BAB 2 IDENTIFIKASI DAN ANALISIS MASALAH 2.1 Identifikasi - DINUS

1y ago
30 Views
2 Downloads
1.21 MB
21 Pages
Last View : 1d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Konnor Frawley
Transcription

BAB 2IDENTIFIKASI DAN ANALISIS MASALAH2.1Identifikasi1.Informasi Tentang PerusahaanGambar 2.1 Perusahaan CV. SUMBER PLASTIK(sumber: Dokumentasi Penulis)Nama: CV. SUMBER PLASTIKAlamat: Jl. Semarang-Purwodadi KM15, Provinsi JawaTengahNo. Telepon: (024) 70792917No. HP: 089667921579Tahun Berdiri: 2000Pendiri: Bp. Suwartoa. Sejarah PerusahaanCV. SUMBER PLASTIK adalah sebuah perusahaan yang bergerakdalam bidang daur ulang. Perusahaan ini terletak di Jl. SemarangPurwodadi KM15 yang didirikan pada tahun 2000 oleh Bapak Suwarto.Awalnya perusahaan ini hanya berupa home industri bernama UD.SUMBER PLASTIK yang bergerak dalam pensortiran limbah-limbah23

24pabrik yang selanjutnya akan dikemas dan dijual ke pabrik-pabrik yangmembutuhkan untuk pembuatan biji plastik. Seiring berjalannya waktuusaha home industri yang awalnya hanya melakukan pensortiranlimbah-limbah dikembangkan menjadi sebuah perusahaan dengan namaCV. SUMBER PLASTIK, perusahaan tersebut sekarang mensortir danmemproduksi sendiri berbagai macam jenis biji plastik dari hasil daurulang limbah plastik sebagai bahan baku pembuatan plastik itu sendiri.Pada awal pendirian usaha ini, hanya terdapat empat orang pekerjatermasuk pemilik, tetapi sekarang sudah berkembang menjadi anjugamemperkerjakan beberapa karyawan dengan jumlah yang tidakmenentu dikarenakan status karyawan yang tidak tetap. Adapun yangberstatus masih keluarga dekat ataupun tetangga pemilik perusahaan.b. Visi dan Misi Perusahaan1) VisiMenjadikan salah satu perusahaan terbaik serta usaha yang majudalam bidang daur ulang plastik bekas, memproduksi biji plastikberkualitas dan memberikan yang terbaik bagi para konsumensehingga banyak para konsumen maupun calon konsumen yangingin menggunakan produk CV. SUMBER PLASTIK dan dapatmendatangkan keuntungan.2) Misia) Membantu pemerintah dalam masalah pengangguran.b) Menjadikan semua barang bekas berguna kembali bagikehidupan masyarakat baik tingkat bawah maupun tingkat atas.c) Flexybel dalam pelayanan

25c. Struktur Organisasi Perusahaanpemiliksuwartomanagerbayu setiawan padmin penjualankepala gudangadmin keuanganmaskonahbudi & ahmadidiankepala produksihasim & fahrurworkshopsokeh & mamanGambar 2.2 Struktur Organisasi CV. SUMBER PLASTIK(Sumber: Dokumentasi Penulis)2.Informasi Tentang ProdukCV. SUMBER PLASTIK mengutamakan produksinya di pengolahan limbahplastik yang telah disortir menjadi beberapa jenis biji plastik, setiap masingmasing biji plastik yang dihasilkan mempunyai ciri-ciri tersendiri.a. Jenis dan ciri-ciri biji plastik antara lain :1) Biji plastik PE (Poly Ethelene) memiliki ciri-ciri sebagai berikut:a) Berwarna beningb) Elastis/lenturc) Berbau agak menyengat2) Biji plastik HDPE (High Density Poly Ethelene) memiliki ciri-cirisebagai berikut:a) Berwarna sedikit buramb) Elastis/lenturc) Berbau tajam menyengat

