LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) - Files1.simpkb.id

1y ago
37 Views
3 Downloads
1.26 MB
25 Pages
Last View : 8d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Duke Fulford
Transcription

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK(LKPD)Satuan PendidikanKelas / SemesterTemaSub TemaPembelajaran keAlokasi waktuMuatan TerpaduMateri::::SD NEGERI 4 POJOK6 /1Wirausaha (Tema 5)Kerja Keras Berbuah Kesuksesan (Sub Tema1): 1: 1 hari: Bahasa Indonesia, IPA, IPS:1. KOMPETENSI INTIKI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, danpercaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dantetangganya.KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasaingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempatbermain.KI4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logisdan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkanperilaku anak beriman dan berakhlak mulia.2. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATORMuatan : Bahasa IndonesiaKOMPETENSI DASAR (KD)3.6Mencermati petunjuk dan isi3.6.1teks formulir (pendaftaran,kartu anggota, pengirimanuang melalui bank/kantor pos,daftar riwayat hidup, dsb.)4.6Mengisi teks formulir4.6.1(pendaftaran, kartu anggota,pengiriman uang melaluibank/kantor pos, daftar riwayathidup, dll.)INDIKATORMengidentifikasi berbagai jenisteks formulir (ekskul, lomba, danlain-lain)Menyajikan hasil pengamatantentang berbagai jenis teksformulir (ekskul, lomba, dan lainlain)

Muatan : IPAKOMPETENSI DASAR (KD)3.5Mengidentifikasi sifat-sifatmagnet dalam kehidupansehari-hari.4.5Membuat laporan hasilpercobaan tentang sifat-sifatmagnet dan penerapannyadalam kehidupan sehari-hari.Muatan : IPSKOMPETENSI DASAR (KD)3.3Menganalisis posisi dan peranIndonesia dalam kerja sama dibidang ekonomi, politik,sosial,budaya, teknologi, danpendidikan dalam lingkupASEAN.4.3Menyajikan hasil analisistentang posisi dan peranIndonesia dalam kerja sama dibidang ekonomi, politik,sosial,budaya, teknologi, danpendidikan dalam an macam-macammagnet.Menyajikan hasil eksplorasitentang macam-macam magnetINDIKATORMengidentifikasi posisi danperanan Indonesia di bidangekonomi dalam lingkup ASEANMenuliskan laporan tentangposisi dan peranan Indonesia dibidang ekonomi dalam lingkupASEAN3. TUJUAN PEMBELAJARAN1. Siswa mampu mengidentifikasi posisi dan peranan Indonesia di bidangekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci dengan membaca tekstentang “Pengalaman Belajar dari Negara-negara ASEAN”2. Siswa mampu membedakan macam-macam magnet secara benar denganbimbingan guru melalui media daring, bereksplorasi, dan berdiskusi.3. Siswa mampu menyajikan hasil eksplorasi tentang macam-macam magnetsecara benar dengan bimbingan guru melalui media daring, bereksplorasi,dan berdiskusi.4. Siswa mampu menyajikan hasil pengamatan tentang berbagai jenis teksformulir (ekskul, lomba, dan lain-lain) secara cermat dengan membaca teksdan berdiskusi.4. MEDIA/ALAT BANTU DAN SUMBER BELAJAR1. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 6 (BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan danKebudayaan, 2018).2. Macam-macam magnet (batang, ladam, cakram/lingkaran)3. WhapsUp, Zoom, Webnode

