III BLampiran 24Uji Homogenitas Awalxiv .

Lampiran 25Uji Kesamaan Rata-rataLampiran 26Uji Normalitas Akhir Kelas Eksperimen (III A)Lampiran 27Uji Normalitas Akhir Kelas Kontol (III B)Lampiran 28Uji Homogenitas AkhirLampiran 29Uji Perbedaan Rata-rataLampiran 30Lirik Lagu Mufrodat أعضاءاألسرة Lampiran 31Foto Media GambarLampiran 32Foto-foto PenelitianLampiran 33Lembar ObservasiLampiran 34Lembar WawancaraLampiran 35Contoh Lembar Jawab SoalLampiran 36Contoh Hasil Penguasaan Mufrodat Kelas EksperimenLampiran 37Tabel Nilai Kritis LilieforsLampiran 38Tabel Nilai r Product MomentLampiran 39Surat Penunjukan Pembimbing SkripsiLampiran 40Surat Pengesahan ProposalLampiran 41Surat Izin Riset PenelitianLampiran 42Surat Keterangan PenelitianLampiran 43Surat Keterangan Uji LaboratoriumLampiran 44Daftar Riwayat Hidup.xv

BAB IPENDAHULUANA. Latar BelakangBelajar dan mengajar merupakan dua konsep yang tidakbisa dipisahkan dalam kegiatan pengajaran. Belajar mengacukepada apa yang dilakukan oleh individu (siswa), sedangkanmengajar menunjuk kepada guru sebagai pemimpin belajar. 1Dengan adanya kegiatan belajar mengajar maka terjalinhubungan timbal balik antara siswa dan guru ketika pembelajaranberlangsung. Dalam hubungan timbal balik tersebut siswadiarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan materiyang telah disampaikan oleh guru.Sebagian besar proses pembelajaran saat ini masihberpusat pada guru. Hal ini memberikan dampak yang kurangbaik. Pembelajaran di kelas peserta didik diarahkan kepadakemampuan untuk menghafal informasi tanpa dituntut untukmemahami informasi yang diingatnya, untuk menghubungkandalam kehidupan sehari-hari.2 Salah satu cara untuk mengatasipermasalahan ini adalah dengan mengubah pembelajarankonvensional (ceramah) dengan model pembelajaran yang aktifdan kreatif. Selain itu guru perlu menggunakan media1Nana Sudjana, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses BelajarMengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010), 8.2Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar ProsesPendidikan, (Jakarta: Kencana, 2007), 1.1

pembelajaran agar peserta didik antusias dan termotivasi selamaproses pembelajaran.Pengajaran bahasa ada tiga istilah yang perlu dipahamipengertian dan konsepnya secara tepat, yakni pendekatan, metodedan teknik. Pendekatan merupakan titik tolak atau sudut pandangkita terhadap proses pembelajaran.3 Metode merupakan suatucara yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telahditetapkan. Sedangkan teknik merupakan cara yang dilakukanseseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode.4Ketiga aspek ini saling berhubungan dan harus dipahami olehguru karena dengan menentukan pendekatan maka guru dapatmemilih metode yang tepat untuk peserta didik. Setelahmenentukan metode maka guru dapat menentukan cara yangdilakukan agar metode yang dipilih dapat berjalan efektif dantercapainya tujuan pembelajaran.Ketika pra riset di kelas III MI Miftahul AkhlaqiyahTambak Aji Semarang pada tanggal 29 November 2018 gurukelas III mata pelajaran bahasa Arab masih menggunakan metodeceramah dan tidak menggunakan media. Guru kelas III matapelajaran bahasa Arab hanya menggunakan buku paket atau LKSsaja. Ketika peserta didik diperintah oleh guru untuk membacamufrodat secara bersama-sama sebagian peserta didik banyak3Zainal Aqib dan Ali Murtadlo, Kumpulan Metode PembelajaranKreatif dan Inovatif, (Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 2016), 5.42Sanjaya, Strategi Pembelajaran., 127.

