Strategi Pembelajaran Inkuiri - UNY

1y ago
11 Views
2 Downloads
1.87 MB
28 Pages
Last View : 1d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Gannon Casey
Transcription

STRATEGIPEMBELAJARAN INKUIRI

PENGERTIANSTRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRImerupakan rangkaian kegiatan pembelajaranyang menekankan pada proses berpikir kritisdan analitis untuk mencari dan menemukansendiri jawaban dari suatu masalah yangdipertanyakan.

PENGERTIANSTRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRIMerupakan kegiatan pembelajaran yangmelibatkan secara maksimal seluruhkemampuan siswa untuk mencari danmenyelidiki sesuatu (benda, manusia atauperistiwa) secara sistematis, kritis, logis, analitissehingga mereka dapat merumuskan sendiripenemuannya dengan penuh percaya diri.

CIRI-CIRISTRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI aktivitas siswa secara maksimal untuk mencaridan menemukan siswa tidak hanya berperan sebagai penerimapelajaran melalui penjelasan guru secaraverbal, tetapi mereka berperan untukmenemukan sendiri inti dari materi pelajaranitu sendiri.

CIRI-CIRISTRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRImencari dan menemukan jawaban sendiri darisesuatu yang dipertanyakan, sehinggadiharapkan dapat menumbuhkan sikap percayadiri (Self belief). Dengan demikian, strategipembelajaranAktivitas pembelajaran biasanya dilakukan melaluiproses tanya jawab antara guru dan siswa. Karena itukemampuan guru dalam menggunakan teknik bertanyamerupakan syarat utama dalam melakukan inkuiri

TUJUANSTRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRImengembangkan kemampuan berpikir secarasistematis, logis, dan kritis, ataumengembangkan kemampuan intelektualsebagai bagian dari proses mental.

Prinsip-prinsipPembelajaranInkuiri1. Berorientasi padaPengembangan IntelektualTujuan utama dari strategi inkuiriadalahpengembangankemampuan berpikir.2. InteraksiProses pembelajaran pada dasarnyaadalah proses interaksi, baik interaksiantara siswa maupun interaksi siswadengan guru, bahkan interaksi antarasiswa dengan lingkungan.3. BertanyaPeran guru yang harus dilakukan dalammenggunakan strategi ini adalah gurusebagai “penanya”Mengembangkan sikap kritis siswa denganselalu mempertanyakan segala fenomenayang ada.4. Belajar untuk BerpikirBelajar adalah proses berpikir yakni prosesmengembangkan potensi seluruh otak secaraoptimal5. KeterbukaanPembelajaran yang bermakna adalahpembelajaran yang menyediakan berbagaikemungkinan sebagai hipotesis yangharus dibuktikan kebenarannya. secaraterbuka

PROSEDUR PEMBELAJARAN INKUIRI1. ORIENTASI2. MERUMUSKANMASALAH4.MENGUMPULKANDATA3. MERUMUSKANHIPOTESIS5. MENGUJIHIPOTESIS5. MERUMUSKANKESIMPULAN

1. Orientasi1. Yaitu langkah untuk membina suasana atau iklimpembelajaran yang responsif.2. Guru mengkondisikan agar siswa siap melaksanakanproses pembelajaran.3. Guru merangsang dan mengajak siswa untukberpikir memecahkan masalah.Langkah orientasi merupakan langkah yang sangat penting. Keberhasilanstartegi ini sangat tergantung pada kemauan siswa untuk beraktivitasmenggunakan kemampuannya dalam memecahkan masalah, tanpakemauan dan kemampuan itu tak mungkin proses pembelajaran akanberjalan dengan lancar.

2. Merumuskan hipotesis Merupakan langkah membawa siswa pada suatupersoalan yang mengandung teka-teki. Persoalan yang disajikan adalah persoalan yangmenantang siswa untuk berpikir memecahkan teka-tekiitu. Dikatakan teka-teki dalam rumusan masalah yang ingindikaji disebabkan masalah itu tentu ada jawabannya, dansiswa didorong untuk mencari jawaban yang tepat. Proses mencari jawaban itulah yang sangat penting dalamstrategi inkuiri, oleh sebab itu melalui proses tersebutsiswa akan memperoleh pengalaman yang sangatberharga sebagai upaya mengembangkan mental melaluiproses berpikir.

3. Merumuskan hipotesis Hipotesis adalah jawaban sementara dari suatupermasalahan yang sedang dikaji. Sebagai jawaban sementara, hipotesis perlu diujikebenarannya. Perkiraan sebagai hipotesis bukansembarang perkiraan, tetapi harus memiliki landasanberpikir yang kokoh, sehingga hipotesis yangdimunculkan itu bersifat rasional dan logis. Kemampuan berpikir logis itu sendiri akan sangatdipengaruhi oleh kedalaman wawasan yang dimilikiserta keluasan pengalaman. Dengan demikian, setiapindividu yang kurang mempunyai wawasan akan sulitmengembangkan hipotesis yang rasional dan logis.

