Pedoman Penskoran Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

3y ago
578 Views
47 Downloads
216.98 KB
16 Pages
Last View : 6d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Aliana Wahl
Transcription

1Pedoman Penskoran Kemampuan Berpikir Kritis Matematis SiswaAspek nRespon Siswa terhadap SoalSkorTidak menjawab atau memberikan jawaban yang salah.Menemukan dan mendeteksi hal-hal yang penting dari soal yangdiberikan.Menemukan dan mendeteksi hal-hal yang penting, tetapi membuatkesimpulan yang salah.Menemukan dan mendeteksi hal-hal yang penting serta membuatkesimpulan yang benar, tetapi melakukan kesalahan dalamperhitungan.Menemukan dan mendeteksi hal-hal yang penting, serta membuatkesimpulan yang benar, serta melakukan perhitungan yang benar.Tidak menjawab, atau memberikan jawaban yang salahBisa menentukan fakta, data, dan konsep, tetapi belum bisamenghubungkannya.Bisa menentukan fakta, data, konsep dan bisa menghubungkandan menyimpulkannya antara fakta, data, konsep yang didapattetapi salah dalam melakukan perhitungan.Bisa menentukan fakta, data, konsep dan bisa menghubungkandan menyimpulkan antara fakta, data, konsep yang didapat danbenar dalam melakukan perhitunganBisa menentukan fakta, data, konsep dan bisa menghubungkandan menyimpulkan antara fakta, data, konsep yang didapat danbenar dalam melakukan perhitungan serta menguji kebenaran darijawabanTidak menjawab; atau memberikan jawaban yang salahBisa menemukan fakta, data, dan konsep tetapi belum bisamenghubungkan antara fakta, data, konsep yang didapat.Bisa menemukan fakta, data, dan konsep serta bisamenghubungkan antara fakta, data, dan konsep, tetapi salah dalamperhitungannyaBisa menemukan fakta, data, konsep dan bisa bisamenghubungkannya, serta benar dalam melakukan perhitungannya.Bisa menemukan fakta, data, konsep dan bisa bisamenghubungkannya, serta benar dalam melakukanperhitungannya, dan mengecek kebenaran hubungan yang terjadi012340123401234Sumber: Dasa Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMPMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPIBandung. Tidak Dipublikasi.

2Aspek yangDiukurMenganalisisMemecahkanMasalahRespon Siswa terhadap SoalSkorTidak menjawab, atau memberikan jawaban yang salah.Bisa menentukan informasi dari soal yang diberikan, tetapibelum bisa memilih informasi yang pentingBisa menentukan informasi dari soal yang diberikan, dan bisamemilih informasi yang pentingBisa menentukan informasi dari soal yang diberikan, bisamemilih informasi yang penting, dan memilih strategi yangbenar dalam menyelesaikannya, tetapi melakukan kesalahandalam melakukan perhitungan.Bisa menentukan informasi dari soal yang diberikan, bisamemilih informasi yang penting, serta memilih strategi yangbenar dalam menyelesaikannya, dan benar dalam melakukanperhitungan.Tidak menjawab atau memberikan jawaban yang salahMengidentifikasi soal (diketahui, ditanyakan, kecukupanunsur) dengan benar tetapi model matematika yang dibuatsalahMengidentifikasi soal (diketahui, ditanyakan, kecukupanunsur) dengan benar dan membuat model matematikanyadengan benar, tetapi penyelesaiannya salah.Mengidentifikasi soal (diketahui, ditanyakan, kecukupanunsur) dengan benar dan membuat model matematika denganbenar serta benar dalam penyelesaiannya.Mengidentifikasi soal (diketahui, ditanyakan, kecukupanunsur) membuat dan menyelesaikan model matematikadengan benar, dan mencek kebenaran jawaban yangdiperolehnya.0123401234Sumber: Dasa Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMPMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPIBandung. Tidak Dipublikasi.

3TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATISJenjang/Mata PelajaranPokok BahasanKelas/Waktu: SMP/ Matematika: Persamaan Linier dan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel: VIII/ 60 menitPetunjuk :1. Tulislah nama dan kelasmu pada lembar jawaban yang telah disediakan.2. Bacalah dan kerjakanlah soal berikut ini dengan teliti, cepat dan tepat.3. Boleh mengerjakan tidak sesuai nomor urut soal.Soal1.2.3.4.5.Garis g melalui melalui titik pada gambar. Tentukanlah persamaan garis h yang tegaklurus dengan garis g dan melalui titik (-4,-3).Diketahui garis p dengan persamaan 3y – 5x 1 0. Tentukan persamaan garisa. yang sejajar garis p dan melalui titik (2,-1).b. yang tegak lurus garis p dan melalui titik (3,-2).Reza berumur 3 tahun lebih tua dari Gabi. Ayah mereka berumur dua kali jumlahumur mereka. Jumlah umur mereka bertiga adalah 63. Berapakah umur Gabi, Rezadan ayahnya.Bila panjang sebuah persegi panjang ditambah 2 cm dan lebarnya ditambah 3 cm,maka persegi panjang tersebut menjadi suatu persegi. Bila panjang persegi panjangtersebut ditambah 3 cm dan lebarnya ditambah 2 cm maka luas persegipanjangtersebut bertambah 43 cm2. Berapakah panjang dan lebar persegipanjang mula-mula?Diketahui titik A(– 2, 4), B(6,2), dan C(0, –4). Titik D adalah titik tengah AC, titik Etitik tengah BC, dan titik F titik tengah AB. Jelaskanlah kedudukan garis DF denganBC, EF dengan AC, dan DE dengan AB.Sumber: Dasa Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMPMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPIBandung. Tidak Dipublikasi.

4Pedoman Penskoran Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis SiswaAspek aan(originality)Respon Siswa terhadap Soal atau MasalahSkorTidak menjawab atau salah mendeteksi pernyataan atau situasisehingga memberikan jawaban salah.Salah mendeteksi pernyataan atau situasi, tetapi memberikan sedikitpenjelasan yang mendukung penyelesaian.Mendeteksi pernyataan atau situasi dengan benar, tetapimemberikan jawaban yang salah atau tidak dapat dipahami.Mendeteksi pernyataan atau situasi dengan benar tetapi memberikanjawaban kurang lengkap.Mendeteksi pernyataan atau situasi serta memberikan jawabandengan benar dan lengkap.Tidak menjawab atau memberikan jawaban yang salah.012340Terdapat kesalahan dalam jawaban dan tidak disertai perincian.1Terdapat kesalahan dalam jawaban tapi disertai perincian yangkurang detil.Terdapat kesalahan dalam jawaban tapi disertai perincian yang rinci.2Memberi jawaban yang benar dan rinci.4Tidak menjawab atau memberikan ide yang tidak relevan.0Memberikan sebuah ide yang tidak relevan dengan pemecahanmasalah.Memberikan sebuah ide yang relevan tapi penyelesaiannya salah.1Memberikan lebih dari satu ide yang relevan tetapi jawabannyamasih salah.Memberikan lebih dari satu ide yang relevan dan penyelesaiannyabenar dan jelas.Tidak menjawab atau memberikan jawaban dengan satu cara ataulebih tetapi semua salah.Memberikan jawaban hanya satu cara tetapi memberikan jawabanyang salah.Memberikan jawaban dengan satu cara, proses perhitungan danhasilnya benar.Memberikan jawaban lebih dari satu cara (beragam) tetapi hasilnyaada yang salah karena terdapat kekeliruan dalam proses perhitungan.Memberikan jawaban lebih dari satu cara (beragam), prosesperhitungan dan hasilnya benar.Tidak menjawab atau memberi jawaban yang salahMemberi jawaban dengan caranya sendiri tetapi tidak dapatdipahamiMemberi jawaban dengan caranya sendiri, proses perhitungan sudahterarah tetapi tidak seleasi.Memberi jawaban dengan caranya sendiri tetapi terdapat kekeliruandalam proses perhitungan sehingga hasilnya salah.Memberi jawaban dengan caranya sendiri, proses perhitungan danhasilnya benar.32340123401234Sumber: Dasa Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMPMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPIBandung. Tidak Dipublikasi.

