BAB III METODE PENELITIAN A. Obyek Penelitian

1y ago
19 Views
2 Downloads
814.09 KB
9 Pages
Last View : 2d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Roy Essex
Transcription

BAB IIIMETODE PENELITIANPada bab ini penulis akan menjelaskan mengenai obyek penelitian, disain penelitian,variabel penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.A. Obyek PenelitianObjek penelitian yang dipilih penulis adalah PT. X yang merupakan sebuahperusahaan perhiasan yang berbahan baku emas dan berlian. Karena alasan pentingnyakerahasiaan data perusahaan maka pihak manajemen perusahaan tersebut meminta agarnama perusahaan tersebut disamarkan menjadi PT. X saat penelitian ini ditindak lanjuti.Penulis melakukan penelitian pada PT. X tepatnya pada bagian stock keeper di manapada bagian ini terindikasi adanya penumpukan persediaan barang jadi yangmenyebabkan timbulnya beban dead stock menjadi cukup tinggi. Indikasi ini timbulkarena adanya informasi yang didapatkan penulis dari pengamatan awal terhadap objekpenelitian.Guna mencapai keberhasilan dalam penelitian ini penulis melakukan observasi diPT. X. Penulis melakukan penelitian ini berdasarkan data tahunan tahun 2017.Dokumen-dokumen yang diperhatikan berupa laporan keuangan, laporan penerimaanbarang, purchase order, daftar persediaan barang jadi, dan daftar penjualan barang, PT.X.

B. Desain PenelitianMetode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yaitu suatumetode penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, akurat, danaktual mengenai fakta-fakta atau praktek-praktek yang ada dalam pelaksanaanpemeriksaan operasional dan pengendalian internal atas persediaan.Berikut akan diuraikan metode penelitian berdasarkan klasifikasinya masing-masingmenurut Cooper (2008:229) :1. Tingkat perumusan masalahPenelitian ini dimulai dengan munculnya biaya dead stock yang terjadi di bagianstock keeper, serta meliputi prosedur-prosedur yang tepat dan rincian data darisumber data yang lengkap.2. Ruang lingkup topik pembahasanRuang lingkup dari topik pembahasan ini adalah studi kasus, di mana studi kasusmerupakan studi kasus tunggal.3. Lingkungan penelitianPenelitian ini dilakukan di PT. X. Maka penelitian ini merupakan studi lapangan,khususnya pada bagian stock keeper.4. Dimensi waktu penelitianPenelitian ini termasuk dalam penelitian data panel. Dalam penelitian ini, penulisberfokus pada data biaya dead stock hasil wawancara dan kuisioner yang dilakukanke beberapa pihak di perusahaan yang sudah terjadi berdasarkan data pada bulanJanuari hingga Desember periode 2017. Kemudian implementasi perbaikan dimulaipada Januari 2018 dan seterusnya.

5. Metode pengumpulan dataData diperoleh melalui proses observasi. Penulis mengadakan pengamatan langsungke perusahaan dan dokumentasi, hasilnya ditemukan adanya persediaan fisik yangbelum terjual, dokumen yang berkaitan biaya dead stock. Peneliti juga melakukanwawancara dengan manajer stock keeper perusahaan dan pengisian kuisioner oleh 3orang pihak manajemen PT X.6. Pengendalian variabel-variabel oleh penelitiPenelitian ini merupakan bagian dari desain kasus. Dalam desain ini biaya dead stockakan ditelusuri kepada penyebabnya dan diperbaiki serta disarankan untuk perbaikandan follow up.7. Tujuan penelitianPenelitian tergolong dalam studi deskriptif. Penelitian deskriptif menggambarkan,memaparkan, menganalisis fakta-fakta yang terjadi pada objek penelitian dengantujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

