Pendidikan Karakter Di SMP - Universitas Negeri Yogyakarta

3y ago
30 Views
2 Downloads
1.10 MB
12 Pages
Last View : 1m ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Kamden Hassan
Transcription

PENDIDIKAN KARAKTEROleh:Tim Pendidikan KarakterFakultas Ilmu Sosial dan EkonomiUniversitas Negeri Yogyakarta

Latar BelakangKarakter sudah melekat pada sikap danperilaku para pendahulu kita (para pendiribangsa) yang terwarisi dari budaya dan adatistiadat yang sudah culup lama mengakar dikalangan bangsa kita. Budaya dan adat istiadat ini kemudianterkristalisasi dalam sila-sila Pancasila danpasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar1945.

Latar BelakangUUSPN Pasal 3 menyebutkan: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkankemampuan dan membentuk karakter sertaperadaban bangsa yang bermartabat dalam rangkamencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untukberkembangnya potensi peserta didik agar menjadimanusia yang beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negarayang demokratis serta bertanggung jawab.

TujuanMenanamkan nilai-nilai target karakter(hormat dan peduli, kejujuran, disiplindan tanggung jawab, patriotik) kepadapara mahasiswa FISE UNY. Membangun dan membentuk wargakampus yang berkarakter. Membangun dan membentuk lingkungankampus kondusif demi terwujudnya wargakampus yang memiliki karakter terpuji.

SasaranSeluruh mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial danEkonomi Universitas Negeri Yogyakarta,terutama para mahasiswa yang mengambilmata kuliah Pendidikan Karakter. Para pimpinan fakultas, para dosen, dankaryawan FISE, para orang tua/walimahasiswa, serta lingkungan masyarakatsekitar kampus.

Pengertian Karakter Karakter adalah perilaku manusiaberdasarkan norma agama, kebudayaan,hukum/konstitusi, adat istiadat, danestetika.

Pendidikan Karakter Pendidikan karakter adalah upaya yangterencana untuk menjadikan pesertadidik mengenal, peduli, danmenginternalisasi nilai-nilai karaktersehingga peserta didik berperilakusebagai manusia seutuhnya (insankamil).

Pendidikan Karakter Suatu sistem penanaman nilai-nilai karakterkepada warga sekolah yang meliputipengetahuan, kesadaran atau kemauan, dantindakan untuk melaksanakan nilai-nilai, baikterhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), dirisendiri, sesama, lingkungan, maupunkebangsaan sehingga menjadi manusia yangseutuhnya (insan kamil).

Nilai-Nilai Karakter TargetTUHAN Y M ENilaiNilaiNilaiNilaiMoralKnowingDIRI lingKEBANGSAANNilaiNilaiLINGKUNGANNilaiNilai

Grand Design Pendidikan Karakter FISEAgama, Pancasila,UUD 1945,UU No. 20/2003 ttgSisdiknasPROSES PEMBUDAYAAN DAN kologi,Nilai, lusan (SKL) danbest akterHABITUASIPERANGKAT PENDUKUNGKebijakan, Pedoman, Sumber Daya,Lingkungan, Sarana dan Prasarana,Kebersamaan, Komitmen pemangkukepentingan.10

Strategi Mikro Di Ruang KuliahIntegrasi ke dalamperkuliahan pada setiap MKBUDAYA KAMPUS:(KEGIATAN/KEHIDUPANKESEHARIAN DIKAMPUS)Pembiasaan dalam kehidupankeseharian di kampusKEGIATANDI LUARKAMPUSKEGIATANKESEHARIANDI RUMAHIntegrasi ke dalam kegiatankegiatan kampusPenerapan pembiasaankehidupan keseharian dirumah yang harmonidengan kampus.11

SEKIAN12

Seluruh mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, terutama para mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pendidikan Karakter. Para pimpinan fakultas, para dosen, dan karyawan FISE, para orang tua/wali mahasiswa, serta lingkungan masyarakat sekitar kampus.

Related Documents:

pembelajaran karakter di sekolah-sekolah dan bentuk model teoretis integrasi pendidikan karakter lintas agama. Key words: lintas agama, pendidkan karakter, penelitian dan pengembangan. BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 bertujuan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan, yang mengarah .

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : 1 Ardhana Januar, S.AP. M.KP Pembimbi : 2 Drs.Mahmud Isro’i, M.Pd Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Disiplin Siswa Pendidikan karakter diartikan sebagai : Karakter berasal dari akar kata bahasa Latin yang berarti dipahat (Hidayatullah, 2010: 12).

Penguatan Pendidikan Karakter bukanlah suatu kebijakan baru sama sekali karena sejak tahun 2010 pendidikan karakter di sekolah sudah menjadi Gerakan Nasional. Satuan pendidikan menjadi sarana strategis bagi pembentukan karakter bangsa karena memiliki sistem, infrastruktur, dan dukungan ekosistem pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia,

Pendidikan karakter pada pendidikan formal berlangsung pada lembaga pendidikan TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, MAK dan Perguruan Tinggi melalui pembelajaran, kegiatan ko dan ekstrakurikuler, penciptaan budaya satuan pendidikan, dan pembiasaan. Sasaran pada pendidikan formal adalah peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. 2.

Algebra I MS Exemplar Unit Mathematics Algebra I Edition 1 Lesson 1: Introducing Quadratic Functions Focus Standard(s): F-IF.7a Additional Standard(s):F-IF.1, F-IF.4 Standards for Mathematical Practice:SMP.1, SMP.2, SMP.3, SMP.4, SMP.5, SMP. 6, SMP.7, SMP.8 Estimated Time: 60 minutes - 180 minutes Resources and Materials:

IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER . MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA . PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR . FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN . UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG . 2017 . i IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER . Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri Purwantoro 2 Malang .

pendidikan karakter yang efektif bagi pembangunan budi pekerti subjek didik. Semoga kehadiran buku ini makin memperkaya khazanah wacana pendidikan karakter sekaligus dapat menjadi rujukan yang baik dalam pengembangan pendidikan karakter di perguruan tinggi di negeri ini. Dengan

Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama BAB II: PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER SECARA TERINTEGRASI DI DALAM PROSES PEMBELAJARAN 39 A. Pembelajaran Kontekstual 39 B. Integrasi Pendidikan Karakter di Dalam Pembelajaran 45 1. Perencanaan Pembelajaran 45 2. Pelaksanaan Pembelajaran 51 3. Evaluasi Pencapaian Pembelajaran 59 4.