263) Biji plastik PP (Poly Propelene) memiliki ciri-ciri sebagai berikut:a) Berwarna bening transparanb) Keras/kakuc) Berbau wangib. Alat-alat produksi biji plastikDi perusahaan CV.SUMBER PLASTIK sudah mempunyai alat-alatyang digunakan untuk membuat biji plastik. Alat-alat yangdipergunakan dalam CV.SUMBER PLASTIK adalah:1) 2 mesin pellet (xtruder) yang digunakan untuk membuat bijiplastik, dapat menghasilkan -/ 6 ton.2) 2 Mesin pemotong, digunakan untuk memotong biji plastik yangbaru keluar dari mesin xtruder.3) 2 Blower, digunakan untuk mengeringkan biji yang masih basah.4) 5 chruser (mesin giling) digunakan untuk mengolah bahan kotormenjadi bersih, terdapat 2 mesin giling, yaitu giling cuci dangiling kering.5) 3 mesin centry, digunakan untuk mengeringkan hasil gilingan.Sehingga plastik kering mencapai 98%.6) Sortir barang masih menggunakan cara manual yang dikerjakanpara karyawati.c. Proses produksi biji plastikDi perusahaan CV. SUMBER PLASTIK agar mendapatkan hasilproduksi dengan jumlah yang maksimal, maka perlu tata cara dalammemprosesnya. Cara tersebut dilakukan secara tahap sebagai berikut1) Memilih bahan yang bersih, bila ada yang kotor lebih baiklangsung digiling cuci.2) Dimasukan ke dalam mesin pellet (xtruder).3) Mengatur pemanasan yang sesuai. Beda jenis beda jugapemanasan.4) Setelah jadi dikemas dengan rapi.5) Barang siap dikirim untuk konsumen.

27d. Hasil ProduksiHasil produkuksi biji plastik yang dihasilkan “CV. SUMBERPLASTIK” per hari mencapai 6 ton, rata-rata tiap bulan menghasilkan130 ton. Kendala yang di hadapi yakni keadaan karyawan, listrik, alamyang terkadang mengalami masalah, sehingga tidak mendapatkan hasilsesuai target.3.Informasi Tentang PemasaranPengertian pemasaran sering disamakan dengan penjualan, meski sebenarnyapemahaman ini tidak tepat. Penjualan hanyalah salah satu dari berbagai fungsipemasaran atau penjualan hanyalah merupakan satu kegiatan saja di dalampemasaran. CV. SUMBER PLASTIK memasarkan produknya denganmendatangi perusahaan untuk memberikan sampel biji plastik dan selain ituhanya dengan mulut ke mulut pelanggan saja. Akan tetapi sampai sekarangini CV. SUMBER PLASTIK sudah memiliki pelanggan yang tersebar kebeberapa Kota-kota besar di Pulau Jawa-Indonesia.a. Jenis pemasaran yang dilakukan saat iniJenis pemasaran yang dipakai oleh CV. SUMBER PLASTIK saat iniadalah pemasaran pemasaran dari mulut ke mulut dan mendatangiperusahaan satu per satu, untuk memberikan sample biji plastik.b. Strategi kreatif pemasaran saat iniStrategi kreatif pemasaran yang dilakukan adalah sejauh ini adalah denganmenggunakan beberapa tagline yang dirasa cukup menarik minatkonsumen. Tagline terbaru yaitu "high quality, low price", yang dirasacukup menarik minat konsumen.c. Hambatan pemasaranPemasaran yang sering terhambat dalam pengiriman biji plastik adalahpelanggan menginginkan kualitas yang paling bagus dengan harga yanglebih murah dari yang sudah ditetapkan, Akan tetapi CV.SUMBERPLASTIK tetap berusaha secara maksimal untuk tetap menjaga kerjasama dengan para konsumen.