5TES KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATISJenjang/Mata PelajaranPokok Bahasan: SMP/ Matematika: Persamaan Garis Lurus dan Sistem Persamaan Linier DuaVariabel: VIII/ 80 menitKelas/WaktuPetunjuk :1. Tulislah nama dan kelasmu pada lembar jawaban yang telah disediakan.2. Baca dan kerjakan semua soal berikut ini dengan teliti, cepat, dan tepat.3. Boleh mengerjakan tidak sesuai nomor urut soal.Soal1. Sebuah bilangan asli yang terdiri atas dua angka sama dengan 7 kali jumlah angkaangkanya. Jika kedua angka tersebut ditukar letaknya maka akan diperoleh bilanganbaru yang nilainya 18 lebih dari jumlah angka-angkanya. Tentukanlah bilangan yangdimaksud dengan lebih dari satu cara?2. Tentukan persamaan garis lurus pada gambar berikut dengan berbagai cara (minimal2)!YqpX3. Persamaan garis g membentuk segitiga siku-siku dengan sumbu-sumbu koordinatdan mempunyai luas 32 satuan luas. Jika garis g melalui titik (4,0), maka tentukanpersamaan garis g tersebut!4. Bila pembilang dan penyebut sebuah pecahan masing-masing dikurangi 5, maka1, Bila pembilang dan penyebut masing-masing ditambah 1pecahan itu menjadi22maka pecahan itu menjadi. Berapakah pecahan yang dimaksud?3Sumber: Dasa Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMPMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPIBandung. Tidak Dipublikasi.

6KUNCI JAWABAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS1. MengidentifikasiDiketahuiGaris g melalui titik (3,4) dan (–1,2)Garis g tegak lurus dengan garis hGaris h melalui titik (–4,–3)Ditanya : persamaan garis hJawab:Menentukan gradien garis g yang melalui titik (3,4) dan (–1,2)gradien garis g yang melalui titik (3,4) dan (–1,2) adalahmg 4 22 1 3 ( 1) 4 2Menentukan garis h melalui titik (–4,–3), dimana gradiennya tegak lurus dengangaris gpersamaan garis h melalui titik (–4,–3)Karena garis g tegak lurus dengan garis h maka mg .mh –1Jadi ½ .mh –1mh –2Jadi persamaan garis h adalah y – (–3) –2(x – (-4))y 3 –2x – 8y –2x – 11Jadi persamaan garis h adalah y –2x – 112. MenghubungkanDiket:Garis p dengan persamaan 3y – 5x 1 0Ditanya :Persamaan garis yang sejajar dengan garis p dan melalui (2,–1)Persamaan garis yang tegak lurus dengan garis p dan melalui (3,–2)JawabMisal persamaan garis yang melalui (2,–1) dan sejajar garis p adalahy mx cKarena titik (2, –1) terletak pada garis y mx c, makaSumber: Dasa Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMPMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPIBandung. Tidak Dipublikasi.

7–1 m.2 cKarena garis y mx c sejajar dengan garis p: 3y – 5x 1 0Maka gradien garis y mx c sama dengan gradien garis 3y – 5x 1 0Gradien garis 3y – 5x 1 0 adalah3y 5x – 1y 51x–33mp 53–1 5.2 c3c 133Jadi persamaan garis yang sejajar dengan garis p, dan melalui (2,–1) adalahy 5 13x ()333y 5x – 135x – 3y – 13 03. Pemecahan masalahDiket :Usia Reza 3 tahun lebih tua dari GabiAyah mereka berumur dua kali jumlah umur merekaJumlah umur Gabi,Reza, dan Ayah adalah 63Ditanya :Berapa Umur Gabi?Jawab :Tahap Membuat rencana penyelesaian masalahMisalkanUmur Gabi xUsia Reza 3 tahun lebih tua dari GabiMaka umur Reza x 3Sumber: Dasa Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMPMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPIBandung. Tidak Dipublikasi.