4.Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran LKPD1. Untuk memulai pembelajaran, guru menyampaikan bahwa Indonesia memilikiperanan dan posisi penting dalam perekonomian negara-negaraASEAN.(melalui zoom)2. Guru mengajukan pertanyaan: Seperti apa peranan dan posisi Indonesia?3. Siswa diminta membaca teks tentang “Pengalaman Belajar dari NegaraNegara ASEAN” dalam hati. (teks bacaan juga tersedia pada lamanwebnode)4. Guru meminta siswa membaca dengan cermat dan menggarisbawahiinformasi penting yang mereka temukan dalam teks.5. Siswa diminta menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.6. Kemudian, siswa menuliskan alasan mengapa hari ini merupakan hari yangpenting bagi Udin dan kawan-kawan.7. Setelah itu, siswa menuliskan hal yang dipelajari dari anjungan khusus yangdikelola oleh sekretariat ASEAN.8. Selanjutnya, siswa menuliskan pengalaman belajar yang diperoleh Edo.9. Kemudian, siswa menuliskan pengalaman belajar yang diperoleh Beni.10. Siswa menuliskan pengalaman belajar yang diperoleh Udin.11. Siswa menuliskan pendapatnya jika mendapat kesempatan berkunjung kearena pameran tersebut.12. Kemudian, siswa menjelaskan pendapatnya apa kegiatan yang paling menarikdari pameran tersebut. (melalui group WhapsUp)13. Siswa menuliskan 3 hal yang menurutnya penting dari teks yang dibaca.14. Siswa diminta mencari informasi secara berkelompok tentang kerja samaekonomi antarnegara ASEAN, khususnya tentang posisi dan perananIndonesia. (melalui group WhapsUp)15. Setelah itu, siswa diminta mencari informasi dari berbagai sumber.16. Siswa melaporkan hasilnya dalam bentuk peta pikiran yang terdapat dalambuku siswa.17. Siswa diminta mempresentasikan dan mendiskusikan hasilnya dalamkelompok.

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) 1TemaSub TemaMateri Pokok: Wirausaha (Tema 5): Kerja Keras Berbuah Kesuksesan(Sub Tema 1): Peran Indonesia di ASEANTujuan Pembelajaran1. Dengan membaca teks tentang “Pengalaman Belajar dari Negaranegara ASEAN”, siswa mampu mengidentifikasi posisi dan perananIndonesia dibidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci.2. Dengan membaca teks tentang “Pengalaman Belajar dari Negaranegara ASEAN” dan mencari informasi dari berbagai sumber, siswamampu menuliskan laporan tentang posisi dan peranan Indonesia dibidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci.Petunjuk Kegiatan Pembelajaran Daring 11. Ikuti seluruh petunjuk langkah kegiatan ini!2. Pada kegiatan ini kamu akan mengidentifikasi posisi dan peranan Indonesiadibidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci. (teks bacaan jugatersedia pada laman webnode)3. Setelah itu, kamu menuliskan laporan tentang posisi dan peranan Indonesia dibidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci.4. Kamu dapat menceritakan hasil pengembanganmu kepada orang-orang terdekatyang ada di sekitarmu dengan rasa percaya diri.Apa itu ASEAN .?ASEAN (Association of South East Asian Nations) adalah sebuah himpunandari bangsa-bangsa Asia Tenggara yang dimana merupakan sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Tugas utama dariASEAN adalah untuk saling bekerjasama menciptakan kedamaian dan keamananbagi masyarakatnya.

Dalam ASEAN, Indonesia memiliki beberapa peran penting,diantaranya ialah sebagai berikut ini : Sebagai salah satu negara yang mempeloporiberdirinya ASEAN Ikut aktif dalam menjalin hubungan ASEAN yangdimana dilakukan dengan negara-negara maju Sebagainegara yang membentuk komunitaskeamanan Sebagai negara yang memberikan fasilitas kepadapengungsi Sebagai gerakan pembebasan Moro di Filiphina Sebagai negara tempat KTT ASEAN yang pertama Sebagai perantara perundingan damaiPengalaman Belajar dari Negara-NegaraASEANHari ini merupakan hari yang penting bagi Udin, Edo,Beni, Siti, Dayu, Lani, dan teman sekelasnya. Mereka kan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak diJakarta. Wah, tidak sabar rasanya Udin dan teman-temaningin sampai di sana. Kebetulan saat ini mereka juga sedangbelajar mengenai negara-negara tetangga. Mereka inginsekali melihat bukti dari yang mereka pelajari. Sesampai diarena pameran, Udin dan teman-temannya dibagi menjadibeberapa kelompok. Pameran diikuti oleh sepuluh negaraanggota ASEAN. Masing-masing anjungan tampil menarikdengan ciri khas tiap negara. Anjungan Indonesia tampildengan ciri khas rumah Toraja yang unik dan menarik.