284.Informasi Karakteristik KonsumenKarakteristik konsumen yang ada dilingkup CV. SUMBER PLASTIK cukupbermacam-macam, salah satunya yaitu menginginkan barang dengan kualitasbaik dengan harga yang sangat murah, hal ini terkadang yang membuatpersaingan antar perusahaan menjadi sangat ketat. Banyak diantara parakonsumen melakukan bom harga yang berakibat merusak pasaran. Hal itubiasanya dikarenakan adanya konsumen baru, sedangkan untuk konsumenlama atau pelanggan biasanya tidak terlalu masalah soal harga dan kualitasbarang yang di sediakan.5.Informasi Tentang Corporate IdentitySejak berdirinya, CV. SUMBER PLASTIK memiliki corporate identity yangtidak dikelola secara maksimal dilihat dari tidak adanya konsistensi logo antarmedia yang digunakan seperti penerapanya dalam stempel, kartu nama dandisamping itu logo CV. SUMBER PLASTIK mirip dengan logo recyele padaumumnya.6.Data Visual Tentang Corporate Identity pada CV. SUMBER PLASTIKGambar dibawah ini merupakan logo corporate identity yang ada di CV.SUMBER PLASTIK.Gambar 2.3 Logo CV. SUMBER PLASTIK(Sumber: Dokumentasi Penulis)a. LogoDidalam corporate identity CV. SUMBER PLASTIK, Logo menggunakansymbol reycle pada umumnya, serta tulisan “SUMBER PLASTIK” dan”PLASTIK RECYCLE”, yang digunakan sebagai penjelas.b. WarnaWarna yang digunakan dalam logo yaitu warna biru pada background,warna putih pada foreground dengan kombinasi merah pada tulisan CV.SUMBER PLASTIK, serta hitam pada PLASTIK RECYCLE.

29c. TypografiFont yang digunakan didalam logo CV. SUMBER PLASTIK yaitu:1) “SUMBER PLASTIK” dan “PLASTIK RECYCLE” menggunakantimes new si Mediaa. NotaGambar 2.4 Nota Perusahaan CV. SUMBER PLASTIK(Sumber: Dokumentasi Penulis)b. Kartu NamaGambar 2.5 Kartu Nama CV. SUMBER PLASTIK(sumber dokumentasi penulis)c. Stempel PerusahaanGambar 2.6 Stampel Perusahaan CV. SUMBER PLASTIK(Sumber: Dokumentasi Penulis)

30Gambar 2.7 Perusahaan CV. SUMBER PLASTIK(Sumber: Dokumentasi Penulis)Gambar 2.8 Proses Produksi CV. SUMBER PLASTIK(Sumber: Dokumentasi Penulis)8.Informasi Tentang Para Pesainga. CV. HARUM SEJAHTERAGambar 2.9 logo perusahaan CV. HARUM SEJAHTERA(Sumber: Dokumentasi Penulis)HARUM SEJAHTERAadalah sebuah perusahaan pembuat biji dankantong plastik yang terletak di kawasan industri terboyo M-31Semarang Jawa Tengah. Service yang disediakan CV. HARUMSEJAHTERA meliputi pembuatan biji plastik, pembuatan kantongplastik, dan memproduksi berbagai jenis plastik siap pakai. CV.HARUM SEJAHTERA menitik beratkan pada segi jaminan kualitas,pelayanan dan harga yang sudah ditetapkan terhadap customer.Perusahaan ini suda cukup lama berdiri sehingga banyak pelangganya.

31b. CV. MITRA INTI PLASTINDOGambar 2.10 logo CV. MITRA INTI PLASTINDO(Sumber: Dokumentasi Penulis)CV. MITRA INTI PLASTINDO merupakan perusahaan pembuat bijiplastik dan memproduksi menjadi barang jadi yang terletak di Jl lingkarselatan NO. 168, Ds. Loram Kudus Jawa Tengah. Service yangdisediakan CV. MITRA INTI PLASTINDO meliputi pembuatan bijiplastik, pembuatan kantong plastik, dan memproduksi berbagai jenisplastik siap pakai. Pelayanan dan harga yang sudah ditetapkan terhadapcustomer. Perusahaan ini suda cukup lama berdiri sehingga banyakpelangganya.c.PT. EXCOGambar 2.11. Logo PT. EXCO(Sumber: Dokumentasi Penulis)PT. EXCO merupakan perusahaan pembuat biji plastik danmemproduksi menjadi barang jadi yang terletak di Jl. Tugu IndustriRaya NO.1 Semarang jawa tengah. Didalam perusahaanya PT. EXCOmempunyai bidang usaha yang meliputi pembuatan biji plastik,pembuatan kantong plastik, dan memproduksi berbagai jenis plastiksiap pakai. Perusahaan ini suda cukup lama berdiri sehingga banyakpelangganya.