8Tahap melaksanakan penyelesaian masalahAyah mereka berumur dua kali jumlah umur merekaArtinyaUmur ayah adalah 2 ( x x 3 ) 2 (2x 3)Jumlah umur Gabi,Reza, dan Ayah adalah 63Artinyax ( x 3) 2 (2x 3 ) 63maka x x 3 2 (2x 3) 636x 9 636x 63- 96x 54x 54/6x 9Jadi Umur Gabi 9 tahunUmur Reza x 3 9 3 12 tahunUmur Ayah 2 ( 2x 3) 2(2.9 3) 2(18 3) 2.21 42 tahunTahap memeriksa hasil penyelesaian masalahJumlah umur Gabi,Reza, dan Ayah adalah 9 12 42 63Umur Reza 3 tahun lebih tua dari Gabi, maka 9 3 124. MenganalisisDiket : Sebuah persegi panjang.Bila panjang ditambah 2 cm dan lebarnya ditambah 3 cm, maka empat persegitersebut menjadi persegi.Bila panjang ditambah 3 cm dan lebarnya ditambah 2 cm, maka luas empat persegitersebut bertambah 43 cm.Ditanya :Panjang dan lebar persegi panjang tersebut.Misal panjang persegipanjang tersebut adalah p.Dan lebar persegipanjang tersebut adalah l.Bila panjang ditambah 2 cm dan lebarnya ditambah 3 cm, maka persegipanjangtersebut menjadi persegi.Sumber: Dasa Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMPMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPIBandung. Tidak Dipublikasi.

9Bila panjang ditambah 3 cm dan lebarnya ditambah 2 cm, maka luas empat persegitersebut bertambah 43 cm2.Jawab:Bila panjang ditambah 2 cm dan lebarnya ditambah 3 cm, maka persegipanjangtersebut menjadi persegi.Artinya p 2 dan l 3, maka empat persegi tersebut menjadi persegi.Artinya p 2 l 3p l 1Bila panjang ditambah 3 cm dan lebarnya ditambah 2 cm, maka luas empat persegitersebut bertambah 43 cm2.Artinya :( p 3 ) ( l 2 ) p l 43pl 2p 3l 6 pl 432p 3l 372(l 1) 3l 375l 35l 7p l 1 8Panjang dan lebar persegi panjang tersebut adalah 8 dan 7.Memeriksa hasil penyelesaian masalahKarena panjang dan lebar persegi panjang tersebut adalah 8 dan 7, maka biladitambah panjangnya 2 cm dan lebarnya 3 cm menjadi 8 2 10, 7 3 10, hal inimenunjukkan bahwa panjang dan lebarnya adalah samaBila ditambah panjangnya 3 cm dan lebarnya 2 cm menjadi 8 3 11, 7 2 911 .9 8.7 43 56 43 99Hal ini menunjukkan bahwa luas empat persegi tersebut bertambah 43 cm2, darisebelumnya adalah 8.7 56 cm2.Sumber: Dasa Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMPMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPIBandung. Tidak Dipublikasi.

10KUNCI JAWABAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF1. OriginalityDiketahuiSebuah bilangan asli yang terdiri dari dua angka.Nilai bilangan tersebut sama dengan tujuh kali besar jumlah angka-angkanya.Bila bilangan tersebut bertukar tempat, maka bilangan tersebut 18 lebihnya darijumlah angka-angkanya.Ditanya : berapakah bilangan tersebut?Jawab.Karena bilangan tersebut terdiri dari dua angka, dan nilainya tujuh kali besar jumlahangka-angkanya, maka bilangan tersebut adalah kelipatan 7.Jadi kemungkinan bilangan tersebut adalah 14, 21, 28, 35, 42, 49, 56, 63, 70, 77, 84,91, dan 98.Karena bilangan tersebut sama dengan tujuh kali jumlah angka-angkanya, makakemungkinannya adalah 21, 42, 63, sebab21 7(2 1)42 7(4 2)63 7(6 3)Bila angka-angka pada bilangan tersebut bertukar letaknya, maka bilangan tersebutakan menjadi 12, 24, 36.Karena bila bilangan tersebut bertukar letaknya, maka bilangan tersebut 18 lebihnyadari jumlah angka-angkanya.Jadi kemungkinan bilangan tersebut adalah 24, 36Diantara kedua bilangan ini, yang benar adalah 24, sebab36 18 (3 6), sedangkan24 18 (2 4) 24Jadi bilangan tersebut adalah 42Cara lain:Karena bilangan tersebut adalah bilangan asli yang terdiri dari dua angka, makamisalkan bilangan tersebut adalah xy.Nilai bilangan tersebut sama dengan tujuh kali besar jumlah angka-angkanya, makaxy 7(x y)Sumber: Dasa Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMPMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPIBandung. Tidak Dipublikasi.