Terdapat juga anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN. Udinmenghabiskan banyak waktu di anjungan ini. Anjungan ini menampilkan berbagaiinformasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil.Anjungan ini juga menampilkan berbagai produk wirausaha dari tiapnegara. Berbagaiproduk kreatif ada di sana. Ada jaket kulit dari pengrajin negara Indonesia, adamanisan buah Thailand dalam kemasan kaleng, ada alat penyeduh kopi klasikVietnam, serta ada pula aplikasi agribisnis yang dikembangkan oleh pemudaIndonesia untuk menghubungkan petani dan konsumen.Edo terkesan dengan berbagai makanan khas. Memang, Edo selalu tertarikdengan makanan dari berbagai daerah. Ada singkong santan khas Thailand, adaPho dari Vietnam, ada Larb dari Laos, dan masih banyak makanan lain yangnamanya pun baru Edo ketahui. Makanan khas tiap negara menunjukkan ciri khassumber daya alamnya.Beni tertarik dengan anjungan Negara Brunei yangmenampilkan Wayang Asikkhas negaranya. Wayang inipopular sekitar tahun 1960-an di Kampung Ayer, di tepiSungai Brunei. Saat ini, Brunei berusaha mengembangkankembali minat masyarakatnya untuk mempelajari WayangAsik karena popularitasnya mulai turun sejak masuknyaberbagai budaya asing. Hal yang menarik bagi Beni adalahmelihat inovasi yang dilakukan anjungan Brunei untukmemperkenalkan Wayang Asik. Berbeda dengan wayangIndonesia, yang menampilkan sosok legendaris duniapewayangan, Wayang Asik ini menampilkan sosok tokohmanusia dalam bentuk kecil. Tinggi wayang hanya sekitardelapan hingga sepuluh cm. Wayang ini dibuat dari kertastebal dengan pegangan dari kayu.Udin dan teman-teman juga mengikuti aneka lomba yang diadakan olehbeberapa anjungan. Sebelum mengikuti lomba, mereka harus mengisi formulirpendaftaran. Hadiahnya? Tentu saja cendera mata khas dari negara tersebut.Menyaksikan pameran budaya ASEAN memberi Udin dan teman-teman

pengalaman belajar yang berharga. Kini pengetahuan mereka semakinkaya.Pengetahuan dari penjelasan guru, dari buku yang dibaca, serta menyaksikanlangsung ragam karya dan budaya yang ditampilkan tiap negara ASEAN.Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.Mengapa hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin dan kawan-kawan?Apa yang dapat dipelajari dari anjungan khusus yang dikelola oleh secretariatASEAN?Apa pengalaman belajar yang diperoleh Edo?Apa pengalaman belajar yang diperoleh Beni?

Apa pengalaman belajar yang diperoleh Udin?Jika kamu mendapat kesempatan berkunjung ke arena pameran tersebut, apakegiatan yang mungkin paling menarik menurutmu? Mengapa?Tulis 3 hal yang menurutmu penting dari teks tersebut!

Negara-negara yang tergabung dalam ASEANmempunyai potensi masingmasing, mulai dari sumberdaya alamnya hingga sumber daya manusianya.Bagaimana peranan dan posisi Indonesia dalam kancahperekonomian ASEAN?Bagaimana peranan dunia usaha? Ayo, kita caritahu lebih lanjut. Kamu akan mencari informasi secaraberkelompok tentang kerja sama ekonomi antarnegaraASEAN, khususnya tentang posisi dan perananIndonesia. Kamu dapat mencari informasi dari berbagaisumber. Laporkan hasilnya dalam bentuk peta pikiran.Presentasikan dan diskusikan hasilnya dalam kelompok.(melalui rekaman audio di group WhapsUp)

Selamat, ya, kamu sudah melewati pembelajarandaring 1 ! kamu sudah mengidentifikasi posisi danperanan Indonesia dibidang ekonomi dalam lingkupASEAN secara terperinci dan menuliskan laporan tentangposisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalamlingkup ASEAN secara terperinci.Kamu boleh berbagipengalamanmu dengan orang- orang di sekitarmu.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran LKPD1. Siswa mendiskusikan jawaban pertanyaan yang diajukan guru secaraberkelompok tentang magnet. (melalui group WhapsUp)2. Siswa menuliskan hasil diskusi di buku siswa.3. Untuk memancing rasa ingin tahu, siswa diminta membuat pertanyaansebanyak-banyaknya tentang hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut tentangmagnet. (melalui group WhapsUp)4. Siswa menukarkan pertanyaan yang mereka buat dengan teman di sebelahnya.5. Siswa meminta temannya menjawab pertanyaan yang telah di buat.6. Setelah mengamati dan mencoba berbagai macam magnet, siswa menjawabpertanyaan yang terdapat dalam buku.7. Kemudian, siswa menuliskan apa saja yang mereka ketahui tentang magnet.8. Siswa menuliskan jenis-jenis magnet.9. Siswa menuliskan penjelasan tentang arti simbol U dan S yang terdapat padamagnet.10. Siswa menjelaskan perbedaan bentuk masing-masing magnet.11. Siswa diminta membaca teks mengenai sejarah singkat magnet.