A. Variabel PenelitianVariabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini disusun berdasarkanmasalah penelitian, tujuan penelitian, dan kerangka pemikiran yang telah diuraikan padabagian awal yang selanjutnya akan dipakai pada penelitian ini sebagai pedoman ataupetunjuk untuk mencari data maupun informasi di lapangan baik dengan menggunakandata primer maupun dengan menggunakan metode survei.Variabel penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut:1. Tingkat EfisiensiPenulis mengamati dan mengukur tingkat efisiensi dengan cara membandingkanbiaya pengendalian persediaan yang dikeluarkan pada periode 2017 serta melakukananalisis agar perusahaan dapat berjalan dengan efisien.2. Tingkat EfektivitasPenulis mengukur tingkat efektivitas pengendalian barang jadi yang dijalankan olehmanajemen PT. X dengan cara membandingkan antara proses pengelolaan awaldengan prosedur perusahaan. Selain itu penulis juga membandingkan data tahun2017. Tujuan perusahaan dikatakan tercapai apabila setiap tahun terjadi peningkatanefektivitas dan pengendalian telah sesuai dengan prosedur.B. Teknik Pengumpulan DataTeknik pengumpulan data menurut Cooper (2017:100) yang digunakan oleh penulisuntuk memperoleh data serta informasi yang diperlukan dengan cara:1. Observasi/PengamatanPenulis mendatangi dan mengamati langsung ke PT. X untuk memperolehgambaran yang lebih jelas mengenai situasi perusahaan. Dari hasil observasi penulissejak bulan Juli 2017, penulis melihat barang dagang secara fisik yang berumur lebihdari enam bulan.

2. WawancaraPenulis mendatangi PT. X dan melakukan wawancara dengan entitas-entitasterkait dengan isu mengenai pengendalian persediaan. Wawancara dimulai darimanajer stock keeper beserta dengan para top management.3. KuisionerTeknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan pertanyaantertulis kepada karyawan pada bagian stock keeper, finance and accounting, danpurchasing and pricing untuk dijawab agar diperoleh data yang berhubungan denganmasalah penelitian. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat hasil daripengamatan dan wawancara yang telah dilakukan oleh penulis.4. DokumentasiPenulis juga mempelajari dokumen-dokumen perusahaan yang berhubungandengan objek penelitian.C. Teknik Analisis DataDalam melakukan pengolahan data, penulis menggunakan teknik analisis datakualitatif, yaitu cara menganalisis data dengan mengidentifikasi dan menganalisisberbagai data bukan dalam bentuk angka yang diperoleh melalui penelitian, antara lainmengenai analisis fungsi pengelolaan persediaan bahan baku yang dijalankan olehperusahaan. Berikut rincian teknik pengolahan dan analisis data yang dilakukan:

1. Audit PendahuluanPada fase ini audit pendahuluan penulis merumuskan tema dari auditoperasional yang hendak dilaksanakan. Tahapan berikutnya penulis melakukanpengamatan fisik persediaan barang jadi PT. X guna menemukan indikasi masalahyang timbul. Berikutnya penulis mengumpulkan fakta untuk didalami berupadokumen-dokumen seperti struktur organisasi, system operation procedure (SOP),dan data pendukung lainnya. Selain pengamatan fisik, penulis juga melakukanwawancara dengan pihak manajemen perusahaan guna mendapatkan data-data akuratmengenai sistem pengendalian dan pengelolaan persediaan saat ini. Wawancaratersebut akan membantu penulis untuk mendapatkan temuan audit sementara(tentative audit findings) yang mana akan dituangkan ke dalam memoranda survei.2. Review Pengendalian ManajemenDalam tahapan kedua penulis melakukan audit review terhadap pengendalianmanajemen di PT. X, dalam tahapan ini penulis membagikan sejumlah pertanyaandalam bentuk kuisioner yang akan diisi oleh supervisor dari departemen-departementerkait mengenai pengendalian persediaan barang jadi, di antaranya divisi finance &accounting, purchasing, dan stock keeper.Dalam tahapan ini penulis akan menilai apakah divisi-divisi terkait tersebuttelah berjalan sesuai dengan prosedur perusahaan. Berdasarkan hasil yang didapatpada tahapan ini ditambah dengan temuan sebelumnya, penulis dapat melakukananalisis dan menentukan temuan audit sesungguhnya (definitive audit findings).

Internal Control Questionnaires menurut Arens et al (2014:322) menanyakansejumlah pertanyaan terkait area audit yang mana dapat mengidentifikasikan adanyakelemahan pengendalian. Pertanyaan dalam kuisioner mencakup jawaban “ya” dan“tidak”, di mana setiap jawaban “tidak” mengartikan lemahnya internal control.Dengan menggunakan kuisioner, auditor dapat meliput area audit dengan cepat.Berikut penetapan jumlah pertanyaan kuisioner:Tabel 3.1 Penetapan Jumlah Pertanyaan KuisionerKeterangan AspekUmumProsedur InternalPersonel FasilitasAuditJumlah25151410FormFisikReports710& Total81PertanyaanEfektivitas dihitung dengan cara membagi jumlah jawaban “Ya” dengan totaljumlah pertanyaan, lalu dikali 100% untuk mendapatkan besaran persentase.Sementara tingkat efektivitas dinilai berdasarkan kriteria sebagai berikut:Tabel 3.2 Tabel Kriteria EfektivitasKriteriaPersentaseSangat Efektif 100%Efektif90% - 100%Cukup Efektif80% - 90%Kurang Efektif60% - 80%Tidak Efektif 60%Sumber: Adelina (2012:14)