4. MENGUMPULKAN DATA Merupakan aktivitas menjaring informasiyang dibutuhkan untuk menguji hipotesisyang diajukan. Dalam strategi pembelajaran inkuiri,mengumpulkan data merupakan prosesmental yang sangat penting dalampengembangan intelektual. Proses pengumpulan data bukan hanyamemerlukan motivasi yang kuat dalambelajar, akan tetapi juga membutuhkanketekunan dan kemampuan menggunakanpotensi berpikirnya.Tugas dan peran guru dalam tahapan ini adalah mengajukanpertanyaan-pertanyaan yang dapat mendorong siswa untukberpikir mencari informasi yang dibutuhkan

5. MENGUJI HIPOTESIS Yaitu proses menentukan jawaban yangdianggap diterima sesuai dengan dataatauinformasiyangdiperolehberdasarkan pengumpulan data. Dalam menguji hipotesis yang terpentingadalah mencari tingkat keyakinan siswaatas jawaban yang diberikan. Di samping itu, menguji hipotesis jugaberarti mengembangkan kemampuanberpikir rasional. Artinya, kebenaran jawaban yangdiberikan bukan hanya berdasarkanargumentasi dan opini, akan tetapi harusdidukung oleh data yang ditemukan dandapat dipertanggungjawabkan.

6MENARIKKESIMPULAN Merumuskankesimpulanadalahprosesmendeskripsikan temuan yangdiperoleh berdasarkan hasilpengujian hipotesis. Untukmencapai kesimpulan yangakurat sebaiknya guru mampumenunjukkan pada siswa datamana yang relevan.

KEUNGGULANDANKELEMAHAN

KEUNGGULANMemberikan ruang kepada siswa untuk belajarsesuai dengan gaya belajar mereka.Dianggap sesuai dengan perkembanganpsikologi belajar modern yang menganggapbelajar adalah proses perubahan tingkah lakuberkat adanya pengalaman.Menekankan kepada pengembangan aspekkognitif, afektif, dan psikomotor secaraseimbang, sehingga pembelajaran melaluistrategi ini dianggap lebih bermakna.

KELEMAHANSulit mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa.Strategi ini sulit dalam merencanakan pembelajaran olehkarena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar.Kadang-kadang dalam mengimplementasikannya,memerlukan waktu yang panjangSelama kriteria keberhasiJan belajar ditentukan olehkemampuan siswa menguasai materi pelajaran,maka startegi ini akan sulit diimplementasikan

KTIF

INKUIRI DEDUKTIF Inkuiri deduktif adalah modelinkuiri yang permasalahannyaberasal dari guru. Siswa dalaminkuiri deduktif diminta untukmenentukan teori/konsep yangdigunakandalamprosespemecahan masalah.

INKUIRI INDUKTIF Inkuiri induktif n sendiri olehsiswasesuaidenganbahan/materi ajar yangakan dipelajari

uiriINKUIRIBEBASMODIFIKASI

INKUIRITERBIMBINGDalam proses belajar mengajar dengan metode inkuiri terbimbing,siswa dituntut untuk menemukan konsep melalui petunjuk-petunjukseperlunya dari seorang guru.Petunjuk-petunjuk itu pada umumnyaberupa pertanyaan-pertanyaan yang bersifat membimbing (Wartono1999). Selain pertanyaan-pertanyaan, guru juga dapat memberikanpenjelasan-penjelasan seperlunya pada saat siswa akan melakukanpercobaan, misalnya penjelasan tentang cara-cara melakukanpercobaan.Metode inkuiri terbimbing biasanya digunakan bagi siswa-siswa yangbelum berpengalaman belajar dengan menggunakan metode inkuiri.Pada tahap permulaan diberikan lebih banyak bimbingan, sedikit demisedikit bimbingan itu dikurangi seperti yang dikemukakan oleh(Hudoyono 1979) bahwa dalam usaha menemukan suatu konsepsiswa memerlukan bimbingan bahkan memerlukan pertolongan gurusetapak demi setapak. Siswa memerlukan bantuan untukmengembangkan kemampuannya memahami pengetahuan baru.Walaupun siswa harus berusaha mengatasi kesulitan-kesulitan yangdihadapi tetapi pertolongan guru tetap diperlukan.

INKUIRIBEBAS Metode ini digunakan bagi siswayang telah berpengalaman belajardengan pendekatan inkuiri. Karenadalam pendekatan inkuiri bebas inimenempatkan siswa seolah-olahbekerja seperti seorang ilmuwan.Siswadiberikebebasanmenentukan permasalahan untukdiselidiki,menemukandanmenyelesaikan masalah secaramandiri, merancang prosedur ataulangkah-langkah yang diperlukan.