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) 2TemaSub TemaMateri Pokok: Wirausaha (Tema 5): Kerja Keras Berbuah Kesuksesan(Sub Tema 1): Macam-Macam MagnetTujuan Pembelajaran1. Dengan mengamati gambar, bereksplorasi, dan berdiskusi, siswamampu membedakan macam-macam magnet secara benar.2. Dengan mengamati gambar, bereksplorasi, dan berdiskusi, siswamampu menyajikan hasil eksplorasi tentang macam-macam magnetsecara benar.Petunjuk Kegiatan Pembelajaran Daring 21. Ikuti seluruh petunjuk langkah kegiatan ini!1. Mengamati gambar, bereksplorasi, dan berdiskusi, kamu mampu membedakanmacam-macam magnet secara benar. (teks bacaan juga tersedia pada lamanwebnode)2. Melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi, kamu mampu menyajikanhasil eksplorasi tentang macam-macam magnet secara benar. (melalui groupWhapsUp)3. Kamu dapat menceritakan hasil pengembanganmu kepada orang-orang terdekatyang ada di sekitarmu dengan rasa percaya diri.Mengenal Magnet, Yuk!Magnet (atau magnit) adalah suatu objek yang mempunyai suatu medanmagnet. Kata magnet (magnit) berasal dari bahasa Yunani magnítis líthos yangberarti batu Magnesian. Magnesia adalah nama sebuah wilayah di Yunani padamasa lalu yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki) di manaterkandung batu magnet yang ditemukan sejak zaman dulu di wilayah tersebut.

Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dankutub selatan. Kutub-kutub yang senama bila didekatkanakan saling menolak, sedangkan kutub yang berbeda namabila didekatkan akan saling tarik-menarik.Apakah kamu pernah menemukan magnet di sekitarmu?Di mana saja kamu menemukan magnet? Apa yang kamu ketahui tentang magnet?Diskusikan jawaban pertanyaan di atas dalam kelompok.Tuliskan hasil diskusimu.

Buatlah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang hal yang ingin kamu ketahui lebihlanjut tentang magnet.Tukarkan pertanyaan yang kamu buat dengan salah seorang temanmu. Minta temantersebut menjawab pertanyaan yang kamu buat.Selanjutnya, kamu akan mengenal berbagai macam magnet. Perhatikan magnetyang telah disediakan oleh gurumu.

Setelah mengamati dan mencoba berbagai macam magnet, jawab pertanyaanberikut.Apa yang kamu ketahui tentang magnet?Apa saja jenis-jenis magnet yang kamu ketahui?Apa arti simbol U dan S yang terdapat pada magnet? Jelaskan.Jelaskan perbedaan bentuk masing-masing magnet.Tahukah Kamu?Lebih dari 2000 tahun yang lalu, orang Yunani yang hidup di Magnesiamenemukan batu yang istimewa. Batu tersebut dapat menarik bendabenda yangmengandung logam. Ketika batu itu digantung, batu tersebut berputar. Salah satuujungnya selalu menunjuk ke arah utara. Karena batu itu ditemukan di Magnesia,orang Yunani menamainya magnitis lithos. Orang Yunani tidak mengetahui lebihlanjut bagaimana sifat-sifatnya, namun mereka telah mengamati ciri-ciri bahan yangdisebut magnet. Saat ini banyak teknologi yang menggunakan magnet. Pengerassuara, layar TV, dan kaset merupakan contoh-contohnya.

