Konsep Keperawatan Transkultural . - Nursing Science

2y ago
13 Views
2 Downloads
2.96 MB
18 Pages
Last View : 15d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Duke Fulford
Transcription

Konsep Keperawatan TranskulturalLeinenger's TeorySTART

Daftar isidefinisi teori Leinengerteori sunrise modelkomponen dalam sunrisemodelPeran teori Leinenger dalamproses keperawatan

Definisi Teori LeinengerTranskultural Nursing adalah suatuarea/wilayah keilmuwan budayapada proses belajar dan praktekkeperawatan yang fokus memandangperbedaan dan kesamaan diantarabudaya dengan menghargai asuhan,sehat dan sakit didasarkan pada nilaibudaya manusia, kepercayaan dantindakan, dan ilmu inidigunakan untuk memberikan asuhankeperawatan khususnya budaya ataukeutuhan budaya kepada manusia.

Definisi Teori LeinengerDisiplin IlmuAntropologiDr. M.leiningerkontekskeperawatanmenjabarkanLeininger beranggapan bahwasangatlah pentingmemperhatikan keanekaragamanbudaya dan nilai-nilai dalampenerapan asuhan keperawatankepada klien. Bila hal tersebutdiabaikan oleh perawat,akan mengakibatkan terjadinyacultural shock.konsep keperawatanpemahaman tentangadanya perbedaannilai-nilai kulturalyang melekat dalammasyarakat

Definisi Teori LeinengerCultural shock perawat tidakmampu beradaptasidengan klien perbedaan nilaibudayaan &kepercayaan munculnya rasaketidaknyamanan,ketidakberdayaanbeberapa mengalamidisorientasipenurunan kualitaspelayanan keperawatanyang diberikan

Definisi Teori LeinengerAsumsi mendasar dari teori perilaku Caring.Caring adalah esensi dari keperawatan : Membedakan, Mendominasi & mempersatukantindakan keperawatan.Tindakan Caring dikatakan tindakan yang dilakukandalam memberikan dukungan pada individu secara utuh.Caring semestinya diberikan kepada manusia sejak Lahir Perkembangan Pertumbuhan masa pertahanan sampai dikala manusia itu meninggal.

Teori Sunrise ModelTeory keperawatan transkultural matahari terbit,sehingga di sebut juga sebagai matahariterbit (sunrise model ). Melambangkan esensikeperawatan dalam transkultural yangmenjelaskan bahwa sebelum memberikan askeppada klien (individu, keluarga, komunitas,lembaga), perawat harus mempunyaipengetahuan mengenai pandangan dunia(worldview) tentang dimensi,budaya & struktursosial bersyarat dalam lingkungan yang sempit.

Komponen Sunrise Model1.2.7 komponen“SunriseModel”3.4.5.6.7.Faktor agama dan falsafah hidup(religious and philosophical factors)Faktor sosial dan keterikatan keluarga(kinship and social factors)Nilai-nilai budaya dan gaya hidup(cultural value and life ways)Faktor kebijakan dan peraturan yangberlaku (political and legal factors)Faktor ekonomi (economical factors)Faktor pendidikan (educational factors)Faktor tekhnologi

Teori Sunrise Model

Tindakan keperawatan harus memperhatikantiga prinsip asuhan keperawatanculture care preservation/maintenance,prinsip membantu,memfasilitasi,atau memperhatikanfenomena budaya guna membantu individu menentukantingkatan kesehatan dan gaya hidup yang di inginkan. Culture care accommodation/negatiation,Prisip membantu,memfasilitasi/memperhatikan fenomenabudaya yang merefleksikan cara-cara untuk beradaptasi,bernegosiasi/mempertimbangkan kondisi kesehatan dan gayahidup individu/klien. culture care repatterning/restructuringprinsip merekonstruksi/mengubah desain untuk membantumemperbaiki kondisi kesehatan dan pola hidup klien ke arahlebih baik.

Konsep dalam Transkultural BudayaAdalah norma atau aturan tindakan dari anggotakelompok yang dipelajari, dan dibagi sertamemberi petunjuk dalam berfikir, bertindak danmengambil keputusan. Nilai budayaAdalah keinginan individu atau tindakan yanglebih diinginkanatau sesuatu tindakan yangdipertahankan pada suatu waktu tertentudanmelandasi tindakan dan keputusan.

Konsep dalam Transkultural Perbedaan budayaDalam asuhan keperawatan merupakan bentuk yangoptimal dari pemberian asuhan keperawatan, mengacupada kemungkinan variasi pendekatan keperawatan yangdibutuhkan untuk memberikan asuhan budaya yangmenghargai nilai budaya individu, kepercayaan dantindakantermasuk kepekaan terhadap lingkungan dariindividu yang datang dan individu yang mungkin kembalilagi (Leininger, 1985). EtnosentrisPersepsi yang dimiliki oleh individu yang menganggapbahwa budayanya adalah yang terbaik

Konsep dalam Transkultural EtnisBerkaitan dengan manusia dari ras tertentu atau kelompokbudaya yang digolongkan menurut ciri-ciri dan kebiasaanyang lazim. RasAdalah perbedaan macam-macam manusia didasarkanpada mendiskreditkan asal-muasal manusia. EtnografiAdalah ilmu yang mempelajari budaya.