3. Audit TerinciTahap ini yang merupakan tahap audit terinci dimana penulis melakukanpenilaian atas kerugian yang timbul bagi PT. X sebagai akibat dari ketidakefisienandari pengendalian persediaan barang jadi di PT. X. Yang mana akan diikuti dengananalisa penulis terhadap pemicu dari ketidakefisienan tersebut. Dari hasil analisistersebut, dapat diukur proses pengelolaan persediaan perusahaan berdasarkan kriteriayang telah disepakati yaitu:Tabel 3.3 Tabel Kriteria EfisiensiKriteriaPersentaseSangat Efisien 100%Efisien90% - 100%Cukup Efisien80% - 90%Kurang Efisien60% - 80%Tidak Efisien 60%Sumber: Adelina (2012:14)4. PelaporanPada tahap ini penulis akan melaporkan hasil dari pemeriksaan besertarekomendasi solusi dalam bentuk laporan audit operasional yang ditujukan kepadamanajemen PT. X yang diharapkan dapat menjadi pertimbangan manajemen untukmenutupi kekurangan yang ada.

5. Tindak LanjutTahapan terakhir ini merupakan tahap tindak lanjut, penulis memberikanrekomendasi dan simulasi perbaikan yang diimplementasikan ke dalam PT. X. Hasildari simulasi tersebut dapat dijadikan penilai sejauh mana dampak dari rekomendasipenulis terhadap perusahaan.

BAB III METODE PENELITIAN Pada bab ini penulis akan menjelaskan mengenai obyek penelitian, disain penelitian, variabel penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. . stock keeper, serta meliputi prosedur-prosedur yang tepat dan rincian data dari sumber data yang lengkap. 2. Ruang lingkup topik pembahasan

Related Documents:

METODE PENELITIAN A. Penelitian Eksperimen Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Seperti yang dijelaskan dalam sugiyono (2010, hlm.11) bahwa metode penelitian eksperimen meruoakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu. Adapun, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah

PENELITIAN Metode penelitian yang digunakan dapat dipilih sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian yang hendak dicapai. Secara umum, metode yang digunakan dalam penelitian yaitu (a) metode deskriptif, (b) metode eksperimen, (c) metode historis, (d) metode pengembangan, (e) metode tindakan, dan (f) metode kualitatif.

BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis Penelitian dan Pendekatan Penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, artinya sebagai jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Dalam penelitian kualitatif metode yang biasa dimanfaatkan adalah wawancara, pengamatan, dan .

35 BAB III METODE PENELITIAN 3.1. Metode Penelitian Metode penelitian adalah cara atau jalan yang ditempuh sehubungan dengan penelitian yang dilakukan, yang memiliki langkah-langkah yang

BAB III DESAIN/PROSEDUR PENELITIAN A. Metode Penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian . Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Ciruas yang berlokasi di Jl. Nambo-Teras Bendung Km 2,5 Desa Pulo Ciruas 42182 Serang, Pulo, Kec. Ciruas, Kab.

BAB III PROSEDUR PENELITIAN A. Metode Penelitian Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan oleh . Penelitian ini dilaksakan pada semester II atau genap tahun pelajaran 2016/2017 yaitu pada pertengahan bulan mei. Waktu penelitian mengacu pada

BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3.1 Metode Penelitian Sugiyono dalam bukunya metode kuantitatif kualitatif dan R & D, menyatakan bahwa penelitian merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan atau memvaliditasi produk-produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran. yang dikutip oleh. (Sugiyono, 2010: 9)

Dalam penulisan skripsi ini meliputi : Bab I: Latar belakang, tujuan dan manfaat penelitian. Bab II: Tinjauan Pustaka. Bab III: Metodelogi penelitian yang terdiri dari waktu dan tempat penelitian, metode penelitian, metode pengambilan sampel, metode pengolahan data, dan analisis data. Bab IV: Hasil penelitian dan