322.2Analisis MasalahSetelah melakukan identifikasi data, selanjutnya akan dilakukan analisis data yangkemudian dapat diberi arti dan makna yang berguna dalam memecahkan masalahmenegnai redesain logo.Pada perancangan ini, data dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT dan analisisbrainstorming. Metode analisis ini membantu untuk melihat beberapa faktor yang adameliputi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), danancaman (threat) dari “CV. SUMBER PLASTIK”. Beberapa faktor tersebut dibagimenjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kekuatandan kelemahan sedangkan faktor eksternalnya meliputi kesempatan dan ancaman.2.2.1Masalah UmumMasalah umum yang ada dan perlu dianalisis sebagai dasar dari konsepperancanngan redesain corporate identity pada CV. SUMBER PLASTIK yaitumengenai pelayanan kepada konsumen dimana masalah tersebut disebabkan olehkurangnya penanaman citra baik perusahaan untuk memberikan kepercayaanterhadap keberadaannya. Citra baik perusahaan ini terlihat hanya sekilas di matamasyarakat dan konsumennya.2.2.2Masalah KhususMasalah khusus yang akan dibahas pada “CV. SUMBER PLASTIK” yaitu: “CV.SUMBER PLASTIK”memiliki logo yang mudah di ingat dan sesuai dengan bidangusahanya, yaitu berupa logo recycle pada umumnya tanpa ada ciri khusus. Hal initerjadi karena sejak awal logo memang tidak dikelola secara maksimal, dan dijadikan sebagai pemanis saja. Penggunaan logo tersebut hanya diaplikasikan padakartu nama dan nota perusahaan saja. Hal ini dikarenakan pemilik perusahaan tidakmengerti pentingnya logo sebagai corporate identity yang dapat menunjang “CV.SUMBER PLASTIK” supaya lebih dikenal oleh masyarakat luas. Oleh karena itumaka tampilan keseluruhan visual perlu perbaikan karena kurang adanya kesatuandan penerapan logo pada media yang ada untuk menunjang profil perusahaan dimata konsumen. Dimulai dengan redesain logo dari “CV. SUMBER PLASTIK”

33dan penerapannya pada media dengan corporate identity-nya. Dinilai dari kriterialogo yang baik, menurut David E. Carter, 1985, logo CV, SUMBER PLASTIKdapat di analisis sebagai berikut:Pada saat ini, CV. SUMBER PLASTIK mempunyai logo yang kurang baik, hal inidapat di lihat dari bentuk logo dan penerapanya, walaupun logo ini simple danmudah di ingat akan tetapi logo ini sama dengan symbol recycle dan logo beberapaperusahaan lain, hal ini membuat kesan sebagai plagiat.Perlu ditekankan bahwa logo harus dapat menggambarkan karakter entisitasnya,setiap entisitasnya harus unik dan seharusnya tidak sama dengan yang lain,pertimbangan logo yang baik meliputi:1. Original and Destinctive: logo CV. SUMBER PLASTIK saat ini tidak memilikinilai kekhasan, keunikan dan daya beda yang jelas, logo yang di gunakanhanyalah symbol recycle.2. Legible: logo CV. SUMBER PLASTIK saat ini memang mempunyai tingkatketerbacaan yang cukup tinggi meskipun diaplikasikan dalam berbagai ukurandan media yang berbeda-beda.3.Simple: logo CV. SUMBER PLASTIK saat ini tergolong sederhana dalampengertian mudah ditangkap dan dimengerti dalam waktu yang relatif singkat.4. Memorable: cukup mudah untuk diingat, karena keunikannya, bahkan dalamkurun waktu yang relatif lama.5. Easily assosiated with the company: logo CV. SUMBER PLASTIK saat inimudah dihubungkan/diasosiasikan dengan jenis usaha dan citra suatuperusahaan.6. Easily adaptable for all graphic media: logo CV. SUMBER PLASTIK saat inibelum difungsikan dengan baik.Setelah melihat hasil di atas, bahwa logo CV. SUMBER PLASTIK hanyamemenuhi standart logo yang sudah ditetapkan dari hasil tersebut maka dikatakanbahwa logo yang ada sekarang kurang baik.