Metode ini merupakan kolaborasi atau modifikasi daridua strategi inkuiri sebelumnya, yaitu: pendekataninkuiri terbimbing dan pendekatan inkuiri bebas.Meskipun begitu permasalahan yang akan dijadikantopik untuk diselidiki tetap diberikan ataumempedomani acuan kurikulum yang telah ada.INKUIRIArtinya, dalam metode ini siswa tidak dapat memilihatau menentukan masalah untuk diselidiki secaraBEBASsendiri, namun siswa yang belajar dengan metode iniMODIFIKASImenerima masalah dari gurunya untuk dipecahkan dantetap memperoleh bimbingan. Namun bimbingan yangdiberikan lebih sedikit dari Inkuiri terbimbing dan tidakterstruktur.

INKUIRI SOSIALPEMBELAJARANBERDASARKAN MASALAHRagam LainPembelajaranInkuiriPEMBELAJARANBERDASARKAN PROYEK,METODE LAINNYA YANGSEJENISNYA SEBAGAIGENERIK STRATEGIHEURISTIK

INKUIRISOSIAL Inkuiri sosial merupakan strategi pembelajaran darikelompok sosial (social family) subkelompok konsepmasyarakat (concept of society). Subkelompok inididasarkan pada asumsi bahwa metode pendidikanbertujuan untuk mengembangkan anggota masyarakatideal yang dapat hidup dan dapat mempertinggikualitas kehidupan masyarakat. Karena itulah siswaharus diberi pengalaman yang memadai bagaimanacaranya memecahkan persoalan-persoalan yangmuncul di masyarakat. Melalui pengalaman itulahsetiap individu akan dapat membangun pengetahuanyang berguna bagiinkuiri sosial pada dasarnya tidak berbeda denganinkuiri pada umumnya. Perbedaannya terletak padamasalah yang dikaji adalah masalah-masalah sosialatau masalah kehidupan masyarakat.

PEMBELAJARANBERDASARKANMASALAHPembelajaran Berdasarkan Masalah(Problem Based Learning) adalah suatumetode pembelajaran yang didasarkanpada prinsip menggunakan masalahsebagai titik awal akuisisi dan integrasipengetahuan baru. (H.S. Barrows 1982).Berbeda dengan pembelajaran inkuiriyang lebih menekankan pada masalahakademik, dalam mengembangkanPembelajaranPembelajaranBerdasarkan Masalah (Problem BasedLearning) lebih memfokuskan padamasalahkehidupannyatayangbermakna bagi siswa.

REFLEKSIBagaimana kemungkinanpenerapanmetodeInkuiri di tempat kerjaAnda, dilihat dari:1. Karakteristik siswa2. Sumber dan lingkunganbelajar3. Kompetensi guru4. Kurikulum sekolah

model inkuiri yang penetapan masalahnya ditentukan sendiri oleh . INKUIRI BEBAS MODIFIKASI Metode Pembelajaran Inkuiri Dalam proses belajar mengajar dengan metode inkuiri terbimbing, siswa dituntut untuk menemukan konsep melalui petunjuk-petunjuk . penerapan metode Inkuiri di tempat kerja Anda, dilihat dari: 1. Karakteristik siswa 2 .

Related Documents:

Untuk penelitian ini, model inkuiri yang digunakan adalah model inkuiri terbimbing. Inkuiri terbimbing (guided inquiry) adalah inkuiri yang mengacu pada tindakan utama guru mengajukan permasalahan, peserta didik menentukan proses dan penyelesaian masalah. (Zulfiani, 2009, hlm. 121-122). Pembelajaran yang menggunakan model inkuiri terbimbing .

Penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan . Menurut Suharini dkk pembelajaran dengan model inkuiri yang . 7Metaputri, N. K., Margunayasa, I. G., & Garminah, N. N, "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Minat Belajar terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas IV SD". MIMBAR PGSD .

Nurhikma, 2020, Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Fisika, Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Keguaran dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Bagaimana konsep penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam proses pembelajaran fisika, (2)

audara pokok bahasan Hakikat Strategi Pembelajaran Bahasa ini merupakan materi awal pengajaran keterampilan berbahasa. Pokok bahasan ini mencakup: (1) konsep umum strategi pembelajaran, (2) pendekatan pembelajaran, (3) metode pembelajaran, (4) teknik pembelajaran, dan (5) teori yang melandasi berbagai strategi pembelajaran bahasa.

pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil pra penelitian bahwa kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik

2. Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan proyek video pada materi laju reaksi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XII MM 1 SMK Negeri 1 Amuntai D. Manfaat Penelitian 1. Bagi Siswa Pembelajaran Kimia dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing

hasil belajar dengan berpikir kreatif siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan nilai korelasi sebesar 0,455 termasuk dalam kategori cukup dengan taraf signifikansi 0,033 0,05; (4) pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan berpikir kreatif siswa pada .

BAR and BAN List – Topeka Housing Authority – March 8, 2021 A. Abbey, Shanetta Allen, Sherri A. Ackward, Antonio D. Alejos, Evan Ackward, Word D. Jr. Adams .