11Karena xy bilangan puluhan maka,10x y 7(x y)10x y 7x 7y3x 6yx 2yKarena bila bilangan tersebut bertukar tempat, maka bilangan tersebut 18 lebihnyadari jumlah angka-angkanya, makayx 18 x y10y x 18 x y9y 18y 2akibatnyax 2y 2.2 4Jadi bilangan tersebut adalah 422. Sensitivity dan flexibilityDiketahuiGaris memotong sumbu X pada absis p, dan memotong sumbu Y pada ordinat qDitanya: persamaan garis tersebut?Jawab.Cara 1qpXGaris memotong sumbu X pada absis p, dan memotong sumbu Y pada ordinat qAkibatnya gradien garis tersebut adalahSumber: Dasa Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMPMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPIBandung. Tidak Dipublikasi.

12Karena garis tersebut miring ke kiri maka gradiennya menjadi – , dan persamaangarisnya y –x cKarena garis memotong sumbu Y pada ordinat q, maka persamaaan garisnya menjadiy –x qCara 2Misalkan persamaan garis tersebut adalah y mx cGaris memotong sumbu X pada absis p, maka titik potongnya adalah (p,0)Garis memotong sumbu Y pada ordinat q, maka titik potongnya adalah (0,q)Karena titik (p,0) dan (0,q) terletak pada garis y mx c, maka0 mp qm – (1)danq m.0 cc q (2)dengan mensubstitusikan (1) dan (2) ke y mx c , maka didapaty –x qJadi persamaan garis tersebut adalah y –x qCara 3Garis memotong sumbu X pada absis p, maka titik potongnya adalah (p,0)Garis memotong sumbu Y pada ordinat q, maka titik potongnya adalah (0,q)Karena titik (p,0) dan (0,q) terletak pada garis, maka gradiennya adalah –Persamaan garis melalui titik (p,0) dengan gradieny–0 –y –adalah(x – p)x qJadi persamaan garis tersebut adalah y –x qSumber: Dasa Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMPMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPIBandung. Tidak Dipublikasi.

13Cara 4Garis memotong sumbu X pada absis p, maka titik potongnya adalah (p,0)Garis memotong sumbu Y pada ordinat q, maka titik potongnya adalah (0,q)Karena titik (p,0) dan (0,q) terletak pada garis, maka gradiennya adalah –Persamaan garis melalui titik (0,q) dengan gradieny–q –y –adalah(x – 0)x qJadi persamaan garis tersebut adalah y –x qCara 5Garis memotong sumbu X pada absis p, maka titik potongnya adalah (p,0)Garis memotong sumbu Y pada ordinat q, maka titik potongnya adalah (0,q)Karena titik (p,0) dan (0,q) terletak pada garis, maka persamaan garisnya adalahy –q –y –xx qJadi persamaan garis tersebut adalah y –x qCara 6Garis memotong sumbu X pada absis p, maka titik potongnya adalah (p,0)Garis memotong sumbu Y pada ordinat q, maka titik potongnya adalah (0,q)Karena titik (p,0) dan (0,q) terletak pada garis, maka persamaan garisnya adalahy q()y –x y –x qSumber: Dasa Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMPMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPIBandung. Tidak Dipublikasi.

14Jadi persamaan garis tersebut adalah y –x q3. Elaborasi(elaboration)DiketahuiPersamaan garis g membentuk segitiga siku-siku dengan sumbu koordinatLuas segitiga 32 satuanSalah satu titik sudut segitiga adalah (4,0)Ditanya : persamaan garis gGaris g memotong sumbu X pada titik A (4,0). Misal garis g memotong sumbu Ypada titik B (0,y) atau B' (0,–y)Berarti panjang OB OB' y dan OA 4Maka luas segi tiga AOB ½ . 4 . yKarena luas segitiga AOB 32 maka½ . 4 . y 32y 16Jadi titik A (4,0), titik B (0,16), B'(0,–16)Jika titik A (4,0) dan titik B (0,16), makam AB 16 0 40 4Jadi persamaan garis g adalah y -16 –4 (x - 0)y –4x 16atau jika memakai rumus persamaan garis melalui dua titik A (4,0) dan titik B (0,16),maka4(y – 16) –16xy – 16 – 4xy -4x 16Cara lainJika titik A (4,0) dan titik B (0, –16), makam AB 16 0 40 4Sumber: Dasa Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMPMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPIBandung. Tidak Dipublikasi.