34Oleh karena itu, maka CV. SUMBER PLASTIK memerlukan redesain logo, agarmenghasilkan logo baru yangsesuai dengan kriteria logo yang baik dan dapatmenunjukan ciri khas perusaanya.2.2.31.Analisis SWOTAnalisis SWOT untuk CV. SUMBER PLASTIKa. Strength (kekuatan)1) Logo perusahaan mudah di ingat.2) Perusahaan Sudah mempunyai nama yang cukup terpandang didaerah sekitarnya.b. Weaknes (kelemahan)1) Minimalnya aplikasi media yang digunakan di dalam perusahaan.2) Logo sama dengan symbol recycle.c. Opportunity (peluang)1) Mencerminkan bidang usaha.2) Mendapatkan konsumen baru yang berpotensi menjadi konsumentetap.d. Treath (ancaman)1) Persaingan antar perusahaan saat ini semakin ketat.2) Logo yang lama belum mewakili visi dan misi perusahaan.

352. Matrix SWOTTable 2.1 Matrix SWOTOppotunitieThreats1. Mencerminkan1. Persainganbidang usaha.SUMBERPLASTIKperusahaan saat ini2. Mendapatkansemakin ketat.konsumen baru yang2. Logoyanglamaberpotensi menjadibelum mewakili visikonsumen tetap.dan visi perusahaan.StrenghtS-O1. Logo perusahaanantar(S1-O1)S-Tmenciptakan (S2-T1) menciptakan logomudah di ingat.sebuah desain logo yang baru yang yang mewakili2. Perusahaan Sudahmudah di ingat dan dapat visi misi perusahaan danmempunyai namamencerminkanyang cukupusaha,akantetapi perusahaan yang sudahterpandang diberbedadenganyang ada sebagai lettermark.daerah sekitarnya.sudah ada.Weaknesbidang memanfaatkanW1-O1. Minimalnya aplikasi (W2-O1) menciptakanmediayang bebrapa aplikasi medianamaW-T(W2-T2) menciptakanlogo baru yang berbedadigunakan didalam yang belum ada didengan symbol recycleperusahaan.namunh dapat mewakiliperusahaan tersebut, agar2. Logo sama dengan membuat konsumensymbol recycle.perusahaan dan dapatmenarik dan dating kemencerminkan visi danperusahan tersebut.misi perusahaan,

363.Kesimpulan Analisis Matriks SWOTStrategi perancangan yang akan digunakan adalah (S2-T1) menciptakan logo baruyang yang mewakili visi misi perusahaan dan memanfaatkan nama perusahaanyang sudah ada sebagai lettermark, strategi ini di anggap penulis sebagai salah satustrategi yang cocok dan dapat di gunakan untuk progress penulis selanjutnya.

372.2.4Analisis brainstorming1. AngketGambar 2.12 Scan Form Angket Kuisioner Halaman 1(sumber : penulis)

38Gambar 2.13 Scan Form Angket Kuisioner Halaman 2(sumber : penulis)

39Gambar 2.14 scan form angket kuisioner hal 3(sumber : penulis)

40Gambar 2.15 Scan Form Angket Kuisioner Halaman 4(sumber : penulis)