yang tidak mengikuti, bahkan ada yang belum membukabukunya. Selain itu, sebagian dari mereka berbicara denganteman sebangkunya, menggambar di buku tulis, bermain kertasdengan temannya dan mengerjakan pekerjaan rumah matapelajaran lain ketika proses pembelajaran berlangsung. Pesertadidik cenderung kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar.Kurang aktifnya peserta didik pada kegiatan belajar mengajarmaka berpengaruh pada penguasaan mufrodat peserta didik.Mereka merasa sulit menguasai mufrodat karena tidak adaketertarikan dalam pembelajaran dan guru hanya monotonberceramah tidak menggunakan media pembelajaran.5Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas III A danB MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarang mengatakanbahwa penguasaan mufrodat bahasa Arab peserta didik masihkurang dan peserta didik cenderung tidak menyukai pelajaranbahasa Arab. Sehingga setiap pembelajaran peserta didik seringgaduh sendiri dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Selainwawancara dengan guru kelas III, peneliti juga melakukanwawancara kepada peserta didik. Hasil wawancara penelitikepada peserta didik kelas III mengatakan bahwa pelajaranbahasa Arab membosankan dan sulit karena terlalu terbebanidengan mufrodat yang banyak. Setiap mendapat mufrodat baruharus dihafalkan sehingga membuat peserta didik jenuh dan5Pra riset di kelas III MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarangpada hari Kamis, 29 November 2018.3

kurang tertarik dalam kegiatan belajar mengajar. Penguasaanmufrodat yang diterapkan guru kelas III berupa hafalan yangmonoton tanpa ada kreasi dari guru. Ole

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan metode Bernyanyi berbasis media gambar terhadap penguasaan mufrodat bahasa Arab pada kelas III materi ةرسلأاءاضعأ di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarang.

Related Documents:

dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Metode Bernyanyi pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Ma‟arif NU 1 Pageraji, apakah sudah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum.

PENELITIAN Metode penelitian yang digunakan dapat dipilih sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian yang hendak dicapai. Secara umum, metode yang digunakan dalam penelitian yaitu (a) metode deskriptif, (b) metode eksperimen, (c) metode historis, (d) metode pengembangan, (e) metode tindakan, dan (f) metode kualitatif.

7. Metode Exstended Quadratic Interior Point (EQIP) Sama dengan metode Karmakar, metode EQIP merupakan salah satu metode untuk menyelesaikan masalah program linier. Metode EQIP adalah metode deterministik yang merupakan pengembangan metode Karmakar. Metode EQIP dikembangakan oleh James A. Momoh. Metode EQIP bisa digunakan untuk

Metode demonstrasi adalah metode mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau memperlihatkan keseluruh kelas tentang suatu proses untuk melakukan sesuatu. Adapun aspek yang penting dalam penggunaan metode demostrasi ini adalah, metode demonstrasi akan menjadi metode yang tidak

Metode drill dan metode demonstrasi merupakan metode yang cocok digunakan untuk melatih kemandirian anak tunagrahita menjalankan ibadah mahdhah. Sebab mereka memiliki keterbatasan IQ, memori yang sangat pendek dan selalu bergantung dengan orang lain. Dan kedua metode tersebut bisa digabungkan dengan metode-metode yang

“Efektivitas Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fiqih dalam Bagi Siswa Kelas VIII MTs Tribakti Singosari Malang”. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi besar Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya yang telah menuntun manusia ke jalan yang benar, di jalan yang diridai Allah SWT.

biasa digunakan dalam pembelajaran IPA diantaranya metode ceramah, demonstrasi, eksperimen dan diskusi. Selain itu ada metode-metode lain yang dapat dilakukan seperti metode proyek, brainstorming, bermain peran dan karyawisata. Pada pelaksanaannya setiap metode pembelajaran memiliki langkah-langkah yang berbeda.

The Project Gutenberg EBook of First Course in the Theory of Equations, by Leonard Eugene Dickson This eBook is for the use of anyone anywhere at no cost and with almost no restrictions whatsoever. You may copy it, give it away or re-use it under the terms of the Project Gutenberg License included with this eBook or online at www.gutenberg.org Title: First Course in the Theory of Equations .