Konsep dalam Transkultural Carefenomena yang berhubungan dengan bimbingan, bantuan,dukungan perilaku pada individu, keluarga, kelompokdengan adanya kejadian untuk memenuhi kebutuhan baikactual maupun potensial untuk meningkatkan kondisi dankualitas kehidupan manusia. Caringtindakan langsung yang diarahkan untukmembimbing,mendukung dan mengarahkan individu,keluarga atau kelompok pada keadaan yang nyata atauantisipasi kebutuhan untuk meningkatkan kondisikehidupan manusia

Konsep dalam Transkultural Cultural CareBerkenaan dengan kemampuan kognitif untukmengetahui nilai,kepercayaan dan pola ekspresiyang digunakan untuk mebimbing, mendukungatau memberi kesempatan individu, keluarga ataukelompok untuk mempertahankan kesehatan,sehat, berkembang dan bertahan hidup, hidupdalam keterbatasan dan mencapai kematiandengan damai.

Konsep dalam Transkultural Cultural impositionBerkenaan dengan kecenderungan tenagakesehatan untuk memaksakankepercayaan, praktik dan nilai diatasbudaya orang lainkarena percaya bahwaide yang dimiliki oleh perawat lebih tinggidaripada kelompok lain.

Peran teori Leinenger dalamproses keperawatantransculturalnursing teoryPeranperawatansistem han keperawatanoleh karena itu perawat harus mampu membuatkeputusan dan rencana tindakan keperawatan yangakan diberikan kepada masyarakat (perencanaantindakan keperawatan)

Terimakasih

leininger pemahaman tentang adanya perbedaan nilai-nilai kultural yang melekat dalam masyarakat Leininger beranggapan bahwa sangatlah penting memperhatikan keanekaragaman budaya dan nilai-nilai dalam penerapan asuhan keperawatan kepada klien. Bila hal tersebut diabaikan oleh perawat,

Related Documents:

paradigma keperawatan transkultural sebagai cara pandang, keyakinan, nilai-nilai, konsep-konsep dalam terlaksananya asuhan keperawatan yang sesuai dengan latar belakang budaya terhadap; 4 konsep sentral keperawatan yaitu : manusia, sehat, lingkungan dan keperawatan (Andrew and Boyle, 1995).

diberikan kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan buku ajar” Konsep Keperawatan Keluaraga”. Buku ini ditulis untuk membantu memenuhi kebutuhan perkembangan trend dan isu ilmu keperawatan khususnya Keperawatan Keluarga sesuai dengan kurikulum tahun 2019 dan juga membantu mahasiswa keperawatan memahami konsep tentang keperawatan sebagai landasan dalam pengembangan profesi keperawatan .

Buku Panduan Kegiatan Mahasiswa IKD II ini dibuat berdasarkan kompetensi dari Ilmu Keperawatan Dasar II yang meliputi konsep spiritual, holistic care, pendidikan dalam keperawatan, trend issue dalam keperawatan, transcultural nursing, komunikasi dalam keperawatan, tehnik kolaborasi dalam keperawatan.

keperawatan,Kode etik keperawatan,Issue etik,Masalah etik,Dilema etik dalam keperawatan, Bioetik keperawatan,Hak dan kewajiban perawat dan pasien,Aspek legal dalam praktik keperawatan, danKeputusan etik. Cakupan mata kuliah ini membahas tentang etika keperawatan Untuk dapat mengaplikasikan mata kuliah tersebut diperlukan berbagai

Mampu memberikan asuhan keperawatan pada area spesialisasi (keperawatan m edikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, atau keperawatan komunitas . pada pasien Stroke 3. P enyuluhan dan konseling pada pasein hipertensi 4. Penanga

KARYA TULIS ILMIAH ASUHAN KEPERAWATAN LANSIA OSTEOPOROSIS DENGAN MASALAH KEPERAWATAN GANGGUAN MOBILITAS FISIK DI UPTD GRIYA WERDHA JAMBANGAN SURABAYA Untuk Memperoleh Gelar Ahli Madya Keperawatan Pada Program Studi DIII Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya Disusun Oleh : DESSY ARMADANI 20150660010 PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN .

keperawatan sesuai NANDA NIC-NOC sebagian besar rencana tindakan keperawatan dapat dilaksanakan pada implementasi keperawatan dan evaluasi keperawatan terhadap diagnosa keperawatan yang ditemukan dapat teratasi. Diharapkan bagi perawat ruangan agar dapat lebih giat lagi dalam melakukan implementasi dan pendokumentasian untuk lebih meningkatkan .

Konsep model teori keperawatan yang akan diuraikan pada part ini adalah Virginia Handerson, Dorothea Orem, dan Ramona T Mercer : 1. Virginia Henderson Virginia Henderson lahir pada 1897, di Kansas City. Ia memperkenalkan definisi keperawatan. Definisinya tentang keperawatan dipengaruhi oleh latar belakang pendidikannya dan kecintaanya dengan keperawatan saat Ia melihat korban-korban perang .