2. hasil angket dan tabulasiTable 2.2 Hasil Tabulasi Angket BrainstormingNO123456789PERTANYAANJAWABANA B C DMenurut Anda, tipe logo mana yang cocok dan mudahdikenali sebagai logo baru untuk branding CV. SumberPlastik ?5 8 12Jika logo adalah sebuah komposisi tulisan/huruf, manayang lebih Anda sukai untuk dipakai ?12 13Jika logo adalah sebuah komposisi gambar, objek apayang cocok untuk merepresentasikan visi-misi sebuahlogo untuk branding CV. Sumber Plastik ?10 4 4Menurut Anda, komposisi yang tepat untuk sebuah logountuk branding CV. Sumber Plastik ?5 10 5Menurut Anda, style/gaya gambar seperti apa yangcocok untuk logo untuk branding CV. Sumber Plastik?Menurut Anda, karakter penyederhanaan bentuk mana,yang sesuai sebagai logo CV. Sumber Plastik ?Menurut Anda komposisi warna seperti apa yang cocokuntuk logo cv. Sumber plastik ?Menurut Anda, jenis anatomi huruf mana yang sesuaiuntuk dipakai untuk logo CV. Sumber PlastikMenurut anda, jenis font apa yang sesuai untuk dipakaiuntuk logo CV. Sumber Plastik ?8 468 566 1439 163 10741HASILPERSENTASEdari hasil penyebaran angket, hasil yang didapat daripertanyaan tersebut adalah Picture mark dan lettermark48%dari hasil penyebaran angket, hasil yang didapat daripertanyaan tersebut adalah Akronim52%7dari hasil penyebaran angket, hasil yang didapat daripertanyaan tersebut adalah Abstrak40%dari hasil penyebaran angket, hasil yang didapat dari5 pertanyaan tersebut adalah Asimetris40%5dari hasil penyebaran angket, hasil yang didapat daripertanyaan tersebut adalah Naturaldari hasil penyebaran angket, hasil yang didapat dari6 pertanyaan tersebut adalah Stilasidari hasil penyebaran angket, hasil yang didapat dari2 pertanyaan tersebut adalah Kontrasdari hasil penyebaran angket, hasil yang didapat daripertanyaan tersebut adalah San serifdari hasil penyebaran angket, hasil yang didapat dari5 pertanyaan tersebut adalah Fonarto32%32%56%64%40%

2.2.5 Hasil AnalisisBerdasarkan hasil kesimpulan tentang kekurangan dan kelebihan yang ada di dalamperusahaan, maka usulan pemecahan masalahnya sebagai berikut:1. Pemilik CV. SUMBER PLASTIK menginginkan redesain logo tetap denganpicture mark dan lettermark, karena hal ini sudah diingat dan sudah menjaditrademark bagi perusahaan ini.2. Dari hasil perancangan swot didapatkan perancangan logo yang mencerminkanvisi, misi perusahaan dengan penjabaran sebagai berikut :a. Usaha yang maju.b. Daur ulangc. flexibeld. Kualitas produk yang di utamakan.e. Menawarkan berbagai macam jenis biji plastic.f. Selalu berusaha memberikan yang terbaikSelain dari hasil swot, penulis juga mendapatkan hasil analisa dari brainstorming,didapatkan perancangan logo dengan memperlihatkan aspek dan elemen logodengan penjabaran sebagai berikut :a. Tipe logo: Picturemark dan lettermarkb. Komposisi huruf dan tulisan: Akronimc. Komposisi gambar: Abstrakd. Komposisi keseimbangan: Asimetrise. Style gaya logo: Naturalf. Penyerdehanaan logo: Stilasig. Komposisi warna: Kontrash. Jenis anatomi huruf: San serifi. Jenis font: FonartoDari hasil ke dua alisis tersebu, maka selanjutnya beberapa hasil tersebut dibuatsebagai kata kunci untuk perancangan selanjutya.42

picturemark akronim abstrak daur ulang usaha yang maju flexybellettermarkLogo CV. sanserif fonartoLogo baruSUMBERPLASTIKwarnagaya logo kontras berbagai macam bijiplastik kualitas produk gradasi stilasi naturalGambar 2.16 Hasil Analisis Keseluruhan(sumber : penulis)43

2.2 Analisis Masalah Setelah melakukan identifikasi data, selanjutnya akan dilakukan analisis data yang kemudian dapat diberi arti dan makna yang berguna dalam memecahkan masalah menegnai redesain logo. Pada perancangan ini, data dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT dan analisis brainstorming. Metode analisis ini membantu untuk melihat .