Kutub-Kutub MagnetSemua magnet mempunyai ciri-ciri tertentu.Setiap magnet memiliki dua tempat yang gayamagnetnya sangat kuat.Daerah ini disebut kutub magnet. Ada duakutub magnet, yaitu kutub utara (U) dan kutubselatan (S). Sering kita menjumpai magnet yangbertuliskan N dan S. N merupakan kutub utaramagnet itu (singkatan dari North yang berartiUtara), sedangkan S kutub selatannya (singkatandari South yang berarti selatan).Magnet dapat berada dalam berbagai bentukdan ukuran. Bentuk yang paling sederhana berupabatang lurus. Selain itu, ada juga magnet yangberbentuk tapal kuda (ladam) dan jarum. Padabentuk-bentuk ini, kutub magnet berada padaujung-ujung magnet tersebut.Selamat, ya, kamu sudah melewati pembelajarandaring 2 ! kamu sudah kamu mampu membedakanmacam-macam magnet secara benardan kamu mampumenyajikan hasil eksplorasi tentang lamanmu dengan orang- orang di sekitarmu.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran LKPD1. Siswa diminta mengamati dan membaca beberapa contoh formulir yang terdapatdi buku, seperti contoh berikut. (teks bacaan juga tersedia pada lamanwebnode)2. Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku.3. Siswa menuliskan apa saja yang mereka temukan dalam kedua formulir tersebut.4. Siswa menuliskan persamaan dan perbedaan antara formulir A dan formulir B.5. Siswa menuliskan tujuan dari formulir A.6. Siswa menuliskan tujuan dari formulir B.7. Siswa menuliskan alasan formulir tersebut diperlukan.8. Siswa menuliskan kesimpulannya tentang formulir.9. Siswa mendiskusikan jawaban mereka secara berpasangan.10. Setelah berdiskusi, siswa diminta mengamati dan membaca contoh-contohformulir lain yang disediakan guru untuk memperluas pemahaman merekatentang formulir. (melalui group WhapsUp)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) 3TemaSub TemaMateri Pokok: Wirausaha (Tema 5): Kerja Keras Berbuah Kesuksesan(Sub Tema 1): Teks FormulirTujuan Pembelajaran1. Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasberbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain) secara cermat.2. Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan hasilpengamatan tentang berbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, danlain-lain) secara cermat.Petunjuk Kegiatan Pembelajaran Daring 31. Ikuti seluruh petunjuk langkah kegiatan ini!2. Membaca teks dan berdiskusi, kamu mampu mengidentifikas berbagai jenis teksformulir (ekskul, lomba, dan lain-lain) secara cermat. (teks bacaan jugatersedia pada laman webnode)3. Membaca teks dan berdiskusi, kamu mampu menyajikan hasil pengamatantentang berbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain) secara cermat.4. Kamu dapat menceritakan hasil pengembanganmu kepada orang-orang terdekatyang ada di sekitarmu dengan rasa percaya diri.Mengenal Teks Formulir, Yuk!Teks formulir adalah suatu lembaran berupa kartu atau kertas dengan ukurantertentu yang berisi mengenai data atau informasi yang sifatnya tetap dan jugabeberapa bagian lain yang tidak tetap.Contoh isi teks formulir bagian - bagian formulir yaitu1. Kepala bagian berisi nama lembaga dan alamat sertanomer telepon2. Bagian tubuh berisi keterangan yang harus di isi, seperti:a. nama lengkapb. jenis kelaminc. tempat dan tanggal lahird. agamae. pendidikanf. amanat.

g. keteranganApa itu formulir? Apakah kamu pernah melihat atau mempunyai pengalaman mengisiformulir? Apa saja jenis formulir yang kamu ketahui?Diskusikan jawabannya secara berkelompok.Tuliskan kesimpulan dari hasil diskusi.

Apa perbedaan antara formulir A dan formulir B?Apa tujuan dari formulir A?

Apa tujuan dari formulir B?Mengapa formulir itu kita butuhkan?Kapan kita mengisi formulir?Apa yang dapat kamu simpulkan tentang formulir?Diskusikan jawabanmu secara berpasangan.Amati dan baca contoh-contoh formulir lain yang disediakan guru untuk memperluaspemahamanmu tentang formulir.

Selamat, ya, kamu sudah melewati pembelajarandaring 3 ! kamu mampu mengidentifikas berbagai jenisteks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain) secara cermatdan kamu mampu menyajikan hasil pengamatan tentangberbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain)secara cermat. Kamu boleh berbagi pengalamanmudengan orang-orang di sekitarmu.Sumber Bahan Ajar :1. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 6 (BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan danKebudayaan, 2018).2. Macam-macam magnet (batang, ladam, cakram/lingkaran)3. WhapsUp, Zoom, Webnode