15Jadi persamaan garis g adalah y –(–16) 4 (x – 0)y 16 4xy 4x – 16atau jika memakai rumus persamaan garis melalui dua titik A (4,0) dan titik B (0,–16), makay 16 4xy 4x – 164. Kelancaran (fluency)Diket :Suatu pecahan , bila pembilang dan penyebut dikurangi 5 maka pecahan tsb adalah12, bila pembilang dan penyebut ditambah 1, maka pecahan tersebut adalah23Ditanya :Tentukanlah pecahan tersebutJawab:Misalkan pecahan tersebut adalahxyBila pembilang dan penyebut dikurangi 5 maka pecahan tsb adalah12Bila pembilang dan penyebut ditambah 1, maka pecahan tersebut adalahBila pembilang dan penyebut dikurangi 5 maka pecahan tsb adalahArtinya2312x 5 1 y 5 22 (x 5 ) y 52x 10 y 5y 2x – 5Bila pembilang dan penyebut ditambah

Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada SPs UPI Bandung. Tidak Dipublikasi. Bila panjang ditambah 3 cm dan lebarnya ditambah

Related Documents:

PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI GEOMETRI MELALUI PEMBELAJARAN . Indikator Keterampilan Berpikir Kritis . 18 TABEL 2.2. : Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Profil Kemampuan . 20 TABEL 2.3 : Kisi-kisi dan Butir Tes Berpikir Kritis Matematis SMP.

Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing 1) Drs. Nizkon, M.Si. 2) Sapta Handaiyani, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kemampuan, Berpikir Kritis, Siswa MTS Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu skill kemampuan yang dituntut pada abad 21. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kecakapan hidup

Kisi-kisi Tes Uji Coba Keterampilan Berpikir Kritis Teori Berpikir Kritis Ennis Berpikir kritis itu adalah sebuah proses berpikir yang kompleks yang melibatkan banyak hal. Proses dasar berpikir kritis adalah menemukan hubungan, menghubungkan sebab akibat, mentransformasi,

Kemampuan berpikir kritis siswa mengacu pada 4 kategori yaitu: interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Hasil penelitian yang menjadi subjek wawancara yaitu subjek penelitian dari masing-masing tingkatan, Tinggi (KT) mampu . kritis siswa agar menjadi dasar peningkatan kemampuan siswa terkhusus pada cara berpikir kritis siswa. Maka .

kemampuan berpikir kritis, kemampuan metakognisi, dan hasil belajar peserta didik 4 . 15 15 yang relatif masih rendah. Selain itu, sebelumnya juga tidak pernah dilakukan penelitian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis di sekolah tersebut. Hasil wawanca

berpikir kreatif tingkat 4 (sangat kreatif). Siswa dengan kemampuan matematika sedang cenderung memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 4 (sangat kreatif), sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak dapat memenuhi ketiga indikator berpikir kreatif. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Menyelesaikan Soa Open Ended, Keliling dan Luas

Rofi’uddin. 2000. Model pendidikan Berpikir Kritis-Kreatif untuk Siswa Sekolah Dasar. Informasi Pendidikan Nasional, (Online), (www.infodiknas.com) diakses 15 Januari 2018. Setyawan , D. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Oidde Pada Matakuliah Zoologi Vertebrata Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan

The American Revolution This French snuffbox pictures (left to right) Voltaire, Rousseau, and colonial states-man Benjamin Franklin. Enlightenment and Revolution641 Americans Win Independence In 1754, war erupted on the North American continent between the English and the French. As you recall, the French had also colonized parts of North America through-out the 1600s and 1700s. The conflict .