Related Documents:

bab ii penerimaan pegawai . bab iii waktu kerja, istirahat kerja, dan lembur . bab iv hubungan kerja dan pemberdayaan pegawai . bab v penilaian kinerja . bab vi pelatihan dan pengembangan . bab vii kewajiban pengupahan, perlindungan, dan kesejahteraan . bab viii perjalanan dinas . bab ix tata tertib dan disiplin kerja . bab x penyelesaian perselisihan dan .

Buku Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan SMK/MAK Kelas XI ini disajikan dalam tiga belas bab, meliputi Bab 1 Infeksi Bab 2 Penggunaan Peralatan Kesehatan Bab 3 Disenfeksi dan Sterilisasi Peralatan Kesehatan Bab 4 Penyimpanan Peralatan Kesehatan Bab 5 Penyiapan Tempat Tidur Klien Bab 6 Pemeriksaan Fisik Pasien Bab 7 Pengukuran Suhu dan Tekanan Darah Bab 8 Perhitungan Nadi dan Pernapasan Bab .

simplisia berupa fragmen pengenal menggunakan literatur Materia Medika Indonesia. 1. Identifikasi makoskopis Identifikasi makroskopis dilakukan terhadap simplisia kayu secang. Identifikasi dilakukan dengan pegamatan bentuk simplisia, kekerasan simplisia, kepadatan, dan identifikasi terhadap warna simplisia.

bab iii. jenis-jenis perawatan 7 . bab iv. perawatan yang direncanakan 12 . bab v. faktor penunjang pada sistem perawatan 18 . bab vi. perawatan di industri 28 . bab vii. peningkatan jadwal kerja perawatan 32 . bab viii. penerapan jadwal kritis 41 . bab ix. perawatan preventif 46 . bab x. pengelolaan dan pengontrolan suku cadang 59 . bab xi.

3 Lingkungan Ekstern : Analisa Lingkungan, Industri dan Persaingan Buku 1 Bab 3 4 Lingkungan (Strategi Global) : Strategi Pasar Global Buku 1 Bab 4 5 Analisis SWOT : Lingkungan dan Persaingan Buku 1 Bab 6 6 Analisis SWOT lanjutan : Kesalahan umum identifikasi pesaing, Analisis sumber daya, Value chain, aplikasi SWOT Buku 1 Bab 6

Bab 24: Hukum sihir 132 Bab 25: Macam macam sihir 135 Bab 26:Dukun,tukang ramal dan sejenisnya 138 Bab 27: Nusyrah 142 Bab 28: Tathayyur 144 Bab 29: Ilmu nujum (Perbintangan) 150 Bab 30: Menisbatkan turunnya hujan kepada bintang 152 Bab 31: [Cinta kepada Allah]. 156 Bab 32: [Takut kepada Allah] 161

BAB 1 Akuntansi Keuangan & Standar Akuntansi Keuangan 1 BAB 2 Laporan Laba Rugi, Neraca dan Arus Kas 11 BAB 3 Pengawasan Terhadap Kas 25 BAB 4 P i u t a n g 33 BAB 5 Wesel dan Promes 47 BAB 6 Persediaan Barang Dagang 53 BAB 7 Penilaian Persediaan Berdasarkan Selain Harga Pokok 71 BAB 8 Amortisasi Aktiva Tak Berwujud 81 . Modul Akuntansi Keuangan 1 Dy Ilham Satria 1 1 AKUNTANSI KEUANGAN DAN .

image as a guide. Fill in a few petals using satin stitch, and add . The secret is to hold the working thread taut while you pull it through. Come up at point 1, then wrap the thread around the needle twice. Holding the working thread with your non-dominant hand, bring the needle down at point 2 (close to point 1, but not the same hole) and pull slowly until the knot is formed. 01 01 01 .