LAMPIRAN PENILAIAN1. IPSTulisan dan presentasi tentang keragaman sosial dan budaya di provinsimasing-masing dinilai dengan esentasiPresentasimemuatmemuatHanyahanya memilikipembukaan, pembukaanmemuatpembuka atauinti danatau penutup inti danpenutup saja.penutupdan inti serta disampaikansertadikomunikasik dengandikomunikas an secararuntut.ikan secara agasanbesarkecilpokok danpokok dangagasanGagasangagasangagasanpokok danpokok danpendukungpendukunggagasangagasantidak aitemadengan tema dengan temaFaktaPendukungVSebagianbesarfakta tentangkeragamansosialdan budayayang terdapatdi lingkunganprovinsmasingmasingdisajikandengan benarVSeluruhSebagianfaktakeciltentangfakta tentangkeragamankeragamansosial dansosial danbudayabudaya yangyangterdapat diterdapat arCatatan: Centang (V) pada bagian yang memenuhi kriteriaFakta tentangkeragamansosial danbudaya yangterdapat dilingkunganprovinsimasingmasing tidakbenar

2. IPA dinilai dengan daftar periksa.Hasil eksplorasi dinilai dengan daftar periksa.diperiksa menggunakan rubrik:NoIndikatorYaTidakCatatan1Siswa menuliskan hal yangmereka ketahui tentangmagnet.2Siswa menuliskan jenis-jenismagnet.3Siswa menuliskanpenjelasan tentang artisimbol U dan S yangterdapat pada magnet.4Siswa menjelaskanperbedaan bentuk masingmasing magnet.5Siswa menuliskankesimpulan3. Bahasa IndonesiaDiskusi tentang formulir dinilai dengan catatan anekdot.4. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (Disiplin)Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.Remedial dan Pengayaan1. RemedialSiswa yang belum mampu mengidentifikasi tentang berbagai jenis formulirdan tujuannya akan mengikuti penguatan dengan pendampingan guru. Siswadapat diberikan berbagai contoh formulir sederhana dan diminta untukmencermati bagian per bagian.2. PengayaanSiswa bisa diberikan berbagai contoh formulir yang sering digunakan dalamkehidupan sehari-hari, khususnya yang dekat dengan kehidupan mereka.

Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Materi : 1. KOMPETENSI INTI KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. . uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.) 3.6.1 Mengidentifikasi berbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain) 4.6 Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota,

Related Documents:

Bagian bagian mesin bubut CNC. 5) Peserta didik dibimbing membentuk kelompok 6) Peserta didik secara berkelompok berdiskusi dan mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berisi tentang Bagian bagian mesin bubut CNC. 7) Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas terkait materi Bagian bagian mesin bubut CNC.

lembar-lembar kertas yang berisi materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik, yang mengacu pada kompetensi dasar yang dicapai (Andi Prastowo, 2011: 204). Tugas-tugas yang diberikan kepada peserta didik dapat berupa teori dan atau praktik.

Perkembangan Peserta Didik merupakan bagian dari pengkajian dan penerapan Psikologi Perkembangan. Dalam pengkajian mata kuliah Perkembangan Peserta Didik difokuskan pada perkembangan individu sebagai peserta didik pada institusi pendidikan. Di dalam buku ini, para penulis sebagai penyusun materi Perkembangan Peserta Didik mencoba memahami .

Kata Pengantar Daftar Isi Bab I Pandahuluan Pengantar Bahasa ISETL Metode Pembuktian Lembar Kerja Mahasiswa 1 Pengantar Teori Himpunan Lembar Kerja Mahasiswa 2 Pemetaan Lembar Kerja Mahasiswa 3 Operasi Biner Soal-Soal Bab II Pengantar Grup 2.1. Lembar Kerja Mahasiswa 4 2.2. Grupoida, Semigrup dan Monoida 2.3. Lembar Kerja Mahasiswa 5 2.4.

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri pada Materi Sifat Koligatif Larutan di SMAN 1 Mesjid Raya. B. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah LKPD Berbasis Inkuiri yang dikembangkan dapat digunakan pada pembelajaran sifat koligatif larutan di SMAN 1 .

Janah, Roihatul. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis . in Palembang's 10th High School and the initial draft of the LKPD was validated by expert lecturers. Furthermore, limited trials were conducted in class XI MIA 6 and . kehidupan sehari-hari dan menekank

konsep geometri sehingga motif batik Madura dapat digunakan sebagai media belajar pada materi transformasi geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbantuan mika berbasis etnomatematika motif batik Madura pada materi transformasi geometri yang valid dan praktis.

Ma'arif Keputran dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan observasi. Instrumen yang digunakan berupa angket yaitu skala penilaian untuk mengetahui kualitas LKPD yaitu menggunakan skala Likert dengan lima penilaian disusun dalam bentuk checklist